jenis jenis timbangan

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


LinkedIn jenis jenis timbangan SlideShare

Upload

Login

Signup

 

Search

 

Home  Technology  Education  More Topics For Uploaders

Sistem Pengukuran Massa

*Jenis-Jenis Timbangan*

KELOMPOK 3

  • Fransiska Juniati Baringbing (132411006)
  • Israyudi Reza (132…

 

1 of 32

 

Jenis Timbangan

3,352 views

Share   Like   Download

Fransiska Baringbing

Fransiska Baringbing

Follow

1    1    1

Published on Jan 10, 2015

 

Sistem Pengukuran Massa

 

Published in: Education

0 Comments

0 Likes

Statistics

Notes

no profile picture user

 

Share your thoughts…

Post

Be the first to comment

 

Jenis Timbangan

  1. Sistem Pengukuran Massa *Jenis-Jenis Timbangan* KELOMPOK 3 • Fransiska Juniati Baringbing (132411006) • Israyudi Reza (132411020) • Ahmad Nur Fadhil (132411032) • Diah Yani Rivai Pulungan (132411042) • Andreas Hutagalung (132411064)
  2. 1. TIMBANGAN SAKU / POCKET SCALE  Dinamakan timbangan saku karena ukuran timbangan ini kecil dan bisa di masukan ke saku.  Jenis timbangan kecil yang bisa dibawa kemana – mana.  Umumnya timbangan ini ketelitiannya 0,01g.  Disamping dimensinya kecil juga kapasitas yang disandangnya pun kecil.  Kapasitasnya 100 g sampai 500 g.
  3. GAMBAR TIMBANGAN SAKU / POCKET SCALE
  4. 2. TIMBANGAN PORTABLE / PORTABLE SCALE  Timbangan ini enak di bawa-bawa dan di pindah-pindah jadi mungkin yang ini timbangannya di sebut portable.  Ukuran kapasitas timbangan ini biasanya antara lain : 6 kg, 15 kg, 30 kg, 60 kg, 100 kg, sampai 300 kg.  Kalau dari Pabrikan resmi biasanya ukurannya sudah tertentu misal : 30 x 40 cm, 45 x 60 cm dll. Sebagian pabrikan timbangan baik dari China, Jepang, Korea, Eropa dan Amerika mengeluarkan produk ini.  Timbangan model ini juga bisa dibuat sesuai pesanan sipembeli sendiri dari mulai ukuran maupun kapasitasnya.
  5. GAMBAR TIMBANGAN PORTABLE / PORTABLE SCALE
  6. 3. TIMBANGAN RETAIL / PRICE COMPUTING SCALE  Nama lain (bahasa Inggris) yaitu Price Computing Scale akan tetapi untuk di umum jenis jenis timbangan banyak yang menyebut Timbangan Buah dan untuk kalangan orang yang jual timbangan ada yang menyebut timbangan retail  Timbangan ini dilengkapi dengan penghitung langsung dari timbangan tersebut. Timbangan ini dilengkapi 6 display, 3 untuk menghadap depan dan 3 kebelakang. Fungsi didepan untuk penjual dan kebelakang untuk pembeli.  3 display tersebut berfungsi antara lain untuk menunjuk berat, harga per kilogramnya dan untuk total perkalian harga dan berat. Timbangan ini juga di lengkapi dengan fungsi penyimpanan ( memori ) harga. Jumlah memori penyimpanan harga tersebut biasanya sesuai dengan harga timbangan tersebut.
  7. GAMBAR TIMBANGAN RETAIL / PRICE COMPUTING SCALE
  8. 4. TIMBANGAN RETAIL DENGAN PRINTER/ PRICE COMPUTING SCALE WITH PRINTER  Timbangan ini memiliki nama yang sama dengan sebelumnya, yaitu timbangan retail.  Namun, Timbangan Retail ini sudah dilengkapi dengan Printer untuk mencetak hasil penimbangan. Print out atau hasil cetak dari timbangan ini memuat banyak item antara lain : Nama Toko, Nama Barang yang ditimbang, harga dan total harga, tanggal dan jam penimbangan serta biasanya barcode.
  9. GAMBAR TIMBANGAN RETAIL DENGAN PRINTER/ PRICE COMPUTING SCALE WITH PRINTER
  10. 5. TIMBANGAN PENGHITUNG/COUNTING SCALE  Dinamakan Counting karena timbangan ini bisa menghitung sesuatu barang yang di timbang.  Ketentuannya barang yang akan di timbang mempunyai berat yang sama.  Contoh barangnya coin, kancing, mur dan lain-lain.
  11. GAMBAR TIMBANGAN PENGHITUNG/COUNTING SCALE
  12. 6. TIMBANGAN GANTUNG/CRANE SCALE  Sesuai dengan namanya timbangan gantung, pemakaian timbangan ini juga dengan menggantung media yang akan di timbang.  Seiring dengan kemajuan teknologi maka sekarang timbangan gantung ada yang di lengkapi dengan remote control.  Timbangan ini tidak mempunyai platform tempat timbang.  Beban yang akan ditimbang digantung langsung menarik Loadcell yang sudah menyatu dengan Indicatornya.
  13. GAMBAR TIMBANGAN GANTUNG/CRANE SCALE
  14. 7. TIMBANGAN LANTAI/FLOOR SCALE  Dinamakan timbangan lantai karena pada aplikasi pemakaiannya timbangan ini sering diletakkan rata dengan lantai  Timbangan ini biasa berkapasitas besar minimal 500 kg sampai 10.000 kg.  Biasanya barang yang akan ditimbang di floor Scale ini adalah barang dengan beban berat.  Barang tersebut dibawa dengan memakai kereta dorong. Jadi disitu karena timbangan rata dengan lantai maka kereta tinggal disorong ketempat timbang kemudian barang ditaruh ditimbang dan kereta keluar.
  15. GAMBAR TIMBANGAN LANTAI/FLOOR SCALE
  16. 8. TIMBANGAN DUDUK ( BENCH SCALE )  Jenis timbangan ini paling Populer karena jenis jenis timbangan memang paling banyak di pakai.  Harganya tidak terlalu mahal, malah selisih sedikit dengan timbangan manual sehingga pemakai timbangan manual bisa cepat beralih ke timbangan tersebut.  Kapasitas timbangan ini mulai 30kg sampai 500 kg.
  17. GAMBAR TIMBANGAN DUDUK ( BENCH SCALE )
  18. 9. TIMBANGAN EMAS  Timbangan ini sering dipakai oleh pedagang emas, jadi sering di sebut timbangan emas.  Ketelitiannya biasanya 0,01g.  Ada juga yang pakai 0,1g tapi itu terlalu kasar buat timbang emas.
  19. GAMBAR TIMBANGAN EMAS
  20. 10. TIMBANGAN SEMI ANALITYCAL DAN ANALTYCAL  Semi analitikal punya ketelitian 0,001 g dan analitikal 0,0001 g  Timbangan ini pasti memakai wind shield diatasnya karena untuk menahan angin.  Kalau di ruang terbuka menimbang tanpa wind shield angka hasil penimbangan pasti akan berubah-ubah.  Timbangan ini harganya relatif lumayan mahal.
  21. GAMBAR TIMBANGAN SEMI ANALITYCAL DAN ANALTYCAL
  22. 11. TIMBANGAN PENGUKUR KADAR AIR/MOISTURE BALANCE  Alat ini berguna untuk mengukur kadar air dari benda tertentu.  Cara pemakaiannya yaitu dengan memasukan benda tersebut sekalian di timbang.  Benda tersebut nantinya akan di panasi sesuai dengan suhu yang kita kehendaki. Setelah dipanasi dalam waktu tertentu maka akan benda tersebut berubah beratnya.  Penghitung berat sebelum dipanasi dengan setelah dipanasi akan ditemukan kadar air benda tersebut.
  23. GAMBAR TIMBANGAN PENGUKUR KADAR AIR/MOISTURE BALANCE
  24. 12. TIMBANGAN KAMBING/GOAT SCALES  Timbangan ini memang jarang di pakai oleh pedagang kambing atau pun yang punya kambing.  Akan tetapi sekarang mulai dilirik untuk dipakai menimbang kambing.
  25. GAMBAR TIMBANGAN KAMBING/GOAT SCALES
  26. 13. TIMBANGAN SAPI /CATTLE SCALES  Timbangan Sapi ada yang memakai kerangkeng atau kandang.  Dan ada juga yang sederhana.  Namun, Timbangan Sapi yang memakai kerangkeng atau kandang lah yang sering digunakan.
  27. GAMBAR TIMBANGAN SAPI /CATTLE SCALES
  28. 14. TIMBANGAN PENGANTONGAN/BAGGING SCALE  Mesin pengantongan ini di lengkapi timbangan yang bisa menggerakan gate-gate supaya menutup dan membuka.  Pada saat target pengantongan sudah sesuai, maka gate pengisian akan berhenti dengan sendirinya.  Mesin pengantongan ini kalau yang lengkap dilengkapi conveyor dan mesin jahit.
  29. GAMBAR TIMBANGAN PENGANTONGAN/BAGGING SCALE
  30. 15. TIMBANGAN TRUCK/JEMBATAN TIMBANG  Timbangan truck ini banyak yang menyebut jembatan timbang.  Sekarang seperti sudah menjadi kebutuhan untuk perusahaan yang trafic keluar masuk barang dengan truck agak tinggi.  Dengan memakai timbangan truck ini pekerjaan akan lebih mudah dari pada menimbang sedikit demi sedikit isi trucknya.
  31. GAMBAR TIMBANGAN TRUCK / JEMBATAN TIMBANG

Recommended

Flipping the Classroom

Flipping the Classroom

 

Gamification of Learning

Gamification of Learning

 

Strategic Planning Fundamentals

Strategic Planning Fundamentals

 

Jenis alat ukur berat

Jenis alat ukur berat

Fajar Herlambang

Macam-Macam Neraca dan Cara Penggunaannya

Macam-Macam Neraca dan Cara Penggunaannya

cumipaus

ALAT UKUR MASSA & WAKTU

ALAT UKUR MASSA & WAKTU

Shauqina Saraya

Laporan Praktikum Pegenalan Neraca di Laboratorium

Laporan Praktikum Pegenalan Neraca di Laboratorium

Ernalia Rosita

Unit 7 : Timbangan

Unit 7 : Timbangan

Priscilla T. Douglas

3.macam macam alat ukur

3.macam macam alat ukur

” Sigit School” Kutowinangun,Kebumen Jawa Tengah

macam –macam alat ukur

macam –macam alat ukur

Wicah

English Español Português Français Deutsch

About Dev & API Blog Terms Privacy Copyright Support

 

LinkedIn Corporation © 2016

 

 

 

Hub. kami di 021-8613346

Local Phone : 021 – 861 3346, 8660 4409, 8660 4413

GSM Celuller : 081310045708, 0813 1944 9301 (WA),

Email : [email protected]

 

Home

Services

Product

About Us

Contact Us

News

Career

 

Search

Submit

Home

PRODUK TERLARIS

Timbangan Hewan / Ternak

Timbangan Lantai

Analytical Balance

Timbangan Hybrid

Nagata

AND Weighing

Vibra

Timbangan Saku

Service Timbangan

Industrial Product

 

SEMUA PRODUK

Timbangan Digital

Timbangan Gantung/Crane

Timbangan Platform

Timbangan Counting

Timbangan Duduk

Timbangan badan

Timbangan Laboratorium

Precisa

 

AKSESORIS

Pencampur Otomatis

Indikator Digital

Papan Skoring

Aksesoris Timbangan

Indikator Excellent

Anak Timbangan

Other Product

Load Cell

Tongkat ukur tinggi hewan

 

aneka_timbangan_digital_murah.jpg

Jenis Jenis Timbangan

 

03 October 2016 04:40

 

 

Di jaman sekarang ini sudah banyak sekali jenis dan macam timbangan serta beragam bentuk dan variannya.

 

 

 

  1. Timbangan Pocket

 

 

 

 

 

Jenis timbangan kecil yang bisa dibawa kemana – mana. Disamping dimensinya kecil juga kapasitas yang disandangnya pun kecil. Biasanya dengan kapasitas 30 kg kebawah.

 

 

 

 

 

 

 

  1. Timbangan Buah

 

 

 

yaitu timbangan manual ini yang biasanya digunakan pedagang buah di pasar – pasar tradisional dan pinggir jalan . skala berat timbangan ini pun terbatas

 

 

 

 

 

  1. Timbangan Digital

 

 

 

Timbangan Digital  biasanya digunakan disupermarket,kita mengenal timbangan digital sebagai alat ukur untuk satuan berat.

 

 

 

 

 

Bagian-bagiannya :

– Layar Display

– Flat/tempat barang

– Tombol-tombol : Tombol angka, Tombol fungsi   dan Tombol print/label total hasil

 

Cara Pengoperasiannya :

 

  • Timbangan Bebek Sediakan timbangan digital.

 

  • Sediakan barang yang akan ditimbang.

 

  • Letakan barang pada flat.

 

  • Masukan kode barang yang akn ditimbang.

 

  • Tunggu hinga digit angka perhitungan barang berhenti.

 

  • Perlihatkan berat dan harga barang yang tertera pada layar display kepada konsumen.

 

  • Tekan tombol print untuk mencetak label barang.

 

  • Tempelkan label barang pada kemasan barang tersebut

 

 

 

  1. Timbangan Portable/ jenis jenis timbangan Bench Scale

 

 

 

Timbangan ini terpisah antara tempat timbang dan penunjukannya ( Indicator ). Biasanya dihubungkan dengan tiang penyangga. jenis jenis timbangan Kalau dari Pabrikan resmi biasanya ukurannya sudah tertentu semisal : 30 x 40 cm, 45 x 60 cm dll.Sebagian pabrikan timbangan baik dari China, Jepang, Korea, Eropa dan Amerika mengeluarkan produk ini. Semisal Cardinal dari Amerika, Avery dari Eropa mengeluarkan Seri HL nya, Kemudian Shimadzu dari JEPANG dan UWE buatan Taiwan.Ukuran kapasitas timbangan ini biasanya antara lain : 6 kg, 15 kg, 30 kg, 60 kg, 100 kg, sampai 300 kg. Timbangan model ini juga bisa dibuat sesuai pesanan sipembeli sendiri dari mulai ukuran maupun kapasitasnya.

 

 

 

  1. Timbangan Gantung/ Crane Scale/ Hanging Scale

 

 

 

 

 

 

 

Dinamakan timbangan gantung karena system penimbangannya digantungkan ditimbangan tersebut.

Jadi Timbangan tersebut tidak mempunyai platform tempat timbang.

Beban yang akan ditimbang digantung langsung menarik Loadcell yang sudah menyatu dengan Indicatornya.

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


 

 

 

 

 

 

 

  1. Timbangan Platform/ Floor Scales

 

 

 

Timbangan ini seperti bench scale. Yang membedakan adalah Kapasitasnya lebih besar tidak adanya tiang penyangga. Dimensi tempat timbangpun akan jauh lebih besar.

 

Biasanya Platform dari floor scale dibuat oleh pabrikan lokal untuk menekan biaya produksinya. Disini floor scale akan benar – benar membebaskan penggunanya untuk menentukan ukuran Platform yang cocok. Ukuran yang biasa dipesan adalah 1 x 1m, 1,2 x 1 m, 1,2 x 1,2 m, 1,5 x 1,5 m dll.

 

Dinamakan timbangan lantai awal mulanya karena timbangan ini biasanya ditanam dilantai yang dibuat kolam, jadinya timbangan tersebut akan rata dengan lantai.

 

Biasanya barang yang akan ditimbang di floor Scale ini adalah barang dengan beban berat. Barang tersebut dibawa dengan memakai kereta dorong. Jadi disitu karena timbangan rata dengan lantai maka kereta tinggal disorong ketempat timbang kemudian barang ditaruh ditimbang dan kereta keluar. Timbangan tersebut bisa dibuat dengan memenuhi permintaan pesanan dari sipemakai.

 

 

 

  1. Timbangan Tahan Air (Waterproof)

 

 

Seperti timbangan-timbangan elektronik yang lainnya. Timbangan waterproof memiliki kelebihan akan adanya ketahanan terhadap lingkungan yang berair dan lembab.

Timbangan ini biasanya dipakai untuk Industri Ikan atau hewan yang hidup diair. Lingkungan yang dingin, lembab dan cenderung basah akan mengakibatkan timbangan biasa tidak bisa bertahan.

Pada produk timbangan waterproof tertentu malah ada yang mengklaim bisa tahan tidak rusak walaupun direndam dalam air sekalipun.

 

 

 

 

 

  1. Timbangan Harga Retail ( Retail Computing Scale )

 

 

 

Timbangan ini biasanya dipakai untuk menimbang buah, oleh-oleh, makanan kecil, permen, daging dll. Biasanya dipakai oleh Toko Buah, Oleh-oleh, Supermarket, Minimarket dll.

 

Timbangan tersebut dilengkapi dengan 3 buah display antara lain : display untuk penunjukan berat, display untuk harga perkilo barang yang ditimbang dan display untuk total harga.

Timbangan jenis ini juga ada yang memiliki berbagai fitur yang lengkap. Antara lain :

Memiliki memory yang besar hingga bisa menyimpan PLU sampai 3000. Itu artinya timbangan tersebut bisa memuat data barang dan harganya sampai 3000 item.

 

 

 

  1. Timbangan Penghitung Satuan (Counting Scale)

 

 

Timbangan ini berfungsi untuk menghitung barang – barang kecil yang bila dilakukan akan memakan waktu. Semisal Baut dan Mur, Kancing, Tablet obat dll.

 

Kerja timbangan ini adalah dengan menimbangkan sample dulu ketimbangan.

 

Semisal 10 biji kancing. Selanjutnya berat kancing itu akan disimpan didalam memori timbangan itu untuk jumlah 10 kancing. Setelah itu berapapun kancing yang dimasukan kedalam timbangan akan bisa dihitung berat dan jumlahnya oleh timbangan tersebut.

 

 

 

 

 

  1. Timbangan Kadar Air (Moisture Balance)

 

 

Timbangan tersebut sangatlah unik yaitu bisa mengeluarkan panas.

Jadi kegunaan timbangan tersebut adalah untuk mengetahui seberapa banyak kadar air yang tersembunyi dalam setiap barang yang ditest.

Cara kerja timbangan tersebut adalah sebagai berikut : Barang yang akan ditest kadar airnya ditimbang terlebih dahulu. Setelah didapat beratnya kemudian barang tersebut dipanaskan oleh system pemanas dari timbangan. Setelah dipanasi kemudian barang tersebut ditimbang lagi. Perbandingan antara berat barang yang basah / belum dipanasi dengan barang yang sudah kering setelah dipanasi itulah yang menjdi pengukuran kadar airnya.

 

 

 

 

 

  1. Timbangan Hybrit

 

 

 

yaitu timbangan yang cara kerjanya merupakan perpaduan antara timbangan manual dan digital. Timbangan Hybrid ini biasa digunakan untuk lokasi penimbangan yang tidak ada aliran listrik. Timbangan Hybrid menggunakan display digital tetapi bagian paltform menggunakan plat mekanik.

 

 

 

12.Timbangan bebek :

 

 

Timbangan bebek biasanya digunakan di warung untuk toko-toko  untuk

menimbang seperti : beras, gula, telur, minyak goring, dll.

 

Bagian-bagian :

 

  • Tempat/wadah barang

 

  • Badan timbangan

 

 

 

Satuan penghitung (bandul pemberat),ukurannya :

–  ½ ons                     –  ½ kg

–  1 ons                      –  1 kg

–  2 ons                      –  2 kg

 

Cara Pengoperasianya :

 

  • Sediakan timbangan bebek yang akan digunakan Sediakan barang yang hendak ditimbang.

 

  • Sediakan alat pembungkus barang.

 

  • Letakan pemberat pada tempat beban.

 

  • Pastikan barang lebih berat dibandingkan pemberat.

 

  • Apabila barang terlalu berat maka kurangi massa barang tersebut.

 

  • Namun apabila pemberat lebih berat maka tambah massa barang.

 

  • Memberikan kesempatan.

 

  • Kemas barang yang telah selesai kepada konsumen untuk mengetahui hasil timbangan ditimbang dengan benar dan rapi.

 

  • Sebutkan nominal uang yang harus dibayar oleh pembeli.

 

  • Ucapkan terimakasih apabila transaksi telah selesai.

 

 

 

13.Timbangan Jarum

 

 

 

Timbangan yang menggunakan jarum dan biasanya digunakan untuk menimbang berat badan dan sebagai takaran saat kita akan membuat kue/roti.

Timbangan jarum juga dapat digunakan di warung atau toko untuk menimbang telur, gula, dsb dalam skala berat terbatas. Pada timbangan jarum tidak menggunakan pemberat namun menggunakan jarum yang akan berputar kearah angka yang menunjukan berat barang tersebut

 

Bagian-bagiannya :

 

  • Tempat/Wadah barang.

 

  • Jarum skala yang menunjukan berat barang yang ditimbang (Jarum skala yang akan berputar kearah angka yang menunjukan berat barang).

 

 

 

Prosedur pengoperasian :

 

  • Sediakan timbangan jarum yang akan digunakan.

 

  • Sediakan barang yang hendak ditimbang.

 

  • Sediakan alat pembungkus barang.

 

  • Lihat perputaran jarum yang menunjukan massa barang.

 

  • Lebihkan berat barang sedikit.

 

  • Apabila barang terlalu berat maka kurangi massa barang tersebut.

 

  • Namun apabila barang terlalu ringan maka tambah massa barang.

 

  • Memberikan kesempatan kepada konsumen untuk mengetahui hasil timbangan.

 

  • Kemas barang yang telah selesai ditimbang dengan benar dan rapi.

 

  • Sebutkan nominal uang yang harus dibayar oleh pembeli.

 

 

 

 

14.Timbangan Badan

 

 

 

yaitu timbangan yang digunakan untuk mengukur berat badan. Contoh timbangan ini adalah : timbangan bayi, timbangan badan anak dan dewasa, timbangan badan digital.

 

 

 

 

 

sumber : blogspot.com

 

 

 

Tweet

Dipakai Bersama

 

 

last news

October 17, 2016 TIMBANGAN HEWAN TERNAK – TIPS…

October 14, 2016 HARGA TIMBANGAN HEWAN, TERNAK,…

October 14, 2016 TIMBANGAN LANTAI | FLOOR SCALE…

newsletter

Sign up to our newslatter so we can send you site updates, offers and news

 

 

subscribe

on social

 

Copyright, since 2000. PT Bumi Mataritama. All Right Reserved

 

 

About

Contact Us

Privacy Policy

Disclaimer

Site Map

DUNIA PENDIDIKAN

Sarana Belajar Online Pelajar Cerdas

 

HOME

IPS

IPA

BAHASA INDONESIA

MATEMATIKA

BERITA

 

 

Home » Fisika » IPA » Macam-macam Alat Ukur Massa dan Waktu

SATURDAY, 2 JULY 2016  FISIKA, IPA

Macam-macam Alat Ukur Massa dan Waktu

 

 

 

Berikut ini adalah pembahasan tentang alat ukur besaran massa dan alat ukur besaran waktu dilengkapi dengan bagaimana cara menggunakannya dan gambarnya.

 

Alat Ukur Massa

 

Ketika menimbang berat (massa) badan, alat apakah yang kamu gunakan? Samakah dengan alat timbang yang digunakan oleh pedagang buah atau penjual emas?

 

Alat yang digunakan untuk mengukur besaran massa adalah timbangan atau neraca. Ada bermacam-macam jenis timbangan atau neraca seperti ditunjukkan pada Gambar di bawah ini.

Macam-macam Alat Ukur Massa

Gambar: Macam-macam Alat Ukur Massa

 

Timbangan manakah yang digunakan untuk mengukur berat (massa) badan? Timbangan mana yang digunakan untuk mengukur berat (massa) benda?

 

 

Macam-macam jenis jenis timbangan Alat Ukur Massa

 

Neraca gantung, neraca ini digunakan untuk mengukur massa jika kalianpernah melihat maka kalian melihatnya di toko- toko beras, atau pupuk. Neraca analog, neraca ini adalah jenis neraca yang digunakan untuk mengukur massa tepung sebelum measak roti atau juga bisa untuk mengukur massa di toko buah. Neraca digital, neraca ini dapat kalain lihat di toko-toko buah atau kadang juga di temukan di laboratorium karena hasil pengukuran yang digunakan lebih tepat dibandingkan dengan alat ukur massa yang lain selain itu dengan alat ukur ini di dapatkan pengukuran lebih teliti. dantentunya cara penggunaanya lebih mudah karena dapat terlihat langsung di dalam neraca. walau kelebihannya alat ukurini lebih mahal di banding dengan jenis jenis timbangan yang lainnya Neraca sama lengan, Neraca ini sering kalianlihat di toko emas, karena bisanya digunakan untuk menimbang emas.

Neraca Ahaus, (Neraca tiga lengan dan Neraca empat lengan) seperti foto di atas jenis jenis timbangan Neraca ini biasanya terdapat di laboratorium untuk praktek-praktek IPA.

 

 

Alat Ukur Waktu

 

Pengukuran waktu adalah menghitung lama suatu kejadian. Pelajaran di sekolah dimulai pukul 07.00 dan berakhir pada pukul 14.00. Berapa lama pelajaran di sekolah?

 

Pernahkah kamu melihat lomba lari atau balap sepeda? Petugas lomba biasanya mencatat waktu tempuh pelari atau pembalap tersebut. Alat apakah yang digunakan untuk mencatat waktu mereka?

Alat ukur waktu

Gambar: Alat ukur waktu

 

Gambar di atas menunjukkan alat pengukuran waktu, yaitu jam dan stopwatch. Gambar b menunjukkan cara memegang stopwatch analog yang benar.

 

Tombol samping pada telunjuk adalah tombol start dan stop, sedangkan tombol atas pada ibu jari adalah tombol reset.

 

Baca juga: Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup

 

 

Tweet

0

 

inShare

RELATED POSTS :

 

Pengertian Gelombang Bunyi dan Perambatan Bunyi

Bunyi merupakan salah satu bentuk gelombang. Tidak seperti gelombang pada tali atau gelombang pada air, gelombang bunyi tidak dapat dilihat … Read More…

Pengertian Getaran dan Amplitudo Getaran serta Contoh Getaran

Berikut ini adalah pembahasan tentang getaran yang meliputi pengertian getaran, satu getaran penuh, frekuensi getaran, amplitudo getaran, pe… Read More…

Pengertian serta Contoh Gelombang Transversal dan Gelombang Longitudinal Dilengkapi denggan Gambarnya

Berikut ini adalah pembahasan tentang macam-macam gelombang yaitu gelombang transversal dan gelombang longitudinal yang pembahasannya melipu… Read More…

Pengertian dan Rumus Cepat Rambat Gelombang dan Panjang Gelombang beserta Contoh Soalnya

Berikut ini adalah pembahasan lengkap tentang Cepat Rambat, Frekuensi, dan Panjang Gelombang yang meliputi cepat rambat gelombang, pengertia… Read More…

Pengertian Pemantulan Gelombang dan Manfaat Gelombang dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut ini adalah pembahasan tentang pemantulan gelombang yang meliputi pengertian pemantulan gelombang, manfaat gelombang dalam kehidupan … Read More…

 

 

 

0 RESPONSE TO “MACAM-MACAM ALAT UKUR MASSA DAN WAKTU”

 

 

Newer PostOlder PostHome

 

Search

 

 

MATERI TERBARU

 

Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup 5 (Lima) Kingdom

Pengertian dan Ciri-ciri Jamur (Fungi) serta Macam-macam Jenis Contoh Jamur (Fungi)

Pengertian dan Ciri-ciri Ganggang (Alga) serta Macam-macam Jenis Contoh Ganggang (Alga)

Pengertian dan Ciri-ciri Protozoa serta Macam-macam Jenis Contoh Protozoa

Pengertian Cyanobacteria (Ganggang Hijau-Biru), Ciri-ciri dan Macam-macam Contoh Cyanobacteria

Pengertian Bakteri dan Macam-macam Jenis Bentuk Bakteri beserta Contohnya

Pengertian dan Macam-macam Contoh Klasifikasi Makhluk Hidup (6, 5, 4, 3 dan 2 Kingdom)

Ciri-ciri Makhluk Hidup (Organisme) beserta Contohnya Lengkap

Prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Laboratorium Kimia dan Biologi

Pengertian Preparat dan Langkah-langkah Cara Membuat Preparat Irisan

MENU

 

BAHASA INDONESIA BERITA BIOLOGI CERPEN EKONOMI FISIKA GEOGRAFI IPA IPS KARYA SASTRA KIMIA SEJARAH SOSIOLOGI TATA BAHASA

Copyright 2015 Dunia Pendidikan Powered by Master Teacher jenis jenis timbangan

 

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.