menu untuk diet sehat

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Contekan Menu Diet menu untuk diet sehat Sehat Untuk Santap Pagi, Siang Dan Malam Hari

  

Menu diet sehat merupakan daftar makanan bergizi seimbang dengan kadar yang disesuaikan oleh kebutuhan tubuh tiap harinya. Menu ini tidak hanya diperuntukkan untuk kalangan yang ingin menguruskan badan saja, melainkan untuk semua orang yang ingin hidup sehat.

 

Tiap harinya, tubuh perlu diberi asupan yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, berbagai vitamin dan mineral, serta air untuk menunjang kinerjanya.

 

contekan menu diet sehat untuk santap pagi siang dan malam hari – alodokter

 

Mengapa zat tersebut begitu penting untuk tubuh? Ini penjelasannya:

 

Karbohidrat. Sumber energi utama tubuh berasal dari karbohidrat. Otak juga dapat bekerja maksimal jika mendapat asupan ini secara cukup. Contoh karbohidrat yang baik yaitu makanan yang terbuat dari susu, biji biji-bijian utuh, sayuran, buah, dan kacang-kacangan. Karbohidrat yang harus Anda batasi menu untuk diet sehat pengonsumsiannya antara lain nasi putih, minuman buah kemasan, minuman bersoda, keripik kentang, permen, dan kue-kue yang manis.

Protein. Zat ini merupakan sumber energi bagi tubuh. Asupan protein yang cukup sangat penting untuk pertumbuhan tubuh, membantu menjaga kesehatan tubuh, serta membantu tubuh menyembuhkan dirinya sendiri. Protein dapat ditemui pada telur, ikan, daging, kedelai, daging unggas, keju, dan kacang-kacangan.

Lemak. Anda mungkin menghindar jika ada makanan yang mengandung lemak. Namun, makanan berlemak tidak melulu harus dihindari. Tubuh juga butuh asupan lemak untuk menjaga struktur sel dan membantu membran sel berfungsi dengan baik, menjaga sistem imun, dan membantu tubuh menyerap vitamin. Meski begitu, Anda harus tahu batasan dalam mengonsumsi makanan berlemak agar tidak berdampak butuk bagi tubuh seperti kenaikan berat badan, risiko terkena penyakit menu untuk diet sehat jantung, dan masalah kesehatan lainnya. Pilih makanan berlemak yang baik seperti ikan, daging unggas tanpa lemak, minyak dari sayuran (minyak zaitun). Batasi makanan berlemak seperti piza, burger, sosis, dan makanan cepat saji.

Vitamin dan mineral. Kedua zat ini dapat membantu organ-organ tubuh dalam menjalankan fungsinya. Vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh antara lain vitamin A, B, C, D, E, dan K. Sementara mineral yang dibutuhkan tubuh seperti kalsium, zat besi, kalium, zinc, dan selenium.

Air. Cairan ini memang tidak memiliki nutrisi, namun air bisa menghidrasi tubuh. Sekitar setengah dari komposisi tubuh Anda terdiri dari air. Selain dari air minum, Anda bisa mendapat cairan dari makanan seperti buah dan sayuran.

Semua kandungan di atas bisa Anda dapatkan dalam menu diet sehat.

Selain memperhatikan nilai gizinya, makanan yang harus ada di menu diet sehat juga harus disesuaikan dengan kebutuhan kalori harian Anda. Tiap individu memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda. Namun rata-rata orang dewasa membutuhkan 2000 kalori tiap harinya. Konsultasikan pada ahli gizi agar Anda bisa mengetahui jumlah kalori yang sesuai dengan kondisi tubuh seperti usia, jenis kelamin, aktivitas fisik harian, metabolisme, tinggi dan berat badan, serta hormon.

 

Makan berdasarkan kebutuhan kalori sangatlah penting, khususnya untuk Anda yang ingin menguruskan atau menjaga berat badan. Kalori dapat membuat tubuh berenergi. Namun, pengonsumsian kalori yang melebihi dari yang tubuh butuhkan dapat membuatnya menumpuk di tubuh dan tersimpan sebagai lemak.

 

Berikut menu diet sehat 2000 kalori yang bisa Anda terapkan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Meski dinamakan menu diet sehat, lidah Anda masih bisa dimanjakan oleh variasi makanan ini.

 

Sarapan. Anda bisa mengisi perut Anda dengan mengonsumsi semangkuk sereal dengan taburan kismis dan susu bebas lemak. Setelah itu, satu buah pisang berukuran kecil dan satu lembar roti dari biji-bijian utuh dengan olesan margarin dan selai jelly bisa Anda santap.

 

Pilihan sarapan sehat lainnya yaitu oatmeal yang dicampur kismis dan dimasak dengan margarin. Untuk minumannya, Anda bisa menenggak jus jeruk (250 ml) dan susu tanpa lemak (120 ml).

 

Makan siang. Anda bisa membuat sandwich yang terdri dari roti dari biji-bijian utuh, ayam, selada, tumis jamur, dan saus mustard. Akhiri makan siang Anda dengan kentang rebus 200 gram.

 

Makan malam. Capcay tahu dengan sayuran dan paprika, semangkuk nasi merah dan satu cangkir es teh lemon sekitar 250 ml.

 

Variasi makan malam lainnya yang bisa Anda coba yaitu 140 gram salmon panggang ditaburi daun seledri, bawang, dan remah-remah roti. Sajikan dengan nasi, 125 gram brokoli kukus, dan kacang almond. Akhiri makan malam dengan susu tanpa lemak (250 ml).

 

Camilan. Contoh camilan yang bisa Anda konsumsi tiap hari terdiri dari 245 gram yogurt rendah lemak dicampur buah-buahan.

 

Mungkin ada saatnya Anda bosan dengan makanan sehat dan ingin mengonsumsi makanan dengan kadar lemak dan kalori tinggi seperti makanan cepat saji. Anda bisa mengonsumsinya pada hari tertentu, misalnya tiap hari minggu. Namun, keesokan harinya, Anda harus mengonsumsi makanan yang rendah kalori guna menghindari penumpukan kalori pada tubuh.

 

Menu Diet Sehat Dengan menu untuk diet sehat Mengontrol Jumlah Kalori

By Engz Efendi Categories : Tips Diet

 

 

Menu diet sehat sedang populer saat ini dan banyak dicari oleh setiap orang, baik pria maupun wanita. Yang sering salah kaprah di masyarakat yaitu tentang pengertian diet. Diet seringkali diartikan dengan sama sekali menghentikan konsumsi makanan. Hal ini merupakan pengertian yang keliru, menu untuk diet sehat dengan menghentikan sama sekali asupan makanan ke dalam tubuh justru akan membuat anda kehilangan energi, tubuh menjadi lemas  dan tidak bersemangat. Padahal anda tetap melakukan aktifitas seperti biasa. Dan apabila hal ini terjadi pada jangka waktu yang panjang, maka akan justru mengundang penyakit dan secara tidak sadar anda telah menghancurkan badan anda sendiri. Berikut ini sedikit penjelasan tentang makanan yang ada dalam menu diet sehat anda yang bisa anda terapkan untuk meraih diet yang sempurna.

 

Sayuran Menu diet sehat

 

 

 

Menu Diet Sehat

 

 

 

Menu diet sehatDalam menjalani program diet, anda tidak perlu menghentikan sama sekali asupan makan. Yang perlu anda lakukan adalah mengontrol masukan makanan tersebut, dalam hal ini yang menjadi fokus yaitu masukan kalori dalam tubuh. Salah satu cara mengontrolnya adalah dengan menerapkan menu diet sehat. Berikut merupakan contoh dari menu diet sehat yang dapat anda coba di rumah.

 

Sponsored menu untuk diet sehat links

 

 

Kapan kah saat tepat untuk menerapkan menu diet sehat? Saat sarapan pagi anda bisa mengkonsumsi putih telur dengan ditemani sayur-sayuran seperti jamur, sawi atau kubis dan buah-buahan seperti apel atau jeruk. Sebisa mungkin hindari makan nasi, roti atau sereal. Jika tidak, anda dapat menu untuk diet sehat menggantinya dengan beras merah. Di pagi hari tentunya anda akan membutuhkan banyak energi untuk memulai aktifitas. Dan menu diatas patut dicoba karena mengandung cukup energi dan rendah kalori. Nutrisi dari sayur dan buah juga akan melengkapi kandungan nutrisi dari menu sarapan pagi anda.

 

Untuk makan siang anda sebaiknya sebaiknya menghindari makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. Seperti nasi, mie instan dan lain sebagainya.  Anda bisa menggantikannya dengan mengkonsumsi buah-buahan yang membari rasa kenyang seperti alpukat atau pisang. Anda juga dapat memilih daging putih atau ikan sebagai menu makan siang.

 

Sedangkan pada malam hari anda bisa mengkonsumsi sup dengan aneka sayuran didalamnya atau susu rendah lemak sebagai pengganti makan malam. Selain tiga waktu makan tersebut anda juga dapat mengkonsumsi makanan kecil. Cemilan yang dianjurkan tetap cemilan yang rendah kalori, seperti kacang almond dan buah-buahan segar. Dalam menerapkan menu diet sehat diatas anda tetap harus memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, karena itu perbanyaklah meminum air putih minimal 7-8 gelas sehari.

 

Agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam program diet, maka selama anda menjalankan program diet wajib menjaga jumlah masukan kalori dalam tubuh salah satu caranya yaitu dengan menerapkan menu seimbang yang rendah kalori seperti menu diet sehatdiatas.

 

 

 

Berbagi itu indah:

 Share

0

 Tweet

0

 Share

0

 Share

00

Total

Shares

 Menyediakan Berbagai Macam Masker Wajah, Produk Kecantikan dan Herbal

 Kontak: BBM 7A67377E WA/SMS 087722277845

ARTIKEL TERKAIT

 

 

 

ADVERTISEMENT

 

Orang kaya tidak akan pernah membagikan rahasia ini

Orang kaya tidak akan pernah membagikan rahasia ini

 

 

 

Home » Makanan » Makanan Sehat » Daftar Contoh Menu Makanan Sehat Sehari Hari

 

Daftar Contoh Menu Makanan Sehat Sehari Hari

ads

 

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


 

Memilih makanan yang sehat bagi tubuh memang tidak mudah, belum lagi jika makanan yang jadi pantangan adalah salah satu makanan favorit. Makanan sehat sangat penting bagi kesehatan, tidak hanya untuk orang yang menjalani program diet. Dari artikel yang membahas penyebab penyakir asam urat, kolesterol dan jantung, umumnya penyebabnya bersumber dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

 

Apa saja gizi makanan yang sehat?

 

Sumber makanan yang mengandung protein, karbohidrat, zat besi dan lemak semuanya bermanfaat bagi tubuh. Catatan bagi Anda adalah bagaimana mengatur pola makan, kombinasi makanan dan rutin berolah raga. Makanan yang masuk ke dalam tubuh akan menghasilkan sisa metabolisme yang harus segera dikeluarkan, cara mudahnya melalui keringat. Inilah alasan mengapa kita dianjurkan berolah raga agar racun sisa metabolisme tubuh segera dikeluarkan.

 

Mengapa menu makanan sehat penting ?

 

menu makanan sehatUntuk menjaga kebugaran tubuh setelah beraktivitas seharian, dibutuhkan berbagai jenis makanan sehat agar tubuh tetap fit dan sehat. Anda dapat memulai dengan membuat catatan menu sehat di hari-hari kedepannya. Pilihlah apa yang dibutuhkan tubuh dan hindari yang tidak perlu dimakan, terutama aneka gorengan. Bagian-bagian penting dari catatan Anda yang bertujuan mengeksplor makanan sehat apa yang bisa Anda siapkan.

 

Makanan sehat adalah makanan yang memenuhi unsur kebutuhan gizi dan energi bagi tubuh. Contoh menu makanan sehat sehari-hari yang dapat bermanfaat bagi tubuh sangat penting untuk kita ketahui. Berikut adalah contoh menu makanan sehat yang bisa Anda siapkan sebagai menu harian anda :

 

Menu Makanan Sehat Yang Mengandung Protein

 

Contoh menu makanan sehat yang paling utama tentu harus mengandung protein, zat ini sangat penting untuk membantu tubuh dalam mejaga energi dalam beraktivitas sehari hari.

 

Jenis Sayuran

 

Buncis hitam, merah dan pinto

Buncis matang

kacang polong

Edamame

kedelai

kacang almond

Ikan dan seafood

 

Ikan kaya omega 3 seperti tuna, makarel, sarden dan salmon.

kepiting, lobster, udang, kerang dan tiram.

Unggas tanpa kulit

 

Daging ayam

Daging kalkun

Daging

 

Kerbau, unta, kelinci, rusa

Angsa, burung

Bagaimana Menghitung Karbohidrat Makanan Diatas?

 

sponsored links

 

 

Tips menghitung karbohidarat makanan di atas adalah dengan mengkombinasikan daging dengan sayuran buncis menu untuk diet sehat atau kedelai. Daging tidak mengandung karbohidrat yang ditakutkan dapat meningkatkan gula darah sehingga daging bisa dikombinasikan dengan sayur buncis. Takarannya 15 gram karbohidrat dan ½ mangkuk buncis sudah cukup menjadi menu sehat Anda.

 

Dalam piring Anda ¼ nya adalah makanan yang berprotein tinggi, Anda  dapat memasukkan 4 ons dada ayam dan ½ nya adalah sayur-sayuran. Semua makanan di atas cukup sehat untuk Anda konsumsi, selama diketahui kandungan dari masing-masing makanan tersebut.

 

Menu Makanan Sehat Tinggi Serat

 

Jenis sayuran yang mengandung tepung sangat bagus untuk melengkapi kebutuhan serat, vitamin dan mineral. Berikut jenis makanan yang baik bagi tubuh Anda namun tanpa tambahan lemak

 

Wortel

Pisang raja

kentang

labu

biji buah ek

selai kacang

kacang polong

jagung

Tips menghitung jumlah karbohidratnya

 

Sayuran yang mengandung tepung seperti kentang dan wortel adalah satu sumber makanan yang menghasilkan sumber karbohidrat yang tinggi bagi tubuh. Untuk penyajiannya Anda dapat mengkombinasikan gandum dan kentang atau wortel sebanyak ½ mangkuk total karbohidratnya sebesar 15 gram.

 

Anda dapat menyajikan dalam piring, ¼ kentang atau labu dan jangan mengkombinasikannya dengan makanan berlemak tinggi.

 

Menu Makanan Sehat Sarapan, Makan Siang dan Makan malam

 

Untuk menikmati sarapan pagi Anda, tidak perlu mengkonsumsi makanan berat seperti nasi. Anda dapat melakukan kombinasi makanan ringan seperti berikut:

 

Menu Sarapan

 

Oatmeal; oatmeal sangat bagus dikonsumsi sebagai sarapan, biasanya dalam masak outmeal dapat dicampur dengan kacang polong dan butiran jagung di dalam sup oatmeal Anda.

Keju; keju ini bisa Anda buat sendiri di rumah dengan bahan yang mudah didapatkan dan lebih sehat. Tepung panir dan ricotta sangat mudah dibuat di rumah.

Pancake; sarapan pancake dengan saus karamel rendah gula dapat jadi menu sarapan sehat Anda di rumah.

Roti. Roti juga merupakan salah satu daftar menu makanan sehat sehari hari yang cocok dikonsumsi pada pagi hari untuk sarapan.

Susu. Penting untuk menjadikannya sebagai energi.

Tips : Konsumsi makanan tinggi protein dan karbohidrat di pagi hari untuk segar dalam menjalani aktivitas.

 

Menu Makan Siang

 

Untuk konsumsi makan siang, menu makanan sehat yang dapat Anda pilih sebagai berikut:

 

Sup; sup sangat bagus untuk mengembalikan energi tubuh Anda setelah beraktivitas seharian. Sup yang bisa dinikmati adalah kombinasi beberapa sayuran dan pasta.

Nasi merah: Nasi merah sangat baik dikonsumsi pada siang hari, selain karena kandungan gulanya lebih sedikit dibandingkan nasi putih, nasi merah tidak akan membuat Anda merasa kekenyangan dan mengantuk.

Tips : Konsumsi makanan tinggi serat dan karbohidrat untuk mengembalikan energi dan kalori yang lebih rendah agar tidak mengantuk.

 

Sponsors Link

 

 

 

Menu Makan Malam

 

Untuk konsumsi pada malam hari dapat memilih menu sebagai berikut:

 

Sereal gandum; gandum sangat baik dikonsumsi pada malam hari, karena tidak ada kandungan gula yang dapat meningkatkan kadar gula darah saat beristirahat.

Susu gandum; jika tidak sempat meyiapkan makanan sereal gandum, Anda dapat memilih cara mudah dengan meminum susu gandum. Kandungan gizinya juga sama dengan sereal gandum.

Tips : Hindari makanan dengan kalori tinggi yah.

 

Menu Sehat Pasti Dengan Konsumsi Buah-buahan

 

Dengan memakan buah-buahan dan sayuran setiap hari dapat mengurangi resiko kanker, kardiovaskular dan alergi. Makan sayur-sayuran organik dapat menjaga diet karena kandungannya lebih seimbang dan banyak mengandung mineral.

 

Tips Sehat Konsumsi Buah

 

Penyajian buah dan sayuran baiknya harus dicuci bersih dari zat kimia.

Hindari mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengadung asam tinggi seperti nanas, ubi, dan sayuran kol.

Hindari buah import (kebanyakan telah diawetkan)

Hindari buah yang kemungkinan besar disuntik dengan zat kimia (pewarna dan pemanis)

Sehat dengan mengatur Kadar lemak makanan

 

Lemak umumnya terkandung dalam sumber protein, mengatur porsi berarti mengatur kadar lemak yang terdapat pada sumber protein.

 

Contoh Strategi Mengurangi Nutrisi Jahat Makanan

 

Contohnya ikan, mengandung lemak di bagian kepala, seperti kakap dan salmon.

Bagian tubuh sapi atau ayam yang kadar lemaknya paling rendah terdapat pada bagian sirloin dan tenderloin sementara bagian lemak banyak mengumpul di limpa dan hati.

Secara keseluruhan lemak baiknya dikonsumsi lewat perantara zat penetral/penyeimbang. Misalnya kacang-kacangan dicampur dengan sayuran hijau, ikan yang digoreng-tidak dipanggang atau buah alpukat yang diberi tambahan air.

 

Menu Makanan sehat dapat dinikmati dengan dua cara dan dicatat yakni mengatur porsi makanan dan membatasi jenis asupan gizi.

 

Sponsored Link

 

 

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

 

 

 

 

makanan, makanan baik, sehat menu untuk diet sehat

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.