ukuran badan wanita

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


 

ANA ukuran badan wanita ARISANTI

berbagi tentang cara menjahit, materi kuliah, & aktivitas sehari-hari

 

BerandaArtikelkuTips n TrikmenjahitMakalahMetodologi PenelitianKuliahToko Kecantikanku

RABU, 31 MARET 2010

POLA DASAR BAJU WANITA DEWASA

SISTEM SEDERHANA

SKALA 1/4

Bagi anda yang ingin belajar untuk menjahit baju sendiri dan tidak punya waktu untuk mengikuti kursus menjahit, maka berikut ini adalah langkah-langkah untuk ukuran badan wanita menggambar pola dasar pakaian wanita sistem sederhana yang dapat anda gunakan. Untuk para pemula dalam bidang jahit menjahit sistem membuat pola dasar sederhana ini akan memudahkan anda dalam mempelajari langkah demi langkah pembuatannya. Gambar dibawah ini menggunakan ukuran badan saya, sementara jika ukuran badan anda lebih besar atau lebih kecil dari ini maka anda tinggal menyesuaikan sesuai ukuran badan anda.

 UKURAN:

Lingkar Leher = 36 cm

Lingkar Badan = 88 cm

Lingkar pinggang = 60 cm

Panjang Muka = 30 cm

Lebar Muka = 31 cm

Tinggi Dada = 14 cm

Panjang Sisi = 17 cm

Panjang Bahu = 12 cm

Lebar Punggung = 33 cm

Panjang Punggung = 36 cm

Jarak Dada = 17 cm

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KETERANGAN POLA BADAN MUKA:

 A – B = 1/6 Lingkar leher + 2 cm

B – C = Panjang Muka

C – D = A – E = ¼ Lingkar badan + 1cm

A – A1 = 1/6 Lingkar leher + 0,5 cm

A1 – A2 = Panjang bahu

A2 – A3 = turun 4 cm

B – B1 = 5 cm

B1 – B2 = ½ Lebar muka

C – C1 = ¼ Lingkar pinggang + 1 + 3 cm

C – C2 =1/10 Lingkar pinggang + 1 cm

C2 – CC3 = 3 cm

C1 – C4 = naik 1,5 cm

C4 – K = Panjang sisi

C – M = Tinggi dada

M – O = ½ Jarak dada

 

 

 

KETERANGAN POLA BADAN BELAKANG:

 A – B = 1,5 – 2 cm

B – C = Panjang punggung

C – D = A – E = ¼ Lingkar badan – 1 cm

A – A 1 = 1/6 Lingkar leher + 0,5 cm

A1 – A2 = Panjang bahu

A2 – A3 = Turun 3 cm

B – B1 = 10 cm

B1 – B2 = ½ Lebar punggung

C – C1 = ¼ Lingkar pinggang – 1cm+3cm

C – C2 =1/10 Lingkar pinggang

C2 – C3 = 3 cm

C1 – K =Panjang sisi

 

TIPS BAGI YANG MALAS MEMBUAT POLA :

Dan jika dengan sistem sederhana anda masih juga males untuk membuat pola dasar baju sendiri, maka berikut trik yang bisa gunakan :

Carilah baju anda yang sudah tidak terpakai lagi tapi masih pas dibadan, mungkin baju ini tidak anda pakai lagi karena terkena noda atau warnanya yang sudah pudar ukuran badan wanita Ambil silet dan bukalah jahitannya, tapi jangan semuanya melainkan hanya separuh saja, ya separuh bagian muka dan separuh bagian belakang, satu lengan dan kerah. Sedangkan separuh bagian yang lain biarkan masih terjahit seperti aslinya, gunanya adalah untuk referensi kita pada saat kita menjahit pakian yang baru. Jika kita mengalami kebingungan bagian-bagian mana yang harus kita jahit serta bagaimana cara menjahit sakunya atau lengannya, tinggal kita lihat deh.

Seterika potongan potongan kain yang sudah terlepas jahitannya tadi sampai bagian bekas jahitan rata dan rapi.

Tempelkan potongan kain yang sudah diseterika rapi diatas kertas koran dan gambarlah koran tadi mengikuti pinggir potongan kain dengan spidol. Nah Jadi deh pola baju yang sudah siap untuk kita gunakan.

 

 SELAMAT MENCOBA, SEMOGA SUKSES DAN JANGAN CEPAT MENYERAH !

 

 

 

 

 

 

Artikel terkait:

Pola Dasar Lengan (4)

Pola Dasar Rok

Cara Menjahit Lengan dengan Rapi

Cara Menjahit Saku Vest

Bisnis Sampinganku Yang Hasilnya Melebihi Gajiku Sebagai PNS

Cantik alami dengan air mineral

 

 

 

 

 

 

Diposkan oleh ANA ARISANTI di Rabu, Maret 31, 2010

Kirimkan Ini lewat Email

BlogThis!

Berbagi ke Twitter

Berbagi ke Facebook

Bagikan ke Pinterest

 

Label: Menjahit

70 komentar:

 proborini mengatakan…

mbak..makasih ya untuk pola dasarnya..

tapi kok ga ada pola untuk lengannya….?

1 Juni 2010 06.41

 ANA ARISANTI mengatakan…

ditunggu aja ya… nanti pasti tak upload

1 Juni 2010 22.12

 Anonim mengatakan…

tenkyu bgt polanya…

pola lengannya cepetan diupload juga dong…biar bajunya gak buntung terus..hehe

26 Oktober 2010 02.32

 ANA ARISANTI mengatakan…

pola lengannya lihat dah ada kok, lihat tulisanku di kategori menjahit judulnya pola dasar lengan

31 Oktober 2010 22.32

 Anonim mengatakan…

Terikasih atas artikel nya ..

Sangat membantu sekali bagi saya yang baru belajar menjahit…

15 November 2010 07.53

 zAin mengatakan…

ma’af mbk,di bag pola depan ,,cara ngambil ukuran A B nya gimana?

9 Januari 2011 07.13

 ANA ARISANTI mengatakan…

buat zain : cara mengambil ukuran lingkar leher silahkan baca tulisan saya tentang cara mengambil ukuran pola baju wanita dewasa di http://anaarisanti.blogspot.com/2010/05/cara-mengambil-ukuran-pola-baju-wanita.html

sedangkan untuk belajar menggambarnya disini kita memakai contoh ukuran lingkar leher yaitu 36 cm jadi panjang garis A ke B adalah 36/6 + 2 = 8 cm

9 Januari 2011 18.11

 Graha mengatakan…

blog ini tips nya bagus banget

kunjungi juga http://manikmurah.wordpress.com/

http://sepatukulitmurah.wordpress.com/

14 Januari 2011 06.10

 thitu mengatakan…

mba’…

bleh minta di upload kan cara membuat pola celana kerja wanita???

makasih y mba’ sebelumnya….

30 Maret 2011 04.30

 BioZaf mengatakan…

terimakasih ya mbak atas postingannya, semuanya sangat berguna buat aku yang lagi belajar menjahit nih…

2 April 2011 00.58

 ANA ARISANTI mengatakan…

@ Tithu : ntar ya kalo aku ada waktu pasti tak upload

7 April 2011 21.53

 Anonim mengatakan…

saya mau nanya,kalau bikin pola celana ada yg di sebut PESAK, itu apa ??

24 September 2011 09.05

 ANA ARISANTI mengatakan…

Lingkar pesak, diukur dari batas pinggang belakang, melalui selangkangan menuju garis pinggang bagian muka. Lihat tulisan saya http://anaarisanti.blogspot.com/2011/04/pola-dasar-celana-wanita.html

24 September 2011 18.53

 Anonim mengatakan…

pagi mbak..blog ini menarik sekalii..mbak mau tanya yg di pola itu kan C – M itu tinggi dada ya? M-O 1/2 jarak dada..

cara ukur jarak dada sama klo antara C ke M itu kan ada garis patah2,,itu jaraknya dri M brp?klo yang C2 C3 itu untuk bikin sekengan kan y mbak?setinggi apa?makasiiiihh..

23 Oktober 2011 17.51

 ANA ARISANTI mengatakan…

tinggi dada diukur dari garis pinggang ke puncak payudara, sedangkan jarak dada diukur dari puncak payudara kanan ke puncak payudara kiri, Kupnat/ sekengan sampai setinggi garis punggung dikurangi 2 cm kebawah mbak

25 Oktober 2011 00.56

 Anonim mengatakan…

klo garis punggung ngukurny gmn ?makasii mbakkk

27 Oktober 2011 21.04

 ANA ARISANTI mengatakan…

Maksud saya 2 cm kebawah dai garis K di pola bagian belakang, atau bisa juga dibuat tepat di garis K tanpa diturunkan 2 cm

27 Oktober 2011 23.22

 Anonim mengatakan…

mba, gimana ya caranya membuat pola untuk wanita gemuk. setiap saya membuat baju untuk ibu saya , pasti lengannya muntir 🙁

terimakasih mb sebelumnya

12 Januari 2012 23.35

 Anonim mengatakan…

mbak cara ngukur panjang sisinya gimana ?klo grs c4-k diganti c1-k boleh gak mbak? terima kasih

23 Mei 2012 05.36

 Anonim mengatakan…

mbak cara ngukur panjang sisinya gmna? klo garis c4-k diganti c1-k bleh gak?yerima kasih

23 Mei 2012 05.39

 ANA ARISANTI mengatakan…

Pola dasar ini adalah pola badan sampai ke pinggang sedangkan jikaingin membuat gaun atau bju yang panjangnya sampai kepinggul kita haus menempelkan pola dar rok dibawahnya. Nah pjang sisi dari K ke C4 itu untuk memudahkan saat harus menempelkan pola dasar rok dibawahnya

31 Mei 2012 19.00

 Anonim ukuran badan wanita mengatakan…

mau tanya nih mbak,,, saya baru belajar menjahit. tapi tersendat karena saya gak begitu paham dengan penggunaan ukuran badan wanita mesin jahit. saya memakai mesin jahit standard model lama. beberapa hari yg lalu mesin jahit ini bermasalah, yaitu jahitannya tidak saling mengait dan benang sering kusut dibagian bawah. lalu saya bawa ke tempat servis,alhamdulillah waktu dites disana udah bagus. tapi sewaktu saya bawa kerumah, setelah saya mengganti benang disekoci,,koq jahitannya kacau ya..jarak titik jahitan terlalu rapat dan kecil seperti titik-titik,,kira2 apa masalahnya ya mbak? saya baru mulai belajar, saya sering kesulitan mengatur kecepatan dinamo dikaki..untuk pemasangan benang atas dan sekoci sepertinya sudah sesuai aturannya…mohon pencerahannya ya mbak

19 Juni 2012 00.42

 ANA ARISANTI mengatakan…

untuk jark jahitan ada tobol pengatur jarak jahitan yang biasanya terletak di badan mesin bagian blakang di dekat roda, silahkan dinaikkan atau diturunkan sesuai jarak jahitan yang diinginkan (biasanya diturunkan untuk mendapatkan jarak jahitan yang lebih lebar)

26 Juni 2012 22.00

 katrining warsono mengatakan…

Mbak, menentukan metode pola dasar itu berdasarkan bentuk tubuh atau model pakaian yah? kalau bikin baju biasanya mbak pakai metode yang mana?

kalo di Indo metode yang paling sering dipakai metode apa mbak? aku baca buku pola dasar, di sana ada 8 metode… banyak banget… tks mbak

15 Juli 2012 23.29

 Anonim mengatakan…

mbak nanya nih, soalnya saya msh belajar….gimana cara pengguntingan rok pias 3 ya ? apakah pola depan tetap menggunakan lipatan kain ? makasih mbak atas bantuannya

18 Juli 2012 21.52

 Anonim mengatakan…

Mbak Ana, saya sudah coba bikin pola dasar. kesulitannya begini mbak:

  1. A-E=C-D selalu lebih pendek dari M-K dan B1-B2
  2. C-M kan tinggi dari bawah lengan(posisi Ketiak bawah ke bawah) lalu kenapa rumusnya C-M= tinggi dada (tinggi dada kan dari leher ke titik puncak dada)

 

Mohon bimbingannya mbak….maaf saya pemula banget. terima kasih

27 Agustus 2012 05.55

 nabila mengatakan…

mba kalo bikin dan cara jahit ban pada celana gimana.apalagi yg pake ban karet kayanya ribet banget jahitnya.

19 Oktober 2012 17.56

 kusnadi mengatakan…

kalau sempet posting mba untuk ukuran baju standar pria dan wanita_nya?trimakasih by kusnadi ahmad

21 Oktober 2012 10.10

 tatie supian mengatakan…

mba aku izin copas ya. aku lagi butuh referensi buat belajar nih, makasih ya

24 Oktober 2012 15.11

 nabila mengatakan…

mba kalo cara menjahit pake bahan kaos biar ga melilit sewaktu dijahit kelin gimana?katanya kalau jahit bahan kaos ada mesin khusus ya.saya baru belajar kebetulan bahan yg saya punya banyaknya dari bahan kaos.

27 Oktober 2012 12.39

 Agus mengatakan…

Bak saya mau tanya untuk A2–A3=turun 4cm dan B–B1=5cm ini ukuran baku ya???? berapapun ukuran yang lain untuk dua hal ini ketentuannya tetep 4cm dan 5cm???? makasih

21 November 2012 15.15

 lela maya mengatakan…

mba saya lagi belajar bikin celana piyama buat anak.saya sudah coba ikutin polanya tapi hasilnya bagian pinggangnya yang belakang maju sekitar 1,5 cm dan bagian kakinya mundur (panjang sebelah).biar ukurannya sama gimana mba. saya sudah coba berkali kali tapi sama aja begitu…terus knapa ya mba jarak jahitannya loncat loncat apa karena bahan yang saya gunakan dari kaos? saya juga gagal terus mba pasang lengan baju masih belum paham dengan teori yang mba tulis..saya tunggu jawabannya ya mba biar saya cepet bisa jahit…terimakasih sebelumnya

20 Februari 2013 17.24

 reza rezatorajautara mengatakan…

Slamat pagi mba,blog ini tipsnya bagus banget , salam kenal, saya baru belajar menjahit. Saya mau tanya bagaimana caranya jahit resleting jepang yang rapi sampai ke bawah. Boleh dong kunjungi jg http://[email protected], trima kasih sebelumnya

2 Mei 2013 18.45

 reza rezatorajautara mengatakan…

Slamat pagi mba, salam kenal, tipsnya bagus banget, kunjungi kita http://[email protected]

2 Mei 2013 19.25

 Dennis Hanani mengatakan…

mbak..ada gk artikel tentang ukuran” umum diindustri baju?

dan artikel tentang cara mengukur tubuh. thx

28 Juni 2013 03.46

 umi kayla mengatakan…

bagus banget tips nya

terimakasih atas tipsnya ya…

25 Juli 2013 05.29

 Shifak_gunyu3 mengatakan…

bagus artikel punya mbak. waktu smp saya jga diajari cra bikin pola, tpi saya bru tau klo ada cra lain selain dgn pola tdi. Kapan2 ajarin jga dong cra bikin pola untuk cosplay 😀

1 Agustus 2013 20.42

 Kyky Andika mengatakan…

Mbak, pola kalo mau bikin kemben gimana ???

28 Oktober 2013 06.07

 Anonim mengatakan…

hallo mbak, saya mau tanya nih,,

bagaimana ya, caranya membuat kupnad di bagian sisi badan???

tolong jawabannya ya mbk, trims 🙂

19 Januari 2014 06.25

 Gamis Baru mengatakan…

terimakasih akak

saya juga lagi belajar membuat pola pola

8 Agustus 2014 18.41

 lazu iana mengatakan…

Artikel ini sangat bermanfaat.

Sambil baca artikel ini, Aku numpang promosi ya jualan saya kaos kaki muslimah klo ada yang mau silakan berkunjung 🙂 moga makin banyak penunjung blognya

27 Oktober 2014 01.30

 Anonim mengatakan…

mbuaaaaak anaaaaaa aku ijin copas yaaaaa, terima kasihhhhhhhhh sudah berbagi ilmu :))))

24 Januari 2015 00.47

 Zul Haidir mengatakan…

terimakasih ya..

kalo pola celana pria gimana mbak ?

17 Februari 2015 16.43

 Aditya Fahrudin mengatakan…

ijin copy,, 🙂

20 Februari 2015 19.28

 Dwi Sulistiyani mengatakan…

Terimakasih sudah mau berbagi ilmunya mbak ana.. Bagi anda yang ingin belajar menjahit dengan pola yang sudah jadi, bisa memperoleh polanya di Fitinline..

9 Maret 2015 00.15

 alya putri mengatakan…

Obat kuat

Vibrator Celana Dalam

penis naga getar

Vibra Lipstick

vibra mini buzz tingler

Penis Mutiara Maju Mundur

Penis Ikat Pinggang

Penis Mutiara Getar Goyang

Penis Telur Tempel Getar

Vagina Madona Elektrik

Vagina Pinggul Elektrik

Vagina Flashlight

Boneka Sex Full Body

Vagina Getar Goyang Suara

Vagina Getar Elektrik

Viagra Usa 100mg

Obat Kuat Semprot

Minyak Hajar Jahanam

Obat Kuat Levitra 100mg

Obat Kuat Cialis 80mg

Obat Kuat Maxman

CreaM PembesarPenis

Obat Kuat Magic Penis

9 Maret 2015 18.39

 Shaepy mengatakan…

Saya juga sedang belajar menjahit. Ternyata pake rumus juga ya kalo buat pola baju.

1 April 2015 00.40

 Pusat tokoonline mengatakan…

Wah kerajinan tangannya keren-keren kak 😀

Bisa nih dijual secara online di www.shopious.com 😀

7 Mei 2015 00.55

 waty andy mengatakan…

Mf mba ada yg lbh simple dari ini ga??saya msh pusing jg soalnya..

28 Mei 2015 22.07

 Acho Ajjah mengatakan…

Jujur sy jg penjhit… tp msih susah buat pola wanita gemuk…pola badannya terlalu melebar kesamping…sehingga susah membuat kerung lengan ke bahu…kerungnya luas sekali.apa masalahnya mbak….

31 Mei 2015 22.13

 Gina mengatakan…

Senang membuat skestsa , tetapi malas sekali menjahit.

15 Juni 2015 00.47

 Anonim mengatakan…

Artikelnya mantap gan..

kunjungi juga:

Demokrasi Style | Artikel tentang pengetahuan ilmu sosial, baik ilmu pemerintahan, ilmu politik dan ilmu hukum

Baca artikel dan tutorial tentang ilmu komputer dan internet

Tips dan trik tentang ilmu komputer dan internet

31 Agustus 2015 07.36

 Angela Christine mengatakan…

mba, boleh tolong diinfokan ga jenis penggaris yang dipake untuk gambar pola ini apa aja? Thanks a lot 🙂

5 September 2015 04.44

 Anonim mengatakan…

Saya Mima, Ibu rumah tangga,,,

dulu saya suka menjahit, tp tidak saya dalami,,,

Sekarang untuk mengisi waktu krn sy tidak bekerja kantoran, sy pengen coba jahit lagi,,,

terimakasih Mbak Anna unt ilmu nya ini,,, berguna bagi banyak orang

13 September 2015 20.29

 Mas Sugeng mengatakan…

__-____-REKOMENDASI__

 

  1. Website [dot] com GRATIS
  2. Penyakit Paling Berbahaya dan Obatnya
  3. Mobil Tercanggih Bisa Terbang Harga 310 triliun
  4. Cara Agar Dapat Pajak Motor & Mobil Gratis

 

Thanks ..

30 September 2015 22.15

 rini andriani mengatakan…

izin menyimpan semua datanya

6 November 2015 23.39

 Danitailor mengatakan…

teriMa kasih atas sare nya

7 Desember 2015 06.17

 Danitailor mengatakan…

ini sangat bermanfaat buat saya,

7 Desember 2015 06.18

 Danitailor mengatakan…

jadi tambah wawasan,

7 Desember 2015 06.18

 Danitailor mengatakan…

semoga panjang umur, dan banyak rizki

 

7 Desember 2015 06.19

 batu permata mengatakan…

waaaah, terlihat mudah, tapi prakteknya gimana ya, mantappp cara membuat baju

7 Januari 2016 09.04

 Riva Andriana mengatakan…

Selamat pagi…Anda membutuhkan pola baju baik dengan ukuran sendiri maupun ukuran standar. Anda bisa memesannya di fitinline.com Fitinline.com adalah portal khusus untuk kreasi baju dan produk fashion lainnya.

10 Januari 2016 18.17

 endang konveksi mengatakan…

Ingin Buat Seragam?? Gamis?? Baju Wanita?? atau produk konveksi lain???

 

==== klik aja www.endangkonveksi.com ====

 

==== tinggal kirim sample ====

 

==== kami akan kerjakan, mulai potong sampai finishing ====

 

==== harga terbaik buat para custamer ====

18 Januari 2016 04.42

 Cyvler Master mengatakan…

uplayer jam tangan dan sepatu langsung dari tangan pertama tanpa melalui perantara 🙂 tampil keren tapi g bikin kantong kering 🙂 yuk cek album kita di :

https://www.facebook.com/derashopmalang.DSM/

 

atau kunjungi kita di :

 

http://d3ra.com/index.php

 

via WA : 085790800061 🙂

Tokopedia = https://tokopedia.com/derashopmalang

2 Februari 2016 23.42

 Danitailor mengatakan…

MENU TERKAIT

danitailor.blogspot.com

 

Artikel

 

Cara Membuat Pola

 

Cara Menjahit

 

Busana dan Fashion

11 Maret 2016 04.17

 Anonim mengatakan…

Mbak, saya mau tanya, M-O kan 1/2 x jarak dada. Tp dari titik M turun berapa cm ke titik O ? Saya bingung. Mohon bantuannya mbak. Trims.

12 Mei 2016 04.08

 fadiah qisthina mengatakan…

Hi kak ana. Bagaimana cara mengukur panjang sisi?

20 Mei 2016 08.21

 Nisa Noor mengatakan…

Mbk bagus baget blog ny,aq jg lg bljar mmbuat pola,sdh coba tp hsilny g pas.mbk klo menentukn pnjang sisi tu gmana,apa sm dngan tinggi dada….trims

21 Juni 2016 18.02

 Ka Ri mengatakan…

Mbk ana, setelah saya coba buat pola pada pola bagian belakang garis c1 -k lebih dari panjang sisi yaitu 18 cm bukan 17 cm jika c1 saya naikkan 1,5 cm lalu saya tarik ke garis k baru ketemu 17 cm(panjang sisi).. Gimana mbk apa bisa digunakan atau tidak?

18 Juli 2016 01.41

 yumna mengatakan…

saya lagi mau kursus jahit nih,, dan lagi mau cari mesin jahit. kalo untuk mesin jahit yang bagus yang apa ya??

15 September 2016 02.42

Poskan Komentar

 

Link ke posting ini

Buat sebuah Link

 

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Langganan: Poskan Komentar (Atom)

LIP TATO

 Lip Tato

Hasil seperti sulam bibir

KRIM PERAWATAN WAJAH

 Krim Perawatan wajah

sedia macam2 Krim pencerah wajah yang aman

TAS MOBIL

 Tas Mobil

Rak gantung mobil / organizer mobil

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


OBAT SUNTIK PUTIH AMAN

 Obat Suntik Putih Aman

Rahasia Wajah Putih, Halus Mulus Lembut, Kencang

NOSE SECRET

 Nose Secret

Memacung Hidung Instant

TATHION KOREA

 TATHION KOREA

Suplemen pemutih tubuh alami yg mengandung Glutathion

EVE MAGIC BRA

 Eve Magic Bra

Bra pembesar dan pengencang payudara

MENGENAI SAYA

Foto saya

ANA ARISANTI 

 

Lihat profil lengkapku

Mohon maaf jika ada pertanyaan atau email yang tidak sempat saya jawab, itu semata-mata karena keterbatasan waktu dan ilmu yang saya miliki

ARSIP BLOG

►  2016 (1)

►  2015 (5)

►  2014 (1)

►  2012 (13)

►  2011 (123)

▼  2010 (68)

►  Desember (14)

►  November (2)

►  Juli (1)

►  Juni (8)

►  Mei (30)

►  April (11)

▼  Maret (1)

POLA DASAR BAJU WANITA DEWASA

►  Februari (1)

PENGIKUT

 

Template Jendela Gambar. Diberdayakan oleh Blogger.

 

 

Belajar Desain Mode Busana

Belajar Mendesain dan Memproduksi Busana (Abaya/Gamis, Dress, Tunik, Blus, Kemeja, untuk pakaian wanita atau baju pesta/ santai) reseller okrek.com

SubscribeRSS FEEDSubscribeCOMMENTS

okrek okrek Disponsori oleh  Dutapulsa okrek

HOME BERBAGI KULIAH SEKOLAH ISLAM OKREK MODE FACEBOOK DAFTAR ISI

afkusuma 

Cari…

 Cari

MEMBUAT POLA ukuran badan wanita BUSANA -Pengertian -pola yang digunakan

  1. Pengertian Pola Busana

Abaya VioletaPola sangat penting artinya dalam membuat busana. Baik tidaknya busana yang dikenakan dibadan seseorang (kup) sangat dipengaruhi oleh kebenaran pola itu sendiri. Tanpa pola, memang suatu pakaian dapat dibuat, tetapi hasilnya tidaklah sebagus yang diharapkan. Dapat pula diartikan bahwa pola-pola pakaian yang berkualitas akan menghasilkan busana yang enak dipakai, indah dipandang dan bernilai tinggi, sehingga akan tercipta suatu kepuasan bagi sipemakai.

Kualitas pola pakaian akan ditentukan oleh beberapa hal, diantaranya adalah:

1). Ketepatan dalam mengambil ukuran tubuh sipemakai, hal ini mesti didukug oleh kecermatan dan ketelitian dalam menentukan posisi titik dan garis tubuh serta menganalisa posisi titik dan garis tubuh sipemakai;

2) kemampuan dalam menentukan kebenaran garis-garis pola, seperti garis lingkar kerung lengan, garis lekuk leher, bahu, sisi badan, sisi rok, bentuk lengan, kerah dan lain sebagainya, untuk mendapatkan garis pola yang luwes mesti memiliki sikap cermat dan teliti dalam melakukan pengecekan ukuran;

3) Ketepatan memilih kertas untuk pola, seperti kertas dorslag, kertas karton manila atau kertas koran;

4) kemampuan dan ketelitian memberi tanda dan keterangan setiap bagianbagian pola, misalnya tanda pola bagian muka dan belakang, tanda arah benang/serat kain, tanda kerutan atau lipit, tanda kampuh dan tiras, tanda kelim dan lain sebagainya;

5) kemampuan dan ketelitian dalam menyimpan dan mengarsipkan pola. Agar pola tahan lama sebaiknya disimpan pada tempat-tempat khusus seperti rak dan dalam kantongkantong plastik, diarsipkan dengan memberi nomor, nama dan tanggal serta dilengkapi dengan buku katalog.

Dengan adanya pola yang sesuai dengan ukuran, kita dengan mudah dapat membuat busana yang dikehendaki. Menurut Porrie Muliawan (1990:2) pengertian pola dalam bidang jahit menjahit maksudnya adalah potongan kain atau kertas yang dipakai sebagai contoh untuk membuat pakaian. Selanjutnya Tamimi (1982:133) mengemukakan pola merupakan ciplakan bentuk badan yang biasa dibuat dari kertas, yang nanti dipakai sebagai contoh untuk menggunting pakaian seseorang, ciplakan bentuk badan ini disebut pola dasar. Tanpa pola pembuatan busana tidak akan terujut dengan baik, maka dari itu jelaslah bahwa pola memegang peranan penting di dalam membuat busana.

Bagaimanapun baiknya desain pakaian, jika dibuat berdasarkan pola yang tidak benar dan garis-garis pola yang tidak luwes seperti lekukan kerung lengan, lingkar leher, maka busana tersebut tidak akan enak dipakai. Pendapat ini didukung oleh Sri Rudiati Sunato (1993:6) fungsi pola ini sangat penting bagi seseorang yang ingin membuat busana dengan bentuk serasi mengikuti lekuk-lekuk tubuh, serta membuat ukuran badan wanita potongan-potongan lain dengan bermacam-macam model yang dikehendaki. Maka dari itu jelaslah bahwa di dalam membuat busana sangat diperlukan suatu pola, karena dengan adanya pola, akan dapat mempermudah para pencinta busana untuk mempraktekkan kegiatan jahit menjahit secara tepat dan benar. Sebaliknya jika dalam membuat busana tidak menggunakan pola, hasilnya akan mengecewakan. Hal ini didukung oleh pendapat Porrie Muliawan (1985:1) tanpa pola, pembuatan busana dapat dilaksanakan tetapi kup dari busana tersebut tidak akan memperlihatkan bentuk feminim dari seseorang.

Dengan demikian pola busana merupakan suatu sistem dalam membuat busana. Sebagai suatu sistem tentu pola busana juga terkait dengan sistem lainnya. Jika pola busana digambar dengan benar berdasarkan ukuran badan seseorang yang diukur secara cermat, maka busana tersebut mestinya sesuai dengan bentuk tubuh sipemakai. Begitu pula sebaliknya, jika ukuran yang diambil tidak tepat, menggambar pola juga tidak benar, maka hasil yang didapatkan akan mengecewakan.

Dengan demikian untuk mendapatkan busana yang baik dan sesuai dengan desain, maka setiap sub sistem di atas haruslah mendapat perhatian yang sangat penting dan serius.

 

Ada beberapa macam pola yang dapat digunakan dalam membuat busana, diantaranya ialah pola konstruksi dan pola standar. Masing-masing pola ini digambar dengan cara yang berbeda, memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, untuk lebih jelasnya akan diuraikan satu persatu:

  1. Pola Konstruksi

Pola konstruksi adalah pola dasar yang dibuat berdasarkan ukuran badan sipemakai, dan digambar dengan perhitungan secara matematika sesuai dengan sistem pola konstruksi masing-masing.

Pembuatan pola konstruksi lebih rumit dari pada pola standar disamping itu juga memerlukan waktu yang lebih lama, tetapi hasilnya lebih baik dan sesuai dengan bentuk tubuh sipemakai. Ada beberapa macam pola konstruksi antara lain : pola sistem Dressmaking, pola sistem So-en , pola sistem Charmant, pola sistem Aldrich, pola sistem Meyneke dan lain-lain sebagainya.

  1. Pola standar

Pola standar adalah pola yang dibuat berdasarkan daftar ukuran umum atau ukuran yang telah distandarkan, seperti ukuran Small (S), Medium (M), Large (L), dan Extra Large (XL). Pola standar di dalam pemakaiannya kadang diperlukan penyesuaian menurut ukuran sipemakai. Jika sipemakai bertubuh gemuk atau kurus, harus menyesuaikan besar pola, jika sipemakai tinggi atau pendek diperlukan penyesuaian panjang pola.

Menyesuaikan pola standar tidak dapat dilakukan dengan hanya mengecilkan pada sisi badan atau pada sisi rok, atau menggunting pada bagian bawah pola, pada pinggang atau bagian bawah rok, karena hal tersebut akan membuat bentuk pola tidak seimbang atau

akan menyebabkan bentuk pola tidak sesuai dengan proporsinya masing-masing.

Cara yang paling mudah dan cepat untuk menyesuaikan pola standar, adalah dengan cara mengetahui ukuran badan sendiri dan memilih pola standar yang ukurannya hampir mendekati dengan ukuran badan dengan mempedomani ukuran lingkar badan, kemudian membuat daftar ukuran badan seseorang dan ukuran pola standar dalam bentuk tabel. Daftar ukuran tersebut ialah sejumlah ukuran yang diambil dari badan seseorang (ukuran sebenarnya). Bagi seseorang yang baru belajar menyesuaikan pola standar, cukup menggunakan ukuran yang penting, misalnya ukuran lingkar badan, lingkar pinggang, panjang muka dan panjang punggung.

Disamping hal di atas seseorang yang ingin menyesuaikan pola standar dengan ukurannya, mesti dapat memilih pola yang ukurannya mendekati dengan ukuran badannya. Untuk memudahkan pekerjaan penyesuaian pola standar, berikut dapat dilihat pola standar dengan ukuran S,M dan L baik pola badan, pola lengan dan pola rok dengan ukuran.

1 Large 94 70 34 35 38 100 28

2 Medium 90 68 33 34 37 94 26

3 Small 86 66 32 33 36 90 24

  1. Pola Lengan
  2. Pola Badan
  3. Pola rok

1 Lingkar badan 92 90 +2:4 = + 1/2 cm

2 Lingkar pinggang 70 72 2:4 = – 1/2 cm

3 Lebar muka 33,5 33 +½ :2=+¼ cm

4 Panjang punggung 37,5 37 + ½ cm

5 Panjang Muka 44 43 + 1 cm

6 Lebar punggung 35 34 + 1:2= + ½ cm

7 Lingkar Panggul 98 94 +4:4=+1 cm

8 Ling Ker Lengan 44 42 + 2 cm

Di dalam menyesuaikan pola standar, selisih yang terdapat pada ukuran lingkaran dibagi empat, hal ini disebakan karena pola badan atau pola rok umumnya dibuat setengah dari badan bagian muka dan setengah dari badan belakang, atau sama dengan seperempat dari ukuran lingkaran dan jumlah sisi yang ditambah atau dikurangi ada empat, oleh sebab itu untuk ukuran melingkar selisih ukuran dibagi empat.

Untuk ukuran lebar selisih dibagi dua, sebab pada pola ukuran melebar dipakai setengahnya., misalnya : lebar muka dan lebar punggung. Untuk ukuran panjang, selisih ukuran tidak dibagi, sebab pola dibuat dengan ukuran penuh sepanjang ukuran yang diambil, misalnya ukuran panjang punggung, panjang lengan dan panjang rok, dengan demikian untuk ukuran panjang ditambah atau dikurangi sebanyak selisih.

Daftar ukuran di atas perlu diperhatikan dalam menyesuaikan pola standar agar mudah mengetahui pada lajur selisih, apakah ukuran pola ditambah atau dikurangi dengan melihat tanda plus atau minus.

Berapa cm ditambah atau dikurangi perlu diperhitungkan betul, dengan pengertian bahwa untuk ukuran melingkar selisih dibagi empat, untuk ukuran melebar selisih dibagi dua dan untuk ukuran panjang selisih tidak dibagi. Berikut ini dapat dilihat beberapa contoh cara menyesuaikan pola standar. Didalam menyesuaikan pola standar perhatikan tanda pada kolom selisih. Pada pola yang disesuaikan tanda plus / membesarkan pola di arsir dengan tanda ///////////, sedangkan tanda minus / mengecilkan di tandai dengan xxxxxxx.

 

1) Cara menambah ukuran lingkar badan

Muka Belakang

2) Cara mengurangi ukuran lingkar pinggang

Muka Belakang

3) Cara menambah ukuran lebar muka dan lebar punggung

Lebar Muka Lebar Punggung

Gambar 110. Lebar muka dan lebar punggung yang telah dibesarkan.

4) Cara menambah ukuran lingkar panggul

5) Cara menambah ukuran panjang muka dan panjang punggung

6) Cara membesarkan lingkar kerung lengan

 

 

cah Pola Busana

Pecah Pola Rok Lipit Hadap

Mempelajari Pecah Pola Rok Sesuai Desain, dan Jenis-jenis Rok

Konsep Dasar Pecah Pola Busana Wanita

Konsep Dasar Pecah Pola Busana Wanita

Membuat Pola Badan Bagian Bawah / Rok

MEMBUAT POLA BUSANA -Pengertian -pola yang digunakan

Kirimkan Ini lewat Email

BlogThis!

Berbagi ke Twitter

Berbagi ke Facebook

Bagikan ke Pinterest

 

Label: Pecah Pola Busana

 

26 komentar:

 deafitrie mengatakan…

Kasih tau dunk cara memotong bahan yang baik itu seperti apa ??

Thanks atas inpo2nya, inpoya sangat membantu saya ….

 

Thanks & regards

 

26 Februari 2010 04.51

 busana wanita korea mengatakan…

kalo kain yang kena marking kapurnya gmn cara hilangin ya. bajuku ada yang terkena marking. tapi dicuci gak bs hilang.

 

9 April 2010 15.26

 hasli ghazali mengatakan…

syarikat saya pembuat pakaian seragam dikuala lumpur dan mencari seorang pekerja yang berpengalaman ukuran badan wanita membuat dan memotong pakaian kerja daripada pakaian seragam sehingga ke pakaian istiadat. gaji boleh dirunding atas dasar pengalaman sila hubongi saya di hp 60123089460 dengan segera atau lawat laman web saya www.tee1177.com.my

 

14 September 2011 05.44

 Endah Rosriani Apriliani mengatakan…

salam kenal,

makasih artikel nya

 

14 Desember 2011 16.31

 felt souvenir mengatakan…

salam..referensi yg sgt brguna..thanks..

 

4 Maret 2012 21.56

 www.omdani.com mengatakan…

Menjahit Sebagai Hobi dan Seni

Pola Baju Dinas Guru Wanita

Pola Baju Kurung

pola tangan baju kurung

Bagian Pesak Baju kurung

Bagian Kekek Baju Kurung

Pola Bagian Leher Baju Kurung

Baju Kurung Yg Sudah Jadi

baju kurung (Kain yg sudah dipotong)

Pola Baju kurung Tradisional & Pesak Gantung

>Cara-cara merekod ukuran badan.(b. kurung)

Pola Dasar Baju kurung

Dasar Asas Pakaian Wanita

Pola Asas Tangan (Dasar Asas Tangan)

Pola Baju Kurung Kedah

Pola Asas Tangan Kedut

Membuat Pola Dasar Baju Wanita

Membuat Pola Dasar Lengan “Jubah”

Cara Mengukur Badan dalam Membuat Gamis/ Jubah

>Menjahit Baju Kurung Kanak-Kanak Dengan Gambar Len…

Tips Memilih Jarum Jahit

Yang perlu diperhatikan dalam membuat Busana

 

11 Juli 2012 22.46

 SRI LESTARI mengatakan…

saya pengen bisa menjahit, tp langkah awal apa yg hrs saya lakukan…

 

28 Juli 2012 19.51

 Afandi Kusuma mengatakan…

@Sri Lestari

membeli mesin jahit, lalu mencobanya.

 

29 Juli 2012 08.28

 jeffry bongs passa mengatakan…

thank’s infonya…

 

28 Agustus 2012 22.40

 Keysia Luvi mengatakan…

Menjahit

Sebagai Hobi dan Seni

Pola Baju Dinas Guru

Wanita Pola Baju Kurung

pola tangan baju

kurung

Bagian Pesak

Baju kurung

Bagian Kekek

Baju Kurung

Pola Bagian Leher

Baju Kurung

Baju Kurung Yg Sudah

Jadi

baju kurung

(Kain yg sudah dipotong)

Pola Baju

kurung Tradisional & Pesak Gantung

>Cara-cara merekod ukuran badan.(b.

kurung)

 

6 November 2012 04.19

 PinkberryStore mengatakan…

terima kasih infonya…. pengen isa juga nih…

 

14 November 2012 12.00

 Obat Pelangsing Herbal Alami mengatakan…

Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

 

20 Desember 2012 17.40

 Dunia-Parenting mengatakan…

thanks infonya.. membantu banget 🙂

 

15 Maret 2013 16.10

 Gamis Murah mengatakan…

sharing yang menarik.. bermanfaat sekali

 

12 April 2013 13.16

 lowongan kerja mengatakan…

Terima kasih sudah memberikan kesempatan untuk berkomentar, postingan ini sangat bermanfaat buat saya ;).

 

Lowongan Kerja terbaru

Informasi Update

Lowongan Kerja Indonesia

Kliknesia

Prediksi Jitu

 

Lowongan Kerja januari

Lowongan Kerja februari

Lowongan Kerja maret

Lowongan Kerja april

Lowongan Kerja mei

Lowongan Kerja juni

Lowongan Kerja juli

Lowongan Kerja agustus

Lowongan Kerja september

Lowongan Kerja oktober

Lowongan Kerja november

Lowongan Kerja desember

Obat Kuat Pria – Pelangsing

 

3 Mei 2013 16.42

 Toha Hidayatullah mengatakan…

Tq ilmunya dan salam kenal dengan toha solusibagus.com

 

24 Juni 2013 13.09

 Yosef Ariftian mengatakan…

Kasik tau rumusnya dong,,, aku kurang faham masalah baju cewek

 

 

10 Juli 2013 02.05

 Baju dress mengatakan…

salam kenal yah, terima kasih share artikelnya menarik

 

4 Oktober 2013 15.36

 Jhang enyang mengatakan…

Kalau pola untuk jas, sama tidak?

 

20 Oktober 2013 05.48

 perkofashion dot com mengatakan…

saya ssedang belajar menjahit dan artikel ini sangat membantu sekali. terima kasihhhhh

 

29 Oktober 2013 11.53

 Gamis Baru mengatakan…

banyak sekali detil yang harus diperhatikan ya kak?

sangat rumit juga

 

9 Agustus 2014 08.37

 brother mesin jahit mengatakan…

Artikel Yang Bermanfaat, Terima Kasih Sudah Berbagi, Salam 🙂

 

17 Juni 2015 22.05

 MUKENA SYAHRINI mengatakan…

GROSIR MUKENA SYAHRINI kualitas premium, trendy, dan nyaman.

 

27 Desember 2015 10.30

 vimmi mulani mengatakan…

Saya sedang mencari bagian pola yg bisa design untuk yang serius telp 081514702346

 

23 Maret 2016 11.14

 vimmi mulani mengatakan…

Hi saya perlu bagian pola dan design baju bila ada yang serius mau kerja sms 081514703346

 

23 Maret 2016 11.26

 Dwi Sulistiyani mengatakan…

Thanks for sharing.. Butuh bahan satin velvet berkualitas untuk membuat gamis dan hijab?.. Kunjungi toko kain online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : Fitinline..

 

26 Mei 2016 14.45

Poskan Komentar

 

Link ke posting ini

Buat sebuah Link

 

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Langganan: Poskan Komentar (Atom)

MODE BUSANA OK REK

Batik JN9902 Madu

Pendidikan Tata Busana

Belajar TATA BUSANA di BIDANG STUDI KEAHLIAN PARIWISATA

Persewaan Tenda

di Sidoarjo

– Peluang Usaha

Jual Pulsa Elektrik

– Peluang Usaha Reseller Produk Busana Muslim

PENGIKUT

 

MODE DAN BUSANA

Seragam Saqam

Blus Guliguli – Batik Etnik Indonesia

Blus Vinko – Batik Indonesia Modern

Blus Kasua – Batik Khas Indonesia

Blus Sassy – Batik Unik Indonesia

YANG LAIN

►  2016 (8)

►  2015 (3)

►  2014 (2)

►  2013 (1)

►  2011 (16)

▼  2010 (99)

►  Desember (1)

►  November (4)

►  Oktober (7)

►  September (1)

►  Agustus (6)

►  Juli (11)

►  Juni (21)

►  Mei (6)

►  April (2)

►  Maret (10)

►  Februari (11)

▼  Januari (19)

Kalau aku mau jadi agen koleksi baju okrek.com…g…

Yanti: Mbak Ayuna, paketnya sudah saya terima alha…

Widya Ratna: Terima kasih Mas Mukenahnya sudah sam…

Utin Witri: Makasih kirimannya udah datang sabtu …

Pemeliharaan busana – Setrika, Cuci

MEMBUAT POLA BUSANA -Pengertian -pola yang digunak…

Niken: Saya Niken, terima kasih kirimannya sudah s…

Anatomi Tubuh untuk Desain Busana -Menggambar Bagi…

Annisa Marlin: “Mbak Pesananku dah sampek… Buagu…

Menggambar Bagian-bagian Busana

Yang ini Pesanan Mbak Ayu di Depok -Terimakasih

Berikut Pesanan Nuning Febriyanti di Sulawesi Teng…

Jenis-jenis Desain Busana

Melakukan Pekerjaan Secara Tim

Membuat Desain Hiasan untuk Busana (pola serak, po…

Rika, Paket bajunya sudah saya terima tadi pagi, B…

Fahma Riza, Samarinda: Mbak Kiriman sudah saya ter…

Vera, Palangkaraya: Thank ya.. Okrek.. Longdressk…

Desain Baru – Abaya Kaos kra Rosa

►  2009 (40)

KOMENTAR TERAKHIR

Thanks for sharing.. Butuh bahan satin velvet berk… – Dwi Sulistiyani

Terimakasih untuk sharing ilmunya.. Sangat mengins… – Dwi Sulistiyani

terimakasih informasinya salam sukses Amoorea Sa… – Pembicara Marketing Online Erianto Simalango

Salam kenal… Mw nanya, bagaimna caranya supya ke… – mizzyu

Salam kenal sis.. Terimakasih untuk sharing ilmuny… – Dwi Sulistiyani

 

Klik Disini untuk melihat Facebook kami

 

 

 

ENTRI POPULER

MEMBUAT POLA BUSANA -Pengertian -pola yang digunakan

  1. Pengertian Pola Busana Pola sangat penting artinya dalam membuat busana. Baik tidaknya busana yang dikenakan dibadan seseorang (kup) sang…

Pengertian Busana – Tata Busana -dari buku sekolah

Kata ”busana” diambil dari bahasa Sansekerta ”bhusana”. Namun dalam bahasa Indonesia terjadi penggeseran arti ”busana” menjadi ”padanan paka…

Standar Ukuran Busana dan Cara Mengukur Badan

Berikut adalah standar yang di gunakan oleh salah satu produsen busana (muslim) sebagai acuan untuk menentukan ukuran. Dilengkapi pula ca…

Pengertian Busana, dan Macam-Macamnya

Istilah busana merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Istilah busana berasal dari bahasa sanskerta yaitu “bhusa…

Menggambar Pola Busana Dengan Teknik Konstruksi Di Atas Kain

Menggambar pola dengan teknik konstruksi di atas kain berarti menggambar pola tidak menggunakan pola yang digambar di atas kertas, tetap…

 

JENIS SULAMAN (untuk busana muslim / pakaian wanita / baju kerja / model terkini)

Ada berbagai jenis sulaman yang dapat digunakan untuk menghias busana , baik sulaman yang dibuat menggunakan bantuan mesin maupun menggunaka…

 

 

  Search

Abaya Bahan Busana Blus Batik Bordir Busana dari okrek.com Desain Busana Desain Busana Muslim Desain Hiasan FAQ ISO 9001 – 2008 Kesaksian Komentar okrek.com Pakaian Wanita Pecah Pola Busana Produk Proses Produksi Ready Stock Reseller Saran Standar Ukuran Busana Tata Busana Tekstil testimoni Tips

.Ayuna Duwur | .Ok Rek | .Testimoni | .FAQ | .Produk Duwur | .Mode Busana | .Batik Unik | .Gamis Modern | .Batik Tulis | .Mode Fashion OkRek

 

 

BELAJAR DESAIN MODE BUSANA ..PERSEWAAN ALAT PESTA – KOLEKSI ABAYA-BUSANA MUSLIM – KERUDUNG MURAH

OKREK.COM · DUTAPULSA ukuran badan wanita

 

 

 

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.