mengukur bmi

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Selamat beraktivitas para mengukur bmi sahabat blogger sekalian,

 

Pada kesempatan postingan kali ini, saya akan sedikit berbagi ilmu tentang apa yang sudah saya dapatkan selama menuntut ilmu di farmasi. Ilmu tersebut adalah ilmu tentang kesehatan umum, atau lebih biasa kita kenal sebagai cara cara untuk menjaga kesehatan tubuh kita. mengukur bmi Apabila para sahabat ditanya “Apakah Anda sudah merasa tubuh Anda ideal?“. Saya yakin para sahabat akan selalu menjawab iya (bagi sahabat yang betah malu), namun ada juga para sahabat yang menjawab saya memang tidak ideal (kalo yang ini untuk sahabat yang jujur dan punya banyak anak di rumah, hehe).

 

Pertanyaan tersebut memang akan sangat sensitif bila kita menanyakannya pada seorang wanita yang sudah berstatus “Emak“. Karena biasanya pertanyaan tersebut mengandung unsur ejekan. Namun ada juga para emak yang memiarkan saja karena menganggap hal tersebut cuman bahan guyonan. Jadi mereka hanya menganggap itu hanya pertanyaan bodoh, hehe. mengukur bmi Pada postingan ini, saya akan mengenalkan apa yang dimaksud dengan BMI (Body Mass Index) kepada para sahabat blogger. BMI merupakan suatu index merupakan sebuah pengukuran yang membandingkan berat badan dengan tinggi badan. BMI bermanfaat untuk mengukur prosentase lemak tubuh dan mengestimasikan berat badan yang ideal bagi tiap orang.

Dengan melakukan pengukuran BMI, kita bisa mengontrol berat badan kita. Selai itu, BMI juga digunakan sebagai acuan untuk menyebutkan apakah seseorang itu obesitas atau nggak. Hal ini cukup penting karena jika seseorang itu telah obesitas, maka orang tersebut akan rawan terserang penyakit degeneratif seperti jantung dan juga diabetes.

 

Bagi para sahabat yang ingin melakukan perhitungan BMI, para sahabat bisa mengunjungi link di bawah ini

 

Hitung BMI via Kompas Health

 

 

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Isikan berat badan (Kg), tinggi badan (cm) dan usia para sahabat
  2. Pilih jenis kelamin para sahabat
  3. Pilihlah level aktivitas para sahabat
  4. Tekan Kirim
  5. BMI Anda sudah terhitung, keterangannya bisa dibaca sendiri oleh para sahabat

 

Hitung BMI via Soyjoy

 

 

Caranya mengukur bmi adalah

  1. Isikan berat badan (Kg) dan tinggi badan (cm) para sahabat
  2. Klik Submit
  3. BMI Anda sudah terhitung, keterangannya bisa dibaca sendiri oleh para sahabat
  4. Apabila sahabat ingin memperoleh tips sehat tentang BMI Anda, para sahabat bisa mengklik kata Tips di line yang sebelah kanan gambar

 

Kalo saya sudah mencoba dan hasil menunjukkan bahwa BMI saya bernilai 24,9, yang artinya berat badan dan tinggi badan saya masih ideal. Kalo para sahabat berapa ya?

 

Silahkan di share di sini untuk mengetaui nilai BMI sahabat blogger yang lain juga. Semoga para sahabat juga  sama seperti saya yang masih tergolong ideal. Semoga postingan ini bermanfaat bagi para sahabat. Body mass index (BMI), atau disebut juga Quetelet Index, adalah kalkulasi yang digunakan untuk menentukan jumlah lemak tubuh seseorang. mengukur bmi BMI memberikan cara yang konsisten pada para ahli medis untuk mengetahui berat badan pasiennya, dan cara yang objektif untuk mendiskuksikannya dengan mereka.

 

BMI juga sangat berguna untuk menyarankan tingkat resiko dari pasien terhadap penyakit yang berhubungan dengan obesitas.

 

Deskripsi

 

BMI adalah kalkulasi statistik yang dimaksudkan sebagai sarana untuk melakukan penaksiran. BMI bisa diterapkan pada sekelompok orang untuk menentukan trend, atau bisa juga diterapkan secara individual.

 

Saat diterapkan pada individual, hanya satu dari beberapa penaksiran yang digunakan untuk menentukan resiko terhadap penyakit yang berhubungan dengan berat badan (underweight, overweight, atau obese).

 

Sejarah BMI

 

Formula yang digunakan untuk menghitung BMI itu sudah dikembangkan selama lebih dari 100 tahun yang lalu oleh seorang ahli matematik asal Belgia, Lambert Adolphe Quetelet.

 

Quetelet, yang menyebut kalkulasinya Quetelet Index of Obesity, adalah salah seorang ahli statistik pertama yang menerapkan konsep regular bell-shaped statistical distribution pada fisika dan fitur dari tingkah laku manusia.

 

Dia percaya bahwa dengan mengukur dan menganalisa statistik secara seksama, maka karakteristik dari populasi bisa ditentukan secara matematis.

 

Penjelasan secara matematis dari karakteristik khusus populasi mengarahkannya pada konsep hipotesis “orang rata-rata,” yang mengukur antara satu individu dengan individu lainnya.

 

Dalam usahanya untuk menjelaskan hubungan antara berat yang satu dengan berat yang lain dalam orang rata-rata, dia mengembangkan formula untuk menghitung body mass index.

 

Untuk menghitung BMI dibutuhkan dua ukuran, yaitu berat dan tinggi badan. Untuk menghitung BMI menggunakan satuan metrik, berat dalam kilogram (kg) dibagi dengan tinggi badan dalam satuan meter (m).

 

Sedangkan untuk mengkalkulasikan BMI dalam satuan imperial, berat dalam pound (lb) dibagi dengan tinggi badan dalam inchi (in), kemudian di kali dengan 703.

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


 

Hasil kalkulasi tersebut menghasilkan angka yang menjadi BMI seseorang. Angka ini, jika dibandingkan dengan distribusi statistik dari BMI untuk orang dewasa yang berusia 20-29 tahun, akan menunjukkan apakah berat badan orang tersebut kurang, rata-rata, berlebih, atau obese.

 

Kelompok usia 20-29 tahun dipilih sebagai standard karena mewakili orang dewasa yang sudah berkembang secara penuh pada titik dalam kehidupan mereka saat secara statistik mereka punya lemak tubuh paling sedikit.

 

Formula untuk menghitung BMI pada anak-anak itu sama dengan orang dewasa, namun hasilnya diterjemahkan dengan cara yang berbeda.

 

Meski formula untuk menghitung BMI itu dikembangkan pada pertengahan 1800-an, namun penggunaannya di masih jarang sebelum pertengahan tahun 1980-an.

 

Sebelum BMI mulai umum digunakan, kegemukan atau kekurusan seseorang ditentukan melalui tabel yang menunjukkan jenjang berat badan ideal, atau jenjang berat menurut tinggi badan.

 

Tinggi badan diukur dalam interval satu inchi, dan berat badan jenjang berat badan ideal diukur secara terpisah menurut jenis kelamin. Informasi yang digunakan untuk mengembangkan tabel berat ideal ini berasal dari data yang dikumpulkan selama beberapa dekade dan dikompilasi oleh perusahaan asuransi.

 

Tabel tersebut menentukan probabilitas dari kematian yang berhubungan dengan tinggi dan berat badan, dan telah digunakan oleh perusahaan untuk menentukan rating asuransi jiwa.

 

Data tersebut tidak menyertakan orang-orang yang mempunyai penyakit kronis, atau mereka yang tidak bisa mendapat asuransi jiwa karena faktor kesehatan.

 

Ketertarikan untuk menggunakan BMI di Amerika mulai meningkat sejak awal tahun 1980-an, saat para peneliti mulai prihatin terhadap perkembangan penduduk Amerika.

 

Mengartikan perhitungan BMI pada orang dewasa

 

Orang dewasa yang berusia 20 tahun keatas dievaluasi menggunakan skala BMI yang sama, yaitu jika BMI-nya:

 

dibawah 18.5 = Underweight

18.5 – 24.9 = Normal

25,0 – 29,9 = Overweight

30 atau lebih = Obese

Sebagian peneliti menganggap BMI 17 atau kurang itu sebagai indikasi dari adanya masalah kesehatan yang serius akibat kekurangan nutrisi.

 

Di negara-negara yang berkembang, BMI 17 yang serendah itu tanpa adanya penyakit seringkali menjadi indikasi dari anorexia nervosa.

 

Sedangkan BMI 40 atau lebih mengindikasikan obesitas yang tidak wajar sehingga sangat beresiko untuk berkembangnya penyakit yang berhubungan dengan obesitas, misalnya stroke, serangan jantung, dan diabetes type 2.

 

Mengartikan perhitungan BMI pada anak-anak dan remaja

 

Formula yang digunakan untuk menghitung BMI pada anak-anak yang berusia 2 – 20 tahun itu sama dengan formula yang digunakan pada orang dewasa. Namun hasilnya diartikan dengan cara yang berbeda.

 

Interpretasi dari BMI untuk anak-anak menyertakan pertimbangan bahwa jumlah lemak tubuh akan berubah saat anak-anak mengukur bmi tumbuh, dan bahwa jumlah lemak tubuh itu berbeda pada anak laki-laki dan perempuan dengan usia dan berat badan yang sama.

 

Anak-anak tidak dikelompokkan secara langsung menurut BMI-nya, melainkan BMI-nya tersebut dibandingkan dulu dengan anak-anak lain dengan usia dan jenis kelamin yang sama.

 

Anak-anak tersebut diberi nilai persentase menurut BMI mereka. Persentase ini menyediakan perbandingan antara berat mereka dengan berat dari anak-anak lain yang seusia dan berjenis kelamin sama.

 

Sebagai contoh, jika seorang remaja putri berada pada tingkat 75 persen untuk kelompok usinya, berarti 75 orang dari 100 anak yang seusianya punya berat badan lebih ringan dibanding dirinya, dan 25 dari 100 anak punya berat badan lebih berat dari dirinya.

 

Home » Langsing » Cara Mengukur Body Mass Index Yang Benar

Cara Mengukur mengukur bmi Body Mass Index Yang Benar

 

 

 

Ingin tahu cara mengukur BMI dengan benar? Memiliki berat badan seimbang sehingga proporsional dengan tinggi badan itu memang penting. Namun bagi sebagian orang ini relatif sulit dilakukan. Bisa karena tubuh yang kurang gerak atau olah raga, gaya hidup yang kurang sehat, atau memang anda punya bakat gemuk.

 

Apa itu BMI? BMI adalah singkatan dari Body Mass Index. Secara singkat bisa kita sebut sebagai indeks dari massa tubuh kita. Dari indeks yang didapatkan dari rumus penghitungan BMI tadi, kita bisa mengambil kesimpulan apakah kita ini terlalu kurus, normal, mengukur bmi ataukah kegemukan. Dari hasil tersebut, kita kemudian bisa mengambil langkah harus bagaimana untuk mengatasi kekurusan, kegemukan, atau cara mempertahankan BMI normal kita.

 

Ok, kita langsung saja.

 

Cara Mengukur Body Mass Index

 

 

BMI didapat dengan membagi berat badan seseorang (dalam kg) dengan tinggi badannya (dalam hitungan meter) yang sudah di pangkat dua-kan. mengukur bmi

 

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.