pengukuran berat

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


 

LOGIN pengukuran berat DONATUR

[email protected] CENTER : 0815 7300 1555 CALL CENTER : 0804 100 1000

Indonesia (ID)

English (en)

Rumah Zakat

TENTANG KAMI

PROGRAM

LAYANAN

DOWNLOAD

HUBUNGI KAMI

EJOURNAL

JOIN US

DONATE NOW

Inspirasi

CARA MENGHITUNG INDEKS MASSA TUBUH (IMT)

July 29, 2015Inspirasi No Comments

Ukuran tubuh yang proporsional antara berat badan dan tinggi badan merupakan salah satu idaman banyak orang. Selain meningkatkan rasa percaya diri dan menimbulkan citra diri yang lebih baik, tubuh yang proporsional adalah salah satu penanda kesehatan seseorang.

 

Salah satu indikator yang digunakan untuk mengetahui apakah berat badan kita berada pada kisaran sehat atau tidak (maupun normal atau tidak) adalah dengan pengukuran berat menggunakan ukuran yang dikenal sebagai Indeks Massa Tubuh (IMT). Jika IMT seseorang berada pada kisaran tidak normal, baik terlalu tinggi ataupun terlalu rendah, tingkat risiko seseorang mengidap berbagai macam penyakit akan meningkat. Sebagai contoh, jika IMT seseorang terlalu tinggi dan termasuk dalam kategori kegemukan atau obesitas, risiko orang tersebut mengidap penyakit kardiovaskuler dan penyakit lain terkait metabolisme akan cenderung meningkat.Cara untuk menghitung IMT seseorang sebenarnya cukup mudah. Kita tinggal menghitung berat badan (dalam Kg) dibagi kuadrat dari tinggi badan dalam sentimeter.

 

“Misalnya dengan kondisi BB 60 kg dan tinggi badan 155 cm, jika menggunakan rumus tersebut, maka bisa kita dapatkan nilai IMT-nya 24,97,” ujar Hilmi Sulaiman, dr,.Mph, Program Head Cita Sehat Foundation (CSF). Sehingga berdasarkan standar acuan yang sudah ada, untuk lingkup orang asia, maka IMT tersebut saat ini berada pada kategori berat badan berlebih, karena lebih dari 23 kg/m2. Sedangkan pengukuran berat IMT normal untuk orang asia sendiri terdapat pada rentang 18,5 – 22,9 kg/m2. Jika kita merujuk ke perhitungan berat badan normal menggunakan standar IMT, maka berat badan yang sehat untuk orang yang mempunyai tinggi 155 cm adalah sekitar 44,5 kg – 55 kg. Sedangkan jika mengacu pada perhitungan berat badan ideal, maka berat idealnya adalah 49,5 Kg. Dengan demikian, agar kesehatan lebih optimal, untuk orang yang punya BB 60 kg dan tinggi 155 cm, sebenarnya perlu menurunkan berat badan sekitar 5 hingga 10,5 kg.

 

Share this:

Facebook2TwitterGoogleWhatsAppTelegramEmail

Tags :

Terbaru

Arsip

KEBUN GIZI PT. SHARP HADIRI GATHERING URBAN FARMING

ADIRA FINANCE SYARIAH SUPPORT USAHA KOMUNITAS ONTEL KOTA TUA

  1. PERTAMINA SALURKAN KORNET SIAGA PANGAN NUSANTARA

8 PENYEBAB ANAK LAMBAT BICARA

MTT SUMBAGTENG HADIAHKAN EDUWISATA UNTUK ANAK JUARA

 

Rumah Zakat (RZ) adalah lembaga filantropi yang mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program-program pemberdayaan masyarakat. Program pemberdayaan direalisasikan melalui empat rumpun utama yaitu Senyum Juara (pendidikan), Senyum Sehat (kesehatan), Senyum Mandiri (pemberdayaan ekonomi), serta Senyum Lestari (inisiatif kelestarian lingkungan).

 

Kantor Pusat:

Jl.Turangga No.25 C Bandung

Call Center: 0804 100 1000

WA/SMS Center: 0815 7300 1555

Telp: 022-7332407

Fax: 022-7332478

Email: [email protected]

BBM Center: 5D4F850C

ARSIP

 

Berita

Inspirasi

Dari kita

Mitra Korporat

Konsultasi Islami

LIBATKAN DIRI

 

Login Donatur

Lowongan Pekerjaan

Pengaduan

MATERI

 

Zakat

Download Data Presentasi

Profile Lembaga

Laporan Keuangan 2014

Laporan Keuangan 2015

Hati-hati penipuan mengatasnamakan Rumah Zakat (RZ). Untuk laporan atau informasi lebih lanjut, hubungi contact center RZ

Copyrights © 2016 All Rights Reserved by Rumah Zakat

KONFIRMASI DONASI

 

 

 

About

Contact Us

Privacy Policy

Disclaimer

TIPS DAN CARA MENDAPATKAN BERAT BADAN IDEAL

Anda bisa mendapatkan berat badan yang ideal dengan mengkonsumsi asupan nutrisi yang berimbang. Dapatkan informasinya di sini

 

 

HOME

KESEHATAN

DIET

OLAHRAGA

PERAWATAN TUBUH

GAYA HIDUP SEHAT

 

Search…

Home » Tips diet sehat dan aman » Cara Menghitung Indek Masa Tubuh

ade sy   Sabtu, Juni 21  Tips diet sehat dan aman

Cara Menghitung Indek pengukuran berat Masa Tubuh

 

Tips diet sehatdan aman. Indeks massa tubuh (IMT) adalah nilai yang diambil dari perhitungan antara berat badan (BB) dan tinggi badan (TB) pengukuran berat seseorang. IMT dipercayai dapat menjadi indikator atau mengambarkan kadar lemak dalam tubuh seseorang. Indek Massa Tubuh tidak mengukur lemak tubuh secara langsung, tetapi penelitian menunjukkan bahwa IMT berkorelasi dengan pengukuran secara langsung lemak tubuh seperti underwater weighing dan dual energy x-ray absorbtiometry (Grummer-Strawn LM et al., 2002). Indeks massa tubuh  ( IMT ) merupakan altenatif untuk tindakan pengukuran lemak tubuh karena murah serta metode skrining kategori berat badan yang mudah dilakukan. Cara Menghitung Indeks Massa Tubuh:

 

IMT=

Berat Badan ( kg )

( Tinggi Badan  (m))²

 

Tabel Indek Massa Tubuh

 

IMT

Keterangan

< 18,5

Kurang Nutrisi

18,5-22,9

Normal

23-22,9

Overweigt

25-29,9

Obesitas Tk 1

> 30

Obesitas tk 2

 

Kekurangan dan Kelebihan Indeks Massa Tubuh

 

Kekurangan indeks massa tubuh adalah: Pada olahragawan: tidak akurat pada olahragawan (terutama atlet bina) yang cenderung berada pada kategori obesitas dalam Indek Massa Tubuh disebabkan mereka mempunyai massa otot yang berlebihan walaupun presentase lemah tubuh mereka dalam kadar yang rendah. Sedangkan dalam pengukuran berdasarkan berat badan dan tinggi badan, kenaikan nilai Indek Massa Tubuh adalah disebabkan oleh lemak tubuh.

 

Pada anak-anak: tidak akurat karena jumlah lemak tubuh akan berubah seiringan dengan pertumbuhan dan perkembangan tubuh badan seseorang. Jumlah lemak tubuh pada lelaki dan perempuan juga berbeda selama pertumbuhan. .

 

Pada kelompok bangsa: tidak akurat pada kelompok bangsa tertentu karena harus dimodifikasi mengikut kelompok bangsa tertentu. Sebagai contoh Indek Massa Tubuh yang melebihi 23,0 adalah berada dalam kategori kelebihan berat badan dan IMT yang melebihi 27,5 berada dalam kategori obesitas pada kelompok bangsa seperti Cina, India, dan Melayu. (CORE, 2007).

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


 

Kelebihan indeks massa tubuh adalah: Biaya yang diperlukan tidak mahal, Untuk mendapat nilai pengukuran, hanya diperlukan data berat badan dan tinggi badan seseorang. Mudah dikerjakan dan hasil bacaan adalah sesuai nilai standar yang telah dinyatakan pada table Indek Massa Tubuh.

 

Demikian Artikel cara menghitung Indeks Massa Tubuh ini saya buat, mudah-mudahan bermamfaat bagi Anda.

 

0

 

inShare

RELATED POSTS :

 

Mitos dan Fakta Tentang Metabolisme

Tips diet sehat dan aman. Banyak berkembang mitos tentang metabolisme tapi faktanya pengukuran berat berbeda dari kenyataan, Berikut adalah beberapa Fakta d… Read More…

apa itu persentasi lemak tubuh dan bagaimana mengukurnya

Tips diet sehat dan aman. Berat badan Anda sudah Ideal? Tunggu dulu selain mengukur berat badan, Anda harus mempertimbangkan persentasi lem… Read More…

Cara Menghitung Indek Masa Tubuh

Tips diet sehatdan aman. Indeks massa tubuh (IMT) adalah nilai yang diambil dari perhitungan antara berat badan (BB) dan tinggi badan (TB) … Read More…

Apa Itu Metabolisme

Tips diet sehat dan aman. kita sering mendengar banyak tentang metabolisme dan sering menyalahkan “metabolisme yang lambat membuat Anda  ge… Read More…

Bagaimana Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Anda

Tipsdiet sehat dan aman. Salah satu faktor penunjang diet penurunan berat badan adalah meningkatkan metabolisme tubuh. Meningkatnya metabol… Read More…

 

0 RESPONSE TO “CARA MENGHITUNG INDEK MASA TUBUH”

 

 

Posting Lebih BaruPosting LamaBeranda

Entri PopulerLabelArsip Blog

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Harian

Apa itu Kalori

Sumber Makanan Protein Tinggi untuk Diet

apa itu persentasi lemak tubuh dan bagaimana mengukurnya

Diet Perhatikan Kadar Indeks Glikemik

Kesaksian pribadi mamfaat herbalife

Sarapan yang baik untuk diet sehat-diabetes-kolesterol

Manfaat Diet Tinggi Protein

Nutrition Activator

Daftar email untuk berlangganan artikel:

 

 

 

Subscribe

Kontributor

 

Fritz BT

ade sy

Copyright 2014 Tips Dan Cara Mendapatkan Berat Badan Ideal Powered by Blogger.com

 

VISI, MISI, & TUJUAN DEWAN PENGURUS LEGALITAS APKI PARTNERS SYARAT KONTRIBUTOR WORLD TRAINER STANDARD

Indonesia Fitness Trainer Association

REGISTRASI ONLINE

 

PILIHAN PROGRAM & PRODUK

 

ARTICLE

 

FIND TRAINER

 

PAST EVENT

KETERBATASAN INDEKS MASSA TUBUH

ARTICLE, HEALTH & pengukuran berat NUTRITION

Indeks masa tubuh merupakan salah satu indikator yang digunakan untuk mengukur status gizi orang dewasa. Walaupun demikian, apakah rumus ini juga dapat digunakan untuk semua kondisi fisik seperti orang yang aktif berolahraga, atlet, remaja dan ibu hamil? Mari kita simak penjelasan berikut.

BMI

Dibalik kelebihan yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya, ternyata rumus IMT ini memiliki beberapa kekurangan, yaitu tidak mengukur lemak tubuh secara langsung dan tidak berlaku untuk anak-anak pada masa pertumbuhan / remaja, ibu hamil, dan atlet atau orang yang aktif berolahraga walaupun usianya sudah di atas 18 tahun.

IMT

Pengukuran IMT pada olahragawan pada umumnya akan menghasilkan rasio yang tinggi, sehingga ketika diklasifikasikan / dikategorikan, akan merujuk pada overweight bahkan obesitas. Hal tersebut dikarenakan olahragawan memiliki jumlah otot yang lebih banyak. Otot memiliki massa yang lebih berat dibandingkan dengan lemak. Dengan demikian, berat badan yang akan terbaca pada timbangan akan lebih tinggi dan menghasilkan rasio yang besar. Rasio yang besar ini (>24,99 kg/m2) akan dikategorikan menjadi overweight hingga obesitas. pengukuran berat Hubungan BMI dengan jarak lari Penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi nilai IMT atlet lari semakin pendek jarak lari yang di tempuh. Pelari dengan BMI normal cenderung dapat menempuh jarak yang lebih panjang dibandingkan dengan pelari yang memiliki IMT lebih. IMT yang lebih cenderung memiliki massa tubuh yang lebih berat. Dengan demikian gaya yang dihasilkan akan lebih lambat dan energi yang diperlukan untuk mengahasilkan kerja juga lebih besar. Pada akhirnya pelari dengan IMT lebih akan lebih mudah merasa lelah.

Ibu Hamil

Rumus IMT juga tidak berlaku pada ibu hamil. Berat badan pada ibu hamil akan pengukuran berat mengalami peningkat dibandingkan sebelumnya sehingga apabila dilakukan pengukuran status gizi menggunakan rumus IMT hasilnya akan cenderung melebihi normal (overweight-obese). Peningkatan berat badan ini bukan semata-mata status gizi ibu yang lebih, melainkan di dalam perut ibu juga terdapat janin yang turus tubuh dan berkembang hingga proses persalinan. Ibu akan mengonsumsi banyak makanan untuk mencukupi kebutuhan sang bayi. Dengan demikian berat badan ibu akan bertambah karena makan lebih banyak dari biasanya disertai penambahan berat bayi yang berada di dalamnya.

Hal yang sama dengan atlet dan ibu hamil juga terjadi pada remaja karena status gizi tidak dapat digambarkan dengan menghitung IMT saja. Tolak ukur IMT yang digunakan pada remaja tidaklah sama dengan dewasa, walaupun cara menghitungnya sama. IMT pada remaja perlu dibedakan berdasarkan umur dan jenis kelamin. Hal ini dikarenakan pada anak perempuan dan laki-laki memiliki jumlah perubahan lemak tubuh yang berbeda-beda setiap golongan umur, sehingga membutuhkan perhitungan tersendiri untuk mengetahui status gizinya.

 

Kesimpulan

penilaian status gizi menggunakan IMT pada atlet / olahragawan, ibu hamil, dan remaja belum cukup untuk menggambarkan status gizi. Perlu ditunjang dengan pengukuran antropometri lainnya (massa lemak, massa otot, total body water, dll), pengecekan klinis, dan pengecekan biokimia. Semoga bermanfaat

Writer                                : Anisyah Citra, S.gz

Editor & proofreader         : Jansen Ongko, Msc, Rd

Referensi:

About Adult BMI. Tersedia pada http://www.cdc.gov/healthyweight/assessing/bmi/adult_bmi/index.html

Sedeaud A, Marck A,  Dor F, Schipman J, Dorsey M,  Haida A, Berthelot G, Toussaint JF. 2014. BMI, a Performance Parameter for Speed Improvement. PLoS One Vol 9 (2) doi:  10.1371/journal.pone.0090183 . Tersedia pada http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3934974/

 

TENTANG APKI

VISI, MISI, & TUJUAN

DEWAN PENGURUS

LEGALITAS

APKI PARTNERS

SYARAT KONTRIBUTOR

WORLD TRAINER STANDARD

TANYA JAWAB

Mengapa Sertifikasi APKI?

Continuing Education Credit

Tata Cara Pembayaran

Ketentuan Ujian

Ketentuan SKP/CEC

Hubungi Kami

UPDATE

GIZI PENTING UNTUK VEGETARIAN

GIZI PENTING UNTUK VEGETARIAN

IDENTIFIKASI KESEHATAN PENCERNAAN MELALUI FESES

IDENTIFIKASI KESEHATAN PENCERNAAN MELALUI FESES

PANDUAN OLAHRAGA BAGI PEMILIK BERAT BADAN BERLEBIH

PANDUAN OLAHRAGA BAGI PEMILIK BERAT BADAN BERLEBIH

LOGIN STATUS

You are not logged in.

Username

 

Password

 

log in

live chat software pengukuran berat

 

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.