cara mengetahui badan ideal

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


HUBUNGAN ANTARA cara mengetahui badan ideal INDEKS MASSA TUBUH DAN GEJALA MENOPAUSE IBU-IBU

 

DI DUSUN DUKUH, GUWOSARI, PAJANGAN, BANTUL

 

 

Penulis 1 : NAFITA RAHMAWATI (10603141003)

Penulis 2 : Suryanto, M.Kes.

Abstrak

Kebenaran  tentang  wanita  dengan  berat  badan  lebih  memiliki  lebih  sedikit  keluhan

 

 

 

vasomotor belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan indeks cara mengetahui badan ideal massa tubuh dan gejala  menopause ibu-ibu di Dusun Dukuh, Guwosari, Pajangan, Bantul. Penelitian menggunakan pendekatan cross  sectional. Subjek penelitian ibu-ibu usia 45-55 tahun di Dusun Dukuh sebanyak 70 orang. Instrumen penelitian  IMT dengan mengukur langsung menggunakan timbangan berat badan jenis bathroom scale merek CAMRY  BR9015B dan stadiometer. Hasil

 

pengukuran dihitung menggunakan rumus IMT (kg/m2) dan dicocokkan dengan tabel kriteria IMT berdasarkan   standar   Asia   Pasifik.   Instrumen   penelitian   gejala   menopause   menggunakan Menopause Rating Scale (MRS) dari The Berlin Center for Epidemiology and Health Research. cara mengetahui badan ideal Hasil penelitian menunjukkan                                                     tidak ada hubungan  yang kuat antara indeks massa tubuh dan gejala menopause. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai r hitung (0,009) < t tabel (0,235). Diduga bahwa  adanya  faktor  lain  yang  lebih  memengaruhi  gejala  menopause,  seperti  kesehatan  dan kebugaran,  gaya  hidup,  stres,  hormon,  dll,  sehingga  menyebabkan  indeks  massa  tubuh  tidak berpengaruh pada gejala menopause dalam penelitian ini.

 

 

 

Kata Kunci

indeks massa tubuh dan gejala menopause

 

Abstract

The truth about womens with more weight have fewer vasomotor complaints is unknown. This study aims to  determine the relationship of body mass index with menopause symptoms womens in Dukuh,  Guwosari,  Pajangan,  Bantul.  The  study  used  a  cross-sectional  approach.  Research subjects womens aged 45-55 years in Dukuh many as 70 peoples. BMI research instruments to measure directly using weight scales types BR9015B  CAMRY bathroom scale and stadiometer brand. cara mengetahui badan ideal The measurement result is calculated using the formula BMI  (kg/m2) and BMI matched with criteria based on standard tables Asia Pacific. Research instruments symptoms of menopause using  Menopause  Rating  Scale  (MRS)  of  the  Berlin  Center  for  Epidemiology  and  Health Research. The results showed no strong relationship between body mass index and symptoms of menopause. From the calculation, the value of r count (0,009) <t table (0.235). suspected that the presence of other factors that further influence menopause syptoms, such as health and fitness,

 

lifestyle, stress, hormones, etc, thus causing the body mass index had no effect on menopause symptoms in this study.

 

Keyword

 

Hitung Berat Badan Ideal Dengan Kalkulator BMI

Yanti Ali Simon  8/14/2016  Health  0

 

 

INVHO.com – Siapa yang tidak ingin memiliki berat badan ideal? Jika bertanya seperti ini, pasti setiap orang pasti ingin memilikinya, baik itu wanita maupun pria. Mengapa demikian? karena dengan berat badan ideal seseorang akan memiliki tingkat percaya diri jika dibandingkan dengan orang yang memiliki tubuh yang kurus atau gemuk.

 

Berat Badan Ideal

source image espin.tk

Sekarang adalah masa dimana setiap orang hampir tidak lepas dari lifestyle. Gaya hidup seseorang semakin maju terkhusus dibidang olahraga. Hampir disetiap Kota di Negara kita ini ada aktifitas olahraga seperti jogging bersama di Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD). Dan jogging ini merupakan salah satu jalan untuk memperoleh berat badan ideal. cara mengetahui badan ideal Nah, karena betapa pentingnya memiliki berat badan ideal, maka kita harus tahu cara menghitungnya. Rumus BMI (Body Mess Index) atau disebut juga IMT (Indek Massa Tubuh) adalah merupakan salah satu cara untuk mengetahui berat badan ideal. Rumus ini memadukan perhitungan antara tinggi dan berat badan. Rumusnya seperti berikut:

 

 

Berat Badan Ideal  = Berat Badan (Kg) : (Tinggi badan x Tinggi badan)

Namun Anda tidak perlu ribet untuk menghitungnya, berikut INVHO.com sediakan kalkulator BMI secara online, Tinggal masukkan Tinggi Badan (Height) dan Berat Badan (Weight) kemudian akan muncul hasilnya.

 

BMI Kalkulator Online

 

Tinggi Badan (Height) :  

 cm

Berat Badan (Weight) : 

 kg

Hasil BMI :

 

Keterangan:

Severely cara mengetahui badan ideal underweight

: < 16.5

Underweight                     : 16.5 – 18.5

Normal weight                  : 18.5 – 25

Overweight                        : 25 – 30

Obese Class I                     : 30 – 35

Obese Class II                    : 35 – 40

Obese Class III                   : > 40

 

Nah, saat ini pasti sudah tahu berapa seharusnya berat badan ideal Anda. Pesan penutup, memiliki berat badan ideal berarti peduli terhadap kesehatan, namun tidak bisa dipungkiri bahwa dengan memiliki berat badan ideal, seseorang tidak akan terkena sebuah penyakit, jadi tetap jaga kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat. cara mengetahui badan ideal Formula untuk menghitung berat badan yang dikenal dengan BMI (Body Mass Index) dinilai cacat oleh profesor matematika di Oxford University. Rumusan Indeks Massa Tubuh itu malah membuat orang berpikir dirinya lebih gemuk atau lebih kurus sehingga tidak akurat.

 

Indeks massa tubuh memang sudah ada sejak ilmuwan Belgia, Adolphe Quetelet, menemukannya pada 1830 dan merancangnya untuk memperkirakan berat badan yang sehat.

 

Namun kini, Nick Trefethen dari Institut Matematika di Oxford University, menciptakan perhitungan baru yang katanya lebih baik dalam menghubungkan antara tinggi dan berat badan.

 

“Kita hidup di dunia tiga dimensi, namun BMI didefinisikan sebagai berat badan dibagi dengan kuadrat tinggi badan,” tulis Trefethen dalam sebuah surat kepada Economist, yang diterbitkan pada 5 Januari 2013 seperti dikutip Telegraph, Rabu (23/1/2013).

 

Menurut Trefethen, rumusan BMI saat ini tidak benar. BMI pada kisaran 18,5-24,9 dianggap normal, 25-29,9 kelebihan berat badan, dan 30 dan di atas 30 menunjukkan obesitas.

 

Ia mengusulkan formula baru untuk meluruskannya dengan rumus 1,3 X berat badan/tinggi badan pangkat 2,5 atau (1.3 x weight/height2.5).

 

Sementara rumusan BMI lama adalah berat badan dibagi tinggi badan pangkat 2 (weight/height2). Namun rumusan itu membuat orang berbadan pendek tidak bahagia dan bisa menjadi kabar baik untuk orang tinggi.

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


 

Ilustrasi untuk perhitungan kedua BMI itu adalah contoh orang yang bertinggi 160 cm dengan berat 52 Kg.

 

Dengan rumus baru perhitungannya adalah tinggi badan (160 dihitung jadi 1,6) dengan rumus baru dipangkat 2,5 hasilnya sebesar 3,238. Kemudian Berat Badan 52 Kg dibagi 3,238 hasilnya 16,059 lalu dikali 1,3 hasilnya menjadi 20,876. BMI rumus baru hasilnya 20,876.

 

Sementara BMI lama perhitungannya adalah tinggi badan (160 dihitung jadi 1,6)  dipangkat 2 hasilnya 2,56, lalu berat badan 52 dibagi 2,56 hasilnya 20,312. BMI rumus lama hasilnya 20,312.

 

Dengan hasil itu tinggal dimasukkan dalam kategori BMI yaitu:

– Indeks massa tubuh kurang dari 19 masuk kategori kurus.

– Indeks massa tubuh 19-24,9 masuk kategori ideal.

– Indeks massa tubuh 25-29,9 masuk kategori kelebihan berat badan (gemuk).

– Indeks massa tubuh 30 atau lebih (<30) masuk kategori obesitas.

 

Dengan penghitungan BMI baru, orang pendek di bawah 152 sentimeter (cm) mungkin mendapat tambahan beberapa poin, sementara orang  tinggi bisa kehilangan satu atau dua poin.

 

Pendekatan itu lebih baik dari segi realitas. Karena skalanya lebih akurat seiring dengan pertumbuhan seseorang yang meninggi.

 

Menurutnya, rumusan BMI yang saat ini digunakan diciptakan ketika kalkulator belum ada sehingga rumusan harus sangat sederhana untuk bisa digunakan. Namun, konsekuensi dari definisi ini tidak berdasar.

 

Rumusan BMI yang membagi berat badan, jumlahnya menjadi terlalu besar untuk orang-orang pendek, cara mengetahui badan ideal dan nilainya terlalu kecil untuk orang tinggi. Jutaan orang pendek berpikir kalau dirinya lebih kurus dan jutaan orang lagi berpikir dirinya gemuk.

 

“Saya percaya pendekatan yang lebih baik untuk ukuran sebenarnya dan bentuk tubuh kita akan diberikan dari eksponen 2,5”.

 

BMI memperkirakan berapa banyak lemak di dalam tubuh seseorang, tapi tidak mengukur persentase lemak tubuh yang sebenarnya. Namun itu sering digunakan dokter sebagai salah satu faktor yang menunjukkan apakah pasien perlu menurunkan berat badan.

 

“Saya menduga rumus revisi ini bisa mencerminkan lebih baik bagaimana berat orang dewasa yang sehat tergantung dari tingginya”.(Mel/Igw)

 

BMI atau Body Mass Index adalah perhitungan untuk meng-kategorikan apakah anda termasuk kategori gemuk atau kurus dengan menghitung berdasarkan rumus BMI.

 

Oke, berikut codingnya dalam bahasa Program VB6 (bagian komentar saya beri style italic)

 

Private Sub Form_Load()

‘jika ada yang salah maka program langsung beralih ke sub-fungsi salah

 

On Error GoTo salah:

‘sub-fungsi mulai

mulai:

 

‘variabel TB & BB (Blackberry..hehehe) tugasnya menampilan inputbox

‘yang berisi data tinggi + berat badan anda

TB = InputBox(“Berapakah Tinggi badan Loe???..jgn bo’ong loch!!!”)

BB = InputBox(“Berapakah Berat badan Loe???..jgn bo’ong juga loch!!!”)

 

 

‘Variabel X disuruh menyimpan hasil kali dari variabel TB

‘sebelumnya variabel TB disuruh berubah singkong eh angka

X = Val((TB) * (TB))

 

‘variabel Y disuruh menyimpan juga hasil X dibagi 10.000

Y = X / 10000

 

‘Variabel Z dipaksa jadi angka, lalu nilai variabel BB dibagi nilai variabel Y tadi

Z = Val(BB) / Y

 

‘tugas H hanya menyontek nilai variabel Z

‘dengan kata lain,nilai H disamakan dengan nilai Z

H = Z

 

‘Jika nilai H lebih kecil dari 18.5 maka

‘isi variabel KATA dengan kata-kata kurus

‘isi juga variabel P dengan kata kurang gemuk

‘akhiri logika

‘dan begitu seterusnya

If H <= 18.5 Then

KATA = “Kurus”

P = “Kurang Gemuk”

End If

 

If H >= 18.5 Then

KATA = “Normal”

P = “Sexy”

End If

If H >= 25 Then

KATA = “Gemuk”

P = “Gendut”

End If

If H >= 30 Then

KATA = “Obesitas”

P = “Gemuk Banget”

End If

 

‘menampilan pesan cara mengetahui badan ideal berisi hasil perhitungan

MsgBox “Hasil analisanya adalah ” & H & ” .Kamu termasuk kategori orang ” & KATA

 

‘membuat panggilan khusus berdasarkan kategori yang dimasukkan tadi (TB&BB)

MsgBox “So,gue panggil loe si ” & P

 

‘membuat pertanyaan apakah mau mengitung lagi apa tidak

‘jika ya maka kembali lagi ke awal

‘jika tidak,program akan “bunuh diri”…^_^

A = MsgBox(“Mau menghitung lagi??”, vbYesNo, “Tanya”)

If A = vbYes Then

GoTo mulai

Else

End

End If

 

‘sub-fungsi salah (temennya On error goto salah)

‘jika ada kesalahan hanya menampilan pesan

‘lalu balik lagi ke fungsi/kode mulai

‘cara amatiran…hehehe ^_^

salah:

MsgBox “Upsss…ada yang salah..ulang lagi ya”

GoTo mulai

End Sub

 

Catatan : perhitungan BMI yang saya buat,berlaku umum,jadi tidak membedakan gender (pria atau wanita),maaf ya atas kekurangan ini.. =)

 

Artikel ini dibuat oleh Yudha Tri Putra,segala macam bentuk pengcopyan atau menyalin sebagian atau seluruh halaman ini,dapat dikenakan sanksi dan melanggar Hak Cipta Yudha Tri Putra sebagai Blogger cara mengetahui badan ideal

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.