jenis timbangan

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Testimonial jenis timbangan Karir

ALAT UJI

Local Phones

021 8690 6777

021 8690 6771

GSM Celuller

0816 1740 8927

0817 6700 726

0813 1066 1358 (WA)

Customer Care

0816 1740 8925

0812 8006 9024

0812 9595 7914

Email

[email protected]

BlackBerry Pin: 2856BC08

New PIN : 5A357BF9

 

 

Search for…

Search

Download Catalog

Product

Service & Support

News & Event

Article

Consultation

FAQ

OUR SOLUTIONS

By Alat Uji

Alat Uji Offline

Alat Uji Online

By Application

Application Online (Measuring)

Application Offline

By Industrial

Civil Industries

Engine Industries

More >>

NDT Products

NDT Offline

NDT Online

Data Acquisition & Logger

Data & Log By Application

Data & Log By Performence

More >>

Sensor

IR Temperature Sensors

Jarak

More >>

 

SERVICE & SUPPORT

Jasa Pengukuran

Upgrade

 

 

HomeArticlePengertian Dan Jenis Jenis Alat Ukur Suhu

Pengertian Dan Jenis Jenis Alat Ukur Suhu

Selasa, 29 November 2016

 

Jenis Alat Ukur Suhu

Suhu merupakan ukuran derajat panas atau dinginnya suatu benda. Suhu mempunyai 4 skala yaitu celcius, fahrenheit, reamur, dan jenis timbangan kelvin. Alat untuk mengukur suhu itu disebut dengan termometer. Istilah termometer barasal dari bahasa latin thermo yang berarti itu panas dan meter yang berarti untuk mengukur. Termometer memanfaatkan sifat termometrik suatu zat, yaitu perubahan sifat – sifat zat karena perubahan suhu zat tersebut. Termometer di temukan oleh Galileo – Galilei (1564 – 1642). Termometer yang saat ini banyak digunakan adalah termometer raksa karena di dalam termometer ini terdapat air raksa. Raksa berfungsi untuk menunjukkan suhu jika termometer menunyentuh benda yang lebih hangat dari raksa maka raksa akan mengembang.

 

 

Raksa mempunyai beberapa keunggulan yaitu:

  • Peka terhadap perubahan suhu
  • Dapat digunakan untuk mengukur suhu tinggi dan rendah.
  • Tidak membasahi dinding kaca
  • Mengkilap seperti perak sehingga mudah dilihat.
  • Mengembang dan memuai secara teratur.

 

Termometer dibedakan menjadi 4 jenis menurut bahan yang digunakan dalam termometer tersebut yaitu:

  1. Termometer dengan bahan zat cair

Bahan yang paling sering dipakai untuk membuat termometer adalah zat zair.

Berikut adalah jenis termometer:

 

  • Termometer Laboratrium

Alat ini biasanya digunakan untuk mengukur suhu air dingin atau suhu air yang sedang dipanaskan. Termometer laboraturium menggunakan raksa atau alkohol sebagai petunjuk suhu.

 

  • Termometer Ruang

Termometer ruang bisanya di pasang pada dinding rumah atau kantor. Terometer ruang mengukur suhu keadaan suatu saat. Skala termometer ini adalah dari -50 °C sampai 50 °C.

  • Termometer klinis

Termometer klinis disebut juga termometer demam. Biasanya dokter memakai termometer ini untuk mengukur suhu jenis timbangan tubuh pasien. Pada keadaan sehat, suhu tubuh manusia 37 °C. Tetapi jika pada saat demam suhu akan naik melebihi angka tersebut, bahkan bisa mencapai angka 40 °C. Skala pada termometer klinis hanya dari 35 °C hingga 43 °C. Hal ini sesuai dengan suhu tubuh manusia, suhu tubuh tidak mungkin di bawah 35 °C dan melebihi 43 °C.

 

  • Termometer Six-Bellani

Termometer Six-Bellani disebut juga sebagai termometer maksimum-minimum. Termometer ini dapat mencatat suhu tertinggi dan suhu terendah dalam jangka waktu tertentu. Termometer ini mempunyai 2 cairan, yaitu alkohol dan raksa dalam satu termometer.

 

 

  1. Termometer dengan bahan zat padat
  • Termometer Bimetal

Termometer Bimetal menggunakan logam untuk mengukur adanya suhu dengan prinsip logam akan memuai jika dipanaskan dan menyusut jika didinginkan.

  • Termometer Hambatan

Terometer hambatan merupakan termometer yang paling tepat digunakan dalam industri untuk mengukur suhu lebih dari 100°C. Termometer ini dibuat berdasarkan perubahan hambatan logam.

  • Termometer Termokopel

Termometer temokopel adalah jenis sensor suhu yang digunakan untuk mengukur atau mendeteksi suhu melalui dua jenis logam konduktorberbeda yang digabungkan pada ujungnya sehingga menimbukan efek “Termo – electric”. Termokopel adalah salah satu jenis sensor suhu yang paling populer dan sering digunakan dalam bebagai rangkaian ataupun peralatan listrik dan macam – macam elektronika yang berkaitan dengan suhu.

 

  1. Termometer dengan bahan gas

Termometer gas adalah jenis termometer yang memanfaatkan sifat pemuaian gas apabila terjadi perubahan suhu. gas Hidrogen dan gas Helium merupakan gas yang umum digunakan sebagai bahan termometer ini.

 

  1. Termometer Optis
  • Pirometer

Intensitas radiasi yang dipancarkan oleh benda yang sangat panas yang termometer pirometer ini berfungsi untuk menunjukkan suhu. Sifat termometrik ini dimanfaatkan untuk mengukur suhu pada pirometer.

  • Termometer Inframerah.

Termometer Inframerah berfungsi untuk mengetahui suhu benda dengan menyinarkan inframerah ke benda tersebut.

 

4

 

 

 

Produk Terkait dengan artikel Pengertian Dan Jenis Jenis Alat Ukur Suhu

 

 

NEWSLETTER

Subscribe now to our measurement newsletter

 

email

>>

 

TRADE FAIRS

Next Exhibition:

.

Jakarta, 3 – 4 Desember 2014

Manufacturing Indonesia 2014 Series

3 – 6 Desember 2014

Show all exhibitions

 

TESTIMONIALS

BPPT

BPPT Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT – Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE – BPPT)

BALITBANG

BALITBANG Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan jenis timbangan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara – Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

B2TKS

B2TKS Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan – NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre – HSE Chevron)

 

 

Copyright © 2016 ALAT UJI All Right Reserved.

 

 

Shy Girl (R_a_h_m_a)

“bukan perempuan kaya,bukan perempuan berpendidikan bukan juga perempuan yang Elok perwatakanya Hanya perempuan biasa yang selalu berusah menjadi yang pantas untuk dicinta”

 

MY HOME

TUESDAY, OCTOBER 14, 2014

PENGERTIAN MACAM-MACAM ALAT UKUR BESERTA GAMBAR

MACAM-MACAM ALAT UKUR

 

Pengertian alat ukur

Adalah sebuah alat untuk membandingkan kuantitas fisik seperti luas,panjang,massa dan temperature dari suatu objek dengan kejadian dunia nyata. Ilmu yang mempelajari tentang alat-alat ukur disebut dengan Metrologi.

Berikut macam-macam alat ukur yang ada disekeliling kita dan sering digunakan baik untuk mengukur suhu,masa,panjang dan lainya.

ALAT UKUR LISTRIK

Merupakan alat ukur yang berhubungan dengan listrik,diantaranya yaitu

Amperemeter

 

Merupakan alat yang digunakan untuk mengukur kuat arus listrik yang ada dalam rangkaian tertutup,amperemeter biasa dipasang berderet dengan elemen listrik.

Cara menggunakan : dengan menyisipkan amperemeter secara langsung kerangkaian.

Voltmeter

 

Merupakan alat untuk mengukur besar tegangan listrik dalam suatu rangkaian listrik. Disusun secara pararel terhadap letak komponen yang diukur dalam rangkaian,alat ini terdiri dari tiga buah lempengan tembaga yang terpasang pada sebuah Bakelite yang dirangkai dalam sebuah tabung kaca maupun plastik.

Ohm meter

 

Merupakan alat pengukur hambatan listrik,yaitu daya untuk menahan mengalirnya arus listrik dalam suatu konduktor,besar hambatanya diukur dalam satuan ohm.

ALAT UKUR SUHU

Suhu dapat didefinisikan sebagai derajat panas suatu benda. Berikut beberapa macam alat ukur suhu yang sering kita jumpai,diantaranya yaitu :

Thermometer

 

Merupakan alat yang digunakan untuk mengukur suhu atau perubahan suhu. Thermometer berasal dari dua kata yaitu thermo yang berarti panas dan meter yang mempunyai arti untuk mengukur. Prinsip kerjanya bermacam-macam dan yang paling umum digunakan adalah thermometer air raksa.

Beberapa jenis thermometer diantaranya :

Thermometer Alkohol merupakan thermometer yang mirip dengan thermometer air raksa,hanya saja menggunakan thermometer ini menggunakan cairan alkohol.

Thermometer Air Raksa merupakan alat ukur yang menggunkan air raksa sebagai bahan utamanya. Air raksa yang kemudian dimasukan kedalam sebuah bola kaca yang berukuran sangat kecil dan selanjutnya dimasukan lagi kedalam sebuah tabung yang sempit.

Thermometer Infra Merah merupakan thermometer yang menyimpulkan suhudari sebagian radiasi termal atau yang biasa disebut dengan radiasi hitam yang dipacarkan oleh sebuah objek yang diukur.

ALAT UKUR MASSA

Dalam mengukur massa suatu benda kita memerlukan alat bantu yaitu berupa timbangan (Neraca). Ada beberapa macam neraca diantaranya :

Neraca Pegas

 

Merupakan timbangan sederhana yang menggunakan pegas sebagai alat untuk menentukan massa sebuah benda yang diukurnya. Neraca pegas mempunyai dua baris skala yaitu N (Newton) dan g (gram).

Cara menggunakan : untuk menimbang beban benda atur terlebih dahulu skala 0 (nol) dengan cara memutar sekrup pengatur skala,setelah itu gantungkan benda pada pengait neraca dan kemudian bias diketahui hasil dari pengukuran tersebut.

Kelebihan dari neraca pegas yaitu mengetahui secara bersamaan massa dan berat pada suatu benda dalam satu kali timbangan saja.

Neraca Sama Lengan

 

Merupakan neraca yang mempunyai dua piringan yang masing-masing memiliki fungsi,piringan satu sebagai beban dan satu lagi sebagai anak timbangan. Dalam keadaan seimbangan itu berarti beban sama dengan berat anak timbangan. Neraca ini sering digunakan untuk menimbang emas.

Neraca Tiga Lengan (O Hauss)

 

Neraca ini mempunyai tiga lengan dengan masing-masing fungsinya yaitu lengan pertama yang berskla ratusan gram,lengan kedua berskala puluhan gram sedangkan lengan ketiga yang berskala satuan gram. Neraca tipe ini sering digunakan pada laboratorium sekolah.

ALAT UKUR PANJANG

Alat ukur panjang sering kita jumpai jenis timbangan dalam kehidupan sehari,hari diantaranya yaitu :

Mistar

 

Mistar yang sering kita sebut sebagai penggaris ini pada umumnya memiliki skala terkecil yaitu 1 mm atau 0,1 mm. pada saat melakukan pengukuran dengan mistar hendaknya arah pandang harus tegak lurus dengan skala pada mistar dan benda yang diukur,jika pandangan tertuju pada arah yang tidak tepat maka akan menyebabkan nilai pengukuran salah,kesalahan semacam ini disebut sebagai kesalahan paralaks. jenis timbangan Jangka Sorong Sebuah alat yang terdiri dari dua bagian yaitu rahang tetap dan rahang geser.skala panjang yang terdapat pada tetap merupakan skala utama,yang memiliki skala dalam cm dan mm. sedangkan skala pendek yang terdapat pada rahang geser merupakan nonius (yang memiliki panjang 9 mm dan dibagi dalam 10 skala) sehingga beda satu pada skala nonius dengan satu skala pada skala utama adalah 0,1 mm atau 0,01 cm. skala terkecil pada jangka sorong adalah 0,1 mm/0,01 cm.

Micrometer

 

Merupakan sebuah alat ukur yang memiliki ketelitian 0,01 mm. kegunaan dari alat ini yaitu untuk mengukur ketebalan benda-benda yang cukup kecil seperti kawat.kabel,lebar kertas dan lempengan baja.

ALAT UKUR WAKTU

Standar satuan waktu adalah second atau detik,alat yang digunakan untuk mengukur waktu biasanya jam atau arlogi. Dan untuk alat lainya sebagai berikut:

Jam Sukat (Stopwatch)

 

Merupakan alat yang digunakan untuk mengukur lamanya waktu yang diperlukan dalam sebuah kegiatan,misalnya : berapa waktu yang dibutuhkan seorang perenang untuk menempuh garis finish.

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Cara menggunakanya : dengan memulai menekan tombol diatas dan berhenti suatu waktu detik ditampilkan sebagai waktu berlalu,kemudian dengan menekan tombol kedua pengguna dapat menyetel ulang jam sukat kembali ke nol. Tombol kedua jg digunakan sebagai perekam waktu.

Stopwatch (jam sukat) ada dua macam yaitu jam sukat analog dan jam sukat digital. Jam sukat analog ini memiliki ketelitian 0,1 second sedangkan jam sukat analog memiliki batas ketelitian hingga 0,01.

Jam Pasir

 

Terdiri dari dua tabung gelas yang terhubung dengan sebuah tabung sempit. Salah satu tabung biasanya diisi dengan pasir yang kemudian mengalir melalui tabung sempit ketabung dibawahnya dengan laju yang teratur. Dimana jam pasir ini digunakan untuk mengitung waktu selama satu jam.

Jam Matahari

 

Sundial atau yang akrab disapa sebagai jam matahari adalah perangkat sederhana yang menunjukkan waktu berdasarkan pergerakan matahari. Digolongkan sebagai pengukur waktu yang kuno dibandingkan dengan sekarang yang banyak sekali dijumpai penunjuk waktu yang lebih modern.

Namun penunjuk waktu yang satu ini jarang dijumpai di Indonesia kebanyakan ada di yunani,berupa sebuah sirkular dengan penanda ditengahnya.

Arloji

 

Adalah penunjuk waktu yang dipakai pada pergelangan tangan dan sering kita sebut sebagai jam tangan.

ALAT UKUR KELEMBABAN

Kelembaban merupakan konsentrasi uap air di udara. Angka kosentrasi ini dapat diekspresikan dalam kelembaban absolute,kelembaban spesifik dan kelembaban relative. Alat yang dapat mengukur kelembaban diantaranya yaitu :

Hygrometer

 

Adalah sejenis alat untuk mengukur tingkat kelembaban pasa suatu tempat,biasanya alat ini ditempatkan di dalam bekas penyimpanan barang yang memerlukan tahap kelembaban yang terjaga seperti dry box penyimpanan kamera. Kelembaban yang rendah akan menjegah jamur yang menjadi musuh pada peralatan tersebut. Alat ini juga banyak digunakan untuk mengukur kelembaban pada budidaya jamur,penetasan telur dsb.

ALAT UKUR TEKANAN

Barometer

 

Merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan udara,sering digunakan dalam meramal cuaca,dimana tekanan udara yang tinggi menandakan cuaca yang bersahabat sedangkan tekanan udara yang rendah menandakan kemungkinan adanya badai.

Jenis-jen is barometer

Barometer air raksa Sementara barometer air raksa tersedia dalam berbagai desain, barometer raksa standar terdiri dari tabung kaca vertikal dengan kolom merkuri di dalamnya. Ujung atas tabung kaca disegel (tertutup), sedangkan ujung tabung yang lain dibiarkan terbuka dan dibenamkan dalam wadah yang berisi air raksa. Ketika tekanan atmosfer turun, kolom merkuri dalam tabung kaca juga turun, fenomena yang menandakan potensi badai. Saat badai berlalu, level merkuri akan mulai naik seiring dengan tekanan atmosfer yang juga naik.

Barometer air  – juga dikenal sebagai termometer Goethe – terdiri dari wadah kaca tertutup yang setengah terisi air dan semacam cabang kecil (cerat). Cerat kaca terhubung ke wadah kaca. Karena saling terhubung, cerat dan wadah kaca akan terisi air. Ketika tekanan atmosfer rendah, level air pada cerat perlahan akan naik melebihi permukaan air dalam wadah kaca. nBila level air di cerat turun, hal ini berarti tekanan atmosfer berubah menjadi lebih tinggi.

Barometer aneroid Diciptakan pada tahun 1843, barometer aneroid memiliki mekanisme yang rumit untuk membaca perubahan tekanan atmosfer. Barometer aneroid terdiri dari wadah dan semacam logam lentur yang dikenal sebagai kapsul aneroid atau sel. Aneroid ini terbuat dari paduan berilium dan tembaga. Wadah kemudian disegel setelah udara dikosongkan. Ketika kotak logam mengembang atau menyusut karena perubahan tekanan luar, perangkat dalam barometer menerjemahkannya menjadi pembacaan tekanan udara.

Barograf (barograph) Barograf merupakan jenis barometer aneroid, namun tidak hanya melakukan pembacaan melainkan juga merekam hasil pencatatan selama periode waktu tertentu. Dibuat dari silinder logam dengan lengan pena, barograf membaca perubahan tekanan atmosfer seperti barometer aneroid sedangkan lengan pena mencatat hasil pengukuran pada kertas atau media lain. Hasil pencatatan ini – dikenal sebagai barogram – memungkinkan para ilmuwan dan ahli meteorologi untuk mempelajari iklim suatu daerah dalam jangka panjang, bukan hanya cuaca dalam satu hari.

 

Sebagaian diambil dari  http://id.wikipedia.org/wiki/Alat_ukur

gambar diambil dari google

 

Posted by rahma Shy Girl at 11:55 PM

Email This

BlogThis!

Share to Twitter

Share to Facebook

Share to Pinterest

 

 

Newer Post Older Post Home

Subscribe to: Post Comments (Atom)

 

POPULAR POSTS

KEANEKARAGAMAN FLORA KHAS INDONESIA BESERTA KETERANGANNYA

Flora adalah sebutan untuk jenis tumbuhan sedangkan Fauna adalah sebutan untuk jenis hewan. Setiap provinsi di indonesi memiliki keanekaraga…

 

Pengertian Ms Power point dan Fungsi Menu dan Ikon Di Dalamnya

Pengertian Ms Power Point             Sebuah program (software) yang membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, profe…

 

PENGERTIAN MACAM-MACAM ALAT UKUR BESERTA GAMBAR

MACAM-MACAM ALAT UKUR Pengertian alat ukur           Adalah sebuah alat untuk membandingkan kuantitas fisik seperti luas,panjang,mas…

GOOGLE+ FOLLOWERS

 

RESEP

 

Promosikan Halaman Anda Juga

Rahma

 

Buat Lencana Anda

 

BLOG ARCHIVE

July 2012 (1)

August 2012 (1)

October 2012 (3)

November 2012 (2)

December 2012 (3)

January 2013 (20)

February 2013 (6)

March 2013 (5)

April 2013 (4)

June 2013 (1)

July 2013 (2)

September 2013 (1)

October 2013 (1)

November 2013 (2)

February 2014 (2)

August 2014 (3)

September 2014 (3)

October 2014 (2)

November 2014 (2)

December 2014 (2)

April 2015 (1)

Picture Window template. Powered by Blogger.

 

 

Fisika Zone

Belajar Fisika Online, Materi Fisika, Pembahasan Soal Fisika

 

FISIKA SMP

KELAS VII

MATERI FISIKA SMP KELAS 7

KELAS VIII

MATERI FISIKA SMP KELAS 8

KELAS IX

MATERI FISIKA SMP KELAS 9

FISIKA SMA

KELAS X

MATERI FISIKA SMA KELAS 10

KELAS XI

MATERI FISIKA SMA KELAS 11

KELAS XII

MATERI FISIKA SMA KELAS 12

FISIKA KULIAH

SOAL FISIKA

SMP KELAS 7

SMP KELAS 8

SMP KELAS 9

SMA KELAS 10

SMA KELAS 11

SMA KELAS 12

SOAL KULIAH

TOKOH FISIKA

ARTIKEL FISIKA

Home»Fisika SMA»Kelas X»Jenis-Jenis Alat Ukur Besaran Panjang

Jenis-Jenis Alat Ukur Besaran Panjang

College Loan Consolidation Saturday, August 16th, 2014 – Kelas X

Besaran panjang dapat diukur dengan beberapa alat, diantaranya mistar,jangka sorong,meter kelos, mikrometer sekrup dan lain sebagainya. Pada kali ini akan diuraikan beberapa jenis alat ukur besaran panjang yang dapat ditemui di lapangan. Setiap jenis atau tipe alat ukur besaran panjang tersebut memiliki kelebihan dan akurasi pengukuran yang berbeda. Berikut penjelasan singkat tentang jenis-jenis alat ukut besaran panjang.

 

Advertisment

 

 

Jenis-Jenis Alat Ukur Besaran Panjang

Mistar (Penggaris)

Mistar/penggaris berskala terkecil 1 mm mempunyai ketelitian 0,5 mm. jenis timbangan Ketelitian pengukuran menggunakan mistar/penggaris adalah setengah nilai skala terkecilnya.

 

alat ukur panjang,Mistar,Penggaris,fungsi penggaris,pengertian mistar,ketelitian mistarDalam setiap pengukuran dengan menggunakan mistar, usahakan kedudukan pengamat (mata) tegak lurus dengan skala yang akan diukur. Hal ini untuk menghindari kesalahan penglihatan (paralaks). Paralaks yaitu kesalahan yang terjadi saat membaca skala suatu alat ukur karena kedudukan mata pengamat tidak tepat.

 

Roll Meter (Meter Kelos)

Roll Meter,Meter Kelos,fungsi roll meter,penggunaan roll meter,mengukur dengan roll meterRollmeter merupakan jenis timbangan alat ukur panjang yang dapat digulung, dengan panjang 25 – 50 meter. Meteran ini dipakai oleh tukang bangunan atau pengukur lebar jalan. Ketelitian pengukuran dengan rollmeter sampai 0,5 mm. Meteran ini biasanya dibuat dari plastik atau pelat besi tipis, tampak seperti pada gambar diatas.

 

Jangka Sorong

Jangka sorong adalah alat yang digunakan untuk mengukur panjang, tebal, kedalaman lubang, dan diameter luar maupun diameter dalam suatu benda dengan batas ketelitian 0,1 mm. Jangka sorong mempunyai dua rahang, yaitu rahang tetap dan rahang sorong. Pada rahang tetap dilengkapi dengan skala utama, sedangkan pada rahang sorong terdapat skala nonius atau skala vernier. Skala nonius mempunyai panjang 9 mm yang terbagi menjadi 10 skala dengan tingkat ketelitian 0,1 mm.

 

Jangka Sorong,sigmat,fungsi jangka sorong,menggunakan sigmat,bagian jangka sorong,cara menggunakan jangka sorong

 

Hasil pengukuran menggunakan jangka sorong berdasarkan angka pada skala utama ditambah angka pada skala nonius yang jenis timbangan dihitung dari 0 sampai dengan garis skala nonius yang berimpit dengan garis skala utama.

 

Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup merupakan alat ukur ketebalan benda yang relatif tipis, misalnya kertas, seng, dan karbon. Pada mikrometer sekrup terdapat dua macam skala, yaitu skala tetap dan skala putar (nonius).

 

Alat ukur panjang,Mikrometer Sekrup,alat ukur Mikrometer Sekrup,cara menggunakan Mikrometer Sekrup,fungsi Mikrometer Sekrup,bagian-bagian Mikrometer Sekrup

 

1)      Skala tetap (skala utama)

Skala tetap terbagi dalam satuan milimeter (mm). Skala ini terdapat pada laras dan terbagi menjadi dua skala, yaitu skala atas dan skala bawah.

 

2)      Skala putar (skala nonius)

Skala putar terdapat pada besi penutup laras yang dapat berputar dan dapat bergeser ke depan atau ke belakang. Skala ini terbagi menjadi 50 skala atau bagian ruas yang sama. Satu putaran pada skala ini menyebabkan skala utama bergeser 0,5 mm. Jadi, satu skala pada skala putar mempunyai ukuran (1/50)*0,5mm =0,01mm. Nilai 0,01mm merupakan batas ketelitian mikrometer sekrup.

 

Alat ukur besaran panjang yang baik adalah alat ukur yang memiliki tingkat ketelitian paling kecil, dengan tingkat ketelitian yang kecil ini alat ukur besaran panjang memiliki akurasi pengukuran yang tinggi. Diantara jenis-jenis alat ukur besaran panjang yang dijelaskan diatas maka mirkometer sekrup adalah alat ukur besaran panjang yang memiliki tingkat ketelitian paling tinggi yaitu mampu mengukur besaran panjang hingga 0,01 mm.

 

 

 

Share artikel :

Twitter Facebook Google +

 

 

Like Dan Dapatkan Materi Terbaru Fisika

 

1 diskusi Pada Artikel “Jenis-Jenis Alat Ukur Besaran Panjang”

Dea says:

September 6, 2015 at 4:29 pm

Good

 

Reply

Mari berdiskusi tentang “Jenis-Jenis Alat Ukur Besaran Panjang”

 

Name (required)

 

 

Email (will not be published) (required)

 

Submit

 

Search here …

SEARCH

 

 

 

ARTIKEL FISIKA TERBARU

Momen Inersia

Momen Gaya

Rotasi Benda Tegar

Pusat Massa Sebuah Benda

Pendulum Balistik

Pengertian Tumbukan Dan Jenis Tumbukan

Momentum Linier

Gerak Harmonis Sederhana Pada Pegas

ARTIKEL TERKAIT

Contoh Soal Pengukuran Kelas 7

Alat Ukur Besaran Masa

Suhu Dan Pengukurannya

Ketidakpastian Pengukuran

Suhu (Temperatur)

Alat Ukur Arus Dan Tegangan Bolak-Balik (AC)

Pengertian Dan Pengukuran Temperature Untuk SMA Kelas X

Alat Ukur

Soal Latihan Besaran Dan Satuan Kelas 10

TOPIK FISIKA

Mencri Sudut Deviasi

Alat Yang Dapat Diubah Menjadi Energi Kalor

Grafik Kuatarus Dan Tegangan Rangkaian Seri

Contoh Gelombang Berdiri

Gambarkan Rangkaian 2 Buah Lampu Yang Dirangkai Sejajar/Paralel Prakarya Kelas 9

Contoh Energi Gas Menjadi

Gerak Melingkar

Materi Suhu Fisika Kelas 7

Sinar Istimewa Lensa Cekung

 

HomeAbout UsKontakPrivacy PolicyDisclaimerDaftar Materi Fisika Online

Copyright © 2013 Fisika Zone All Rights Reserved.

 

free web tracker jenis timbangan

 

 

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.