cara menghitung berat badan tanpa timbangan

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


 

Salah cara untuk mengukur kualitas cara menghitung berat badan tanpa timbangan kesehatan adalah dengan menghitung BMI

 

 

 

(Body Mass Index), yaitu dengan menggunakan rumus,

 

 

 

BMI= 703 x Massa (atau berat, dalam kg)/(kuadrat tinggi, m2) Atau, kita juga bisa menggunakan timbangan lemak (sekarang sudah dapat dibeli) atau menggunakan kalkulator online (misalnya, buka :  http://lowcarbdiets.about.com/library/blbmicalculator.htm). cara menghitung berat badan tanpa timbangan Sekalipun BMI merupakan alat ukur atau acuan atau rumus sederhana yang amat  populer dan banyak digunakan oleh para praktisi kesehatan dan instruktur olah raga, dan bahkan, sejak tahun 1980,  WHO  menggunakannya sebagai acuan untuk mengukur “obesitas”, serta Amerika Serikat dan banyak negara lain juga menggunakannya sebagai acuan untuk mengukur “kurang berat badan”, tetapi ..

 

 

 

BMI tidak bisa mengamati bentuk tubuh dan kualitas otot. Beberapa atlit akan cenderung menjadi “memiliki berat badan berlebihan” atau “kegemukan) dan tidak selalu mereka yang termasuk “sehat” atau “healthy” berdasarkan hitungan BMI akan benar-benar sehat karena mungkin kadar cara menghitung berat badan tanpa timbangan otot atau tulangnya kecil. Beberapa orang yang perutnya besar, massa ototnya kecil dan massa tulangnya rendah juga bisa menunjukkan angka BMI yang “healthy”. Tapi, mereka tidak sehat bukan?

 

 

 

Dari sebuah analisa terhadap 40 penelitian yang melibatkan 250.000 orang terlihat1) bahwa

 

 

 

sejumlah penderita penyempitan pembuluh jantung (coronary artery) dengan BMI nomral justru memiliki resiko kematian lebih tinggi dibandingkan mereka yang BMI nya justru termasuk “overweight” atau berkisar dari 25 – 29.0.

 

Hal ini menunjukkan bahwa pengukuran BMI terhadap obesitas tidak tepat terutama pada orang dewasa dengan fakta “ agak obesitas” menurut pengukuran BMI. Bahkan pada sebuah penelitian terhadap 11.000 menunjukkan bahwa BMI bukanlah acuan yang baik untuk mengurangi resiko serangan jantung, stroke dan bahkan kematian1,2).

 

 

 

BMI juga berubah-ubah bila kita ukur pagi, siang, malam atau pakai baju, atau habis makan banyak.

 

Oleh karena itu, mari kita perhatikan sebuah cara mengukur yang lebih sederhana ketimbang menggunakan timbangan.

 

 

 

Lingkar Perut

 

 

 

Ada sebuah cara yang mudah untuk mendapatkan ukuran yang lebih baik ketimbang BMI, yaitu dengan mengukur lingkar perut, yaitu karena lemak perut sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Lemak perut berada paling dekat dengan organ-organ paling penting. Karena lemak cara menghitung berat badan tanpa timbangan adalah gudang penyimpanan racun maka makin tinggi lemak perut makin besar gudangnya dan makin besar pula kemungkinan racun berkumpul di situ. Makin dekat dengan organ tubuh penting, tentu juga makin berbahaya.

 

 

 

Bagaimana cara menghitung berat badan tanpa timbangan menghitung lingkar perut?

 

 

 

Gampang sekali. Bagi dua tinggi Anda. Ukur lingkar perut Anda (yang paling kecil ketika badan Anda tegak, di sekitar pusar). Jika ukuran lingkar perut Anda di atas separuh tinggi badan maka Anda terlalu gemuk. Jika pas sama, itu adalah batas atas menuju kegemukan. Usahakan agar bisa di bawah batas atas, atau usahakan agar lingkar perut di bawah separuh tinggi Anda. cara menghitung berat badan tanpa timbangan Misalnya, tinggi Anda adalah 170 cm. Maka batas lingkar perut Anda adalah separuhnya, atau 170/2 = 85 cm. Kalau hasil ukurannya 87 maka lemak Anda sudah berlebih dan kalau tepat 85 maka Anda harus berhati-hari karena sudah hampir berlebih. Kalau bisa antara 42-45% tentu akan lebih baik, yaitu antara 71,5 hingga 76,5 cm.

 

Tiap hari, ukurlah lemak Anda dengan meteran ketimbang harus beli timbangan lemak yang mahal harganya dan toh kalah akurat, hehehe…

 

 

 

Bagaimana menjaga agar lingkar perut tidak berlebihan?

 

 

 

Inipun juga mudah sekali, yaitu dengan berolahraga yang baik dan makan lebih banyak makanan segar serta  menghindari makanan berlemak (apapun bentuk lemaknya, apakah lemak jahat atau tidak).

 

Walaupun sederhana dan mudah, tapi tidak semudah itu melakukannya. Jika Anda juga sulit melakukannya, tidaklah perlu risau, karena Anda tidak sendirian, kebanyakan orang juga seperti itu…, dan karena itu pulalah grup ini dibuat…

 

 

 

Bagaimana dengan timbangan berat badan yang sudah Anda punya?

 

 

 

Hehehehe, tetap simpan saja dan gunakan seperlunya, atau pakai untuk menimbang berat barang-barang yang lain. Tetap juga gunakan acuan BMI kalau Anda suka, tetapi jangan lupa untuk lebih sering menggunakan acuan lingkar perut ini. Sangat jauh-jauh lebih penting cara menghitung berat badan tanpa timbangan mengurangi lemak tubuh ketimbang mengurangi berat badan. Sekedar mengurangi berat badan juga membuat resiko penurunan kesehatan yang tidak sedikit. Tapi, penurunan lemak, akan sangat menunjukkan peningkatan kualitas kesehatan dan penampilan! Mau tambah keren bukan?

 

 

 

Tanpa olah raga yang baik dan melakukan pola makan segar akan sangat sulit mencapai ukuran lingkar perut antara 42 hingga 45% dari tinggi Anda. Banyak mereka yang “kurang makan” justru perutnya besar bukan?

 

 

 

Nah,

 

selamat makin sehat, segar, bugar dan bertambah keren!

 

 

 

=================

 

1) Dari 40 penelitian terhadap 250,152 pasien yang dilakukan selama 3·8 tahun, penderita dengan  BMI yang rendah (misalnya, <20) mengalami peningkatan resiko relative risk (RR) atas total kematian (RR=1·37 [95% CI 1·32—1·43), dan kematian akibat penyakit kardiovaskular (1·45 [1·16—1·81]), berat badan berlebihan(BMI 25—29.9) memiliku resiko paling rendah terhaap total kematian (0·87 [0·81—0·94]) dan kematian akibat penyakit kardiovaskular (0·88 [0·75—1·02])dibandingkan dengan mereka yang memiliki BMI normal. Penderita yang obesitas (BMI 30—35)  tidak menunjukkan peningkatan resiko kematian total (0·93 [0·85—1·03]) atau kematian akbiat penyakit kardiovaskular (0·97 [0·82—1·15]). Pasien yang sangat gemuk (≥35) tidak menunjukkan peningkatan total kematian yang lebih tinggi (1·10 [0·87—1·41]) tetapi mereka adalah yang memiliki resiko paling tinggi atas kematian akibat penyakit kardiovaskular (1·88 [1·05—3·34]).

 

Abel Romero-Corral et al.,”Association of bodyweight with total mortality and with cardiovascular events in coronary artery disease: a systematic review of cohort studies”, The Lancet volume 368, issue 9536: 666-678, 19 Agustus 2006.

 

2) Harald J. Schneider et al., “The Predictive Value of Different Measures of Obesity for Incident Cardiovascular Events and Mortality”, The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism: 95 (4): 1777, April 2010.

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


 

 

 

 

 

Ini Cara Olla Ramlan Ukur Berat Badan Tanpa Pakai Timbangan

Selasa, 16 April 2013 20:43 WIB

Ini Cara Olla Ramlan cara menghitung berat badan tanpa timbangan Ukur Berat Badan Tanpa Pakai Timbangan

/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO

Olla Ramlan

 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Willem Jonata

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Olla Ramlan pantang berhadapan dengan timbangan. Ia pun tidak pernah punya keinginan untuk mengetahui berat badannya.

Rupanya, ia punya kekhawatiran berat badannya melonjak.

“Aku sampai menangis disuruh timbang oleh suamiku. Semua cewek khawatir timbangannya naik,” ucapnya, Selasa, (16/4/2013), tatkala ditemui di Grand Indonesia, Jakarta Pusat.

Untuk mengetahui berat badannya naik atau tidak, wanita kelahiran Banjarmasin, 15 Februari 1980 itu, hanya berpatokan pada ukuran celananya. “Pokoknya ukuran celananya 24 atau 25. Di atas itu, berarti berat badan lagi naik,” terang ibu anak satu tersebut.

Kalau berat badannya naik, Olla sudah punya cara untuk menurunkannya kembali. Tetapi, ia paling tidak suka melakukan program diet seperti wanita pada umumnya. Ia lebih suka mengatur pola makannya dan berolahraga.

“Saya enggak suka diet. Life ballance, makan sehat saja dan berolahraga,” ucapnya.

Kebetulan, ia punya fasilitas olahraga di kediaman mertuanya. Ada kolam renang, sepeda, dan peralatan gym yang menunjangnya berkeringat.

Tags Olla Ramlan

Baca Juga

Olla Ramlan Bilang Ada Saatnya Nanti Berhijab

Ini Doa Olla Ramlan saat Umroh Nanti

Olla Ramlan dan Suaminya Merapat ke Hanura

Syuting Film Action, Olla Ramlan Tunda Hamil

Penulis: Willem Jonata

Editor: Agung Budi Santoso

Ikuti kami di    

Video Pilihan: Ini Kemunculan Perdana Pilot Citilink Mabuk Usai Tes Narkoba, Mengumpat Kata-kata Kasar

JANGAN LEWATKAN

 Rela Putus Sekolah Demi Pengobatan Ibunda, Anak Yana Zein: Mami Jangan Putus Asa

Rela Putus Sekolah Demi Pengobatan Ibunda, Anak Yana Zein: Mami…

 Terpaksa Putus Sekolah, Anak Yana Zein: Sedih Tapi Aku Mengerti Keadaan Mamih

Terpaksa Putus Sekolah, Anak Yana Zein: Sedih Tapi Aku Mengerti…

 Anak Marshanda Ungkapkan Hal yang Bikin Ibunya Terkaget-kaget

Anak Marshanda Ungkapkan Hal yang Bikin Ibunya Terkaget-kaget

 Jual Buku dan Koran Buat Beli Obat Ibunda, Anak Yana Zein: Aku Sedih Cuma Bisa Bantu Itu Doang

Jual Buku dan Koran Buat Beli Obat Ibunda, Anak Yana Zein: Aku…

 Hampir Semua Karakter Pernah Diperankan, Indra Birowo Ingin Jadi Sutradara

Hampir Semua Karakter Pernah Diperankan, Indra Birowo Ingin…

KOMENTAR

 

Cara mengukur berat badan

By Klinik80

Cara mengukur berat badan

Berat badan ideal

Menimbang dan bercermin saja tidak cukup: ada rumus yang tepat untuk mengetahui berat badan ideal Anda menurut tipe rubuh, jenis kelamin, dan usia. Secara umum, jika Anda ingin mengetahui berat badan Anda, Anda cukup naik ke atas timbangan dan segera tahu berapa kilo kenaikan atau penurunan berat badan Anda. Terkadang Anda kecewa, terkadang gembira. Sebenarnya, berat badan Anda dapat diukur dengan cara yang lebih tepat. Setiap orang mempunyai tipe tubuh yang berbeda-beda cara menghitung berat badan tanpa timbangan dan berat badan kita tidak selalu mencerminkan apakah kita kelebihan beberapa kilogram atau apakah tubuh kita sehat. Ada sejumlah cara untuk mengukur secara tepat apakah berat badan Anda sehat, menggunakan metode-metode yang telah diterima oleh organisasi-organisasi kesehatan internasional.

 

Cara menurunkan berat badan

 

Cara mengukur

Indeks Massa Tubuh

Indeks Massa Tubuh atau IMT saat ini merupakan alat yang paling umum digunakan untuk mengukur obesitas. Untuk menghitung IMT, langkah pertama adalah menimbang berat badan Anda (tanpa sepatu dan hanya mengenakan baju yang tipis). Kemudian, ukur ringgi badan Anda. Pastikan bahwa Anda benar-benar berdiri regak. Berdirilah dengan kepala, bokong, dan tumit menempel di dinding. Jika hal ini tidak mungkin dilakukan karena lemak yang sangat berlebih, cukup berdiri tegak dengan kedua lengan di samping tubuh. Pandangan lurus ke depan, kepala tetap lurus dan tegak. (Anda mungkin terkejut karena mengira bahwa Anda lebih tinggi. Tinggi badan dapat berubah seiring dengan usia, jika tulang belakang mulai menyusut. Postur yang buruk, gaya hidup sedentari, dan kurangnya peregangan dapat menyebabkan terjadinya hal ini.) IMT mengukur berat badan Anda relatif terhadap tinggi badan. Rentang ideal adalah 8,5-24,9. Seseorang dengan IMT antara 25 dan 30 dikatakan kelebihan berat badan dan IMT lebih dari 30 mengindikasikan obesitas.

 

Kalkulator Body Mass Index (BMI)

 

Mengukur pinggang Anda

Cara lain untuk mengetahui apakah Anda berisiko kelebihan berat badan adalah dengan mengukur pinggang. Anda harus mengukur pinggang Anda secara tepat. Menurut WHO (World Health Organization), lingkar pinggang orang yang sehat maksimal 80 cm untuk perempuan dan 94 cm untuk laki-laki. cara menghitung berat badan tanpa timbangan Lebih dari itu berarti lampu merah yang menunjukkan bahwa Anda kelebihan berat badan. Lingkar pinggang lebih dari 88 cm untuk perempuan dan 102 cm untuk laki-laki adalah tanda bahwa Anda berada dalam risiko yang serius karena ada peningkatan timbunan lemak di sekitar organ pencernaan Anda di daerah perut. Kelebihan berat tipe ini dapat sangat berisiko terhadap kesehatan.

 

Indeks Manfaat Negatif Makanan Tidak Sehat & Digoreng

 

Persentase lemak tubuh

Persentase lemak tubuh diperoleh dengan grafik Deurenberg dan membutuhkan beberapa perhitungan. Biasanya, dokter spesialis atau ahli gizi dapat melakukan pengukuran ini. Hasil pengukuran berupa persentase yang menyatakan apakah Anda kelebihan berat badan

 

About these ads

 

 

Related

Menurunkan berat badan

In “Tips Kesehatan”

Hipertermia

In “Tips Kesehatan”

Mengatasi perut kembung tanpa obat

In “Tips Kesehatan”

Tags: Berat badan

 

This entry was posted on November 25, 2011 at 6:00 am and is filed under Tips Kesehatan.          You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

 

One Response to “Cara mengukur berat badan”

nizar Says:             

April 8, 2013 at 6:48 pm | Reply

bagaimana jika wanita dengan lingkar pinggang kurang dari 80cm, apakah termasuk kurus??

 

Leave a Reply

 

 

Enter your comment here…

Blog at Wo cara menghitung berat badan tanpa timbangan

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.