perhitungan berat ideal

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Menghitung perhitungan berat ideal Berat Badan Ideal

 

 

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan agar terlihat langsing. Akan tetapi apakah penurunan berat badan yang kita capai tersebut sudah sesuai dengan proporsi tubuh kita? Alih-alih ingin tampak langsing ternyata berat badan Anda malah berada di bawah normal. Lalu bagaimana caranya menghitung berat badan ideal? perhitungan berat ideal Berikut ada beberapa cara untuk menghitung berat badan ideal :

 

  1. Rumus Sederhana Cara Hitung Berat Badan Ideal

Perkiraan Berat Badan Normal = Tinggi Badan – 110

 

Contoh :

Tinggi kita dari kaki sampai kepala : 160 cm

Maka Berat badan kita = 160 – 110 = 50 kg.

 

– Kelebihan Berat Badan / Overweight = Hasilnya 10% s/d 20% lebih besar

– Kegemukan / Obesitas / Obesity = Hasilnya lebih dari 20% dari yang seharusnya

– Kurus = Hasilnya 10% kurang dari yang seharusnya. perhitungan berat ideal Rumus ini sering dipakai karena memang paling mudah. Cukup dengan mengukur tinggi badan, kebanyakan orang langsung dapat secara instan menghitung perkiraan berat badan normalnya. Namun ketepatan rumus sederhana ini tidak dapat diaplikasikan secara umum. Patokan berat badan ideal pria tentu saja berbeda dengan wanita, begitu pula orang dewasa dan anak-anak.

 

  1. Daftar Perhitungan Berat Badan Ideal

 

Untuk Mengukur berat badan ideal digunakan 2 cara :

  1. Penghitungan Berat Ideal Konvensional
  2. Berat Ideal versi Rumus BMI (Body Mass Index)

 

  1. Perhitungan Berat Ideal Konvensional
  2. Berat Badan Ideal Bayi (Anak 0-12 bulan)

Rumus = (umur (bln) / 2 ) + 4

 

  1. Berat Badan Ideal untuk Anak (1-10 tahun)

Rumus = (umur (thn) x 2 ) + 8

 

  1. Remaja dan dewasa

Rumus = (TB – 100) – (TB – 100) x 10%

atau

Rumus = (TB – 100) x 90%

 

  1. Ibu Hamil :

Rumus = BBI + (UH x 0.35)

 

BBIH = Berat Badan Ibu Hamil

UH = Umur Kehamilan dalam Minggu

0.35 = tambahan berat badan kg per minggunya

 

Penjelasannya sbb:

BBI = (TB-110) jika Tinggi Badan diatas 160 cm

BBI = (TB-105) jika Tinggi Badan dibawah 160 cm

BBI = (TB-100) jika Tinggi Badan dibawah 150 cm

 

* TB = Tinggi perhitungan berat ideal Badan (cm)

 

Dengan mengikuti perhitungan dari daftar tersebut, Anda akan memperoleh perkiraan berat badan ideal yang seharusnya. Jangan serta merta panik jika berat badan anda tidak tepat dengan angka perhitungan. Sebab range berat badan normal adalah plus/minus 10% berat idealnya.

 

  1. Berat Ideal versi Rumus BMI

Ini cara menghitung berat badan ideal anda versi Body Mass Index (BMI). BMI adalah suatu rumus kesehatan, di mana berat badan seseorang dibagi dengan tinggi badan pangkat dua (m2).

 

 

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

 

Cara Menghitung Berat Badan Ideal – Bagaimana cara menghitung berat bedan ideal? Bagaimana Anda tahu mengapa berat badan harus ideal ? Dengan menggunakan rumus akan bisa kita gunakan untuk mengukur apakah berat badan kita sekarang ini sudah ideal, kegemukan atau perhitungan berat ideal terlalu kurus. Apabila terlalu gemuk biasanya akan lebih rawan terkena berbagai macam penyakit. Sebagian besar dari Anda pasti pernah berpikir bahwa setiap orang yang memiliki tinggi badan yang sama akan memiliki berat badan yang sama pula. Tetapi faktanya tidak demikian.

Bagaimanapun cara diet tidak terlepas dari menghitung kalori harian, Kenapa? Hal ini akan menentukan target seberapa besar hasil dan waktu yang diperlukan turun, naik berat badan Anda.

 

Metoda yang saya ambil dari metoda sederhana, rumus Harris Benedict untuk mengetahui kebutuhan kalori berat badan actual dengan ideal kemudian saya coba bandingkan dengan metoda pengecekan Biometrical Impedance Analysis (BIA) dengan pmengunakan timbangan TANITA.

  1. Metoda Sederhana

 

Berikut  ini  adalah  rumus  paling  sederhana  untuk  mengestimasi  kebutuhan  kalori  dalam sehari yang  saya  buat  dan  juga  cukup  sering  saya  gunakan  untuk  melakukan  perhitungan  secara cepat.

 

Kalori Harian = Berat Badan ( kg ) X Level Aktivitas Fisik

 

Level Aktivitas Fisik

Perempuan

 

31 =

Tidak aktif dan tidak ada olahraga

 

32 =

Cukup aktif dan berolahraga 1 sampai 3 kali perminggu

 

33 =

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Aktif dan berolahraga 3 sampai 5 kali perminggu

Pria

 

34 =

Tidak aktif dan tidak ada olahraga

 

35 =

Cukup aktif dan berolahraga 1 sampai 3 kali perminggu

 

36 =

Aktif dan berolahraga 3 sampai 5 kali perminggu

 

  1. Rumus Persamaan Harris Benedict.

 

Untuk mengetahui besar kalori yang dibutuhkan dalam sehari dengan menggunakan persamaan Harris Benedict yang butuh lebih banyak langkah, sebelumnya kita akan   menghitung Berat Badan Ideal, Basal Metabolic Rate (BMR).

 

2.1 Hitung terlebih dahulu perhitungan berat ideal Berat Badan Ideal ( BBI )

Untuk menentukan berapa target penurunan berat, maka terlebih dahulu Anda harus tahu dulu berapa berat badan ideal Anda, yang akan anda capai dan menjadi target Anda selama proses diet penurunan berat badan. Berat badan ideal ini dapat dihitung dengan menggunakan rumus diberi perhitungan berat ideal kelonggaran 10%  tergantung pada besar kerangka dan komposisi tubuh, yaitu otot dan lemak dengan rumus sebagai berikut:

 

Berat Badan Ideal ( BBI ) = Tinggi Badan – 100

Atau

Berat Badan Ideal ( BBI ) = 90% ( Tinggi Badan – 100 )

 

2.2 Menghitung Basal Metabolic Rate ( BMR )

 

Menghitung Kebutuhan Kalori Basal merupakan jumlah kalori dasar yang dibutuhkan manusia untuk hidup tanpa melakukan aktifitas apapun. Rumus estimasi untuk mengetahui kebutuhan kalori basal, memakai persamaan Harris Benedict.

 

Cara Penghitungan Berat Badan Ideal dengan Lingkar Pinggang

 Mas Joko                  No Comments on Cara Penghitungan Berat Badan Ideal dengan Lingkar Pinggang

 

 

Cara Penghitungan Berat Badan Ideal dengan Lingkar Pinggang – Satu hal yang pasti akan menjadi perhatian utama dari wanita adalah berat badan mereka, dimana banyak wanita yang memiliki berat badan yang terlalu berlebih. Namun sebenarnya berat badan ideal akan sangat dibutuhkan sekali oleh wanita.

 

12

 

Dengan berat yang sesuai pasti mereka akan merasa percaya diri dan juga merasa penampilan mereka lebih baik. Berat badan ideal ini sebenarnya bisa kita lihat dari beberapa faktor dan menggunakan beberapa cara. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah menggunakan ukuran yang ada di lingkar pinggang.

 

Menghitung berat badan ideal

 

Wanita memiliki berat badan yang cenderung berubah-ubah sehingga perlu waktu untuk bisa mengukur mana sebenarnya ukuran yang sesuai. Untuk menghitung berat badan ini juga memerlukan beberapa rumus yang mudah. Berikut ini adalah rumus menghitung berat tersebut antara lain:

 

Pertama kita bisa mengukur berat badang kita dahulu lalu mencatatnya.

Kedua kita bisa menghitung tinggi badan kita karena juga diperlukan dalam penghitungan ini.

Lalu kita bisa memasukan data yang sudah kita dapat dalam rumus yang sudah disediakan.

Rumus dari penghitungan berat ideal ini adalah berat badan dibagi dengan tinggi badan yang dikali 2.

Setelah itu hasilnya akan muncul, jika sudah muncul hasil maka kita bisa mencocokkannya dengan tabel yang sudah ada. Tabel ini berisi mengenai normal atau tidak berat badan kita.

Jika tidak memiliki tabelnya tidak perlu khawatir karena tabel ini juga bisa kita temukan pada perhitungan berat ideal banyak sekali perhitungan berat ideal situs di internet. Tabel yang menunjukkan berat badan yang ideal adalah berat badan yang berada pada angka 18.5-25.0. Jika pada hasil menunjukkan angka yang melebihi angka tersebut maka bisa di pastikan bahwa berat badan Anda tidak ideal. Sementara itu jika berada di bawahnya maka Ana membutuhkan banyak makanan bergizi.

 

 

 

Berat badan sesuai lingkar pinggang

 

Satu lagi cara yang bisa kita gunakan untuk mengukur apakah berat badan kita ideal atau tidak. Cara ini adalah dengan mengukur menggunakan lingkar pinggang kita. Memang belum banyak orang yang tahu bahwa lingkar ini merupakan cara terbaik mengukur berat badan. Berikut ini adalah cara mengukurnya antara lain:

 

Gunakan pengukur pakaian atau juga pengukur badan yang biasanya berbentuk seperti pita.

Biarkan perut atau pinggang Anda dalam keadaan normal.

Lingkarkan ukuran tersebut pada pinggang Anda lalu ukur dan lihat angka yang muncul.

Jika sudah muncul angka maka kita bisa menghitung apakah ideal atau tidak.

Peraturan dalam pengukuran ini adalah dengan cara melihat aturan yaitu berat badan yang ideal untuk wanita adalah ukuran pinggang yang kurang dari 80 cm. Selain itu cara ini juga bisa digunakan untuk menghitung berat ideal pada pria. Aturannya untuk pria adalah kurang dari 90 cm. Jika hasil pengukuran ini sudah sesuai dengan apa yang kita butuhkan maka kita bisa tahu apakah berat badan kita ideal atau tidak.

 

Pengukuran berat badan memang seringkali membuat beberapa wanita stress karena takut berat badan mereka melambung dengan tinggi. Namun ada baiknya jika kita mengukur dengan pasti, karena sering kali juga ada beberapa timbangan yang tidak sesuai dengan ukurannya. Jadi pengukuran ini juga bisa jadi tolak ukur bagaimana seharusnya kita menjaga pola makan kita. Jangan sampai tidak sesuai dengan aturan. perhitungan berat ideal

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.