menu puasa

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Untuk melihat lebih banyak dari menu puasa Nutrisi Langsing Batam di Facebook, masuk atau buat sebuah akun.

DaftarMasuk

Bahasa Indonesia · English (UK) · Basa Jawa · Español · Português (Brasil)

Privasi · Ketentuan · Iklan · Pilihan Iklan · Kuki ·

Lainnya

Facebook © 2016

 

Kabar Berita

 

Nutrisi Langsing Batam

25 Juli 2013 ·

MENGATUR DIET YG SEHAT SAAT PUASA AGAR TUBUH TETAP IDEAL

Beberapa orang justru bertambah gemuk saat berpuasa karena pola makan yang salah. Sementara yang bertubuh ideal juga harus menjaga asupan nutrisi agar massa ototnya tetap tebal dan ideal. Saat berpuasa tentunya kita tidak lagi dapat lagi menerapkan pola makan 5-6 kali menu puasa sehari yang berguna untuk menjaga metabolisme tubuh tetap tinggi dan memberi asupan gizi secara periodik untuk pertumbuhan massa otot dan menjaga bentuk tubuh yang ideal. Namun dengan pola diet yang tepat, kita bisa mengakali kebutuhan tersebut.

Berikut adalah beberapa kiat pola diet yang sehat saat berpuasa untuk mencegah tubuh bertambah gemuk saat puasa sekaligus menjaga asupan gizi untuk mencegah penyusutan otot :

Hindari porsi besar saat berbuka

Pada saat awal berbuka, jangan langsung menyantap hidangan dalam porsi besar. Disarankan untuk makan besar adalah setelah sholat Maghrib. Makan berlebihan saat buka akan mengakibatkan rasa tidak nyaman di lambung dan mengganggu pencernaan.

Jangan langsung berbuka dengan makanan manis

Hindari makanan manis dengan Glycemic Index (GI) yang sangat tinggi saat berbuka puasa. Konsumsi makanan manis saat kondisi perut yang kosong dapat memicu respon insulin yang tinggi sehingga bereaksi menyimpan makanan sebagai lemak tubuh.

Air putih, karbohidrat kompleks, dan multivitamin

Awali buka puasa dengan minum air putih. Lalu konsumsilah buah kurma bebas pemanis atau buah secukupnya. Sehabis sholat maghrib baru makan besar kaya karbohidrat kompleks (nasi beras merah, roti gandum utuh, ubi, atau kacang hijau), protein (dada ayam, daging, ikan, tempe, susu rendah lemak), dan sayur-sayuran. Akhiri dengan konsumsi 1-2 butir suplemen multivitamin dan mineral untuk meningkatkan ketahanan tubuh.

Hindari minuman dingin dan bersoda

Hindari minuman dingin, bersoda, atau yang dicampur es saat berbuka. Es dapat menahan rasa lapar sehingga hidangan lain yang lebih bergizi dan sangat diperlukan tubuh untuk memulihkan stamina tidak sempat disantap. Minuman bersoda hanya memberi rasa kenyang tanpa gizi dan keasamannya rendah sehingga mengganggu pencernaan.

Makan lagi setelah olahraga

Sesudah olah raga (setelah tarawih), konsumsilah 2-3 sendok makan madu atau beberapa butir kurma bebas pemanis. Tambahkan suplemen protein bila diperlukan. Pastikan minum 500 ml-1 liter air selama berolahraga. Makan lagi dengan menu sama seperti berbuka namun porsinya kecil atau sedang saja. Jika masih lapar, makanlah camilan sehat seperti kacang kulit atau kacang sangrai.

Sahur dengan makanan berserat dan tak berlemak

Saat sahur, konsumsilah makanan berkadar lemak rendah, tinggi karbohidrat kompleks (oatmeal, roti gandum, nasi beras merah, jagung, atau ubi), protein yang cukup (ayam, ikan, atau telur), dan makanan kaya serat dan lamban cerna (sayur-sayuran dan buah-buahan) untuk menu puasa menopang kebutuhan kalori saat berpuasa. Hindari makanan berlemak karena dapat menimbulkan rasa tidak nyaman selama berpuasa. Akhiri dengan 1-2 butir suplemen multivitamin dan mineral. Jika masih ada waktu bisa ngemil kacang kulit atau kacang sangrai.

Jangan pernah melewatkan sahur

Lakukan sahur menjelang imsak agar makanan menjadi lebih lama dalam pencernaan, dan tidak merasa lapar berlebihan, serta tubuh tetap berenergi saat berpuasa.

Hindari langsung tidur sebelum imsak

Jangan sahur terlalu awal kemudian langsung tidur sebelum imsak karena menyebabkan penimbunan lemak akibat kelebihan energi tetapi tanpa aktivitas fisik. Selain itu akan cepat merasa lapar, menjadi tidak berenergi, dan cepat mengantuk di siang hari.

Hindari teh dan kopi saat sahur

Hindari minum kopi, teh, atau minuman yang bersifat diuretik pada saat sahur karena membuat sering buang air kecil. Susu rendah lemak dapat menjadi salah satu pilihan menu sehat saat sahur.

Kurangi garam, MSG, dan bumbu penyedap

Hindari makanan atau minuman dengan kadar garam, MSG, atau bumbu penyedap yang banyak karena akan mempercepat rasa haus.

Hindari makanan terlalu pedas

Hindari juga makanan-makanan yang terlalu pedas atau yang mengandung bumbu yang merangsang karena dapat mengganggu pencernaan.

Atur komposisi nutrisi yang seimbang

Asupan nutrisi yang disarankan adalah komposisi seimbang yaitu 50% karbohidrat kompleks, 40-45% protein, dan 5-10% lemak sehat di setiap porsi makan.

Bagi porsi kalori dengan tepat

Pembagian porsi kalori makanan yang disarankan yaitu 10-15% saat berbuka, 30-35% saat makan malam, 10-15% setelah selesai sholat tarawih, dan 30-35% saat sahur.

Kalau ingin yg lebih simple, silahkan klik www.NutrisiLangsing.com yg bisa juga dijadikan menu makan sahur dan berbuka puasa.

Selamat berpuasa dan tetap sehat! (aan)

87 Suka13 Komentar24 Kali Dibagikan

 

 

 

web kesehatan

 Home Kesehatan Lifestyle Nutrisi & menu puasa Makanan Topik Produk Cari artikel…

asiancancer banner

Tips Sehat Selama Puasa RamadhanWeb Kesehatan HIDUP SEHAT Updated: 05/06/2016

Bulan Ramadhan telah tiba, di mana seluruh umat muslim diwajibkan untuk berpuasa, menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam, selama sebulan penuh. Walaupun begitu, puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tentu jika dijalankan dengan cara yang sehat pula. menu puasa Berpuasa di siang hari tidak lantas menjadikan tubuh menjadi lesu. Pola makan yang berubah selama Bulan Puasa harus disiasati dengan benar agar tubuh tetap sehat dan bugar dalam menjalankan aktifitas di siang hari. Terlebih lagi, setelah melewati Ramadhan, selain menjadi lebih dekat kepada Allah, kita juga menjadi individu yang lebih sehat daripada sebelumnya.

 

Berikut adalah beberapa tips sehat selama Bulan Puasa Ramadhan:

 

Tips Puasa Ramadhan: Makan Sahur

 

1.

Atur waktu anda untuk menyantap sahur di akhir waktu. Selain berguna untuk menunjang puasa anda di siang hari, makan sahur di akhir waktu lebih diutamakan berdasarkan sunnah Rasul.

 

2.

Makanlah dengan porsi normal, jangan berlebihan. Fokuslah untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks dan protein, serta buah dan sayuran. Menyantap makanan yang mengandung banyak air selama sahur juga sangat baik untuk hidrasi tubuh anda sepanjang hari.

 

3.

Akhiri santap sahur dengan segelas susu untuk melengkapi nutrisi tubuh anda. Minumlah suplemen ataupun multivitamin yang biasa anda konsumsi ataupun yang disarankan oleh dokter anda.

 

4.

Batasi konsumsi makanan yang terlalu manis dan mengandung banyak gula, karena justru dapat membuat tubuh lemas di siang hari.

 

5.

Minum air yang cukup. Sebelum waktu imsak tiba, minumlah air yang cukup, tiga hingga lima gelas. Sebaiknya hindari minuman berkafein seperti kopi dan teh karena bersifat diuretik dan membuat tubuh kehilangan cairan lebih cepat melalui urinasi.

 

Tips Puasa Ramadhan: Selama Berpuasa

 

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


6.

Di waktu terpanas di siang hari, hindari berlama-lama di terik matahari dan kurangi aktifitas fisik.

 

Sponsored Links

 

 

7.

Jika ada waktu, sempatkan untuk mengistirahatkan tubuh anda, dan mengganti waktu tidur yang kurang karena bangun lebih awal untuk sahur. Waktu setelah sholat zuhur merupakan saat yang tepat untuk beristirahat.

 

8.

Jika memiliki waktu luang di sore hari, sempatkan untuk berolahraga ringan seperti jalan sore, bersepeda santai, ataupun yoga. Hal ini sangat baik untuk menjaga kebubagaran tubuh dan memperlancar peredaran darah.

 

Tips Puasa Ramadhan: Buka Puasa

 

9.tips puasa ramadhan

Kurma kering, baik untuk berbuka.

Saat waktu buka puasa tiba, jangan makan dengan berlebihan. Sebaiknya ikuti sunnah, yaitu dengan buah kurma dan minuman yang manis: bisa dengan susu, jus buah, atauapun sekedar air. Minumlah cukup air untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

 

Baca juga: Manfaat kurma untuk berbuka puasa

 

10.

Setelah magrib, lanjutkan dengan menyantap hidangan utama, dengan menu yang seimbang. Makanlah sesuai dengan porsi anda yang biasa, tidak perlu berlebihan. Cukupkan dengan karbohidrat, protein, serta sayuran dan buah-buahan.

 

11.

Hindari makan gorengan berlebihan, serta batasi makanan yang pedas, agar perut tidak menjadi mules dan mengganggu pencernaan tubuh anda.

 

12.

Cukupi asupan air tubuh anda. Usahakan untuk meminum setidaknya lima gelas air putih sebelum tidur.

 

Dengan menjalankan tips-tips sehat di atas, semoga puasa kita semua menjadi lebih lancar, hikmat, dan juga sehat. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

 

Featured image: alalali.com

 

 

Baca juga:

 

 

Artikel kesehatan terkait:

 

Menu Makan Sehat untuk Sahur dan Berbuka Puasa

Menu Makan Sehat untuk Sahur dan Berbuka Puasa

In “Makanan & Nutrisi”

Tips Sehat dan Bugar Menjalankan Puasa

Tips Sehat dan Bugar Menjalankan Puasa

In “Kesehatan”

Cara Menurunkan Berat Badan di Bulan Puasa

Cara Menurunkan Berat Badan di Bulan Puasa

In “Berat Badan”

Tetap Minum Kopi Selama Bulan Puasa, Mengapa Tidak?

Tetap Minum Kopi Selama Bulan Puasa, Mengapa Tidak?

In “Kesehatan”

Manfaat Puasa Ramadhan bagi Tubuh dan Kesehatan

Manfaat Puasa Ramadhan bagi Tubuh dan Kesehatan

In “Kesehatan”

7 Cara Mencegah Bau Mulut Ketika Berpuasa

7 Cara Mencegah Bau Mulut Ketika Berpuasa

In “Kesehatan”

Tags: Puasa

HomeHidup SehatTips Sehat menu puasa Selama Puasa Ramadhan

COMMENTS (5)

 

Bang Ocen 22/06/2016 REPLY mantaps tipsnya. smoga kita tetap sehat dalam menjalankan ibadah puasa Aizah 16/06/2016 REPLY menarik tips kat sini ,, terima kasih share . semoga kita berpuasa dengan sihat dan cergas 🙂 Catatan Senja 15/06/2016 REPLY Subhanallah memang sangat menyenangkan menu puasa apabila kita dalam keadaan sehat wal afiat terlebih lagi dalam menjalankan ibadah puasa. Dimana kalau tubuh kita sehat Insha Allah rohani kita juga ikut sehat pula, Terimakasih atas tipsnya bisa di coba nih buat ibadah puasa lancar dan juga semakin menyenangkan ..

ANISA MEY LENIA 06/06/2016 REPLY

terima kasih banyak atas tips nya jadi lebih tau dan sehat saat berpuasa, selamat beribadah puasa.

fathur01 05/06/2016 REPLY

keren sekali tipsnya. memang harus begitu ya biar puasa kita bukan menu puasa menjadi penyakit.

LEAVE A REPLY

 

 

Comment Text*

 

Name*

 

Email*

 

Website

SUBMIT

 

Paling banyak dibaca…

10 Makanan untuk Menambah Berat Badanmu

Top 5 Susu & Suplemen Penambah Berat Badan

8 Tips Menambah Berat Badan dengan Cepat

Cara Meningkatkan Nafsu Makan

18 Makanan Terbaik untuk Penderita Diabetes

Minum Susu Sebelum Tidur untuk Menambah Berat Badan

Penyebab Gatal di Selangkangan dan Cara Mengatasinya

14 Makanan untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

10 Masker dan Scrub Alami untuk Menghilangkan Komedo

Alpukat – Kandungan Gizi dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Artikel Lainnya:

makanan untuk otak

Cara Meningkatkan Kemampuan Otak

posisi tidur yang benar

Posisi Tidur Terbaik untuk Kesehatan

bahaya minuman bersoda

10 Alasan Kenapa Harus Berhenti Minum Soda

manfaat kopi

10 Manfaat Minum Kopi untuk Tubuh dan Kesehatanmu

bahaya gula bagi kesehatan

6 Alasan Penting untuk Tidak Mengkonsumsi Gula

Artikel Terbaru

hasil pengobatan kanker

Cryosurgery Memberikan Harapan Hidup Bagi Pasien Kanker Paru Stadium 4

kisah melawan kanker payudara

Kisah Violet Pasien Kanker Payudara Asal Afrika Dalam Melawan Kanker

tips bibir kering

12 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Ikuti kami di…

TAUTAN

 

Kandungan & Manfaat Buah

Menghitung BMI (Body Mass Index)

Kalkulator Prediksi Masa Subur

MENU SITUS

 

Home

Cari Artikel

Peta Situs

About Us

Pasang Iklan

Hubungi Kami

Web Kesehatan Copyright © 2016.

SumoMe

Focus Retriever

FacebookFacebook LikeTwitterGoogle+WhatsAppSumoMe menu puasa

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.