cara menghitung berat badan ideal wanita

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Cara Menghitung Berat Badan Ideal cara menghitung berat badan ideal wanita Wanita dan Pria Secara Manual

Diet, Kesehatan

FacebookTwitterGoogle+

Previous 1 2

Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus BMI

Setelah membahas penghitungan berat badan dengan rumus Broca kita kini akan membahas dengan cara BMI yang dianggap lebih baik meskipun dari kedua penghitungan tersebut memiliki kekurangannya masing-masing. Dalam BMI, berat badan ideal berada dalam rentang jarak tertentu, ini tentunya akan lebih mengakomodir berbagai berbagai bentuk tubuh yang berbeda-beda. cara menghitung berat badan ideal wanita Jika sebelumnya pada penghitungan Broca tidak cocok digunakan pada wanita yang bertubuh pendek dan pria bertubuh tinggi, rumus BMI ini pada orang (pria-wanita) yang bertubuh tinggi akan memiliki nilai BMI yang selalu tinggi. Yang disebut bertubuh tinggi disini adalah bertubuh tinggi bagi orang barat, sehingga ini cocok digunakan di Indonesia.

 

Index BMI (berdasar WHO)

– Berat badan terlalu kurang BMI 15,0 hingga 16,0 Berat badan kurang BMI 16,0 hingga 18,5 Berat badan normal BMI 18,5 hingga 25,0 Berat badan berlebih BMI 25,0 hingga 30,0 Obesitas lv 1 BMI 30,0 hingga 35,0 Penghitungan BMI = berat badan / (tinggi badan x tinggi badan) Berat badan dalam kg, sedangkan tinggi badan dalam meter cara menghitung berat badan ideal wanita Di atas adalah penghitungan BMI, masukkan berat badan dan tinggi badan Anda ke dalam rumus, kemudian cocokkan hasilnya dengan index BMI. Index BMI ada bermacam-macam, banyak lembaga riset yang memiliki index BMI tersendiri, Jepang, Hongkong, Singapura memiliki skala index BMI tersendiri. Karena Indonesia belum ada index BMI tersendiri, maka disini digunakan index BMI dari WHO yang berskala universal, di index WHO ini tidak dibedakan antara pria dan wanita.

 

Berikut adalah contoh penghitungan dengan index BMI. Berat badan 50 kg dan tinggi badan 1,5 meter = 50/(1,5 x 1,5) = 22,222 termasuk berat badan normal. Berat badan 60 kg dan tinggi badan 1,6 meter BMI = 23,4375 juga termasuk berat badan normal. Index BMI dihitung berdasar pertimbangan kesehatan, bukan pertimbangan penampilan, jadi jika Anda memiliki BMI 24,0 maka itu dianggap berat badan yang sehat, kemudian jika Anda ingin diet dan menurunkan BMI hingga 20,0 atau kurang (selama masih di atas 18,5) maka hal itu masih wajar dan sehat.

 

Tips Mendapatkan Berat Badan Ideal Wanita dan Pria

Setelah membaca cara menghitung berat badan ideal wanita ataupun pria di atas, mungkin Anda ingin menyesuaikan berat tubuh Anda. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah supaya melakukannya dengan sehat. Jika mungkin lakukanlah dengan tidak terburu-buru. Untuk cara menghitung berat badan ideal wanita mendapatkan berat badan ideal Anda bisa melakukan diet untuk menurunkan berat badan atau bagi yang memiliki berat badan kurang bisa mencoba dengan berbagai cara untuk menaikkan berat badan.

 

Kita akan membahas sedikit tips tentang diet menurunkan berat badan. Hal pertama untuk menurunkan berat badan adalah dengan menghindari makanan berlemak, terutama junk food atau makanan cepat saji. Makanan ini sangat mudah membuat tubuh menjadi melar, selain itu kolesterol jahatnya sangat tidak menyehatkan. Makanan ini hanya mengenyangkan namun sedikit sekali nutrisinya.

 

Mengonsumsi makanan sehat akan membantu menurunkan berat badan, banyak konsumsi buah dan sayuran, ini akan membantu mengurangi lemak-lemak di dalam tubuh. Jangan lupa juga untuk berolah-raga, cukup efektif membakar kalori dalam tubuh sehingga akan lebih cepat mendapatkan berat badan ideal Anda.

 

Demikian artikel ini membahas tentang cara menghitung berat badan ideal wanita ataupun pria. Untuk mendapatkan penampilan yang menarik tidak perlu mengorbankan kesehatan, ada banyak cara diet sehat yang bisa Anda coba. Semoga artikel ini dapat memberi manfaat. Terima kasih.

 

Cara Menghitung Berat cara menghitung berat badan ideal wanita Badan Ideal Wanita dan Pria

 

 

Cara Menghitung Berat Badan Ideal sangat penting untuk di ketahui agar anda bisa mengontrol berat badan anda sendiri di rumah. Memiliki berat badan ideal sudah menjadi impian setiap wanita dan pria disamping sebagai penunjang penampilan agar tampil lebih maksimal serta dapat terhindar dari berbagai faktor penyakit. Memiliki berat badan berlebih atau obesitas sangat buruk bagi kesehatan anda. Mungkin saja sekarang belum merasakan dampaknya namun seiring bertambahnya usia cara menghitung berat badan ideal wanita  obesitas akan mulai menampakan berbagai masalah. Sudah banyak ahli kesehatan dan dokter memberikan saranya untuk menjauhi yang namanya obesitas. Kenapa demikian? Karena dapat meningkatkan resiko berbagai penyakit organ mengerikan seperti serangan jantung, hipertensi, diabetes dan masih banyak lagi yang tidak mungkin saya sebutkan satu-persatu.

 

cara mudah menghitung berat badan ideal

 

Mungkin sekarang anda bertanya bagaimana cara mengetahui berat badan ideal kita? Sebenarnya cara mengetahui berat badan anda ideal atau tidak itu sederhana dan setiap orang tentu berbeda-beda hal ini dipengaruhi oleh jenis kelamin, usia dan tinggi badan orang itu sendiri. Berbagai upaya banyak ditempuh semua orang baik pria dan wanita untuk mendapatkan berat badan terbaiknya. Bagi mereka yang kurus harus memperbanyak makan-makanan bergizi dan bagi mereka yang obesitas harus rela menjalani diet yang begitu menyiksa namun semua itu terbayarkan ketika berat badan anda sudah mencapai apa yang selama ini anda impikan.

 

Alasan Pria dan Wanita Mendambakan Berat Badan Ideal

 

Ada berbagai macam alasan kenapa seseorang ingin memiliki berat badan ideal berikut rangkumanya berdasarkan penelitian insomniaku.co

 

Untuk memperindah penampilan

Mencari pasangan atau pacar

Karena alasan kesehatan

Tuntutan pekerjaan, contohnya : Model

Meningkatkan kepercayaan diri

Ingin dipuji cara menghitung berat badan ideal wanita oleh orang lain.

 

Dari 6 alasan diatas manakah yang sering anda temui atau mungkin anda pernah memiliki alasan tersebut setidaknya satu kali. Jika anda ingin menambahkan silahkan tulis dikomentar dan saya akan menambahkanya di artikel ini serta menuliskan nama anda sebagai wujud apresiasi cara menghitung berat badan ideal wanita saya terhadap kemauan anda. Setelah kita membahas alasan seseorang ingin memiliki berat badan yang ideal kini saatnya saya akan mengajak anda untuk praktek cara menghitung berat badan ideal sesuai tinggi badan.

 

2 Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita dan Pria

 

Ada 2 cara untuk mengukur apakah berat badan anda ideal atau tidak. Simak uraian berikut.

 

1) Kurangi tinggi badan anda dengan nilai 110.

RUMUS :

BDI = TB – 110

TB adalah tinggi badan anda. jadi misalnya begini, perhatikan ilustrasi penghitungan berat badan ideal berikut ini:

 

Setelah anda menghitung tinggi badan anda saat ini, misalkan Anda ternyata memiliki tinggi badan 163 cm. Maka berdasarkan rumus di atas, berat badan ideal anda ialah 163 – 110 = 53 kg. Jadi berat badan ideal anda adalah 53KG.

 

Bagaimana apakah sangat mudah dan tidak seribet yang anda pikirkan bukan? Lalu apakah berat badan saya ideal?

 

 

 

Untuk mengetahui apakah berat badan anda ideal atau tidak, anda perlu mengukur berat badan seperti biasanya. Sebagai contoh, dengan tinggi 163 cm, ternyata anda memiliki berat badan 63 kg. Itu artinya anda memiliki kelebihan berat badan sekitar 10 kg. Dan itu artinya kurang ideal! Begitu juga jika ternyata berat badan anda hanya 43 kg.

 

 

Simpulannya adalah, jika ternyata berat badan anda lebih dari 10 kg atau kurang dari 10 kg dari hasil penghitungan di atas, maka sudah bisa disimpulkan bahwa berat badan anda tidak ideal.

 

2) Menghitung index tubuh. Cara ini sedikit ribet dari yang pertama tadi, simak caranya berikut ini.

 

RUMUS :

BDI = BB : KTB

 

Keterangan :

BDI = Berat Badan Ideal

BB = Berat Badan

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


KTB = Kuadrat Tinggi Badan dengan satuan meter

 

Perhatikan Ilustrasi berikut ini:

Misalnya bang Ocit mempunyai berat badan 50 kg dan tinggi badannya anda adalah 165 cm, maka berat badan ideal bang Ocit seharusnya adalah:

 

Rumus: BDI = BB : KTB

BDI = 50kg : 165 cm <== ingat yang ini harus  dijadikan ke meter dahulu.

BDI = 50kg : 1,65 m <== setelah dijadikan meter lalu dikuadratkan.

BDI = 50kg : 2,7225 m

BDI = 18,36

 

Berikut adalah patokan hasil hitungan berat badan ideal di atas.

< 17 = sangat kurus

17 – 18 = kurus

18,1 – 21 = berat badan normal

21,1 – 26 = gemuk

26,1 – 30 = sangat gemuk

> 30 = obesitas (WARNING!!!!)

 

Bagaimana? Cara menghitung berat badan ideal wanita ataupun pria di atas cukup mudah, kan? Jika anda sedikit mengalami kesusahan saat menghitungnya silahkan tulis dikolom komentar nanti saya akan mencoba ikut membantu. Oh iya berdasarkan hasil yang telah saya hitung tadi termasuk dalam kategori manakah berat badan bang Ocit?

 

Alternatif lain menghitung berat badan lainnya bisa menggunakan kalkulator penghitung berat badan ideal dari nhs.co.uk berikut ini:

 

 

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Sesuai Tinggi

 

 

Menghitung Berat Badan Ideal Online – Berat badan ideal pastilah menjadi dambaan setiap orang baik itu pria maupun wanita. Memiliki berat ideal akan meningkatkan rasa percaya diri dalam aktiftas sehari-hari maupun dalam rutinitas pekerjaan. Banyak juga yang bertanya-tanya dalam hati cara menghitung berat badan ideal wanita mereka apakah berat badan mereka sudah ideal atau belum?. Mengetahui berat badan ideal tidak bisa hanya mengacu pada berat hasil timbangan saja. Menurut badan kesehatan dunia ada standar berat badan sehingga seseorang bisa dikatakan telah memiliki berat yang ideal.

 

Perlu juga diketahui untuk menentukan berat badan tersebut ada rumus yang bisa digunakan. Misalnya rumus yang sering dijadikan acuan yaitu rumus BMI (body mess index) dan Brocha. Kedua rumus tersebut sudah sangat umum dijadikan alat hitung badan ideal.

 

Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus

 

Jika saat ini anda termasuk salah seorang sedang gelisah memikirkan berat badan anda saat ini sudah masuk kategori ideal atau belum? maka bisa mencoba menghitung menggunakan kedua jenis rumus yang kita sebutkan tadi. Cara hitungnya tidak terlalu sulit, bahkan bisa dilakukan sendiri. Baiklah mari kita bahas bagaimana cara menghitung berat badan anda dengan rumus-rumus tersebut.

 

Cara menghitung berat badan ideal

img – wikipedia

Cara Menenghitung Berat  Badan Ideal dengan Rumus BMI

 

Rumus BMI (Body Mess Index) atau biasa juga disebut IMT (Indek Massa Tubuh) sering kali di jadiak acuan untuk mengetahui berat badan seseorang. Rumus ini memadukan perhitungan antara tinggi dan berat badan seseorang. Sehingga hasilnya akan menjadi berat badan ideal orang tersebut. Berukut ini rumusnya:

 

Berat Badan Ideal  = Berat Badan (Kg) : (Tinggi badan x Tinggi badan)

Sebagai Contoh:  Berat badan anda 50 kg : (1,68 m x 1,68 m) = 45 : 2,82 = 17,0 adalah Nilai BMI anda.

 

Jika tidak mau repot maka bisa menggunakan kalkulator BMI online dibawah ini:

 

NB: * Masukan tinggi dan berat badan anda pada kolom dibawah

* Kalkulator BMI ini tidak berfungsi dengan baik jika anda membuka dengan UC Browser atau Opera Mini

 

Kalkulator BMI Online

 

TINGGI BADAN:               

 Cm

BERAT BADAN: 

 Kg

Hitung BMI

RESULT HERE :  

0

 

Hasil dari rumus perhitungan BMI telah memiliki kriteria/kategori dari badan kesehatan dunia (WHO) dan mereka telah menetapkan kriteria tersebut. Berikut ini nilai yang ditetapkan:

 

 

 

Standar BMI Untuk Wanita

 

Nilai BMI              Kategori

BMI < 18              Under Weight/Kurus – Sebaiknya mulai menambah berat badan dan mengkonsumsi makanan berkarbohidrat di imbangi dengan olah raga

BMI 18 – 25         Normal Weight/Normal – Bagus, berat badan anda termasuk kategori ideal

BMI 25 – 27         Over Weight/Kegemukan – anda sudah masuk kategori gemuk. sebaiknya hindari makanan berlemak dan mulailah meningkatkan olahraga seminggu minimal 2 kali

BMI > 27              Obesitas – Sebaiknya segera membuat program menurunkan berat badan karena anda termasuk kategori obesitas/ terlalu gemuk dan tidak baik bagi kesehatan

Standar BMI Untuk Pria

 

Nilai BMI              Kategori

BMI < 17              Under Weight/Kurus – Tambah konsumsi makanan berkalori

BMI 17 – 23         Normal Weight/Normal – Selamat berat badan anda termasuk ideal

BMI 23 – 27         Over Weight/Kegemukan – Harus waspada

BMI > 27              Obesitas – Warning, sebaiknya memulai program menurunan berat badan agar lebih ideal.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus Brocha

 

Seperti telah kita singgung di atas, selain BMI rumus Brocha juga sering dijadikan acuan dalam cara menghitung berat badan ideal wanita menentukan berat badan ideal seseorang.  Berikut dibawah ini akan kita ulas cara menggunakan rumus brocha untuk berat badan ideal anda.

 

Rumus Brocha untuk menghitung berat badan ideal wanita

 

Berat wanita ideal = (Tinggi badan – 100) – (15% x (Tinggi badan – 100))

 

Contoh kalkulasinya pada wanita yang memiliki tinggi badan 167 cm, berapakah berat idealnya:

 

(167 – 100) – (15% x Tinggi badan – 100) = 67 – (15% x 67) = 67 – 10,5 =  56.5 Kg

 

Maka berat badan ideal wanita dengan tinggi 167 cm adalah 56,5 kg

 

NB: Prosentase 15% bisa diubah jadi 10% dengan syarat jika wanita tersemut merasa sangat sehat dan sangat bugar.

Rumus Brocha untuk menghitung berat badan ideal pria

 

Berat pria ideal = (Tinggi badan – 100) – (10% x (Tinggi badan – 100))

 

Contoh kalkulasinya jika diterapkan pada pria dengan tinggi badan 175 cm, berapakah berat idealnya:

 

(175 – 100) – (10% x (Tinggi badan – 100)) = 75 – (10% x 75) = 75 – 7,5 = 67.5 Kg

 

Maka berat badan ideal pria tersebut menurut rumus brocha adalah 67.5 kg

 

 

Kedua rumus di atas bisa anda jadikan acuan sebagai cara menghitung berat badan ideal anda. Pentingnya mengetahui berat ideal tersebut tidak lain adalah untuk menjaga kesehatan anda. Karena seperti kita ketahui jika berat badan berlebihan itu tdaik baik buat kesehatan demikian juga sebaliknya bagi yang kurang. Semoga informasi ini bermanfaat. cara menghitung berat badan ideal wanita

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.