macam timbangan

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Jembatan macam timbangan Timbang Gewinn

 

Berbagai Macam Jenis Timbangan Belt Conveyor Scale

Berbagai Macam Jenis Timbangan Belt Conveyor Scale

 

gewinn14 September 2016Timbangan Digital

timbangan belt conveyor

 

Timbangan sabuk konveyor atau belt conveyor scales merupakan sistem timbangan digital yang berfungsi menimbang barang pada saat dipindahkan. Salah satu contoh penggunaanya adalah pada industri tambang yang merupakan salah satu industri yang paling banyak menggunakan sistem timbangan belt conveyor scales ini. Timbangan jenis ini yang juga merupakan salah satu produk unggulan Gewinn ini merupakan timbangan yang instalasi dan macam timbangan pemasangan dapat dengan mudah dilakukan baik untuk di dalam pabrik, gudang, maupun di alam luar. Tidak hanya konsisten dan akurat dalam penimbangan berat, belt conveyor scale atau timbangan sabuk konveyor dari Gewinn juga tergolong murah, tahan lama, kuat, penggunaan mudah, ekonomis. Selain itu, timbangan ini juga mampu menimbang berat secara akurat dan tepat berbagai macam jenis material yang mengalir di atas sabuk konveyor.

 

Dalam sistem timbangan belt conveyor scale dengan continuous weighing, atau penimbangan sabuk conveyor secara terus menerus, belt scales merupakan alat yang sangat penting dalam sistem penimbangan ini. Terdapat beberapa macam jenis belt scales yang dapat digunakan tergantung dari industri apa timbangan digunakan atau dalam kondisi apa timbangan digunakan. Seperti single idler, multi idler, in motion. Single idler merupakan pilihan praktis yang paling murah dalam menimbang produk dengan biaya yang rendah. Multi idler digunakan pada produk yang lebih besar atau produk yang memerlukan akurasi yang lebih tepat. Tipe timbangan ini memiliki kemampuan tinggi dalam menimbang barang secara tepat pada sabuk yang bergerak cepat. In motion merupakan timbangan yang bagus untuk volume tinggi dan memiliki kapasitas berat yang tinggi pula. Timbangan jenis ini memliki kontrol dan akurasi penghitungan berat yang sangat baik.

 

Timbangan Gewinn ini dilengkapi dengan berbagai macam fitur sehingga dapat beroperasi dengan macam timbangan baik namun tetap mudah digunakan secara efisien. Dimulai dari bahan pembuatannya yang mampu bertahan di lingkungan yang berat seperti situs industri pertambangan, agrobisnis, agrikultur, pertanian, bahan pangan, dan banyak lagi. Selain itu timbangan ini juga dapat dilengkapi dengan layar LCD untuk menampilkan data hasil penghitungan. Data hasil penghitungan juga dilengkapi dengan berbagai data laporan lainnya. Data hasil penghitungan ini juga dapat dengan mudah dipindahkan ke dalam komputer perusahaan anda untuk diolah dalam proses administrasi atau sebagainya.

 

Untuk informasi mengenai jenis timbangan ini, anda dapat menghubungi Gewinn melalui telepon, email, hp, sms, whatsapp, atau mengunjungi kami langsung di alamat kontak yang telah kami sediakan. Anda juga dapat mendownload katalog dan brosur berbagai produk Gewinn di link yang telah kami sediakan di bawah artikel ini.

 

Back To Blog

 

Download Katalog

 

Brosur Jembatan Timbang

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppSambung

 

gewinn

We’d Love To Hear From You. HP / WhatsApp: 082139630089 – 085881828989 – 08129929738 – 081293333188

 

 

 

LOGIN / REGISTER

Alat Kesehatan (Alkes) Online

Toko Alat Kesehatan Online PT Gesunde Medicalindo Persada jual alat kesehatan, alat rumah sakit, alat dokter, alat operasi, alat bidan, dll

0ITEMS

EMPTY CART

Kategori Produk

All

 

Go

 

Cari Produk Disini…

Back to top

Home Page | Artikel Seputar Alkes | Jenis-Jenis Timbangan Bayi

 

Jenis-Jenis Timbangan Bayi

 

 

timbangan bayi digital

 

Timbangan badan bayi ini pada umumnya sering kali kita jumpai di puskesmas, bidan, atau posyandu yang sering kali digunakan untuk memeriksa keadaan bayi anda. Timbangan badan bayi umumnya terdapat dua jenis sistem yaitu sistem manual dan sistem digital. Sistem timbangan badan bayi ini jika yang manual tidak perlu menggunakan baterai berbeda dengan sistem timbangan badan bayi yang digital anda perlu menggunakan macam timbangan daya baterai untuk menghidupkannya, karna timbangan badan bayi digital bekerja secara elektonis berbeda dengan timbangan badan manual yang menggunakan sistem pegas yang menggunakan arus lemah dan indikatornya berupa angka digital pada layar atau LCD. Timbangan badan bayi terdiri dari 2 unit yaitu satu unit untuk alat ukurnya atau mesin pengukur berat badan dan unit kedua merupakan tempat bayi dengan media berbentuk bak yang berfungsi untuk menidurkan bayi agar mudah saat penimbangan.

 

Kami dapat melayani pesanan anda sampai ke seluruh kota di setiap pulau dengan pengiriman menggunakan ekspedisi rekanan kami atau anda bisa datang langsung untuk wilayah JABODETABEK ke toko kami :

 

Wilayah Bogor :  Raya Tajur 256 A, Wangun, Kelurahan. Sindang Sari. Bogor

Wilayah Bintaro : Jalan Senayan Utama Blok HI 2/9 Bintaro Sektor IX, Kel. Pondok Pucung, Kec. Pondok Aren

Wilayah Kramat Jati : Jalan Raya Bogor No. 30 Cililitan – Kramat Jati (seberang Abadi Jaya)

Lihat Produk terkait Lainnya

 

timbangan gantung bayi

Timbangan Gantung Bayi

Rp 50.000

timbangan digital bayi

Timbangan Digital Bayi

timbangan dacin

Timbangan Dacin Kuningan

Rp 792.000

timbangan badan bayi digital

Timbangan Badan Bayi Digital

Rp 675.000

timbangan badan bayi

Timbangan Badan Bayi Digital Laica

Rp 1.550.000

alat ukur berat bayi

Jual Alat Ukur Berat Bayi Digital Lengkap

Rp 550.000

timbangan dan meteran bayi

Timbangan Dan Meteran Bayi Digital

Rp 925.000

timbangan bayi dengan colokan listrik

Timbangan Bayi Dengan Colokan Listrik

Rp 1.100.000

timbangan khusus bayi

Jual Timbangan Khusus Bayi

Rp 300.000

timbangan bayi manual

Jual Timbangan Bayi Murah

Rp 300.000

timbangan badan beurer digital

Timbangan Badan Beurer Digital Ibu Dan Anak

Rp 750.000

timbangan berat bayi

Jual Timbangan Berat Bayi Manual

Rp 300.000

PreviousNext

 

Tags: jenis-jenis alat timbangan, timbangan bayi, timbangan digital bayi, timbangan manual bayi

 

Pencarian

 

 

Search for…

Search

Arsip Artikel

 

September 2016

(3)

Agustus 2016

(2)

April 2016

(7)

Maret 2016

(3)

Januari 2016

(6)

Desember 2015

(4)

April 2015

(13)

Maret 2015

(32)

Februari 2015

(22)

Januari 2015

(36)

Desember 2014

(12)

November 2014

(8)

September 2014

(1)

Informasi Transaksi

 

Cara Berbelanja

Cara Pembayaran

Cara Pengiriman

FAQ

Ikuti Kami

 

 

 

 

Layanan Konsumen

 

Akun Saya

Konfirmasi Pembayaran

Lacak Status Pesanan

Cek Resi Pengiriman

Minta Faktur Pajak

Tender Pemerintah

Layanan Pelanggan Corporate

Informasi Perusahaan

 

Tentang Kami

Alamat Kami

Contact Us

Karir

Artikel

Syarat & Ketentuan

Kebijakan Privasi

Promosi dan Kerjasama

 

Promosi Saat Ini

Jadilah pelanggan setia kami dan nikmatilah berbagai promosinya.

Formulir Kerjasama

Silahkan untuk menawarkan barang/jasa atau ingin menjadi supliyer kami.

Ingin Jadi Penulis ?

Ingin berkontribusi sebagai penulis, nikmati hadiah dari kami.

 

 

/*kursor*/

 

Food vector designed by Freepik

SMK YAPENKOS Berbagi Ilmu

JL.KUTOPANJI NO. 1 BELINYU KAB. BANGKA 33254

 

 

cari artikel

SABTU, 14 MARET 2015

MODUL PERALATAN TRANSAKSI PENGOPERASIAN TIMBANGAN DIGITAL ( MERK : DIGI SM-100)

MODUL PERALATAN TRANSAKSI

PENGOPERASIAN macam timbangan TIMBANGAN DIGITAL

 

( MERK : DIGI SM-100)

===========================================

 

 

Di pabrik-pabrik, biasanya barang yang dihasilkan dapat berupa barang padat, bubuk, cair, semi cair dan sebagainya. Selanjutnya, di pabrik itu sendiri barang-barang dihitung secara fisik (satuan, cc/liter, gram/kg, meter) secara mekanis dengan mesin atau manual sebelum dilakukan pembungkusan, pengalengan, pembotolan ataupun pengepakan lebih lanjut untuk dikirimkan ke grosir-grosir atau toko-toko pengecer. Khusus macam timbangan untuk barang yang berbentuk curah, mungkin langsung dimasukan dalam drum, tangki atau kontener khusus. Sedangkan di grosir-grosir dan di toko-toko, barang yang dijual kepada pembeli setelah volume atau jumlahnya dihitung dengan cara menimbang, mengukur atau menghitung secara satuan, kemudian dibungkus dan dipak sesuai pesanan pembeli. Penghitungan volume atau jumlah produk dilakukan dengan cara penimbangan, pengukuran volume (isi) atau penghitungan satuan barang hasil produksi dapat dilakukan secara otomatis dengan mesin yang telah diprogram sebelumnya atau dapat juga dilakukan secara manual dengan menggunakan tenaga manusia.

Dewasa ini di toko-toko kecil, menengah maupun besar, termasuk toko-toko swalayan dan toko-toko berbagian, barang-barang dagangan seperti: buah-buahan, sayur-sayuran, ikan kering (asin), ikan asap, daging asap, sosis, bas dan lain-lain ada juga yang sudah dibungkus

dengan ukuran timbangan tertentu, sehingga pembeli tinggal memilih dan mengambil sesuai dengan kebutuhannya. Penyediaan barang-barang yang telah ditimbang, dihitung dan dibungkus, mungkin dilakukan oleh pabriknya, pemasoknya atau mungkin pula dilakukan oleh pegawai toko itu sendiri. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian dengan menonjolkan nama toko atau nama produsen pada bungkus sebagai jaminan keunggulan kualitas produk dan memberikan kemudahan bagi pelanggan/konsumen.

 

PENGERTIAN ALAT UKUR

Alat ukur ialah alat yang diperuntukkan atau dipakai bagi pengukuran kuantitas dan atau kualitas. Alat Ukur, merupakan sesuatu yang tidak dapat lepas dari kehidupan manusia. Sejak zaman dahulu, keberadaan alat ukur telah ada walaupun dalam bentuk yang sangat sederhana. Seiring dengan perkembangan teknologi diberbagi bidang, berbagai macam produk telah dihasilkan produsen-produsen diseluruh dunia.

 

Alat ukur dikelompokkan menjadi dua, yaitu:

1)      alat takar ialah alat yang diperuntukkan atau dipakai bagi pengukuran kuantitas atau penakaran;

2)      alat timbang ialah alat yang diperuntukkan atau dipakai bagi pengukuran massa atau penimbangan

 

 

Peraturan mengenai kewajiban peneraan atau pengesahan alat ukur yang digunakan

Didalam undang-undang tentang metrology legal juga diatur mengenai kewajiban untuk menera ulang atau memberikan tanda sah kepada alat ukur yang digunakan sebagai tanda bukti bahwa alat ukur yang digunakan sesuai dengan peraturan yang berlaku dalam arti bahwa alat ukur itu benar dan tidak rusak yang dapat merugikan bagi konsumen.

Undang-undang metrologi legal

Presiden RI dan undang-undang no.2 th 1981 tentang ‘Metrologi Legal’ menimbang:

1)      Bahwa untuk melindungi kepentingan umum perlu adanya jaminan dalam kebenaran pengukuran serta adanyan ketertiban dan kepastian hukum dalam pemakaian satuan ukuran, standard satuan, metode pengukuran dan alat-alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya.

2)      Bahwa pengaturan tentang alat-alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya sebagaimana diterapkan dalam ‘ijkordonantie 1949 staatsblad nomor 175’ perlu diganti karena sudah tidak sesuai dengan perkembangan perekonomina dan kemajuan tehnologi, serta sesuai dengan Sistem International (SI) untuk satuan.

3)      Bahwa untuk mencapai tujuan sebagai dimaksud di atas perlu mengaturnya dalam suatu UU tentang Metologi Legal.

 

Didalam undang-undang diatur tentang beberapa ketentuan umum yang menjadi dasar tentang sah dan tidaknya suatu alat ukur yang digunakan dalam kegiatan perdagangan. Ketentuan dasar tersebut antara lain :

1)      satuan dasar ialah satuan yang merupakan dasar dari satuan-satuan suatu besaran yang dapat diturunkan menjadi satuan turunan;

2)      lambang satuan ialah tanda yang menyatakan satuan ukuran;

misalnya:

Satuan:                                    Lambang Satuan:

meter………………………………………… m

kilogram……………………………………. kg

3)      standar satuan ialah suatu ukuran yang sah dipakai sebagai dasar pembanding;

4)      alat penunjuk ialah bagian dari alat ukur, yang menunjukkan hasil pengukuran;

5)      tempat usaha ialah tempat yang digunakan untuk kegiatan-kegiatan perdagangan, industri, produksi, usaha jasa, penyimpananpenyimpanan dokumen yang berkenaan dengan perusahaan, juga kegiatan-kegiatan penyimpanan atau pameran barang-barang, termasuk rumah tempat tinggal yang sebagian digunakan untuk kegiatan-kegiatan tersebut.

 

Timbangan adalah alat yang dipakai melakukan Pengukuran berat suatu benda. Dalam dunia perdagangan penggunaan mesin timbangan barang sangat diperlukan. Mesin timbangan barang yang digunakan di toko ada berbagai macam. dari yang sederhana, seperti timbangan duduk bebek, timbangan dacin (gantung) timbangan duduk untuk kue dan sebagainya, sampai dengan timbangan yang modern atau timbangan elektronik seperti yang banyak digunakan di swalayan. Barang-barang yang ditimbang biasanya berupa barang dagangan yang termasuk dalam kelompok hasil-hasil pertanian atau barang curah, seperti :

1) Buah-buahan

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


2) Sayur-sayuran

3) Kacang-kacangan segar

4) Ikan

5) Daging

6) Telur

7) Terigu

8) Gula, dan

9) Barang-barang curah lainnya

 

Jenis jenis timbangan

  1. Timbangan Manual

Timbangan Manual, yaitu jenis timbangan yang bekerja secara mekanis dengan sistem pegas atau bandul pemberat. Biasanya jenis timbangan ini menggunakan indikator berupa jarum sebagai penunjuk ukuran massa yang telah terskala.

Jenis timbangan manual contohnya adalah Timbangan serbaguna yaitu salah satu jenis  timbangan yang banyak digunakan untuk keperluan rumah tangga atau digunakan untuk kegiatan perdagangan yang sederhana atau dalam skala kecil, misalnya diwarung warung.

 

 

 

Bagian-bagian timbangan serbaguna:

  1. wadah atau tempat barang
  2. jarum skala timbangan, yang menunjukkan berat barang (maksimal berat barang yang ditimbang kurang lebih 5 Kg).

 

 

 

Neraca Ohaus, salah satu timbangan yang umum macam timbangan dipakai di laboratorium sekolah

 

 

Timbangan adalah alat yang dipakai melakukan pengukuran massa suatu benda. Timbangan/neraca dikategorikan kedalam sistem mekanik dan juga elektronik /Digital.

Salah satu contoh timbangan adalah neraca pegas (dinamometer). Neraca pegas adalah timbangan sederhana yang menggunakan pegas sebagai alat untuk menentukan massa benda yang diukurnya. Neraca pegas (seperti timbangan badan) mengukur berat, defleksi pegasnya ditampilkan dalam skala massa (label angkanya sudah dibagi gravitasi).

 

  1. Timbangan Digital

Timbangan Digital, yaitu jenis timbangan yang bekerja secara elektronis dengan tenaga listrik. Umumnya timbangan ini menggunakan arus lemah dan indikatornya berupa angka digital pada layar bacaan.

Pada era sekarang ini segalanya berjalan dengan cepat dan modern begitu juga dalam hal ukur dan timbang semuanya dituntut dengan macam timbangan cepat, efisien, dan akurat. Oleh karena itu dewasa ini timbangan dengan sistem digital mulai dikenal dipasaran baik itu dalam skala besar menengah mapun kecil karena dengan sistem digital melakukan aktivitas timbang menimbang semuanya menjadi lebih cepat dan akurat, kita tidak perlu menggeser anak timbang kesana-kemari yang memakan waktu, dengan timbangan digital kita dapat secara langsung melihat berat dari barang yang kita timbang secara langsung sampai dengan akurasi yang sangat kecil, dimana hal ini susah diperoleh dengan alat timbang sistem manual.

Timbangan digital ini diilengkapi dengan calculator. kita bisa menset-up harga per kilogram barang sebelum menimbang dan timbangan ini akan secara otomatis menghitung harga yang harus dibayar oleh konsumen , digunakan untuk menimbang :

– Buah-buahan                                                – Telur

– Tepung                                              – Beras

– Kue-kue kering                                  – Barang-barang dalam kemasan

– dll

 

 

 

  1. Timbangan Hybrid

yaitu timbangan yang cara kerjanya merupakan perpaduan antara timbangan manual dan digital. Timbangan Hybrid ini biasa digunakan untuk lokasi penimbangan yang tidak ada aliran listrik. Timbangan Hybrid menggunakan display digital tetapi bagian paltform menggunakan plat mekanik

 

 

 

 

 

Sedangkan berdasarkan penggunaannya, timbangan dapat dikelompokkan sebagai berikut :

  1. Timbangan Badan, yaitu timbangan yang digunakan untuk mengukur berat badan. Contoh timbangan ini adalah : timbangan bayi, timbangan badan anak dan dewasa, timbangan badan digital.
  2. Timbangan Gantung, yaitu timbangan yang diletakkan menggantung dan bekerja dengan prinsip tuas.
  3. Timbangan Lantai, yaitu timbangan yang diletakkan di permukaan lantai. Biasanya digunakan untuk mengukur benda yang bervolume besar.
  4. Timbangan Duduk, yaitu timbangan dimana benda yang ditimbang dalam keadaan duduk atau sering kita ketahui Platform Scale.
  5. Timbangan Meja, yaitu imbangan yang biasanya digunakan di meja dan rata-rata timbangan meja ini adalah Timbangan Digital.
  6. Timbangan Counting, yaitu timbangan hitung yang biasa digunakan untuk menimbang barang yang berjumlah, jadi barang bisa timbangan persatuan sebagai contoh timbangan counting ini sering digunakan untuk menimbang baut, mur, Spare part mobil dan sebagainya.
  7. Timbangan Platform, yaitu timbangan yang memiliki tingkat kepricisian lebih tinggi dari timbangan lntai, timbangan Paltform merupakan solusi dalam penimbangan di berbagai industri baik industri retail maupun manufacturing.
  8. Timbangan Hewan/Ternak, yaitu jenis timbangan yang digunakan untuk menimbang hewan baik sapi, kerbau maupun kambing serta sejenisnya.
  9. Timbangan Emas, yaitu jenis timbangan yang memiliki akurasi tinggi untuk mengukur massa emas (logam mulia).

 

NAMA BAGIAN DARI TIMBANGAN DIGITAL

 

  1. Lempeng penimbangan (Plate)
  2. Layar / Display Penjualan
  3. Tombol Fungsi dan Pemrograman
  4. Tombol Alphabet dan Numeric
  5. Pencetak label harga (price labeling)
  6. Cover Printer

 

 

PERAWATAN DAN PROSEDUR PEMELIHARAAN ALAT UKUR

 

  1. Perawatan alat ukur

 

Perawatan alaat ukur pada dasarnya sama dengan alat hitung lainnya. Perawatan tersebut dapat dilakukan dengan cara sebagai beriktu:

  1. Tutuplah dengan pelindungnya (jika ada), apabila alat ukur telah selesai digunakan, agar debu tidak menempel pada mesin.
  2. Bersihkan alat ukur secara teratur sampai kesela-selanya dengan menggunakan alat pembersih yang telah disediakan.
  3. Gantilah pita pada mesin dengan pita yang baru, jika pita yang tersisa tinggal sedikit.
  4. Bawalah kepada ahli mesin atau teknisi atau tehnisi di perusahaan untuk mengantisipasi kerusakan, lakukan secara rutin seminggu sekali atau sebulan sekali.
  5. Apabila mesin dirasa sudah tidak layak pakaai, ajukan penggantian mesin pada pimpinan melalui teknisi.
  6. Sediakan kartu pemeliharaan alat di tempat kerja kassa.

 

  1. Prosedur pemeliharaan alat ukur

 

Prosedur pemeliharaan alat hitung di setiap perusahaan dapat berbeda-beda tergantung besar kecilnya perusahaan dan kepentingannya. Namun pada umumnya prosedur dalam pemeliharaan peralatan hitung ini melibatkan pihak-pihak sbb:

  1. Pelayan

Pelayan sebagai pengguna mesin harus bertanggungjawab atas perawatan dan pelaporan kerusakan alat. Apabila mesin sudah tidak dapat dioperasikan lagi, maka pelayan harus melaporkan kepada teknisi perusahaan secara tertulis dan lisan dengan menyampaikan kartu perawatan/kerusakan mesin.

 

 

  1. Teknisi perusahaan

Pegawai teknisi perusahaan harus melaporkan kerusakan alat perhitungan kepada pimpinan secara tertulis dan lisan dilengkapi dengan kartu perawatan peralatan. Apabila kerusakan termasuk kerusakan berat, maka teknisi harus memperbaikinya, maka ia harus membawanya ke tempat servis.

  1. Pimpinan

Tenaga teknisi harus melaporkan kerusakan alat hitung pada pimpinan dan akan memberikan rujukan pada bagian keuangan untuk mengambil komponen yang dibutuhkan, apabila kerusakan masuk kategori ringan.

  1. Bagian Keuangan

Setelah melapor pada pimpinan dan pimpinan memberikan rujukan pada bagian keuangan, maka laporan kerusakan diserahkan pada bagian keuangan untuk menyiapkan anggaran pembelanjaannya.

  1. Bagian sarana dan prasarana

Bagian sarana dan prasarana akan membeli atau menyediakan komponen yang diperlukan untuk memperbaiki alat hitung.

  1. Badan tera

Badan tera adalah pejabat fungsionil penera atau pejabat non fungsionil penera yang berstatus PNS Metrologi pada Dinas Perdagangan sebagai penyelenggara kemetrologian. Alat ukur yang sudah rusak dilakukan tera ulang

 

Tera ulang adalah hal menandai berkala dengan tanda-tanda tera sah atau tera batal yang memberikan keterangan-keterangan tertulis yang bertanda tera sah atau tera batal yang berlaku, dilakukan oleh pegawai-pegawai yang berhak melakukannnya berdasarkan pengujian yang dijalankan atas alat-alat takar, timbang dan perlengkapannya yang telah ditera. Salah satu tugas badan ini adalah menjustir, yaitu mencocokkan atau melakukan perbaikan ringan dengan tujuan agar alat yang dicocokkan atau diperbaiki itu memenuhi persyaratan tera atau tera ulang.

 

  1. Sikap-sikap yang diperlukan dalam mengoperasikan alat ukur

Adapun sikap-sikap yang diperlukan dalam mengoperasikan alat ukur sbb:

 

  1. Jujur

Janganlah berbohong terhadap pelanggan, baik mengenai spesifikasi produk yang dijual maupun dalam pemberian informasi. Misalnya: pelayan berbohong terhadap pelanggan dengan melebihkan harga dari yang telah ditetapkan perusahaan atau berbohong karena kemalasan, seperti menyebutkan pembungkus habis.

 

  1. Teliti

Teliti berarti mengerjakan dengan hati-hati dan berusaha untuk mengecek ulang segala sesuatu yang telah dikerjakan. Hati-hati dalam memasukkan barang-barang yang akan dibungkus, sebelumnya di cek kembali tentang spesifikasi produk yang dibeli pelanggan dan cek  identifikasi produk dengan teliti. Dengan ketelitian ini akan dapat mengurangi resiko bagi perusahaan misalnya barang yang pecah, komplain dll.

 

  1. Cermat

Sungguh-sungguh dan fokus dalam mengerjakan sesuatu merupakan sikap cermat. Konsentrasi terhadap pekerjaan adalah hasil dari pekerjaan optimal.

 

 

 

 

  1. Bertanggung jawab

Sikap pelayanan yang bertanggung jawab diantaranya bekerja dengan seksama dan berdasarkan pemikiran rasional. Apa macam timbangan yang dikerjakan memiliki alasan-alasan yang dapat dipahami dan diterima oleh akal, untuk dipertanggungjawabkan terhadap pelanggan maupun pimpinan.

 

 

Latihan

  1. Amati di kios, pasar atau ditoko-toko swalayan terdekat dikota anda, bagaimana cara pedagang melakukan penghitungan barang yang dijualnya, baik yang menghitung dengan cara penghitungan satuan/unit barang, menghitung dengan cara mengukur (meter, liter), menghitung dengan cara menimbang.
  2. Lakukan praktek/simulasi penghitungan barang dagangan dengan cara :
  3. Menghitung berdasarkan unit barang yang dijual (misal : sabun).
  4. Menghitung dengan cara mengukur dengan meteran (misal : kain).
  5. Menghitung dengan cara mengukur dengan literan (misal : minyak).
  6. Menghitung dengan cara menimbang (misal: beras, terigu).

 

Rangkuman

  1. Alat ukur ialah alat yang diperuntukkan atau dipakai bagi pengukuran kuantitas dan atau kualitas,Alat ukur dikelompokkan menjadi dua, yaitu:
  2. alat takar ialah alat yang diperuntukkan atau dipakai bagi pengukuran kuantitas atau penakaran;
  3. alat timbang ialah alat yang diperuntukkan atau dipakai bagi pengukuran massa atau penimbangan

 

2 Dasar penggunaan alat ukur

Penggunaan alat ukur yang dibolehkan dipakai dalam perdagangan diatur dalamUU Nomor:2 TAHUN 1981 (2/1981); tanggal:1 APRIL 1981 (JAKARTA) tentang: METROLOGI LEGAL

 

3 Alat Timbang,alat timbang ialah alat yang diperuntukkan atau dipakai bagi pengukuran massa atau penimbangan

 

Pelajari lebih lanjut untuk Pengoperasian Timbangan Digital DIGISCALE SM-100.

 

Silahkan Download User Manualnya di sini

 

 

“Semoga tulisan ini dapat membantu di dalam KBM, khususnya untuk siswa siswi SMK Pemasaran”

 

 

 

 

 

PESAN SOUVENIR

PIN DAN GANTUNGAN KUNCI

CUSTOM

 

 

 

 

Diposkan oleh SUYATNO YPK di 05.30

Kirimkan Ini lewat Email

BlogThis!

Berbagi ke Twitter

Berbagi ke Facebook

Bagikan ke Pinterest

 

4 komentar:

 

Timbangan Indonesia10 September 2015 18.52

nice gan.. bermanfaat banget artikel nya

 

Balas

 

Suci Fitriani7 Oktober 2015 00.38

Baca juga artikel tentang timbangan ini

https://timbanganterbaik.wordpress.com/

http://www.jembatan-timbang.co/

Thankss…

 

Balas

 

suyatno uyas13 Oktober 2015 11.00

Thanks utk atensinya sobat….

 

Balas

 

Diannur Wahyu M10 Desember 2015 23.57

Thankyou 😇

 

Balas

 

Link ke posting ini

Buat sebuah Link

 

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Langganan: Poskan Komentar (Atom)

MENGENAI SAYA

Foto saya

SUYATNO YPK

 

Lihat profil lengkapku

SMK YAPENKOS BELINYU

SMK YAPENKOS BELINYU

Keep Smile

SMK YAPENKOS BELINYU FELLOWSHIP

 

ARSIP BLOG

►  2016 (4)

▼  2015 (9)

►  Desember (2)

►  November (1)

►  Oktober (1)

►  September (2)

▼  Maret (2)

MODUL PERALATAN TRANSAKSI PENGOPERASIAN TIMBANGAN …

KUMPULAN MODUL PELAJARAN PRODUKTIF – SMK KEJURUAN …

►  Januari (1)

►  2014 (30)

ONLINE VISITOR

UJIKOM 2014-2015 SMK PEMASARAN

UJIKOM 2014-2015 SMK Pemasaran

LOMBA DEBAT BAHASA MANDARIN TK. NASIONAL TAHUN 2014

Lomba Debat Bahasa Mandarin Tk. Nasional Tahun 2014

O2SN TAHUN 2014

O2SN tahun 2014

Tim Basket SMK Yapenkos Belinyu

HUT RI KE 70 TAHUN

HUT RI KE 70 TAHUN

HUT RI KE 70 TAHUN

HUT RI KE 70 TAHUN

Replika Getas, Kuliner Khas Belinyu

VIEWER

BLOG INI DIDUKUNG OLEH

Blog ini didukung oleh

Jl. Pahlawan XII No. 222 Belinyu, Babel

LOKASI SMK YAPENKOS BELINYU

 

Template Jendela Gambar. Diberdayakan oleh Blogger. macam timbangan

 

 

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.