ukuran bmi

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Apa Itu Body ukuran bmi Mass Index?

Posted on 30 Oktober 2010 by informasitips.com in Kesehatan | 0 Comments

informasitips.com – Ada banyak ukuran yang digunakan dalam dunia medis untuk menilai tingkat kesehatan seseorang, termasuk mengukur tingkat obesitas. Salah satu ukuran yang sering digunakan untuk menilai tingkat obesitas seseorang adalah Body Mass Index. Dengan mengetahui ukuran bmi nilai indikator kondisi medis seseorang, maka selanjutnya kita dapat melakukan tindakan pencegahan dan penanganan agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

 

 

 

Body Mass Index digunakan oleh dokter ataupun perawat sebagai ukuran apakah Anda mengalami obesitas atau tidak. Body Mass Index atau BMI dihitung dengan cara membagi berat badan ANda dalam kilogram dengan tinggi Anda dalam satuan meter. Berikut klasifikasi nilai BMI:

 

 

 

Apa-Itu-Body-Mass-Index

 

Normal : 18,5 – 24,9 kg/m2

Kelebihan Berat Badan (Overweight) : 25 – 29,9 kg/m2

Kegemukan (Obesitas) : lebih dari 30 kg/m2

Sebagai contoh, seorang pria dewasa memiliki berat badan 70 kilogram dan tingginya adalah 1.9 meter, maka dia memiliki BMI sebesar 19,4 kg/m2, yang berarti masuk dalam kategori normal.

 

Jika nilai BMI seseorang melebihi 25, maka hal tersebut akan meningkatkan resiko adanya permasalahan pada jantung serta resiko kematian. Dan jika nilai BMI seseorang melebihi 30 berarti orang tersebut membutuhkan perawatan medis khusus. Berbagai kegiatan yang dapat menurunkan ukuran bmi berat badan layak untuk dicoba, seperti berolahragalah secara teratur, kurangi porsi lemak pada makanan Anda, dan sebagainya. Konsultasikan lah permasalahan Anda ini kepada dokter ahlinya.

 

 

 

Home  »  Perhitungan   »   Cara Menghitung BMI (Body Mass Index) dan Cara Menghitung Berat Badan Ideal Berdasarkan BMI Ideal

Cara Menghitung BMI (Body Mass Index) dan Cara Menghitung Berat Badan Ideal Berdasarkan BMI Ideal

By UkuranDanSatuan.Com On Juli 14, 2016 In Perhitungan Tidak ada Komentar

Setiap orang pada dasarnya ingin memiliki berat badan ideal. Tidak mengherankan jika banyak orang yang penasaran untuk mengetahui berat badannya sudah ideal atau belum. Body mass index (BMI) atau indeks berat badan adalah besaran yang sering dipakai untuk menentukan apakah seseorang memiliki berat badan ideal atau tidak.

 

Pengertian ukuran bmi BMI

Definisi BMI adalah perbandingan antara berat badan seseorang dalam kilogram dengan kuadrat tinggi badannya dalam meter yang digunakan untuk menentukan status berat badan seseorang apakah kurang, ideal, atau berlebihan.

 

 

 

Kegunaan BMI

BMI  digunakan untuk memprediksi status berat badan seseorang dewasa dalam rangka menilai kondisi kesehatan orang tersebut dikaitkan dengan resiko terhadap gangguan kesehatan tertentu. Dengan mengetahui BMI seseorang maka dapat diperkirakan kadar relatif lemak ukuran bmi tubuhnya terhadap berat badan idealnya. Mengetahui BMI seseorang juga membantu ia menentukan target dalam menambah atau mengurangi berat badan dalam usaha mendapatkan berat badan ideal.

 

Cara Menghitung BMI

Untuk menghitung angka BMI seseorang maka perlu diketahui berat badan orang tersebut dalam satuan kilogram (kg) dan tinggi badannya dalam satuan meter (m). Setelah diketahui dua besaran tersebut maka BMI dapat dihitung dengan menggunakan rumus BMI.  BMI dihitung dengan cara membagi besaran berat badan dengan kuadrat tinggi badan. Rumus menghitung BMI adalah sebagai berikut.

 

Rumus menghitung BMI body mass indeks

 

BMI merupakan angka indeks dan bukan merupakan besaran standar sehingga satuan kg/m2 tidak perlu ditulis.

 

Status Berat Badan Berdasarkan BMI

Interpretasi status berat badan berdasarkan angka BMI adalah sebagai berikut.

– BMI kurang dari 18,5 artinya berat badan kurang

– BMI antara 18,5 sampai 24,9 artinya berat badan normal atau ideal

– BMI antara 25,0 sampai 29,9 artinya kelebihan berat badan

– BMI 30,0 atau lebih artinya kegemukan atau obesitas

Orang yang terlalu kurus atau terlalu gemuk memiliki resiko lebih tinggi mengalami gangguan kesehatan tertentu dibandingkan dengan orang dengan berat badan normal. Orang yang kurang berat badannya atau terlalu kurus disarankan untuk menaikkan berat badannya sampai kisaran berat badan ideal. Sebaliknya orang dengan berat badan berlebihan atau kegemukan (obesitas) disarankan berupaya untuk menurunkan berat badannya sampai kisaran berat badan ideal.

 

Keterbatasan ukuran bmi Penggunaan BMI

Penggunaan BMI untuk menginterpretasi status berat badan orang dewasa sebenarnya memiliki beberapa kelemahan, antara lain:

 

BMI tidak mempertimbangkan faktor umur sehingga cenderung terlalu kecil untuk orang lanjut usia.

BMI tidak mempertimbangkan faktor massa otot sehingga cenderung terlalu besar bagi olahragawan yang berotot misalnya binaragawan.

BMI tidak mempertimbangkan faktor jenis kelamin, sehingga mungkin terlalu besar bagi sebagian pria.

BMI tidak mempertimbangkan faktor bentuk rangka tubuh, sehingga cenderung berbeda untuk setiap populasi misalnya postur orang Asia berbeda dengan postur orang Eropa dan Afrika.

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


BMI tidak bisa digunakan untuk orang dengan cacat fisik tertentu, misalnya pada orang yang tidak memiliki kaki.

BMI tidak berlaku untuk wanita hamil.

Cara Menentukan Berat Badan Ideal Berdasarkan BMI Ideal

Berdasarkan rumus untuk menghitung BMI tersebut di atas, maka dapat diturunkan rumus untuk menentukan berat badan ideal berdasarkan BMI ideal sebagai berikut.

 

Rumus menghitung berat badan ideal berdasarkan BMI ideal

 

Contoh Cara Menghitung BMI dan Cara Menentukan Berat Badan Ideal Berdasarkan BMI Ideal

Budi memiliki berat badan 80 kg dan tingginya 170 cm maka BMI Budi = (80)/(1,7 x 1,7) = 80/2,89 = 27,68. Berdasarkan kriteria status berat badan maka BMI Budi berada diantara 25,0 dan 29,9 yang atinya Budi memiliki kelebihan berat badan.

Untuk mendapatkan berat badan ideal maka BMI Budi minimal 18,5 dan maksimal 24,9. Dari rumus berat badan ideal berdasarkan BMI ideal maka dapat dihitung berat ideal Budi adalah sebagai berikut.

Berat ideal minimal = 18,5 x (1,7 x 1,7) = 53,46 kg

Berat ideal maksimal = 24,9 x (1,7 x 1,7) = 71,96 kg

Jadi untuk mendapatkan berat badan Ideal Budi harus menurunkan berat badannya minimal 8,04 kg (80 dikurangi 71,96).

 

Sudah Idealkah Berat Badan Anda? Cek Disini!

 

BMI dan BMR adalah 2 hal penting dalam Program Turun/Naik Berat Badan Anda. Dengan BMI kita bisa mengetahui diposisi mana kita berada, obesitaskah atau ideal. Berikut katagorinya:

 

Underweight = <18.5

Normal weight = 18.5–24.9 [Ini Posisi Yang kita Inginkan]

Overweight = 25–29.9

Obesity = BMI of 30 or greater

Sedangkan fungsi dari BMR adalah agar kita mengetahui asupan kalori harian yang dibutuhkan tubuh kita. Sehingga kita tidak berlebihan dalam memakan makanaan. Berikut kami sediakan tools Gratis pengecekan BMI dan BMR untuk Anda. Anda tinggal masukkan saja angka-angka yang ukuran bmi dibutuhkan lalu Anda bisa melihat hasilnya langsung. Sebelum mengisi, pastikan formatnya ada di Metric – Kg/Cm karena kita orang Indonesia menggunakan format ini. Silahkan dicek yaaaa….

 

 

Powered by BMI Calculator

draggable=”false” frameborder=”0″ id=”bmrCal” scrolling=”no” src=”http://www.bodyengine.com/app/bmr/bmr.html?w=true&v=1″ style=”border: 0; height: 517px; overflow: 0; width: 620px;”>

 

Indeks Massa Tubuh (IMT)

 

Indeks adalah rasio antara dua unsur kebahasaan tertentu yang mungkin menjadi ukuran atau ciri tertentu, penunjuk (Depdiknas, 2002). Massa adalah ukuran sejumlah materi yang dimiliki oleh suatu benda yang didefinisikanbaik oleh sifat kelembaman benda itu maupun pengaruh gravitasi bumi pada benda-benda lain dalam fisika (Yandianto, 1995). Tubuh adalah keseluruhan jasad manusia atau binatang yang kelihatan dari ujung kaki sampai ujung rambut (Depdiknas, 2002). Jadi dalam penelitian ini yang dimaksud dengan indeks masa tubuh adalah rasio antara berat badan dan tinggi badan yang diukur dari ujung rambut sampai ujung kaki (Depdiknas, 2002).

 

Indeks Massa Tubuh (Body Mass Index) merupakan suatu pengukuran yang menghubungkan (membandingkan) berat badan dengan tinggi badan. Walaupun dinamakan “indeks”, IMT sebenarnya adalah rasio atau nisbah yang dinyatakan sebagai berat badan (dalam kilogram) dibagi dengan kuadrat tinggi badan (dalam meter) (Marekensson, 2004). Rumus penghitungan Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh (IMT) adalah

 

Itu Body Mass Index?

Posted on 30 Oktober 2010 by informasitips.com in Kesehatan | 0 Comments

informasitips.com – Ada banyak ukuran yang digunakan dalam dunia medis untuk menilai tingkat kesehatan seseorang, termasuk mengukur tingkat obesitas. Salah satu ukuran yang sering digunakan untuk menilai tingkat obesitas seseorang adalah Body Mass Index. Dengan ukuran bmi mengetahui nilai indikator kondisi medis seseorang, maka selanjutnya kita dapat melakukan tindakan pencegahan dan penanganan agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

 

 

 

Body Mass Index digunakan oleh dokter ataupun perawat sebagai ukuran apakah Anda mengalami obesitas atau tidak. ukuran bmi Body Mass Index atau BMI dihitung dengan cara membagi berat badan ANda dalam kilogram dengan tinggi Anda dalam satuan meter. Berikut klasifikasi nilai BMI:

 

 

 

Apa-Itu-Body-Mass-Index

 

Normal : 18,5 – 24,9 kg/m2

Kelebihan Berat Badan (Overweight) : 25 – 29,9 kg/m2

Kegemukan (Obesitas) : lebih dari 30 kg/m2

Sebagai contoh, seorang pria dewasa memiliki berat badan 70 kilogram dan tingginya adalah 1.9 meter, maka dia memiliki BMI sebesar 19,4 kg/m2, yang berarti masuk dalam kategori normal.

 

Jika nilai BMI seseorang melebihi 25, maka hal tersebut akan meningkatkan resiko adanya permasalahan pada jantung serta resiko kematian. Dan jika nilai BMI seseorang melebihi 30 berarti orang tersebut membutuhkan perawatan medis khusus. Berbagai kegiatan yang dapat menurunkan berat badan layak untuk dicoba, seperti berolahragalah secara teratur, kurangi porsi lemak pada makanan Anda, dan sebagainya. Konsultasikan lah permasalahan Anda ini kepada dokter ahlinya. ukuran bmi

 

 

 

 

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.