cara menaikkan berat badan wanita

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Urusan berat badan merupakan cara menaikkan berat badan wanita masalah yang kerap dialami oleh banyak orang

 

 

entah itu kelebihan atau bahkan kekurangan berat badan. Yang pasti, kita memang harus menyesuaikan berat badan ideal agar badan lebih sehat dan juga terlihat proporsional. cara menaikkan berat badan wanita Nah, bagi kamu yang kekurangan berat badan, jangan kira kamu bisa bebas makan apa saja dan kapan saja, ya! Untuk menambah berat badan, sebenarnya kita juga haru memperhatikan bagaimana pola makan yang baik. Kalau tidak, salah-salah kamu justru bisa memperburuk kondisi kesehatanmu lho.

 

 

 

Jadi, gimana sih cara yang baik untuk menaikkan berat badan? Mau tahu? Yuk, simak di artikel Hipwee berikut ini!

 

  1. Jika ingin berat tubuhmu bertambah, jangan biarkan perutmu tak memproses makanan selama lebih dari 4 jam!

 

 

Makan teratur paling tidak 4 jam sekali via www.cosmopolitan.com

 

Kunci dari menaikkan berat badan adalah makan dengan waktu yang teratur. Tapi jangan kira kalau kamu sedang menaikkan berat badan itu artinya kamu bisa makan setiap saat. Yang harus kamu lakukan adalah melakukan pola makan yang sesuai dengan waktunya.

 

Jeda waktu yang kamu butuhkan adalah sekitar 3-5 jam. Usahakan makan saat cara menaikkan berat badan wanita kamu membutuhkannya dan jangan sampai kamu merasa lapar baru menyantap makanan. Karena jika kamu melewatkan waktu makan, maka badanmu akan mengambil energi dari lemak tubuh yang ada padamu. Jika kamu sedang menaikkan berat badan, tentu kamu tak mau hal ini terjadi ‘kan? Maka dari itu kuncinya adalah makan yang teratur setiap harinya.

 

  1. Ketika terbiasa mengonsumsi satu jenis makanan saja, cobalah untuk mengombinasikan beberapa jenis sekaligus dalam sekali waktu makan.

 

 

Sandwich isi banyak via www.healthyalberta.com

 

Mungkin selama ini kamu terbiasa makan dengan satu menu makanan. Telur dengan nasi atau selai buah dengan roti misalnya. Tapi, cobalah untuk mengombinasikan beberapa makanan sekaligus dalam satu waktu makan. Misalnya seperti roti putih atau roti gandum dengan selai cara menaikkan berat badan wanita kacang ditambah dengan potongan pisang. Lalu setelahnya, meminum susu skim atau susu kedelai. Begitu pula saat makan nasi, cobalah untuk memakan nasi dengan beberapa lauk atau sayuran demi bisa menambah asupan kalori pada tubuhmu.

 

  1. Alih-alih menyantap camilan yang hanya mengandung lemak, sebaiknya makan makanan sehat yang kaya akan nutrisi.

 

 

Buah kering untuk camilan cara menaikkan berat badan wanita sehatmu via www.saracademy.org

 

Makanan yang mengandung lemak, memang bisa menaikkan berat badanmu. Tapi, jika kamu mau menaikkan berat badan dengan cara yang sehat, kamu tak bisa hanya dengan mengkonsumsi lemak. Pasalnya, lemak dalam camilan bisa jadi berupa lemak jahat yang justru akan merusak kesehatanmu.

 

Cobalah memilih makanan yang mengandung nutrisi yang banyak atau padat. Seperti cara menaikkan berat badan wanita  misalnya buah kering, karena buah kering sudah dibuang kandungan airnya sehingga yang tersisa hanya nutrisi yang baik untuk kesehatan. Bisa juga dengan menyantap buah segar seperti anggur. Anggur segar akan membuatmu cepat kenyang karena kandungan airnya yang masih banyak. Tapi disarankan kamu memilih buah kering tanpa pengawet dan pemanis tambahan.

 

  1. Tubuh akan lebih cepat menyerap nutrisi dalam bentuk cairan. Jadi, kenapa tak coba “meminum” makananmu?

 

 

Minum smoothies untuk nutrisi yang lengkap via www.lepotaizdravlje.rs

 

Makanan yang padat bisa sangat dengan mudah membuat kita kenyang. Tapi nutrisi dalam bentuk cairan bisa lebih cepat diserap tubuh daripada yang berupa makanan yang padat. Untuk itu, cobalah minuman sehat seperti jus buah tanpa campuran air dan gula alias 100% jus buah asli, susu skim atau bisa juga susu kedelai, dan smoothies.

 

  1. Menyantap makanan sehat sebelum tidur juga bisa membantumu menaikkan berat badan lebih cepat.

 

 

Makan sehat sebelum tidur via yepunsaram.tistory.com

 

Pada saat kita tertidur, tubuh akan bekerja memperbaiki dan meregenerasi segala cara menaikkan berat badan wanita hal dalam tubuh. Waktu tidur juga merupakan waktu yang tepat untuk tubuh membangun sel dan jaringan di seluruh anggota badan. Untuk itu ada baiknya jika sebelum tidur kita terlebih dahulu memberi bekal asupan pada tubuh kita sebelum ia bekerja semalaman.

 

Tapi tidak sembarang makanan bisa kamu makan ya, guys. Karena hanya makanan sehatlah yang bisa kamu konsumsi di malam hari. Porsinya pun tidak usah terlalu banyak, yang penting nutrisi di dalamnya mencukupi. Kamu bisa mencoba menu-menu ringan seperti salat sayur dan buah atau makan kacang-kacangan.

 

  1. Jangan sampai kebablasan. Jika berat badanmu sudah mencapai level ideal, hentikan pola makanmu ini, ya!

 

 

Tidak terlalu kurus, tidak terlalu cara menaikkan berat badan wanita gemuk via funny-pictures.picphotos.net

 

Jangan sampai kamu keasyikan menerapkan pola makan ini sampai-sampai berat badanmu malah berlebih. Segera hentikan pola ini jika kamu sudah mencapai berat idealmu. Bagaimana caranya menghitung beratbadan ideal? Coba hitung dengan rumus Body Mass Index (BMI) beriku ini ini:

 

BMI = Berat Badan (Kg) / (Tinggi badan (m) x Tinggi badan(m)

Misalnya: BMI = (45) / (1.65) x (1.65) = 16.5

 

Hasilnya bisa diartikan dengan tabel di bawah ini:

 

 

Tabel klasifikasi BMI via likethisya.com

 

Untuk kamu yang ingin menaikkan berat badan, jangan menghalalkan semua cara. Pastikan kamu menerapkan cara yang sehat agar berat badanmu ideal dan tubuhmu tetap sehat. Selamat mencoba, ya.

 

#Gainweight#kesehatan#makan#pengetahuan#sehat

BERIKAN KOMENTAR

 ARTIKEL SEBELUMNYA

Jika Inti Dari Pernikahan Adalah Doa, Kenapa Harus Menggelar Pesta Mewah dan Berfoya-foya?

ARTIKEL SELANJUTNYA

Kita Memang Pernah Saling Cinta, Tapi Aku Tak Mau Terluka Untuk Kedua Kalinya

 

 

Irma Aisyah

Irma Aisyah

A writer and a dreamer at once

 

rekomendasi

 

 

CONTENT PARTNER

11 Dekorasi Simple Buat Rumah A la Koreamu di Masa Depan. Sambil Bayangin Oppa, Jadi Nggak Sabar!

 

BELANJA

4 Aturan Pokok Sebelum Kamu Membeli Jilbab. Perhatikan, Atau Kamu Akan Terjebak!

 

#LAPTOP

13 Permasalahan Laptop yang Bisa Dideteksi Secara Manual. Jangan Mau Dulu Kalau Disuruh Bayar Mahal!

 

ASAM LAMBUNG

Asam Lambung, Penyakit yang Merenggut Nyawa Puteri Indonesia Maluku 2016 Ini Harus Kamu Waspadai!

 

DIET

Kenalan Sama Trik Diet yang Lagi Hits, Food Combining. Tetap Makan, Tapi Bonusnya Langsing

 

ASTRA

Jenis Postingan yang Bikin Followers-mu Cepet Nambah. Selangkah Lagi Buat Jadi Selebgram

 

ng Ideal

 

Dalam menambah berat badan atau menggemukkan badan, sering terjadi kesalahan. Karena pada dasarnya berat badan ideal akan dicapai dengan menambah massa otot, bukan dengan menambah lemak. Hal dasar seperti inilah yang sering tidak diperhatikan bagi mereka yang berusaha menambah berat badan.

 

Gain weight

 

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan tubuh kurus dan sudah mencoba berbagai cara namun belum menemukan hasil yang maksimal, Anda harus mencari penyebabnya terlebih dahulu. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari faktor metabolisme tubuh, faktor genetika, atau tidak pernah detoks. cara menaikkan berat badan wanita Untuk masalah metabolisme tubuh, badan yang kurus diakibatkan karena proses metabolisme yang terjadi terlalu cepat. Sehingga berapapun banyaknya makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak akan bisa tersimpan dan langsung dibakar oleh tubuh. Hal ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter agar bisa ditemukan penyebabnya.

 

Sedangkan untuk faktor genetika atau keturunan, Anda bisa melihat saudara atau orang tua Anda, apakah semuanya memiliki kondisi tubuh yang sama dengan Anda. Jika ya, berarti masalah yang Anda alami lebih disebabkan karena faktor keturunan. Namun hal ini bukan berarti Anda tidak bisa memiliki tubuh yang lebih berisi.

 

Tidak pernah detoks atau mengeluarkan racun-racun yang tidak dibutuhkan tubuh juga bisa menjadi faktor lain yang menyebabkan tubuh sulit untuk gemuk.

 

Namun terlepas dari itu semua, masalah utama berat badan susah untuk naik lebih disebabkan oleh banyaknya kotoran pada usus. Hal ini akan semakin diperparah jika terbiasa mengkonsumsi makanan cepat saji atau makanan instan.

 

Makanan seperti ini hanya akan menimbulkan kerak di dalam usus sehingga usus halus tidak bisa menyerap gizi dan nutrisi dari makanan secara sempurna. Oleh karena itu, kami akan memberikan tips gemuk dalam 1 minggu yang tidak ada salahnya untuk Anda coba.

 

Makan Teratur

 

Kekurangan asupan makanan ataupun pola makan yang tidak teratur merupakan penyebab utama tubuh menjadi kurus. Untuk itu, aturlah pola makan Anda secara teratur sebanyak 3 kali dalam sehari.

 

Jangan melewatkan sarapan di pagi hari, usahakan makan siang tidak terlambat, dan juga makan malam. Apabila pola makan sudah teratur, maka tubuh akan menyesuaikan dengan sendirinya sehinga Anda bisa menjadi lebih gemuk.

 

Menambah Porsi Makan

 

Nasi putih nasi ketan nasi merah

 

Porsi makan yang ditambah juga harus dibarengi dengan memperhatikan nilai gizi dari setiap makanan yang dikonsumsi. Untuk pria, dibutuhkan kalori harian sekitar 2200 kalori dan pada wanita rata-rata 1900 kalori. Dalam proses menggemukkan badan, tambahlah asupan kalori Anda sebanyak 1000 kalori per hari.

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


 

Jumlah kalori pada makanan bisa diketahui dengan mengkonsultasikan pada ahli gizi atau mencari sumber informasi di internet. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai kalori pada label informasi nilai gizi pada makanan yang berbentuk kemasan. Dengan memperhatikan jumlah kalori yang dikonsumsi, maka Anda akan lebih mudah dalam mengontrol serta memilih makanan yang akan dikonsumsi untuk menggemukkan badan.

 

Mengunyah Makanan Sampai Lembut

 

Tips gemuk dalam 1 minggu selanjutnya adalah dengan melakukan kebiasaan untuk mengunyah makanan hingga lembut. Makanan yang dikunyah secara lembut akan membuat kinerja lambung lebih mudah sehingga sari-sari makanan yang masuk lebih mudah terserap. Hal ini akan membuat kandungan gizi dan nutrisi yang masuk bisa menjadi lebih optimal bagi tubuh.

 

Minum Susu

 

Tips Gemuk 1 Minggu

 

Meminum susu minimal 2 kali sehari juga bisa menjadi salah satu cara untuk gemuk dalam waktu yang cepat. Susu memiliki kandungan protein yang banyak sehingga akan membantu dalam membangun jaringan otot. Kandungan kalsium yang terdapat pada susu juga bisa memperkuat tulang.

 

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, konsumsilah susu full cream, bukan susu high calcium. Bagi Anda yang tidak suka mengkonsumsi susu, produk olahan susu seperti keju atau es krim juga bisa menjadi alternatif.

 

**

 

 

 

Demikianlah beberapa tips gemuk dalam satu minggu yang bisa Anda lakukan dan akan memberikan hasil yang optimal jika dilakukan secara teliti dan rutin.

 

Share this:

88Click to share on Facebook (Opens in new window)88Click to share on Twitter (Opens in new window)Click to share on WhatsApp (Opens in new window)Click to share on Google+ (Opens in new window)Click to share on Tumblr (Opens in new window)

 

 

Yang Menarik Lainnya:

Dua Rahasia Cara Cepat Melangsingkan Tubuh

Tips-Tips Berdiet dengan Cepat dan Aman

Pantangan Makanan untuk Diet Berdasarkan Golongan Darah

Cara Menambah Berat Badan Secara Alami

I weighted 63kg but after I started drinking this, I began to lose 2 kg a dayI weighted 63kg but after I started drinking this, I began to lose 2 kg a day                                                                         I lost weight staying at home! 23 kg in 14 days! Write down the recipe …I lost weight staying at home! 23 kg in 14 days! Write down the recipe …           

 

16 Cara Meningkatkan Berat Badan Janin secara Alami

 

advertisement

 

 

Berat badan bayi yang masih dalam kandungan juga perlu diperhatikan agar tidak terjadi kekurangan berat badan pada saat lahir. Berat badan yang kurang dari normal akan menyebabkan berbagai resiko pada kesehatan bayi. Cara mengetahui berat badan janin maka Ibu harus secara aktif dan rutin memeriksakan kandungannya kepada dokter kandungan. Selain berat badan janin hal lain yang perlu diperhatikan yaitu perkembangan kesehatan janin.

 

Kelahiran bayi nantinya diharapkan bayi dalam keadaan normal dan sehat serta Ibu yang melahirkan juga sehat. Sehingga menjaga kesehatan janin saat masih di dalam kandungan sangat penting. Salah satu ukuran bayi sehat yaitu berat badan bayi. Bayi yang lahir dengan kondisi dibawah berat badan bayi normal maka dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit menghinggapi tubuhnya seperti penyakit koroner jantung, diabetes, lahir dengan prematur serta masih banyak penyakit lain, maka sebab itu menjaga berat badan bayi agar lahir dengan berat badan normal sangat penting. Berikut ini beberapa cara meningkatkan berat badan janin yang dapat dilakukan :

 

Asupan Protein yang Memadai

Protein sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan bayi yang sedang dikandungnya. Pemenuhan asupan protein ibu hamil akan memberikan efek baik yaitu kesehatan yang lebih baik untuk bayi yang sedang dikandungnya. Sumber makanan bayi ketika sedang di dalam kandungan yaitu berasal dari ibunya. Makanan ataupun minuman yang dikonsumsi Ibu akan juga ikut dikonsumsi oleh bayinya. Jadi jika ingin memberikan asupan makanan bergizi untuk janin maka diberikan cara menaikkan berat badan wanita melalui ibunya. Protein dapat didapatkan dari berbagai makanan seperti daging ayam ataupun daging sapi. Kandungan protein dalam makanan tersebut sangat baik jika diberikan kepada ibu hamil untuk menaikkan berat badan bayi yang masih ada di dalam kandungan.

 

Baca juga : Manfaat Ceker Ayam bagi Ibu Hamil

 

Perbanyak Minum Air Putih

Baik untuk ibu hamil ataupun orang yang tidak sedang hamil, air putih sangat dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Air putih sangat baik untuk kesehatan tubuh, begitu juga dengan ibu hamil. Ibu hamil membutuhkan air putih lebih banyak karena dia juga bertugas untuk mengkonsumsi air putih untuk bayinya. Konsumsi minimal 1,5 liter sehari atau sama dengan 8 gelas air putih dalam sehari. Dengan rajin minum air putih maka metabolisme yang ada di dalam tubuh akan lancar serta bayi dan Ibu sehat dan merupakan cara untuk meningkatkan berat badan bayi agar lahir dalam kondisi berat badan yang normal.

 

Artikel terkait :

 

Manfaat Air Putih Bagi Ibu Hamil

Akibat Kekurangan Minum Air Putih Bagi Ibu Hamil

Perbanyak Sayur dan Buah

Sayur dan buah sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil dalam jumlah yang banyak. Semakin banyak buah dan sayur yang dikonsumsi maka semakin banyak nutrisi yang diperoleh oleh Ibu dan janin sehingga janin akan sehat serta terhindar dari lahir dengan kondisi prematur. Sayur dan buah mengandung nutrisi serta vitamin yang baik. Nutrisi dan vitamin tersebut akan sangat membantu dalam menaikkan berat badan bayi yang masih dalam kandungan. Perbanyak makan sayur dan buah dengan dijadikan makanan wajib setiap hari, maka ketika lahir nanti bayi Anda tidak akan kekurangan berat badan.

 

Artikel terkait :

 

Buah Sehat untuk Ibu Hamil

Bahaya Nanas Bagi Ibu Hamil

Perbanyak Makanan yang Padat Energi

Makanan yang padat energi jika dikonsumsi oleh ibu hamil akan sangat membantu dalam meningkatkan berat badan bayi. Makanan padat energi dapat didapatkan pada keju, selai, buah, margarin serta makanan lainnya. Makanan tersebut dapat dikonsumsi dengan berbagai macam resep menu yang disajikan berbeda dalam setiap harinya. Ibu zaman sekarang tidak usah bingung dengan resep menu makanan, karena sudah ada banyak resep menu makanan yang tersebar di media-media cara menaikkan berat badan wanita sosial ataupun internet. Ibu tinggal memilih menu yang disukainya. Konsumsi makanan tersebut agar bayi yang ada didalam kandungan cepat naik berat badannya sehingga lahir nanti tidak mengalami resiko prematur. Ibu yang sedang mengandung memang harus sangat memperhatikan gizi makanan yang dikonsumsi sehingga bayi sehat Ibu selamat.

 

Baca juga : Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

 

Perbanyak Makan Ikan Laut

Ikan laut mempunyai kandungan gizi yang sangat banyak serta baik yaitu nutrisi. Ikan laut ini sangat dibutuhkan untuk cara meningkatkan berat badan janin yang sedang dikandungnya. Ikan laut yang mempunyai kandungan nutrisi  banyak diantaranya ikan tengiri, ikan salmon, serta masih banyak ikan laut lainnya. Konsumsi ikan laut sebagai menu makanan Anda seminggu 2 atau 3 kali agar bayi yang ada dalam kandungan berat badannya cepat naik sehingga lahir dengan normal.

 

Baca juga : Ikan Salmon untuk Ibu Hamil

 

Sediakan Camilan Sehat

Untuk Ibu yang sedang hamil dengan berat badan bayi yang kurang dari normal, maka sediakan camilan sehat untuk menambah berat badan bayi. Camilan sehat yaitu camilan yang tidak mengandung kolesterol ataupun lemak. Sekarang telah banyak camilan sehat untuk Ibu yang sedang hamil, seperti biskuit. Camilan sehat ini akan sangat membantu untuk menaikkan berat badan bayi jika Ibu yang sedang mengandung mau dengan rajin mengemil. Lakukan ini demi kesehatan bayi yang sedang Anda kandung.

 

Konsultasi dengan Dokter Spesialis Kandungan

Selain melakukan hal-hal yang dapat menambah berat badan janin, jangan lupa ibu hamil harus rajin memeriksakan kandungannya serta konsultasi dengan dokter spesialis kandungan. Periksakan kondisi kehamilan Anda, jika memang masih dibutuhkan untuk menambah berat badan bayi maka lakukan berbagai hal yang dapat menambah berat badan janin dengan lebih rajin dan gigih, tetapi jika berat badan bayi sudah cukup memenuhi angka berat badan normal, maka dokter akan memberikan saran untuk hal lain agar bayi tetap sehat sampai lahir nanti.

 

Sponsors Link

 

 

 

Jauhi Makanan Pedas

Makanan pedas sangat tidak dianjurkan dikonsumsi oleh Ibu yang sedang mengandung. Hal ini karena makanan pedas dapat berakibat mendorong pelepasan hormon prostglandin dalam kandungan ibu hamil. Hormon tersebut jika dilepaskan dalam kadar yang banyak, maka akan menyebabkan otot-otot halus ibu hamil mengalami kontraksi yang membuat ibu hamil mengira bahwa akan segera melahirkan. Untuk menghindari hal tersebut, maka sebaiknya hindari makanan yang pedas. Sementara bayi cara menaikkan berat badan wanita tidak akan menyerap makanan pedas yang dikonsumsi oleh ibunya sehingga aman.

 

Baca jugaa : Pantangan Makanan Ibu Hamil

 

Hindari Minuman Bersoda

 

Makan yang Manis-manis

Mengkonsumsi makanan yang manis dianjurkan untuk ibu hamil yang mengandung bayinya tetapi bayinya dalam kondisi kurang berat badannya dari berat badan normal bayi. Makanan yang manis akan membantu menaikkan berat badan bayi sehingga akan menjadi normal. Konsumsilah makanan yang manis setiap hari agar perkembangan bayi cepat terjadi. Ibu dapat mengkonsumsi makanan, camilan ataupun minuman yang sehat dan manis, yang penting tidak mengandung soda. Makanan yang manis dan sehat banyak seperti kue, brownis serta makanan lainnya.

 

Istirahat Cukup

Ibu yang sedang hamil tidak dianjurkan melakukan banyak aktivitas yang dapat membahayakan kandungannya. Istirahat yang cukup dengan baik setiap harinya agar kandungannya tetap sehat dan aman. Jika melakukan banyak hal yang berat dapat ditakutkan mengamali resiko keguguran, karena banyak sekali kasus yang terjadi ibu hamil yang mengandung mengalami keguguran karena melakukan aktivitas yang terlalu berat atau terlalu melelahkan. Hal ini karena ibu yang sedang hamil memiliki keadaan fisik yang lebih lemah dibanding dengan orang biasa. Maka lakukanlah istirahat yang cukup bagi Ibu yang sedang mengandung.

 

Baca juga : Bahaya Akibat Kelelahan pada Ibu Hamil

 

Jauhi Stres

arga Anda menjadi lebih bahagia. cara menaikkan berat badan wanita

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.