menu makanan buka puasa

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Home  Kehamilan  menu makanan buka puasa Edisi Puasa  Puasa saat Hamil

Tips Sahur Sehat Untuk Ibu Hamil

 

 

Pada dasarnya puasa di bulan ramadhan bisa dilakukan meskipun anda sedang mengalami masa kehamilan asalkan tidak mengganggu kesehatan janin anda.

 

Walaupun dalam agama kita telah memerikan kelonggaran untuk anda yang sedang hamil dan tidak kuat untuk menjalankan ibadah puasa jika diperkirakan akan mengganggu kehamilan diperbolehkan untuk tidak melakukan puasa. Pada trimester pertama sebagian ibu hamil mengalami menu makanan buka puasa perubahan kondisi sehingga sulit untuk beradaptasi, kondisi yang mungkin terjadi adalah morning sickness berat, pencernaan yang terganggu, mengalami dehidradi ataupun perdarahan.Kondisi ini jika dipaksakan untuk berpuasa akan semakin parah. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan kesehatan janin sebelum anda berpuasa.

 

Setelah melalui pemeriksaan dokter dan dinyatakan dapat melakukan ibadah puasa maka anda harus tetap menjaga nutrisi selama berpuasa. Waktu yang diberikan untuk menambah dan menjaga asupan nutrisi selama puasa yaitu ketika sahur dan berbuka. Kedua waktu itu sangat penting untuk memberikan asupan gizi yang dibutuhkan anda dan janin anda. Selama anda berpuasa janin tidak mungkin berpuasa juga dengan kata lain asupan nutrisi di pagi, siang dan sore harus menu makanan buka puasa dipenuhi di kedua waktu tersebut, ketika sedang sahur dan berbuka. Harus anda perhatikan bukan berarti  kuantitas makanan yang harus anda tingatkan akan tetapi kualitas makanan dengan nutrisi yang diperlukan sepanjang hari. Sahur adalah waktu mengawali puasa yang sangat penting untuk memperhatikan jenis makanan yang memberikan gizi yang mencukupi kebutuhan gizi.

 

TIPS-SAHUR-SEHAT-IBU-HAMIL.jpg

Berikut tips sahur yang sehat untuk ibu hamil :

 

  1. Makanan mengandung karbohidrat komplek pada waktu sahur bisa anda penuhi dari tambahan jagung, pasta, singkong, ubi, kentang, nasi merah, dan sereal. Bukan berarti anda harus memaksakan diri untuk mengkonsumsi karbohidrat dalam porsi yang lebih banyak, anda dapat mendapatkan karbohidrat dari sumber lain yang dapat menghasilkan kalori seperti tambahan dari kentang atau pasta.

 

  1. Konsumsi sayuran satu mangkuk sedang dengan jenis sayuran beraneka warna. Sayuran hijau, orange, kuning, putih, ungu dan merah. Kelompok sayuran akan menyumbangkan mineral, vitamin dan antioksidan bagi anda dan janin.

 

 

 

  1. Protein dapat anda peroleh dari jenis ikan, daging unggas dan daging merah. Anda dapat memilih daging rendah lemak sehingga aman dikonsumsi untuk ibu hamil selain itu protein nabati bisa anda dapatkan dari kacang kedele, tahu dan tempe. Cukup satu potong satu protein yang dapat anda pilih untuk menu sahur anda.

 

  1. Anda dapat mengkonsumsi buah di akhir waktu sahur anda, cukup dengan 1 hingga 2 potong buah. Konsumsi jenis buah yang beraneka ragam setiap sahur sehingga mencukupi nutrisi.

 

  1. Asupan nutrisi selain dari jenis makanan yang dikonsumsi ketika sahur bisa anda dapatkan dari susu khusus ibu hamil.

 

  1. Hindari makanan yang berasa tajam, makanan dengan rasa pedas dan terlalu asam justru akan membuat anda mengalami gangguan perut yang meningkatkan iritasi lambung menimbulkan mual-mual bahkan sampai muntah.

 

  1. Makanan yang terlalu asin akan merangsang anda untuk cepat lapar disiang hari, hindari makanan dengan kandungan garam tinggi .Bahkan dapat mengakibatkan gangguan kesehatan seperti darah tinggi bila konsumsinya tidak dibatasi.

 

  1. Jangan langsung tidur, setelah sahur ada baiknya anda melakukan aktivitas ringan di dalam rumah sehingga membantu mengurangi kesulitan bergerak setelah makan sahur.

 

 

 

FacebookTwitterGoogle+Sambung1,279

FacebookTwitterGoogle+Sambung1,279

Panduan Kehamilan        Baju hamil dan celana hamil        pantangan bagi ibu hamil              tahapan proses melahirkan

Panduan Lengkap Kehamilan & Persalinan           Aneka Baju Hamil & Celana Hamil, Cantik dan Modis       

20 Pantangan Bagi Ibu Hamil, Yuk Ketahui Apa saja..

 

Mengenal Tahapan-Tahapan Proses Persalinan

 

 

 

 

Artikel Terbaru

 

Memilih Trimester yang Tepat Ketika Berpuasa Ramadhan

Menjaga Asupan Gizi Ibu Hamil Selama Berpuasa

Menjaga Kesehatan Janin Ketika Berpuasa

Kiat Berpuasa Untuk Menjaga Kehamilan Trimester Ketiga

Menjaga Kesehatan Kehamilan Trimester Pertama Saat Berpuasa

Cara Sehat Berpuasa Selama Kehamilan

Tips Berpuasa Pada Trimester Kedua Kehamilan

Edisi Puasa

 

Tips Memilih Menu Berbuka bagi Ibu Menyusui

Memilih Trimester yang Tepat Ketika Berpuasa Ramadhan

Cara Memilih Menu Sahur Bagi Ibu Menyusui

Menjaga Asupan Gizi Ibu Hamil Selama Berpuasa

Memilih Waktu yang Tepat Berpuasa Disaat Menyusui

Menjaga Kelancaran Asi Selama Berpuasa

Menjaga Kesehatan Janin Ketika Berpuasa

Kiat Berpuasa Untuk Menjaga Kehamilan Trimester Ketiga

Kiat Menjaga Asupan Gizi Ibu Menyusui Ketika Berpuasa

Tips Menjaga Kualitas ASI Selama Berpuasa

Artikel Popular Kehamilan

 

Tanda-Tanda Awal Kehamilan

Tips Cara Agar Cepat Hamil

Menghitung Masa Subur

Perkembangan Janin Usia 5 Bulan

Perkembangan Janin Usia 8 Bulan

 

Tentang Kami – Term of Use – Sitemap – Hubungi Kami

 

Copyright © 2016, Bidanku.com. All Rights Reserved

 

 

Sumber : Tips Sahur Sehat Untuk Ibu Hamil – Bidanku.com http://bidanku.com/tips-sahur-sehat-untuk-ibu-hamil#ixzz4RZbzZ1tF

 

 

Sahabat [email protected]

Cari inspirasi di sini

 

 Nestle Logo

Resep

Kesehatan

Beberapa kali mengalami batuk pilek dalam setahun…

 

 

Gaya Hidup Sehat

Bukan sebuah kebetulan jika anak-anak itu selalu…

 

 

Ragam

Praktek hidup membuktikan bahwa motivasi punya…

 

 

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Sign Up

Log In

 

Home

0  

Share

 

0 vote

Sahabat Nestle

Menu Sahur Sehat dan Praktis Untuk Anda yang Telat Bangun Sahur

 

Tak perlu panik jika Ibu telat bangun menu makanan buka puasa sahur. Berikut ini adalah menu sahur sehat dan praktis jikalau Ibu terlambat bangun

 

0 Likes0 Share

Rate Artikel ini

Akibat kelelahan setelah beraktivitas seharian, tak jarang membuat Ibu kebablasan tidur dan telat bangun sahur. Belum lagi waktu sahur menjadi sangat sempit dan terbatas. Rasa panik pun pasti melanda, karena Ibu harus menyiapkan sahur secepatnya agar seluruh anggota keluarga tetap bisa menikmati makan sahur.

 

Tapi jangan jadikan sahur kesiangan tersebut sebagai alasan untuk Ibu menyiapkan menu sahur seadanya ya Bu. Sahur memegang peranan yang penting sebagai bekal bagi seseorang agar dapat menjalankan puasanya dengan optimal. Oleh karena itu, Ibu harus memastikan menu menu makanan buka puasa sahur sehat dan memenuhi kebutuhan gizi yang dibutuhkan tubuh untuk berpuasa. Ibu tak perlu khawatir, berikut ini adalah menu sahur sehat dan praktis jikalau Ibu terlambat bangun. Menu sahur sehat ini tidak memerlukan waktu lama untuk menyajikannya dan bisa langsung disantap oleh seluruh anggota keluarga. Selain itu,  kandungan gizi di dalam menu sahur sehat ini juga cukup dalam memberikan energi untuk beraktivitas sepanjang hari.

 

 

 

Sereal

 

Sereal menjadi solusi tepat untuk dijadikan menu sahur sehat dan praktis. Kandungan gizi di dalam sereal kaya akan karbohidrat sebagai sumber energi dan serat untuk meningkatkan kesehatan usus dengan membantu menjaga proses pencernaan dan buang air, serta dapat menjaga keberadaan bakteri baik dalam usus.

 

Pilihlah sereal yang terbuat dari gandum utuh karena mengandung karbohidrat kompleks, yang akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Ibu bisa menambahkan dengan susu segar dan berkreasi dengan menambahkan irisan buah-buahan seperti pisang, kiwi, stroberi maupun kacang-kacangan utuh seperti almond. Selain bisa membuat rasa sereal lebih lezat dan menggugah selera, kombinasi buah dan sereal juga dapat membantu meningkatkan asupan serat hariannya.

 

 

 

Oatmeal

 

Selain sehat, oatmeal kaya akan serat dan karbohidrat kompleks yang membuat rasa lapar tidak cepat muncul. Selain itu, oatmeal juga memiliki kandungan serat yang tinggi dan dicerna dalam waktu yang lama, sehingga memberikan energi yang cukup untuk beraktivitas selama berpuasa. menu makanan buka puasa Cara membuatnya juga mudah, tidak butuh waktu lama, hanya menyeduhnya dengan air panas, menu sahur sehat dan praktis ini pun siap dinikmati. Agar kenyang lebih lama campurkan susu, madu, kacang-kacangan, serta irisan buah-buahan segar.

 

 

 

Roti menu makanan buka puasa Gandum

 

Bu, selalu sediakan roti gandum di meja makan keluarga. Roti merupakan menu menu makanan buka puasa sahur yang sehat dan praktis. Pilihlah roti gandum, karena mengandung karbohidrat kompleks agar tubuh merasakan kenyang lebih lama. Agar lebih nikmat dapat menambahkan selai kacang dan irisan pisang yang kaya akan protein dengan vitamin.

 

 

 

Telur

 

Agar tubuh merasa lebih fit dan berenergi, asupan protein penting untuk ada di dalam menu sahur sehat. Telur adalah solusi menu sehat dan praktis yang tepat. Menu sahur sehat yang satu ini mudah dibuat dalam berbagai cara dan tidak membutuhkan waktu yang lama Rasanya sangat gurih dan banyak mengandung gizi, seperti karbohidrat, protein, vitamin D dan omega 3.

 

 

 

Mencari sesuatu?

 Kirim

Artikel Terkait

 

Tips Memilih Menu Sahur Sehat Agar Tak Lemas Saat Berpuasa

Berikut ini adalah kiat-kiat khusus agar tubuh tetap segar, fit dan merasa tidak […]

 

Selengkapnya

0 Likes 0 Shares

Terbaru

 

Kejutan Isi yang Berbeda Pada Resep Klepon Kreasi Sahabat Nestlé

Resep klepon berisi gula merah dan taburan kelapa parut tentu sudah biasa. Yuk Bu, […]

 

Selengkapnya

0 Likes 0 Shares

 

Tips Membuat Resep Nasi Kuning Menggunakan Rice Cooker

Jika Ibu sudah terbiasa dengan praktisnya proses memasak nasi menggunakan rice cooker, […]

 

Selengkapnya

0 Likes 0 Shares

 

Tanpa Santan, Resep Nasi Kuning Tetap Gurih, Ini Penggantinya

Tidak semua orang menyukai santan, bahkan menghindari mengonsumsi makanan bersantan, […]

 

Selengkapnya

0 Likes 0 Shares

 

Ide Permainan Seru Untuk Acara Keluarga

Memainkan permainan keluarga dapat menjadi family time yang seru dan menyenangkan. […]

 

Selengkapnya

0 Likes 0 Shares

Dapatkan resep masakan terbaik untuk keluarga tersayang di sini. Dengan bergabung dan menjadi Sahabat Nestlé!

Hanya dengan registrasi dan melengkapi data Anda, ada jutaan manfaat yang akan kami berikan untuk Anda!Kunjungi kami di media sosial

Kesehatan

 

Kesehatan Pria & Wanita

Kesehatan Ibu Hamil

Kesehatan Anak

Info Obat-Obatan

Menu Sehat

 

The ChefMenu DietResep Makanan SehatGizi Anak & BalitaRancang Menu

Gaya Hidup Sehat

 

Olah RagaParentingLingkungan Sehat

Bantuan Website

 

FAQ

© 2016 Hak Cipta oleh PT Nestlé Indonesia dilindungi undang-undang. Tidak diperkenankan menu makanan buka puasa mengambil materi/isi website dan mempublikasikan dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari PT Nestlé Indonesia. Saran, komentar, dan pertanyaan mengenai website ditujukan ke [email protected] atau kontak kami.

Nestlé Consumer Services

Senin – Minggu

Jam 08:00 – 24:00 WIB

+6280018-21028

Privacy Policy menu makanan buka puasa

 

 

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.