menu buka dan sahur

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


x Login Lupa Password? Daftar Baru Arsip menu buka dan sahur Konsultasi Artikel Kesehatan Cari Dokter Tanya Dokter

 

 

 

Login Menu Sehat Buka Puasa dan Sahur by TanyaDok.com | Kesehatan Umum Penyajian menu yang sehat saat berbuka puasa dan sahur menjadi pilihan yang tepat agar puasa lancar dan tubuh tidak mudah lemas. Penyajian menu yang sehat saat berbuka puasa dan sahur menjadi pilihan yang tepat agar puasa lancar dan tubuh tidak mudah lemas. Namun, bagi sebagian orang pilihan menu yang beragam dan banyak pilihan membuat asupan kalori berlebihan, sehingga berat badan saat puasapun naik. Konsumsi menu buka dan sahur makanan dan minuman yang banyak dan beragam terutama saat berbuka menyebabkan perut terasa penuh, alhasil berat badan pun ikut naik. Pada puasa kali ini, TanyaDok menampilkan menu yang cocok untuk berbuka dan sahur. Menu dengan kandungan kalori yang pas tidak menyebabkan Sobat gemuk. Tentunya, pilihan bahan makanan yang tepat juga memiliki peran yang besar, seperti halnya nasi merah. Nasi merah bisa dijadikan bahan makanan untuk menu buka puasa dan sahur karena tidak

 

 

 

menyebabkan tubuh epat lapar. Begitu halnya dengan minuman, Sobat bisa memilih jenis minuman yang tepat, seperti air putih, jus atau minuman tak berpengawet lainnya. Yuk intip infografik di bawah ini mengenai menu sehat buka puasa dan sahur yang pasti bikin Sobat tahan lapar dan tidak gemuk saat puasa.  Terapkan dan konsumsi menu sehat dan bergizi di bawah ini yang tak kalah lezat dengan menu lainnya!   Menu Buka Puasa dan Sahur Masih ada pertanyaan seputar menu buka puasa dan sahur? Yuk tanya di sini! Jangan pusing cari ke mana lagi Sebelum cari obat, tanya dokter langsung dari Aplikasi ProSehat di HP Android Anda Install Aplikasi ProSehat dari Google PlayStore menu buka dan sahur sekarang. IKLAN IKLAN : Buku Panduan Lengkap Ibu Hamil IKLAN Tentang Kami Portal Kesehatan TanyaDok.com adalah cara hidup sehat modern. Memberikan akses kesehatan kapan pun di mana pun bagi keluarga Indonesia dengan jejaring sosial, informasi kesehatan terpercaya, tanya-jawab dokter online, dan rujukan kepada pelayanan kesehatan. Didukung hampir 300 Dokter yang tergabung dengan jejaring pelayanan kesehatan yang luas. Selengkapnya di sini. Cara Penggunaan Tanyadok Q & A Daftar Gratis di sini Gunakan sistem TanyaDokter Tunggu Notifikasi Jawaban Dokter ke Email Sobat Ketentuan Penggunaan Situs Ketentuan Umum Halaman Topik Khusus Hari Kesehatan Dunia 2014 Hari Kesehatan Dunia 2013 Hari Tuberkolosis Sedunia TanyaDok Peduli Bencana Hidup Sehat Seimbang Bulan Peduli Alzheimer Dunia Lowongan Kerja Copyright ©2016 TanyaDok.com dengan hati untuk sobat

 

Jawaban TanyaDok.com di : https://www.tanyadok.com/artikel-kesehatan/menu-buka-puasa-dan-sahur

 

 

Beranda

Konsultasi

Youtube

#CaraSehat

Menyembuhkan

 

Enter search keywords here …

 

MENU SEHAT BERBUKA menu buka dan sahur PUASA DAN SAHUR

Bagaimana memilih menu sehat berbuka puasa dan sahur selama menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan?  Kebanyakan orang memiliki kecendrungan makan berlebihan di bulan puasa, apalagi hidangan di bulan Ramadhan biasanya dibuat lengkap dan istimewa. Padahal, hidangan yang nikmat saja tanpa menu buka dan sahur memenuhi gaya makan yang sehat dan prinsip gizi seimbang bisa membuat puasa jadi berantakan.Selain mudah mengantuk dan badan menjadi lemas, menu berbuka dan sahur yang kurang sehat juga bisa membuat kadar kolesterol melonjak.

 

Dalam berpuasa yang harus ditekankan nilai spriritualnya. Puasa akan menjadi percuma kalau kita hanya merubah jam makan yang harusnya siang menjadi malam. Menurut ahli nutrisi Wied Harry Apriadji, dalam analisa nutrisi, orang yang hanya minum air putih menu buka dan sahur selama 40 hari tidak akan sakit dan meninggal. Kebutuhan nutrisinya juga akan terpenuhi. Saat puasa seharusnya kita tidak banyak keinginan dan kita dalam situasi yang lebih tenang sehingga nutrisi lebih hemat karena tidak banyak terkuras oleh hal-hal yang tidak perlu.

 

Untuk menjaga agar tubuh tetap fit dan berstamina selama menjalani puasa, simak tip menu berbuka dan sahur dari dr.Phaidon L.Toruan, sport nutritionist berikut ini:

 

Saat Berbuka :

 

Minum yang manis alami tanpa gula. Air kelapa, jus buah melon atau semangka  dan buah lainnya. Hindari gula pasir karena akan menyebabkan efek yoyo pada timbangan nantinya di hari Raya, dan memberi dampak kesehatan yang kurang baik

Karbohidrat kompleks akan lebih baik plus makanan yang tidak digoreng. Nasi putih, dan makanan gorengan akan membuat ngantuk saat tarawih. Gorengan mengikat oksigen darah sampai 20%

Pasca buka puasa, konsumsi lagi air putih. Usahakan mulai buka puasa sampai tidur minimal masuk air 1 liter.

 

 

Saat sahur:

 

Utamakan air, vitamin, dan elektrolit. Artinya, minum air putih dan buah-buahan, atau jus buah tanpa gula. Air kelapa juga boleh. Caranya minum air kelapa dulu, dan karena sifat elektrolit di air kelapa , maka kita akan masih merasa haus baru dilanjutkan dengan minum air putih. Ketika tidur tubuh kita kehilangan berat 1-2 kg, dan itu adalah air. Jadi memulai puasa dengan restorasi cairan adalah langkah yang baik.

Pilih menu utama yang terdiri dari karbohidrat kompleks seperti nasi merah, ubi, spageti, atau bubur kacang hijau dengan gula aren.  Jenis karbohidrat ini lebih “tahan lama” dalam membuat gula darah stabil, sehingga mood menjadi relatif lebih baik.

Jangan lupakan serat, baik dari sayur atau buah. Selain membersihkan usus, serat adalah “sapu alami” yang membantu membersihkan sisa daging di sela- usus.

Pilih lemak sehat atau minyak yang tidak digoreng, seperti zaitun, minyak kelapa atau flaxseed oil. Misalnya dalam bentuk sambal. Lemak membuat pergerakan makanan di perut menjadi lambat, sehingga lebih tahan lapar. Akan tetapi kalau diasup minyak gorengan, baik menu buka dan sahur dari makanan siap saji yang dibeli semalam sebelumnya, atau menggoreng langsung, maka kita memasukkan radikal bebas ke dalam tubuh kita. Akibatnya manfaat puasa secara fisiologis berkurang.

Sedangkan ini adalah saran dari Dr. H. Anies, MKK, PKK, Dosen Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Undip, Semarang, dalam memilih menu sehat berbuka puasa dan sahur.

 

Saat berbuka mulailah dengan minuman manis hangat dan makanan ringan yang mudah dicerna. Bisa teh manis, sirop, ditemani kurma, pisang goreng, atau pisang sale. Setelah kadar gula darah berangsur-angsur normal bisa dilakukan shalat magrib.

Setengah jam kemudian barulah nikmati menu utama. Makanlah secukupnya. Dua jam kemudian, setelah shalat tarawih, dapat menyantap hidangan yang masih ada.

Makan sahur jangan dianggap sepele. Tidak jarang orang enggan bangun, padahal makan sahur sangat penting untuk mengimbangi zat gizi yang tidak diperoleh tubuh selama sehari berpuasa. Makan sahur jangan asal kenyang, tetapi harus bergizi tinggi. Hidangan sahur harus bisa menjadi cadangan kalori dan protein serta membuat lambung tidak cepat hampa makanan. Dengan demikian, rasa lapar tidak cepat dirasakan. Makanan yang cukup mengandung protein dan lemak adalah; nasi, telur, dendeng, rendang, ikan dan tentu saja sayuran.

Menerapkan Food Combining Selama Puasa

 

Wied Harry yang pernah menerapkan pola makan Food Combining dengan cara mengonsumsi buah dan sayur secara terpisah, dan porsinya sama dengan asupan karbohidrat serta protein ke dalam tubuh. Selain itu, protein dan karbohidrat juga tidak dimakan bersamaan.  Pola makan seperti itu dibuat dengan mempertimbangkan lamanya proses pencernaan dalam tubuh agar nutrisi zat makanan dapat diserap secara sempurna.

 

Pola makan semacam itu tetap diterapkan saat menjalankan puasa. Meskipun porsi makan menjadi lebih sedikit. Namun, dengan penyerapan maksimal, tubuh tetap dapat menjalankan aktivitas sehari-hari secara normal.

 

Selamat menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan.

 

(Di sadur dari berbagai sumber)

 

Tweet

Follow @kabarsehat

*Anda Ingin Berkonsultasi dapat melalui “Ruang Konsultasi” Silahkan

 

 

 

Cara Hidup Sehat Lainnya:

Menu Sehat Food Combining dan Siklus Sistem PencernaanMenu Sehat Food Combining dan Siklus Sistem Pencernaan

Menu Sehat Alami Wied Harry ApriadjiMenu Sehat Alami Wied Harry Apriadji

15 Tips Pola Makan Sehat Yang Wajib Diketahui15 Tips Pola Makan Sehat Yang Wajib Diketahui

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineDiggSambung0

 February 23, 2015  Redaksikabarsehat.com  Menu Sehat  1 Comment

Menu Sehat Berbuka Puasa

 

 

 

GOOGLE APPS

 

Download Kabar Sehat Apps

DOWNLOADS FREE EBOOK

 

Meditasi Hening (1,000.0 KiB, 175 hits)

RECENT COMMENTS

 

Trisn on Lobak Membuang Asam Urat dan Membersihkan Ginjal

Muhammad Azka Fariky on Lobak Membuang Asam Urat dan Membersihkan Ginjal

Sarjono Drsmm on Reza Gunawan: Self Healing dan Mengenali Diri Yang Sejati

ARTIKEL POPULER

 

Lobak Membuang Asam Urat dan Membersihkan Ginjal – 55,657 views

Menyembuhkan Diri Sendiri (Self Healing) Dengan Terapi Energi – 17,589 views

Obsesif Kompulsif::Jika pikiran terperangkap dalam ketidakpastian – 17,451 views

Jenis Gangguan Kejiwaan Pada Manusia – 17,334 views

9 Cara Agar Jantung Sehat – 16,407 views

Delapan Tanda Kecerdasan Spiritual – 15,510 views

Reza Gunawan: Self Healing dan Mengenali Diri Yang Sejati – 15,286 views

ABOUT KABARSEHAT.COM

Kabarsehat.com adalah sebuah media informasi online yang fokus pada aspek kesehatan holistik.

 

Kesehatan holistik yang menjadi panduan dari kabarsehat.com adalah kesehatan yang mencakup elemen body, mind, soul dan spirit atau tubuh, pikiran, jiwa dan roh.

 

FOLLOW US

Twitter

Facebook

Google+

QUOTE

Tanah di nusantara adalah tempat yang  menu buka dan sahur secara alami sangat cocok bagi tanaman-tanaman obat.

Pikiran adalah sumber penyakit utama masyarakat dunia saat ini.

Sukma merupakan jati diri seseorang yang membedakannya dari pribadi yang lain. Pribadi manusia itu tidak boleh diisi atau digantikan dengan sukma atau pribadi lain yang bukan jati dirinya, yang dapat menjadikannya pribadi yang berbeda yang bukan sejatinya dirinya. Jika ada sukma atau pribadi lain dalam diri seseorang, itu bukanlah sejatinya dirinya. #sukmasejati

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Tanah di nusantara adalah tempat yang secara alami sangat cocok bagi tanaman-tanaman obat. menu buka dan sahur Pikiran adalah sumber penyakit utama masyarakat dunia saat ini. Sukma merupakan jati diri seseorang yang membedakannya dari pribadi yang lain. Pribadi manusia itu tidak boleh diisi atau digantikan dengan sukma atau pribadi lain yang bukan jati dirinya, yang dapat menjadikannya pribadi yang berbeda yang bukan sejatinya dirinya. Jika ada sukma atau pribadi lain dalam diri seseorang, itu bukanlah sejatinya dirinya. #sukmasejati

Tanah di nusantara adalah tempat yang secara alami sangat cocok bagi tanaman-tanaman obat.

(c) Kabarsehat.com 2016

ABOUTCONTACTPRIVACY POLICYSITEMAP

 

 

Website ini menggunakan cookies, dengan melanjutkan penggunaan laman ini, anda setuju atas syarat dan ketentuan, kebijakan mengenai data privasi dan cookies kami.  Tutup

 

TENTANG FUTUREADY

CARI PRODUK ASURANSI

KONTEN

KLAIM

 DAFTAR  MASUK

 

KESEHATAN

 

Cari apapun di website kami

5 Menu Buka Puasa Sehat dan Tidak Bikin Gemuk

21 Juni 2016

0

share facebookShare  share twitterTweet  share google_plusShare 

0

share linkedinshare

 5 Menu Buka Puasa Sehat dan Tidak Bikin Gemuk

Menu buka puasa sehat dan tidak bikin gemuk tampaknya agak susah diterapkan di Indonesia. Ungkapan “Berbukalah dengan yang manis-manis” sudah sangat akrab di telinga kita ketika berbuka puasa.

Padahal, dibutuhkan menu buka puasa yang sehat agar tubuh tetap bugar dan tidak bikin gemuk. Bagaimana ya menu buka puasa sehat untuk tubuh?

 

Menu yang Bikin Gemuk Saat Buka Puasa

 

Tubuh memang membutuhkan sesuatu yang manis ketika berbuka puasa, agar kadar gula dalam tubuh tetap terjaga. Namun, tidak semua makanan yang manis baik untuk tubuh, tentunya kita harus memilah jenis makanan yang akan kita konsumsi saat berbuka puasa.

Makanan manis dan gorengan selalu menjadi pilihan utama pada saat berbuka puasa, yang menjadi penyebab seseorang mengalami kenaikan berat badan. Pola makan yang baik menjadi poin penting saat berbuka puasa agar tubuh tidak mengalami kenaikan berat badan.

 

Inilah Menu Buka Puasa yang Sehat dan Tidak Bikin Gemuk

 

Inilah 5 menu buka puasa sehat dan tidak bikin gemuk, yang bisa Anda konsumsi pada saat buka puasa nanti:

  1. Konsumsi Air Putih

 

Saat puasa tubuh mengalami dehidrasi dan banyak membutuhkan cairan. Tentunya Anda membutuhkan air putih agar tubuh tetap terjaga kesegarannya. Hindari minuman yang mengandung banyak pemanis buatan karena gula dapat membuat gemuk.

 

  1. Konsumsi Kurma

 

Jika berbicara mengenai menu buka puasa yang sehat tentunya tak terlepas dari makanan yang satu ini, yaitu kurma. Tidak hanya sebagai makanan yang disunahkan, tetapi ternyata kurma memiliki kandungan vitamin yang kaya yaitu vitamin A, B12, dan B2.

 

Selain vitamin, kurma juga kaya akan kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, kalium, natrium, fosfor, dan mineral lainnya. Makanya, tidaklah mengherankan jika kurma menjadi hidangan favorit di kala berbuka puasa.

 

  1. Konsumsi Buah–Buahan

 

Buah-buahan sangat dianjurkan, baik sebagai makanan berbuka puasa maupun sahur, karena buah mudah dicerna oleh usus. Pilihlah buah yang banyak mengandung vitamin dan mineral, seperti pisang, apel, pepaya, melon, anggur, mangga, dan buah lainnya.

 

Sebaiknya hindari buah durian yang mengandung gas di dalamnya. Saat puasa, tubuh akan mengalami kekosongan selama 13-14 jam per hari. Perut akan terisi oleh gas yang terkandung dalam durian yang menyebabkan Anda akan buang angin serta merasa mual.

 

BACA JUGA : MENU SEHAT BUKA PUASA BERSAMA DI KANTOR

 

  1. Konsumsi Sayur

 

Sama halnya dengan buah, sayur juga menjadi pilihan yang tepat untuk menu sehat berbuka puasa. Dengan banyaknya kandungan vitamin, mineral, serta kaya akan serat, sayur dapat menjaga kesehatan tubuh.

 

Konsumsilah sayuran hijau, seperti bayam dan sawi yang kaya akan serat. Kandungan zat besi pada sayuran hijau dapat meningkatkan sel darah merah yang sangat baik untuk penderita anemia.

 

  1. Konsumsi Ikan

 

Dibandingkan dengan daging merah atau daging unggas, ikan sangat baik untuk tubuh karena memiliki kandungan protein yang baik. Selain memiliki kandungan omega 3 yang dapat meningkatkan kecerdasan otak pada saat puasa, ikan juga dapat menyehatkan jantung.

 

Untuk mendapatkan manfaat baik ikan sebaiknya konsumsi ikan dengan cara dikukus agar kandungan vitamin tidak rusak pada saat diolah. Segera santap ikan yang telah disajikan sebagai menu berbuka puasa Anda.

 

Itulah contoh menu buka puasa sehat dan tidak bikin gemuk. Selain 5 menu makanan tersebut, masih banyak lagi menu buka puasa sehat dan tidak bikin gemuk. Tetapi kelima menu tersebut sudah dapat mewakili menu-menu lainnya.

Perhatikan juga pola makan pada saat berbuka puasa dan sahur agar tubuh tetap sehat dan bugar setiap hari di bulan puasa.

BACA JUGA : MAKANAN SEHAT UNTUK BUKA PUASA TAPI TIDAK SEHAT UNTUK SAHUR

TOPIK: MAKANAN SEHAT, BULAN PUASA, BUKA PUASA

0

share facebookShare  share twitterTweet  share google_plusShare 

0

share linkedinshare

 

ARTIKEL TERKAIT

 Inilah Makanan Penyebab Kanker Prostat

Inilah Makanan Penyebab Kanker Prostat

 Turunkan Kolesterol Saat Idul Adha, Konsumsi Makanan Berikut Ini

Turunkan Kolesterol Saat Idul Adha, Konsumsi Makanan Berikut Ini

 Tips Mencegah Kolesterol Saat Idul Adha.

Tips Mencegah Kolesterol Saat Idul Adha.

 5 Keajaiban Serat Untuk Maksimalkan Nutrisi Tubuh

5 Keajaiban Serat Untuk Maksimalkan Nutrisi Tubuh

 

Silahkan masuk atau daftar untuk kirim pesan

 

 

 

KIRIM KOMENTAR

 tanya ahli

PUNYA MASALAH SEPUTAR KESEHATAN, KEUANGAN, SERTA ASURANSI & PROTEKSI?

Cari tahu jawabannya melalui artikel pembahasan topik terkait dan tanya jawab dari para Ahli Futuready

 

 kalkulator

NANTIKAN SEGERA FITUR INTERAKTIF KALKULATOR FUTUREADY!

Dan dapatkan gambaran umum mengenai tingkat kesiapan masa depan Anda dan keluarga.

 

 ads

TOP KONTEN

 

5 Cara Jitu Mengatur Gaji untuk 30 Hari

KEUANGAN

5 Cara Jitu Mengatur Gaji untuk 30 Hari

Apa Anda merasa kurang dengan gaji bulanan? Berikut cara jitu mengatur serta mengelola dalam manajemen keuangan yang baik agar gaji Anda cukup untuk sebulan.

Cara Mengobati Penyakit Tipes Agar Tidak kambuh lagi

KESEHATAN

Cara Mengobati Penyakit Tipes Agar Tidak kambuh lagi

Bagaimana agar penyakit tipes tidak kambuh lagi karena sampai saat ini saya sudah dua kali terkena tipes.

Badan Pegal-Pegal Setiap Bangun Tidur

KESEHATAN

Badan Pegal-Pegal Setiap Bangun Tidur

Badan pegal-pegal saat bangun tidur di pagi hari. Bagaimana mengatasinya?

Penyakit Diabetes Bisa Sembuh Total?

KESEHATAN

Penyakit Diabetes Bisa Sembuh Total?

Jika sudah terkena diabetes, penderitanya tak bisa sembuh total. Karena itu, Anda perlu tahu menu buka dan sahur beberapa cara mencegah penyakit diabetes. Apa saja?

Intip Tema Kostum Yang Bisa Menjadi Ide Saat Karnaval 17 Agustus

KELUARGA

Intip Tema Kostum Yang Bisa Menjadi Ide Saat Karnaval 17 Agustus

Lomba 17an untuk anak menjadi salah satu agenda wajib dalam perayaan kemerdekaan. Berikut ini beberapa contoh tema kostum karnaval 17 Agustus yang bisa menjadi inspirasi untuk memeriahkan karnaval.

Flek Paru-Paru Pada Bayi

KESEHATAN

Flek Paru-Paru Pada Bayi

Apa pengaruh flek paru-paru pada tubuh? Apa yang harus dilakukan agar cepat sembuh?

Mengenal Hukum Waris di Indonesia

KEUANGAN

Mengenal Hukum Waris di Indonesia

Warisan sering menimbulkan perselisihan dan bahkan pecahnya persaudaraan. Untuk itu mengenal hukum waris sangat penting.

 

INFORMASI

Hubungi KamiSyarat & KetentuanKebijakan PrivasiFAQPeta Situs

NEWSLETTER

 

masukkan email Anda disini

OK

TEMUKAN KAMI

facebooktwitterinstagramlinkedinyoutubeyoutube

                Senin – Jumat (10.00 – 16.00 WIB)

                (021) 21884988

               

PT FUTUREADY INSURANCE BROKER ALL RIGHTS RESERVED 2016               menu buka dan sahur

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.