rumus berat badan ideal wanita

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


ADA banyak cara untuk rumus berat badan ideal wanita mendeteksi berat tubuh ideal.

 

 

 

Namun, dunia kedokteran di Indonesia mempunyai rujukan sistem pengukuran berat badan ideal, yakni dengan menggunakan Indeks Massa Tubuh (IMT). rumus berat badan ideal wanita Cara menghitungnya juga mudah. IMT diukur dari berat badan dalam satuan kilogram dibagi dengan kuadrat tinggi badan dalam satuan meter. Biar mudah, ambil contoh. Sebut saja namanya Malih. Dia memiliki berat badan 75 kilogram. Adapun tinggi badannya hanya 150 sentimeter atau 1,5 meter.

 

Apakah berat badan Malih sekarang ini sudah ideal? Yuk kita simak hitungan IMT berikut.

 

Begini perhitungannya: Berat badan Malih 75 kg dibagi dengan 2,25. Angka 2,25 adalah hasil kuadrat dari tinggi badan Malih 1,5 m. Hasilnya 33,33. “Dengan berat 75 kg, Malih berarti telah mengalami obesitas berat,” kata Genis Ginanjar Wahyu, dokter Klinik Aqma Purwakarta, Jawa Barat.

 

Lho kok bisa? Dunia medis rupanya telah menetapkan batasan untuk menandakan kondisi tubuh seseorang. Bila hasil yang diperoleh menunjukkan Angka antara 18,5 hingga 23 berarti berat badan Anda normal atau ideal. Adapun bila hasil menunjukkan angka 23 hingga 25, Anda sudah rumus berat badan ideal wanita kegemukan. Angka 25 hingga 27 termasuk obesitas ringan, 27 hingga 30 disebut obesitas sedang, sementara IMT Malih sudah di atas 30. Berarti dia obesitas berat.

 

Ada juga cara yang lain menentukan seseorang mengalami obesitas atau tidak, yaitu dengan mengukur lingkar pinggang. Lingkar pinggang ini jadi tolak ukur karena seseorang yang mengalami kegemukan pasti diikuti penimbunan lemak di sekitar pinggang. Normalnya, ukuran lingkar pinggang wanita tak boleh lebih dari 80 cm, sedangkan pria tak melebihi 90 cm.

 

Mengukur obesitas dengan lingkar pinggang juga berguna untuk mengetahui sindrom metabolik, yaitu kemungkinan seseorang mengalami kondisi tertentu. Antara lain, kadar gula dash tinggi, kadar trighserida darah tinggi, hipertensi, dan serangan jantung.

 

Editor    :

Sumber                :

 

 

Sudah idealkah rumus berat badan ideal wanita berat badan Anda ??

 

Pola hidup yang tidak sehat secara tidak disadari kerap dilakukan oleh kebanyakan orang, mungkin dengan berbagai alasan. Pola hidup yang tidak sehat tersebut sangat mempengaruhi kondisi tubuh seseorang, salah satunya mempengaruhi berat badannya sehingga tidak ideal. Baik itu kelebihan rumus berat badan ideal wanita berat badan maupun kekurangan berat badannya. Hal ini pun dapat memicu kurangnya rasa percaya diri orang tersebut, karena membuat penampilannya menjadi kurang menarik jika dilihat orang lain.

 

 

 

Ada beberapa rumus yang dapat digunakan untuk menghitung berat badan ideal, yaitu rumus Brocha, rumus konvensional biasa dan rumus BMI. Dalam kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan dengan menggunakan rumus Brocha. Dalam perhitungan menggunakan rumus Brocha, dibedakan antara berat badan ideal untuk pria dan wanita, berikut penjelasannya :

 

 

Perhitungan untuk pria.

(Berat Badan Ideal = BBI)

 

 

BBI untuk Pria = ( Tinggi Badan – 100 ) – ( 10% x Tinggi Badan – 100 )

 

Contoh : Tinggi Badan = 167 cm

Perhitungan : BBI untuk Pria = ( 167 – 100 ) – ( 10% x 167 – 100 ) = 60,3 kg

jadi berat badan ideal untuk tinggi badan 167 cm adalah 60.3 kg.

 

 

Perhitungan untuk Wanita

BBI untu Wanita = ( Tinggi Badan – 100 ) – (15% x Tinggi Badan – 100 )

 

Contoh : Tinggi Badan = 160 cm

Perhitungan : BBI untuk Wanita = ( 160 – 100 ) – ( 15% x 160 – 100 ) = 51 kg

jadi berat badan ideal untuk tinggi badan 160 cm adalah 51 kg.

 

 

 

Demikianlah penjelasan tentang menghitung berat badan ideal untuk pria dan wanita, silahkan Anda coba menghitung berat badan Anda. Apakah masuk dalam kategori ideal atau belum. Semoga tulisan bermanfaat.

 

 

 

5 Cara Menghitung Berat rumus berat badan ideal wanita Badan Ideal Seorang Wanita

 

by Diet Huteri on August 24, 2013 in Pertanyaan Diet, Tips Diet

 Wanita selalu memiliki masalah yang berhubungan dengan kecantikan. Salah satunya adalah berat badan. Jika seorang wanita memiliki berat badan yang berlebih maka tidak heran jika ia akan melakukan segala cara untuk menurunkan berat badannya tersebut. rumus berat badan ideal wanita Dan salah satu cara yang sering dilakukan para wanita untuk mendapatkan berat badan ideal wanita biasanya adalah berdiet. Bukan hanya diet tapi juga olahraga secara teratur. Hal tersebut memang sangat bagus dilakukan. Apalagi jika dilakukan dengan cara yang tepat.

 

Cara Menghitung Berat Badan yYang Ideal Pada Wanita

  1. Tes pada cermin

 

Cermin bisa digunakan untuk menilai apakah anda semakin gemuk atau tidak. Jika apa yang lihat di cermin badan anda terlihat menggemuk. Kemungkinan besar anda memang memiliki kenaikan berat badan.

 

Dengan Menggunakan Cermin

 

  1. Tes dengan cara mencubit

 

Mungkin ini terdengar lucu. Tapi memang ada benarnya. Anda bisa mencubit sekitar perut anda atau lengan anda. Karena biasanya lemak itu berkumpul di sekitar perut dan juga tangan. Normalnya tebal lemak sekitar 1,0-2,5 cm.

 

Dengan Mencubit

 

Kurang dari itu artinya anda terlalu kurus. Dan lebih dari itu artinya anda terlalu gemuk dan belum mendapatkan berat badan ideal wanita yang sesungguhnya.

 

  1. Tes dengan cara meloncat

 

Anda bisa melakukan cara ini dengan mudah. Meloncatlah di tempat. Jika setelah meloncat tubuh anda seperti berguncang itu artinya masih banyak lemak yang terdapat di dalam tubuh.

 

Cara Lain Menghintung Berat badan Yang Ideal

 

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka bisa mengikuti rekomendasi berikut ini karena sudah banyak yang berhasil dan biasanya membantu menurunkan 1 -3 kg/ minggu. Bagaimana caranya? Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan klik disini

Klasifikasi BMIAnda bisa menghitung sendiri jenis berat badan anda apakah termasuk ideal atau tidak. Caranya yaitu :

            (tinggi badan-100) – 10% (tinggi badan-100)

 

            Misalnya :

 

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


            = (160-100) – 10% (160-100)

 

            = 60 – 6

 

            = 54

 

Itu artinya berat badan anda idealnya adalah 54 kg. Cara penghitungan berat badan yang ideal tersebut biasanya diambil secara rata-rata. Artinya tidak setiap orang yang memiliki tinggi 160m akan memiliki berat badan ideal sekitar 54 kg. Karena ukuran dan bentuk tulang dan lemak yang ada di setiap orang tentu saja berbeda.

 

  1. Menghitung berat badan ideal dengan mengukur lingkar pinggang

 

Jika seseorang menjadi gemuk biasanya ia akan mengalami penumpukan lemak di seputar pinggang. Maka anda harus mencoba mengukur lingkar pinggang anda. Biasanya lingkar pinggang ideal pada wanita adalah < 80cm.

 

Lingkar Pinggang

 

Patokan dalam menghitung berat badan ideal wanita tersebut dapat anda gunakan untuk mengukur berat badan anda sendiri. Apakah anda masih kegemukan atau terlalu kurus.

 

 

 

Rumus Untuk Menghitung Berat Badan Ideal

 

 Mishba 7

 

 

 

Rumus berat badan – Cara menghitung berat badan ideal merupakan salah satu hal yang patut untuk diketahui. Bila kita memiliki berat badan yang ideal pastinya akan membuat kita semakin tampil percaya diri saat berada didepan orang lain. Memiliki berat badan dan tubuh yang rumus berat badan ideal wanita bagus tentu menjadi harapan setiap orang. Bahkan hal ini dapat penulis buktikan dari rekapitulasi data yang penulis cari, dan hasilnya menunjukkan bahwa salah satu topik yang banyak dicari di internet adalah mengenai rumus umum untuk mengetahui, mencari dan menghitung jumlah berat badan yang normal atau ideal.

 

Tapi untuk menentukan berat badan yang ideal itu tentu tidak sembarangan karena sudah ada kriteria tersendiri yang mana sudah ditetapkan oleh badan kesehatan seluruh dunia. Menyikapi hal ini penulis ikut menyumbang dan berpartisipasi untuk berbagi dan membantu sahabat sekalian khususnya mengenai cara menghitung berat badan ideal dengan menggunakan rumus Body Mass Index (BMI) yang sudah umum bayak digunakan. Berikut mari simak ulasannya dibawah ini.

 

Rumus Untuk Menghitung Berat Badan Ideal

Sumber gambar diatas adalah pixabay.com

 

Rumus Umum Untuk Menghitung BB (Berat Badan) Ideal

 

Rumus yang sering digunakan oleh banyak orang untuk menghitung berat badan ideal merupakan rumus BMI, karena cenderung lebih mudah. Menggunakan rumus ini berat badan bisa dihitung secara mudah apakah ideal atau tidak dengan sendiri dirumah.

 

Rumus BMI ( Body Mass Index )

 

Rumus Body Mass Index (BMI) dalam bahasa indonesia disebut dengan Index Massa Tubuh (IMT). Rumus ini bisa digunakan untuk mengetahui berat badan ideal seseorang dengan memadukan antara tinggi dan berat badan seseorang. Rumusnya adalah :

 

Berat Badan (Kg) : (Tinggi Badan x Tinggi badan) = BB Ideal

 

Contoh :

 

Jika saja kita memiliki berat badan 60 kg dan tinggi 163 maka jika dimasukkan dalam rumus hasilnya adalah

 

60 : (1,63 m x 1,63 m) = 60 : 2,65 = 22,6

 

Ketetapan Berat Badan Ideal Oleh Badan Kesehatan Seluruh Dunia

 

Ketetapan ini ada 2 macam yaitu ketetapan berat badan ideal untuk pria dan wanita.

 

Standar BMI Wanita

Nilai Body Mass Index (BMI)

Kategori

< 18

Under Weight atau Kurus

18 – 25

Normal Weight atau Bagus (ideal)

25 – 27

Over Weight atau Kegemukan

> 27

Obesitas

Standar BMI Pria

Nilai Body Mass Index (BMI)

Kategori

< 17

Under Weight atau Kurus

17 – 23

Normal Weight atau Bagus (ideal)

23 – 27

Over Weight atau Kegemukan

> 27

Obesitas

 

Kalkulator Untuk Menghitung BMI Online

 

Jika kita tidak mau sulit-sulit untuk menghitung nilai BMI dengan cara manual, maka kita bisa rumus berat badan ideal wanita menghitung nilai BMI dengan mudah secara online disini. Caranya cukup mudah untuk dilakukan. Silahkan masukkan nilai tinggi badan dan berat badan kemudian lihat hasilnya secara langsung dibawah ini.

 

Kalkulator Penghitung BMI

 

Tinggi Badan :                   

 cm

Berat Badan :                    

 kg

Hasil   :

 

Keterangan :

 

Kalkulator diatas bersumber dari id.bestconverter.org. Kalkulator tersebut sudah disetting agar pada saat mencapai titik obesitas yang melebihi maka bisa muncul keterangan tingkat atau level obesitasnya. Yang dimaksud dengan obesitas kelas I adalah tingkat BMI mencapai 30 sampai 35, obesitas kelas II adalah tingkat BMI mencapai 35 sampai 40, dan obesitas kelas III adalah tingkat BMI mencapai lebih dari 40.

 

Baca juga : Cara Jitu Kecilkan Perut Buncit ! Inilah Caranya

 

Untuk lebih tepat dalam mengetahui apakah tubuh kita termasuk ideal atau tidak memang sebaiknya secara langsung dilihat dari bentuk tubuh dan tidak hanya berpacu pada angka yang dimunculkan oleh timbangan.

 

Tapi dengan menggunakan rumus diatas, setidaknya bisa membantu mengetahui berapa jumlah nilai berat badan yang ideal untuk kita. Jika berat badan kita belum memenuhi kriteria ideal maka tentu kita bisa segera berusaha memperoleh BMI yang cukup sehingga berat badan dapat tercukupi hingga menjadi ideal.

 

Namun selain itu lebih pentingnya kita juga bisa mengetahui keadaan berat badan pada kondisi baik bagi kesehatan atau tidak, sehingga kita menjadi lebih mudah dalam menjaga keadaan tubuh agar selalu sehat dan bugar.

 

Demikian sedikit ulasan yang dapat penulis sampaikan mengenai rumus untuk menghitung berat badan ideal. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Mishba7 blog rumus berat badan ideal wanita

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.