pelangsing perut alami

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Pelangsing pelangsing perut alami Perut Alami

Monday, March 14th 2016. | Obat Pelangsing Herbal

obat-herbal-pelangsing-perut-alamiApakah anda sering susah buang air besar,  resah karena wasir dan kurang percaya diri dengan bentuk perut? Semua berawal dari cara makan kita sehari-hari, usus manusia adalah salah satu penyebab dari timbulnya berbagai penyakit, apalagi di zaman sekarang, usus kita mudah terkontaminasi bahan-bahan makanan yang mengandung pengawet. pelangsing perut alami Belum lagi anak-anak kita banyak sekali mengkonsumsi makanan yang memakai pewarna, pengawet dan juga zat-zat yang tidak diketahui bahayanya dan itu semua terakumulasi sejak anak-anak sampai dewasa dan “berkerak” di dinding usus dengan ciri-ciri perut buncit! Fiforlif adalah solusinya. Dengan memakai produk Fiforlif perut buncit akan menjadi rata kembali. Obat fiforlif adalah solusi pelangsing perut yang alami.

 

Bingung bagaimana cara melangsingkan perut buncit. Banyak orang stress dan merasa minder punya perut buncit. Apa yang terjadi jika perut anda buncit? Tentu penyakit kronis seperti diabetes, stroke dan juga jantung tidak bisa dihindari, karena penyebab nya adalah kegemukan. Perut  pelangsing perut alami buncit tentu menurunkan rasa percaya diri seseorang. Ingin tampil seksi dengan busana yang ketat, tidak bisa. Ingin mempunyai perut yang rata dan juga kencang, tentu sulit kalau perut terlalu buncit. Butuh perjuangan besar untuk mendapatkan perut yang kencang tanpa timbunan lemak atau lipatan lemak.

 

Apa penyebab perut menjadi buncit? Faktornya bermacam-macam jenis tergantung kondisi dan juga gaya hidup seseorang. Perut buncit bisa saja karena obesitas, ada yang mewarisi gen gemuk, tidak sedikit yang mengalami perut buncit karena pola makan yang tidak sehat. Bahkan perut buncit disebabkan karena tidak ada asupan serat yang cukup sehingga pencernaan tidak baik, akhirnya BAB menjadi tidak lancar. Apakah perut buncit bisa diatasi secara alami? Dapatkan jawabannya di pembahasan selanjutnya.

 

Cara Melangsingkan Perut Buncit Alami

Cara herbal melangsingkan perut buncit dengan bahan alami dari jenis tanaman obat dan juga buah adalah cara yang aman dan cepat. Ada berbagai macam bahan herbal yang bisa diracik sebagai obat pelangsing perut buncit contohnya kapur sirih dan juga cengkeh yang dapat dijadikan obat oles.  pelangsing perut alami Sementara teh hijau, buah delima, jahe merah, jeruk lemon, kunyit asam, dan lain-lain dapat diracik menjadi minuman atau mungkin jamu tradisional pelangsing perut.

 

Bahan – bahan alami di atas dapat diracik menjadi ekstrak alami untuk dapat dikonsumsi sebagai ramuan herbal untuk melangsingkan perut buncit. Untuk buah-buahan, bisa dimanfaatkan sebagai minuman penurun berat badan yang bisa mensuplai asupan serat untuk tubuh. Misalnya beberapa buah yang dipercaya bisa menurunkan berat badan contohnya apel malang, buah delima,

 

Resep Melangsingkan Perut buncit Dengan Jus Buah

Tahukah anda? Buah mengandung serat dan vitamin yang tinggi. Buah yang dikonsumsi setiap hari bisa menjadi detoksifikasi untuk racun yang ada di dalam tubuh dan juga pencernaan. Buah-buahan yang dikenal sebagai obat perut buncit adalahnya jeruk lemon, apel malang, buah delima, jambu biji, cermai dan masih banyak yang lainnya. Mengkonsumsi jus buah-buahan tersebut adalah cara herbal untuk bisa melangsingkan perut buncit yang ampuh tanpa ada efek samping.

 

Untuk mendapatkan manfaat jus buah adalah cukup dengan rutin mengkonsumsi jus atau ekstraknya setiap hari. Jus buah ini bisa melancarkan pencernaan sehingga seratnya bisa mendorong racun dan sisa pencernaan keluar lewat sistem pembungan, BAB jadi lancar dan tubuh jadi ringan.

 

Melangsingkan Perut Buncit pelangsing perut alami Dengan Herbal Pelangsing

Selain cara herbal melangsingkan perut buncit dengan jamu dan jus buah-buahan, anda juga bisa memanfaatkan obat pelangsing alami yang terbuat dari bahan-bahan herbal alami. Obat pelangsing herbal tentu diperkaya dengan mineral dari buah atau tanaman obat yang sangat baik untuk menjaga bentuk pelangsing perut alami tubuh. Dengan teknologi yang tinggi, obat pelangsing herbal jauh lebih baik dalam mengatasi perut buncit. Dengan terobosan terbaru terciptalah obat dalam bentuk ekstrak yang lebih mudah diserap tubuh. Misalnya obat pelangsing herbal kapsul, obat pelangsing serbuk atau syrup.

 

Untuk melangsingkan perut buncit secara alami tanpa resiko dan efek samping serta tanpa operasi, maka atasi dengan obat herbal pelangsing perut buncit. Mengkonsumsi herbal pelangsing adalah cara herbal untuk melangsingkan perut buncit yang aman tanpa biaya mahal. Butuh herbal pelanging? Dapatkan herbal pelangsing murah untuk perut buncit 100% terbuat dari bahan herbal yang aman dan tidak menimbulkan efek samping dengan mengklik gambar dibawah ini.

 

order-fiforlif

 

 

 

 

Home » Diet & Fitness » Tips Diet » 12 Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Bahan Tradisional yang Ampuh

 

12 Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Bahan Tradisional yang Ampuh

ads

 

 

Cara Mengecilkan perut buncit dengan bahan tradisional yang ampuh ada banyak sekali, bahkan dapat satu minggu sudah memiliki efek. Memiliki tubuh ideal dan langsing merupakan dambaan bagi semua orang bukan hanya bagi para kaum wanita saja namun juga bagi para kaum pria juga. Apalagi saat ini penampilan menjadi hal yang harus sangat diperhatikan mengingat perkembangan dunia fashion yang sangat berkembang pesat. Mendapatkan perut yang langsing dan tidak buncit mungkin pelangsing perut alami adalah impian bagi banyak orang di luar sana dan saat ini mereka sedang bersusah payah mewujudkan impian tersebut. Mungkin anda salah satu dari mereka? Jika iya maka anda sangat tepat sekali membaca artikel ini karena di dalam artikel ini akan membahas mengenai berbagai tips yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan perut langsing dan tidak buncit.

 

Mungkin anda sudah mencoba berbagai cara untuk mendapatkan perut langsung dan menghilangkan kebuncitan dengan menggunakan obat kimia yang saat ini beredar di pasaran? Jika iya sebaiknya anda hentikan hal tersebut karena mungkin memang anda mendapatkan perut mengempes dan ideal namun tahukah anda bahwa efek samping yang ditimbulkan oleh obat kimia tersebut dalam jangka panjang bisa menyebabkan berbagai penyakit serius yang sangat berbahaya? Ya, tentu saja hal ini sangat berbahaya apalagi jika obat tersebut membuat anda menjadi ketagihan maka akan sangat membahayakan bagi kesehatan anda.

 

Nah untuk menghindari hal tersebut sebaiknya anda beralih pada bahan herbal yang masih tradisional sebagai obat alami pengempes perut anda yang buncit. Ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi obat herbal ini karena tidak mengandung efek samping pelangsing perut alami maka bisa anda konsumsi dalam jangka panjang. selain itu di Indonesia sendiri tanaman herbal sangat mudah ditemukan dan ada banyak jenis tanaman herbal yang bisa digunakan bahkan sudah sejak zaman dahulu pengobatan menggunakan ramuan herbal ini menjadi rujukan bagi beberapa negara di dunia.

 

Ada beberapa hal yang bisa pelangsing perut alami menjadi penyebab dari perut buncit ini yang perlu anda perhatikan, selengkapnya simak berikut ini:

 

Alkohol

Mengkonsumsi alkohol memang tidak baik bagi tubuh dan bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit di dalam tubuh salah satunya adalah bisa mengakibatkan perut buncit. Perut buncit ini bisa disebabkan oleh alkohol karena di dalam alkohol mengandung kandungan gula dan kalori yang sangat tinggi sehingga pelangsing perut alami lemak akan mudah menumpuk di dalam perut. Hal ini tentu saja akan sangat berbahaya bagi tubuh karena tubuh akan sangat tidak baik bila kelebihan lemak dan bisa memicu timbulnya berbagai jenis penyakit serius lainnya misalnya adalah penyakit jantung dan diabetes serta mampu menaikan berat badan secara signifikan. Jadi jika anda saat ini masih mengkonsumsi alkohol sebaiknya untuk menghentikan kebiasaan tersebut karena sangat tidak baik bagi tubuh.

 

Makan dalam Jumlah yang Banyak

Makanan memang sangat penting peranannya bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh namun jika makan dalam jumlah yang terlalu banyak malah justru bisa membuat tubuh menjadi sakit lho. Makan dalam jumlah yang terlalu banyak akan membuat anda menimbun kotoran dan lemak terlalu banyak di dalam tubuh sehingga perut akan menjadi buncit dalam waktu sekejap saja. oleh karena itu sebaiknya anda mengendalikan porsi makan anda supaya tidak kurang dan tidak berlebihan pula.

 

Mengkonsumsi Makanan Berlemak

Bukan hanya mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak saja yang akan membuat perut anda menjadi tampak buncit namun ini juga akan menjadi sangat mudah terjadi jika anda mengkonsumsi makanan yang berlemak terlalu banyak. Sebaiknya kurangi makanan berlemak yang sering ditemukan pada makanan yang digoreng.

 

Kebiasaan Ngemil pada Malam Hari

Negmil memang merupakan salah satu aktivitas yang mengasikan terutama jika bersama teman dan malam hari. Nah, ternyata kebiasaan ngemil di malam hari ini sangat tidak baik karena bisa membuat tubuh menjadi lebih berkembang dalam artian mudah gemuk dan membuat perut buncit. Hal ini akan lebih berbahaya jika camilan yang anda konsumsi adalah camilan berlemak. Oleh karena itu jika anda memang tidak bisa menghentikan kebiasaan ngemil sebaiknya untuk coba kurangi porsi ngemil secara pelan-pelan dan gantilah camilan dengan camilan sehat saja ya.

 

Nah, setelah anda mengetahui apa saja yang bisa membuat perut anda buncit slenajutnya yang harus anda ketahui adalah bagaimana cara untuk mengecilkan perut buncit. Berikut ini bisa anda simak beberapa jenis tanaman atau ramuan herbal yang bisa anda gunakan untuk membuat perut anda menjadi ideal dan tidak buncit lagi.

 

Teh Hijau

Bahan alami yang masih tradisional yang patut anda coba adalah teh hijau. Sudah sejak zaman dahulu teh hijau dipercaya mampu menurunkan berat badan dan mengecilkan perut dengan cepat dan efektif namun tetap aman bagi kesehatan. Namun untuk mendapatkan khasiat yang maksimal dari teh hijau ini anda sebaiknya untuk tidak menambahkan gula alias teh hijau original saja dan jangan lupa untuk meminumnya secara rutin 2 kali sehari tiap pagi dan sore hari.

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


 

Jadi dengan meminum teh hangat sebelum makan secara otomatis akan membuat perut anda terisi lebih dahulu sehingga anda akan langsung mengurangu porsi makan anda dan membuat berat badan anda menjadi tidak bertambah. Selain itu khasiat lain yang bisa didapatkan dari teh hijau ini adalah  pelangsing perut alami mampu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga tubuh juga tidak akan mudah sakit serta mampu merontokkan lemak di dalam tubuh termasuk yang ada di dalam perut sehingga perut anda tidak akan menjadi buncit lai nantinya. Bukan hanya itu saja yang akan didapatkan oleh anda jika mengkonsumsi teh hijau secara rutin, di dalam teh hijau terdapat antioksidan tinggi yang mampu mencegah tumbuhnya sel kanker dan juga merontokan kolestrol jahat yang ada di dalam tubuh. wah sangat luar biasa ya khasiat dari teh hijau ini.

 

Sponsors Link

 

 

Jeruk pelangsing perut alami Nipis dan Teh

Bagi anda yang tidak suka dengan rasa teh hijau anda bisa menggunakan alternatif teh biasa yang dijual dipasaran sebagai penggantinya. Teh secara umum memiliki kandungan zat dan gizi yang sama jadi tidak terlalu berpengaruh pada jenis tehnya memang ada beberapa jenis teh yang memiliki keunggulan dalam khasiatnya. Nah, untuk minum teh ini anda bisa mencapurkannya dengan menggunakan jeruk nipis. Kombinasi antara teh dan jeruk nipis ini sudah lama dipercaya mampu mengempeskan perut yang buncit. Cara pembuatannya dan bahannya pun sangat mudah ditemukan, anda hanya perlu menyiapkan 3 sendok makan teh, sebutir jeruk nipis serta tiga sendok makan teh saja dan jangan lupa untuk menyediakan pula air panasnya.

 

Cara pembuatannya adalah seduh teh dengan menggunakan air panas kemudian biarkan hingga teh menjadi dingin. Ketika teh sudah mendingin kemudian anda bisa menuangkan air perasan jeruk nipis, ingat ya untuk tidak menambabhkan jeruk nipis ketika air masih panas Karena bisa merusak vitamin yang ada di dalam teh dan jeruk nipis itu sendiri. Untuk hasil yang maksimal anda sangat disarankan untuk mengkonsumsinya secara rutin setiap 2 kali sehari pagi dan sore hari. Selain efektif untuk mengecilkan perut buncit, ramuan ini juga bisa membantu anda untuk menenangkan pikiran yang sedang kalut dan menjadikan anda fresh kembali.

 

Kunyit Asam

Cara mengecilkan perut buncit dengan bahan tradisional berikutnya adalah dengan kunyit asam. Bagi anda para pecinta jamu mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan nama kunyit asam bukan? Namun bagi anda yang tidak suka dengan jamu mungkin hal pertama yang terlintas di benak anda ketika mendengar kata kunyit adalah rasanya yang pahit dan tidak enak seperti jamu pada umumnya. Namun percayalah bahwa rasa yang ada pada jamu kunyit asam ini masih enak jika dibandingkan anda harus memiliki perut buncit selamanya. Sudah sejak dari zaman nenek moyang ramuan kunyit dan asam ini menjadi ramuan yang sudah sangat terkenal untuk mengecilkan perut buncit yang cukup efektif.

 

Bahan pembuatan ramuan jamu ini pun sangat mudah dan alami karena menggunakan bahan yang masih sangat alami dan tradisional seperti ½ kg kunyit, ¼ gula jawa, ½ kg asam jawa, garam sepucuk sendok teh serta 2 liter air. Cara membuatnya pun sangat mudah yaitu dengan mulai membersihkan kunyit terlebih dahulu dengan cara mengupas kulitnya dan kemudian haluskan. Anda bisa menumbuk atau memarut atau juga bisa dengan memblender supaya lebih cepat dan tidak memakan banyak tenaga. Setelah kunyit sudah halus kemudian saringlah kunyit dan rebus airnya hingga mendidih dan jangan lupa campurkan bahan yang tadi sudah disiapkan ya. Ramuan jamu kunyit asam sendiri memiliki cita rasa yang khas dengan rasa pahit, asam, manis yang menjadi satu akan membuat anda tertarik dengan keunikan rasanya sendiri. Jangan lupa untuk mengkonsumsnya secara langsung ya supaya hasilnya lebih maksimal dan perut buncit segera hilang.

 

Madu dan Jahe

Sudah tidak heran lagi jika mendengar akan khasiat yang dimiliki oleh madu bagi kesehatan salah satunya adalah untuk mengecilkan perut yang buncit. Di dalam madu terdapat kandungan zat yang bernaa fruktosa dimana zat ini merupakan zat alami yang akan membakar lemak di dalam tubuh termasuk yang ada di dalam perut sehingga perut anda menjadi lebih datar karena lemaknya hilang. Selain itu jahe sebagai pelengkapnya memiliki kemampuan untuk menahan nafsu makan jadi anda tidak akan mudah cepat lapar dan membuat berat badan anda menjadi terkendali. Cara mengkonsumsinya pun sangat mudah yaitu denga cara merebus air perasan jahe dan kemudian tambahkan tiga sendok makan madu setelah mendidih anda bisa langsung meminumnya. Ramuan ini juga sangat efektif untuk menghangatkan badan terutama saat musim dingin datang. Jangan lupa untuk mengkonsumsinya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

 

Ramuan Buah-buahan

Selain ramuan herbal yang telah disampaikan di atas yang cukup efektif untuk mengecilkan perut anda yang buncit, ada ramuan lain yang juga cukup efektif ya yaitu menggunakan ramuan buah-buahan. Ya buah memang kaya akan gizi dan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh termasuk dalam membantu mengecilkan perut anda yang mulai membuncit. Buah yang bisa digunakan untuk ramuan ini adalah akar buah rambutan buah delima, buah manggis, buah papaya, buah langsat dan alang-alang serta jangan lupa untuk menyiapkan air bersih.

 

Cara pembuatan yang pertama adalah dengan membersihkan semua buah dan akar rambutan. Kemudian rebuslah air bersih hingga mendidih dan masukan akar buah rambutan selain itu siapkan juga panci lain yang akan digunakan untuk merebus bahan lainnya juga. Setelah keduanya siap, anda bisa mencampurnya dan meminum ramuan tersebut selagi masih hangat. Cita rasa yang akan anda dapatkan sangat menarik karena merupakan campuran dari berbagai buah. Minumlah ramuan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

sponsored links

 

 

Ramuan Kapur Sirih

Ramuan tradisional lainnya yang bisa anda jadikan sebagai obat pengecil perut buncit adalah dengan menggunakan ramuan kapur sirih. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu menyiapkan 1 sendok teh kapur sirih, 1 sendok teh minyak kayu putih dan 1 sendok teh jeruk nipis. Lalu bagaimana cara menggunakannya? Eits ramuan ini bukan untuk diminum ya melainkan untuk dioleskan saja di perut setelah anda mencampurkan keseluruhan bahan tadi. Untuk hasil yang maksimal anda bisa menggunakan korset yang bisa membuat perut anda menjadi lebih mudah dalam mengecilkan perut anda yang buncit. Jika hal ini dilakukan secara rutin maka perut anda akan menjadi lebih langsing dalam waktu yang cukup singkat.

 

Kencur

Tanaman herbal lainnya yang bisa membuat perut anda menjadi lebih langsing adalah dengan menggunakan ramuan kencur. Kencur ini selain digunakan untuk bumbu masakan ternyata memiliki khasiat yang sangat bagus untuk kesehatan termasuk untuk menurunkan berat badan. Cara yang bisa anda gunakan pertama adalah dengan menyiapkan baha-bahannya terlebih dahulu. Bahan yang digunakan adalah kencur, asam jawa, beras, gula jawa dan gula pasir secukupnya. Setelah semua bahan siap kemudian yang harus anda lakukan pelangsing perut alami adalah menumbuk seluruh bahan hingga menjadi halus kemudian larutkan dengan air hangat dan minumlah ramuan tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. ramuan ini sudah banyak orang yang mencobanya dan berhasil mengecilkan perut yang buncit.

 

Bangle

Bangle merupakan salah satu tanaman herbal yang banyak terdapat di Indonesia. bangle ini sering digunakan sebagai obat herbal dari beberapa jenis penyakit namun juga ternyata bisa membantu mengecilkan perut buncit secara optimal. Di dalam bangle terdapat minyak astiri yang sangat berguna bagi tubuh seperti merontokan lemak, melancarkan pencernaan, mempermudah pengeluaran gas dari dalam tubuh serta melancarkan buang air besar. Cara yang bisa digunakan pun sangat mudah yaitu hanya dengan menyiapkan beberapa ruas bangle dan tujuh lembar daun jati belanda.

 

Setelah bahan siap kemudian cucilah bersih semua bahan dan irislah kecil-kecil kedua bahan tersebut. Setelah itu rebuslah irisan kecil-kecil tersebut di dalam air bersih hingga air tersebut mendidih dan biarkan airnya mendidih dan biarkan air rebusan berkurang menjadi setengahnya. Setelah agak mendingin kemudian minumlah ramuan tersebut secara rutin setiap pagi dan sore hari untuk hasil yang lebih memuaskan.

 

Jati Belanda

Anda juga bisa menggunakan daun jati belanda sebagai salah stau cara untuk membantu mengecilkan perut buncit. Di dalam daun jati belanda terdapat kandungan sterol yang berfungsi sebagai pelangsing dan mampu mengecilkan pori-pori kulit. Selain itu di dalam daun jati belanda juga mengandung serat tinggi memiliki sifat lubricating yang mampu menghambat persebaran glukosa, kolestrol dan lemak di dalam tubuh sehingga perut pun bisa menjadi lebih kecil lagi. Selain itu di dalam daun jati belanda juga mengandung za tanin yang memiliki fungsi sebagai astringent yang mampu mengambat pertumbuhan lemak yang berlebihan di dalam tubuh.

 

Untuk menggunakan ramuan daun jati belanda ini juga anda cukup menyiapkan 15 lembar daun jati belanda saja dan beberapa bahan tambahan lainnya seperti 5 batang batang meniran, dan I jari kulit pulai. Setelah semua bahan siap kemudian rebuslah bahan tersebut ke dalam air bersih hingga mendidih, pelangsing perut alami setelah matang kemudian saring hingga menyisakan air rebusan ramuan tadi saja dan kemudian minumlah ramuan tersebut secara rutin setiap pagi dan sore hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. jika anda tidak suka dengan rasanya maka anda bisa menambahkan gula jawa dan daun salam atau sereh untuk membuat rasa dan aroma menjadi lebih enak.

 

Delima Putih

20 Bahaya Minum Jamu Bagi Kesehatan

 

11 Obat Infeksi Telinga Tradisional Ampuh

 

15 Jenis Olahraga untuk Diet yang Paling Baik

 

Previous

Next

Post Date: Thursday 04th, February 2016 / 09:26 Oleh : Roro Dyiah            Kategori : Tips Diet

 

  Search

ARTIKEL TERBARU

RECENT pelangsing perut alami

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.