makanan yang dapat menurunkan berat badan

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


8 Kelebihan Susu makanan yang dapat menurunkan berat badan Almond Dibanding Susu Lainnya

Bangun Tidur Langsung Lapar? Ini Penyebabnya

Apa yang Terjadi Kalau Saya Kebanyakan Makan Vitamin?

7 Makanan yang Tak Diduga Bisa Mengandung Bahan Kimia

Hello Sehat > Hidup Sehat > Cara Menghitung Indeks Massa Tubuh (Body Mass Index)

Cara Menghitung Indeks Massa Tubuh (Body Mass Index)

Oleh Ajeng Quamila 

Data medis direview oleh Thu Truong, PharmD.

Klik untuk membagikan di Facebook(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi pada makanan yang dapat menurunkan berat badan Twitter(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi pada Tumblr(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi via Google+(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di Linkedln(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di Line new(Membuka di jendela yang baru)

Cara Menghitung Indeks Massa Tubuh (Body Mass Index)

“Menjaga berat badan sehat akan menghindari Anda dari berbagai macam penyakit,” petuah emas ini sudah sering kali Anda dengar dari waktu ke waktu, seperti kaset rusak. Tapi, memelototi timbangan mungkin tidak akan cukup. Di sinilah Body Mass Index (BMI), alias indeks massa tubuh, memainkan perannya. makanan yang dapat menurunkan berat badan “Indeks massa tubuh adalah cara yang baik untuk menilai apakah berat badan Anda sehat atau tidak,” kata Jessica Crandall, RD, pendidik diabetes bersertifikat dan juru bicara nasional untuk Academy of Nutrition and Dietetics, dikutip dari Daily Burn.

 

Apa itu indeks massa tubuh?

 

Indeks massa tubuh adalah metrik standar yang digunakan untuk menentukan siapa saja yang masuk dalam golongan berat badan sehat dan tidak sehat. Indeks massa tubuh alias BMI membandingkan berat badan Anda dengan tinggi badan Anda, dihitung dengan membagi berat badan dalam kilogram dengan tinggi badan dalam meter kuadrat.

 

Ilustrasi BMI

Ilustrasi BMI (source: whathealth.com)

Misalnya, Anda ingin mencari tahu apakah Anda normal atau obesitas. Anda memiliki berat badan 80 kilogram dan tinggi 1,75 m (175 centimeter).

 

Pertama, kalikan tinggi badan dalam kuadrat: 1,75 x 1,75 = 3,06. Selanjutnya, bagi angkat berat badan dengan hasil kuadrat tinggi badan: 80/3,06 = 26,1. Terakhir, bandingkan angka BMI Anda (26,1) dengan kategori berat badan yang tercantum di bawah ini:

 

≤ 18,5 = Berat badan kurang

18,5 – 24,9 = Berat badan normal

24,9 – 29,9 = Berat badan berlebih

≥ 30 = obesitas

Dengan begitu, angka BMI alias indeks massa tubuh Anda menyatakan bahwa Anda memiliki kelebihan berat badan.

 

Meski BMI Anda tidak memberikan evaluasi menyeluruh dari kesehatan Anda, BMI unggul sebagai metode hitung-hitungan mudah yang dapat memberikan informasi dasar terhadap masalah berat badan Anda secara keseluruhan. Tapi, BMI mengangkat banyak perdebatan – inilah sebabnya.

 

Kenapa indeks massa tubuh tak bisa makanan yang dapat menurunkan berat badan jadi tolak ukur berat badan ideal

 

Dilansir dari Live Science, BMI bukanlah metode pengukuran ideal dan akurat, serta tidak bisa menjelaskan penyebab dari masalah berat badan seseorang. Ketika mendefinisikan berat badan sehat, satu jenis pengukuran definitif tidak bisa diberlakukan untuk semua, tandas Dr. Rexford makanan yang dapat menurunkan berat badan Ahima, profesor kedokteran dari University of Pennsylvania sekaligus co-peneliti dari jurnal terbitan Science tahun 2013.Berdasarkan pedoman BMI, individu yang memiliki angka lebih dari 30 berada dalam peningkatan risiko kematian akibat penyakit jantung, diabetes, kanker, dan sejumlah gangguan kesehatan serius lainnya. Indeks massa tubuh yang rendah mungkin mengindikasikan Anda kekurangan gizi.

 

Yang jadi permasalahan, BMI tidak memasukkan lemak (tidak mengindikasikan distribusi lemak tubuh) dalam perhitungannya. Lemak perut meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan kematian, sementara lemak periferal (lemak di bawah kulit di berbagai bagian tubuh lainnya) mungkin lebih berbahaya, penelitian menunjukkan. Saat seseorang mengidap penyakit kronis, memiliki cadangan lemak dalam tubuh mungkin bisa memberikan cadangan energi tambahan.

 

  1. Tidak ada pertimbangan jenis kelamin, usia, ukurang pinggang, dll

BMI juga gagal untuk memperhitungkan perbedaan jenis kelamin (wanita cenderung memiliki massa lemak lebih banyak daripada pria), usia, tingkat aktivitas fisik, komposisi tubuh (berapa banyak perbandingan otot dan lemak tubuh), dan ukuran pinggang (lingkar pinggang di atas makanan yang dapat menurunkan berat badan rata-rata adalah indikator lain dari obesitas dan risiko penyakit terkait). Jadi, misalnya, sebagai wanita, bahkan jika indeks massa tubuh Anda termasuk dalam kategori normal, Anda masih bisa memiliki persentase lemak tubuh yang tinggi.

 

Dan pada beberapa kasus, postur badan tinggi besar, seperti binaragawan (yang bisa terlihat seperti kelebihan berat badan berkat massa ototnya), tidak selalu berarti buruk; banyak orang yang memiliki berat badan di atas “normal” dinyatakan sehat. Selain itu, angka BMI yang rendah mungkin diakibatkan oleh penyakit tertentu atau faktor usia lanjut. Artinya, BMI tidak sepenuhnya mencerminkan risiko kesehatan seseorang.

 

  1. Tidak mempertimbangkan faktor etnis

Perhitungan universal ini juga lalai memperhitungkan grup etnis. Ada banyak perbedaan dalam BMI dan risiko kesehatan antara kelompok etnis. Dikutip dari WebMD, misalnya, etnis Asia cenderung sudah menghadapi risiko kesehatan (termasuk diabetes) pada angka BMI yang lebih rendah daripada orang-orang ras kulit putih. Angka BMI yang sehat untuk orang Asia berkisar antara 18,5-23,9, satu tingkat lebih rendah daripada kisaran standar. Lebih lanjut, orang Asia umumnya dianggap obesitas jika mencapai angka BMI 27 atau lebih tinggi, dibandingkan dengan standar obesitas BMI orang kulit putih, yaitu 30 atau lebih.

 

Kalau sudah tahu berapa indeks massa  makanan yang dapat menurunkan berat badan tubuh kita, apa yang bisa dilakukan?

 

Lantas, mengapa metriks pengukuran ini sangat populer digunakan? Satu faktor utama adalah kemudahan. Untuk sebagian besar orang, BMI menyediakan “pengukuran yang wajar” untuk lemak tubuh, serta kemudahan menghitung berat dan tinggi badan. Selain itu, berdasarkan laporan beberapa studi makanan yang dapat menurunkan berat badan  terbaru, pada beberapa kasus tertentu di mana indeks massa tubuh tergolong tinggi, angka ini bisa berperan sebagai tanda peringatan bahaya dan melindungi seseorang dari kematian akibat penyakit kronis terkait obesitas.

 

Kesimpulannya, jangan hanya terpaku pada BMI dan angka di timbangan berat Anda. Perhatikan pula massa otot dan lingkar pinggang guna memberikan rangkuman yang lebih komprehensif tentang kesehatan general tubuh Anda sesungguhnya. Tubuh setiap orang berbeda, makanan yang dapat menurunkan berat badan maka dari itu BMI tidaklah sempurna untuk perhitungan universal. BMI akan berguna sebagai titik acuan jika digunakan bersama dengan alat monitor lainnya. Ambil keuntungan dari perhitungan BMI dan timbangan berat badan Anda — kemudian gali lebih dalam dengan dokter untuk memastikan apakah Anda sudah berada di jalan yang benar dalam mencapai berat badan ideal Anda.

 

BACA JUGA:

 

Memanfaatkan Air Putih untuk Turunkan Berat Badan

7 Cara Sehat dan Efektif Menaikkan Berat Badan

Olahraga Pagi vs Olahraga Malam, Mana yang Lebih Baik?

Bagikan artikel ini:

Klik untuk membagikan di Facebook(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi pada Twitter(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi pada Tumblr(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi via Google+(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di Linkedln(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di Line new(Membuka di jendela yang baru)

Review Date: December 14, 2016 | Last Modified: December 14, 2016

 

Sumber

ARTIKEL TERKAIT

 Infused Water: Cara Menyenangkan Untuk Memenuhi Kebutuhan Cairan Anda

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


4 Manfaat Minum Infused Water

 

 7 Makanan Terburuk Sebelum Nge-gym

7 Makanan yang Harus Dihindari Sebelum Nge-Gym

 

 efek minuman energi pada kesehatan

5 Efek Buruk Minuman Energi Pada Kesehatan Tubuh

 

 jus juicer blender

Mana Lebih Sehat, Membuat Jus Dengan Juicer Atau Blender?

 

 239867092-Hello-Sehat-1024×683-1024×683

Penyebab Miokarditis, Penyakit Jantung yang Menyerang Anak Muda

 

 113800324-Hello-Sehat-1024×683-1024×683

6 Gejala Serangan Jantung yang Hanya Terjadi Pada Wanita

 

Hidup sehat  Hidup bahagia

 This website is certified by Health On the Net Foundation. Click to verify.

This site complies with the HONcode standard for trustworthy health information: verify here.

HELLO SEHAT

TENTANG KAMI

LOWONGAN

KONTAK KAMI

INFORMASI

KEBIJAKAN

SIAPA KAMI

KEBIJAKAN EDITORIAL

INFORMASI PENTING

SITEMAP

INTERNATIONAL

 

MARI BERTEMAN!

   

© 2017 Hello Health Group Pte. Ltd. All Rights Reserved.

Hello Health Group does not provide medical advice, diagnosis or treatment.

 

KESEHATAN A-Z

OBAT & HERBAL A-Z

HIDUP SEHAT

KEHAMILAN

MARI BERTEMAN!

   

 

Cara Menghitung Berat Badan Normal dan Berat Badan Ideal

 

pic taken from [here]

 

Hai…………~

 

Hampir semua orang mungkin pengen punya berat badan normal dan ideal, tak terkecuali gue. Tapi ternyata masih banyak orang yang bingung atau bahkan belum tau gimana caranya ngitung berat badan normal dan ideal (termasuk gue –“). Berikut ini rumus buat ngitung berat badan normal dan ideal.

 

Buat ngitung berat badan normal kita bisa pake rumus : Tinggi Badan – 100.

Contohnya kayak gue, tinggi badan gue kan 172cm, berarti berat badan normal gue adalah 72Kg.

 

Nah, kalo buat ngitung berat badan ideal bisa pake rumus yang ini : (Tinggi Badan – 100) – ( 10% tinggi badan -100)

 

Contohnya kalo tinggi badan gue 172cm, maka penerapan rumus itu jadi kayak gini (172 – 100) – (10% x (172 – 100) = 72 – 7,2 = 64,8Kg.

 

Kita bisa ngitung berat badan normal dan ideal pake dua rumus itu. Kalo kita tahu berat badan normal ataupun ideal, kita jadi tau apakah berat badan kita kurang ataupun berlebih. Buat ngecek apakah tubuh kita beratnya berlebih atau kurang, kita bisa ngebandingin hasil perhitungan dari kedua rumus itu tadi dengan ketentuan berikut ini::

– Kelebihan Berat Badan / Overweight = Hasilnya 10% s/d 20% lebih besar

– Kegemukan / Obesitas / Obesity = Hasilnya lebih dari 20% dari yang seharusnya

– Kurus = Hasilnya 10% kurang dari yang seharusnya.

 

 

Bagi beberapa orang berat badan mungkin menjadi masalah yang cukup sensitive diperbincangkan, terutama para wanita yang ingin selalu menjaga penampilannya. Jika Anda termasuk orang tersebut, mungkin Anda butuh cara menghitung berat badan ideal. Pasti bingung kan bagaimana caranya? Aplikasi Kalkulator Sehat Android akan membantu Anda.

 

Deskripsi dan Konsep

 

Aplikasi Kalkulator Sehat dibuat oleh developer bernama Gulajava Ministudio. Developer ini memang sudah dikenal membuat aplikasi lokal yang bisa membantu keseharian aktivitas kita. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, aplikasi ini bertujuan untuk mengetahui cara menghitung makanan yang dapat menurunkan berat badan berat badan ideal. Berat badan idela berdasarkan Body Mass Index dan rumus J.B Devine bisa saja dihitung secara manual, namun aplikasi ini menawarkan perhitungan berat badan ideal dengan langkah yang mudah.

 

Konsep yang disuguhkan pada aplikasi ini sebenarnya sederhana. Layaknya kalkulator yang membantu perhitungan matematika, aplikasi ini akan memudahkan perhitungan Anda terkait tinggi, berat badan atau kondisi kesehatan yang lain secara ideal. Jadi Anda tidak perlu membutuhkan rumus dan mengitungnya secara manual, hanya tinggal menginput angka saja sesuai kondisi tubuh Anda saat itu.

 

Design dan User Interface

 

Tak hanya menawarkan kegunaan dari aplikasi, namun developer rupanya juga mengedepankan desain yang sederhana agar orang mudah menggunakannya. Pada halaman Home aplikasi Kalkulator Ideal, Anda langsung dihadapkan dengan beberapa pilihan Menu Utama.

 

Dengan desain tersebut, Anda pasti akan mudah menggunakan aplikasi ini. Warnanya pun tidak akan mengganggu mata Anda. Background memang putih dengan font hitam, tapi ini dirasa cocok karena yang paling utama dari aplikasi ini adalah content atau tulisannya bukan? Bukan desain yang wah, tapi memang hasil dari hitungan berat badan ideal atau artikel kesehatan pada aplikasi ini.

 

Fitur

 

Selain bisa membantu Anda menghitung berat badan ideal, aplikasi ini juga membantu Anda menghitung hal lain yang menyangkut kesehatan Anda. Dalam aplikasi ini terdapat 5 menu utama, seperti Konsumsi Air Minum Harian, Berat Badan Ideal, Tinggi Ideal, Berita Kesehatan dan Riwayat (History).

 

Konsumsi Air Minum Harian akan membantu Anda mengetahui berapa air yang harus Anda konsumsi makanan yang dapat menurunkan berat badan tiap harinya, Anda tinggal memasukkan Umur dan Berat Badan Anda, lalu tekan Hitung yang terletak di sisi kiri bawah layar, maka aplikasi Kalkulator Sehat ini akan mengeluarkan hasil konsumsi air yang harus Anda minum dalam satuan mili liter per hari.

 

Sementara, untuk menjalankan menu Berat Badan pada aplikasi ini, Anda tinggal masukkan berat badan dan tinggi Anda saat ini, aplikasi Kalkulator Sehat akan menjawab apakah berat badan Anda termasuk ideal, terlalu gemuk atau kurus.  Pun demikian juga pada menu Tinggi Badan, Anda hanya memasukkan berat badan Anda saat itu, dan aplikasi ini akan memberi tahu berapa kisaran tinggi badan ideal Anda.

 

Semua hasil perhitungan ini bisa Anda simpan, dan bisa Anda buka sewaktu-waktu pada menu Riwayat (History). Tentu ini berguna buat Anda mengevaluasi hasil olah raga atau diet Anda bukan?

 

Uniknya lagi dari aplikasi Kalkulator Sehat tak hanya sekedar kalkulator kesehatan saja, namun menghadirkan sebuah solusi kesehatan lewat Menu Berita Kesehatan. Pada menu Berita Kesehatan ini Anda bisa menemukan artikel-artikel kesehatan yang sudah pasti berguna bagi Anda. Artikel kesehatannya sendiri diambil dari beberapa situs online.

 

Kesimpulan dan Download

 

Dengan aplikasi Kalkulator Sehat ini tentu Anda akan semakin dimudahkan dalam menjaga kesehatan tubuh Anda. Layaknya kalkulator, Anda tidak perlu repot menghitung secara manual, namun hanya dengan menginput angka-angka  saja, dan langsung keluar hasilnya.

 

Aplikasi Kalkulator Sehat saat ini sudah pada versi 1.2.0, di mana pada versi ini sudah ditambahkan beberapa fitur Berita Kesehatan dan penyimpanan Riwayat yang sudah dijelaskan sebelumnya. Pada versi ini juga sudah mendukung untuk handphone Android yang berlayar besar. Jika Anda tertarik, cukup menyediakan ruang memori sebesar 329 kb dan bisa Anda download secara gratis di Google Play. Ingat! Aplikasi ini hanya berjalan jika Android Anda pada sistem 2.2 ke atas dan terhubung dengan paket data Internet atau WiFi. [HJ] makanan yang dapat menurunkan berat badan

 

 

 

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.