cara tubuh ideal

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Body cara tubuh ideal Mass Index

 

Body mass index (BMI), atau disebut juga Quetelet Index, adalah kalkulasi yang digunakan untuk menentukan jumlah lemak tubuh seseorang.

 

BMI memberikan cara yang konsisten pada para ahli medis untuk mengetahui berat badan pasiennya, dan cara yang objektif untuk mendiskuksikannya dengan mereka.

 

BMI juga sangat berguna untuk menyarankan tingkat resiko dari pasien terhadap penyakit yang berhubungan dengan obesitas.

 

Deskripsi

 

BMI adalah kalkulasi statistik yang dimaksudkan sebagai sarana untuk melakukan penaksiran. BMI bisa diterapkan pada sekelompok orang untuk menentukan trend, atau bisa juga diterapkan secara individual.

 

Saat diterapkan pada individual, hanya satu dari beberapa penaksiran yang digunakan untuk menentukan resiko terhadap penyakit yang berhubungan dengan berat badan (underweight, overweight, atau obese). Sejarah BMI Formula yang digunakan untuk menghitung BMI itu sudah dikembangkan selama lebih dari 100 tahun yang lalu oleh seorang ahli matematik asal Belgia, Lambert Adolphe Quetelet. cara tubuh ideal Quetelet, yang menyebut kalkulasinya Quetelet Index of Obesity, adalah salah seorang ahli statistik pertama yang menerapkan konsep regular bell-shaped statistical distribution pada fisika dan fitur dari tingkah laku manusia.

 

Dia percaya bahwa dengan mengukur dan menganalisa statistik secara seksama, maka karakteristik dari populasi bisa ditentukan secara matematis.

 

Penjelasan secara matematis dari karakteristik khusus populasi mengarahkannya pada konsep hipotesis “orang rata-rata,” yang mengukur antara satu individu dengan individu lainnya. Dalam usahanya untuk menjelaskan hubungan antara berat yang satu dengan berat yang lain dalam orang rata-rata, dia mengembangkan formula untuk menghitung body mass index. Untuk menghitung BMI dibutuhkan dua ukuran, yaitu berat dan tinggi badan. Untuk menghitung BMI menggunakan satuan metrik, berat dalam kilogram (kg) dibagi dengan tinggi badan dalam satuan meter (m). Sedangkan untuk mengkalkulasikan BMI dalam satuan imperial, berat dalam pound (lb) dibagi dengan tinggi badan dalam inchi (in), kemudian di kali dengan 703. cara tubuh ideal Hasil kalkulasi tersebut menghasilkan angka yang menjadi BMI seseorang. Angka ini, jika dibandingkan dengan distribusi statistik dari BMI untuk orang dewasa yang berusia 20-29 tahun, akan menunjukkan apakah berat badan orang tersebut kurang, rata-rata, berlebih, atau obese.

 

Kelompok usia 20-29 tahun dipilih sebagai standard karena mewakili orang dewasa yang sudah berkembang secara penuh pada titik dalam kehidupan mereka saat secara statistik mereka punya lemak tubuh paling sedikit.

 

Formula untuk menghitung BMI pada anak-anak itu sama dengan orang dewasa, namun hasilnya diterjemahkan dengan cara yang berbeda.

 

Meski formula untuk menghitung BMI itu dikembangkan pada pertengahan 1800-an, namun penggunaannya di masih jarang sebelum pertengahan tahun 1980-an.

 

Sebelum BMI mulai umum digunakan, kegemukan atau kekurusan seseorang ditentukan melalui tabel yang menunjukkan jenjang berat badan ideal, atau jenjang berat menurut tinggi badan.

 

Tinggi badan diukur dalam interval satu inchi, dan berat badan jenjang berat badan ideal diukur secara terpisah menurut jenis kelamin. Informasi yang digunakan untuk mengembangkan tabel berat ideal ini berasal dari data yang dikumpulkan selama beberapa dekade dan dikompilasi oleh perusahaan asuransi.

 

Tabel tersebut menentukan probabilitas dari kematian yang berhubungan dengan tinggi dan berat badan, dan telah digunakan oleh perusahaan untuk menentukan rating asuransi jiwa.

 

Data tersebut tidak menyertakan orang-orang yang mempunyai penyakit kronis, atau mereka yang tidak bisa mendapat asuransi jiwa karena faktor kesehatan.

 

Ketertarikan untuk menggunakan BMI di Amerika mulai meningkat sejak awal tahun 1980-an, saat para peneliti mulai prihatin terhadap perkembangan penduduk Amerika.

 

Mengartikan perhitungan BMI pada orang dewasa

 

Orang dewasa yang berusia cara tubuh ideal 20 tahun keatas dievaluasi menggunakan skala BMI yang sama, yaitu jika BMI-nya:

 

dibawah 18.5 = Underweight

18.5 – 24.9 = Normal

25,0 – 29,9 = Overweight

30 atau lebih = Obese

Sebagian peneliti menganggap BMI 17 atau kurang itu sebagai indikasi dari adanya masalah kesehatan yang serius akibat kekurangan nutrisi.

 

Di negara-negara yang berkembang, BMI 17 yang serendah itu tanpa adanya penyakit seringkali menjadi indikasi dari anorexia nervosa. Sedangkan BMI 40 atau lebih mengindikasikan obesitas yang tidak wajar sehingga sangat beresiko untuk berkembangnya penyakit yang berhubungan dengan obesitas, misalnya stroke, serangan jantung, dan diabetes type 2. Mengartikan perhitungan BMI pada anak-anak dan remaja cara tubuh ideal Formula yang digunakan untuk menghitung BMI pada anak-anak yang berusia 2 – 20 tahun itu sama dengan formula yang digunakan pada orang dewasa. Namun hasilnya diartikan dengan cara yang berbeda.

 

Interpretasi dari BMI untuk anak-anak menyertakan pertimbangan bahwa jumlah lemak tubuh akan berubah saat anak-anak tumbuh, dan bahwa jumlah lemak tubuh itu berbeda pada anak laki-laki dan perempuan dengan usia dan berat badan yang sama.

 

Anak-anak tidak dikelompokkan secara langsung menurut BMI-nya, melainkan BMI-nya tersebut dibandingkan dulu dengan anak-anak lain dengan usia dan jenis kelamin yang sama.

 

Anak-anak tersebut diberi nilai persentase menurut BMI mereka. Persentase ini menyediakan perbandingan antara berat mereka dengan berat dari anak-anak lain yang seusia dan berjenis kelamin sama.

 

Sebagai contoh, jika seorang remaja putri berada pada tingkat 75 persen untuk kelompok usinya, berarti 75 orang dari 100 anak yang seusianya punya berat badan lebih ringan dibanding dirinya, dan 25 dari 100 anak punya berat badan lebih berat dari dirinya.

 

Kategori berat badan untuk anak-anak adalah:

 

Dibawah 5 persen = Berat badan kurang

5 – <85 persen = Berat badan normal

85 – <95 persen = Beresiko overweight

95 atau lebih = Overweight

Menerapkan Informasi BMI

 

BMI awalnya didesign untuk mengamati sekelompok orang, dan masih digunakan untuk mengamati berbagai trend, misalnya menigkatnya berat badan pada kelompok usia tertentu seiring waktu.

 

BMI juga sarana yang berguna untuk membandingkan massa tubuh diantara berbagai etnis atau kelompok kultur, dan bisa digunakan untuk memperkirakan tingkat kecukupan atau kelebihan nutrisi dari populasi.

 

Saat diterapkan secara individual, BMI bukanlah sarana untuk mendiagnosa. Meski ada hubungan yang jelas antara BMI dan penyakit tertentu misalnya diabetes type 2, beberapa jenis kanker, dan penyakit jantung, namun BMI saja tidak cukup untuk memprediksi kemungkinan seseorang untuk mengembangkan penyakit ini.

 

National Heart, Lung, dan Blood Institute merekomendasikan pengukuran berikut ini untuk memperkirakan dampak berat badan terhadap kesehatan:

 

BMI

Lingkar pinggang (cara alternatif untuk mengukur lemak tubuh)

GALE ENCYCLOPEDIA OF DIETS

Low HDL atau kolesterol “baik”

High blood glucose (kadar gula darah)

High triglycerides

Sejarah keluarga yang menderita penyakit jantung

Level aktivitas fisik yang rendah

Merokok

Pencegahan

 

BMI sangat akurat saat mendefenisikan karakteristik dari populasi, namun kurang akurat saat diterapkan secara individual. Tapi, karena lebih mudah dan murah, maka BMI banyak digunakan.

 

Untuk menghitung BMI itu hanya membutuhkan timbangan, sebuah meteran, dan kemampuan untuk melakukan perhitungan sederhana atau menggunakan kalkulator.

 

Kemungkinan keterbatasan cara tubuh ideal BMI saat diterapkan pada individual adalah:

 

BMI tidak membedakan antara lemak dan otot. BMI cenderung untuk memperkirakan tingkat “kegemukan” yang terlalu tinggi diantara para atlit elite dicabang olahraga misalnya football, angkat besi, dan binaraga. Karena otot lebih berat dibanding lemak, banyak atlit yang tubuhnya berotot dikelompokkan sebagai overweight, meski mereka punya persentase lemak tubuh yang kecil dan kondisi fisik yang prima.

BMI cenderung untuk memperkirakan tingkat kegemukan yang terlalu rendah pada manula karena massa otot dan tulang mereka sudah banyak berkurang dan digantikan dengan lemak untuk alasan yang sama dengan tingkat kegemukan dikalangan atlit.

BMI tidak membedakan tipe-tipe tubuh. Orang yang bertubuh besar (bertulang besar) menggunakan standard yang sama dengan orang yang bertubuh kecil.

Pengelompokan berat dalam BMI itu absolute, sedangkan dalam banyak kasus resiko kesehatan akan berubah seiring perubahan BMI.  cara tubuh ideal Seseorang dengan BMI 24,9 dikelompokkan sebagai berat badan normal, sementara orang yang punya BMI 25,1 dikelompokkan overweight. Dalam realitasnya resiko kesehatan mereka mungkin cukup mirip.

BMI tidak memperhitungkan penyakit atau obat-obatan yang mungkin menyebabkan water retention.

BMI tidak membedakan antara gender, ras, atau etnis. Dua orang dengan BMI yang sama mungkin punya resiko kesehatan yang berbeda karena gender atau faktor genetik.

BMI adalah index comparative dan tidak mengukur jumlah lemak tubuh secara langsung. Metode lain memberikan pengukuran lemak tubuh secara langsung, namun meteode ini mahal dan membutuhkan peralatan khusus serta pelatihan untuk menggunakannya dengan benar. Beberapa contoh dari pengukuran ini antara lain pengukuran ketebalan lipatan kulit, underwater (hydrostatic) weighing, bioelectrical impedance, dan dual-energy x-ray absorptiometry (DXA). Mengkombinasikan antara BMI, lingkar pinggang, sejarah kesehatan kelurga, dan analisa gaya hidup, akan memberikan informasi yang cukup untuk menganalisa berbagai resiko kesehatan yang berhubungan dengan berat badan dengan biaya yang minimal.

Perhatian Orang Tua

 

Obesitas di masa kanak-kanak adalah sebuah keprihatinan yang meningkat. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang overweight lebih cenderung untuk menjadi obese saat dewasa dibanding anak-anak dengan berat badan normal.

 

Kelebihan berat badan dimasa kanak-kanan juga dihubungkan dengan perkembangan awal dari diabetes type 2, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker. Selain itu, anak yang punya berat badan berlebih atau sangat kurang, seringkali punya masalah sosial dan emosional karena sering menjadi objek ejekan.

 

American Academy of Pediatrics (AAP) dan United States Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan untuk selalu mereview berat badan anak yang berusia diatas dua tahun secara teratur.

 

Para orang tua dari anak-anak yang punya BMI diatas 85 persen (beresiko overweight dan dikategorikan overweight) sebaiknya mencari informasi dari dokter mengenai resiko kesehatan yang berhubungan dengan BMI tinggi dan petunjuk mengenai cara menormalkan berat badan anak-anak mereka.

 

Berdiet untuk menurunkan berat badan jarang dianjurkan untuk anak-anak yang sedang tumbuh.

 

Namun seorang dokter bisa memberikan panduan mengenai cara memperbaiki pola makan anak-anak, mengeliminasi empty calories (misalnya yang ditemukan dalam soda dan candy) dan meningkatkan level aktivitas anak-anak agar bisa membakar kalori lebih banyak dan meningkatkan kebugarannya.

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


 

 

 

Popular Posts

 

Apa Paru-paru Bisa Pulih Setelah Berhenti Merokok?

Salah satu pertanyaan yang sering diajukan oleh mantan perokok adalah: “apakah paru-paru ku bisa sembuh setelah aku berhenti merokok?” …

 

Diet 3 Hari

Ada berbagai versi dari diet 3 hari yang beredar dari orang ke orang dan di internet, yang umumnya cenderung mengklaim bisa menurunan ber…

 

Apa itu Thyroid dan Apa Fungsinya?

Thyroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang berlokasi di depan leher dibawah jakun. Kelenjar ini melingkar disekitar saluran udar…

 

10 Cara untuk Mendetoksifikasi Tubuh

Merasa loyo atau hilang keseimbangan? Punya masalah dengan kulit, sakit dan nyeri, atau gangguan pencernaan? Sering mengabaikan kebia…

 

Apa itu Acid–Alkaline?

Pentingnya keseimbangan acid–alkaline (asam–basa) di dalam tubuh bagi kesehatan secara keseluruhan itu telah semakin diakui oleh para p…

 

Potassium

Apa yang bisa dilakukan oleh makanan-makanan yang banyak mengandung potassium untuk anda? Membantu otot-otot dan syaraf anda agar berf…

 

Apa yang dimaksud dengan Karbohidrat?

Karbohidrat adalah sumber energi yang utama bagi tubuh. Karbohidrat tersebut berasal dari makanan berbasis tanaman yang anda makan. And…

Flaxseed

Flaxseed adalah biji dari tanaman Linum usitatissimum. Biji atau minyak dari biji tersebut digunakan untuk membuat obat. Informasi pada hal…

Coenzyme Q-10

Coenzyme Q-10 (CoQ-10) adalah suatu zat mirip vitamin yang ditemukan diseluruh tubuh, terutama di dalam jantung, liver, ginjal, dan pankr…

 

Barley

Barley adalah suatu sereal grain yang luar biasa serba guna, dengan suatu rasa yang mirip kacang dan suatu konsistensi kekenyalan menarik…

 

1001 Diet

 

 

NEWS

BISNIS

PILKADA

SHOWBIZ

BOLA

TEKNO

PHOTO

VIDEO

OTOMOTIF

PROPERTI

LIFESTYLE

LAINNYA

MASUK

HEALTH

Seks       Health Info         Fit & Diet             Herbal   Mind & Soul       Drugs & Diseases             Persona               Mom & Kids                Konsultasi Psikologi

 

HomeHealthHealth Info

8 Cara Mudah Miliki Tubuh Ideal Tanpa Menyiksa Diri

 

Kusmiyati Kusmiyati

18 Feb 2014, 11:30 WIB

14

 

Memiliki tubuh ideal butuh usaha keras. Tidak sedikit yang melakukan diet menyiksa atau olahraga keras. Berikut ini ada cara mudah untuk mendapatkan tubuh ideal tanpa menyiksa, dikutip Womansday, Selasa (18/2/2014).

 

  1. Nikmati Makanan

 

Mendapatkan tubuh ideal tdiak perlu terlalu menyiksa makanan, cukup dengan menikmati makanan. Usahakan untuk makan di waktu yang tepat, hal ini membuat pikiran tidak selalu ingin mengonsumsi makanan terus menerus.

 

Menikmati makanan artinya konsumsi makanan yang cukup memenuhi kebutuhan asupan tubuh, makan perlahan tidak banyak atau sedikit. Berhentilah saat tubuh mengatakan kenyang.

 

  1. Cermat Memilih Makanan saat Pesta

 

Saat datang ke pesta di waktu malam perlu dicermati pilihan makanan. Sebaiknya sebelum datang ke pesta perut sudah berisi sedikit makanan agar saat pesta tidak tergoda dengan makanan yang ada.

 

  1. Dengarkan Perut Anda

 

Siapa bilang saat diet tidak boleh menyiapkan kudapan atau camilan, hal ini masih boleh dilakukan namun tetap pilih-pilih yah. Siapkan kudapan sehat seperti buah atau biskuit rendah kalori dan gula. Dengarkan perut ketika sudah mulai terasa lapar, segerakan untuk makan.

 

  1. Mulai Dengan Sup

 

Ketika makan di restoran pilih sup sebagai makanan pembuka. Hal ini dilakukan agar perut mudah terasa kenyang sehingga tidak tergoda memilih makanan lain dengan porsi yang besar.

 

  1. Duduk di Meja Makan

 

Sebuah studi menunjukan makan di depan televisi dapat membuat tubuh terus merasa lapar. Untuk menghindari hal tersebut konsumsi makanan sebaiknya di meja makan, agar pikiran tetap fokus kepada makanan dan menikmatinya.

 

  1. Awali dengan Air Putih

 

selain mengonsumsi sup, saat memulai makan teguk satu gelas air untuk membuat perut terisi terlebih dahulu. Tunggu beberapa menit, kemudian barulah mengonsumsi makanan. Hal ini dpaat membantu perut cepat terasa kenyang.

 

Penelitian menunjukan meneguk satu gelas air minum sebelum makan, efektif menurunkan berat badan.

 

  1. Jangan Simpan Makanan Manis

 

Mulailah membatasi konsumsi makanan manis, hal ini membantu menurunkan berat badan. Usahakan untuk tidak menyimpan makanan di hadapan Anda.

 

Saat mata terus melihat makanan, maka pikiran akan terus menyuruh Anda untuk mengambil dan mengonsumsinya.

 

  1. Mulai Sekarang

 

Memang membutuhkan kesabaran, namun dengan niat dan usaha maka hasilnya dapat diperoleh dengan maksimal. Mulailah perubahan cara tubuh ideal sekarang juga, jangan menunggu sampai siap, karena kata siap kita sendiri yang membuatnya.

 

(Mia/Abd)

 

Baca Juga :

 

Waspada 7 Diet yang Bisa Menghilangkan Nyawa

Ngemil Biskuit di Sore Hari yang Sering Hancurkan Rencana Diet

Ingin Turunkan Berat Badan Cukup Latihan 5 Kali Seminggu

 

 

 

 

 

Diet

Berat Badan

0%

Suka

0%

Lucu

0%

Sedih

0%

Marah

0%

Kaget

0%

Aneh

0%

Takut

0%

Takjub

1 KOMENTAR

KREDIT

 

 

 

BAGIKAN

 

14

 

 

BERITA TERKAIT

Diet Sesuai Zodiak, Cara Asyik Menurunkan Berat Badan

Mau Turun Berat Badan dan Tetap Banyak Makan? Ikuti Kebiasaan Ini

Ini Adalah Waktu Makan yang Tepat Untuk Anda

Cara Menjaga Porsi Makanan Agar Tidak Berlebihan dan Berat Turun

ngemil malam

7 Cara Terbaik Mengekang Hasrat ‘Ngemil’ di Malam Hari

5 Cara Mudah Hentikan Keinginan Ngemil Tidak Sehat

Ini Alasan Anda Harus Makan Camilan

Air Putih, Menu Diet yang Paling Murah dan Mudah

10 Cara Turun Berat Badan Tanpa Kerja Keras

Ilustrasi bekerja di kantor (Foto: Forbes).

10 Cara Tetap Sehat Saat Bekerja

Selalu Lapar

Anda Selalu Lapar? Ini Alasannya

Ingin Menurunkan Berat Badan? Coba Resep Diet Sehat Ini

Diet Tak Harus Bikin Perut Melilit

5 Kebiasaan yang Bakal Merontokkan Lemak dengan Cepat

5 Langkah Langsing Tanpa Diet

Acara TV Membosankan, Bikin Ngemil Lebih Banyak

5 Cara Mudah untuk Stop Ngemil

 

 

TIPS KESEHATAN

kurang tidur

Hindari 5 Hal Ini Setelah Olahraga

Radang Tenggorok (Foto: medicaldaily.com)

Cegah Radang Tenggorokan dengan Lakukan 6 Hal Ini

POPULERLIHAT SEMUA

20150715-Atasi Mabuk Perjalanan Dengan 7 Minuman Ini 3

Ingin Tubuh Lebih Sehat? Coba Tambah Kayu Manis dalam Diet …

Dahi berkerut

5 Langkah Efektif Menghilangkan Kerutan di Dahi Selamanya

Zodiak Pengaruhi Hubungan Pernikahan Anda?

Zodiak Pengaruhi Hubungan Pernikahan Anda?

Sri Muwarti

Upaya Sri Pangkas DBD dengan Bendera

Kucel karena Ikut Lomba 17-an? Cerahkan Kulit dengan 3 Resep Ini

Nikmat Disantap, Bahan Alami Ini Juga Bisa Rawat Kulit Wajah

Ilustrasi. Bagai Mimpi, Detak Jantung Si Kecil di Janin Kini Tiada

Bagai Mimpi, Detak Jantung Si Kecil di Janin Kini Tiada

Ilustrasi Permintaan Teman Facebook

Menerima Pertemanan di Facebook buat Anda Panjang U…

Ilustrasi Sperma

Wanita Bisa Alami Alergi Sperma?

Masker Gula

Gula Bikin Kulit Wajah Anda Lebih Cantik

Ilustrasi Payudara Kencang

4 Cara Ideal Bikin Payudara Tetap Kencang sampai Tua

Dapatkan berita terkini setiap hari

 

Alamat email

 

contoh: [email protected]

Ikuti kami di media sosial

 

 

KONTAKREDAKSIKARIRPETA SITUSDISCLAIMER

© Copyright 2016 liputan6.com. All Rights Reserved.

Liputan6.com Bintang.com Bola.com Vidio.com cara tubuh ideal

 

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.