rumus menghitung bmi

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Cara Praktis Menghitung rumus menghitung bmi Kebutuhan Kalori Tubuh by Vinka Kumala

 

 

 

 

Kesehatan Umum Tidak hanya untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan, tetapi semua orang ternyata juga harus mengatur menu diet atau menu makanan sehari-harinya. Tidak hanya untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan, tetapi semua orang ternyata juga harus mengatur menu diet atau menu makanan sehari-harinya. Terlalu banyak makan dapat menyebabkan kelebihan berat badan, dan sebaliknya, terlalu sedikit makan dapat menyebabkan kekurangan gizi. Bagi yang sudah terlanjur memiliki berat badan berlebih, mereka harus menyusun menu dietnya agar tetap mencukupi kebutuhan metabolisme sehari-harinya, namun tidak menyebabkan penumpukan makanan berlebih dalam tubuh. Begitu juga sebaliknya bagi mereka yang kekurangan gizi. Oleh karena itu, pengaturan menu diet sebaiknya diterapkan pada semua orang, dengan memperhatikan proporsi karbohidrat, protein, rumus menghitung bmi lemak, vitamin, dan mineral, serta zat-zat lain dalam tubuh, sehingga seluruhnya berada dalam porsi yang seimbang. Lalu, bagaimana caranya mengatur sendiri menu diet Anda? Sebelumnya, mari menghitung kebutuhan kalori tubuh anda. Untuk menghitung kebutuhan kalori basal/KKB (kalori yang Anda butuhkan untuk kegiatan sehari-hari) dapat ditentukan dengan rumus sebagai berikut: LAKI-LAKI = 66,47 + (13.75 x BB) + (5 x TB) – (6.76 x U) WANITA = 655,2 + (9.56 x BB) + (1.7 x TB) – (4.77 x U) Keterangan: BB = Berat Badan ideal (kg) TB = Tinggi Badan (cm) U = Umur (tahun) Dengan perhitungan KKB seperti cara di atas, maka baik kelebihan maupun kekurangan berat badan dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan kalorinya untuk berat badan yang ideal. Selain itu, di Indonesia juga sering digunakan perhitungan Kebutuhan Kalori

 

 

 

Basal yang lebih simpel, yaitu: KKB = 40 x (TB – 100) Dengan faktor koreksi: Stress ringan (1) : 1.3 x KKB Stress sedang (2) : 1.5 x KKB Stress berat (3) : 2.0 x KKB Sementara itu, ada 2 cara sederhana menghitung berat badan ideal: Cara 1: BB ideal = (TB – 100) – (0.1 x (TB – 100)) Cara 2: Menggunakan Body Mass Index(BMI)/Indeks Massa Tubuh (IMT) IMT ideal pada pria dan wanita: Wanita 13-17 : dibawah ideal (terlalu kurus/anoreksia) 19-24 : IDEAL 26-31 : Obesitas (kegemukan) Pria 14-18 : dibawah ideal 20-25 : IDEAL 28-33 : Obesitas MENYUSUN MENU DIET ANDA Setelah mengetahui kebutuhan kalori, Anda dapat memulai menyusun menu diet Anda sesuai proporsi zat-zat makanan yang seimbang, yaitu: Karbohidrat 60-75% Protein 10-15% Lemak 10-25% Kalau Anda sudah menghitung jumlah kalori ideal untuk Anda, Anda dapat menghitung jumlah masing-masing kalori untuk karbohidrat, protein, dan lemak berdasarkan persentase di atas. Kemudian, jumlah kalori yang Anda dapatkan per jenis zat dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis makanan. Misalnya, untuk karbohidrat dapat diperoleh dengan mengkonsumsi nasi, kentang, makaroni, ataupun roti. Yang menyenangkan, setiap jenis makanan tersebut dapat diganti menjadi makanan lain dengan satuan penukar, sehingga Anda tidak bosan memakan jenis makanan rumus menghitung bmi yang itu-itu saja. Bahan makanan pada tiap golongan bernilai gizi hamper sama, oleh karena itu satu sama lain dapat salong menukar dan disebut satuan penukar. Berikut adalah contoh beberapa daftar satuan penukar yang digunakan. GOLONGAN I Sumber Karbohidrat 1 satuan penukar = 175 kalori, 4 g protein, 40 g karbohidrat. Bahan Makanan Ukuran Rumah Tangga Berat (g) Nasi 1 gelas 200 Roti putih 3 potong kecil 70 Singkong 1 potong 120 Kentang 2 buah sedang 210 Makaroni ½ gelas 50 GOLONGAN II Sumber Protein Hewani 1. Rendah Lemak 1 satuan penukar = 50 kalori, 7 g protein, 2 g lemak. Bahan Makanan Ukuran Rumah Tangga Berat (g) Ikan 1 potong sedang 40 Ayam tanpa kulit 1 potong sedang 40 Udang segar 5 ekor sedang 35 2. Lemak Sedang 1 satuan penukar = 75 kalori, 7 g protein, 5 g lemak. Bahan Makanan Ukuran Rumah Tangga Berat (g) Bakso 10 biji sedang 170

 

 

 

 

Daging kambing 1 potong sedang 40 Daging sapi 1 potong sedang 35 Telur ayam 1 butir 55 3. Tinggi Lemak 1 satuan penukar = 150 kalori, 7 g protein, 3 g lemak. Bahan Makanan Ukuran Rumah Tangga Berat (g) Ayam dengan kulit 1 potong sedang 55 Bebek 1 potong sedang 45 Sosis ½ potong sedang 50 Daging babi 1 potong sedang 50 Kuning telur ayam 4 butir 45 GOLONGAN III Sumber Protein Nabati 1 satuan penukar = 75 kalori, 5 g protein, 3 g lemak, 7 g karbohidrat. Bahan Makanan Ukuran Rumah Tangga Berat (g) Kacang hijau 2 sendok makan 20 Kacang kedelai 2 ½ sendok makan 25 Tahu 1 biji besar 110 Tempe 2 potong sedang 50 Kacang tanah 2 sendok makan 15 Daftar lainnya dapat dilihat pada buku-buku Ilmu rumus menghitung bmi Gizi atau pada Referensi. Dengan menhitung jumlah kebutuhan kalori basal, Anda kini dapat menyusun sendiri menu yang anda inginkan sesuai dengan proporsi zat-zat makanan bagi tubuh. REFERENSI: http://www.fitnessandfreebies.com/fitness/foodex.html http:// health/public/heart/obesity/lose_wt/fd_exch.htm http://www.info-sehat.com/ http://www.kalbe.co.id/cdk http://www.nhlbi.nih.gov/ http://rjthoughts.wordpress.com/ Cerra FB. Pocket Mannual of Integral Nutrition. Princeton: MosbyCo. 1984

 

Jawaban TanyaDok.com di : https://www.tanyadok.com/artikel-kesehatan/cara-praktis-menghitung-kebutuhan-kalori-tubuh

 

Cara Menghitung  rumus menghitung bmi Indeks Massa Tubuh (IMT)

Memiliki berat badan idel merupakan dambaan setiap orang, terutama wanita. Ukuran ideal yang umum ditentukan oleh satuan Indeks Massa Tubuh (IMT). Indeks Massa Tubuh merupakan salah satu cara untuk mengukur status gizi / tingkat kesehatan seseorang. Variabel yang digunakan untuk pengukuran ini adalah berat dan tinggi badan.

 

 

 

Pengertian Indeks Mass Tubuh (IMT)

Indeks massa tubuh adalah suatu pengukuran yang membandingkan berat badan seseorang yang dibagi dengan kuadrat dari tinggi badannya. Metode ini bisa memperkirakan lemak tubuh, tetapi tidak dapat diartikan sebagai persentase yang pasti dari lemak tubuh. Metode ini sangat berguna untuk memperkirakan berat badan seseorang yang ideal dari hasil perbandingan dari berat badan dan tinggi badannya. Selain itu, Indeks massa tubuh merupakan alat atau cara yang sederhana untuk memantau rumus menghitung bmi status gizi remaja dan dewasa. Karena kemudahannya dalam pengukuran serta penghitungannya, maka metode ini telah digunakan secara luas sebagai alat untuk mengidentifikasi masalah berat badan dikalangan masyarakat seperti malnutrisi yang terjadi dimasyarakat.

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


 

cara mengukur indeks massa tubuh dengan menggunakan tinggi badan dan berat badan

cara mengukur indeks massa tubuh dengan menggunakan tinggi badan dan berat badan

Cara Menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT)

Indeks Massa Tubuh (IMT) dihitung dengan cara berat badan (kg) dibagi dengan tinggi badan (m) pangkat 2, atau lebih jelasnya:

 

 

 

IMT=BB/(TBxTB)

 

keterangan:

IMT: Indeks Massa Tubuh

BB : Berat Badan

TB : Tinggi Badan dalam meter

 

Contoh:

Misalkan berat badan anda 70 kilogram dan tinggi badan anda 175 cm, maka:

 

IMT = 70 / (1,75 x 1,75) = 22,86

 

Namun jika cara menghitung indeks massa tubuh ini menggunakan kalkulator, mungkin akan kesulitan. Namun hal tersebut bisa diakali dengan cara hitung sebagai berikut:

 

70 / 1,75 / 1,75 = 22,86

 

Nilai yang dihasilkan adalah dalam kg/m2. Dalam beberapa kasus nilai tersebut bisa diabaikan.

 

Berapakah IMT anda? Jika anda sudah mendapatkan IMT anda, silakan klasifikasikan berdasarkan gambar dibawah ini.

 

Retno | Posted : 10 Sep 2015 | Berita Sehat, Ibu Dan Anak  No Comments

Ilustrasi Body Mass Index

Ilustrasi Body Mass rumus menghitung bmi Index journeyintowellbeing

 

Body mass index (BMI) atau indeks masa tubuh merupakan teknik pengukuran yang membandingkan berat badan dengan tinggi badan seseorang. Bagi seorang wanita, umumnya BMI bukan merupakan hal yang asing. Umumnya wanita remaja hingga dewasa sangat memperhatikan angka yang rumus menghitung bmi didapatkan setelah menghitung BMI ini. Maklum saja, salah satu kegunaan BMI memang bermanfaat untuk mengukur prosentase lemak tubuh sekaligus mengestimasi berat yang ideal seseorang.

 

Selain itu teknik penghitungan berat badan ideal ditemukan oleh Lambert Adolphe Jacques Quetelet ini juga dapat digunakan dalam membantu mengidentifikasi adanya kemungkinan penyakit tertentu dalam tubuh seseorang. Menariknya lagi, cara penghitungan BMI tergolong sangat mudah, cukup dengan membagi berat badan (kg) dengan tinggi (m)2. Contohnya saja seseorang dengan berat badan 60 kg dan tinggi 165. Berarti perhitungan BMInya adalah 60/(1,65)2 sehingga menghasilkan data 22,038.

 

Lalu bagaimana dengan klasifikasi BMI itu sendiri? Ada dua klasifikasi BMI yang dapat diikuti yaitu klasifikasi WHO dan rumus menghitung bmi klasifikasi WHO Western Pasific Region (WHO Asia Pasifik / WPRO). Sesuai dengan namanya, kriteria Asia Pasifik siperuntukkan bagi mereka yang berdomosili diBenua Asia. Seperti yang diketahui bersama, jika dibandingkan dengan orang Eropa, Amerika ataupun Australia, BMI orang Asia tergolong lebih kecil, sekitar 2-3 kg/m2.

 

BMI Menurut WHO (1998)           BMI Menurut WPRO (2000)

Kategori               BMI (kg/m2)      Kategori               BMI (kg/m2)

Underweight     < 18,5    Underweight     < 18,5

Baras Normal     18,5-24,9              Baras Normal     18,5-22,9

Overweight        ≥25         Overweight        ≥23

Berikut ini Klasifikasi BMI menurut WHO (1998) dan WPRO (2000)

 

Selain mudah diaplikasikan, hasil BMI bisa digunakan lintas kenis kelamin. Baik wanita ataupun pria dapat mengecek Bmi dengan cara yang sama.  Bagaimana dengan BMI Anda? Cek segera ya!

 

Ilustrasi Body Mass Index

Ilustrasi Body Mass Index cardiocupcakes

 

Baca juga:

 

Vitamin dan Nutrisi yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

 

Makanan Berlemak yang Dapat Membantu Anda Menurunkan Berat Badan

 

Tips Menjaga Berat Badan Saat Liburan

 

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama. rumus menghitung bmi

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.