cara meningkatkan berat badan

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


8 Tips Untuk Menaikkan cara meningkatkan berat badan Berat Badan Anak

Oleh Lika Aprilia Samiadi 

Data medis direview oleh dr. Le Thi My Duyen.

Klik untuk membagikan di Facebook(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi pada Twitter(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi pada Tumblr(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi via Google+(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di Linkedln(Membuka di jendela yang baru)Klik untuk berbagi di Line new(Membuka di jendela yang baru) cara meningkatkan berat badan 8 Tips Untuk Menaikkan Berat Badan Anak Khawatir karena si kecil terlihat lebih kurus dibandingkan anak-anak seusianya? Sebenarnya jika dokter menyatakan anak Anda sehat, Anda tak perlu mengkhawatirkan berat badannya. Namun jika berat anak memang di bawah rata-rata, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat di kecil lebih berisi.

 

  1. Makanan berkalori tinggi

Anak-anak usia 2 – 3 tahun umumnya membutuhkan kurang lebih 1,000 kkal per hari, dan anak berusia 4 – 8 tahun membutuhkan 1,200 – 1,400 kkal tiap hari. Rata-rata manusia membutuhkan tambahan 3,500 kkal untuk menaikkan 5 ons dari berat tubuhnya. Dengan menambahkan asupan kalori sebesar 500 kkal pada total kebutuhan kalori si kecil setiap harinya, ini akan membantu anak Anda mendapatkan tambahan 5 ons per minggu, proporsional untuk anak dengan berat badan kurang.

 

  1. Tambah asupan lemak

Menambah asupan lemak pada menu makan si kecil adalah cara cepat dan mudah untuk meningkatkan kalori, karena 1 gram lemak mengandung lebih banyak kalori daripada sumber gizi lainnya. Minyak zaitun dan kanola, mentega, dan mayonnaise trans-fat bisa digunakan sebagai cara meningkatkan berat badan bahan memasak makanan si kecil, dan tambahan 1 sdm dari salah satu bahan tersebut akan meningkatkan jumlah kalori hingga 45 – 120 kkal. Anda juga dapat memberikan saus krim atau keju leleh pada nasi, pasta, atau sayur-sayuran sebagai cara alternatif menambah kalori pada menu makanan anak Anda.

 

Saat Anda sedang memasak, ganti bahan-bahan rendah lemak dengan bahan-bahan berkadar lemak tinggi. Contohnya, saat membuat sereal oatmeal, gunakan susu segar daripada mencampurnya hanya dengan air.

 

  1. Tambah asupan karbohidrat

Karbohidrat termasuk sumber gizi yang kaya akan kalori, 4 kkal/gram, walaupun tidak sebanyak dalam kandungan lemak. Anda dapat memberikan camilan tinggi karbohidrat untuk anak Anda, seperti kismis, buah-buahan kering, dan granola. 250 gram dari salah satu bahan tersebut mengandung setidaknya 240 kkal, cocok juga untuk ditambahkan sebagai isian pudding, yogurt, atau sereal.

 

Anda juga dapat menambah asupan karbohidrat harian si kecil dengan menambahkan madu atau sari buah pada buah-buahan segar atau sereal oatmeal.

 

  1. Kalori dari minuman

Jika si kecil tidak doyan makan, Anda bisa membantunya untuk menambah berat badan dengan asupan kalori yang terkandung dalam beberapa minuman. Jus buah segar, susu segar, yogurt, dan smoothies yang mengandung yoghurt biasanya memiliki lebih dari 100 kkal per porsinya (8 ons/250 ml). Minuman-minuman ini juga kaya akan vitamin dan mineral, karena produk minuman olahan susu mengandung protein hingga 8 gram per porsinya. Anda dapat membeli susu formula khusus tumbuh kembang anak rasa cokelat atau vanilla yang tersedia di supermarket atau apotek.

 

  1. Makan teratur

JANGAN melewatkan waktu makan: melewatkan waktu makan akan menghilangkan kesempatan si kecil untuk mendapat asupan kalori yang cukup untuk beraktivitas seharian. Biasakan makan 3 kali sehari dengan 2 kali makan selingan di antara jam makan yang normal.

 

  1. Porsi lebih besar

Hidangkan dua porsi roti lapis sekaligus, dibanding hanya memberi satu tangkup saja. Sediakan susu dalam gelas yang lebih besar, atau mangkuk besar untuk sereal, dan buah-buahan yang berukuran lebih besar.

 

  1. Hidangkan selai kacang, kacang-kacangan, alpukat, dan minyak zaitun

Makanan tersebut kaya akan lemak sehat dan bisa dijadikan tambahan asupan pada menu makanan untuk anak Anda yang gemar berolahraga. Nutrisi yang terkandung dalam makanan ini akan membantu pemulihan peradangan yang mungkin disebabkan oleh cedera saat si kecil berolahraga. Makanan yang kaya akan lemak sehat mengandung kadar kalori yang tinggi pula. Tambahkan irisan kacang almond pada sereal sarapan atau salad. Buatkan roti lapis yang ditambahkan dengan selai kacang, atau hidangkan saus guacamole dri alpukat sebagai teman camilan kentang goreng si kecil (tanpa lemak jenuh)

 

  1. Olahraga ringan dan kardio

Angkat beban dan push-up akan merangsang pertumbuhan otot sehingga anak Anda akan tumbuh besar, bukan bertambah gemuk. Olahraga juga akan menstimulasi nafsu makan mereka, membuat mereka ingin makan. Selain itu, berolahraga membuat haus. Sediakan jus buah segar dan minuman berkalori tinggi lainnya sebagai pelepas dahaga mereka selepas beraktivitas.

 

Untuk anak-anak batita (bawah tiga tahun) dan prasekolah yang memiliki berat badan kurang dari batas normal, susu formula balita, minuman yang diperkaya dengan nutrisi tambahan dan tinggi kalori, dan minuman standar dapat memberikan sumber energi sederhana untuk anak dan dapat mempercepat peningkatan berat badan. Minuman-minuman ini tidak boleh menggantikan makanan jika anak Anda perlu meningkatkan berat badan, dan bahkan sebaliknya harus diberikan bersama dengan makanan atau sebagai minuman di antara waktu makan.

 

Gambar berjudul Increase cara meningkatkan berat badan Weight in Children Step 11

Belilah PediaSure. Minuman yang diperkaya dengan nutrisi tambahan, yang bertujuan untuk membantu anak-anak memulihkan pertumbuhan pada tinggi dan berat badan, dapat membantu anak Anda menambahkan kalori dan nutrisi yang dibutuhkan pada menu makanannya, terutama jika dia pemilih dalam hal makanan. Gambar berjudul Increase Weight in Children Step 22 cara meningkatkan berat badan Berikan susu murni atau 2% milk (susu yang memiliki berat lemak susu sebanyak 2% dari berat keseluruhan susu dalam kemasan). Jika anak Anda secara signifikan memiliki berat badan di bawah batas normal, berikan lemak dan kalori tambahan melalui konsumsi minuman sehat seperti susu. Jika Anda hanya memberikan produk susu non-lemak atau rendah lemak untuk anak Anda, hal ini dapat mengurangi kesempatan anak untuk mengonsumsi cukup kalori dari menu makanannya.

 

 

Metode

2

Berikan Makanan Padat Energi

Memberikan makanan sehat baik yang tinggi kalori atau pun yang bernutrisi tinggi (sebaiknya yang mengandung kedua hal tersebut) akan membantu meningkatkan berat badan anak Anda dengan memberikan energi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuhnya untuk membangun otot atau menyimpan lemak.

 

Gambar berjudul Increase Weight in Children Step 31

Berikan makanan yang sehat. Untuk membantu meningkatkan berat badan anak dengan cara yang sesehat mungkin, cobalah memberikan makanan yang penuh nutrisi dan tinggi kalori. Alangkah baiknya jika menghindari makanan yang mengandung gula tambahan, lemak jenuh, dan sodium yang tinggi.

Gambar berjudul Increase Weight in Children Step 42

Jangan membatasi makanan-makanan yang padat nutrisi. Makanan yang padat nutrisi memiliki jumlah nutrisi yang tinggi (seperti vitamin, mineral, dan serat) dibandingkan dengan kalorinya.

Memberikan makanan-makanan sehat dan padat nutrisi dalam jumlah yang lebih banyak, seperti buah-buahan dan sayuran segar dan protein tanpa lemak, dapat membantu anak Anda memperoleh nutrisi yang sangat baik, sementara tetap mengusahakan pemberian asupan kalori harian yang lebih tinggi.

Contoh makanan padat nutrisi yang ramah anak antara lain stroberi dan dada ayam, atau semangkuk susu padat lemak dengan nasi dan madu.

Gambar berjudul Increase Weight in Children Step 53

Berikan sumber makanan biasa yang padat energi. Makanan padat energi memiliki jumlah kalori yang tinggi dibandingkan dengan jumlah nutrisi-nutrisi lain yang terkandung di dalamnya atau dalam ukuran porsinya.

Makanan padat energi dapat berperan secara signifikan terhadap peningkatan berat badan yang sehat untuk anak Anda, namun makanan ini haruslah dikonsumsi dalam jumlah yang secukupnya. Misalnya, hindari menghidangkan pasta untuk ketiga waktu makan dalam sehari atau memberikan bagel (roti yang berbentuk seperti donat dengan tekstur kering dan renyah di luar) atau biji bunga matahari di setiap waktu kudapan.

Yang termasuk makanan padat energi yang sehat antara lain kacang-kacangan dan biji-bijian, roti dan bagel, pasta, avokad, minyak-minyak yang sehat (seperti minyak zaitun atau minyak canola untuk memasak), buah-buahan kering, dan jus yang terbuat dari 100% buah.

 

 

Metode

3

Dorong Anak untuk Memilih Saus cara meningkatkan berat badan Celup, Selai, dan Perencah

Kalori tambahan dalam saus celup, selai, dan perencah yang ramah anak dapat membantu menambahkan rasa dan energi yang sehat pada makanan anak. Bahan tambahan ini biasanya memiliki kandungan kalori yang tinggi, sehingga membuat makan atau camilan menjadi lebih padat energi tanpa membuat anak merasa telah mengonsumsi makanan dalam jumlah yang jauh lebih banyak.

 

Gambar berjudul Increase Weight in Children Step 61

Berikan saus celup atau keju dengan buah dan sayuran. Berikan beberapa sendok selai kacang ketika Anda menyajikan apel atau seledri, berikan saus ketika Anda menyajikan irisan sayuran, atau makanan ringan, sandwich (roti lapis), dan lauk pauk dengan keju. cara meningkatkan berat badan Galakkan penggunaan mentega dan selai lainnya dalam jumlah yang wajar. Sebagian besar produk selai memiliki kandungan padat energi dan memberikan rasa yang disukai anak-anak, seperti mentega, selai buah, selai kacang, Nutella, keju krim, dan selai berperasa lainnya. Perasa yang terkandung di dalam selai dapat mendorong anak untuk makan dalam jumlah yang lebih banyak, dan selai yang padat kalori akan membantu meningkatkan berat badannya.

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Gambar berjudul Increase Weight in Children Step 83

Berikan bumbu atau bahan tambahan (topping) pada makanan dan makanan penutup. Anjurkan anak untuk menyesuaikan rasa pada makanan atau makanan penutupnya dengan menambahkan bumbu favorit, seperti mayones, saus tomat, krim asam, ranch dressing (saus salad yang terbuat dari mayones dan buttermilk yang diberi bumbu kering), dan bahan tambahan populer lainnya. Asalkan anak tidak berlebihan (memakan bumbu tambahan sebanyak makanan yang sebenarnya), menggunakan bumbu tambahan dapat menjadi cara yang efektif untuk menambahkan kalori yang cukup sehat pada menu makanan hariannya.

 

 

Metode

4

Dorong Anak untuk Sering Mengudap

Mengudap secara teratur akan memberikan kalori di antara waktu makan dan dapat memberikan kesempatan bagi anak untuk makan lebih banyak sepanjang hari, daripada jika makanan hanya diberikan pada tiga kali waktu makannya sehari-hari. Sarapan sangatlah penting untuk berat badan yang sehat, dan mempertahankan jam makan yang teratur setiap hari akan membantu mencegah pemberian kudapan yang sering tersebut mengganggu nafsu makannya pada jam makan.

 

Gambar berjudul Increase Weight in Children Step 91

Siapkan kudapan pagi dan siang untuk bekal sekolah. Mempersiapkan kudapan cara meningkatkan berat badan sebelumnya, dan memastikan anak memakan kudapan tersebut pada waktu-waktu tertentu sepanjang hari, akan membantu anak mengonsumsi lebih banyak kalori. Jika perlu, mintalah izin bagi anak Anda untuk memakan bekal kudapannya di sela-sela waktu pelajaran atau untuk meminum minuman sehat yang tinggi kalori jika makan di sela-sela waktu pelajaran tidak diperbolehkan.

Gambar berjudul Increase Weight in Children Step 102

Berikan kudapan sepulang sekolah. Bahkan dengan memberikan kudapan kecil sekali pun sepulang sekolah dan sebelum makan malam dapat menambah kalori yang penting untuk peningkatan berat badan.

Cobalah memberikan setengah-sandwich, sepiring buah dan keju, kentang panggang dengan keju dan salsa, quesadilla keju (makanan khas Meksiko), atau kudapan ramah anak lainnya.

Kue kering kismis havermut dengan susu padat lemak dapat menjadi camilan padat energi yang cukup sehat dan menggiurkan bagi anak Anda.

Gambar berjudul Increase Weight in Children Step 113

Do not allow children to skip meals. Breakfast is an excellent opportunity to provide plenty of essential nutrients and energy at the beginning of the day and can help your child achieve a healthy weight.

Sajikan buah-buahan, produk serealia, roti panggang atau bagel dengan keju krim, sandwich selai kacang, dan jus yang terbuat dari 100% buah atau susu untuk memberikan berbagai nutrisi dan kalori dalam jumlah yang sehat untuk anak Anda.

Jika harga makanan merupakan penghalang bagi keluarga Anda, pertimbangkan untuk mendaftarkan anak Anda dalam program bantuan makanan agar ia dapat menerima makanan gratis atau dengan potongan harga di sekolah.

Gambar berjudul Increase Weight in Children Step 124

Berikan makanan penutup. Jika anak Anda masih merasa lapar setelah makan, berikan makanan penutup. Pertimbangkan untuk memberikan buah segar dengan pound cake (kue bolu sederhana), es krim vanili dengan kacang-kacangan dan buah beri, pisang beku yang dicelupkan ke dalam cokelat atau dilumuri dengan selai kacang, beberapa potongan kecil cokelat dengan buah kering, atau beberapa kue kering dengan susu.

 

 

Metode

5

Konsultasikan dengan Tenaga Kesehatan Profesional

Masalah-masalah kesehatan fisik dan mental dapat menyebabkan penurunan berat badan yang parah pada anak-anak. Jika Anda mengalami kesulitan dalam meningkatkan berat badan anak Anda atau jika Anda merasakan adanya masalah medis yang menyebabkan masalah pada berat badannya, berkonsultasilah dengan tenaga kesehatan profesional. Tenaga medis profesional dapat mendiagnosa penghalang tertentu yang menghambat peningkatan berat badan atau dapat menawarkan solusi yang sesuai untuk meningkatkan berat badan anak Anda.

 

Gambar berjudul Increase Weight in Children Step 131

Kesampingkan masalah kesehatan. Terkadang berat badan di bawah batas normal dikarenakan kurangnya waktu tidur atau aktivitas fisik yang signifikan pada anak tersebut, tetapi kadang kala ada masalah kesehatan tertentu yang dapat mencegah peningkatan berat badan pada anak.

Beberapa masalah fisik, seperti Fibrosis Kistik atau prematuritas, dapat menyebabkan buruknya penyerapan nutrisi dan mengalami kesulitan untuk meningkatkan berat badan meskipun nafsu makannya sehat dan asupan kalorinya cukup.

Masalah kesehatan mental seperti stres yang intens, kesedihan, atau gangguan makan dapat menyebabkan berat badan anak di bawah batas normal atau berat badan anak menurun secara tiba-tiba.

Gambar berjudul Increase Weight in Children Step 142

Konsultasikan dengan ahli gizi anak. Ahli gizi dapat memeriksa pola makan dan aktivitas fisik anak sehari-hari secara rinci dan mengidentifikasi kelemahan dalam pola makannya serta bagian yang memiliki potensi untuk dilakukan perbaikan. Sebagian besar ahli gizi akan menawarkan saran-saran spesifik untuk meningkatkan berat badan anak dan mungkin akan memberikan konsultasi lanjutan sampai masalah berat badan anak Anda terselesaikan.

Gambar berjudul Increase Weight in Children Step 153

Diskusikan aturan pola makan khusus yang Anda ikuti. Jika keluarga Anda mengikuti aturan pola makan vegan, vegetarian, atau pola makan yang sangat ketat lainnya, anak Anda mungkin tidak mendapatkan kalori atau nutrisi yang cukup untuk meningkatkan berat badan secara memadai. Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk mengubah pola makannya atau melakukan upaya ekstra untuk memastikan bahwa ia mengonsumsi cukup kalori, protein, lemak, dan nutrisi lain yang diperlukan.

 

 

tahui Apa Saja Makanan Penambah Berat Badan Bayi

Kehamilan

FacebookTwitterGoogle+

Ketahui Apa Saja Makanan Penambah Berat Badan BayiSetiap orangtua tentu tidak ingin bayinya bertubuh kurus atau di bawah berat badan ideal. Memberikan makanan penambah berat badan bayi bisa menjadi solusi terhadap hal ini. Bayi dengan berat badan di bawah ideal cara meningkatkan berat badan mungkin dikarenakan asupan gizinya kurang terpenuhi atau tidak seimbang. Bisa juga disebabkan adanya gangguan kesehatan tertentu ataupun bisa saja itu merupakan penurunan berat badan yang normal. Yang dimaksud normal disini adalah saat bayi mulai aktif bergerak maka akan terjadi penurunan berat badan secara otomatis.

 

Kadang orangtua khawatir melihat buah hatinya bertubuh kurus, padahal sudah memberikan makanan yang terbaik, yang bergizi tinggi dan seimbang. Namun apakah benar anak Anda bertubuh kurus? Penilaian ini tidak bisa dengan hanya dilihat berdasar dari penglihatan saja. Di halaman 2 ada sedikit panduan cara menghitung berat badan ideal pada bayi. Tidak jarang orangtua mengira bayinya kurang gizi dan kurus, padahal semuanya baik-baik saja.

 

Daftar Makanan Penambah Berat Badan Bayi yang Dapat Anda Berikan untuk Buah Hati

Sebagai orangtua, Anda pasti merasakan bahwa kesehatan anak adalah prioritas utama. Berat badan adalah salah satu indikator kesehatan dan perkembangan bayi dan balita, selain indikator pada perkembangan sensorik dan motoriknya, seperti kapan bisa mulai menggerakkan kepala, mulai dapat mengenali orangtuanya, mulai bisa bersuara, dan lain sebagainya.

 

Untuk bisa menaikkan berat badan bayi, Anda harus memberikan makanan yang bergizi secara teratur. Cobalah memperkenalkan makanan baru bagi anak Anda setiap minggunya. Namun perlu diingat bahwa pemberian makanan yang cukup padat seperti bubur bayi baru boleh dilakukan ketika anak menginjak usia 6 bulan ke atas. Pemberian makanan padat pada umur dini dapat menyebabkan suatu penyakit yang berbahaya. Berikut adalah daftar mengenai makanan penambah berat badan bayi yang dapat Anda coba berikan bagi si buah hati.

 

ASI

ASI merupakan makanan utama bayi di bawah umur 6 bulan. Indonesia sendiri menggalakkan cara meningkatkan berat badan program ASI ekslusif, yaitu program yang menyarankan pemberian makanan hanya ASI bagi bayi di bawah umur 6 bulan. ASI sudah mengandung cukup gizi dan nutrisi yang diperlukan bayi di bawah umur 6 bulan. Berikan ASI hingga bayi kenyang. Salah satu tanda bayi kenyang dengan pemberian ASI ialah bayi tertidur sendiri ketika menyusui.

 

Susu Formula

Susu formula dapat menjadi makanan tambahan bagi bayi di atas umur 6 bulan. Setelah anak menginjak umur 6 bulan, sebaiknya jangan hanya bergantung pada pemberian ASI saja, namun coba tambahkan makanan lain seperti susu formula. Untuk mereka yang sulit memberikan ASI pada anak di bawah umur 6 bulan juga dapat memberikan susu formula tambahan sebagai alternatif.

 

Pisang

Buah pisang dapat mulai Anda berikan bagi bayi di atas umur 6 bulan. Makanan penambah berat badan bayi ini kaya akan serat, kalium, Vitamin C, Vitamin B6 dan mengandung kalori yang padat. Pada bayi usia 6-8 bulan, berikan pisang dalam bentuk bubur pisang. Setelah menginjak usia di atas 8 bulan, pisang dapat diberikan dalam bentuk buah.

 

Daging

Berikan daging ayam setelah bayi Anda menginjak usia 8 bulan. Daging ayam dapat menjadi makanan penambah berat badan bayi karena mengandung banyak niasin, magnesium, Vitamin B6, Vitamin B12 dan yang paling penting mengandung protein dan kolesterol sehat. Untuk usia lebih kecil, ayam dapat diberikan dalam bentuk kuah kaldu.

 

Artikel tentang makanan penambah berat badan bayi ini berlanjut ke halaman berikutnya.

 

12Next

FacebookTwitterGoogle+ cara meningkatkan berat badan

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.