cara menghitung berat ideal

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Inilah Artikel Cara Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Mudah

 

Berat badan merupakan hal yang sangat sensitif, terutama bagi cara menghitung berat ideal kaum wanita. Banyak orang yang masih kebingungan bagaimana cara menghitung berat badan ideal yang tepat. Anda dapat menggunakan metode BMI atau indeks massa tubuh untuk mengetahui berat badan ideal.

 

Metode BMI menggunakan berat badan dalam kg yang dibagi dengan tinggi badan kuadrat dalam satuan meter. Dengan demikian dapat segera diketahui kita masuk dalam kategori apa, kurus, normal, berlebihan atau obesitas.

Metode BMI (Body Mess Index) atau IMT (Index Massa Tubuh) merupakan metode yang paling mudah untuk menghitung berat ideal. Berikut ini rumus yang bisa Anda gunakan:

 

Berat Badan Ideal  = Berat Badan (dalam Kg) : (Tinggi badan (dalam meter) x Tinggi badan(dalam meter))

 

Contoh : 60kg : (1.65m x 1.65m) = 22.05

 

Hasilnya dapat Anda cocokkan dengan kriteria dibawah ini:

 

Standar BMI Untuk Wanita

 

<18       =  Anda kekurangan berat badan/kurus

18 – 25  =  Berat badan normal atau ideal

25 – 27  =  Anda kelebihan berat badan

> 27      =  Obesitas, sebaiknya segera lakukan program cara menghitung berat ideal penurunan berat badan

 

Standar BMI Untuk Pria

 

<17        =  Anda kekurangan berat badan/kurus

17 – 23   =  Berat badan normal atau ideal

23 – 27   =  Anda kelebihan berat badan

> 27       =  Obesitas, sebaiknya segera lakukan program penurunan berat badan

 

Benarkah Tidak Ada Berat Badan Ideal?

 

Sayangnya metode BMI atau indeks masa tubuh tidak dapat digunakan untuk mengukur kadar lemak tubuh. Karena dalam kenyataannya terdapat beberapa kasus bahwa ada orang yang justru berat badannya naik setelah fitnes, namun ada juga yang justru berat badannya turun setelah fitnes. Hal ini disebabkan karena berat badan dapat dipengaruhi oleh lemak dan otot tubuh.

 

Seseorang yang massa ototnya bertambah besar karena fitnes, maka berat badannya akan bertambah naik. Begitu juga orang yang kelebihan atau kekurangan lemak, maka dapat mempengaruhi berat badannya. Bedanya adalah timbunan lemak adalah tidak sehat dan lemak tidak bisa memberikan bentuk tubuh indah.

 

Bagaimana Mengetahui Berat Badan Ideal?

 

Lantas bagaimana mengetahui berat badan ideal? Sebaiknya Anda jangan terpaku dengan angka. Anda dapat melihat ke cermin tentang bagaimana bentuk tubuh Anda. Apakah masih terlihat perut buncit atau lengan bergelambir? Apakah Anda sudah puas dengan bentuk tubuh sekarang atau masih ingin langsing?

 

Anda dapat mengukur kadar lemak tubuh menggunakan alat cara menghitung berat ideal khusus fat monitor. Kadar lemak normal untuk cowok adalah 15-20% sedangkan cewek 20-25%. Kadar lemak yang dapat dikatakan bagus sehingga bisa membuat tubuh lebih berbentuk adalah 10-15% untuk cowok dan 15-20% untuk cewek.

 

Pada saat berlatih fitnes, tanpa disadari Anda melakukan dua hal. Pertama menambah massa otot dan kedua adalah mengurangi jumlah lemak tubuh. Jika massa otot bertambah besar, maka berat badan akan naik namun tubuh lebih berbentuk. Sebagai contoh, jika massa otot Anda bertambah 1kg dan lemak berkurang 1kg, maka berat badan kita tidak akan berubah pada angka timbangan. Namun ukuran celana kita akan berkurang.

 

Jadi bagi Anda yang ingin mempunyai tubuh yang ideal, jangan berpatokan dengan angka di atas timbangan. Karena banyak sekali faktor yang mempengaruhi naik atau turunnya berat badan. Namun ketika tubuh Anda mulai terlihat bergelambir karena tumpukan lemak, maka sudah saatnya untuk menurunkan berat badan.

 

Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat Dan Mudah Dengan Green …

 

Cara Menghitung Berat Badan Ideal | Inilah cara menghitung berat badan ideal yang paling sering digunakan oleh orang-orang dalam menghitung berat badan ideal yang dinilai berdasarkan tinggi anda, baik itu wanita maupun pria secara mudah. Pada zaman sekarang, sudah banyak cara menghitung berat badan ideal, akan tetapi sebenarnya teman-teman juga bisa melakukan cara menghitung berat badan anda dengan menggunakan persamaan atau rumus dalam menghitung berat badan secara mudah. Tentunya kawan-kawan menginginkan untuk bisa berpenampilan ideal dikarenakan bisa meningkatkan rasa percaya diri anda supaya tak terlihat ramping atau kurus dan tak terlihat besar atau gemuk. Akan tetapi, ada juga yang menyatakan bahwa berat badan yang ideal itu terbukti pada penampilan badan, namun ketika menggunakan penghitung berat badan atau menggunakan persamaan atau rumus menghitung berat badan ternyata apa yang telah dikatakan itu salah. Dari berat badan ideal tersebut tentu saja akan membuat tubuh menjadi lebih nyaman didalam melakukan aktivitas dan dapat terhindar dari berbagai ragam penyakit.

 

Adapun cara menghitung berat badan ideal untuk wanita dan pria ini terdapat beberapa persamaan atau rumus yang sudah berstandar sesuai dengan anjuran kesehatan yang lazim telah digunakan dalam menghitung berat badan yaitu rumus Brocha dan rumus BMI serta terdapat juga persamaan atau rumus konvensional biasa. Dari ketiga persamaan atau rumus dalam menghitung berat badan ideal tentu mempunyai perbedaan, akan tetapi hal tersebut tak perlu anda mengkhawatirkan sebab kali ini kami akan bisa menginformasikan persamaan atau rumus cara menghitung berat badan ideal sesuai dengan tinggi bagi pria dan wanita secara mudah, dan cepat apabila kita menggunakan rumus menghitung berat badan brocah dan persamaan atau rumus menghitung berat badan ideal dengan berdasarkan BMI yang bisa kawan-kawan lihat sebagai berikut:

 

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan rumus Brocha dan BMI

cara menghitung berat badan ideal

 

  1. Cara menghitung berat badan ideal untuk wanita dan cara menghitung berat ideal pria berdasar rumus Brocha.

 

  1. Rumus cara menghitung berat badan ideal untuk wanita

 

Berat badan yang ideal = (tinggi badan anda-100)-(15%x(tinggi badan anda-100))

 

Contoh cara menghitung berat badan ideal bagi wanita yang memiliki tinggi 160 cm.

 

(160-100)-(10%x(160-100)=54kg

 

  1. Rumus cara menghitung berat badan ideal bagi pria.

 

Berat badan ideal pria= (Tinggi badan pria-100)-(10%X(tinggi badan pria-100))

 

Adapun contoh cara menghitung berat badan ideal bagi pria yang memiliki tinggi sekitar 180 cm yaitu

(180-100)-(10%x(180-100)=72kg

 

  1. Cara menghitung berat badan ideal bagi wanita dan pria berdasarkan persamaan atau rumus BMI

 

Apa yang dimaksud dengan BMI? BMI merupakan body mess index yang juga dikenal sebagai IMT atau Indeks Massa Tubuh yang biasanya dijadikan sebagai acuan didalam menghitung berat badan ideal. Menghitung berat badan yang ideal dengan menggunakan persamaan atau rumus BMI ialah memadukan cara perhitungan tinggi dengan berat badan dari seseorang. Sehingga untuk hasilnya menjadi berat badan ideal pada seseorang tersebut. Berikut mengenai cara menghitung berat badan ideal dengan menggunakan persamaan atau rumus BMI:

 

 

Berat Badan Ideal = Berat badan anda (kg):(Tinggi badan anda x tinggi badan anda)

 

Berikut contoh cara menghitung berat badan ideal menggunakan cara menghitung berat ideal rumus BMI dengan seseorang yang memiliki tinggi badan 168 cm

 

Berat badan ideal= Berat badan (kg):(Tinggi badan x tinggi badan)

Berat badan ideal=45 kg:(1,68 m x 1,68 m)=45/2,82=16,9.

 

atau, kalau teman-teman tidak ingin repot dalam menghitung berat badan yang ideal dengan menggunakan rumus BMI, maka anda bisa menghitung berat badan ideal dengan menggunakan kalkulator BMI online seperti yang ada berikut ini:

 

Adapun yang menjadi standar BMI bagi pria

 

Nilai BMI kurang dari 17 atau BMI<17 termasuk kategori “Under Weight atau kurus” – Tambah dengan konsumsi makanan yang berkalori.

Nilai BMI sebanyak 17-23 maka itu termasuk normal weight atau normal (Berat badan termasuk ideal).

Nilai BMI sekitar 23 sampai 27 maka itu termasuk kategori over weight atau kegemukan (harus waspada)

Nilai BMI lebih dari 27 atau BMI>27 maka itu termasuk kategori obesita (sebaikya anda memulai program untuk menurunkan berat badan supaya lebih sehat dan ideal).

 

Standar BMI bagi wanita

 

Nilai BMI kurang dari 18 atau BMI<18 maka itu termasuk kategori under weight atau kurus (sebaiknya mulailah menambah berat badan anda dengan cara mengonsumsi makanan yang berkabohidrat dan diimbangi dengan berolahraga)

 

Nilai BMI 18-25 maka itu termasuk kategori normal weight atau normal (Berat badan ideal)

 

Nilai BMI 25 – 27 maka itu termasuk kategori overweight atau kegemukan (sebaiknya anda menghindari makanan yang berlemak dan mulailah untuk meningkatkan olahraga selama seminggu minimal 2 kali.

 

Nilai BMI 27 maka itu termasuk kategori obesitas (Segeralah untuk melakukan program menurunkan berat badan anda sebab anda sudah termasuk dalam kategori obesitas atau terlalu gemuk dimana itu tidak baik untuk kesehatan.

 

Dari kedua rumus yang dijadikan sebagai cara menghitung cara menghitung berat ideal berat badan ideal maka itu bisa dijadikan acuan dalam menghitung berat badan ideal baik itu menggunakan rumus brocha dan menggunakan rumus BMI, kedua-duanya akurat dalam menghitung berat badan ideal. Akan tetapi, inti dari semua ini adalah teman-teman mesti cerdas dalam menjaga kesehatan lewat mengetahui seperti apa berat badan ideal kawan-kawan. Karena kalau anda berat badan anda terlalu berlebihan maka hal tersebut tak baik untuk kesehatan dan sebaiknya anda mesti mengurangi berat badan anda dengan cara menjaga pola makan dan melakukan olahrga.

 

Demikianlah artikel yang menyajikan informasi tentang cara menghitung berat badan ideal sesuai tingg. Semoga kawan-kawan bisa menerima dan bermanfaat untuk kita semua baik itu cara menghitung berat ideal dengan menggunakan rumus Brocha, contoh-conth soal menghitung berat badan ideal dengan menggunakan rumus Brocha dan cara menghitung berat badan ideal dengan menggunakan rumus BMI. Sekian dan terimakasih, semoga bermanfaat.

 

 

About these ads

 

Share this:

Click to share on Facebook (Opens in new window)Click to share on Google+ (Opens in new window)Click to share on Twitter (Opens in new window)

Share on: Twitter Facebook Google +

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan rumus Brocha dan BMI | informasi_terbaru-100 | 4.5

Related Posts

99 Cara Menghilangkan Ketombe (Membandel) secara Alami dan Mudah

loading… Advertisement loading… Loading… Menghilangkan ketombe membutuhkan cara khusus. Adapun cara menghilangkan ketombe yang ampuh dan alami yaitu dengan memakai bahan-bahan tradisional…

99 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami di Hidung dan Wajah

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


loading… Advertisement loading… Loading… Komedo merupakan permasalahan yang sering muncul pada setiap orang, untuk menghilangkannya kita mesti menggunakan cara khusus. Adapun cara…

99 Cara Memutihkan Ketiak yang Hitam dalam 1 Hari (100% Ampuh)

loading… Advertisement loading… Loading… Memutihkan ketiak yang hitam memang membutuhkan cara khusus. Adapun cara memutihkan ketiak yang hitam bisa kita lakukan hanya…

99 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dan Permanen (1 Minggu)

loading… Advertisement loading… Loading… Gigi putih cara menghitung berat ideal adalah dambaan setiap orang, untuk memutihkannya memerlukan cara khusus. Adapun cara memutihkan gigi alami dan permanen…

99 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dan Cepat untuk Wanita dan Pria

loading… Advertisement loading… Loading… Kulit putih membutuhkan cara memutihkan yang alami supaya tidak terjadi efek samping. Banyak beredar cara memutihkan kulit tubuh…

KUMPULAN BLOG

Artikelsiana Pengertian Ahli Zakapedia Informasiana Bacaan Doa Harian Netral Ilmusiana Artikel Bermutu Ini Manfaatnya Pengertian Harga Hp Android Smartphone

top academics sites

top academics sites Academics Blogs

Academics  Top  blogs

 

dedaunan com

website kesehatan anda

 

Search

HomeKesehatanKehamilanDietObat Tradisional

Home  »  Diet  »  Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita dan Pria Secara Manual

 

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita dan Pria Secara Manual

Diet, Kesehatan

FacebookTwitterGoogle+

Previous 1 2

Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus BMI

Setelah membahas penghitungan berat badan dengan rumus Broca kita kini akan membahas dengan cara BMI yang dianggap lebih baik meskipun dari kedua penghitungan tersebut memiliki kekurangannya masing-masing. Dalam BMI, berat badan ideal berada dalam rentang jarak tertentu, ini tentunya akan lebih mengakomodir berbagai berbagai bentuk tubuh yang berbeda-beda.

 

Jika sebelumnya pada penghitungan Broca tidak cocok digunakan pada wanita yang bertubuh pendek dan pria bertubuh tinggi, rumus BMI ini pada orang (pria-wanita) yang bertubuh tinggi akan memiliki nilai BMI yang selalu tinggi. Yang disebut bertubuh tinggi disini adalah bertubuh tinggi bagi orang barat, sehingga ini cocok digunakan di Indonesia.

 

Index BMI (berdasar WHO)

– Berat badan terlalu kurang

BMI 15,0 hingga 16,0

– Berat badan kurang

BMI 16,0 hingga 18,5

– Berat badan normal

BMI 18,5 hingga 25,0

– Berat badan berlebih

BMI 25,0 hingga 30,0

– Obesitas lv 1

BMI 30,0 hingga 35,0

 

Penghitungan BMI = berat badan / (tinggi badan x tinggi badan)

Berat badan dalam kg, sedangkan tinggi badan dalam meter

 

Di atas adalah penghitungan BMI, masukkan berat badan cara menghitung berat ideal dan tinggi badan Anda ke dalam rumus, kemudian cocokkan hasilnya dengan index BMI. Index BMI ada bermacam-macam, banyak lembaga riset yang memiliki index BMI tersendiri, Jepang, Hongkong, Singapura memiliki skala index BMI tersendiri. Karena Indonesia belum ada index BMI tersendiri, maka disini digunakan index BMI dari WHO yang berskala universal, di index WHO ini tidak dibedakan antara pria dan wanita.

 

Berikut adalah contoh penghitungan dengan index BMI. Berat badan 50 kg dan tinggi badan 1,5 meter = 50/(1,5 x 1,5) = 22,222 termasuk berat badan normal. Berat badan 60 kg dan tinggi badan 1,6 meter BMI = 23,4375 juga termasuk berat badan normal. Index BMI dihitung berdasar pertimbangan kesehatan, bukan pertimbangan penampilan, jadi jika Anda memiliki BMI 24,0 maka itu dianggap berat badan yang sehat, kemudian jika Anda ingin diet dan menurunkan BMI hingga 20,0 atau kurang (selama masih di atas 18,5) maka hal itu masih wajar dan sehat.

 

Tips Mendapatkan Berat Badan Ideal Wanita dan Pria

Setelah membaca cara menghitung berat badan ideal wanita cara menghitung berat ideal ataupun pria di atas, mungkin Anda ingin menyesuaikan berat tubuh Anda. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah supaya melakukannya dengan sehat. Jika mungkin lakukanlah dengan tidak terburu-buru. Untuk mendapatkan berat badan ideal Anda bisa melakukan diet untuk menurunkan berat badan atau bagi yang memiliki berat badan kurang bisa mencoba dengan berbagai cara untuk menaikkan berat badan.

 

Kita akan membahas sedikit tips tentang diet menurunkan berat badan. Hal pertama untuk menurunkan berat badan adalah dengan menghindari makanan berlemak, terutama junk food atau makanan cepat saji. Makanan ini sangat mudah membuat tubuh menjadi melar, selain itu kolesterol jahatnya sangat tidak menyehatkan. Makanan ini hanya mengenyangkan namun sedikit sekali nutrisinya.

 

Mengonsumsi makanan sehat akan membantu menurunkan berat badan, banyak konsumsi buah dan sayuran, ini akan membantu mengurangi lemak-lemak di dalam tubuh. Jangan lupa juga untuk berolah-raga, cukup efektif membakar kalori dalam tubuh sehingga akan lebih cepat mendapatkan berat badan ideal Anda.

 

Demikian artikel ini membahas tentang cara menghitung berat badan ideal wanita ataupun pria. Untuk mendapatkan penampilan yang menarik tidak perlu mengorbankan kesehatan, ada banyak cara diet sehat yang bisa Anda coba. Semoga artikel ini dapat memberi manfaat. Terima kasih.

 

Referensi (Bahasa Inggris):

Hitchhikers Guide, a towel, and

https://en.wikipedia.org/wiki/Body_mass_index

 

Previous 1 2

FacebookTwitterGoogle+

Related Posts

 Cara Menggemukan Badan dalam 1 Minggu secara Alami dan Tanpa Obat

Cara Menggemukan Badan dalam 1 Minggu secara cara menghitung berat ideal Alami dan Tanpa Obat

 

 

 Inilah Gejala HIV AIDS pada Pria yang Wajib Anda Waspadai

Inilah Gejala HIV AIDS pada Pria yang Wajib Anda Waspadai

 

 

 Penyebab Terlambat Datang Bulan dan Cara Mengatasinya

Penyebab Terlambat Datang Bulan dan Cara Mengatasinya

 

 

 Berbagai Cara Menaikan Berat Badan dengan Cepat

Berbagai Cara Menaikan Berat Badan dengan Cepat

 

 

 Ini Dia Cara Diet Mayo untuk Mendapatkan Tubuh Ideal

Ini Dia Cara Diet Mayo untuk Mendapatkan Tubuh Ideal

 

 

 Cara Menguruskan Badan Secara Alami dengan Cepat

Cara Menguruskan Badan Secara Alami dengan Cepat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Comment

 

 

Name *

 

 

Email *

 

 

Website

 

 

Post Comment

Follow Us

Rekomendasi

Inilah Gejala HIV AIDS pada Pria yang Wajib Anda Waspadai

Inilah Gejala HIV AIDS pada Pria yang Wajib Anda Waspadai

 

Apa Saja Gejala HIV pada Wanita? Waspadai yang Berikut Ini

Apa Saja Gejala HIV pada Wanita? Waspadai yang Berikut Ini

 

Mengenali Ciri-Ciri Kencing Batu dan Cara Pengobatannya

Mengenali Ciri-Ciri Kencing Batu dan Cara Pengobatannya

 

Cara Menghilangkan Ngorok Saat Tidur yang Terbukti Efektif

Cara Menghilangkan Ngorok Saat Tidur cara menghitung berat ideal yang Terbukti Efektif

 

Segudang Bahaya Merokok bagi Kesehatan Tubuh Kita

Segudang Bahaya Merokok bagi Kesehatan Tubuh Kita

 

Ketahui Ciri-Ciri Infeksi Saluran Kencing Sedari Dini

Ketahui Ciri-Ciri Infeksi Saluran Kencing Sedari Dini

 

Mengenal Cara Diet Deddy Corbuzier yang Efektif untuk Menurunkan Berat Badan

Mengenal Cara Diet Deddy Corbuzier yang Efektif untuk Menurunkan Berat Badan

 

Ketahui Hal Apa Saja yang Menjadi Penyebab Sakit Ginjal

Ketahui Hal Apa Saja yang Menjadi Penyebab Sakit Ginjal

 

Terpopuler

food2-min

Pengaturan Menu Diet Mayo yang Benar Selama 13 Hari

 

spinach-min

Mengenal Berbagai Makanan yang Mengandung Asam Folat

 

pineapple-min

Beberapa Jenis Makanan Penyebab Keguguran pada Ibu Hamil

 

diet fruits2-min

Pilihan Buah yang Bagus untuk Diet Secara Alami

 

pregnancy nausea-min

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda Secara Alami

 

infused water-min

Resep Infused Water untuk Menurunkan Berat Badan dengan Efektif

 

lemon2-min

Beberapa Manfaat Jeruk Lemon yang Sebaiknya Anda Ketahui

 

pregnancy sleep-min

Posisi Tidur Ibu Hamil Muda yang Aman untuk Kandungan

 

 

 

dedaunan.com | About Us | Terms and Conditions | Contact Us | Privacy Policy © Copyright 2016, All Rights Reserved

MENU

Home

Kesehatan

Kehamilan

Diet

Obat Tradisional

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.