nama nama alat ukur

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


PRIVACY nama nama alat ukur  POLICY

Ilmu Pengetahuan

 

 

 

 

 

Search here….

Go

HOME

ISLAM

IPA

BAHASA

KEDOKTERAN

ASTRONOMI

GEOGRAFI

SEJARAH

EKONOMI

ILMU SOSIAL

TEKNOLOGI

INFO MENARIK

Home » Fisika » Pengertian dan Macam Alat Ukur Suhu

Pengertian dan Macam Alat Ukur Suhu

IN FISIKA – ON 23:44 – 4 COMMENTS

Pengertian Suhu, Alat ukur suhu, mengubah skala suhu merupakan pembahasan kita kali ini sobat. Cekidot.

Artikel yang menunjang : Pengertian dan Macam Besaran Pokok

Suhu dapat didefinisikan sebagai derajat panas satu benda. Benda yang panas memiliki suhu yang lebih tinggi dibandingkan nama nama alat ukur benda yang dingin. Sebenarnya alat indera (kulit)tidak dapat menentukan suhu benda secara akurat, hanya berdasarkan perkiraan dan perasaan subjeknya saja. Hal ini dikarenakan alat indera memiliki keterbatasan, salah satunya tidak dapat digunakan untuk menyentuh benda yang terlalu panas atau terlalu dingin.

 

 

Mengubah Skala Suhu

 

 

 

 

 

Suhu yang diketahui

Suhu yang dicari

Rumus yang digunakan

C

F

F = 9/5 C + 32

F

C

C = 5/9 × (F – 32)

C

R

R = 4/5 C

R

C

C = 5/4 R

R

F

F = 9/4 R + 32

F

R

R = 4/9 × (F – 32)

 

Alat Untuk Mengukur Suhu

 

Alat untuk mengukur suhu disebut termometer. Termometer memanfaatkan sifat termometrik suatu zat, yaitu perubahan sifat-sifat zat karena perubahan suhu zat tersebut. Termometer pertama kali ditemukan oleh Galileo Galilei (1564-1642). Termometer ini disebut termometer udara. Termometer udara terdiri dari sebuah bola kaca yang dilengkapi dengan sebatang pipa kaca panjang. Pipa tersebut dicelupkan ke dalam cairan nama nama alat ukur berwarna. Ketika bola kaca dipanaskan, udara di dalam pipa akan mengembang sehingga sebagian udara keluar dari pipa. Namun, ketika bola didinginkan udara di dalam pipa menyusut sehingga sebagian air naik ke dalam pipa. Termometer udara peka terhadap perubahan suhu sehingga suhu udara saat itu dapat segera diketahui. Meskipun peka terhadap perubahan suhu, namun termometer ini harus dikoreksi setiap terjadi perubahan tekanan udara.

 

Termometer yang banyak digunakan sekarang adalah termometer raksa. Disebut termometer raksa karena di dalam termometer ini terdapat air raksa. Fungsi raksa adalah sebagai penunjuk suhu. Raksa akan mengembang bila termometer menyentuh benda yang lebih hangat dari raksa. Raksa memiliki beberapa keunggulan diantaranya:

 

 

Peka terhadap perubahan suhu. Suhu raksa segera sama dengan suhu benda yang ingin diukur.

Dapat digunakan untuk mengukur suhu rendah (-40 C) sampai suhu tinggi (360 C). Hal ini disebabkan titik beku raksa mencapai -40 C dan titik didihnya mencapai 360 C.

Tidak membasahi dinding kaca sehingga pengukuran bisa menjadi lebih teliti.

Mengkilap seperti perak sehingga mudah terlihat.

Mengembang dan memuai secara teratur.

 

Selain raksa, alkohol juga dapat digunakan untuk mengisi termometer, kelebihannya yaitu dapat mengukur suhu yang sangat rendah (mencapai -130 C) karena titik beku alkohol yang lebih rendah dibandingkan raksa, namun termometer alkohol tidak dapat digunakan untuk mengukur air mendidih karena titik didih alkohol hanya 78 C.

 

Termometer dengan bahan zat cair

 

  1. Termometer Laboratorium

 

Alat ini biasanya digunakan untuk mengukur suhu air dingin atau air yang sedang dipanaskan. Termometer laboratorium menggunakan raksa atau alkohol sebagai penunjuk suhu. Raksa dimasukkan ke dalam pipa yang sangat kecil (pipa kapiler), kemudian pipa dibungkus dengan kaca yang tipis. Tujuannya agar panas dapat diserap dengan cepat oleh termometer.

 

 

 

Skala pada termometer laboratorium biasanya  dimulai dari 0 C hingga 100 C. 0 C menyatakan suhu es yang sedang mencair, sedangkan suhu 100 C menyatakan suhu air yang sedang mendidih.

 

  1. Termometer Ruang

 

Termometer ruang biasanya dipasang pada tembok rumah atau kantor. Termometer ruang mengukur suhu udara pada suatu saat. Skala termometer ini adalah dari -50 C sampai 50 C. Skala ini digunakan karena suhu udara di beberapa tempat bisa mencapai di bawah 0 C, misalnya wilayah Eropa. Sementara di sisi lain, suhu udara tidak pernah melebihi 50 C.

 

 

 

  1. termometer Klinis

 

Termometer klinis disebut juga termometer demam. Termometer ini digunakan oleh dokter untuk mengukur suhu tubuh pasien. Pada keadaan sehat, suhu tubuh manusia sekitar 37 C. Tetapi pada saat demam, suhu tubuh dapat melebihi angka tersebut, bahkan bisa mencapai angka 40.

 

 

 

Skala pada termometer klinis hanya dari 35 C hingga 43 C. Hal ini sesuai dengan suhu tubuh manusia, suhu tubuh tidak mungkin di bawah 35 C dan melebihi 43 C.

 

  1. Termometer Six-Bellani

 

Termometer Six-Bellani disebut pula termometer maksimum-minimum. Termometer ini dapat mencatat suhu tertinggi dan suhu terendah dalam jangka waktu tertentu. Termometer ini mempunya 2 cairan, yaitu alkohol dan raksa dalam satu termometer.

 

 

 

Termometer dengan bahan zat padat

 

  1. Termometer Bimetal

 

Termometer bimetal memanfaatkan logam untuk menunjukkan adanya perubahan suhu dengan prinsip logam akan nama nama alat ukur memuai jika dipanaskan dan menyusut jika didinginkan. Kepala bimetal dibentuk spiral dan tipis, sedangkan ujung spiral  bimetal ditahan sehingga tidak bergerak dan ujung lainnya menempel pada pinggir penunjuk. Semakin besar suhu, keping bimetal semakin melengkung dan meneyebabkan jarum penunjuk bergerak ke kanan, ke arah skala yang lebih besar. Termometer bimetal biasanya terdapat di mobil.

 

 

 

  1. Termometer Hambatan

 

Termometer hambatan merupakan termometer yang paling tepat digunakan dalam industri untuk mengukur suhu di atas 1000 C. Termometer ini dibuat berdasarkan perubahan hambatan  logam, contohnya termometer hambatan platina.

 

 

 

Dalam termometer hambatan terdapat kawat penghambat yang disentuhkan ke benda yang akan diukur suhunya, misalnya pada pengolahan besi dan baja. Suatu tegangan atau potensial listrik yang bernilai tetap diberikan sepanjang termistor, yaitu sensor yang terbuat dari logam dengan hambatan yang bertambah jika dipanaskan.

 

  1. Termokopel

 

Pengukuran suhu dengan ketepatan tinggi dapat dilakukan dengan menggunakan termokopel, di mana suatu tegangan listrik dihasilkan saat dua kawat berbahan logam yang berbeda disambungkan untuk membentuk sebuah loop. Kedua persambungan tersebut memiliki suhu yang berbeda. Untuk meningkatkan besar tegangan listrik yang dihasilkan, beberapa termokopel bisa dihubungkan secara seri untuk membentuk sebuah termopil.

 

 

 

Termometer dengan bahan gas

 

Termometer gas adalah jenis termometer yang memanfaatkan sifat-sifat termal gas. Ada dua macam termometer gas:

 

Termometer yang volume gasnya dijaga tetap dan tekanan gas tersebut dijadikan sifat termometrik dari termometer.

Termometer yang tekanan gasnya dijaga tetap dan volume gas tersebut dijadikan sifat termometrik dari termometer.

 

 

 

Termometer optis

 

  1. Pirometer

 

Prinsip kerja pirometer adalah dengan mengukur intensitas radiasi yang dipancarkan oleh benda-benda yang  suhunya sangat tinggi. Spirometer dapat digunakan untuk mengukur suhu antara 500 C – 3.000 C.

 

 

 

  1. Termometer inframerah

 

 

Termometer inframerah digunakan dengan cara  menekan tombol sampai menunjukkan angka tertinggi dengan cara  mengarahkan sinar inframerah ke sasaran yang dituju. Sinar yang diarahkan ke benda yang diukur akan memantul dan pantulan tersebut direspon oleh alat sehingga termometer inframerah menunjukkan skala suhu yang tepat.

 

 

 

 

Inilah postingan kali ini sobat, semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa dishare dan tinggalkan komentarnya. J

Tweet

RELATED POSTS :

 

Pengertian, Konsep, Rumus, dan Apli…

 

GLB dan GLBB

 

Hukum Perbandingan Tetap (Hukum Pro…

 

Hubungan Kinematika Gerak dengan An…

LABEL: FISIKA

4 KOMENTAR

 

 

DESILVA WILLYANTI

1 February 2015 at 18:08

Terimakasih Infonya, Sangat membantu

 

Reply

 

ABDUL HADI

26 April 2015 at 23:43

Sama sama Desilva Willyanti

Semoga Ilmunya terus bermanfaat

 

Reply

 

THE MAID

23 April 2015 at 04:47

namun termometer alkohol tidak dapat digunakan untuk mengukur air mendidih karena titik didih raksa hanya 78 C.

bukanya titik didih alkohol?

 

Reply

 

ABDUL HADI

26 April 2015 at 23:46

Maaf sahabat, kami salah tulis, itu yang benarnya alkohol bukan raksa

terimakasih telah diingatkan

Sering – sering berkunjung ya

 

Reply

POST A COMMENT

 

 

Newer Post Older Post Home

FOLLOWERS

 

 

×

 

 

 

Follow @Soft_blog

 

 

 

 

 

 

BLOG ARCHIVE

►  2016 (3)

►  2015 (203)

▼  2014 (73)

►  December (1)

►  November (7)

►  October (1)

►  September (1)

▼  August (15)

Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan

Pengertian dan Macam Alat Ukur Suhu

Pengertian dan Fungsi Rangka

Transpor Zat Melalui Membran Sel

Perkembangan Islam di Indonesia

Pengertian, Tahap, dan Macam Perjanjian Internasio…

Pengertian, Sarana, dan Asas Hubungan Internasiona…

Pengertian, Struktur dan Fungsi Sel Prokariotik

Macam – macam Otot

Pengertian, Struktur dan Fungsi Sel Eukariotik

Pengertian, Sifat, dan Macam Macam Gelombang

Pengertian dan Komponen Peta

Pengertian Sel dan Sejarah Penemuan Sel

Pengertian, struktur dan fungsi Kromosom

Perambatan dan Sifat Gelombang Bunyi

►  July (38)

►  June (5)

►  May (1)

►  January (4)

►  2013 (45)

CATEGORIES

Anatomi (3) Astronomi (8) Bahasa Indonesia (4) Bahasa Inggris (6) Biologi (131) Ekonomi (9) Fisika (28) Fisiologi (8) Geografi (28) Ilmu Sosial (29) Info Menarik (1) Islam (6) Keterampilan Klinis (10) Kimia (19) Patologi (2) Sejarah (23) Seni (9) Teknologi (5)

POPULAR POSTS

 

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Sel hewan dan sel tumbuhan tentu kata-kata yang tidak…

 

Pengertian, Bagian Bagian Telinga dan Fungsinya

Selamat datang di softilmu, blog yang berbagi pengetahuan…

 

Alat Reproduksi Wanita dan Fungsinya

Selamat datang di softilmu, blog pengetahuan sederhana…

 

Pengertian dan Jenis-jenis Awan

Pengertian Awan, macam-macam awan, dan proses…

 

Pengertian, Fungsi, dan Bagian Mikroskop

Assalamualaikum Sahabat Selamat datang di softilmu, blog…

 

© COPYRIGHT 2013 ILMU PENGETAHUAN – ALL RIGHTS RESERVED – POWERED BY BLOGGER.COM

 

 

 

 

ABOUT ME

CONTACT

PRIVACY POLICY

DISCLAIMER

DMCA

IKLAN

SITEMAP

Home»Pendidikan»Fisika»Macam-Macam Alat Ukur

Macam-Macam Alat Ukur

Saturday, April 14th, 2012 – Fisika

Macam-Macam Alat Ukur – Alat ukur adalah alat yang digunakan untuk mengukur suatu besaran dalam fisika. Pada umumnya ada tiga besaran yang paling banyak diukur dalam dunia fisika untuk tingkat SMA yaitu panjang, massa dan waktu. Macam-macam alat ukur panjang, massa dan waktu dapat dilihat sebagai berikut :

 

  1. Alat Ukur Panjang

 

Alat-alat ukur panjang meliputi mistar, jangka sorong, dan mikrometer skrup. Berikut masing-masing alat ukur tersebut & penjelasannya.

 

  1. Mistar/Penggaris

 

Mistar, atau yang lebih dikenal dengan sebutan penggaris adalah alat yang digunakan untuk mengukur barang yang berukuran sedang dan berukuran besar. Mistar ini dapat mengukur dengan ketelitian hingga 1 mm.

 

Alat ukur panjang yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah mistar. Skala nama nama alat ukur terkecil dari mistar adalah 1 mm (0,1 cm) dan ketelitiannya setengah skala terkecil 0, 5 mm (0,05 cm).

 

alat ukur penggaris

  1. Jangka Sorong

 

Dalam prakteknya, mengukur panjang kadang-kadang memerlukan alat ukur yang mampu membaca hasil ukur sampai ketelitian 0,1 mm (0,01 cm). Untuk pengukuran semacam ini kita bisa menggunakan jangka sorong.

 

Jangka sorong adalah alat yang digunakan untuk mengukur diameter, dimensi luar suatu benda, dan dimensi dalam suatu benda. Jangka sorong memiliki 2 bagian, yaitu rahang tetap yang fungsinya sebagai tempat skala tetap yang tidak dapat digerakkan letaknya, dan rahang sorong yang fungsinya sebagai tempat skala nonius dan dapat digeser-geser letaknya untuk menyesuaikan dan mengukur benda. Jangka sorong ini dapat mengukur dengan ketelitian hingga 0,1 mm.

 

  1. Mikrometer Skrup

 

Mikrometer skrup adalah alat yang digunakan untuk mengukur ketebalan benda yang tipis, panjang benda yang kecil, dan dimensi luar benda yang kecil. Mikrometer skrup memiliki 3 bagian, yaitu selubung utama yang fungsinya sebagai tempat skala utama yang akan menunjukkan berapa hasil pengukuran dan bagian ini sifatnya tetap dan tidak dapat digeser-geser, lalu selubung luar yang fungsinya sebagai skala nonius nama nama alat ukur yang dapat diputar-putar untuk menggerakkan selubung ulir supaya dapat menyesuaikan dengan benda yang diukur, dan selubung ulir yang fungsinya sebagai bagian yang dapat digerakkan dengan cara memutar-mutar selubung luar sehingga dapat menyesuaikan dengan bentuk benda yang diukur. Mikrometer skrup ini dapat mengukur dengan ketelitian hingga 0,01 mm.

 

  1. Alat Ukur Massa

 

Hanya ada satu jenis alat ukur massa, yaitu neraca. Meski begitu, sebenarnya neraca jenisnya bermacam-macam. Berikut penjelasannya.

 

Neraca, atau yang lebih dikenal dengan sebutan timbangan adalah alat yang digunakan untuk mengukur massa suatu benda. Ada beberapa jenis neraca, yaitu

 

Neraca Pasar, yaitu neraca yang biasa digunakan di pasar-pasar tradisional, bentuknya seperti pada gambar di samping. Cara pemakaian neraca ini yaitu dengan meletakkan benda yang akan ditimbang di bagian yang berbentuk mirip baskom, lalu di bagian sebelahnya yang datar diletakkan bandul neraca yang hampir seimbang dengan bobot benda, selanjutnya lengan neraca akan bergerak dan hasil pengukuran dapat diketahui.

 

 

 

Neraca Dua Lengan, yaitu neraca yang biasanya terdapat di laboratorium, bentuknya seperti pada gambar di samping. Cara pemakaian neraca ini hampir sama dengan cara pemakaian neraca pasar, bedanya bandul neraca yang terdapat pada neraca pasar dapat digantikan dengan barang lain.

 

 

 

Neraca Tiga Lengan, yaitu neraca yang juga biasanya terdapat di laboratorium, bentuknya seperti pada gambar di samping. Cara pemakaian neraca ini yaitu dengan cara menggeser ketiga penunjuk ke sisi paling kiri (skalanya menjadi nol), kemudian letakkan benda yang akan diukur pada bagian kiri yang terdapat tempat untuk benda yang akan diukur, lalu geser ketiga penunjuk ke kanan hingga muncul keseimbangan, dan hasil pengukuran dapat diketahui.

 

 

 

Neraca Kamar Mandi, adalah neraca yang biasa digunakan untuk mengukur berat badan, bentuknya seperti pada gambar di samping. Neraca ini biasanya terdapat di klinik, rumah sakit, rumah, atau mungkin di tempat-tempat lain yang memiliki neraca ini. Cara pemakaian neraca ini yaitu dengan cara kita naik ke atas neraca ini, selanjutnya jarum yang terdapat di neraca akan menunjukkan berapa hasil pengukuran berat badan kita.

 

  1. Alat Ukur Waktu

 

Waktu adalah selang antara dua kejadian/peristiwa. Misalnya, waktu siang adalah sejak matahari terbit hingga matahari tenggelam, waktu hidup adalah sejak dilahirkan hingga meninggal. Untuk peristiwaperistiwa yang selang terjadinya cukup lama, waktu dinyatakan dalam satuan-satuan yang lebih besar, misalnya menit, jam, hari, bulan, tahun, abad dan lain-lain.

 

1 hari = 24 jam;

 

1 jam = 60 menit;

 

1 menit = 60 sekon

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


 

Sedangkan, untuk kejadian-kejadian yang cepat sekali bisa digunakan satuan milisekon (ms) dan mikrosekon (μs). Untuk keperluan sehari-hari, telah dibuat alat-alat pengukur waktu, misalnya stopwatch dan jam tangan.[Ai]

 

Kata Kunci :

alat ukur yang digunakan di bengkel untuk mengukur panjang lebar tebal suatu benda adalah

Share on: Twitter Facebook Google +

Macam-Macam Alat Ukur | Artikel Indonesia | 4.5

RELATED POSTS

Penerapan dari Pemuaian dan Penyusutan dalam Fisika

Penerapan dari Pemuaian dan Penyusutan dalam Fisika

Penerapan dari Pemuaian dan Penyusutan dalam Fisika – Pada kesempatan ini admin Artikel Bagus akan berbagi informasi mengenai Penerapan dari Pemuaian…

Ion Materi Fisika SMP Kelas 8

Ion Materi Fisika SMP Kelas 8 – Pada awal abad ke-19, Dalton mengungkapkan bahwa partikel terkecil dari materi adalah atom. Pada…

Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Gerak Lurus Beraturan (GLB) – Gerak lurus beraturan adalah gerak dengan lintasan lurus dan kecepatannya selalu tetap. Kecepatan (v) adalah besaran vektor…

Gerak dan Gaya

Gerak dan Gaya – Suatu benda dikatakan bergerak jika benda tersebut berubah kedudukannya setiap saat terhadap titik acuan (titik asalnya). Sebuah benda…

Notasi Ilmiah

Notasi Ilmiah – Untuk mempermudah penulisan bilangan-bilangan yang besar dan kecil digunakan Notasi Ilmiah atau Cara Baku. Bilangan yang besar misalnya kecepatan…

RECENT POSTS

Pengertian Perusahaan Jasa

Pengertian Perusahaan Jasa dan Karakteristik Perusahaan Jasa

Pengertian Pasar Keuangan

Pengertian Pasar Keuangan dan Macam-macam Pasar Keuangan

25-soal-kegiatan-ekonomi-produsen-dan-konsumen

25 Soal Kegiatan Ekonomi Produsen dan Konsumen

25 Soal Ekonomi Permintaan, Penawaran, Harga Keseimbangan dan Pasar

25 Soal Ekonomi Permintaan, Penawaran, Harga Keseimbangan dan Pasar

ARTIKEL POPULAR

jika cinta pasti balik lagi

gangguan sistem pencernaan

gerakan epirogenesa positif ditandai dengan adanya

Berikut ini macam-macam besaran kecuali

sebutkan zat zat yg termasuk kedalam campuran

contoh artikel kesehatan

brigadir jenderal yang dilantik menjadi panglima mandala 13 januari 1962

contoh-contoh artikel yang menarik

artikel tentang interaksi sebagai proses sosial

fisika kls9 smstr 1

ARTIKEL PILIHAN

pengertian tarekat

cara puasa senin kamis

hakekat ham

unsur unsur pendidikan

doa taubat zina

ramalan cancer hari ini untuk pria

contoh jurnal kesehatan

pengertian gadget

cara mengirim surat lewat pos

pdf materi fisika kelas 10 semester 2 kurikulum 2013

ARTIKEL TERKINI

apa yang dimaksud dengan proklamasi kemerdekaan

cara mengirim surat lewat pos

Dalam melaksanakan fungsi mediasi komnas HAM berwenang untuk melakukan hal berikut kecuali

beladiri terbaik di indonesia

sebutkan 3 macam jaringan komputer berdasarkan jarak dan area

kunci gitar dan lirik lagu islami

peranan akal dalam melahirkan manusia bertamadun

artikel pendidikan indonesia

kunci dasar setia band

sistem pendidikan dan kondisi perguruan tinggi

 

 

DMCA.com Protection Status  Top blogs blog search engine Academics Blogs

InfoIslamKataKesehatanKulinerPendidikanLife styleMotivasiOpiniTeknologiTutorialUmumWisataZodiak

Copyright © 2016 Artikel Indonesia . Design by WordPress

 

 

 

Fisika Dasar

Blog ini merupakan proyek mahasiswa untuk memenuhi tugas Fisika Dasar dengan Dosen Pembimbing Bapak Apit Fathurohman, S.Pd. M.Si.

 

Fisika Asyik

Senin, 24 November 2014

MACAM-MACAM ALAT UKUR

ALAT UKUR PANJANG

 

  1. PENGGARIS

 

 

Penggaris adalah macam alat ukur pangjang yang paling populer. Ada banyak jenis penggaris seperti penggaris siku, penggaris biasa, penggaris untuk tukang, dsb. Skala penggaris biasanya dalam cm (ketelitian 1mm) atau inchi tapi tidak menutup kemungkinan dengan satuan yang lain tergantung penggunaanya.

 

 

 

  1. JANGKA SORONG

 

Jangka sorong merupakan salah satu alat ukur dari besaran pokok panjang. Bentuknya mirip dengan kunci inggris yang rahangnya bisa digeser Alat ukur ini memiliki ketelitian hingga 0,1 mm. Buat sobat hitung yang masih di kelas x sma sewaktu belajar fisika pasti akan melakukan praktek pengukuran dengan jangka sorong.Berikut ini sedikit panduan mengenai cara menggunakan jangka sorong dan bagaimana membacanya.

 

Bagian-bagian nama nama alat ukur Jangka Sorong

 

Jangka sorong terdiri dari rahang tetap dan ragang geser. Rahang tetap dan geser ada yang di atas dan di bawah. Dalam jangka sorong terdapat 2 skala. Skala utama pada rahang tetap dan skala nonius (renvier*) di rahang gesernya.Skala utama memiliki skala dalamm satuan cm dan mm sedangkan skala pada nonius memiliki panjang 9 mm yang dibagi menjadi 10 skala.Sobat hitung pahami betul bagian-bagian ini karena akan memudahkan sobat tahu nama nama alat ukur bagaimana cara menggunakan jangka sorong nantinya. Fungsi Jangka Sorong Jangka sorong berfungsi mengukur panjang suatu benda dengan ketelitian sampai 0,1 mm. (rahang tetap dan rahang geser bawah) Rahang tetap dan rahang geser atas bisa digunakan untuk mengukur diameter benda yang cukup kecil seperti cincin, pipa, dll.

Tangkai ukur di bagian bawah berfungsi untuk mengukur kedalaman seperti kedalaman tabung, lubang kecil, atau perbedaan tinggi yang kecil.

Cara Menggunakan Jangka Sorong

berikut ini cara menggunakan jangka sorong dalam beberapa langkah.

1.Awal persiapan, kendurkan baut pengunci dan geser rahang geser, pastikan rahang geser bekerja dengan baik. Sobat hitung jangan lupa untuk cek ketika rahang tertutup harus menunjukkan angka nol. Jika tidak menunjukkan angka nol sobat bisa mensettingnya.

  1. Langkah/ cara menggunakan jangka sorong selanjutnya adalah membersihkan permukaan benda dan permukaan rahang agar tidak ada benda yang menempel yang bisa sebabkan kesalahan pengukuran.
  2. Tutup rahang hingga mengapit benda yang diukur. Pastikan posisi benda sesuai dengan pengukuran yang ingin diambil. Lalu tinggal membaca skalanya.

Cara Menggunakan Jangka Sorong untuk mengukur diameter

Mengukur diameter sama seperti pengukuran sebelumnya, bedanya kalau tadi menggunakan rahang bagian bawah, untuk pengukuran diameter menggunakan rahang atas. Cara Menggunakannya, rapatkan rahang atas lalau tempatkan benda (cincin) yang akan diukur diameternya. Tarik rahang geser hingga kedua rahang menempek dan menekan bagian dalam benda. Patikan bahwa dinding bagian dalam benda tegak lurus dengan skala dalam artian benda jangan sampai miring.

Cara Menggunakan Jangka Sorong untuk Mengukur Kedalaman

Cara menggunakan jangka sorong untuk kedaaman prinsipnya sama dengan mengukur panjang benda dan diameter. Sobat hitung cukup menempatkan benda yang akan diukur kedalamannya pada tangkai ukur. Tarik rahang geser hingga menyentuk permukaan dalam (dasar lubang).Usahakan benda yang diukur kedalamannya dalam keadaan statis (tidak Bergeser)

Setelah kita tahu bagaimana cara menggunakan jangka sorong, sekarang bagaimana cara membaca jangka sorong (pengukurannya)? Berikut

Cara Membaca Jangka Sorong

Lihat skala utama, sobat lihat nilai yang terukur yang lurus dengan angka nol di skala nonius. Bisa menunjukkan posisi berhimpit dengan garis pada skala utama bisa juga tidak. Jika tidak ambil nilai skala utama yang terdekat di kirinya. Pada tahap ini sobat hitung baru mendapatkan ketelitian sampai 1 mm

Lihat Skala nonius, carilah angka pada skala nonius yang berhimpit dengan garis di skala utama. Pengukuran ini punya ketelitian hingga 0,1 mm

Jumlahkan

  1. MIKROMETER SEKRUP

 

Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup adalah sebuah alat ukur besaran panjang yang cukup presisi. Mikrometer mempunyai tingkat ketelitian hinggan 0,01 mm. Penggunaan mikrometer sekrup biasanya untuk mengukur diameter benda melingkar yang kecil seperti kawat atau kabel.

Bagian-Bagian dari Micrometer Sekrup

Secara standard bagian-bagian mikrometer sekrup terdiri dari bagian-bagian sebagai berikut.

 

 

 

 

  1. Poros Tetap yaitu poros di ujung yang tidak bergerak
  2. Poros Geser, poros yang bisa dierakkann ke depang dan kebelakang
  3. Skala utama (salam satuan mm)
  4. Skala Nonius atau Skala Putar
  5. Pemutar, menggerakkan poros geser
  6. Pengunci
  7. Rachet, sama seperti poros geser tapi lebih kecil
  8. Frame berbentuk U

Fungsi dari Mikrometer Sekrup

Mikrometer berfungsi untuk mengukur panjang/ketebalan/diameter dari benda-benda yang cukup kecil seperti lempeng baja, aluminium, diameter kabel, kawat, lebar kertas, dan masih banyak lagi. Penggunaan mikrometer sekrup sangat luas, intinya adalah mengukur besaran panjang dengan lebih presisi.

Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup

Menggunakan mikrometer sekrup tidak sulit. Berikut 5 langkah menggunakan alat ukur mikrometer sekrup

Pastikan pengunci dalam keadaan terbuka.

Lakukan pengecekan ketika apakah poros tetap dan poros geser bertemu skala dan skala nonius utama menunjukkan angka nol.

Buka rahang dengan menggerakkan pemutar ke arah kiri sampai benda dapat masuk ke dalam rahang.

Letakkan benda dintara poros tetap dan poros geser lalu tutup kembali rahang hingga tepat menjepit benda.

Putarlah Pengunci agar pemutar tidak bisa bergerak lagi. Dengarkan bunyi “klik” yang muncul.

Skala Mikrometer Sekrup

 

skala utama dan skala geser

Skala utama

skala mikrometer sekrup ini tiap satuannya sama dengan 1 mm, ditengah-tengah angka skala tersebut ada angka tengahnya.

angka skala atas

1,2,3,4, dst

angka skala bawah

0.5, 1.5, 2.5, dst

Skala Nonius/ Skala Putar

di skala putar terdapat angka 1 sampai 5 (kelipatan 5). Tiap skala ini berputar mundur 1 kali maka skala utama bertambah 0,5 mm. Sehingga 1 skala putar = 0,5/50 =0,01 mm

Cara Membaca Mikrometer Sekrup

  1. Lihat pada skala utama, lihat skala yang tepat ditunjuk atau tepa di sebelah kiri skala putar. Angka tersebut dalam mm
  2. Lihat angka pada skala putar yang segaris dengan garis melintang di skala utama. kalikan angka itu dengan 0,01
  3. Tambahkan angka yang sobat dapat di angka satu dan angka 2.
  4. METERAN

 

Pada prinsipnya sama dengan penggaris namun bentuknya berupa pita panjang yang bisa digulung. Biasanya digunakan oleh tukang kayu atau tukang batu dan untuk mengukur tinggi badan.

ALAT UKUR MASSA

  1. NERACA

 

Neraca sama lengan biasa digunakan untuk menimbang emas. Neraca ini mempunyai dua piringan. Satu piringan sebagai tempat beban dan satu piringan lagi sebagai tempat anak timbangan. Dalam keadaan seimbang berat beban sama dengan berat anak timbangan.

 

 

 

  1. NERACA ELEKTRONIK

 

Neraca digital (neraca elektronik) di dalam penggunaanya sangat praktis, karena besar massa benda yang diukur langsung ditunjuk dan terbaca pada layarnya. Ketelitian neraca digital ini sampai dengan 0,001 gram.

 

  1. NERACA PEGAS

 

 

 

 

Neraca pegas sering disebut dinamometer berfungsi untuk mengukur massa dan atau berat benda. Neraca ini mempunyai dua skala, yaitu skala N (newton) untuk mengukur berat benda dan skala g (gram) untuk mengukur massa benda.

 

Sebelum menggunakan neraca pegas kalian harus menentukan posisi angka 0 terlebih dahulu dengan memutar sekrup yang ada di atasnya, baru kemudian menggantungkan benda pada pengait.

 

 

  1. NERACA O HAUSS

 

Neraca O Hauss terdiri dari tiga lengan, sehingga sering disebut juga neraca tiga lengan. Neraca ini mempunyai tiga buah lengan, yaitu lengan pertama yang berskala ratusan gram, lengan kedua yang berskala puluhan gram, dan lengan ketiga yang berskala satuan gram. Neraca ini mempunyai ketelitian sampai dengan 0,1 gram.

  1. TIMBANGAN GANTUNG

 

Banyak di jumpai di pasar-pasar, kapasitas ukur maksimal 100 s.d. 150 kilogram. Cara menimbangnya yaitu dengan membungkus benda dalam wadah karung (bisa yang lain) kemudian di kaitkan dengan pengait yang ada di timbangan gantung.

  1. TIMBANGAN KAMAR MANDI

 

Timbangan kamar madi adalah sebutan timbangan badan yang sering kita pakai dengan berdiri di atasnya. Biasanya maksimal timbangan ini adalah 150-180 kilogram.

ALAT UKUR WAKTU

  1. ARLOJI

 

Jam tangan (Arloji) adalah penunjuk waktu yang dipakai di pergelangan tangan manusia. Jam tangan elektrik pertama kali diperkenalkan pada tahun 1957 di Lancaster, pennylvania, Amerika Serikat oleh The Hamilton Watch Co of Lancaster. Penelitian untuk menghasilkan arloji elektrik (digital) tersebut telah di mulai sejak tahun 1946.

Namun pada tahun 1969, Hamilton Electric Obsolete menghentikan produksi arloji elektrik tersebut karena telah menemukan teknologi yang lebih canggih sesuai dengan kemajuan zaman. Setelah itu, munculah beberapa merek jam tangan yang masih ada hingga kini.

 

  1. STOPWATCH

 

Stopwatch memiliki ketelitian 0,1 detik, karena setiap 1 skala pada stopwatch di bagi menjadi 10 bagian. Alat ini biasanya di gunakan untuk mengukur waktu dalam olahraga atau dalam penelitian-penelitian.

Jam sukat atau jam randek (stopwatch) adalah alat yang digunakan untuk mengukur lamanya waktu yang diperlukan nama nama alat ukur dalam kegiatan, misalnya: berapa lama sebuah mobil dapat mencapai jarak 60 km, atau berapa waktu yang dibutuhkan seorang pelari yang dapat mencapai jarak 100 meter.

Jam sukat (stopwatch) ada dua macam yaitu jam sukat analog dan jam sukat digital/bergana.jam sukat analog memiliki batas ketelitian 0,1sekonsedangkan jam sukat digital memiliki batas ketelitian hingga 0,01.

Cara menggunakan jam sukat dengan memulai menekan tombol di atas dan berhenti sehingga suatu waktu detik ditampilkan sebagai waktu yang berlalu. Kemudian dengan menekan tombol yang kedua pengguna dapat menyetel ulang jam sukat kembali ke nol. Tombol yang kedua juga digunakan sebagai perekam waktu.

 

Diposkan oleh Diana Ellyza di 04.28

Kirimkan Ini lewat Email

BlogThis!

Berbagi ke Twitter

Berbagi ke Facebook

Bagikan ke Pinterest

 

5 komentar:

 

Nendi Sofiandy14 November 2015 00.32

terimakasih untuk artikelnya sangat mebatu seklali saya sedang mencari informasi mengenai alat ukur serta kegunaanya

 

Balas

 

Rizal Agus Salim25 Februari 2016 00.38

Izin copy, biar varokah.

 

Balas

 

Dini Atrasina5 September 2016 06.20

sangat bermaanfaat 🙂 terima kasih banyak

 

Balas

 

sandy donk20 September 2016 02.51

Bermanfaat

 

Balas

 

sandy donk20 September 2016 03.20

Bermanfaat

 

Balas

 

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Langganan: Poskan Komentar (Atom)

Assalamualaikum

Assalamualaikum

Arsip Blog

▼  2014 (17)

▼  November (17)

HUBUNGAN ILMU FISIKA – BIOLOGI

FISIKA DALAM BIDANG KESEHATAN

FLUIDA DINAMIK

FLUIDA STATIS

ALAT-ALAT OPTIK

MOMENTUM DAN IMPULS

KESETIMBANGAN DINAMIKA ROTASI

ILMUWAN MUSLIM DALAM BIDANG FISIKA

FAKTA MENARIK TENTANG FISIKA

KUMPULAN MAIN MAP FISIKA

MACAM-MACAM ALAT UKUR

SOAL DAN PEMBAHASAN TENTANG HUKUM NEWTON

USAHA DAN ENERGI

HUKUM NEWTON

SOAL DAN PEMBAHASAN TENTANG GERAK LURUS

APLIKASI GLB DAN GLBB DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

GERAK LURUS

Profil Saya

Nama : Diana Ellyza Ema Fitri

NIM : 06091281419042

Prodi : Pendidikan Biologi FKIP UNSRI 2014

 

Mengenai Saya

Foto saya

Diana Ellyza

 

Lihat profil lengkapku

Jumlah Pengunjung

34941

Wassalamualaikum

Wassalamualaikum

Template PT Keren Sekali. Gambar template oleh luoman. Diberdayakan oleh Blogger. nama nama alat ukur

 

 

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.