cara mencari imt

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Normalkah cara mencari imt berat badan saya?

 

 

 

Mungkin pertanyaan itu sering terlintas di benak kita saat melihat pantulan diri di cermin. Ketakutan akan kelebihan berat badan sering menghantui terutama bagi para wanita. cara mencari imt Salah satu indikator yang biasa dipakai untuk mengukur kategori berat badan seseorang adalah Indeks Massa Tubuh atau yang singkat dengan IMT. Bagaimana cara menghitung IMT? Caranya adalah dengan : berat badan (kilo gram) dibagi dengan kuadrat tinggi badan (meter).

 

Rumus IMT = Berat Badan : Tinggi Badan2 Ingat, satuan berat badan yang digunakan adalah kilogram (kg) dan satuan tinggi badan adalah meter (m) Lalu, setelah kita mendapatkan IMT, cocokkan hasilnya dengan kategori yang ada. Untuk orang  Asia dewasa, kategori IMT adalah sebagai berikut : RUMUS SEDERHANA PENGUKUR STATUS GIZI

ARTICLE, HEALTH & NUTRITION

Memiliki status gizi yang baik tentunya dapat memberikan banyak manfaat baik untuk diri sendiri maupun perusahaan tempat Anda bekerja, seperti terhindar dari penyakit dan memiliki kualitas yang baik dalam bekerja. Tidak hanya pekerja, atlet dengan status gizi yang baik juga cara mencari imt akan lebih berprestasi. Untuk itu, mengetahui status gizi menjadi hal penting untuk dilakukan. Status gizi seseorang dapat diketahui dengan menggunakan rumus sederhana yaitu Indeks Massa Tubuh (IMT). Berikut ini penjelasannya:

IMT

IMT merupakan rasio berat badan (Kg) dan tinggi badan (m2) seseorang. Indikator ini digunakan pada orang dewasa > 18 tahun untuk melihat apakah orang tersebut memiliki kekurangan atau kelebihan berat badan. Secara tidak langsung IMT merupakan indikator kelebihan berat badan yang menggambarkan kadar lemak tubuh total. Penelitian menunjukkan bahwa IMT merupakan determinan terjadinya Penyakit Jantung Koroner (PJK). Individu dengan status gizi overweight memiliki cara mencari imt risiko yang lebih besar terkena PJK dibandingkan dengan individu dengan status gizi underweight. Tingginya IMT juga berkaitan dengan kejadian hipertensi pada pria dan wanita. Individu dengan IMT tinggi (overweight maupun obesitas) diduga mengalamai peningkatan volume plasma dan curah jantung yang akan meningkatkan tekanan darah.

Mungkin beberapa orang yang membaca paragraf di atas akan berpikir untuk memiliki status gizi underweight agar tidak mengalami PJK. Faktanya penelitian lain menunjukkan bahwa individu dengan status gizi underweight berisiko mengalami Kekurangan Energi Kronis (KEK) yang umumnya dialami oleh kaum wanita. Individu dengan KEK memiliki risiko melahirkan bayi dengan berat badan yang kurang. Bayi dengan berat badan kurang akan mengalami gangguan pada tumbuh kembangnya. Dengan demikian underweight bukan lebih baik daripada overweight, melainkan memiliki dampak yang kurang baik pada kesehatan pula. Lantas status gizi apa yang perlu dimiliki  agar tetap sehat?

Tubuh Ideal

Status gizi normal adalah jawabannya. Individu yang memiliki status gizi normal cara mencari imt memiliki risiko terkena penyakit lebih sedikit dibandingkan dengan individu underweight maupun overweight. Pada umumnya individu dengan status gizi normal memiliki berat badan yang ideal (sesuai dengan tinggi tubuhnya atau tidak kurus tidak juga gemuk) sehingga penampilan menjadi lebih menarik.  Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa IMT merupakan salah satu determinan produktivitas seseorang selain kadar hemoglobin, asupan energi, dan persentase lemak tubuh. Hal tersebut dapat dilihat dari 60,5% pegawai dengan status gizi normal memiliki produktivitas yang baik.

Bagaimana cara mengukur IMT?

Mengukur berat badan (kg) dan tinggi badan (m)

Menghitung nilai IMT menggunakan rumus

 Rumus IMT

Mengategorikan nilai IMT

Kategori IMT

Kelebihan Indeks Massa Tubuh (IMT):

Mudah digunakan / sederhana

Murah

Tidak membutuhkan cara mencari imt keahlian khusus

 

Dengan demikian, capai dan pertahankanlah status gizi normal. Artikel selanjutnya akan membahas tentang kekurangan pada IMT dan kaitannya pada performa olahraga. Semoga bermanfaat.

Writer                                   : Anisyah Citra, S.gz

Editor & proofreader         : Jansen Ongko, Msc, Rd

 

Referensi:

Idapola SSJ. 2009. Hubungan indeks massa tubuh dengan keadaan biokimia darah pada karyawan PT. Asuransi jiwa bumi asih jaya Jakarta. Depok: UI. Tersedia pada http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/126760-S-5637-Hubungan%20indeks-Abstrak.pdf cara mencari imt Mawi M. Indeks massa tubuh sebagai determinan penyakit jantung koroner pada orang dewasa berusia di atas 35 tahun. Jakarta: Trisakti. Tersedia pada http://www.univmed.org/wp-content/uploads/2011/02/MARTIM.pdf

Syam FM, Lubis Z, Siregar MA. 2013. Gambaran asupan zat gizi, dan produktivitas kerja pada pekerja pabrik kelapa sawit bagerpang estate PT. PP.Lonsum 2013. Medan. USU. Tersedia pada http://download.portalgaruda.org/article.php?article=131367&val=4108

 

Cara Mengukur Indeks Massa Tubuh ( IMT )

By Ahmad Rifai01:35No comments

Salam Hangat Dari Orang Karawang. Kang Baa.

Anda bisa dengan mudah mengetahui Berat Badan Ideal Anda dengan menggunakan Kalkulator Indeks Massa Tubuh di bawah ini.

 

Cara menggunakannya:

 

 Tentukan Tinggi Badan Anda (cm) dengan menggeser panel tinggi badan.

 Tentukan Berat Badan Anda (kg) dengan menggeser panel berat badan.

 Secara otomatis Indeks Massa Tubuh (IMT) akan diketahui.

Kemudian bandingkan IMT anda dengan Tabel Indeks Masa Tubuh.

“Ayo Belajar Menghitung Berapa Berat Badan Ideal dan Berapa Total Energi Harian”

 

 

Konseling Gizi di cara mencari imt RSUP M.Jamil Padang

(Kenangan ketika magang dulu)

Banyak yang menggunakan istilah diet untuk menguruskan berat badan. Apakah penggunaan istilah tersebut benar? Secara bahasa, diet adalah jumlah makanan yang dikonsumsi oleh seseorang atau organisme hidup tertentu lainnya. Dengan demikian, diet tidak dapat kita artikan pola cara mencari imt makanan untuk menguruskan berat badan. Oke lah, kita tidak membahas asal kata atau bagaimana diet ini dapat membuat pola pikir orang menguruskan berat badan, tapi saya akan sedikit membagikan konsep bagaimana mengatur pola makan yang baik dan benar berdasarkan ilmu gizi.

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


 

Kebutuhan akan mengkonsumsi makanan haruslah dihitung berdasarkan total berat badan dan tinggi badan ideal, aktivitas fisik, serta jenis kelamin. Dalam ilmu gizi, untuk menghitung berapa berat badan ideal berdasarkan tinggi badan, dapat menggunakan rumus Indeks Massa Tubuh (IMT). Adapun rumusannya adalah sebagai berikut :

 

IMT = Berat badan [kg] / Tinggi badan [m] x Tinggi Badan [m]

 

Kategori Berdasarkan nilai IMT

Kurus     : Kurus berat       < 17,0

                  Kurus ringan     17,0 – 18,5

Normal  : >18,5 – 25,0

Gemuk  : Gemuk ringan    25,0 – 27,0

                 Gemuk berat      > 27                 

 

Dari rumusan itu, kita dapat mengetahui apakah berat badan yang kita miliki sekarang ini sudah masuk ke dalam kategori normal atau belum, jika berada diluar kisaran normal, baru kita atur pola makannya agar berat badan kita sesuai dengan status IMT nya. Adapun cara untuk mengukur berapa berat badan ideal, dapat dihitung dengan menggunakan rumus Berat Badan Ideal (BBI) sebagai berikut :

 

BBI = (tinggi badan – 100) – [10% (tinggi badan – 100)]

 

Dari rumusan tersebut, kita dapat menghitung berapa berat badan yang harus kita capai berdasarkan tinggi badan tubuh kita. Jika kita sudah mengetahui status gizi tubuh kita, berdasarkan berat badan tadi, baru kita menghitung berapa kebutuhan kalori harian (berapa banyak makanan yang harus kita konsumsi) dengan menggunakan rumus Harrist Benedict (1919) sebagai berikut :

 

Laki- laki        :  66   +  (3,7 x Berat badan)  + (5 x Tingi badan)       – (6,8 x Umur)

Perempuan     : 655  +  (9,6 x Berat badan)  + (1,8 x Tinggi badan)  – (4,7 x Umur)

 

Data yang kita peroleh dari perhitungan di atas adalah baru angka metabolisme basal. Maksudnya adalah kebutuhan energi ketika kita tidak beraktivitas sama sekali seperti tidur. Untuk menghitung berapa energi yang harus kita peroleh dari makanan, kita harus mengalikan nilai dari rumus Harrist Benedict tadi dengan aktivitas harian kita. Berikut adalah faktor pengali aktivitas fisik harian :

 

Aktivitas

Jenis Kelamin

Laki-laki

Perempuan

Sangat ringan

Ringan

Sedang

Berat

1,30

1,65

1,76

2,10

1,30

1,55

1,70

2,00

Sebagai contoh :

seorang laki-laki, umur 25 tahun, berat badan 51 kg, tinggi badan 165 cm, pekerjaan mahasiswa

maka :

 

IMT = 51 / 1,65 x 1,65 = 18,88    [ kategori normal ]

kita dapat pula menghitung berapa seharusnya berat badan yang ideal berdasarkan tinggi badan tersebut dengan rumus BBI

BBI = (165 – 100) – [10 % (165 -100)] = 58,5

Meskipun berdasarkan kategori IMT, status gizinya normal, tapi jika kita hitung berapa berat badan idealnya, berat badannya masih dalam kategori jauh dari ideal, sehingga harus dinaikkan berat badannya mendekati atau mencapai berat 58,5 kg.

 

Berapa energi yang harus diperoleh dari makanan, dapat dihitung menggunakan rumusan harrist benedict, dan kalau ingin berat badannya naik, bisa menggunakan berat badan ideal berdasarkan perhitungan BBI, yaitu 58,5 kg.

Laki-laki = 66 + (13,7 x 58,5) + (5 x 165) – (6,8 x 25)  =  1522,45 kkal/hari

Untuk menghitung berapa asupan energi harian yang berasal dari makanan berdasarkan aktivitas fisik sebagai mahasiswa (kategori sedang), dikali dengan faktor konversi aktivitas, yaitu 1,76. Sehingga diperoleh :

Energi harian : 1522,45 x 1,76 = 2679,51 kkal/hari.

 

Berdasarkan perhitungan di atas, untuk mencapai berat badan ideal berdasarkan tinggi badan dan aktivitas fisik cara mencari imt harian, maka harus mendapatkan sumber energi sebanyak 2670,51 kkal/hari atau dibulatkan 2700 kkal/hari.

 

Setelah mengetahui berapa berat badan ideal, berapa jumlah energi yang harus kita peroleh agar berat badan tadi dapat mencapai kategori ideal, baru kita membagi total energi tadi berdasarkan berapa kali kita makan dalam sehari. Idealnya pola makan yang baik dibagi menjadi 5 kali waktu makan dalam sehari dengan perincian 3 kali makan besar dan 2 kali makan kecil, yaitu makan pagi, makan siang, makan malam, cemilan pagi (sekitar jam 10 pagi), dan cemilan sore (sekitar jam 3 sore). Jika kita lihat dari total asupan energi harian tadi, bisa kita bagi menjadi : 500 kkal saat pagi hari, 800 kkal untuk siang dan 800 kkal untuk malam, 300 kkal untuk cemilan pagi, dan 300 kkal untuk cemilan sore.

 

Oiya, perlu diingat, agar tubuh sehat, perlu pula kita menghitung berapa banyak karbohidrat, protein, dan lemak yang ideal untuk dikonsumsi berdasarkan total energi harian. Ahli gizi di Indonesia sepakat, jumlah karbohidrat harian yang dianjurkan sebesar 60-75 %, protein 10-15 %, dan lemak 10-25 %. Sehingga tubuh kita akan mencapai berat badan ideal dan lebih sehat.

 

 

 

Adapun contoh pengaturan jenis makanan apa yang cocok dan sesuai dalam 1 hari, akan dibahas pada waktu yang lain,..hehe cara mencari imt

 

 

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.