rumus mengukur berat badan ideal

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Artikel mengenai cara mengetahui berat rumus mengukur berat badan ideal badan sapi bali dengan ukuran lingkar dada ini sudah

 

 

 

pernah saya posting sebelumnya, namun entah mengapa saat dicari lagi artikel tersebut sudah rumus mengukur berat badan ideal tidak dapat saya temukan lagi. Oleh karena itu, artikel ini saya posting kembali untuk menjawab pertanyaan rekan-rekan peternak maupun praktisi peternakan yang berhubungan dengan sapi bali. Dengan metode ini kita tidak perlu menghitung tinggu gumba dan memasukan rumus, cukup mencocokannya dengan tabel.

 

Mengetahui berat badan sapi merupakan pengetahuan yang penting bagi peternak. Hal ini dapat berfungsi sebagai indikator keberhasilan manajemen pemeliharaan ternak yang kita pelihara. Selain itu, mengetahui berat badan sapi juga penting agar  peternak tidak mengalami kerugian saat akan menjual atau akan membeli ternak sapi. rumus mengukur berat badan ideal Dalam artikel ini penulis hanya akan sedikit berbagi informasi cara mengetahui berat badan sapi dan khususnya sapi Bali. Adapaun cara mengetahui berat badan sapi terdiri dari 2 cara yaitu : Menggnakan timbangan sapi ataupun menggunakan teknik pengukuran badan yang kemudian dikonfersikan dengan berat badan sapi.

 

Pengukuran dengan menggunkan timbangan adalah cara yang praktis akan tetapi membutuhkan saran dan prasarana yang memadai. Timbangan sapi seperti ini umumnya hanya terdapat pada instalasi milik pemerintah namun tidak jarang pihak swasta juga memilikinya.

 

Selain menggunakan timbangan, cara lain mengetahui berat badan sapi adalah dengan cara pengukuran lingkar dada.

 

 lingkar dada sapi

 

Setelah mendapatkan hasil pengukuran lingkar dada maka kita tinggal memasukannya pada rumus. Tapi pada kali ini saya tidak menjelaskan rumusnya namun dengan mengggunakan tabel. Jadi lingkar dada yang sudah didapatkan tinggal dimasukkan ke dalam tabel untuk diketahui kisaran berat badan sapi.

 

Sejak si Kecil lahir, berat badan bayi menjadi perhatian utama, karena terkait kesehatan dan tumbuh kembangnya.

 

Sejak si Kecil lahir, berat badan bayi merupakan salah satu hal yang menjadi perhatian utama, karena terkait kesehatan dan tumbuh kembangnya. Nah, apa saja yang perlu Ibu ketahui seputar berat badan bayi dan pertumbuhannya?

 

Berat Badan rumus mengukur berat badan ideal Bayi saat Lahir

Beberapa hari setelah lahir, berat badan bayi akan turun lima hingga sepuluh persen dari berat badan bayi saat lahir. Hal ini normal terjadi karena si Kecil kehilangan cairan saat dilahirkan dan asupan ASI pada hari-hari pertama belum maksimal. Karena itulah, berat badan bayi tidak dapat rumus mengukur berat badan ideal segera kembali seperti saat dilahirkan, atau naik dengan cepat. Namun, Ibu tidak perlu khawatir, karena biasanya dalam 14 hari, berat badan bayi akan meningkat seiring dengan kemahirannya menyusu dan mendapatkan ASI.

 

Pertumbuhan Berat Badan Bayi yang Normal

Saat Ibu membawa si Kecil untuk kontrol atau imunisasi, dokter atau bidan biasanya akan menimbang berat badan bayi dan mencatatnya di buku kesehatan untuk memantau pertumbuhannya. Berat badan bayi umumnya naik 170-220 gram per minggu atau 450 – 900 gram per bulan selama beberapa bulan pertama. Perkiraan perubahan berat badan bayi yang normal terjadi setelah kelahirannya, yakni:

 

Pada usia beberapa hari, berat badan bayi umumnya turun 5-10 persen dan akan naik kembali dalam 2-3 minggu kemudian.

Pada usia 4-6 bulan, berat badan bayi meningkat dua kali lipat dari berat badan bayi saat lahir dan menjadi tiga kali lipat ketika usianya mencapai 12 bulan.

Seiring dengan peningkatan berat badan bayi, panjang badan bayi juga bertambah 1,5 kali panjang saat lahir dan lingkar kepalanya bertambah 7,6 cm saat ia mencapati usia 12 bulan.

 

 

Tips Menimbang Berat Badan Bayi

Kenaikan berat badan bayi dari minggu ke minggu umumnya bervariasi. Bila minggu ini kenaikan berat badan bayinya tidak terlalu banyak, mungkin minggu depannya berat badan si Kecil dapat naik lebih berat dari minggu lalu. Pemantauan berat badan bayi umumnya dilakukan setiap 3-4 minggu sekali. Untuk mendapatkan hasil berat badan bayi yang tepat, hendaknya saat menimbang si Kecil lakukanlah beberapa tips di bawah ini :

 

Gunakanlah alat timbangan yang sama setiap kali menimbang berat badan bayi. Alat timbang yang berbeda dapat membuat hasil berat badan bayi berbeda

Saat menimbang berat badan bayi, usahakan si Kecil mengenakan pakaian yang tipis atau tanggalkan pakaiannya sebelum ditimbang

Jika si Kecil ditimbang setelah menyusu atau diberi makan, maka hasil berat badan bayi dapat berbeda sekira 100-200 gram.

 

 

Grafik Pertumbuhan sebagai Panduan Berat Badan Bayi

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Grafik pertumbuhan standar yang digunakan untuk menilai pertambahan berat badan bayi disusun oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO), berdasarkan data sejumlah anak-anak yang mendapat ASI di beberapa negara dan dikelompokkan berdasarkan jenis kelamin, usia, dan panjang badan. Hasil rumus mengukur berat badan ideal pengukuran berat badan bayi akan dicantumkan atau diplot pada grafik tersebut untuk menilai apakah berat badannya sesuai dengan berat badan bayi rata-rata. Di Indonesia, grafik ini dituangkan ke dalam bentuk Kartu Menuju Sehat (KMS) yang dapat Ibu peroleh dari posyandu, puskesmas, bidan, atau dokter.

 

Waspadai bila hasil pengukuran berat badan bayi di atas atau di bawah grafik pertumbuhan, dan konsultasikan lebih lanjut pada dokter untuk memastikan kesehatan si Kecil tidak terganggu. Bilamanakah kenaikan berat badan bayi yang lambat menjadi masalah? Waspadai hal-hal berikut :

 

Pada usia 10 hari, berat badan bayi terus turun dan tidak naik hingga usia 3 tiga minggu

Rata-rata kenaikan berat badan bayi kurang dari 100 gram per minggu selama 3 tiga bulan pertama

Berat badan bayi di bawah garis terendah pada grafik pertumbuhan standar WHO

Bila sebelum usia lima bulan, berat badan bayi turun dalam waktu 2-3 bulan, atau saat Ibu memakaikan pakaian pada si Kecil, terlihat makin longgar, terutama pada bagian bawah perut, panggul, dan pahanya.

 

 

Beberapa hal lain yang menyebabkan berat badan bayi tetap rendah walau telah diberikan cukup ASI, yaitu mungkin terdapat infeksi, adanya kelainan bawaan pada kerongkongan atau lambung si Kecil yang menyebabkan si Kecil sering muntah sehingga tidak mendapat ASI yang mencukupi untuk pertumbuhannya, atau si Kecil sensitif terhadap makanan yang dimakan ibu yang dihantarkan melalui ASI. Bila Ibu menemukan berat badan bayi tidak naik atau malah turun, termasuk karena hal-hal di atas, bawalah segera ke dokter untuk ditangani lebih lanjut.  

 

 

Cara Menghitung Berat rumus mengukur berat badan ideal Badan yang Seharusnya

3 Metode:Perhitungan IMTKetentuan Perhitungan IMTPersentase Lemak tubuh

Tentu, Anda tahu IMT (Indeks Massa Tubuh) Anda. Tetapi bukankah seharusnya angka IMT Anda ini disesuaikan secara personal? Jawaban singkatnya: ya. Kalkulator IMT memiliki batasnya sendiri. Akan lebih baik jika Anda tahu persentase lemak di tubuh Anda jika Anda ingin tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

 

 

Metode

1

Perhitungan IMT

Gambar berjudul Calculate Appropriate Weight Step 11

Temukan kalkulator atau diagram IMT. Banyak yang dapat ditemukan secara daring dan sebagian besar dapat rumus mengukur berat badan ideal dipercaya – perhitungan IMT merupakan persamaan matematika dasar yang sama di semua tempat. Tetapi, untuk sumber dengan reputasi yang lebih baik, Anda bisa mencari kalkulator atau diagram IMT pada laman U.S. Department of Health & Human Services (Layanan Departemen Kesehatan & Manusia A.S.) atau di kantor dokter terdekat.

 

 

Gambar berjudul Calculate Appropriate Weight Step 22

Masukkan berat dan tinggi badan Anda. Kebanyakan kalkulator memiliki pilihan untuk pengukuran standar dan metrik. Anda juga perlu melaporkan jenis kelamin Anda ke kalkulator IMT untuk hasil yang lebih akurat.

Anda dapat melakukannya secara manual jika diinginkan. Untuk pengukuran standar:

Ambil nilai tinggi Anda dalam inci. Misalkan tinggi Anda 70 inci, lakukan penghitungan 70 x 70.

Ambil nilai berat Anda dalam pon dibagi dengan nilai tinggi Anda. Misalkan berat Anda 150 pon, jadi 150/4900. Hasilnya .0306.

Lalu, ambil hasil tersebut dan dikalikan dengan 703. Itulah IMT Anda. Dalam contoh di atas, hasilnya 21.6.

Untuk pengukuran metrik:

Ambil nilai tinggi Anda dalam meter. Misalkan tinggi Anda 177,8 cm = 1,78 m. Kuadratkan nilai tersebut, 1,78 x 1,78.

Ambil nilai berat tubuh Anda yang dibagi dengan nilai tinggi Anda. Misalkan berat Anda 68 kg, jadi 68/3,16 (hasil dari 1,78 yang sudah dikuadratkan). Hasilnya 21,5. Itulah IMT Anda.

Gambar berjudul Calculate Appropriate Weight Step 33

Cari IMT Anda di grafik hasil. Ada 4 kategori: kurang berat badan, berat normal, kelebihan berat, dan obesitas. Ingat, semua ini adalah aturan yang umum.

Anda kekurangan berat jika indes angka di bawah 18..

Anda berada pada berat yang normal/diinginkan jika indeks angka di antara 18,5 dan 24,9.

Anda termasuk kelebihan berat jika indeks angka di antara 25 dan 29,9.

Anda termasuk obesitas jika memiliki IMT 30 ke atas.

Bahaya/penyakit yang mungkin akan Anda hadapi, seperti diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan penyakit kanker tertentu dapat dilihat dari hasil IMT Anda. rumus mengukur berat badan ideal

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.