cara mengukur ideal badan

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Bagaimana cara mengukur ideal badan Obesitas Bisa Terjadi?

Published in Obesitas Read 1789 times font size decrease font size increase font size Email

0

 

inShare

 

Apakah Anda mengalami berat badan yang berlebihan? Sampai taraf mana berat badan Anda dinyatakan sebagai bagian dari obesitas? Apa yang menyebabkan banyak penduduk dunia mengalami obesitas? Ingatlah bahwa obesitas seringkali menjadi pemicu timbulnya diabetes, kanker, gangguan jantung, dan tekanan darah tinggi—demikian yang dilaporkan oleh jurnal kesehatan asal Inggris, The Lancet. cara mengukur ideal badan Anda masuk kategori obesitas rendah jika berat badan yang dimiliki saat ini mengalami kelebihan sebesar 20% dari berat badan normal. Lalu bagaimana Anda dapat mengetahui berat badan normal? Ada dua cara yang dapat dicoba, misalnya:

 

Metode Konvensional, pada remaja atau orang dewasa berat badan ideal diperoleh dari ukuran tinggi badan yang dikurangi 100, lalu dikalikan 90%. Rumusnya: (Tinggi Badan – 100) x 90%, contohnya jika Anda memiliki tinggi badan 168 cm dengan berat 75 kg, berapakah berat badan normal yang seharusnya Anda miliki? (168 – 100) x 90% = 61.2 kg.

 

Jika Anda perhatikan ada kelebihan berat badan sekitar 13.8 kg, apakah kelebihan berat ini merupakan tanda obesitas? Masih ingat, bahwa Anda masuk kategori obesitas rendah jika kelebihan berat badan mencapai 20%. Bila Anda hitung 20% dari 61.2 kg akan mendapat hasil 12.24 kg. Jadi bisa disimpulkan bahwa berat badan 75 kg dengan tinggi 168 cm termasuk dalam kategori obesitas rendah atau overweight. cara mengukur ideal badan Metode Body Mass Index (BMI), penghitungan diperoleh dengan cara membagi berat badan (kg) dengan tinggi badan (m) yang telah di kuadratkan. Agar lebih mudah, rumusnya seperti ini: (Berat Badan ÷ [Tinggi Badan x Tinggi Badan]). Berat badan dikatakan normal jika mencapai batas BMI antara 18.5 – 24. Kategori 25 – 29 menandakan Anda mengalami overweight dan kategori lebih dari 30 menandakan obesitas.

 

Sebagai contoh, masih dengan berat badan 75 kg dengan tinggi 168 cm atau 1.68 m, bagaimana menghitung berat badan dengan metode BMI? (75 ÷ [1.68 x 1.68]) = 26.57, jika Anda melihat daftar kategorinya maka dapat disimpulkan bahwa orang ini mengalami overweight.

 

Penyebab Obesitas yang Dialami Kebanyakan Orang!

 

Makanan cepat saji (fast food) memang menjadi sasaran bagi kebanyakan orang yang sibuk, sekaligus penyebab utama obesitas yang banyak diketahui orang, terutama karena kandungan minyak berlebih didalamnya. Namun, ada juga donatur yang cara mengukur ideal badan turut berperan dalam operasi penimbunan gula dan penyebab obesitas, ini adalah pabrik makanan atau minuman yang seringkali menambahkan jumlah gula berlebih dalam makanan agar rasa yang dihasilkan lebih nikmat.

 

Jika Anda tinggal di wilayah Asia ataupun Afrika tentu tahu bahwa banyak masakan yang dihasilkan oleh minyak berlebih, hal ini tentu menambah jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh Anda. Kemajuan teknologi yang semakin canggih tentu meringankan pekerjaan banyak orang, sehingga mengurangi kegiatan fisik yang dapat membakar kalori tubuh dan menghasilkan penimbunan kalori.

 

Ini hanyalah sebagian kecil dari penyebab obesitas yang melanda hampir seluruh penduduk dunia, sudahkah Anda menerapkan pola hidup sehat guna mencegah atau mengurangui dampak yang ditimbulkan oleh obesitas?

 

OVERWEIGHT

 Theory Psychology Penulis cara mengukur ideal badan Theory Psychology Diterbitkan 02.40

 

 

Overweight (kelebihan berat badan) adalah keadaan dimana berat badan seseorang melebihi berat badan normal. Overweight lebih mengacu pada kelebihan berat badan dibandingkan dengan standar normal. Karena masa remaja adalah usia terjadinya perubahan fisik, self – image pada seorang remaja menjadi sangat penting. Berat badan overweight bisa berasal dari otot, tulang, organ – organ vital, dan sebagainya. Ukuran tubuh yang tidak ideal akibat overweight juga dapat menyebabkan rasa rendah diri karena tidak cara mengukur ideal badan dapat tampil menarik dalam berbagai model pakaian. Perubahan gaya hidup termasuk kecenderungan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi merupakan faktor yang mendukung terjadinya kelebihan berat badan (overweight).

Dari perkiraan 210 juta penduduk Indonesia tahun 2000, jumlah penduduk yang overweight diperkirakan mencapai 76,7 juta (17,5%). Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa overweight di Indonesia telah menjadi masalah besar yang memerlukan penanganan serius (file:///g:/PSIKOLOGI/obesitas/pub-obind.html ).

Adanya perubahan fisik remaja yang ”unideal”, akan mendukung hilangnya self – esteem dan memunculkan masalah lain pada self – image remaja. Menjadi seseorang yang overweight dapat menyebabkan seorang menjadi malu. Overweight dapat terjadi pada segala umur, tetapi paling sering terjadi pada tahun – tahun pertama kehidupan, yaitu pada umur 5 – 6 tahun dan masa remaja ( Dietz, 1994).

Metode yang paling berguna dan banyak digunakan untuk mengukur berat badan adalah BMI ( Body Mass Index ), yang didapat dengan cara membagi berat badan ( kg ) dengan kuadrat dari tinggi badan ( meter ). Nilai BMI yang didapat tidak tergantung pada umur dan jenis kelamin.

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


 

CARA MENGHITUNG cara mengukur ideal badan BERAT BADAN IDEAL

 

 

Sebelum kita menghitung berat badan ideal terlebih dahulu kita harus tahu prosedur pengukuran tinggi badan dan berat badan.

Prosedur pengukuran tinggi badan

 

Lepas sepatu atau alas kaki

Berdiri dengan tegak dan pandangan lurus kedepan serta seluruh telapak kaki menapak

Ukurlah tinggi badan mulai dari tumit (caicaneus) sampai puncak tengkorak (sutura sagittalis).

Catatlah hasil pengukuran dalam satuan cm

 

Prosedur pengukuran berat badan

 

Lepaskan alas kaki, aksesoris dan pakaian luar

Sesuaikan jarum penunjuk timbangan hingga sejajar dengan angka 0 kg

Berdiri dengan kedua kaki dibagian tengah timbangan dan pandangan lurus kedepan

Catatlah hasil pengukuran dalam satuan kg

 

Rumus berat badan ideal dengan rumus Broca

 

Cara Mengukur Berat Badan Ideal Dengan Mudah dan Benar

 Fikriatul Dewi Penulis Fikriatul Dewi Diterbitkan 11.00

 TAGS

BERAT BADAN IDEAL

Cara mengukur berat badan ideal – Untuk mengetahui tubuh ideal perlu tahapan yang harus di lakukan, namun cukup mudah dalam menghitungnya. Ada rumus tertentu yang di gunakan dalam perhitungan tubuh ideal. Pada dasarnya tulang rangka manusia adalah sebuah bangunan tubuh yang berfungsi cara mengukur ideal badan untuk meyangga tubuh. Dalam menghitung berat badan ideal kita akan menggunakan rumus berdasarkan tinggi badan dan berat badan hasil dari timbangan. Cara tersebut sangat efektif dan benar untuk mengetahui tubuh ideal yang anda miliki sekarang, langsung saja anda simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui caranya .

 

Cara Mengukur Berat Badan Ideal pria wanita

 

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita

 

Sebelum mengukur berat badan ideal, terlebih dahulu melakukan pengukuran tinggi badan, caranya :

Lepaskan alas kaki atau sepatu yang anda pakai.

Berdirilah dengan tegak serta lurus kedepan, pastikan telapak kaki menapak pada alas.

Lalu ukur tinggi badan anda dengan detail mulai dari tumit sampai puncak tengkorak dengan menggunakan tongkat pengukur.

Jika sudah selesai, catat hasil pengukuran tinggi badan anda dengan satua Cm

 

Selanjutnya anda bisa mengkur berat badan anda dengan menggunakan timbangan berat badan, cara tersebut paling mudah dalam mengetahui berat badan seseorang. Apabila anda sudah menemukan berat badan anda, maka catat menggunakan satuan Kg.

 

Pada berat badan yang anda miliki sebenarnya di tentukan oleh jumlah cairan pada tubuh, kadar lemak, mineral, serta protein yang ada di dalam tubuh anda sekitar +-60%. Pada jumlah berat badan yang anda miliki semua itu tergantung dari factor usia serta kegiatan fisik dan temperature tubuh. nah cara dalam mengukur berat badan yaitu :

 

Pertama lepaskan alas kaki anda, pakaian luar serta jam tangan.

Lihat jarum penunjuk timbangan lalu sesuaikan hingga sejajar dengan angka nol kilogram.

Selanjutnya silahkan naik di atas timbangan dan berdirilah di tengah tengah dengan tepat.

Setelah anda mengetahui berat badan anda, lalu catat dengan satuan Kg.

 

Selanjutnya anda bisa menghitung berat badan ideal yang anda miliki, caranya yaitu denggunakan rumus berat badan.

(Tinggi badan – 100) – 10% (TB – 100)

Contohnya :

Hasil tinggi badan anda 160 CM

Hasil berat badan anda 48 Kg

R = (TB – 100) – 10%(TB – 100) =

(160 – 100) – 10%(160 – 100) =

(60) -10% (60) =

60 – 6 = 54 Kg

 

Kesimpulannya bahwa berat badan yang anda miliki masih kurang ideal, jika di lihat dari timbangan bahwa berat badan cara mengukur ideal badan anda hanya 50 Kg namun ketika di hitung menggunakan rumus berat badan anda 54 Kg. Dalam ilmu kesehatan berat badan orang di nyatakan ideal apabila berat badan orang tersebut minimal kurang 1 atau lebih 1 dari berat badan yang sudah di hitung. Nah dengan begitu berat badan anda seharusnya sekitar 53 hingga 55 Kg. dengan begitu berat badan anda saat ini belum memenuhi syarat sebagai tubuh ideal. untuk itu perbanyak olahraga serta mulailah dengan hidup sehat dan pola makan.

 

Baca juga : Cara Menurunkan berat Badan

 

Itulah cara mengukur berat badan ideal dengan mudah dan benar yang bisa anda jadika pacuan untuk mengetahui jumlah berat tubuh anda. Sekian dari artikel ini dan semoga bermanfaat dan memberi solusi untuk anda semuanya. cara mengukur ideal badan

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.