menu makan sahur

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


 

Resep menu makan sahur Asik

 

CARI RESEP MASAKAN

 

HOMERESEP INTERNASIONAL RESEP NUSANTARA RESEP KUE RESEP MINUMAN RESEP CAMILAN RESEP PUDING

5 Resep Menu Berbuka Puasa Dan Sahur Yang Enak Sehat Praktisdesiana May 26, 2016 RESEP NUSANTARA

5 Resep Menu Berbuka Puasa Dan Sahur – Menjelang bulan Ramadhan mendadak harga sembako jadi melambung tinggi ya bun. Kondisi seperti ini menuntut bunda agar bisa mengatur pengeluaran rumah tangga sebaik-baiknya. Kadang bingung sendiri ya bun, kalau sudah seperti ini. Uang menu makan sahur belanja tetap tapi harga sayuran, daging, telur, ayam, bumbu dan bahan-bahan lainnya sudah pada naik. Dengan ini bunda harus memutar otak agar tetap dapat menyajikan menu makan yang enak, sehat dan bergizi. Hal ini bisa di siasati dengan menselang-seling masakan special dan masakan sederhana. Bunda bisa membuat jadwal menu masakan sehari-hari selama satu bulan. Yang bertujuan agar bunda mudah mengontrol pengeluaran harian selama satu bulan ke depan.

 

Menu masakan sehari-hari bisa diselang-seling yang misalnya hari senin menu makannya adalah cah kangkung, rendang daging dan tempe goreng. Untuk hari selasa bunda bisa buat sayur sup, goreng ayam tahu dan sambal. Lanjut hari rabu bunda bisa menyajikan orak arik sayur buncis, goreng telur dadar dan kerupuk. Kamis bunda bisa memasak sayur asam, tahu-tempe, sambal serta oseng ikan teri kacang. menu makan sahur Hari selanjutnya bunda bisa masak balado telur, kering tempe dan kerupuk. Hari sabtu bunda bisa buat sayur lodeh, goreng ikan bandeng atau ikan asin, sambal serta kerupuk udang. Sedangkan untuk weekend minggu bisa diselingi makan di luar agar tidak bosan. Atau bisa membuat soto ayam, bakso atau sate ayam sendiri dirumah agar lebih hemat. Ini merupakan contoh saja, silahkan bunda kreasikan menu makan sehari-hari yang sesuai dengan selera bunda dan keluarga.

 

Nah, karena sebentar lagi memasuki bulan ramadhan yang tinggal beberapa hari ini. Tak ada salahnya kalau mulai hari ini bunda menyiapkan dan perhatikan asupan makanan yang akan disajikan untuk menu berbuka puasa dan sahur nanti. Kebetulan kami akan membagikan tentang menu berbuka puasa dan sahur yang bunda dapat sajikan untuk keluarga. Menu berikut tentu saja sehat, karena tidak mengandung santan dan bahan kimia seperti pewarna makanan.

 

Tak tanggung-tanggung kami akan memberikan 5 Resep Menu Berbuka Puasa Dan Sahur sekaligus. Diantara lainnya adalah Resep Bergedel Kentang, Resep Sayur Bening Bayam, Resep Orak-arik Sayur, Ayam Goreng Bumbu Kuning, serta Resep Tempe Tahu Bacem. Ini memang termasuk masakan sehari-hari yang sederhana. Namun kami rasa makanan seperti ini lah yang lebih sehat di konsumsi ketika melakukan ibadah puasa.

 

Bukan berarti dalam satu bulan ini bunda menyajikan aneka Resep Menu Berbuka Puasa Dan Sahur ini saja. Bunda bisa kreasikan sesuai selera di setiap harinya. Namun contoh ke 5 resep masakan berbuka puasa ini wajib untuk dicoba. Seperti halnya menu takjil berbuka puasa menu makan sahur yang berisi aneka minuman manis segar yang sudah kami rangkum di 7 Resep Minuman Segar Untuk Berbuka Puasa Yang Mudah Dibuat. Oke deh, berikut kami bagikan Bahan-bahan dan Cara Membuat Menu Berbuka Puasa terbaru 2016. Cekidot!

 

KUMPULAN RESEP MENU BERBUKA PUASA DAN SAHUR FAVORIT

 

resep menu berbuka puasa dan sahur

Kumpulan Resep Menu Berbuka Puasa Dan Sahur Favorit

PERTAMA, RESEP PERKEDEL KENTANG ALA RM PADANG

 

resep perkedel kentang

Resep Perkedel Kentang Ala RM Padang

BAHAN-BAHAN PERKEDEL :

 

Kentang 5 buah

Bawang merah 5 buah

Bawang putih 3 buah

Seledri 4 batang

garam 1 sendok teh

Penyedap masakan (royco) 1/2 sendok teh

Pala bubuk 1/2 sendok teh

Merica bubuk 1/2 sendok teh

Tepung terigu 1/2 sendok teh

Telur 1 buah

LANGKAH MEMBUAT menu makan sahur PERKEDEL KENTANG :

 

Pertama-tama kupas kentang dan potong menjadi 8 bagian per buahnya. Rendah di air. Panaskan minyak kemudian goreng kentang hingga kuning tapi jangan terlalu kering ya. Angkat, sisihkan.

Selanjutnya iris tipis bawang merah, bawang putih dan seledri. Goreng bawang merah dan bawang putih hingga kering, angkat.

Setelah itu haluskan kentang dengan menggunakan sendok atau ulekkan, kemudian campurkan semua bahan kecuali telur dan tepung terigu. Aduk rata.

Bentuk adonan bulat atau lonjong sesuai selera.

Kocok lepas telur dan tepung, aduk rata.

Celupkan adonan yang sudah dibentuk tadi ke dalam kocokan telur, kemudian goreng hingga matang ke dalam minyak yang cukup panas. Angkat, tiriskan.

Perkedel kentang ala padang yang memiliki rasa enak dan gurih layak menu makan sahur disajikan untuk menu masakan buka puasa dan sahur sehari-hari. Selain itu cara membuatnya yang mudah dan perkedel yang dapat bertahan lama, bisa di kreasikan dengan bahan-bahan lainnya. Seperti cincangan ayam, udang, tahu, dan lain sebagainya. Dengan ini kami pun memilih resep perkedel padang masuk ke dalam contoh Resep Menu Berbuka Puasa Dan Sahur Yang Enak Sehat Praktis.

 

KEDUA, RESEP SAYUR BENING BAYAM ENAK SEGAR

 

resep sayur bening bayam

Resep Sayur Bening Bayam Enak Segar

BAHAN-BAHAN SAYUR BENING :

 

Bayam 2 ikat (siangi, cuci bersih)

Jagung manis 1 buah (cuci bersih, potong-potong)

Air 1 liter

Bawang merah 3 siung (iris tipis)

Gula pasir secukupnya

Garam 1 sendok teh

Royco ayam secukupnya

Temu kunci 2 batang atau 4 centi meter geprek

CARA MEMBUAT SAYUR BENING BAYAM :

 

Langkah awal panaskan air hingga mendidih. Masukkan temu kunci dan bawang merah, gula pasir dan garam. Masukkan jagung manis, tunggu sampai matang.

Selanjutnya masukkan sayur bayam dan royco. Aduk sebentar (jangan lama-lama ya, karena bayam mudah layu).

Cicipi rasa, silahkan tambahkan bila dirasa ada yang kurang.

Sayur bening bayam siap disajikan selagi hangat.

Jika tidak terlalu suka bayam, penggunaan bayam bisa diganti dengan daun katu ya bun. Agar menu makan sahur lebih bervariasi rasa dan bahan, bunda bisa tambahkan pula potongan sayur oyong, tomat dan caisim sesuai selera. Sayur bening bayam ini cocok disajikan untuk berbuka puasa yang enak dan segar. Tak salah lagi bila kami masukan sayur bening bayam ke dalam 5 Resep Menu Berbuka Puasa Dan Sahur sederhana.

 

[Sponsor] Belanja Fashion Mewah Jam Tangan/Kacamata/Tas Wanita Harga Murah, Jaminan Kualitas Hanya Di Sini

KETIGA, RESEP ORAK ARIK TELUR BUNCIS WORTEL DAN JAGUNG

 

resep orak arik telur buncis

Resep Orak Arik Telur Buncis Wortel dan Jagung

BAHAN-BAHAN ORAK ARIK :

 

Wortel 2 batang

Buncis 10 batang

Jagung manis pipil 1 batang

Telur 2 buah

Garam secukupnya

Gula pasir secukupnya

Merica secukupnya

BAHAN BUMBU SAYUR ORAK ARIK :

 

Bawang merah 3 siung

Bawang putih 2 siung

Bawang daun 2 batang

Tomat 1 buah

Cabai keriting merah 2 batang

CARA MEMBUAT ORAK ARIK TELUR DAN SAYUR :

 

Pertama-tama cuci bersih semua bahan sayur, kemudian iris-iris tipis sesuai selera.

Selanjutnya panaskan minyak goreng, tumis bumbu yang telah diiris hingga matang dan harum.

Masukkan telur sambil di orak arik atau diauk kasar hingga telur matang, tambahkan 1/2 gelas air matang.

Kemudian masukkan wortel dan jagung terlebih dahulu, setelah setengah matang masukkan buncis. Tambahkan garam, gula pasir, dan merica sesuai selera. Masak terus hingga matang. Cicipi rasa, selesai.

KEEMPAT, RESEP AYAM GORENG UNGKEP BUMBU KUNING

 

resep ayam goreng ungkep bumbu kuning

Resep Ayam Goreng Ungkep Bumbu Kuning

BAHAN-BAHAN AYAM GORENG :

 

Ayam kampung muda 2 ekor (Masing-masing belah menjadi 4 bagian lalu beri 1 sendok makan garam dan 2 sendok makan air jeruk nipis

Air 500 ml – 1 liter (digunakan untuk merebus, tambahkan airnya jika ayam dirasa kurang empuk)

BUMBU HALUS AYAM GORENG :

 

Bawang merah 5 siung

Bawang putih 5 siung

Jahe 2 ruas jari

Lengkuas muda 3 ruas jari

Serai 1 batang (ambil putihnya saja)

BUMBU LAINNYA :

 

Kunyit 3 ruas jari, haluskan

Ketumbar 1 sendok makan, haluskan

Daun salam 4 lembar

Garam 2 sendok teh

CARA MEMBUAT AYAM menu makan sahur GORENG UNGKEP BUMBU KUNING :

 

Langkah awal siapkan ayam, beri satu sendok makan garam dan 2 sendok makan air jeruk nipis. Remas-remas lalu diamkan selama 20 menit. Cuci ayam hingga bersih, tiriskan. Penggunaan garam dan jeruk nipis bertujuan untuk menghilangkan bau amis dan lendir di ayam.

Selanjutnya siapkan wajan, masukkan ayam dan semua bumbu. Aduk dan remas-remas hingga bumbu tercampur dengan rata. Diamkan selama 15 menit hingga bumbu meresap.

Masak ayam dengan menggunakan api kecil sambil diaduk-aduk menu makan sahur hingga ayam berubah warna dan mengeluarkan air. Masak terus hingga air ayam habis, tambahkan 500 muli liter air, rebus ayam dengan api sedang sambil diaduk hingga air habis dan ayam empuk. Jika kurang empuk silahkan tambahkan airnya.

Angkat dan ayam siap di santap begitu saja, di goreng ke dalam minyak banyak hingga kering atau bisa dipanggang dengan olesan kecap manis di permukaannya.

Olahan ayam goreng ungkep bumbu kuning memang enak dan kaya rasa. Bunda bisa membuatnya ketika menjelang berbuka puasa dan menyimpan sisanya untuk menu sahur yang praktis. Tinggal goreng, dimakan begitu saja dengan sambal atau di panggang dengan bumbu kecap sesuai selera. Tak heran jika ayam ungkep bumbu kuning ini masuk ke dalam 5 Resep Menu Berbuka Puasa Dan Sahur Yang Enak Sehat Praktis.

 

KELIMA, RESEP TAHU TEMPE BACEM KHAS JOGJA

 

resep tempe tahu bacem

Resep Tahu Tempe Bacem Khas Jogja

BAHAN-BAHAN BACEMAN :

 

Tempe 1 papan (potong-potong sesuai selera)

Tahu kecil 6 buah

Gula merah sisir 2 sendok sayur

Bawang merah 6 butir (geprek)

Bawang putih 2 siung (geprek)

Sereh 1 batang (geprek)

Laos 1 ruas (geprek)

Daun salam 2 lembar

Air kelapa 400 mili liter

Ketumbar bubuk 1 sendok makan

Air asam 1 sendok sayur

Gula pasir 1 sendok makan

Garam 1 sendok teh atau sesuai selera

Minyak secukupnya (digunakan untuk menggoreng)

Cabai rawit sebagai pelengkap

STEP BY STEP MEMBUAT TAHU TEMPE BACEM :

 

Langkah awal campur semua bumbu dan air kelapa menjadi satu di dalam wajan, aduk rata lalu susus tempe di bagian bawah dan tahu di atas supaya tidak hancur.

Nyalakan api kompor, tutup wajan, masak hingga air hampir habis. Lalu goreng di minyak panas. (hati-hati gosong ya bun, karena tahu dan tempenya sudah mengandung gula merah dan air kelapa). Angkat, tiriskan.

Agar lebih sehat, bunda bisa memanggang tahu tempe bacem yang merupakan kuliner angkringan jogja ini diatas teflon anti lengket atau di happy call. Rasanya enak dan gurih, cocok disajikan sebagai kuliner buka puasa yang praktis. Tahu tempe bacem merupakan resep terakhir di 5 Resep menu makan sahur Menu Berbuka Puasa Dan Sahur Ala ResepAsik.com. Sebenarnya masih banyak kreasi olahan hidangan buka puasa dan sahur lainnya. Mungkin akan kita bagikan di artikel kategori resep nusantara selanjutnya.

 

Terimakasih sudah membuka 5 Resep Menu Berbuka Puasa Dan Sahur Yang Enak Sehat Praktis. Buka juga artikel masakan lainnya seperti Resep Opor Ayam dan Resep Rendang Daging Sapi Padang yang cocok disajikan bersama potongan ketupat ketika lebaran Idul Fitri nanti. Nikmati masakan ini dengan buah-buahan seperti jeruk, apel, mangga, anggur dan lain sebagainya agar lebih sehat. Semoga bermanfaat, sekian 🙂

 

ShareCuitkanBagikan

RELATED POSTS

 

Resep kornetrahma prasetya RESEP NUSANTARA 17471 VIEWS Resep Membuat Kornet Daging Sapi Sendiri Di Rumahresep kari ayam pedasadiba shakila RESEP NUSANTARA 1383 VIEWS Resep Kari Ayam Pedas Khas Nusantara Yang Membakar Lidah

LEAVE A REPLY

 

 

Comment Text*

 

Name*

 

Email*

 

Website

SUBMIT

RESEP POPULAR

 

resep opor ayam

Resep Opor Ayam Gurih Beserta Sambal Goreng …

resep nugget ayam

Cara Membuat Nugget Ayam Sendiri Yang Enak, …

ayam goreng lengkuas

Resep Ayam Goreng Laos Ala Resto

resep bakso ayam kuah

Cara Membuat Bakso Daging Ayam Yang Kenyal …

cara membuat sambal kincung

Cara Membuat Sambal Kincung (Kecombrang) Khas Nusantara

cara membuat gurame asam manis

Cara Membuat Gurame Asam Manis Enak, Mantap!

ayam goreng kremes

Resep Ayam Goreng Kremes Mbok Berek

resep seblak basah bandung

Resep Seblak Kerupuk Basah Khas Bandung, Pedes …

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


resep nasi liwet

Resep Nasi Liwet Rice Cooker Khas Sunda …

resep batagor

Resep Batagor Ikan Tenggiri Pangsit Khas Bandung …

resep rendang daging

Resep Rendang Daging Sapi Padang Asli Enak …

Resep kornet

Resep Membuat Kornet Daging Sapi Sendiri Di …

resep kari ayam pedas

Resep Kari Ayam Pedas Khas Nusantara Yang …

cara membuat iga kambing bakar kecap

Cara Membuat Iga Kambing Bakar Kecap Aroma …

RESEP TERBARU

 

martabak-manis-pandan

Cara Membuat Martabak Manis Pandan Keju Special

September 11, 2016

cara-membuat-martabak-telur

Cara Membuat Martabak Telur Daging Kari Special …

September 7, 2016

cara membuat sushi 1

Cara Membuat Sushi Jepang Ala Indonesia Enak …

September 5, 2016

martabak manis ketan hitam

Martabak Manis Ketan Hitam (Martabak Black Sweet) …

September 3, 2016

martabak manis terang bulan

Martabak Manis Terang Bulan Praktis, Cukup Pake …

September 1, 2016

cara membuat sambal kincung

Cara Membuat Sambal Kincung (Kecombrang) Khas Nusantara

August 24, 2016

kue sus isi vla vanila susu

Kue Sus Isi Vla Vanila Susu, Garing …

August 18, 2016

KATEGORI RESEP MASAKAN

 

Resep Camilan

Resep Diet

Resep Internasional

Resep Kue

Resep Minuman

Resep Nusantara

Resep Puding

Resep Sehat

ARCHIVES

 

September 2016

August 2016

July 2016

June 2016

May 2016

April 2016

March 2016

February 2016

Resep Asik Copyright © 2016. About | Privacy Policy | Disclaimer | Contact

 

 

 

web kesehatan

 Home Kesehatan Lifestyle Nutrisi & Makanan Topik Produk Cari artikel…

asiancancer banner

Menu Makan Sehat untuk Sahur dan Berbuka PuasaWeb Kesehatan MAKANAN & NUTRISI Updated: 15/06/2015

Perubahan waktu makan di bulan Ramadhan perlu diimbangi dengan menu makan sehat dan seimbang agar tidak menyebabkan gangguan pencernaan serta masalah kesehatan lainnya. Menu makan yang sehat juga penting untuk menjaga kondisi Anda tetap bugar selama berpuasa di siang hari.

 

Sponsored Links

 

 

Pada prinsipnya, tubuh tetap memiliki kebutuhan nutrisi yang sama dengan saat kita tidak berpuasa. Meski jumlah makanan yang masuk tubuh mungkin berkurang, gizinya tetap harus tercukupi. Oleh karena itu, kita harus pintar-pintar mengatur menu dan pola makan.

 

Jika di hari biasa kita membagi asupan tersebut ke dalam tiga kali makan, kebutuhan ini harus dipenuhi saat sahur dan berbuka di bulan puasa. Atau, Anda bisa juga membaginya sebanyak tiga kali yaitu saat sahur, berbuka, dan setelah salat tarawih. Yang jelas, menu makan sehat untuk sahur dan berbuka harus meliputi sumber karbohidrat, protein, vitamin, mineral, serat, dan cairan.

 

Yang perlu disediakan saat sahur

 

Saat berpuasa, kita dilarang untuk makan dan minum dari adzan subuh hingga magrib. Padahal, masih banyak aktivitas dan pekerjaan yang harus diselesaikan. Agar tubuh tidak lemas dan tetap sehat, usahakan untuk tidak melewatkan waktu sahur. Meski disunahkan untuk mengakhirkan sahur, sediakan waktu yang cukup agar tidak tergesa-gesa dalam menikmati makanan.

 

Karbohidrat

Pemilihan sumber karbohidrat sangat penting untuk menentukan ketersediaan energi Anda. Pilih sumber karbohidrat kompleks seperti beras merah, roti gandum utuh, sereal, oat, kentang, lentil, dan lain-lain. Karbohidrat kompleks dicerna tubuh secara bertahap sehingga dapat menjaga kenaikan kadar gula darah (glukosa) dan memberikan ‘rasa kenyang’ yang lebih lama.

 

Protein dan lemak

Meski perlu dibatasi, lemak tetap dibutuhkan tubuh untuk mencerna vitamin A, D, E, dan K. Penambahan lemak dalam makanan juga dapat memperlambat metabolisme gula dan mempertahankan energi lebih lama. Pilih sumber lemak tak jenuh yang sehat seperti yang diberikan kacang-kacangan, minyak zaitun, minyak canola, atau ikan laut (tuna, salmon, dll.)

 

menu sehat puasa

[ilustrasi] Protein dan lemak sehat untuk sahur.

Saat cadangan karbohidrat dan lemak habis terpakai, protein akan digunakan sebagai sumber energi utama oleh tubuh. Untuk mencegah hilangnya massa otot, selalu penuhi kebutuhan protein lewat konsumsi telur, tempe, tahu, ikan, daging ayam tanpa kulit, atau produk peternakan rendah lemak lainnya. Protein juga diperlukan untuk memperbaiki sel yang rusak dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Sayur dan buah

Sembelit atau susah BAB merupakan salah satu gangguan pencernaan yang sering muncul di bulan puasa. Untuk mencegahnya, kebutuhan serat harus dipenuhi lewat sayur dan buah-buahan. Makanan kaya serat juga dicerna perlahan oleh tubuh, memberi rasa kenyang lebih lama, dan dapat mencegah lonjakan asam lambung.

 

Baca juga: Makanan untuk mencegah susah BAB.

 

Sayur dan buah pun mengandung berbagai vitamin, mineral, dan senyawa fitokimia lain yang diperlukan oleh tubuh. Dibandingkan mengkonsumsi satu jenis sayur dan buah-buahan tertentu, cobalah untuk mengkombinasikan atau memvariasikan menu agar gizi yang diserap tubuh juga beragam. Kurangi buah dan sayur yang merangsang produksi gas seperti kol dan kubis.

 

Sponsored Links

 

 

Cairan

Kecukupan cairan saat berpuasa penting untuk mencegah dehidrasi. Jika jumlah yang disarankan per hari adalah 2 liter atau 8 gelas, bagi pemenuhannya saat sahur, buka, dan malam menjelang tidur. Tak hanya air putih, Anda bisa mengkonsumsi jus dan buah segar yang juga menyediakan vitamin dan mineral. Misalnya saja semangka, melon, dan jeruk. Air kelapa juga baik dikonsumsi karena kandungan elektrolitnya.

 

Selain itu, ada juga susu murni steril yang mudah diserap tubuh dan dapat menjaga stamina Anda sepanjang hari selama bulan Ramadhan.

 

Yang perlu disediakan saat buka puasa

 

Berbuka puasa merupakan salah satu saat yang paling dinanti selama bulan Ramadhan. Meski demikian, bukan berarti Anda bisa makan sembarangan dan berlebihan untuk melampiaskan nafsu yang tertunda seharian. Jika tidak berhati-hati, makanan yang Anda konsumsi justru dapat meningkatkan berat badan, kolesterol, dan menyebabkan gangguan pencernaan. Manfaat puasa Ramadhan bagi kesehatan pun tidak bisa Anda dapatkan secara optimal. Jaga porsi makan agar tetap normal dengan memperhatikan kandungan keseimbangan nutrisinya.

 

Karbohidrat

Sama dengan saat sahur, mengkonsumsi sumber karbohidrat kompleks seperti gandum utuh dan beras merah akan memberikan energi yang lebih stabil untuk tubuh. Ada baiknya mengkonsumsi makanan berat setelah tarawih untuk menghindari rasa malas dan mengantuk.

 

Protein dan lemak

Ikan laut dan telur baik dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein dan lemak sehat. Protein nabati seperti kedelai juga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tidak suka atau alergi dengan produk hewani. Ahli gizi dari Physicians Committee for Responsible Medicine di Amerika juga menyarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan berbasis tumbuhan selama Ramadhan karena dapat menurunkan risiko kanker, serangan jantung, dan penyakit kronis lainnya.

 

menu sehat untuk buka puasa ramadhan

Sayur dan buah baik untuk mengganti cairan tubuh selama puasa.

Sayur dan Buah

Sayur dan buah-buahan disarankan untuk dikonsumsi sebanyak masing-masing 2 porsi dalam sehari. Bagilah 2 porsi tersebut saat sahur dan berbuka. Salah satu buah yang paling populer saat berbuka adalah kurma. Selain disarankan oleh Nabi Muhammad SAW, konsumsi kurma saat berbuka juga memberikan banyak manfaat kesehatan. Namun, jangan lupa untuk menjaga porsinya agar kadar gula darah tidak terlalu melonjak.

 

Sayur dan buah juga dapat dimanfaatkan sebagai alternatif takjil yang lebih sehat dibandingkan gorengan dan fast food. Apalagi, keduanya memiliki kadar air tinggi yang dapat menghindarkan tubuh dari dehidrasi setelah berpuasa. Anda dapat mengolahnya menjadi salad, jus, maupun masakan lain. Tentunya dengan cara pengolahan yang sehat dan menghindari penggunaan gula dan garam yang berlebihan.

 

Cairan

Minum setidaknya 2 gelas air saat berbuka dan sebelum tarawih, serta 2 gelas air lagi sebelum tidur. Pilih air putih, jus buah dan sayur segar, smoothie, atau air kelapa agar tubuh tetap terhidrasi. Disarankan juga untuk menambahkan ketimun dan tomat, yang mengandung banyak cairan, ke dalam menu buka puasa Anda.

 

Pada dasarnya, Anda mengetahui bahwa semua kebutuhan nutrisi makro harus dipenuhi di setiap hidangan sahur dan berbuka, termasuk cairan. Lalu, menu makanan sehat apa yang biasa Anda siapkan untuk keluarga Anda saat sahur dan berbuka?

 

 

 

Baca juga:

 

 

Artikel kesehatan terkait:

 

Tips Sehat Selama Puasa Ramadhan

Tips Sehat Selama Puasa Ramadhan

In “Hidup Sehat”

Tips Sehat dan Bugar Menjalankan Puasa

Tips Sehat dan Bugar Menjalankan Puasa

In “Kesehatan”

Cara Menurunkan Berat Badan di Bulan Puasa

Cara Menurunkan Berat Badan di Bulan Puasa

In “Berat Badan”

Manfaat Puasa Ramadhan bagi Tubuh dan Kesehatan

Manfaat Puasa Ramadhan bagi Tubuh dan Kesehatan

In “Kesehatan”

Mengapa Kurma Baik untuk Berbuka Puasa?

Mengapa Kurma Baik untuk Berbuka Puasa?

In “Makanan & Nutrisi”

Tips Berpuasa Untuk Penderita Diabetes dan Penyakit Jantung

Puasa memang memiliki manfaat yang luar biasa, namun untuk beberapa orang masalah bisa menu makan sahur muncul apabila puasa tidak dilakukan dengan cara yang benar. Contohnya saja bagi penderita diabetes dan penderita penyakit jantung. Mereka termasuk kedalam kelompok orang yang harus berhati-hati dalam menjalankan ibadah puasa, karena apabila salah dalam penerapannya maka bisa…

In “Kesehatan”

Tags: Puasa

HomeHidup SehatMakanan & NutrisiMenu Makan Sehat untuk Sahur dan Berbuka Puasa

LEAVE A REPLY

 

 

Comment Text*

 

Name*

 

Email*

 

Website

SUBMIT

 

Paling banyak dibaca…

10 Makanan untuk Menambah Berat Badanmu

Top 5 Susu & Suplemen Penambah Berat Badan

8 Tips Menambah Berat Badan dengan Cepat

Cara Meningkatkan Nafsu Makan

18 Makanan Terbaik untuk Penderita Diabetes

Minum Susu Sebelum Tidur untuk Menambah Berat Badan

Penyebab Gatal di Selangkangan dan Cara Mengatasinya

14 Makanan untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

10 Masker dan Scrub Alami untuk Menghilangkan Komedo

Alpukat – Kandungan Gizi dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Artikel Lainnya:

mengatasi susah buang air besar / sembelit

Makanan Terbaik untuk Mengatasi Susah Buang Air Besar (Sembelit)

buah dan sayur untuk jantung

Buah dan Sayuran Terbaik untuk Kesehatan Jantung

makanan peningkat sistem kekebalan tubuh

14 Makanan untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

manfaat jeruk untuk kesehatan

Kandungan Nutrisi Jeruk dan Manfaatnya bagi Kesehatan

manfaat minum teh

8 Manfaat Teh untuk Kesehatan

Artikel Terbaru

hasil pengobatan kanker

Cryosurgery Memberikan Harapan Hidup Bagi Pasien Kanker Paru Stadium 4

kisah melawan kanker payudara

Kisah Violet Pasien Kanker Payudara Asal Afrika Dalam Melawan Kanker

tips bibir kering

12 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Ikuti kami di…

TAUTAN

 

Kandungan & Manfaat Buah

Menghitung BMI (Body Mass Index)

Kalkulator Prediksi Masa Subur

MENU SITUS

 

Home

Cari Artikel

Peta Situs

About Us

Pasang Iklan

Hubungi Kami

Web Kesehatan Copyright © 2016.

SumoMe

Focus Retriever

FacebookFacebook LikeTwitterGoogle+WhatsAppSumoMe menu makan sahur

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.