cara mencari berat badan ideal

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Bagaimana cara menghitung cara mencari berat badan ideal berat badan ideal? Saya wanita dengan tinggi 167cm.

Q: Dear Dokter, Saya perempuan dengan tinggi badan 167cm, saya ingin mengetahui berapakah berat badan yang ideal untuk saya, bagaimanakah cara menghitungnya? A: Rumus berat badan ideal adalah: Tinggi Badan (cm) – 100, untuk pria >160cm dan wanita >150cm harus dikurang lagi dengan 10%. cara mencari berat badan ideal Cara lain adalah dengan mengukur Indeks Massa Tubuh (IMT). IMT = Berat Badan (kg) dibagi dengan kuadrat Tinggi Badan (m). IMT yang normal adalah antara 18.5 – 23, Obese jika IMT >25kg/m2.

 

Share this:

 

 

Related Posts:

Kenapa saya susah menggemukkan badan? Apakah jika sering berhubungan intim menyebabkan susah gemuk? Apakah makanan untuk diet yang murah namun kenyang dan sehat? Apakah konsumsi obat peninggi badan berlebih akan berpengaruh buruk bagi kesehatan? Bagaimana cara meninggikan badan agar maksimal dan umur berapa tinggi badan dapat bertambah? Tags: Berat Badan, Berat Ideal, Diet, Diet dan Gizi, Gizi, Ideal, Menghitung, Rumus, Tinggi Badan cara mencari berat badan ideal 39 KOMENTAR UNTUK “BAGAIMANA CARA MENGHITUNG BERAT BADAN IDEAL? SAYA WANITA DENGAN TINGGI 167CM.”

 anggi fitri September 20th, 2013

dok……

saya sudah pernah mencoba untuk diet, saat saya diet saya selalu tidak bisa menahan rasa ingin menyemil. Lalu bagaimana sih caranya agar saya dapat menahan rasa menyemil atau menahan nafsu makan saya yang berlebihan.??????

 

Reply

 admin September 23rd, 2013

Selamat Pagi,

 

Terima kasih sudah mengunjungi Dokita. cara mencari berat badan ideal Maaf jawaban kami agak lama.

Untuk diet memang diperlukan kemauan dan disiplin yang ketat, jadi harus diusahakan semaksimal mungkin sambil coba usahakan hindari kontak dengan cemilan. Awalnya memang terasa kelaparan, tapi lama-lama tubuh akan terbiasa menyesuaikan dan tidak terlalu terasa lapar lagi. cara mencari berat badan ideal Jika ingin ngemil, sebaiknya ngemil makanan yang kandungan kalorinya sedikit / rendah, seperti rebusan wortel, labu siam, buncis, kacang panjang.

 

Salam Sehat Selalu,

 

Tim Dokita.

 

 

 

Banyak cara yang dilakukan orang untuk mencari berat ideal mereka, Cara yang paling umum dilakukan adalah mengurangi tinggi badan dengan 110. Jadi misalkan tinggi anda 180cm artinya berat ideal anda adalah 70kg.

 

Meskipun cara ini sangat mudah, kenyataannya cara ini dianggap kurang akurat. WHO atau badan kesehatan dunia menyarankan suatu cara menentukan berat badan ideal anda berdasarkan BMI atau Body Mass Index. Dan ini adalah panduannya:

 

Jika BMI anda <18 anda terlalu kurus

Jika BMI anda antara 18.5-22.9 anda temasuk ideal

Jika BMI anda antara 23.0-26.9 anda temasuk kelebihan berat badan

Jika BMI anda antara 27.0-35 anda temasuk kategori obesitas

Jika BMI anda antara >35 anda temasuk kategori obesitas morbid yang artinya dapat menyebabkan kematian.

 

Nah, bagaimana cara menghitung BMI anda?

Simpel, yang perlu anda

lakukan adalah membagi berat badan anda dalam kg dengan tinggi badan dalam meter yang dikwadratkan.

 

Berat badan (kg) / (tinggi badan (m) x tinggi badan (m))

Misalkan berat anda 90kg dan tinggi anda 165 cm artinya BMI anda adalah 90 / (1,65 x 1,65) = 33 artinya anda berada dalam kategori obesitas.

 

Sekarang anda bisa mencek BMI anda. Jika menurut anda cara di atas masih terlalu rumit, Anda dapat mengetahuinya dengan cepat Klik Disini Cek Berat Badan Ideal Anda.

 

Saya juga menyediakan konsultasi dan analisa komposisi tubuh GRATIS, meliputi :

 

Kadar lemak

Kadar cairan tubuh

Massa otot

Bassal Metabolic Rate

Rating fisik

Usia metabolisme sel

Massa dan kepadatan tulang

Visceral fat level (level lemak perut)

 

Dengan mengetahui komposisi tubuh yang lengkap, saya bisa membantu Anda dalam merancangkan program yang tepat dan efektif untuk Anda.

 

Demikian Cara Mengetahui Berat Badan Ideal. Baca Juga Cara Alami Hilangkan Perut Buncit

 

 

Menghitung Berat Dan Tinggi Ideal Anak

 

“Kok teman-teman sekelas anak cara mencari berat badan ideal saya lebih tinggi dari anak saya ya?”

 

Mungkin Bunda pernah bertanya seperti itu. Bunda merasa Si Buah Hati mengalami masalah dengan pertumbuhannya karena membandingkan tinggi badannya dengan teman lain di sekolah. Padahal tidak hanya tinggi badan Si Buah Hati yang harus diperhatikan, Bunda juga perlu mengecek berat cara mencari berat badan ideal badannya. Jadi, seiring bertambahnya umur, bertambah pula berat dan tinggi badan Si Buah Hati. Untuk mengetahui berat dan tinggi badan ideal Si Buah Hati, Bunda bisa melihat rumus Body Mass Indeks (BMI) berikut ini:

 

 

 

BMI = Berat Badan / (Tinggi Badan * Tinggi Badan)

 

Keterangan:

Berat badan dalam satuan kilogram

Tinggi badan dalam satuan meter

 

 

 

Jadi, coba Bunda ukur berat dan tinggi badan Si Buah Hati saat ini, kemudian gunakan perhitungan di atas. Contohnya, jika Buah Hati Bunda berjenis kelamin laki-laki, berusia 6 tahun dan memiliki tinggi badan 1,14 m serta berat badan 25 kg maka hasil yang didapat setelah menghitung BMI adalah 19,23. Setelah Bunda mendapatkan angka BMI tersebut, cocokkanlah dengan kategori yang ada di bawah ini. Bila dilihat dari contoh BMI sebelumnya, maka Si Buah Hati termasuk dalam kategori anak yang punya BMI normal.

 

Kategori BMI untuk Laki-laki

 

Nilai BMI

 

Kategori

 

< 17

 

Kurus

 

17 – 23

 

Normal

 

23 – 27

 

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Kegemukan

 

> 27

 

Obesitas

 

Kategori BMI untuk Perempuan

 

Nilai BMI

 

Kategori

 

< 18

 

Kurus

 

18 – 25

 

Normal

 

25 – 27

 

Kegemukan

 

> 27

 

Obesitas

 

 

 

Hasil BMI yang sudah didapatkan bisa menjadi referensi apakah Buah Hati Bunda sudah mempunyai tinggi dan berat badan yang normal sehingga Bunda tidak perlu khawatir lagi saat membandingkannya dengan teman-teman seusianya. Bunda, ada banyak faktor yang bisa memengaruhi pertumbuhan tinggi dan berat badan Si Buah Hati. Karena itulah, Si Buah Hati perlu Bunda berikan asupan gizi yang baik serta imbangi dengan aktivitas dan olahraga yang cukup.

 

Selalu pastikan asupan nutrisi Buah Hati Bunda guna mendukung pertumbuhan dan aktivitasnya. NESTLÉ DANCOW FortiGro yang diperkaya dengan Kalsium, Vitamin A, B1, B2, B6, B9, B12, C, D, Zat Besi, dan Zink akan membantu mendukung gizi anak.

 

Setelah melihat rumus BMI tersebut, bagaimana berat dan tinggi badan Buah Hati Bunda saat ini ?

 

Cara Mengukur Berat Badan Ideal. Bagaimana cara mengukur berat badan ideal? Pentingnya memiliki berat badan ideal adalah untuk mendapatkan kesehatan. Jadi berat badan ideal merupakan tanda bahwa seseorang itu memiliki badan yang sehat. Berat badan yang ideal akan menjauhkan seseorang dari mudahnya terkena penyakit seperti penyakit flu, darah tinggi dan berbagai penyakit lainnya.

 

[​IMG]​

 

Seperti penelitian yang telah dilakukan oleh organisasi badan kesehatan dunia (WHO), bahwa orang yang memiliki tingkat obesitas akan sangat mudah terserang penyakit. Begitu pula dengan orang yang memiliki berat badan yang kurang atau di bawah berat badan normal akan menyebabkan seseorang juga mudah terserang penyakit. Berat badan sangat mempengaruhi sistem imun tubuh manusia. Jika anda memiliki berat badan yang normal, maka anda harus bersyukur karena imun tubuh anda akan menjadi kuat, sehingga menyebabkan anda tidak mudah terserang penyakit.

 

Untuk menjaga berat badan agar menjadi ideal, tentu anda harus mengetahui apakah berat badan anda sudah ideal. Ada beberapa cara atau rumus untuk mengetahui berat badan ideal. Namun yang sangat dianjurkan menggunakan rumus yang telah di keluarkan oleh WHO, karena rumus cara mencari berat badan ideal yang telah ditetapkan oleh WHO telah diuji dengan studi dan pengambilan sampel dari berbagai negara. Pengujian dilakukan dengan mengambil data-data yang terdapat pada rumah-rumah sakit dari berbagai negara di dunia, sehingga terciptalah rumus BMI (Body Mass Index). Rumus inilah yang digunakan oleh who apakah seseorang itu memiliki berat badan yang ideal (normal), atau kurus (underweight) atau memiliki obesitas (gemuk). Pada rumus BMI ini tingkat obesitas juga dibagi menurut negara.

 

Adapun rumus untuk mengukur berat badan ideal adalah

  1. Rumus BMI

Rumus BMI atau dengan kata lain body mass index adalah rumus yang dikeluarkan oleh badan organisasi kesehatan dunia (WHO). Rumus ini menggunakan berat badan, tinggi badan dan jenis etnis dalam menentukan berat badan ideal seseorang. Etnis maksudnya disini adalah berat badan ideal antara orang asia dan orang eropa sangatlah berbeda. Jadi untuk menggunakan rumus BMI ini terdapat tabel yang digunakan untuk mengkategorikan seseorang tersebut masuk dalam kategori berat seperti apa.

 

Rumus BMI adalah sebagai berikut:

BMI = BB / (TB * TB)

 

Dimana

BMI adalah Body Mass Index (kg/m*m)

BB adalah berat badan (kg)

TB adalah Tinggi Badan (m)

 

Setelah menghitung nilai dari BMI dan mendapatkan hasilnya, Hasil dari BMI tersebut akan dikategorikan kedalam tabel BMI, jadi nantinya hasil dari perhitungan BMI ini akan mengkonversi nilai BMI menjadi beberapa kategori berat badan. Kategori inilah nantinya yang akan mengkategorikan anda memiliki berat badan ideal atau tidak. Namun jika anda orang asia maka anda dapat menggunakan tabel untuk orang asia berdasarkan IOTF (International Obesity Task Force) pada artikel cara menghitung berat badan ideal.

 

Anda juga bisa menggunakan kalkulator BMI yang akan menampilkan hasil dari perhitungan berat badan ideal. Pada kalkulator tersebut akan tampil berapa nilai BMI dari proses perhitungan berat badan dan tinggi badan serta etnis yang telah anda masukkan. Kalkulator berat badan ideal bisa anda dapatkan pada artikel yang terdapat pada sumber artikel ini yaitu tutorialvalid.com

 

  1. Rumus Brocha

Rumus Brocha merupakan salah satu rumus untuk menghitung berat badan ideal seseorang. Rumus ini ditemukan oleh Paul Broca. Paul Broca merupakan seorang dokter tentara Perancis. Paul Broca melakukan pengujian kemampuan latihan militer yang dilakukan oleh para pemuda di masanya, cara mencari berat badan ideal latihan inilah nantinya yang akan menentukan apakah seseorang memiliki kriteria berat badan normal sehingga bisa ditetapkan batas minimal berat badan ideal yang layak untuk diberikan latihan militer. Pada saat itu berat badan sangat mempengaruhi seseorang tersebut bisa atau tidaknya mengikuti latihan militer. Karena dengan berat badan yang kurang ideal akan menyulitkan seseorang untuk mengikuti latihan militer. Sehingga pada saat itu pau broca mengusulkan rumus untuk menentukan berat badan ideal dengan rumus

 

Rumus Brocha untuk wanita

Berat badan wanita yang ideal = (Tinggi badan – 100) – (15% x (Tinggi badan – 100))

 

Rumus Brocha untuk pria:

Berat badan pria yang ideal = (Tinggi badan – 100) – (10% x (Tinggi badan – 100))

 

Perbedaan rumus antara pria dan wanita hanya terdapat faktor pengali 15% untuk wanita dan 10% untuk pria. Namun saat ini rumus ini tidak lagi digunakan. Karena who melalui berbagai uji coba melalui studi literatur dan berbagai studi lainnya ditetapkanlah Rumus BMI yang sudah dipublikasikan pada tahun 1998.

 

Demikianlah artikel ini dibuat agar anda dapat menjaga berat badan ideal anda. Jika sekiranya dari perhitungan melalui kalkulator berat badan ideal, menghasilkan berat badan anda dibawah normal atau di atas normal. Anda dapat melakukan berbagai antisipasi seperti jika anda memiliki berat badan di atas normal dengan cara melakukan diet dan olahraga teratur. Jika anda memiliki berat badan dibawah normal anda dapat memakan makanan untuk menambah asupan gizi sehingga berat badan anda dapat menjadi normal cara mencari berat badan ideal

 

 

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.