menurunkan berat badan

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Sejak berat badan saya turun menurunkan berat badan lumayan banyak dan berhasil mempertahankannya terus

 

banyak teman, peserta training dan keluarga yang bertanya, bagaimana caranya, ikut program diet apa?

 

Nah karena bolak balik ditanya hal yang sama dan tidak ada jawaban singkat yang bisa diberikan, saya putuskan untuk menulis pengalaman saya tentang: bagaimana saya bisa menurunkan berat badan hingga 18 kg dari awal mulai, tanpa sengsara, tanpa obat dan tetap makan enak serta bertahan hingga sekarang.

 

Anda mau cara diet seperti itu? 🙂 Mau lah ya…

 

Saya berharap pengalaman pribadi saya ini bisa menginspirasi dan membantu Anda yang over weight untuk bisa menurunkan berat badan dengan cara yang lebih masuk akal dan menyenangkan. Lebih langsing, lebih sehat tapi tetap bisa enjoy food 🙂 Siapa yang gak mau he..he..

 

Saya menuliskan pengalaman saya ini dalam 3 seri artikel karena memang cukup panjang cerita pengalamannya. Tetapi sebelum mulai, tolong baca apa yang tertulis di box berwarna berikut ini.

 

DISCLAIMER

Saya bukan dokter gizi atau ahli kesehatan. Saya mempelajari metode menurunkan berat badan menurunkan berat badan yang saya lakukan dari beberapa sumber buku yang ditulis oleh orang-orang yang sangat kredibel (nanti saya berikan beberapa sumber referensinya).

 

Saya praktekkan dan memberikan hasil buat saya. Jadi silakan pelajari dan bila cocok dan masuk akal bagi Anda, silakan dipraktekkan. Anda sepenuhnya bertanggung-jawab atas diri Anda sendiri.

 

Saya tidak bertanggung-jawab atas gangguan atau permasalahan kesehatan yang Anda alami saat melakukan apa yang saya jelaskan di artikel-artikel ini.

 

Asal Mula Kelebihan Berat Badan

Sejak kecil (SD) hingga berkeluarga dan punya anak, kelebihan berat badan adalah salah satu problem klasik yang saya miliki. Sampai-sampai saya percaya bahwa saya ini memang bawaan gemuk, jadi percuma untuk berupaya jadi lebih kurus/langsing.

 

Banyak problem kesehatan, perasaan minder, malu, tidak percaya diri dan masih banyak lagi yang disebabkan oleh problem over-weight yang saya alami ini, terutama saat masa kecil hingga remaja.

 

Sejak kecil saya sering di-bully teman-teman (bahkan oleh guru olahraga saya) karena gendut dan tidak bisa lari.Saya sering jadi target yang dikejar saat olahraga pasti, karena pasti kena, lah badannya lebar he..he..

 

Saya sering diejek, dijadikan bahan tertawaan, sampai ada nyanyian ejekan khusus untuk saya dan perlakuan negatif lain sebagainya.

 

Sebab utama saya over weight atau kelebihan berat badan adalah karena saya suka makan enak. Makan adalah sesuatu yang menyenangkan buat saya, seperti semacam hobi atau hiburan he..he..

 

Kayaknya gak ada orang gemuk yang tidak suka makan enak 🙂

 

Saya ada beberapa teman dan rekan kerja yang gak suka makan atau tidak menikmati makan dan bahkan merasa makan itu terpaksa dilakukan. Terus terang saya gak bisa mengerti alasan kenapa  merasa makan itu sesuatu yang ‘terpaksa’ dilakukan. Susah bagi saya untuk membayangkannya 🙂

 

Hobi makan ini sudah terjadi sejak saya masih SD, makan bisa 4x sehari. Makanan favorit saat itu adalah makan nasi goreng (sebetulnya tetap makanan favorit hingga sekarang). Kalau bisa tiap hari, ya makan itu tiap hari 🙂 Nyam..Nyam..

 

nasi goreng

 

Orangtua saya susah mencegah hal ini karena rengekan saya sehingga akhirnya menurunkan berat badan sampai dibuat perjanjian bahwa hanya tiap Rabu dan Sabtu malam saja boleh beli dan makan nasi goreng he..he..

 

Kebiasaan makan dalam porsi yang cukup banyak ini berlangsung hingga dewasa. Saya sering kuliner bersama teman atau keluarga dan kalau makan jadi sering berlebihan.

 

Ya kebiasaan seperti ini tentu saja memberikan konsekuensi. Makanya sejak kecil hingga dewasa bahkan berkeluarga, saya selalu over-weight. Cuma ada 2 masa dimana saya pernah ‘agak langsing’ tapi tetap  over weight ya 🙂

 

Yang pertama adalah saat baru pindah ke Surabaya untuk sekolah SMA. Kalau tidak salah dalam 1 tahun pertama, saya turun 10 kg, waktu itu saya gak sadar apa penyebabnya karena memang gak ada niat sebenarnya untuk turun berat badan. Keluarga waktu itu sampai bingung, apakah saya kena penyakit tertentu atau tidak, sampai suruh cek ke dokter.

 

Ternyata penyebabnya sederhana saja. Saat masuk SMA itu saya tinggal di rumah paman saya yang berada di dalam sebuah perumahan yang tidak ada penjual makanan keliling.

 

Sebagai orang yang baru di Surabaya, sehingga tidak tahu jalan dan waktu itu juga sepeda motor sharing antara saya dan kakak perempuan saya. Otomatis akses saya untuk beli makanan jadi terbatas sehingga tanpa disadari porsi makan saya jadi drastis menurun, ya berat badan jadi turun he..he.. sering kelaparan soalnya.

 

Tapi hal ini tidak berlangsung lama, setelah saya mengenal cukup baik Surabaya dan punya sepeda motor sendiri sehingga bisa berburu makanan kembali, ya kembali deh naik berat badannya he..he..

 

Nah masa kedua yang saya ingat berat badan saya ‘agak’ normal adalah saat masa-masa akan menikah. Ya mungkin penyebabnya karena mungkin ingin foto nikahnya tampak bagus, tidak jadi seperti angka 10 (bentuk istri saya 1 dan saya 0) ha..ha..

 

Ya tapi tentu saja hal ini tidak bertahan lama karena motivasinya sudah tercapai, sehingga setelah menikah, dengan kondisi istri pintar masak dan juga suka makan enak, wah langsung deh grafik berat badan langsung naik tajam seperti bursa saham yang lagi bullish/naik.

 

Apalagi setelah punya anak, wah sampai gak berani nimbang berat badan, takut menghadapi kenyataan he..he..

 

Seingat saya dan istri saya juga bilang seperti itu, saat menikah, berat badan saya sekitar 72-73 kg (tinggi saya 178 cm) ya jadi lumayan ok.

 

Titik tertinggi berat badan saya yang saya ketahui setelah beberapa tahun menikah dan punya anak adalah 95 kg, jadi naiknya sekitar 23 kg!! Edan!! Oh My God (OMG)….

 

omg-body-weight

 

Celana banyak gak muat, baju juga kesempitan, dulu bisa pakai dasi dengan enak, sekarang gak bisa karena tercekik. Kadang beli baju/celana yang tampak bagus, eh size terbesarnya gak muat. Capek deh…. 🙁

 

Semua teman, keluarga, siapapun yang pernah saya kenal kalau ketemu selalu bilang “Wah tambah gemuk ya Sukarto!”

 

Orang gendut mana yang tidak sebel dibilangin begitu??? Pikir saya, kalau sudah jelas terlihat ya ngapain diingatin lagi…. huh 🙁

 

Apakah semua hal ini tidak membuat saya jadi termotivasi untuk menurunkan berat badan menurunkan berat badan?

 

Tentu saja saya punya semangat tinggi untuk menurunkan berat badan saya. Dalam hati saya bilang “Akan saya tunjukkan!!”

 

Perjuangan Menurunkan Berat Badan Dimulai

Setiap orang sepertinya punya opini tentang bagaimana cara menurunkan berat badan. Saking banyaknya opini, jadi malah  bingung. Saya mulai mencoba melakukan yang paling sering saya dengar (kecuali minum obat pelangsing, saya anti banget dengan pendekatan itu) yaitu:

 

Mengurangi porsi nasi (sengsara juga awalnya karena saya biasa makan nasi banyak, karena kalau gak gitu, merasa gak kenyang).

Coba gak makan malam, tapi karena merasa kelaparan dan sengsara, gak bertahan.

Membatasi makan daging (kolestrol tinggi), jadi lebih sering nasi, sayur dan lauk-pauk bukan daging. Padahal saya sebenarnya suka makan daging. Hampir setiap hari jadinya makan nasi pecel, tempe, gado-gado, nasi sop dan sejenisnya.

Olahraga lari, tapi karena gak biasa olahraga sejak kecil, kaki sakit dan napas sesak, ya akhirnya hanya dilakukan beberapa kali saja.

Minum juice atau makan buah saja di pagi hari. Wah tapi jam 10 sudah kelaparan hebat sampai gemetar, jadinya gak tahan juga.

Membatasi kalori yang dikonsumsi, jadi menghitung jumlah kalori yang saya makan, tapi karena cukup sulit menghitung kalori ini akhirnya juga malas saya lakukan setelah beberapa saat.

Dan masih banyak upaya lainnya.

Setelah melakukan semua itu, paling hebat saya turun sekitar 3 kg, tetapi sebentar saja, malah habis gitu naik lagi, lebih tinggi lagi, benar-benar bikin frustasi!

 

Pada intinya, saya sangat ingin menurunkan berat badan, saya tahu saya harus menurunkan berat badan, ini penting bagi kesehatan (hasil check-up saya jelek) dan saya sudah berupaya, tapi kok susah banget ya….

 

Saya juga sempat membaca buku-buku tentang diet tapi setelah membaca beberapa cara diet, kok saya merasa ruwet sekali ya dan terutama jadi sengsara banget, makan serba dibatasi.

 

Dan terus terang saya gak suka cara diet yang sengsara. Sayangnya sepertinya banyak program menurunkan berat badan yang caranya memang sengsara, harus menahan rasa lapar, olahraga keras dan lain sebagainya.

 

Kalau mau langsing, sepertinya boro-boro makan enak, makan yang kita sukai saja sudah tidak boleh. Pokoknya kita harus lupakan semua makanan kalau dah mau diet.

 

menu-diet-beras-merahSaya tahu banyak orang berhasil berdiet dengan menurunkan berat badan hanya makan nasi coklat eh beras merah maksudnya, dikasi potongan ayam rebus putih dan sayur-sayur yang juga direbus tanpa rasa.

 

Aduh sengsara banget rasanya…. Saya gak bisa membayangkan makan makanan seperti itu 🙁

 

Trus abis gitu malam juga gak makan? Wah gimana gak kelaparan tuh…

 

Ya pokoknya saya sudah hampir menyerah soal keinginan menurunkan berat badan. Saya pikir whatever lah…

 

Kalau ada cara menurunkan berat badan dengan tetap makan enak, tanpa sengsara menahan rasa lapar dan olahraga santai, saya mau itu he..he..

 

Siapa yang gak mau ya kalau begitu? Tapi masak ada?? Pertanyaannya kan begitu.

 

Secercah Harapan Muncul

Eh ternyata gak disangka-sangka, tidak sengaja, di salah satu buku yang saya baca, saya membaca sesuatu yang tidak saya ketahui sebelumnya. Sebuah cara yang memberikan harapan untuk bisa menurunkan berat badan dengan tetap makan enak dan tanpa sengsara (ini bukan OCD ya…).

 

Sepertinya gak masuk akal banget. Tapi semakin dibaca, semakin masuk akal. Lalu saya membaca lagi sumber buku lain yang disebutkan, saya baca juga dan setelah beberapa buku saya baca, saya jadi yakin dengan metode ini.

 

Saya jadi ingin mencoba dan membuktikannya dan ternyata memang akhirnya saya berhasil membuktikannya, memang ada cara untuk menurunkan berat badan yang sehat, tanpa sengsara, tanpa obat dan tetap makan enak.

 

Dalam 192 hari (sekitar 6,5 bulan) pertama saya memulai metode ini, saya berhasil turun 11.8 Kg. Jadi gradual atau perlahan jadi lebih stabil.

 

Titik terendah saya berhasil menurunkan hingga 19 kg dari titik paling tinggi berat badan saya (95 kg). Tapi sekarang stabil (bertahan lebih dari 1,5 tahun hingga sekarang) di 77 kg – 78 kg atau turun 17-18 kg dari titik paling tinggi berat badan saya. YES!!

 

Tidak spektakuler tentu saja jumlah penurunan berat badan yang saya capai, dibanding orang lain yang bisa 25-30 kg bahkan lebih. Tapi bagi saya sudah senang banget karena saya berhasil  dengan cara yang saya mau yaitu tetap makan enak, tanpa obat, tanpa sengsara menahan rasa lapar dan olahraga santai he..he.  🙂

 

Ini pencapaian LUAR BIASA bagi saya yang sudah bertahun-tahun mencoba turun berat badan tapi gak pernah berhasil.

 

Bagaimana caranya? Itulah yang saya share di seri ke 2 dari artikel ini yaitu “Turun 12 kg dalam 192 Hari dengan LCD“.

 

Oh ya, boleh dong ceritakan di komentar di bawah ini, apakah Anda juga pernah mencoba menurunkan berat badan? Apa saja yang pernah Anda lakukan selama ini? Berhasil atau tidak? Thanks sebelumnya 🙂

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


 

Salam Sukses dan Bahagia,

 

Sukarto Sudjono

 

Saat artikel ini Anda rasa bermanfaat, silakan share melalui tombol menurunkan berat badan Social Media yang disediakan agar lebih banyak orang mendapat manfaatnya.

 

Anda juga bisa meninggalkan komentar atau pertanyaan di bawah ini. Saya berusaha membaca komentar dan menjawab setiap pertanyaan yang masuk.

 

308

Shares

Related Posts

 

Lebih Jauh tentang LCD (Low Carb Diet) dan Tips Sukses (Part 3)

Turun 12 kg dalam 192 Hari dengan LCD – Tanpa Obat, Tanpa Sengsara dan Tetap Makan Enak (Part 2)

Pola Pikir Seperti Ini yang Buat Anda Jadi Kaya, Tetap Kaya dan Lebih Bahagia

 

Sukarto Sudjono

 

I’m an Online Business Coach, Trainer and Blogger. I help people start and build an online business that match their passion and talent. By doing that, I fulfill my life’s purpose: To Inspire and Guide People to Have a Successful, Meaningful and Happy Life. I write, share and publish my works thru these websites : BelajarBisnisInternet.com and Sukarto.com.

 

 

←Previous post  Next post→

WELCOME TO SUKARTO.COM

 

 

Hi, saya Sukarto Sudjono. Saya seorang Online Business Coach, Trainer dan Blogger.

 

Saya membantu orang memulai dan membangun bisnis online yang sukses sesuai dengan passion, karakter dan talentanya di BelajarBisnisInternet.com.

 

Melalui Sukarto.com saya Menginspirasi dan Membimbing Orang agar Memiliki Kehidupan yang Sukses, Bermakna dan Bahagia.

 

Baca lebih detil tujuan website ini dan topik yang dibahas di halaman About.

 

 

What Are You looking For?

 

CONNECT WITH ME

 

 

 

RECENT POSTS

 

Lebih Jauh tentang LCD (Low Carb Diet) dan Tips Sukses (Part 3)

Turun 12 kg dalam 192 Hari dengan LCD – Tanpa Obat, Tanpa Sengsara dan Tetap Makan Enak (Part 2)

Bagaimana Saya Menurunkan Berat Badan 18 kg Tanpa Obat, Tanpa Sengsara dan Tetap Makan Enak? (Part 1)

Cara Baca Artikel dari Banyak Blog dengan Cepat dan Efisien (RSS Reader)

Apa itu Podcast? Penjelasan, Manfaat dan Cara Menggunakan

POPULAR POSTS

 

Bagaimana Saya Menurunkan Berat Badan 18 kg Tanpa Obat, Tanpa Sengsara dan Tetap Makan Enak? (Part 1)

Lebih Jauh tentang LCD (Low Carb Diet) dan Tips Sukses (Part 3)

7 Hal yang Saya Syukuri Saat Ultah ke 42

Memanfaatkan Waktu Tidak Produktif Anda (Macet, Menunggu dll)

Turun 12 kg dalam 192 Hari dengan LCD – Tanpa Obat, Tanpa Sengsara menurunkan berat badan dan Tetap Makan Enak (Part 2)

 

Mau Mulai Bisnis Online tapi Tidak Tahu Caranya?

 

Join BBI Club Gold Membership dan Pelajari VIDEO GRATIS tentang 7 Model Bisnis Online yang Cocok untuk Anda

 

JOIN BBI CLUB NOW

CATEGORIES

 

Event

Infografis

Inspiration

Meaningful Work

Mindset

Productivity

Quotes

Success Tips

Technology

Wellness

TAG CLOUD

 

abundance audible audio berat badan berkelimpahan bermurah hati bersyukur diet rendah karbohidrat feedly genereous grateful internet karir bermakna launching learning low carb diet low carbohydate diet milestone mindset movies podcast primal blueprint rss seminar sukses time boxing ulang tahun warren buffet weight loss

KOMENTAR TERBARU

 

Edo on Facing The Giants – Inspirasi dan Pelajaran Penting Dari Film Ini

I Ken on Film The Pursuit of Happyness dan Pelajaran Kehidupan

Sukarto Sudjono on Film The Pursuit of Happyness dan Pelajaran Kehidupan

I Ken on Film The Pursuit of Happyness dan Pelajaran Kehidupan

Kenya on Bagaimana Saya Menurunkan Berat Badan 18 kg Tanpa Obat, Tanpa Sengsara dan Tetap Makan Enak? (Part 1)

Sukarto Sudjono on Bagaimana Saya Menurunkan Berat Badan 18 kg Tanpa Obat, Tanpa Sengsara dan Tetap Makan Enak? (Part 1)

Aldino Satrio on Bagaimana Saya Menurunkan Berat Badan 18 kg Tanpa Obat, Tanpa Sengsara dan Tetap Makan Enak? (Part 1)

Ayuend on Bagaimana Saya Menurunkan Berat Badan 18 kg Tanpa Obat, Tanpa Sengsara dan Tetap Makan Enak? (Part 1)

Sukarto Sudjono on Bagaimana Saya Menurunkan Berat Badan 18 kg Tanpa Obat, Tanpa Sengsara dan Tetap Makan Enak? (Part 1)

Duma on Bagaimana Saya Menurunkan Berat Badan 18 kg Tanpa Obat, Tanpa Sengsara dan Tetap Makan Enak? (Part 1)

Recent Posts

 

Lebih Jauh tentang LCD (Low Carb Diet) dan Tips Sukses (Part 3)

Turun 12 kg dalam 192 Hari dengan LCD – Tanpa Obat, Tanpa Sengsara dan Tetap Makan Enak (Part 2)

Bagaimana Saya Menurunkan Berat Badan 18 kg Tanpa Obat, Tanpa menurunkan berat badan Sengsara dan Tetap Makan Enak? (Part 1)

Popular Posts

 

Bagaimana Saya Menurunkan Berat Badan 18 kg Tanpa Obat, Tanpa Sengsara dan Tetap Makan Enak? (Part 1)

Lebih Jauh tentang LCD (Low Carb Diet) dan Tips Sukses (Part 3)

7 Hal yang Saya Syukuri Saat Ultah ke 42

Connect With Me

 

 

 

 

Copyright (C) 2015 by Sukarto.com. Powered by Thrive Themes

 

 

 

                                                                

                                                                

TerapiOtak.com

Audio Hipnoterapi

                                                                  Home  Katalog                Tanya Jawab     Kumpulan Artikel            Cara Pemesanan                                                                 KUNJUNGI TAMPILAN BARU SITUS INI!              

 

 Form Pemesanan

 Konfirmasi Pembayaran

                                                                  Download Contoh Audio

                                                                  Hubungi Kami

                                                                  Profil Perusahaan

 

                                                                

                                                                

 

Nama Perusahaan

CV.KARYA ABADI

Alamat: Jl. Raya Jepara-Semarang Km 21, Sidigede 15/03, Welahan, Jepara, 59464, Semarang, Jawa Tengah

HUBUNGI KAMI

Jam Kerja: Hari Senin-Sabtu

Pukul 08:00-16:00 WIB

Diluar Jam Kerja Bisa SMS/Email

 

CUSTOMER SERVICE

(pemesanan & pengiriman)

 

CS I – Rina

Contact/SMS/WA

089 668 981 116

BB Messenger

7FA2E5F0

Yahoo Messenger

CS II – Muhib

Contact/SMS/WA

089 612 775 345

BB Messenger

74FD0E72

Yahoo Messenger

 

 

ARTIKEL

Kumpulan Artikel tentang Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Kumpulan Artikel tentang Menurunkan Berat Badan

Kumpulan Artikel tentang Menghilangkan Panik

Kumpulan Artikel tentang Mengatasi Depresi

Artikel Menghentikan Kebiasaan Merokok

Artikel Menghilangkan Kebiasaan Buruk

Artikel Menghilangkan Emosi Negatif-Kemarahan, Frustrasi, Bersalah, Cemburu, Dendam, Merasa tidak Mampu, Gagal, Bersalah

Artikel Menghilangkan Stres

Artikel Memaafkan dan Menghilangkan Sakit Hati

Artikel Menghilangkan & Menyembuhkan Rasa Sakit & Tidak Nyaman

Artikel Hipnoterapi

 

“Sayang Fredy, sekarang umur saya 41 tahun dan telh mulai mengenal rokok sejak saya umur 15 tahun. Sebelum saya mengenal produk ini, saya rata-rata merokok 1 bungkus sehari. Setelah saya memakai produk ini sekitar 3 minggu, saya benar-benar tidak merokok bahkan tidak pernah menurunkan berat badan menyentuh rokok lagi. Saya sekarang telah 3 bulan benar-benar bebas rokok, sungguh hebat! Saya telah mengetes diri saya untuk berkumpul sama teman2 perokok bahkan ke pesta, dan disitu saya tidak ada keinginan merokok sama sekali, saya tidak tergoda untuk merokok sama sekali”. (CD Stop Smoking, Fredy Ardiansyah, Balikpapan).

 

Testimoni Lainnya Klik di Sini!

PRODUK AUDIO HIPNOTERAPI

Meningkatkan Rasa Percaya Diri (SC)

Weight Loss – Menurunkan Berat Badan(WL)

Stop Panic Attacks – Menghilangkan Panik (SA)

A New Day – Mengatasi Depresi (ND)

Stop Smoking – Menghentikan Kebiasaan Merokok (SS)

Generic Habit Control – Menghilangkan Kebiasaan Buruk (HC)

Menunda-nunda tugas dan pekerjaan, garuk-garuk kepala, dan semua kebiasaan yang Anda anggap buruk.

Menghilangkan Emosi Negatif – Kemarahan, Frustrasi, Bersalah, Cemburu, Dendam, Merasa tidak Mampu, Gagal, Bersalah (RN)

Relieve Stress – Menghilangkan Stres (MS)

Memaafkan dan Menghilangkan Sakit Hati (SH)

Menghilangkan & Menyembuhkan Rasa Sakit & Tidak Nyaman (MN)

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.