mencari berat badan ideal

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Menghitung Berat mencari berat badan ideal Badan Ideal | BMI (Body Mass Index)

 

 

 

Berat badan adalah salah satu masalah yang sering di hadapi kebanyakan orang terutama oleh kalangan perempuan. Hal ini dikarenakan karena berat badan juga mempengaruhi penampilan seseorang. Selain itu berat badan juga mencerminkan status gizi seseorang. Seseorang dikatakan kekurangan gizi atau mencari berat badan ideal kelebihan gizi, hal ini bisa dilihat dari berat badan seseorang. Status gizi seseorang dapat dilihat dari perbandingan antara tinggi badan dengan berat badan seseorang. Berikut beberapa cara menghitung Berat Badan Yang Ideal.

 

 

 

Berat Badan Ideal Bayi (Anak 0-12 bulan)

Rumus = (umur (bln) / 2 ) + 4

 

Berat Badan Ideal untuk Anak (1-10 tahun)

Rumus = (umur (thn) x 2 ) + 8

 

Remaja dan dewasa

Rumus = (TB – 100) x 90%

 

Ibu Hamil :

Rumus = BBI + (UH x 0.35)

 

BBIH = Berat Badan Ibu Hamil

UH = Umur Kehamilan dalam Minggu

0.35 = tambahan berat badan kg per minggunya

 

Penjelasannya sbb:

BBI = (TB-110) jika Tinggi Badan diatas 160 cm

BBI = (TB-105) jika Tinggi Badan dibawah 160 cm

BBI = (TB-100) jika Tinggi Badan dibawah 150 cm

* TB = Tinggi Badan (cm)

 

BMI (Body Mass Index)

Banyak sekali manfaat menjaga berat badan ideal sepanjang hidup Anda. Berat badan ideal akan membuat penampilan kalian menjadi lebih menarik. Selain itu, berat badan ideal juga dapat mengurangi risiko terserang penyakit. Kelebihan berat badan atau obeksitas dapat menyebabkan berbagai mencari berat badan ideal macam penyakit seperti gangguan pernafasan, jantung koroner, tekanan darah tinggi, diabetes, stroke serta gangguan hormonal.

Salah satu cara sederhana dan paling umum digunakan untuk menentukan tingkat obesitas (tingkat kegemukan) seseorang adalah dengan menggunakan Indeks Massa Tubuh (IMT) atau Body Mass Index (BMI). Dengan Body Mass Index, seseorang dengan dapat dikategorikan normal, kurus, atau gemuk. Nilai BMI dapat dihitung dengan menggunakan rumus sebagai berikut:

 

 

Cara mencari berat badan mencari berat badan ideal ideal dengan rumus Brocha

Jika anda memiliki tubuh yang tidak ideal, entah terlalu kurus atau terlalu gemuk, cara mencari berat badan ideal sebaiknya anda ketahui. Dengan demikian anda bisa selalu mengontrol berat badan untuk menjadi ideal. Misalnya anda memiliki badan yang terlalu kurus dan anda mengikuti program cara mencari berat badan ideal menggemukkan badan, anda bisa pantau berat badan anda setiap saat. Begitu juga sebaliknya jika anda memiliki berat badan terlalu gemuk dan sedang melakukan program diet.

 

cara mencari berat badan ideal

 

Akan tetapi harus diakui bahwa Cara mencari berat badan ideal masih jarang diketahui oleh sebagian masyarakat indonesia. Karena masih cukup banyak yang belum mengetahui akan pentingnya memiliki berat badan yang ideal atau masih jarang diketahui bahayanya memiliki badan yang  mencari berat badan ideal terlalu kurus atau terlalu gemuk. Karena artikel ini tidak membahas masalah pentingnya memiliki berat badan ideal dan hanya membahas tentang cara mencari berat badan ideal, maka langsung saja lihat pembahasan dibawah ini !

 

Cara mencari berat badan ideal menggunakan rumus Brocha

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Rumus Brocha sering dijadikan acuan dalam menentukan berat badan ideal seseorang. Berikut adalah cara menggunakan rumus brocha untuk menghitung berat badan ideal anda.

 

Rumus Brocha untuk menghitung berat badan ideal wanita

Berat wanita ideal = (Tinggi badan – 100) – (15% x (Tinggi badan – 100))

Contoh kalkulasinya pada wanita yang memiliki tinggi badan 175 cm, berapakah berat idealnya:

(175 – 100) – (15% x Tinggi badan – 100) = 75 – (15% x 75) = 75 – 11,25 =  63.75 Kg

Maka berat badan ideal wanita dengan tinggi 175 cm adalah 63.75 kg

Nambah: Prosentase 15% bisa dirubah menjadi 10% dengan syarat jika wanita tersebut memiliki kondisi badan yang sehat dan sangat bugar.

 

Rumus Brocha untuk menghitung berat badan ideal pria

Berat pria ideal = (Tinggi badan – 100) – (10% x (Tinggi badan – 100))

Contoh kalkulasinya jika diterapkan pada pria dengan tinggi badan 175 cm, berapakah berat idealnya:

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


(175 – 100) – (10% x (Tinggi badan – 100)) = 75 – (10% x 75) = 75 – 7,5 = 67.5 Kg

Maka berat badan ideal pria mencari berat badan ideal menurut rumus brocha adalah 67.5 kg

 

Coba anda perhatikan lebih detail kedua cara mencari berat badan ideal untuk wanita dan pria diatas. Walaupun memiliki tinggi yang sama, maka berat badan ideal untuk pria ataupun wanita berbeda. Hal ini memang secara lahiriah seorang wanita akan memiliki berat dibawah seorang pria. Jika ditemukan dua orang pria dan wanita yang memiliki tinggi badan dan berat badan yang sama persis, maka ada 1 hal yang tidak ideal. Bisa jadi seorang pria yang agak kurus atau kemungkinan yang kedua seorang wanitanya yang agak kegemukan. Dengan asumsi perhitungan menggunakan rumus brocha diatas.

 

Sudah saatnya anda selalu kontrol berat badan anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jika terlalu gemuk, sudah banyak artikel yang menjelaskan tentang bahayanya dan bagaimana melakukan program diet yang sehat. Sebaliknya jika terlalu kurus juga cukup banyak artikel mencari berat badan ideal yang beredar bagaimana melakukan program gemuk yang sehat. Nah, satu lagi yang masih jarang disinggung orang yaitu mengenai ramuan alami untuk menggemukkan badan. Jika anda pengen gemuk, kami sarankan anda konsumsi madu gemuk badan yang 100% bahannya dari herbal alami yang tidak memiliki efek samping bahan kimia. Silahkan lihat selengkapnya pada pembahasan disini.

 

Kembali ke pembahasan cara mencari berat badan ideal. Karena rumus ini sangat sederhana, maka anda bisa dengan mudah menghitung sendiri dirumah, jika merasa agak susah bisa menggunakan bantuan kalkulator.

Silahkan catat dalam memo harian anda atau bisa dicatat pada memo di handphone atau komputer anda mengenai cara mencari berat badan ideal untuk pria atau untuk wanita diatas. Karena kami yakin rumus ini penting dan barang kali anda membutuhkan dikemudian hari nanti, Semoga bermanfaat.

 

Dok, saya mau tanya.. bagaimana ya cara yang tepat untuk menghitung berat badan saya yang ideal.. saat ini TB saya 172cm dan BB saya 85kg, dan saya sudah mulai mengalami kesulitan utk berjalan jauh. Thx Before..

 

 Quote

lefris 

  1. Mira Iskandar

 Dokter

Nov 20, 2016 at 08:14 PM

 

Halo, Rumus berat badan ideal dihitung dengan: Wanita: (Tinggi badan-100)-10% Pria: Tinggi badan – 100 Indikator lain yang lebih penting yang digunakan untuk mengetahui ideal atau tidaknya berat badan Anda adalah indeks massa tubuh (IMT). IMT dihitung dengan cara membagi berat badan dalam kilogram dengan tinggi badan dalam meter yang dikuadratkan. Dengan rumus tersebut, penghitungan IMT yang Anda miliki adalah 85 kg dibagi dengan 1,72×1,72, hasilnya 28,73 kg/m2. IMT yang normal mencari berat badan ideal adalah 18,5-24,9 sedangkan kelebihan berat badan ditandai dengan IMT antara 25-29,9 kg/m2. Lakukan penurunan berat badan secara bertahap, yaitu sekitar 0,5-1kg per minggu. Artikel untuk Anda baca: Pemahaman indeks massa tubuh Menurunkan berat badan secara realistis Semoga bermanfaat, dr.Mira

 

 Quote

lefris 

lefris

Anggota

Nov 21, 2016 at 08:02 AM

 

oke dok terimakasih atas penjelasannya, apakah bisa di bantu dok untuk proses penurunan BB nya, saya harus konsumsi makanan apa saja?

 

 Quote

lefris 

  1. Mira Iskandar

 Dokter

Nov 21, 2016 at 10:42 AM

 

Halo, Pola makan yang disarankan dalam menurunkan berat badan adalah pola makan teratur dengan mencari berat badan ideal gizi seimbang. Aktif bergerak termasuk melalui olahraga juga sangat disarankan. Berikut ini makanan yang disarankan:

 

karbohidrat seperti nasi, sereal, mie, bihun atau kentang sebaiknya hanya menempati 1/3 porsi makan

pilih sumber protein yang rendah lemak, misalnya ikan, ayam dada tanpa kulit

konsumsi buah dan sayur lebih dari 5 porsi per hari

hindari makanan manis seperti kue, biskuit, minuman manis

batasi konsumsi gorengan dan makanan siap saji

minum air putih sebelum makan dapat memberi efek kenyang sehingga menghindarkan dari konsumsi makanan berlebihan

sarapan sehat jangan dilewatkan, misalnya pisang dan telur rebus

makan lebih sering dengan porsi lebih sedikit (misalnya 5-7 kali per hari dengan porsi kecil) dibanding 3 kali langsung kenyang

Cukup tidur, olahraga secara teratur (misalnya aerobik 150 menit per minggu) juga dapat menunjang kesuksesan penurunan berat badan. Artikel: Menurunkan berat badan secara realistis 7 Cara mudah menurunkan berat badan Semoga bermanfaat, dr.Mira mencari berat badan ideal

 

 

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.