tips diet saat bulan puasa

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


 

Papa tips diet saat bulan puasa Semar.com

UP TO DATE!

HIBURAN

TIPS

HUBUNGAN

KARIR

MOTIVASI

INSPIRASI

CONTACT

  

TIPS

10 Cara Diet di Bulan Puasa yang Bikin Kamu Langsing Tapi Tetap Sehat

Sambil puasa kamu juga bisa menurunkan berat badanmu lho.

Imma Purnama

June 4, 2016

 

 

Cara diet di bulan puasa memang banyak dilakukan oleh mereka yang ingin cepat kurus. Ya, mengurangi berat di tubuh berbarengan tips diet saat bulan puasa dengan bulan puasa memang sering dijalankan oleh banyak orang. Bulan Ramadhan bisa dikatakan sebagai titik permulaan untuk menjaga diri dan menjaga pola makan.

 

Namun, pola makan yang salah bisa membuat orang bertambah gemuk lho meski sedang puasa. Padahal, enggak makan selama 12 jam di bulan puasa bisa jadi detoks dan diet yang alami. Yang penting pola makanmu sudah benar.

 

Nah, kalo pola makanmu sudah tepat saat beribadah puasa, kamu tentu bisa menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Di artikel kali ini papasemar akan kasih cara diet di bulan puasa yang benar, agar berat badanmu nggak nambah selama bulan puasa. Yuk simak ulasannya!

 

 

 

Cara Diet di Bulan Puasa Paling Penting Jangan Pernah Lupa untuk Sahur!

cara diet di bulan puasa

Sahur itu penting guys! via hustler3.rssing.com

 

Cara diet di bulan puasa paling pertama adalah kamu wajib sahur! Jangan karena ingin diet, kamu malah enggak makan sahur dan cuma minum air putih saja. Sahur itu harus dilakukan agar kamu punya energi nggak lemas di siang hari. Dan tentunya menghindari kamu makan berlebihan saat buka puasa.

 

Untuk menopang kebutuhan kalori saat berpuasa, konsumsilah makanan berkadar lemak rendah. Protein yang cukup, makanan kaya serat dan karbohidrat kompleks. Sahurlah tepat waktu sebelum mendekati imsak, agar kamu nggak makan sahur dengan tergesa-gesa.

 

Saat Sahur Pilihlah Menu Makanan yang Tepat

cara diet di bulan puasa

Pilih makanan yang tepat saat sahur via www.medicaldaily.com

 

Saat berpuasa, untuk menjalankan kegiatan sehari-hari maka tubuhmu membutuhkan 5 unsur yakni, karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan juga mineral. Selain kelima unsur tersebut, kamu juga perlu makanan berserat seperti buah-buahan dan sayuran.

 

Serat bisa membantu kamu untuk kenyang lebih lama dan hindarilah makanan berbumbu tajam dan pedas karena bisa membuatmu mudah lapar kembali. Kandungan serat yang tinggi akan membuatmu merasa kenyang lebih lama dan nggak makan berlebihan.

 

(Baca juga: Bosan Diet Tapi Gak Kurus-Kurus? 7 Makanan Ini Bisa Jadi Solusi Lunturkan Lemak dengan Cepat)

 

Usahakan Jangan Tidur Lagi Sehabis Sahur

cara diet di bulan puasa

Jangan tidur setelah sahur! via www.vice.com

 

Cara diet di bulan puasa berikutnya adalah hindarilah tidur setelah makan sahur. Karena, setelah sahur lambung membutuhkan waktu dalam proses pencernaannya. Oleh karena itu usahakan jangan tidur setelah sahur, hal ini bisa menyebabkan pencernaanmu terganggu.

 

Membiasakan diri tidur setelah sahur juga bisa membuat berat badanmu semakin bertambah. Nggak peduli berapa banyak makanan yang dimakan, namun berat badan bisa membengkak setelah kamu tidur sesudah sahur. Sebab tubuh gak punya kesempatan untuk membakar kalori dari makanan yang dikonsumsi.

 

Perbanyak Konsumsi Air Putih Agar Tubuh Tidak Dehidrasi

cara diet di bulan puasa

Perbanyak minum air putih via www.thebestofbeauty.co.uk

 

Puasa nggak bisa kamu jadikan alasan untuk nggak minum dengan jumlah yang cukup. Justru, meski sedang puasa, kamu harus tetap mengonsumsi air putih dalam jumlah yang seharusnya, yakni minimal 8 gelas per hari.

 

Selama kamu berpuasa, air putih akan membantu menghilangkan berbagai racun dalam tubuh. Dengan tips diet saat bulan puasa konsumsi banyak air putih akan lebih efektif untuk menghilangkan racun dalam tubuh. Untuk berbuka sebaiknya awali dengan meminum air putih lalu konsumsi buah kurma atau buah secukupnya.

 

Hindari Minuman Dingin dan Bersoda Saat Buka Puasa

cara diet di bulan puasa

Hindari softdrink! via kaboompics.com

 

Setelah seharian penuh kamu puasa, menahan haus dari pagi sampai sore hari tentunya membuatmu melampiaskan dengan minum air es. Jika kamu ingin menurunkan berat badan saat puasa, maka hindarilah konsumsi air es dan minuman bersoada, karena air es dan minuman bersoda bisa meningkatkan asam lambung. Saat berbuka, lebih baik kamu minum air hangat, hal ini akan membuat lambungmu lebih nyaman.

 

(Baca juga: Alasan Mengapa Berat Badan Cenderung Naik Saat Berpuasa Dan Bagaimana Cara Mengatasinya)

 

Kurangi Juga Makan Makanan Manis Selama Puasa di Bulan Ramadhan

cara diet di bulan puasa

Kurangi makanan manis via lacheezeandwhine.blogspot.com

 

Salah satu hambatan penurunan berat badan saat berpuasa adalah menu makanan manis yang biasanya dihidangkan di atas meja makan saat berbuka puasa. Makanan manis memang menggiurkan, tapi sebaiknya kamu hindari makanan ini agar diet sehatmu bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Cara diet di bulan puasa yang baik adalah mengonsumsi menu buka puasa yang sehat. Kamu bisa memlihi kurma sebagai pembatal puasamu. Cukup satu kurma saja, karena kurma mengandung gula yang cukup tinggi.

 

Makanan manis cepat membuat berat badanmu naik. Kamu bisa atur pola makanmu selama 30 hari puasa. Cukup satu menu yang manis setiap harinya. Misalnya hari Senin kamu ingin berbuka dengan kolak pisang, Selasa dengan teh manis, Rabu dengan cookies, Kamis dengan kurma dan seterunya.

 

Kurangi Konsumsi Gorengan Setiap Hari Selama Bulan Puasa

cara diet di bulan puasa

Kurangi gorerngan via archive.kaskus.co.id

 

Harus diakui, gorengan memang menu yang enak untuk disantap saat berbuka puasa. Cita rasanya yang gurih dan renyah dianggap menjadi pemuas rasa lapar banyak orang. Namun, sama seperti makanan manis, kalau kamu ingin diet yang sehat, cobalah untuk mengurangi makanan yang digoreng.

 

Biasakan untuk memilih makanan yang dipanggang atau dikukus. Ganti lauk dengan ayam panggang atau ikan panggang. Jika kamu sulit menahan diri dari godaan gorengan yang hangat dan renyah, boleh saja mengonsumsinya namun tetap dalam batasan. Misalnya cukup seminggu tiga kali mengonsumsinya. Ingat, terlalu banyak makan makanan berminyak akan membuat kolestrolmu naik.

 

Tetap Kontrol Porsi Makanmu Saat Berbuka Puasa Jangan Sampai Makan Berlebihan

cara diet di bulan puasa

Kontrol porsi makanmu via www.delish.com

 

Ketika berbuka puasa, semua makanan terlihat nikmat. Makan pun jadi enggak terkendali karena nggak bisa mengontrol porsi makan. Iya, sih setelah puasa seharian, perut krucuk-krucuk enggak henti. Begitu tiba berbuka, kamu langsung makan nasi dan lauk pauk banyak.

 

Nggak bisa dihindari memang, saat berbuka banyak orang melampiaskan rasa laparnya dengan mengonsumsi makanan dalam porsi yang sangat besar. Hal ini sebaiknya kamu hindari, akrena akan membuat lambungmu kaget.

 

Kenapa? Karena seharian penuh lambung kamu mengerucut dan kosong. Makan banyak sesudah puasa malah membuat perut malah nggak enak. Jadi, ambilah menu di meja makan dalam porsi kecil. Jangan lupa untuk mengunyah makanan dengan halus agar lambung tidak terlalu keras mencerna makanan.

 

Jangan Biasakan Langsung Makan Makanan Berat Saat Berbuka Puasa

cara diet di bulan puasa

Makan makanan sehat via www.freundin.de

 

Saat berbuka puasa, sebaiknya hindari makan semua makanan sekaligus. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mengisi perut kosong sekaligus dalam jumlah yang banyak setelah seharin berpuasa akan membuat lambungmu kaget.

 

Konsumsilah kurma atau buah-buahan terlebih dulu kemudian dua gelas air putih. Kemudian biarkan otak mengirim sinyal kenyang ke tubuh. Hal ini membantu usaha dietmu sempurna. Namun, jika kamu masih lapar, beberapa jam kemudian kamu bisa makan makanan berat. Tapi tetap dalam porsi yang nggak berlebihan ya.

 

(Baca juga: Ingin Memiliki Tubuh Kurus? Hindarilah 7 Jenis Minuman Ini Agar Kamu Gak Gagal Diet)

 

Tetap Rajin Olahraga Ringan Agar Tubuh Nggak Lesu Saat Puasa

cara diet di bulan puasa

Olahraga jangan lupa ya, guys! via www.nytimes.com

 

Cara diet di bulan puasa terakhir yang bisa kamu terapkan adalah dengan tetap aktif. Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk malas-malasan untuk melakukan kegiatan. Kamu bisa mencoba melakukan olahraga selama kamu berpuasa.

 

(Baca Juga: Manfaat Menyantap Buah Kurma Saat Berbuka Puasa)

 

Berolahraga saat puasa memang tantangan yang berat ya gaes. Tapi bukan berarti pas puasa kamu merasa lemas dan nggak bergairah. Coba deh kamu lakukan olahraga ringan setelah sahur atau menjelang berbuka puasa. Misalnya dengan melakukan squat, sit up, dan lari-lari kecil. Hal ini akan merupakan cara sehat untuk menurunkan berat badanmu selama puasa.

 

Itulah beberapa cara diet di bulan puasa yang bisa menurunkan badan dengan cara sehat. Dengan menerapkan cara di atas berat badanmu bisa terkontrol selama berpuasa. So, kamu nggak bingung lagi soal ukuran baju saat lebaran nanti. 😀

 

like this? share with your friends!

 Share on Facebook

TAGS: bulan ramadhan, Diet, Diet Sehat, Langsing, puasa, Tips

More From Papasemar

Resep Milkshake Jeruk untuk Segarkan Dahaga Saat Buka PuasaResep Milkshake Jeruk untuk Segarkan Dahaga Saat Buka Puasa

Warnai buka puasamu dengan segelas milkshake jeruk.

 

7 Manfaat Mengonsumsi Buah Alpukat Saat Sahur dan Buka Puasa7 Manfaat Mengonsumsi Buah Alpukat Saat Sahur dan Buka Puasa

Buah alpukat pilihan mengandung nutrisi tinggi.

 

8 Tips Hemat Belanja Online Saat Bulan Ramadhan Agar Barang yang Kamu Beli Sesuai Harapan8 Tips Hemat Belanja Online Saat Bulan Ramadhan Agar Barang yang Kamu Beli Sesuai Harapan

Biar kamu nggak rugi beli barang online~

 

9 Takjil Favorit Selama Bulan Ramadhan yang Bikin Energimu Balik Lagi9 Takjil Favorit Selama Bulan Ramadhan yang Bikin Energimu Balik Lagi

Favorit kamu yang mana?

 

Sakit Tenggorokan Saat Berpuasa? Atasi dengan Cara Ampuh IniSakit Tenggorokan Saat Berpuasa? Atasi dengan Cara Ampuh Ini

Solusi untuk tenggorokanmu yang sakit saat berpuasa.

 

9 Tips Tetap Semangat Bekerja Meski Kamu Sedang Menjalankan Ibadah Puasa9 Tips Tetap Semangat Bekerja Meski Kamu Sedang Menjalankan Ibadah Puasa

Lakukan cara ini agar kamu nggak cepat lemas saat puasa.

 

Feeling Positive ?

Get your daily dose of good news

 

enter your email

SUBSCRIBE

 

 

Top Stories

 

8 Drama Korea Terbaru tips diet saat bulan puasa November 2016 yang Akan Segera Rilis

 

7 Hal Kenapa Drama Korea The Legend of The Blue Sea Bisa Saingi Descendants of the Sun !

 

Pemprov DKI Berikan Layanan Gratis Naik Transjakarta Bagi Warga Lanjut Usia

 

Fakta Ini Tunjukkan Syahrini Mirip Kim Kardashian versi Indonesia

 

7 Model Rambut Korea untuk Wajah Bulat Biar Terlihat Tirus

 

 

 

10 Foto Cantik dan Seksi Ariska Putri Pertiwi Pemenang Miss Grand Internasional 2016

 

Khoudia Diop, Model Cantik Berkulit Hitam yang Curi Perhatian Dunia

 

Layaknya Putri Raja Di Negeri Dongeng, Berikut 13 Foto Pesta Pernikahan Sandra Dewi Di Disneyland Tokyo!

 

Jangan Minum Obat Terus, Ini 5 Cara Natural untuk Menyembuhkan Penyakit Umum yang Bisa Kamu Coba

 

Selain Enak Diminum, Ternyata Ini 14 Manfaat Lain Dari Cola Loh. Simpan Satu Botol deh Di Rumah Kamu!

PapaSemar.com

SIGN UP FOR THE PAPASEMAR NEWSLETTER

Full of more positive content that you’ll love

 

enter your email

SUBSCRIBE

About Us How To Send Article Contact Us

papasemar.com is a new and fast growing online media in Indonesia, that was launched in june 2015. We are tips diet saat bulan puasa committed to present quality content that is both entertaining and enriching knowledges of young people in Indonesia.

GET MORE FROM PAPASEMAR

 

enter your email

SUBSCRIBE

 

 

Gudangnya Resep Masakan Terlengkap

Home

 

Hidangan Berkuah

 

Seafood

 

Kue dan Cookies

Kue Kering

Kue Basah

 

Dessert

Search for:

Home » Menu Bulan Puasa » 8 Resep Menu Sahur Sehat Ini Paling Pas untuk Keluarga

8 Resep Menu Sahur Sehat Ini Paling Pas untuk Keluarga

 

0 Kali

DIBAGIKAN

Share ke FacebookShare 0Share ke G+Share 0 Share ke TwitterShare

 

 

Resep menu sahur – Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana seluruh umat islam diwajibkan untuk menahan hawa nafsu, makan dan minum sampai kurang lebih 12 jam. Bagi beberapa orang, menyiapkan menu sahur maupun buka puasa menjadi salah satu masalah. Pasalnya, mereka bingung menu apa yang paling cocok dan sehat untuk dihidangkan pada waktu tersebut.

 

menu sahur

 

Menu sahur yang sehat merupakan salah satu indikator lancarnya seseorang berpuasa. Dalam artikel ini berikut ini, saya akan berbagi menu sahur yang bisa anda terapkan selama bulan puasa. Menu sahur berikut ini tergolong simpel dan bahan-bahan yang diperlukan pun cukup mudah ditemukan di dapur maupun di pasar.

 

Ketika menghidangkan menu sahur, tentunya kita harus bangun lebih awal agar kita tidak kejar-kejaran dengan waktu tips diet saat bulan puasa sahur. Kalau perlu, ajak deh anak-anak anda untuk membantu menyiapkan menu sahur seperti yang saya lakukan, hehehe. Okey langsung saja, berikut menu sahur yang bisa anda jadikan referensi selama bulan Ramadhan :

 

  1. Rendang daging

 

Daging merupakan bahan utama yang dapat diolah menjadi beberapa hidangan yang enak dan lezat. Salah satu olahan daging, khususnya daging sapi yang bakalan memanjakan lidah anda adalah rendang daging.

 

Rendang daging ini sudah dikenal banyak khalayak karena kelezatannya. Tidak heran jika banyak orang yang sangat mengidolakan hidangan ini menjadi santapan sahur mereka. Dengan cita rasa yang pedas dan khas, rendang daging ini siap menjadi teman sahur anda.

 

Baca Resepnya

  1. Rawon

 

menu sahur

 

Tak ketinggalan juga, salah satu olahan daging yang tak kalah lezatnya adalah rawon. Hidangan berkuah dengan bumbu yang khas ini berbahan dasar kluwek. Tidak bisa dipungkiri, kelezatan rawon ini memang menggairahkan, tidak heran jika saya memasukkan rawon ini menjadi menu sahur yang wajib anda coba.

 

Baca Resepnya

  1. Serundeng daging

 

Serundeng daging, nama makanan yang terbuat dari bahan dasar kelapa yang diparut dan kemudian ditambahkan bumbu-bumbu yang khas,  Namanya saja serundeng daging, sudah pasti makanan ini terdapat daging di dalamnya, biasa sih kalau ibuku buat, ada potongan daging kecil-kecil.

 

Meskipun terkesan mirip, jangan sampai anda salah menafsirkan antara abon dengan serundeng daging ini, karena kedua makanan tersebut tidaklah sama, hanya berntuknya saja yang terkesan mirip.

 

Baca Resepnya

  1. Sambal bajak

 

Tidak hanya cocok untuk menu buka puasa, sambal bajak ini juga banyak diminati banyak orang untuk dijadikan menu sahur mereka. Dengan citarasa pedas yang khas dengan warna berminyak dan mengkilat membuat sambal bajak ini terasa lezat di mulut.

 

 

sambal bajak untuk menu sahur

 

Sambal bajak ini dapat disandingkan dengan banyak hidangan lain seperti ayam goreng, tempe bacem dan lain sebagainya.

 

Baca Resepnya

  1. Soto

 

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Hidangan berkuah yang made in Indonesia ini sudah pasti dikenal banyak orang, khususnya orang jawa. Bahan dasar yang paling banyak digunakan dalam hidangan soto ini adalah daging sapi dan daging ayam.

 

Dengan citarasa kaldu daging yang lezat dan menggoda, membuat banyak orang memilih soto untuk menu sahur mereka. Daripada penasaran, silakan coba menyantap soto pada waktu sahur dan rasakan kelezatan dari hidangan berkuah ini.

 

Baca Resepnya

  1. Semur daging

 

Hidangan berkuah yang berbahan daging ini dapat anda jadikan menu sahur. Hampir sama seperti rendang daging, semur ini menggunakan bahan utama daging, baik itu daging sapi maupun daging kambing.

 

menu sahur

 

Menjadikan semur daging sebagai menu sahur sangatlah tepat. Saya juga biasanya menyajikan semur daging ini untuk keluarga tercinta saya ketika menjelang sahur. Untuk resepnya bisa anda coba lihat link dibawah ini.

 

Baca Resepnya

  1. Opor ayam

 

Opor ayam merupakan kuliner indonesia yang berbahan dasar ayam dibalut dengan bumbu-bumbu yang khas, membuat kuliner ini menjadi idola banyak orang. Tidak hanya menjadi sorotan banyak orang pada hari lebaran, opor ayam ini ternyata sangat cocok untuk menu sahur.

 

Saya rasa resep opor ayam ini tergolong sederhana karena bumbu-bumbu yang diperlukan cukuplah mudah didapt. Capcus, untuk resepnya bisa anda lihat dibawah.

 

Baca Resepnya

  1. Sambal goreng kikil

 

sambal goreng cecek untuk menu sahur

 

Sambal goreng kikil ini merupakan salah satu menu sahur yang paling diidolakan oleh banyak orang, tak terkecuali oleh keluarga saya sendiri. Ibu saya dulu biasanya membuatkan sambal goreng kikil ini tidak hanya pada saat sahur saja, melainkan untuk hidangan sehari-hari (bukan setiap hari loh).

 

Baca Resepnya

 

Baiklah, semoga resep-resep diatas bisa anda jadikan referensi untuk menu sahur anda selama bukan Ramadhan. Semoga puasa kita berjalan seperti apa yang kita harapkan dan mendapat banyak pahala dari-Nya.

 

Saya akan terus memperbarui menu sahur diatas menjadi lebih komplit lagi dan jangan lupa coba aneka resep kue lebaran ini. Tenang saja, step by stepnya dijamin gak ribet. Happy cooking!! 🙂

 

 

#MENU BULAN PUASA

← Posting Lebih Baru Posting Lama →

 

  

 

 

Resep Lainnya yang tips diet saat bulan puasa Bisa Anda Coba :

 

11 Resep Menu Buka Puasa Ini ‘Wajib’ Anda Hidangkan

Menu buka puasa – Salah satu momen di bulan ramad …

Recent Post

 

Resep Membuat Kue Sarang Semut atau Kue Karamel

Kue karamel atau yang juga dikenal dengan nama kue sarang…

Resep Membuat Cilok Bandung yang Enak dan Kenyal Banget

Jajanan cilok bandung sering kita temui di abang-abang…

Resep Membuat Bolu Kukus Gula Merah yang Teksturnya Lembut

Penggemar kue pasti sudah tidak asing lagi dengan bolu…

Resep Membuat Bakso Ikan yang Terkenal Akan Kelezatannya

Bakso, makanan yang satu ini biasanya dibuat dari bahan…

Resep Membuat Pizza Mini yang Lezat dan Mudah Banget

Panganan yang satu ini tentunya menjadi favorit banyak…

Label

 

Aneka Bubur Aneka Camilan Aneka Cumi Aneka Ikan Aneka Kentang Aneka Mie Aneka Nasi Aneka Pasta Aneka Sambal Aneka tips diet saat bulan puasa Sayuran Aneka Udang Bakso Bolu Cilok Daging Sapi Dessert Hidangan Berkuah Kue Basah Kue Dan Cookies Kue Kering Menu Bulan Puasa Menu Lebaran Menu Nusantara Pizza Roti Seafood Soto Tahu Dan Tempe

Beranda

Copyright © 2015 Gudangnya Resep Masakan Terlengkap

 

 

PapaSemar.com

UP TO DATE!

HIBURAN

TIPS

HUBUNGAN

KARIR

MOTIVASI

INSPIRASI

CONTACT

  

TIPS

10 Cara Diet di Bulan Puasa yang Bikin Kamu Langsing Tapi Tetap Sehat

Sambil puasa kamu juga bisa menurunkan berat badanmu lho.

Imma Purnama

June 4, 2016

 

 

Cara diet di bulan puasa memang banyak dilakukan oleh mereka yang ingin cepat kurus. Ya, mengurangi berat di tubuh berbarengan dengan bulan puasa memang sering dijalankan oleh banyak orang. Bulan Ramadhan bisa dikatakan sebagai titik permulaan untuk menjaga diri dan menjaga pola makan.

 

Namun, pola makan yang salah bisa membuat orang bertambah gemuk lho meski sedang puasa. Padahal, enggak makan selama 12 jam di bulan puasa bisa jadi detoks dan diet yang alami. Yang penting pola makanmu sudah benar.

 

Nah, kalo pola makanmu sudah tepat saat beribadah puasa, kamu tentu bisa menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Di artikel kali ini papasemar akan kasih cara diet di bulan puasa yang benar, agar berat badanmu nggak nambah selama bulan puasa. Yuk simak ulasannya!

 

 

 

Cara Diet di Bulan Puasa Paling Penting Jangan Pernah Lupa untuk Sahur!

cara diet di bulan puasa

Sahur itu penting guys! via hustler3.rssing.com

 

Cara diet di bulan puasa paling pertama adalah kamu wajib sahur! Jangan karena ingin diet, kamu malah enggak tips diet saat bulan puasa makan sahur dan cuma minum air putih saja. Sahur itu harus dilakukan agar kamu punya energi nggak lemas di siang hari. Dan tentunya menghindari kamu makan berlebihan saat buka puasa.

 

Untuk menopang kebutuhan kalori saat berpuasa, konsumsilah makanan berkadar lemak rendah. Protein yang cukup, makanan kaya serat dan karbohidrat kompleks. Sahurlah tepat waktu sebelum mendekati imsak, agar kamu nggak makan sahur dengan tergesa-gesa.

 

Saat Sahur Pilihlah Menu Makanan yang Tepat

cara diet di bulan puasa

Pilih makanan yang tepat saat sahur via www.medicaldaily.com

 

Saat berpuasa, untuk menjalankan kegiatan sehari-hari maka tubuhmu membutuhkan 5 unsur yakni, karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan juga mineral. Selain kelima unsur tersebut, kamu juga perlu makanan berserat seperti buah-buahan dan sayuran.

 

Serat bisa membantu kamu untuk kenyang lebih lama dan hindarilah makanan berbumbu tajam dan pedas karena bisa membuatmu mudah lapar kembali. Kandungan serat yang tinggi akan membuatmu merasa kenyang lebih lama dan nggak makan berlebihan.

 

(Baca juga: Bosan Diet Tapi Gak Kurus-Kurus? 7 Makanan Ini Bisa Jadi Solusi Lunturkan Lemak dengan Cepat)

 

Usahakan Jangan Tidur Lagi Sehabis Sahur

cara diet di bulan puasa

Jangan tidur setelah sahur! via www.vice.com

 

Cara diet di bulan puasa berikutnya adalah hindarilah tidur setelah makan sahur. Karena, setelah sahur lambung membutuhkan waktu dalam proses pencernaannya. Oleh karena itu usahakan jangan tidur setelah sahur, hal ini bisa menyebabkan pencernaanmu terganggu.

 

Membiasakan diri tidur setelah sahur juga bisa membuat berat badanmu semakin bertambah. Nggak peduli berapa banyak makanan yang dimakan, namun berat badan bisa membengkak setelah kamu tidur sesudah sahur. Sebab tubuh gak punya kesempatan untuk membakar kalori dari makanan yang dikonsumsi.

 

Perbanyak Konsumsi Air Putih Agar Tubuh Tidak Dehidrasi

cara diet di bulan puasa

Perbanyak minum air putih via www.thebestofbeauty.co.uk

 

Puasa nggak bisa kamu jadikan alasan untuk nggak minum dengan jumlah yang cukup. Justru, meski sedang puasa, kamu harus tetap mengonsumsi air putih dalam jumlah yang seharusnya, yakni minimal 8 gelas per hari.

 

Selama kamu berpuasa, air putih akan membantu menghilangkan berbagai racun dalam tubuh. Dengan konsumsi banyak air putih akan lebih efektif untuk menghilangkan racun dalam tubuh. Untuk berbuka sebaiknya awali dengan meminum air putih lalu konsumsi buah kurma atau buah secukupnya.

 

Hindari Minuman Dingin dan Bersoda Saat Buka Puasa

cara diet di bulan puasa

Hindari softdrink! via kaboompics.com

 

Setelah seharian penuh kamu puasa, menahan haus dari pagi sampai sore hari tentunya membuatmu melampiaskan dengan minum air es. Jika kamu ingin menurunkan berat badan saat puasa, maka hindarilah konsumsi air es dan minuman bersoada, karena air es dan minuman bersoda bisa meningkatkan asam lambung. Saat berbuka, lebih baik kamu minum air hangat, hal ini akan membuat lambungmu lebih nyaman.

 

(Baca juga: Alasan Mengapa Berat Badan Cenderung Naik Saat Berpuasa Dan Bagaimana Cara Mengatasinya)

 

Kurangi Juga Makan Makanan Manis Selama Puasa di Bulan Ramadhan

cara diet di bulan puasa

Kurangi makanan manis via lacheezeandwhine.blogspot.com

 

Salah satu hambatan penurunan berat badan saat berpuasa adalah menu makanan manis yang biasanya dihidangkan di atas meja makan saat berbuka puasa. Makanan manis memang menggiurkan, tapi sebaiknya kamu hindari makanan ini agar diet sehatmu bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Cara diet di bulan puasa yang baik adalah mengonsumsi menu buka puasa yang sehat. Kamu bisa memlihi kurma sebagai pembatal puasamu. Cukup satu kurma saja, karena kurma mengandung gula yang cukup tinggi.

 

Makanan manis cepat membuat berat badanmu naik. Kamu bisa atur pola makanmu selama 30 hari puasa. Cukup satu menu yang manis setiap harinya. Misalnya hari Senin kamu ingin berbuka dengan kolak pisang, Selasa dengan teh manis, Rabu dengan cookies, Kamis dengan kurma dan seterunya.

 

Kurangi Konsumsi Gorengan Setiap Hari Selama Bulan Puasa

cara diet di bulan puasa

Kurangi gorerngan via archive.kaskus.co.id

 

Harus diakui, gorengan memang menu yang enak untuk disantap saat berbuka puasa. Cita rasanya yang gurih dan renyah dianggap menjadi pemuas rasa lapar banyak orang. Namun, sama seperti makanan manis, kalau kamu ingin diet yang sehat, cobalah untuk mengurangi makanan yang digoreng.

 

Biasakan untuk memilih makanan yang dipanggang atau dikukus. Ganti lauk dengan ayam panggang atau ikan panggang. Jika kamu sulit menahan diri dari godaan gorengan yang hangat dan renyah, boleh saja mengonsumsinya namun tetap dalam batasan. Misalnya cukup seminggu tiga kali mengonsumsinya. Ingat, terlalu banyak makan makanan berminyak akan membuat kolestrolmu naik.

 

Tetap Kontrol Porsi Makanmu Saat Berbuka Puasa Jangan Sampai Makan Berlebihan

cara diet di bulan puasa

Kontrol porsi makanmu via www.delish.com

 

Ketika berbuka puasa, semua makanan terlihat nikmat. Makan pun jadi enggak terkendali karena nggak bisa mengontrol porsi makan. Iya, sih setelah puasa seharian, perut krucuk-krucuk enggak henti. Begitu tiba berbuka, kamu langsung makan nasi dan lauk pauk banyak.

 

Nggak bisa dihindari memang, saat berbuka banyak orang melampiaskan rasa laparnya dengan mengonsumsi makanan dalam porsi yang sangat besar. Hal ini sebaiknya kamu hindari, akrena akan membuat lambungmu kaget.

 

Kenapa? Karena seharian penuh lambung kamu mengerucut dan kosong. Makan banyak sesudah puasa malah membuat perut malah nggak enak. Jadi, ambilah menu di meja makan dalam porsi kecil. Jangan lupa untuk mengunyah makanan dengan halus agar lambung tidak terlalu keras mencerna makanan.

 

Jangan Biasakan Langsung Makan Makanan Berat Saat Berbuka Puasa

cara diet di bulan puasa

Makan makanan sehat via www.freundin.de

 

Saat berbuka puasa, sebaiknya hindari makan semua makanan sekaligus. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mengisi perut kosong sekaligus dalam jumlah yang banyak setelah seharin berpuasa akan membuat lambungmu kaget.

 

Konsumsilah kurma atau buah-buahan terlebih dulu kemudian dua gelas air putih. Kemudian biarkan otak mengirim sinyal kenyang ke tubuh. Hal ini membantu usaha dietmu sempurna. Namun, jika kamu masih lapar, beberapa jam kemudian kamu bisa makan makanan berat. Tapi tetap dalam porsi yang nggak berlebihan ya.

 

(Baca juga: Ingin Memiliki Tubuh Kurus? Hindarilah 7 Jenis Minuman Ini Agar Kamu Gak Gagal Diet)

 

Tetap Rajin Olahraga Ringan Agar Tubuh Nggak Lesu Saat Puasa

cara diet di bulan puasa

Olahraga jangan lupa ya, guys! via www.nytimes.com

 

Cara diet di bulan puasa terakhir yang bisa kamu terapkan adalah dengan tetap aktif. Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk malas-malasan untuk melakukan kegiatan. Kamu bisa mencoba melakukan olahraga selama kamu berpuasa.

 

(Baca Juga: Manfaat Menyantap Buah Kurma Saat Berbuka Puasa)

 

Berolahraga saat puasa memang tantangan yang berat ya gaes. Tapi bukan berarti pas puasa kamu merasa lemas dan nggak bergairah. Coba deh kamu lakukan olahraga ringan setelah sahur atau menjelang berbuka puasa. Misalnya dengan melakukan squat, sit up, dan lari-lari kecil. Hal ini akan merupakan cara sehat untuk menurunkan berat badanmu selama puasa.

 

Itulah beberapa cara diet di bulan puasa yang bisa menurunkan badan dengan cara sehat. Dengan menerapkan cara di atas berat badanmu bisa terkontrol selama berpuasa. So, kamu nggak bingung lagi soal ukuran baju saat lebaran nanti. 😀

 

like this? share with your friends!

 Share on Facebook

TAGS: bulan ramadhan, Diet, Diet Sehat, Langsing, puasa, Tips

 

More From Papasemar

Resep Milkshake Jeruk untuk Segarkan Dahaga Saat Buka PuasaResep Milkshake Jeruk untuk Segarkan Dahaga Saat Buka Puasa

Warnai buka puasamu dengan segelas milkshake jeruk.

 

7 Manfaat Mengonsumsi Buah Alpukat Saat Sahur dan Buka Puasa7 Manfaat Mengonsumsi Buah Alpukat Saat Sahur dan Buka Puasa

Buah alpukat pilihan mengandung nutrisi tinggi.

 

8 Tips Hemat Belanja Online Saat Bulan Ramadhan Agar Barang yang Kamu Beli Sesuai Harapan8 Tips Hemat Belanja Online Saat Bulan Ramadhan Agar Barang yang Kamu Beli Sesuai Harapan

Biar kamu nggak rugi beli barang online~

 

9 Takjil Favorit Selama Bulan Ramadhan yang Bikin Energimu Balik Lagi9 Takjil Favorit Selama Bulan Ramadhan yang Bikin Energimu Balik Lagi

Favorit kamu yang mana?

 

Sakit Tenggorokan Saat Berpuasa? Atasi dengan Cara Ampuh IniSakit Tenggorokan Saat Berpuasa? Atasi dengan Cara Ampuh Ini

Solusi untuk tenggorokanmu yang sakit saat berpuasa.

 

9 Tips Tetap Semangat Bekerja Meski Kamu Sedang Menjalankan Ibadah Puasa9 Tips Tetap Semangat Bekerja Meski Kamu Sedang Menjalankan Ibadah Puasa

Lakukan cara ini agar kamu nggak cepat lemas saat puasa.

 

Feeling Positive ?

Get your daily dose of good news

 

enter your email

SUBSCRIBE

 

 

Top Stories

 

8 Drama Korea Terbaru November 2016 yang Akan Segera Rilis

 

7 Hal Kenapa Drama Korea The Legend of The Blue Sea Bisa Saingi Descendants of the Sun !

 

Pemprov DKI Berikan Layanan Gratis Naik Transjakarta Bagi Warga Lanjut Usia

 

Fakta Ini Tunjukkan Syahrini Mirip Kim Kardashian versi Indonesia

 

7 Model Rambut Korea untuk Wajah Bulat Biar Terlihat Tirus

 

 

 

10 Foto Cantik dan Seksi Ariska Putri Pertiwi Pemenang Miss Grand Internasional 2016

 

Khoudia Diop, Model Cantik Berkulit Hitam yang Curi Perhatian Dunia

 

Layaknya Putri Raja Di Negeri Dongeng, Berikut 13 Foto Pesta Pernikahan Sandra Dewi Di Disneyland Tokyo!

 

Jangan Minum Obat Terus, Ini 5 Cara Natural untuk Menyembuhkan Penyakit Umum yang Bisa Kamu Coba

 

Selain Enak Diminum, Ternyata Ini 14 Manfaat Lain Dari Cola Loh. Simpan Satu Botol deh Di Rumah Kamu!

 

SIGN UP FOR THE PAPASEMAR NEWSLETTER

Full of more positive content that you’ll love

 

enter your email

SUBSCRIBE

About Us How To Send Article Contact Us

papasemar.com is a new and fast growing online media in Indonesia, that was launched in june 2015. We are committed to present quality content that is both entertaining and enriching knowledges of young people in Indonesia.

GET MORE FROM PAPASEMAR

 

enter your email

SUBSCRIBE

   

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.