menghitung body mass index

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Apa Itu BMI (Body Mass Index)? menghitung body mass index Vista Bunda  /  November 4, 2013  /  No Comments

Share

BMI dan status berat badan – VistaBundaDotCom

 

Pengertian BMI (Body Mass Index)

BMI (body mass index) atau indeks massa tubuh adalah angka yang menyatakan perbandingan berat badan (dalam kilogram) terhadap kuadrat tinggi badan (dalam meter). BMI bukan suatu besaran sehingga tidak memiliki satuan.

 

Kegunaan BMI

BMI adalah salah satu indikator kadar relatif lemak tubuh seseorang yang sudah dewasa dengan usia 20 tahun ke atas. BMI digunakan untuk menentukan menghitung body mass index status berat badan seseorang apakah seseorang memiliki badan yang terlalu kurus, ideal, atau terlalu gemuk. BMI membantu menilai status berat badan seseorang terhadap resiko masalah kesehatan akibat kekurangan atau kelebihan berat badan. BMI tidak bisa digunakan untuk diagnosis kondisi kesehatan seseorang. Dokter menggunakan BMI untuk menilai status berat badan seseorang berkaitan dengan resiko masalah kesehatan tertentu. Untuk mendiagnosis kondisi seseorang, dokter akan melakukan pemeriksaan medis.

 

Cara Menghitung BMI

Untuk mengetahui BMI seseorang, maka harus diketahui terlebih dahulu berat badan (dalam satuan kilogram) dan tinggi badan (dalam satuan meter) orang tersebut. Berat badan diukur dengan menggunakan timbangan badan, dan tinggi badan diukur dengan meteran.

 

Rumus menghitung BMI dan cara menghitung BMI

Interpretasi BMI untuk Menentukan Status Berat Badan

Berikut status berat badan berdasarkan angka BMI

 

Angka BMI kurang dari 18,5 artinya berat badan kurang

Angka BMI  18,5 – 24,9 artinya berat badan normal atau ideal

Angka BMI 25 – 29,9 artinya kelebihan berat badan

Angka BMI 30 atau lebih artinya kegemukan atau obesitas

BMI dan Status Berat Badan

Angka BMI yang terlalu rendah menunjukkan bahwa seseorang terlalu kurus sehingga meningkatkan resiko gangguan kesehatan. Angka BMI yang terlalu tinggi menujukkan bahwa seseorang terlalu gemuk sehingga meningkatkan resiko gangguan kesehatan. Orang yang terlalu kurus disarankan untuk meningkatkan berat badannya sampai kisaran berat badan ideal, demikian pula untuk orang yang terlalu gemuk disarankan untuk mengurangi berat badannya sampai kisaran menghitung body mass index berat badan normal. Kelemahan BMI sebagai Indikator Status Berat Badan Penggunaan BMI untuk mengukur status berat badan seseorang memiliki beberapa kelemahan. Oleh karena itu penggunaan BMI untuk memperkirakan status berat badan belum tentu cocok untuk semua orang. Berikut beberapa kekurangan BMI.

 

BMI tidak mempertimbangkan faktor umur. Perhitungan BMI untuk orang lanjut usia cenderung kurang dari estimasi.

BMI tidak mempertimbangkan faktor massa otot. Perhitungan BMI untuk atlit olahraga cenderung lebih dari estimasi.

BMI tidak mempertimbangkan faktor kehamilan. Perhitungan BMI untuk wanita saat hamil cenderung lebih dari estimasi.

BMI tidak mempertimbangkan faktor bentuk rangka tubuh sehingga rentang BMI untuk suatu populasi tertentu berbeda dengan rentang BMI populasi lainnya. Misalnya bentuk rangka tubuh orang Asia berbeda dengan rangka tubuh orang Eropa atau Afrika.

 

 

 

 

inShare

 

Related Posts

Manfaat makan ubi jalar – VistaBundaDotCom8 Manfaat Makan Ubi Jalar 5 Manfaat Minum Teh Hijau untuk Kesehatan5 Manfaat Minum Teh Hijau untuk Kesehatan 8 Jenis Sayuran yang Membantu Menurunkan Tekanan Darah8 Jenis Sayuran yang Membantu Menurunkan Tekanan Darah

About Author

 

 

admin

VistaBunda.Com adalah situs penyedia informasi tentang Bunda dan Keluarga

 

Post A Comment

Comment

Name

Email

Website

SEND

 

Search

Cara Cepat Hamil

 

 

 

POPULARRECENT

Apa Penyebab Anak Malas Belajar?

Apa Penyebab Anak Malas Belajar?

8 Manfaat Bangun Lebih Pagi

8 Manfaat Bangun Lebih Pagi

Apa Penyebab Orang Tidak Bisa Menabung?

Apa Penyebab Orang Tidak Bisa Menabung?

6 Manfaat Tidur Bersama Bayi (Bagi Ibu dan Bayi)

6 Manfaat Tidur Bersama Bayi (Bagi Ibu dan Bayi)

10 Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri

10 Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri

Topik

 

Aktivitas FisikAnakASIBahan MakananBalitaBayiberat badanBuahCeritaDepresiDiabetesGinjalGiziHipertensiJusKeamananKebugaranKecerdasanKepribadianKeuanganKhasiatKhasiat BuahKolesterolLemakMainanMakananManfaatMasakanMinumMinumanMotivasiOlahragaOsteoporosisPenyakitPerawatanPermainanSayurSayuranSeratSerat MakananTasTekanan DarahTipsVitaminYogurt

PARENTING

 

Apa Manfaat Mengerjakan PR bagi Anak?

Cara Memilih Tas Sekolah yang Baik untuk Anak

6 Penyebab Anak Susah Makan

KESEHATAN

 

Bahaya Radang Sendi, Akibatkan Penyakit Kanker

Jaga Kesehatan Tulang dengan 3 Sahabat dan Jauhi 1 Musuh

Apa Manfaat Olahraga Renang bagi Kesehatan?

KEHAMILAN

 

8 Tanda Awal Kehamilan

8 Manfaat Senam Hamil

Waspadai Praeklampsia dan Eklampsia pada Saat Hamil

PAGES

 

About

Arsip

Contact Us

Disclaimer

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Privacy Policy

VistaBunda.Com Copyright © 2016. Copyright VistaBunda.Com. Back to Top ↑

 

BLOG

ABOUT

ARCHIVES

Deddy Andaka’s Blog

Normalkah Body Mass Index (BMI) Anda?

by DEDDY ANDAKA on menghitung body mass index AUGUST 1, 2008

Body Mass Index (BMI) atau dalam bahasa Indonesia disebut Index Masa Tubuh (IMT) adalah sebuah ukuran “berat terhadap tinggi” badan yang umum menghitung body mass index digunakan untuk menggolongkan orang dewasa ke dalam kategori Underweight (kekurangan berat badan), Overweight (kelebihan berat badan) dan Obesitas (kegemukan). Rumus atau cara menghitung BMI sangat mudah, yaitu dengan membagi berat badan dalam kilogram dengan kuadrat dari tinggi badan dalam meter (kg/m²). Rumus BMI Lalu hasil dari BMI tersebut dapat dicocokkan pada Tabel Klasifikasi Internasional dari Underweight, Overweight dan Obesitas pada Orang Dewasa yang disepakati oleh organisasi kesehatan dunia, WHO sebagai berikut : Klasifikasi BMI menurut WHO

 

Contoh: Berat badan saya adalah 77 kg dan tinggi saya adalah 176 cm. Maka BMI saya adalah 77/(1,76)² = 24.86 kg/m². Bila dicocokkan dalam tabel di atas maka saya masih masuk dalam kategori normal.

 

Nilai BMI dipengaruhi oleh usia namun sama pada kedua jenis kelamin. Nilai BMI dapat tidak sesuai pada derajat kegemukan dari populasi yang berbeda, dalam hubungannya dengan perbedaan proporsi tubuh. Sebagai contoh, ada orang Amerika dan orang Asia yang memiliki nilai BMI yang sama. Namun dilihat dari kenyataan, orang Asia tersebut memiliki proporsi massa lemak yang lebih banyak dari pada massa otot dibandingkan dengan orang Amerika. Analogi lain, mana yang lebih berat ‘lemak 40kg + otot 10kg’ atau ‘lemak 20kg + otot 30kg’ ? Sama saja kan?

 

Lalu apa gunanya mengetahui nilai BMI?

 

Dengan mengetahui nilai BMI maka kita dapat mengetahui apakah kita masuk dalam kategori kurang berat badan, normal, atau kelebihan berat badan dan obesitas (kegemukan). Resiko penyakit yang berhubungan dengan derajat kegemukan seperti penyakit jantung, kencing manis bahkan stroke dapat dilihat dari nilai BMI. Sederhananya, BMI adalah alarm peringatan bagi kesehatan anda!

 

Memang, lebih mudah mendiagnosis obesitas ketimbang memperbaikinya. Namun mengingat mempertahankan berat badan yang sehat mampu mengurangi resiko penyakit jantung 35-55% maka ini adalah target yang penting.

 

Nah, untuk mempermudah menghitung nilai BMI anda, saya menyediakan kalkulator BMI di sidebar blog ini. Cukup dengan memasukkan berat dan tinggi badan, maka anda dapat mengetahui berapa nilai BMI beserta di kategori mana anda berada. Sebagai tambahan, disertakan juga berat badan ideal atau yang direkomendasikan agar anda dapat mencapai nilai BMI yang normal.

 

Selamat mencoba! Be Healthy, Be Happy! 😉

 

Rating: 8.3/10 (27 votes cast)

Normalkah Body Mass Index (BMI) Anda?, 8.3 out of 10 based on 27 ratings

blogger delicious digg facebook linkedin posterous reddit stumble twitter rss

Tagged as: Berat Badan, BMI, Diet, Health Calculator, Rumus

 

{ 72 comments… read them below or add one }

← PREVIOUS COMMENTS

 

 

Home

About Me

Bonus

Contact Me

Copyright by Copyscape

Disclaimer

Pelatihan Gratis

Privacy Policy

Sitemap

Cara Menurunkan Berat Badan

Informasi cara menurunkan berat badan yang bagus untuk kita2

Home

Cara – Cara

Informasi

Diet

Olahraga

Produk

Kalkulator

my twitter my facebook Cara Menurunkan Berat Badan

0

BMI Kalkulator

Kalkulator ini digunaka untuk menghitung body menghitung body mass index  mass index kita, untuk penjelasannya ada dibawah.

Body Mass Index

Penghitungan BMI menggunakan rumus matematika yang dihitung dari tinggi dan berat badan seseorang. BMI sama dengan berat (kg) di bagi dengan tinggi pangkat 2.

BMI yang berada di antara 25 sampai 29,9 menandakan bahwa orang tersebut kelebihan berat badan. Seseorang dengan BMI 30 atau lebih bisa dibilang termasuk obesitas. Perhitungan BMI tidak mempertimbangkan tingkat lemak pada tubuh, jadi walaupun tubuh anda penuh dengan otot – otot, BMI bisa menyatakan itu sebagai lemak, sehingga walaupun tubuh anda penuh dengan otot, bukan lemak. BMI bisa menyatakan hal itu sebagai obesitas menghitung body mass index, jadi pertimbangkan hal itu ketika mengukur BMI anda.

Jadi, BMI tidak membedakan antara lemak yang berlebih dengan otot.

Jika seorang yang sering trainning dan memiliki otot yang besar, BMI mengkategorikannya sebagai obesitas. Tentu saja ini tidak benar. Sangat sulit untuk membuat satu perhitungan yang bisa cocok dengan semua bentuk tubuh. Beberapa etnis juga memiliki tulang yang kuat sehingga hasilnya pun kurang tepat.

Tabel BMI

 

 

Apakah artikel ini sudah bagus?

 

 

 

 

Share to Facebook

Kami berbagi sambil

menemukan cara menurunkan berat badan paling efektif

Kami sudah menemukan banyak hal yang sebaiknya anda tahu

 

Nama Panggilan…

 

Email…

 

 

Mari Bergabung

Apa Pendapat Anda Mengenai Pos Yang Satu Ini?

 

 

 

Cara Menurunkan Berat Badan Copyright diethuteri.com menghitung body mass index

 

 

 

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.