macam macam timbangan

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Tips dan trik, macam macam timbangan komputer, tips facebook, komedi humor,

 

Home

Contact

About Cartoon and Anime

Neo Fansub

Troll TrapId

Facebook

Grup Persatuan Blogger Indonesia

 

Tentang Blogging +Zesy Aditya Belajar Desain Grafis Cek SEO Blog Unik dan Menarik Template SEO Elesis Template Thesis SEO About the Author

Home » Info » Macam-Macam Timbangan

Macam-Macam Timbangan

Zesy Aditya || Minggu, 06 November 2011 || Info || Leave a Komentar

Timbangan Pocket

 

Jenis timbangan kecil yang bisa dibawa kemana – mana.Disamping dimensinya kecil juga kapasitas yang disandangnya pun kecil. Biasanya dengan kapasitas 30 kg kebawah.

 

Timbangan Portable/ Bench Scale

 

Timbangan ini terpisah antara tempat timbang dan penunjukannya ( Indicator ). Biasanya dihubungkan dengan tiang penyangga. Kalau macam macam timbangan dari Pabrikan resmi biasanya ukurannya sudah tertentu semisal : 30 x 40 cm, 45 x 60 cm dll. Sebagian pabrikan timbangan baik dari China, Jepang, Korea, Eropa dan Amerika mengeluarkan produk ini. Semisal Cardinal dari Amerika, Avery dari Eropa mengeluarkan Seri HL nya, Kemudian Shimadzu dari JEPANG dan UWE buatan Taiwan. Ukuran kapasitas timbangan ini biasanya antara lain : 6 kg, 15 kg, 30 kg, 60 kg, 100 kg, sampai 300 kg. Timbangan model ini juga bisa dibuat sesuai pesanan sipembeli sendiri dari mulai ukuran maupun kapasitasnya.

 

Timbangan Platform/ Floor Scales

 

 

Timbangan ini seperti bench scale. Yang membedakan adalah Kapasitasnya lebih besar tidak adanya tiang penyangga. Dimensi tempat timbangpun akan jauh lebih besar. macam macam timbangan Biasanya Platform dari floor scale dibuat oleh pabrikan lokal untuk menekan biaya produksinya. Disini floor scale akan benar – benar membebaskan penggunanya untuk menentukan ukuran Platform yang cocok.                Ukuran yang biasa dipesan adalah 1 x 1m, 1,2 x 1 m, 1,2 x 1,2 m, 1,5 x 1,5 m dll. Dinamakan timbangan lantai awal mulanya karena timbangan ini biasanya ditanam dilantai yang dibuat kolam, jadinya timbangan tersebut akan rata dengan lantai.

Biasanya barang yang akan ditimbang di foor Scale ini adalah barang dengan beban berat. Barang tersebut dibawa dengan memakai kereta dorong. Jadi disitu karena timbangan rata dengan lantai maka kereta tinggal disorong ketempat timbang kemudian barang ditaruh ditimbang dan kereta keluar. Timbangan tersebut bisa dibuat dengan memenuhi permintaan pesanan dari sipemakai.

 

Timbangan Gantung/ Crane Scale/ Hanging Scale

 

Dinamakan timbangan gantung karena system penimbangannya digantungkan ditimbangan tersebut.

Jadi Timbangan tersebut tidak mempunyai platform tempat timbang.

Beban yang akan ditimbang digantung langsung menarik Loadcell yang sudah menyatu dengan Indicatornya.

 

 

Timbangan Ternak (Live Stock/ Animal Weighing)

 

Dinamakan timbangan ternak karena kegunaan timbangan ini untuk menimbang hewan ternak semisal sapi, kerbau, kambing dll.Perbedaan timbangan ternak elektronik dengan timbangan elektronik lain adalah adanya fungsi HOLD / PEAK HOLD disamping memang tempat timbangnya yang juga berbeda.

Fungsi HOLD adalah fungsi dimana bila didapat angka yang sering menunjuk maka angka tersebut otomatis berhenti dan mengunci.Sedang fungsi PEAK HOLD adalah sama dengan HOLD akan tetapi angka berhentinya pada saat timbangan mendapatkan angka tertingginya. Fungsi-fungsi ini diterapkan pada timbangan ternak karena bila hewan ternak ditimbang pasti akan bergerak-gerak terus. Bergeraknya benda diatas timbangan akan menyebabkan angka tidak bisa stabil.

 

 

Timbangan Tahan Air (Waterproof)

 

 

 

Seperti timbangan-timbangan elektronik yang lainnya. Timbangan waterproof memiliki kelebihan akan adanya ketahanan terhadap lingkungan yang berair dan lembab.

Timbangan ini biasanya dipakai untuk Industri Ikan atau hewan yang hidup diair. Lingkungan yang dingin, lembab dan cenderung basah akan mengakibatkan timbangan biasa tidak bisa bertahan.

Pada produk timbangan waterproof tertentu malah ada yang mengklaim bisa tahan tidak rusak walaupun direndam dalam air sekalipun.

 

 

Timbangan Penghitung Satuan (Counting Scale)

 

Timbangan ini berfungsi untuk menghitung barang – barang kecil yang bila dilakukan akan memakan waktu. Semisal Baut dan Mur, Kancing, Tablet obat dll.

Kerja timbangan ini adalah dengan menimbangkan sample dulu ketimbangan.

Semisal 10 biji kancing. Selanjutnya berat kancing itu akan disimpan didalam memori timbangan itu untuk jumlah 10 kancing. Setelah itu berapapun kancing yang dimasukan kedalam timbangan akan bisa dihitung berat dan jumlahnya oleh timbangan tersebut.

 

Timbangan Harga Retail ( Retail Computing Scale )

 

 

Timbangan ini biasanya dipakai untuk menimbang buah, oleh-oleh, makanan kecil, permen, daging dll. Biasanya dipakai oleh Toko Buah, Oleh-oleh, Supermarket, Minimarket dll.

Timbangan tersebut dilengkapi dengan 3 buah display antara lain : display untuk penunjukan berat, display untuk harga perkilo barang yang ditimbang dan display untuk total harga.

Timbangan jenis ini juga ada yang memiliki berbagai fitur yang lengkap. Antara lain :

Memiliki memory yang besar hingga bisa menyimpan PLU sampai 3000. Itu artinya timbangan tersebut bisa memuat data barang dan harganya sampai 3000 item.

Bisa Melakukan Berbagai Jurnal dan Laporan. Barang-barang yang sudah laku, nama maupun jumlahnya bisa dibuatkan jurnalnya setiap saat.

Dilengkapi dengan printer yang akan mencetak dari setiap transaksi yang ada.

Ada Interface yang bisa mengkomunikasi timbangan tersebut dengan timbangan-timbangan sejenis yang lain kemudian semuanya bermuara ke komputer Induk. Jaringan tersebut nanti berbentuk LAN.

Selain itu masih banyak lagi fitur-fitur yang tidak bisa kami sebut semua.

 

Timbangan Laboratorium (Lab. Balance)

 

  Timbangan ini dipakai dilaboratorium. Biasanya dengan macam macam timbangan ketelitian yang cukup tinggi. Range yang dipakai antara 0,01 g sampai 0,0001 g.

 

 

 

Timbangan Kadar Air (Moisture Balance)

 

 

Timbangan tersebut sangatlah unik yaitu bisa mengeluarkan panas.

Jadi kegunaan timbangan tersebut adalah untuk mengetahui seberapa banyak kadar air yang tersembunyi dalam setiap barang yang ditest.

Cara kerja timbangan tersebut adalah sebagai berikut : Barang yang akan ditest kadar airnya ditimbang terlebih macam macam timbangan dahulu. Setelah didapat beratnya kemudian barang tersebut dipanaskan oleh system pemanas dari timbangan. Setelah dipanasi kemudian barang tersebut ditimbang lagi. Perbandingan antara berat barang yang basah / belum dipanasi dengan barang yang sudah kering setelah dipanasi itulah yang menjdi pengukuran kadar airnya.

 

Timbangan Mobil & Truk

(Truck Scele/ Weighbridge/ Jembatan Timbang)

 

Inilah Jenis timbangan paling besar. Dinamakan jembatan timbang karena memang bentuknya seperti jembatan. Timbangan ini dipergunakan untuk menimbang kendaraan roda 4 atau lebih. Kapasitas timbangan ini bisa sampai 100 ton dengan dimensi yang berbeda-beda. Ada ukuran 9 x 3 m, 12 x 3 atau 16 x 3 m.

 

 

Jembatan Timbang sekarang sudah bukan monopoli milik LLAJR saja melainkan sudah merupakan kebutuhan pokok perusahaan-perusahaan yang mempunyai kegiatan bongkar muat barang dengan kendaraan bermotor.

 

 

 

Dipakai Bersama

 

/[ 0 Komentar Untuk Artikel Macam-Macam Timbangan]\

 

Poskan Komentar

Tinggalkan komentar yang baik agar blog ini jadi semakin baik juga. Mohon jangan nge-Spam disini. Terima kasih.

 

 

Link ke posting ini

Buat sebuah Link

 

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Popular Post

 

 

Sejarah panjang perjalanan hidup Obito

Kita semua sudah tahu cerita Kakashi Gaiden. Tapi saya akan ceritakan versi Obito. Jadi menurut saya, ini adalah Obito Gaiden :v. Silahkan…

 

Kumpulan Gambar Tobi a.k.a Obito

Karena banyak keyword “topeng tobi” yang menuju blog saya, maka saya akan mengumpulkan beberapa gambar dari deviantArt. Biasanya…

 

Sejarah & Awal Mula Kain Besurek DI Kota Bengkulu

Kerajinan Kain Besurek mulai dikenal oleh Masyarakat Bengkulu yaitu pada saat pengasingan pangeran Sentot Ali Basa dan keluarganya di b…

Link Friend

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


 

 

999 Blog

 

Artikel Unik dan Menarik

 

Belajar Desain Grafis Dan Teknologi

Cerita Lucu, Unik, Seram, dan Menarik

Fadilblogx

Samehadaku

 

Sandy Corat-coret!

SeoTekno

 

TKJ Comunity

Blog Zesy Aditya. Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

 

Foto saya

Lihat profil lengkapku

Arsip Blog

 

►  2013 (19)

►  2012 (30)

▼  2011 (14)

►  Desember (9)

▼  November (4)

Video Naruto

Kode Symbol Khusus di Facebook

Macam-Macam Timbangan

Sejarah Internet

►  April (1)

Cari Di Blog Ini

 

 

Cari

 

 

 

 

Pengikut

 

 

Banner

Check PageRank  Alexa Certified Traffic Ranking for zesy-madara.blogspot.com FanPage Blog Zesy Aditya Follow Me on Twitter

NetworkedBlogs

Follow this blog

^^Atas

 

Copyright © Zesy Aditya. Template SEO Elesis Design by Tips Trik SEO Blogger Pemula

SHARE

 

Kumpulan Ilmu Teknologi

 

Search here…

 

COMPUTER

ELECTRONIC

HOW TO

PROJECT

SCHEMATIC

WORKSHOP

GUEST BLOG

Home » Timbangan » Macam-macam Timbangan Yang Sering Digunakan

 

Macam-macam Timbangan Yang Sering Digunakan

Ihsan Prawoto

 

 

0 Comments

 Facebook  macam macam timbangan Twitter

Timbangan adalah peralatan yang sering digunakan untuk melakukan pengukuran massa suatu benda. Timbangan/neraca dikategorikan kedalam sistem mekanik dan juga elektronik  atau timbangan digital.

 

Salah satu contoh timbangan yang awal kali dalam sejarah adalah neraca pegas (dinamometer). Neraca pegas adalah timbangan sederhana macam macam timbangan yang menggunakan pegas sebagai alat untuk menentukan massa benda yang diukurnya. Neraca pegas (seperti timbangan badan) mengukur berat, defleksi pegasnya ditampilkan dalam skala massa (label angkanya sudah dibagi gravitasi). Macam macam Timbangan Timbangan dapat dikelompokkan dalam beberapa kategori berdasarkan klasifikasinya. Jika dilihat dari cara kerjanya, jenis timbangan dapat dibedakan atas : Timbangan Manual, yaitu jenis timbangan yang bekerja secara mekanis dengan sistem pegas. Biasanya jenis timbangan ini menggunakan indikator berupa jarum sebagai penunjuk ukuran massa yang telah terskala.

Timbangan Digital, yaitu jenis timbangan yang bekerja secara elektronis dengan tenaga listrik. Umumnya timbangan ini menggunakan arus lemah dan indikatornya berupa angka digital pada layar bacaan. Timbangan ini sekarang lagi trendy sebab, timbangan mungil seharga Rp 50.000 ini sanggup menimbang hingga 40Kg, hebat bukan. !

 

 

 

Timbangan Hybrit, yaitu timbangan yang cara kerjanya merupakan perpaduan antara timbangan manual dan digital. Timbangan Hybrid ini biasa digunakan untuk lokasi penimbangan yang tidak ada aliran listrik. Timbangan Hybrid menggunakan display digital tetapi bagian paltform menggunakan plat mekanik, Sedangkan berdasarkan penggunaannya, timbangan dapat dikelompokkan sebagai berikut :

Timbangan Badan, yaitu timbangan yang digunakan untuk mengukur berat badan. Contoh timbangan ini adalah : timbangan bayi, timbangan badan anak dan dewasa, timbangan badan digital.

Timbangan Gantung, yaitu timbangan yang diletakkan menggantung dan bekerja dengan prinsip tuas.

 

Timbangan Lantai, yaitu timbangan yang diletakkan di permukaan lantai. Biasanya digunakan untuk mengukur benda yang bervolume besar.

Timbangan Duduk, yaitu timbangan dimana benda yang ditimbang dalam keadaan duduk atau sering kita ketahui Platform Scale.

Timbangan Meja, yaitu imbangan yang biasanya digunakan di meja dan rata-rata timbangan meja ini adalah Timbangan Digital.

Timbangan Counting, yaitu timbangan hitung yang biasa digunakan untuk menimbang barang yang berjumlah, jadi barang bisa timbangan persatuan sebagai contoh timbangan counting ini sering digunakan untuk menimbang baut, mur, Spare part mobil dan sebagainya.

Timbangan Platform, yaitu timbangan yang memiliki tingkat kepricisian lebih tinggi dari timbangan lntai, timbangan Paltform merupakan solusi dalam penimbangan di berbagai industri baik industri retail maupun manufacturing.

Timbangan Hewan/Ternak, yaitu jenis timbangan yang digunakan untuk menimbang hewan baik sapi, kerbau maupun kambing serta sejenisnya.

 

Timbangan Emas, yaitu jenis timbangan yang memiliki akurasi tinggi untuk mengukur massa emas (logam mulia).

 

 

Informasi Teknologi, TimbanganShare:  Facebook  Twitter  Google+

Temukan ILMU TEKNO lainnya. Jangan sampai kelewatan, daftarkan emailmu disini:

 

 

 

Ya!, Saya mau Artikelnya

Subscribe in a reader

 

author

Ihsan Prawoto

Praktisi sejak 1995, sekarang lebih memilih sbg full-time Blogger Teknologi dan Elektronika, tentu saja tak luput dari salah dan kekurangan ilmu. SARAN-KRITIK silahkan invite PIN BBM saya 5ED6294A  Facebook  Twitter  Google+  Instagram

What’s Related?

 

5 Aksesoris Teknologi Paling Nge-Trend di Tahun 2016

Cara Bikin Pengasah Pisau Elektrik Cara Memperbaki Printer Canon iP1880, Led Indikator Berkedip

No comments

Post a Comment

 

Silahkan komentar yang baik ya…!

 

 

Popular Posts

 

Merakit Rangkaian Power Bank Sederhana

 

Cara Merangkai LED Driver 20W 34Volt untuk HPL 1-3 Watt

 

Cara Merakit Rangkaian Lampu Led 12 Volt

 

Cara Mudah Power Bank menjadi Kapasitas Raksasa

 

Cara Membuat Lampu Emergency dari Topless Selai Bekas

 

Cara Membuat Lampu Hias Bintang yang Sederhana

 

Cara Membuat Antena Modem Sendiri untuk GSM CDMA

 

Cara Membuat Speaker Portable Bluetooth

 

Macam-macam Timbangan Yang Sering Digunakan

 

Alat Cukur Rambut WAHL Murah Buatan USA

 

Facebook

 

MY LAPAK

 

Produk Bermanfaat

LED Sorot Fokus 3mm, 5mm, 8mm, & 10mm

Led Strawhat 5mm – 8mm

Modul Power Bank

Bonus++ Jika Beli Hosting di Caratekno.com

High Power Led Luxeon

Lampu Sorot 9 – 12Watt

Modul Charger Input 12V Output 5V

eBook Kursus Teknik Elektronika

POPULAR CATEGORIES

 

Belajar Elektronika

Belajar Komputer

Bengkel Elektronika

Cara Membuat

Kreatifitas Elektronika

Rangkaian Elektronika

 

ABOUT

 

logo

Blog sederhana CARATEKNO ini bukan blog bagus untuk dibaca, tulisan ini hanya sekedar coretan sederhana yang mungkin banyak salah macam macam timbangan Tapi bukan alasan utama saya tidak berbagi artikel, tips bermanfaat bagi Anda. Silahkan share tulisan jelek ini jika bermanfaat ke rekan-rekan Anda.

Home Hot Product Sitemap Privacy Disclaimer Contact Us

Created By Sora Templates & Blogger Templates | Gooyaabi Templates macam macam timbangan

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.