cara menurunkan berat badan di bulan puasa

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Olahraga Saat Puasa cara menurunkan berat badan di bulan puasa Bisa Turunkan Berat Badan?

Diana Rafikasari

Jum’at,  3 Juni 2016  −  12:25 WIB

Olahraga Saat Puasa Bisa Turunkan Berat Badan?

Olahraga Saat Puasa Bisa Turunkan Berat Badan? (Istimewa).

A+ A-

JAKARTA – Bagi umat Muslim, menjalankan puasa merupakan suatu kewajiban. Meski harus menahan rasa lapar dan haus, namun bukan berati Anda harus bermalas-malasan. Anda pun tetap dianjurkan untuk melakukan sejumlah kegiatan, seperti berolahlaga. Namun, olahraga saat berpuasa tidak bertujuan untuk menurunkan berat badan. cara menurunkan berat badan di bulan puasa “Berolahraga di bulan Ramadhan itu untuk maintenance, bukan untuk turunkan berat badan. Kalau mau berat turun, harus diimbangi dengan pengurangan makan,” papar pakar gizi Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK.

 

Namun, jika tetap ingin menurunkan berat badan, Samuel menganjurkan untuk berolahraga dan mengurangi seperempat porsi makan dari biasanya. Artinya, makanan yang dikonsumsi hanya tiga perempat dari biasa. Secara perlahan, Samuel menyarankan untuk mengurangi porsinya menjadi setengah. cara menurunkan berat badan di bulan puasa “Bulan puasa ini mestinya dijadikan kesempatan. Coba saja, siapa yang merasa cepat kenyang saat buka walau hanya minum air putih. Itu tandanya lambung Anda mulai mengecil. Ketika kita terbiasa makan dengan porsi sedikit dan bobot tubuh mulai berkurang, harus diingat agar jangan makan terlalu banyak lagi,” pungkasnya.

 

Beranda  Islam  Spesial Ramadhan  Mau Menurunkan Berat Badan saat Puasa? Bisa Banget!

 

 

Apakah Puasa Dapat Menurunkan Berat Badan?

Puasa memang bisa dijadikan kesempatan untuk menurunkan berat badan.

 

Apakah Puasa Dapat Menurunkan cara menurunkan berat badan di bulan puasa Berat Badan?Ilustrasi timbangan berat badan. | Shutterstock

Puasa seringkali dijadikan cara untuk menurunkan berat badan bagi sebagian orang. Bahkan, ada yang benar-benar bisa sukses mengurangi beberapa bobot tubuhnya karena berpuasa.

 

Menurut Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS SpGK, dokter gizi FKUI, puasa memang bisa dijadikan kesempatan untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan saat puasa kita hanya makan dua kali dalam sehari sedangkan di hari biasa bisa sampai tiga kali atau bahkan lebih. Meskipun begitu, perlu diingat bahwa puasa bisa menurunkan berat badan asal pola makan saat sahur dan berbuka jangan berlebihan. cara menurunkan berat badan di bulan puasa Bagi orang yang berat badannya mudah turun, setelah salat tarawih masih ada kesempatan makan lagi. Namun, bagi mereka yang sulit, hal tersebut tidak dianjurkan. Jika lapar di malam hari, mengonsumsi buah saja yang diperbolehkan.

 

Sebetulnya, menurut dr. Kusdinar, ahli gizi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI, ketika berbicara menurunkan berat badan, ada beberapa kiat yang harus dipadukan. Mengapa begitu? Karena penambahan dan pengurangan dan penurunan berat badan itu berasal dari energi yang keluar dan energi yang masuk dari makanan.

 

Jika ingin menurunkan berat badan, berarti energi yang keluar harus lebih banyak daripada yang masuk. Ketika puasa, hal itu bisa dicapai karena energi (makanan) yang masuk tidak terlalu banyak. “Kalau sahur normal, buka normal, berat badan bisa turun karena waktu makan kita juga tidak sebanyak hari biasa,” kata dokter lulusan FKUI ini. cara menurunkan berat badan di bulan puasa Akan lebih bagus jika dibarengi dengan berolahraga. Untuk menghindari dehidrasi, sebaiknya olahraga dilakukan pada sore hari, terutama dekat dengan waktu buka puasa. Bisa juga berolahraga setelah buka puasa, namun hal itu kurang dianjurkan karena waktunya yang sangat sempit. Biasanya setelah berbuka puasa, kita sudah siap-siap untuk salat tarawih.

 

Tips Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

 

 

 

Ramadhan mungkin kesempatan bagi Anda untuk menikmati makanan favorit. Ketika seharian berpuasa, Kita biasanya langsung melahap berbagai macam makanan yang disukai. Namun begitu sebenarnya momen bulan puasa sangat tepat, bukan hanya untuk membersihkan jiwa, namun juga untuk membersihkan raga. Salah satunya adalah untuk mengembalikan berat badan yang sebelumnya berlebih akibat kerakusan menjadi lebih sehat. Berikut adalah beberapa tips menurunkan berat badan saat puasa yang dapat Anda terapkan dengan mudah.

 

Tips Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Tips Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Konsumsi air putih

Meski terlihat mustahil untuk bisa mengonsumsi air secara teratur, namun tetap terhidrasi adalah kunci sukses menurunkan berat badan saat berpuasa. Dengan mengonsumsi air putih, tubuh bukan hanya dapat tercegah dari dehidrasi, namun juga dapat tetap mengontrol gula dalam darah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus mengonsumsi air sebanyak dua liter atau 8 gelas setiap hari.

 

Dua gelas cara menurunkan berat badan di bulan puasa saat buka puasa

Empat gelas antara buka puasa dan sahur (sebelum puasa). Tidak lebih dari satu gelas per jam.

Dua gelas saat sahur

Perlu diingat bahwa kopi dan teh hitam tidak termasuk cairan yang dapat membantu menurunkan berat badan. Bahkan seharusnya minuman berkafein dihindari, karena memiliki sifat dieretik.

 

Jangan melewatkan sahur

Meski Anda ingin berpuasa sembari mendapatkan nikmat berupa kesehatan jasmani, yaitu berat tubuh yang tidak berlebih, melewati sahur adalah pilihan yang sangat salah. Sahur disini bagi muslim adalah sunnah yang ditekankan. Sedangkan dalam masalah kesehatan, makan dan cara menurunkan berat badan di bulan puasa minum saat sahur dapat membuat Anda tidak terlalu lapar pada siang harinya. Sehingga saat berbuka tidak akan melahap makanan secara berlebih, yang mana hanya akan menggagalkan program diet.

 

 

 

Untuk mendapat hasil yang maksimal, hindari terlalu banyak garam saat makan sahur. Anda juga harus mendapat karbohidrat kompleks, misalnya dari nasi atau roti gandum. Jangan lupakan juga sumber protein, seperti telur dan keju.

 

Tetap aktif

Tips menurunkan berat badan saat puasa selanjutnya adalah tidak bermalas-malasan. Meski berpuasa, hal tersebut tidak boleh menjadi alasan untuk Anda tidur seharian. Di bulan Ramadhan Anda harus menjaga tingkat aktivitas, sehingga lemak dapat terbakar secara konsisten. Anda juga bisa berolahraga 30 menit setelah berbuka, misalnya dengan melakukan gerakan sit-up, burpees, lunges ataupun squat.

 

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Hindari gula buatan

Penyebab diet gagal dan berat badan bertambah saat berpuasa di bulan Ramadhan kebanyakan tidak disebabkan karena makan berlebih, namun lebih kepada konsumsi gula dan permen yang tidak sesuai kebutuhan. Biasanya saat berbuka Kita banyak mengonsumsi makanan dan minuman cara menurunkan berat badan di bulan puasa dengan kadar gula buatan yang sangat tinggi. Hal tersebut secara tidak langsung membuat berat tubuh semakin meningkat. Untuk itu, tips menurunkan berat badan yang terakhir adalah dengan mengubah gula buatan dengan berbagai jenis makanan yang mengandung gula alami, seperti buah-buahan, kurma dan madu.

 

Berapa Banyak Berat Badan Anda Turun Selama Berpuasa?

 

Aditya Eka PrawiraAditya Eka Prawira

07 Jul 2015, 02:00 WIB

11.4k

 

Jika berat badan turun, berarti Anda telah melakukan puasa sesuai anjuran. Jika berat badan naik, artinya telah salah memaknai puasa

Liputan6.com, Jakarta – Cukup mudah untuk mengetahui apakah kita tergolong individu yang sehat atau tidak selama berpuasa. Apalagi puasa Ramadan telah memasuki hari ke-19. Bagi individu yang ingin berat badan turun, seharusnya mimpi itu sudah terwujud.

 

“Simpel saja. Anda tidak pernah batal puasa dan berat badan Anda turun,” kata Division of Gastroenterology, Departement of Internal Medicine, Universitas Indonesia, Ari Fahrial Syam, MD.PhD,FACP dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Senin (6/7/2015)

 

BACA JUGA

Menimbang Berat Badan, Baiknya Seberapa Sering?

Tugas Berat Arya Bocah Berbobot Nyaris 2 Kuintal

Ingin Langsing? Lakukan 7 Perubahan Ini

Untuk itu, Ari menganjurkan untuk segera ke alat timbang berat badan, dan ukur berat badannya.

 

“Jika berat badan turun, berarti Anda telah melakukan puasa sesuai anjuran. Jika berat badan naik, artinya telah salah memaknai puasa,” kata Ari menambahkan.

 

Itu menandakan kita tidak melakukan pengendalian diri dalam hal mengonsumsi makanan dan minuman. Padahal telah diberi kesempatan mengatur pola makan.

 

Jika kita salah seorang yang mengalami kenaikan berat badan selama berpuasa, Ari menyarankan agar lebih berhati-hati dalam menyantap setiap makanan ketika waktu berbuka. Sebab, bila kita kita tetap berlebihan dalam menyantap apa pun di sisa puasa ini, kondisi akan semakin parah.

 

“Berat badan kita akan naik lebih parah lagi, bahkan bisa lebih dari pada sebelum puasa Ramadan,” kata Ari menerangkan.

 

Sebagai praktisi klinis dan pengamat kesehatan, Ari sendiri berhasil menurunkan berat badan sebanyak tiga kilogram selama puasa Ramadan ini. Dia berharap berat badannya mengalami penurunan hingga empat kilogram di akhir puasa nanti guna mencapai penurunan berat badan sebesar 5 persen selama puasa Ramadan.

 

Menurut Ari, 5 persen adalah target yang bisa dicapai seseorang setelah berpuasa penuh di bulan Ramadan. “Sedangkan penelitian yang saya lakukan dua tahun lalu, serta berbagai metaanalisa yang dilakukan di luar negeri, penurunan berat badan terjadi rata-rata 2-2,5 persen setelah puasa Ramadan,” kata Ari.

 

Lebih lanjut, berbagai kepustakaan menyebutkan penurunan berat badan yang ideal adalah 1 sampai 2 pound per minggu atau 0,45 sampai 0,9 kilogram per minggu.

 

“Jadi, 3,6 kilogram masih oke dalam 1 bulan,” kata Ari.

 

Tips Diet Sehat Saat Puasa, Ini Caranya! Diet menjadi salah satu cara bagaimana menurunkan berat badan agar ideal. Namun bagaimanakah tips diet sehat saat puasa? Diet saat puasa merupakan cara yang pas dan tepat untuk mengecilkan perut ataupun menurunkan berat namun harus disertai tips yang benar.

 

Pada bulan Ramadhan, Anda bisa memanfaatkan momen ini selain untuk beribadah juga bisa dilakukan diet. Pada saat puasa kita mengurangi volume makanan terutama makanan mengandung karbohidrat. Karbohidrat mampu mengikat air yakni 1 gram karbohidrat mampu mengikat 3 gram air. Maka saat kita berpuasa, tubuh kita akan kehilangan berat air bukan lemak. Nah, yang kita inginkan adalah berat lemak yang turun.

 

 

 

Baca Juga:

Manfaat KunyitManfaat Kunyit & Efek Bagi Kesehatan Cara Menambah Tinggi Badan Secara Alami & CepatCara Menambah Tinggi Badan Secara Alami & Cepat Tips Mengatasi Jerawat Saat Hamil dengan Cepat dan TepatTips Mengatasi Jerawat Saat Hamil Mengobati Asam UratCara Mengobati Asam Urat Dengan Mudah Tanpa cara menurunkan berat badan di bulan puasa Obat Cara Menghilangkan Stres Dengan Es KrimCara Menghilangkan Stres Dengan Es Krim Manfaat Lidah Buaya untuk Diet Sehat AlamaiManfaat Lidah Buaya Untuk Diet Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan KecantikanManfaat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan

 

 

diet saat puasa

 

Jika Anda ingin melakukan diet saat puasa yaitu mengurangi lemak cara yang tepat adalah berolahraga. Anda bisa melakukannya sebelum atau sesudah berbuka. Olahraga seperti apa yang bisa Anda jalankan saat puasa? Treadmill dan angkat beban adalah jawabannya.

 

Baca juga artikel terkait dengan puasa ramadhan 2016, antara lain:

 

Apa saja yang membatalkan puasa?

Bagaimana syarat rukun puasa?

Aneka menu sahur praktis

DP BBM selamat puasa

Resep menu buka puasa praktis

Tips diet saat puasa

Dp bbm selamat buka puasa

Download kultum singkat ramadhan

Lakukan treadmill 1 jam sebelum berbuka. Hal ini bisa membakar lemak Anda karena dalam tubuh volume karbohidrat berkurang sehingga tubuh dipaksa membakar lemak menjadi tenaga. Adapun angkat beban bisa dilakukan setelah berbuka.

 

Latihan angkat beban membutuhkan energi/tenaga lebih besar. Anda bisa mengonsumsi kurma, air kelapa tanpa gula atau pisang. Pisang mampu mempercepat pemulihan energi dibanding makanan lain setelah kita seharian menahan lapar dan haus.

 

Itulah sedikit tips yang bisa sobat Zona Keren terapkan. Semoga ulasan diatas bermanfaat untuk Anda. cara menurunkan berat badan di bulan puasa

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.