perhitungan tubuh ideal

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Bagaimana berat perhitungan tubuh ideal badan ideal menurut anda?

 

 

Apakah yang berotot seperti atlet binaraga atau yang kurus kering seperti umumnya bentuk badan para model yang berlenggak lenggok di catwalk. Apakah seperti yang anda dapatkan di buku tentang kesehatan? Ataukah justru berat ideal itu seperti bentuk tubuh model-model yang sering tampil di TV perhitungan tubuh ideal Kadangkala dalam memandang berat badan ideal anda sering subyektif memandangnya. Ideal menurut anda belum tentu ideal bagi teman anda. Kalaupun anda menganggap Berat badan anda ideal, ternyata dokter anda menganggap BB anda masih belum ideal. Hal ini sering menimbulkan kebingungan bagi anda.

 

 

 

Jangan resah dan gelisah. Karena sekarangpun anda bisa mengukur berat badan ideal anda sendiri. Mengukur berat badan ini berguna untuk mendapatkan penampilan yang proporsional yang tentu menarik dipandang mata. Selain itu dilihat dari tinjauan medis, orang yang tidak kelebihan atau kekurangan berat badan akan mendapatkan tingkat kesehatan yang prima perhitungan tubuh ideal Nah, sekarang lah waktunya bagi anda untuk mengetahui bagaimana cara mengukur berat badan ideal anda sendiri. Berikut ini disajikan tiga cara mengukur berat badan yang sudah dirokemandasikan oleh ahli kesehatan dan sudah digunakan bertahun-tahun. Mau pilih yang mana? Itu semua terserah anda :

 

 

 

Cara menghitung perhitungan tubuh ideal berat badan ideal 1

 

Cara ini telah sangat lama diandalkan selama bertahun-tahun lamanya karena itu cara ini lebih umum dari dua cara lainnya. Caranya adalah : Berat Badan Ideal = (Tinggi badan – 100 ) x 90% Misalnya tinggi badan anda 170cm, BB ideal anda adalah sebagai berikut: (170 – 100) x 90% = 63 kg. Jadi, berat badan ideal anda 63 kg perhitungan tubuh ideal Ukurlah berat badan ideal anda. Anda termasuk kelebihan berat badan jika berat badan anda lebih besar 10%-20% dari berat badan ideal.

 

Jika hasilnya lebih dari 20% dari berat badan ideal anda berarti anda mengalami kegemukan/obesitas.

Sebaliknya anda termasuk kategori kurus atau kekurangan berat badan jika berat badan anda kurang 10% dari berat badan ideal.

 

 

Cara Menghitung Berat Badan Ideal 2

 

Untuk cara yang kedua namanya adalah Indeks Massa Tubuh (IMT). Ini adalah cara baru di dunia kedokteran yang disinyalir lebih akurat dari pada cara yang pertama.

 

Caranya yaitu:

 

Berat Badan Ideal = Berat Badan : Kuadrat Tinggi Badan (dalam meter)

 

 

 

Misalnya anda mempunyai berat badan 65 kg dengan tinggi 1,65 m, maka berat badan ideal anda adalah, 65 : (1,65 x 1,65) = 23,8. Setelah mendapatkan angkanya, coba anda cocokkan dengan parameter berat badan di bawah ini:

 

 

 

  • <17 = Anda kekurangan BB berat

 

  • 17 = Anda kekurangan BB ringan
  • 18,4 – 21 = Normal
  • 21,1 – 27 = Anda kelebihan BB ringan
  • 27,1 – 30 = Anda kelebihan BB sedang
  • >30 = Anda kelebihan BB berat.

Jadi, anda tergolong dalam kategori kelebihan BB ringan karena Indeks Massa Tubuh anda adalah 23,8

 

 

Cara Menghitung perhitungan tubuh ideal Berat Badan Ideal 3

 

 

 

Ini adalah cara paling mudah yang dapat anda lakukan, namun cara ini juga tidak terlalu akurat. Caranya adalah ukur lingkar pinggang anda menggunakan jengkal tangan. Satu jengkal biasanya sekitar 20 cm, untuk lingkar pinggang wanita tidak boleh lebih dari 4 jengkal (80 cm), dan untuk pria tidak boleh lebih dari 4,5 jengkal (90 cm). perhitungan tubuh ideal Kelebihan dari cara ini anda bisa dengan mudah mengukur kelebihan dan kekurangan berat badan namun anda tidak bisa menentukan secara nyata, berapa kurangnya jika anda mengalami kekurangan berat badan dan berapa kg yang harus anda turunkan jika anda mengalami kelebihan berat badan.

 

 

 

Demikianlah 3 Cara Menghitung Berat Badan Ideal, pengukuran ini tidak lain adalah untuk membuat anda mendapatkan berat badan ideal yang memang terbukti menghindarkan anda dari beberapa penyakit seperti darah tinggi, kolesterol, diabetes militus, jantung dan lain-lain. Bahkan berat badan ideal bisa membuat para wanita jadi cepat hamil.

 

 

 

Hanya saja jangan terlalu terfokus untuk mendapatkan berat badan ideal anda. Yang penting adalah hidup seimbang. Kekurangan berat badan tidak berarti anda sehat demikian juga jika anda kelebihan berat badan tidak secara otomatis anda sakit-sakitan. Dapatkan berat badan ideal anda secara alami dan menyenangkan.

 

Cara Menghitung Berat Badan Idealdengan cepat dan tepat. Sebagian besar dari kita pastinya mendambakan memiliki tubuh ideal dan banyak yang penasaran dengan berat badan idealmereka. Dengan mengetahui berat badan ideal maka kita bisa mengetahui apakah kita perhitungan tubuh ideal ini termasuk kegemukan ataukah berat badan kita sudah benar-benar ideal. Kali ini merehitam kembali berbagi, seperti juga artikel sebelumnya yaitu tentang cara meningkatkan daya ingat.

 

 

 

Untuk mengetahui hal tersebut maka kita bisa menggunakan rumus untuk menghitung berat badan ideal kita. Ok begini cara menghitung berat badan ideal dengan cepat dan tepat.

 

Kalkulasi rumus berat badan Ideal yaitu (Tinggi Badan – 100) X 90%

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


 

contoh: Tinggi badan anda adalah 165 cm, maka berat badan ideal Anda adalah (165 – 100) X 90% = 58,5 kg. Jadi berat badan ideal sobat adalah 58,5 kg

 

Keterangan:

 

Kelebihan berat badan (Overweight) = jika berat badan sobat lebih dari 10% sampai 20% hasil perhitungan rumus.

Kegemukan (Obesitas) = jika berat badan sobat melebihi 20% hasil perhitungan rumus.

Kurus = jika berat badan sibat kurang 10% dari hasil perhitungan rumus.

 

Perhitungan di atas adalah perhitungan umum nah saya akan menambahkan lagi perhitungan buat kondisi tertentu misalnya untuk Ibu hamil dan anak-anak. ok simak perhitunganya dibawah ini:

 

Ibu Hamil :

Rumus = BBI + (UH x 0.35)

UH adalah Umur Kehamilan dalam Minggu

0.35 merupakan tambahan berat badan kg per minggunya

 

Bayi (Anak 0-12 bulan):

Rumus = (umur (bln) / 2 ) + 4

 

Anak (1-10 tahun):

Rumus = (umur (thn) x 2 ) + 8

 

keterangan istilah di atas:

 

BBI : (TB-110) berlaku jika Tinggi Badan sobat diatas 160 cm

BBI : (TB-105) berlaku jika Tinggi Badan sobat dibawah 160 cm

BBI : (TB-100) berlaku jika Tinggi Badan sobat diatas dibawah 150 cm

TB = Tinggi Badan

 

Demikian kalkulasi dengan rumus cara menghitung berat badan ideal, semoga artikel ini memberi manfaat buat sobat semua sehingga sobat bisa memiliki gambaran berat badan ideal untuk sobat itu seperti apa. jangan lupa sobat juga bisa baca seputar cara menghilangkan jerawat dan manfaat musik untuk kesehatan. Ok demikian dan wassalam.

Cara Mengukur Berat Badan Ideal

Penulis : Putri ZulmiyusriniTanggal : 2015-02-07

Daftar isi

Definisi

Fungsi

Hal terkait

(c) Voyagerix Fotolia.comDEFINISI

 

Memiliki berat badan ideal (BBI) adalah idaman setiap orang, karena selain enak dipandang, seseorang dengan berat badan ideal berada dalam kondisi yang sehat. Berat badan ideal dipengaruhi oleh tinggi seseorang. Terdapat beberapa cara dalam menghitung berat badan ideal seseorang, antara lain:

Indeks Massa Tubuh (IMT)

Perhitungan IMT merupakan perhitungan yang paling umum digunakan untuk mengetahui apakah seseorang sudah berada dalam rentang berat badan yang ideal atau belum. Perhitungan IMT mengukur hubungan antara berat badan dan tinggi badan. Rumus perhitungan berat badan ideal menurut IMT adalah sebagai berikut:

IMT = Berat badan (kg) / (Tinggi badan (m) x Tinggi badan (m))

Sebagai contoh, jika seseorang memiliki berat badan 50 kg dengan tinggi badan 160 cm, maka IMT-nya adalah 19,53. Klasifikasi berat badan sesuai IMT adalah sebagai berikut:

BMI < 18,5 : Underweight (berat badan kurang)

BMI 18,5 – 24,9 : Normal

BMI 25,0 – 29,9 : Overweight (berat badan lebih)

BMI 30 ke atas : Obesitas

Dalam sebuah penelitian, terdapat penyesuaian untuk kategori overweight dan obesitas untuk orang Indonesia. Titik potong IMT untuk kategori overweight untuk orang Indonesia adalah 24, sedangkan untuk kategori obesitas adalah 26.

Rumus Broca

Perhitungan BBI yang dilakukan dengan rumus Broca tidak terlalu sulit karena hanya membutuhkan tinggi badan. Rumus perhitungan berat badan ideal menurut Broca adalah sebagai berikut

Untuk laki-laki: BBI = (Tinggi badan (cm) – 100) ± 10%

Untuk perempuan: BBI = (Tinggi badan (cm) – 100) ± 15%

Sebagai contoh, jika seseorang laki-laki memiliki tinggi badan 170 cm, maka berat  badan idealnya adalah (170-100) ± (10% x (170-100) = 70 ± 7 atau dengan kata lain BBInya adalah 63 kg hingga 77 kg.

Rumus Devine

Perhitungan BBI menurut rumus yang dikembangkan oleh Dr. BJ Devine biasanya digunakan untuk kepentingan medis dan perhitungan tubuh ideal tinggi badan menggunakan inci (inch). Rumus perhitungan BBI menurut Devine adalah sebagai berikut:

Untuk laki-laki: BBI (kg) = 50 + 2,3 kg per inci (inch( di atas 5 kaki (ft)

Untuk wanita: BBI (kg) = 45,5 + 2,3 kg per inci (inch) di atas 5 kaki (ft)

 

FUNGSI

 

Dengan menghitung berat badan ideal, seseorang dapat mengetahui berapa kilogram berat badan yang perlu ia kurangi atau tambahkan untuk mencapai berat badan yang ideal. Perhitungan berat badan ideal juga dapat membantu dalam menentukan jumlah kalori yang tubuh butuhkan untuk dapat berfungsi dengan baik.

 

HAL TERKAIT

 

Dengan mengetahui BBI, seseorang dapat mengetahui berapa kalori yang ia butuhkan untuk memenuhi kebutuhan dasar (basal) tubuhnya. Rumus untuk menghitung kebutuhan kalori  per hari berdasarkan berat badan adalah:

Laki-laki: BBI (kg) x 30 kal

Perempuan: BBI (kg) x 25 kal

Sebagai contoh, jika seorang wanita memiliki BBI 50 kg, maka kebutuhan basalnya adalah 1.250 kkal dalam sehari. Namun, kebutuhan basal tersebut harus disesuaikan dengan usia, aktivitas, gemuk atau kurusnya seseorang, stres metabolik, dan kehamilan.

Saat ini sudah banyak terdapat kalkulator online yang tersedia di berbagai website untuk menghitung berat badan ideal dan kebutuhan kalori seseorang. perhitungan tubuh ideal

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.