cara melancarkan bab tiap hari

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


8 Cara Melancarkan cara melancarkan bab tiap hari Buang Air Besar Secara Alami

ads

 

 

cara melancarkan buang air besarBuang Air Besar (BAB) merupakan suatu proses pembuangan sisa-sisa makanan yang telah diserap oleh tubuh. Proses ini merupakan salah kebutuhan penting dalam kehidupan makhluk hidup. Buang air besar bisa dijadikan patokan untuk menilai apakah kita dalam kondisi sehat ataukah tidak.

 

Kondisi Buang Air Besar yang Sehat

 

Beberapa hal yang bisa kita perhatikan saat buang air besar yang bisa menunjukkan kondisi kesehatan kita antara lain : cara melancarkan bab tiap hari Kondisi kesehatan kita, bisa diperhatikan debgan frekuensi buang air besar yang kita lakukan selama ini. Jika kita rutin sehari sekali melakukannya, itu dapat menandakan bahwa pencernakan kita pada kondisi yang baik dan sehat. Sebaliknya jika kita hanya melakukan buang air besar beberapa hari sekali atau bahkan dalam sehari kita terlalu sering buang air besar, itu berarti kondisi pencernakan kita sedang kurang sehat atau buruk.

 

Jarang buang air besar dapat menandakan bahwa kita sedang mengalami sembelit, sedangkan keseringan buang air besar berarti kita sedang mengalami diare, dan ini bisa berdampak dehidrasi pada tubuh kita.

 

  1. Warna tinja (feses)
  2. Bentuk tinja
  3. Bau yang dikeluarkan
  4. Proses pembuangan

Karena buang air besar merupakan salah satu sistem metabolisme yang sangat penting bagi tubuh, ada baiknya kita selalu menjaga agar kita selalu rutin melakukannya.

 

Berikut ini beberapa cara alami untuk membantu melancarkan buang air besar :

 

  1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat

 

Sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian, merupakan makanan kaya serat diantaranya :

 

Sponsors Link

 

 

 

Pepaya

Buah yang berasal dari meksiko ini banyak mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu, buah ini juga berguna untuk membantu melancarkan proses buang air besar, apalagi saat kita sedang menderita sembelit.

 

Bayam

Tanaman ini merupakan salah satu jenis bahan makanan berserat dan makanan yang mengandung zat besi. Kandungan seratnya sangat baik untuk membantu agar kondisi pencernaan tetap sehat.

 

Kubis

Kubis merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan serat dan banyak memiliki kandungan vitamin A, B, C, dan E. Karena itulah tanaman ini sangat baik untuk membantu melancarkan buang air besar serta dapat membantu mengobati sembelit. Jenis sayuran ini banyak mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, dan C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan sodium, sehingga sangat cara melancarkan bab tiap hari  baik digunakan sebagai pelengkap gizi yang dibutuhkan tubuh kita. Kegunaan wortel antar alain adalah untuk menjaga kesehatan mata, menurunkan kolesterol, membantu mencegah penyakit kanker, serta serat yang terkandung didalam wortel sangat baik untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar.

 

Kacang-kacangan

Jenis tanaman ini sangat kaya akan serat alami dan padat akan nutrisi, ia sangat membantu dalam proses pencernaan dan membersihkan saluran pencernaan.

 

Aprikot

Jenis buah-buahan yang berasal dari spesies subgenus prem ini merupakan makanan yang mengandung karbohidrat, gula, serat, lemak, protein, vitamin A, Beta karoten, Vitamin C dan zat besi. Adapun beberapa fungsi dari buah ini antara lain adalah membantu mengatasi masalah pencernaan (seperti susah buang air besar / sembelit), meningkatkan kesehatan mata, serta membantu untuk mencegah kanker dan penyakit jantung.

 

Buah yang termasuk suku labu-labuan atau cucurbitaceae ini sangat kaya akan nutrisi dan vitamin. Kandungan air dalam buah ini dipercaya dapat membantu kelancaran proses pencernakan tubuh, yaitu dapat membantu melancarkan buang air besar.

 

  1. Mengkonsumsi makanan hasil fermentasi

 

sponsored links

 

 

Yogurt merupakan olahan dari susu maupun kacang kedelai melalui tahap fermentasi bakteri. Bahan pangan ini kaya akan vitamin, kalium, fosfor, riboflavin, yodium, dan seng. Bakteri pada yogurt dapat membantu memberikan keseimbangan mikroflora dalam usus, sehingga sangat bagus untuk membantu proses pencernakan.

 

  1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak sehat

 

Mencampurkan minyak ikan ataupun minyak zaitun bersama dengan buah dan sayuran dalam menu makanan sehari-hari dapat membantu mengobati sembelit secara alami tanpa harus menggunakan obat pencahar.

 

  1. Banyak mengkonsumsi air putih

 

Salah satu penyebab terjadinya sembelit adalah karena tubuh kita sedang kurang cairan. Untuk itu, mengkonsumsi air dapat membantu melunakkan feses. sehingga kita akan mudah mengeluarkan kotoran tersebut tanpa harus mengejan.

 

  1. Mengurangi konsumsi kafein

 

Kafein yang terkandung dalam bahaya kopi, teh, serta minuman bersoda sebenarnya akan memberikan efek buruk bagi kita, salah satunya adalah tubuh akan mengalami dehidrasi yang akhirnya akan mengakibatkan sembelit. Oleh karena itu, ada baiknya jika kita menghindari konsumsi kafein agar sistem pencernakan kita tetap terjaga sehat.

 

  1. Olahraga secara teratur

 

Gerakan aerobik seperti lari, jogging, maupun berenang dapat membantu menjaga sistem pencernaan kita tetap dalam kondisi yang sehat. Olahraga dapat merangsang kinerja otot-otot di dalam usus sehingga membantu tinja untuk bergerak keluar dengan cepat.

 

  1. Menghindari duduk yang terlalu lama

 

Sembelit dapat diakibatkan karena kita terlalu lama duduk. Untuk itu,  usahakan untuk berdiri sejenak dan melakukan gerakan ringan setelah kita terlalu lama duduk.

 

  1. Membiasakan diri untuk buang air besar setiap hari

 

Terkadang karena sebuah kesibukan, kita harus menunda kegiatan buang air besar yang sebenarnya sudah terasa. Jika hal ini terus menerus dilakukan, kemungkinan besar dampak sembelit akan menyerang kita. sesibuk apapun anda, sebaiknya tidak menunda-nunda buang air besar begitu terasa. Jangan menunda begitu terasa ingin buang air.

 

Demikianlah beberapa cara melancarkan buang air besar secara alami, yang dapat dilakukan dengan mudah. Lakukanlah secara rutin, agar aktivitas buang air besar ini pun bisa terjadi lebih lancar.

 

Sponsored Link

 

 

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

 

Tweet

 

 

buang air besar, feses, kotoran, pencernaan

 

 

ARTIKEL TERKAIT

10 Jenis Sakit Lambung dan Penyebabnya

 

10 Obat Infeksi Usus Alami dan Medis

 

17 Obat Usus Buntu Secara Medis dan Tradisional

 

19 Obat Disentri Medis dan Alami

 

11 Penyebab Perut Terasa Penuh dan Kembung

 

Previous

Next

Post Date: Wednesday 18th, March 2015 / 05:37 Oleh : Ana         Kategori : Cara Hidup Sehat

 

Search

ARTIKEL TERBARU

RECENT

15 Bahaya Cabai Bagi Kesehatan

25 Obat Alami Sakit Gigi Paling Mujarab

Operasi Katarak – Metode, Biaya, Efek dan Perawatan

10 Ciri Ciri Keracunan Makanan Yang berbahaya

10 Gejala Keracunan Makanan Paling Berbahaya

101 Cara101 Penyebab

Cara Mengecilkan Perut Buncit

Cara Menghilangkan Pilek

Cara Menghilangkan Bau Badan

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Cara Mengatasi Keputihan

Tentang Kami | Hubungi Kami

2014 © Copyright HaloSehat.Com. All Right Reserve World Wide. Ketentuan Layanan | Disclaimer | Kebijakan Privasi | Kebijakan Cookies | Adchoices TO TOP ↑

 

Sharing di Siniberbagi ide, cerita, pengalaman, dan ilmu

HOME

VISITOR

FAMILY

LIFE STYLE

KITCHEN

SHORT STORY

FASHION

TECHNOLOGY

DONASI

 

SEARCH HERE…

YOU ARE HERE : SHARING DI SINI » cara melancarkan bab tiap hari  FAMILY » TIPS AGAR LANCAR BAB SETIAP PAGI HARI

Tips Agar Lancar BAB Setiap Pagi hari

Posted By Erin_SdS On Wednesday, April 18, 2012 09:40 AM.

Under Family, Featured, Life Style, Opinion

 

 

BAB (Buang Air Besar) yang lancar sangat penting untuk kesehatan karena BAB merupakan salah satu proses metabolisme di dalam tubuh kita yang membantu menghilangkan sisa makanan yang tercerna dan bahan limbah di dalam tubuh. Buang Air Besar (BAB) memang bisa dilakukan kapan saja, namun kebanyakan orang merasa nyaman jika BAB lancar di pagi hari. Lalu apa yang harus Anda lakukan apabila di pagi hari susah BAB?

 

BAB yang sehat biasanya rutin dilakukan setiap hari atau 2 hari sekali. BAB yang sehat itu harus mudah dilakukan, tanpa mengejan dengan keras atau timbul rasa sakit dan tinja tidak boleh mengandung darah. BAB yang tidak lancar disebabkan karena cairan dalam tubuh yang mengering. Akibatnya kemampuan usus besar untuk berkontraksi menjadi lemah. cara melancarkan bab tiap hari Selain karena tubuh kurang air, BAB yang tidak lancar juga disebabkan karena tubuh kekurangan serat. Praktisi kesehatan menyarankan agar pada siang hari orang lebih banyak makan makanan berserat dan minum air sehingga pagi harinya metabolisme tubuh bisa lancar. Apabila BAB terlalu keras dan terlalu banyak mengejan maka dapat menyebabkan ambeien atau wasir atau hemoroid yang merupakan penyakit atau gangguan pada anus. Bibir anus mengalami pembengkakan dan terkadang disertai pendarahan.

 

Untuk mencegah penyakit ini, biasanya dokter akan menyarankan agar teratur buang air besar (BAB) dan banyak makan makanan berserat

 

Berikut ini jenis makanan dan minuman yang dapat membantu melancarkan BAB, diambil dari jurnal Coloncleanseguide:

 

Makanan berserat tinggi misalnya papaya, kubis, wortel, brokoli, bayam.

Makan buah-buahan kering seperti kismis, aprikot.

Makanan mengandung jahe, bawang merah, dan bawang putih.

Makanan yang difermentasi seperti yoghurt dan kefir.

Makanan mengandung zinc seperti kacang tanah, kacang hijau, kacang merah dan kacang polong, buncis, seafood, telur dan kedelai.

Makanan mengandung minyak ikan, minyak zaitun, cod dan minyak gandum.

Apabila Anda sedang mengalami sembelit sebaiknya hindari:

 

Makan pisang, karena pisang dapat menyebabkan sembelit.

Jauhkan kafein karena dapat menyebabkan diuretik usus besar dan membuat kotoran menjadi keras.

Jika pengalaman saya pribadi, solusi yang sederhana agar BAB lancar adalah banyak minum air. Asupan sayur dan buah tidak boleh lupa, harus dikonsumsi setiap hari. Kemudian minum segelas air hangat di pagi hari. Minuman herbal lidah buaya di pagi hari juga bisa memperlancar BAB. Namun yang rutin sering saya lakukan adalah selalu mengonsumsi sereal dan minuman cokelat cara melancarkan bab tiap hari hangat di pagi hari. Sereal mengandung banyak serat, sedangkan cokelat apabila diminum di pagi hari tidak menyebabkan kita menjadi gemuk malah sebaliknya. Pada saat perut kita kosong di pagi hari, sarapan sereal dan cokelat akan memicu BAB. Minum atau sarapan cokelat di pagi hari akan memperlancar sistem metabolisme kita. Selain itu pada siang harinya kita tidak mudah lemas dan tidak mudah lapar untuk mengemil, karena zat gula pun terpenuhi.

 

Keywords:

 

cara melancarkan bab

cara memperlancar bab

melancarkan bab

cara melancarkan buang air besar

memperlancar bab

tips melancarkan bab

makanan pelancar bab

bab keras

cara melancarkan buang air besar setiap pagi

tips melancarkan buang air besar

loading…

Tags: Agar Berak Lancar Setiap Hari, Agar Lancar BAB Di Pagi Hari, Agar Lancar BAB Setiap Hari, Bebelen, Cara Agar BAB Lancar Di Pagi Hari, Cara Agar BAB Setiap Hari, Minum Cokelat Pagi Hari Melancarkan BAB, Sereal Di Pagi Hari Melancarkan BAB, Susah BAB, Susah Buang Air Besar Setiap Hari, Tip BAB Lancar, Tips Agar Lancar Buang Air Besar Setiap Hari, Tips Lancar BAB

28 Responses To “Tips Agar Lancar BAB Setiap Pagi Hari”

 

Thee Says:

December 28, 2012 at 12:51 am

Coklat di pagi hari? Biasa coklat merk apa ya? Kalau sereal juga. Terima Kasih 😀

 

REPLY

Ramlah Says:

November 22, 2013 at 12:50 pm

Sdh 4 hari saya mengalami susah buang air besar sampai perut saya sakit dan keluar lendir dan berdarah, adakah obatnya?

 

REPLY

Dewii Says:

March 18, 2014 at 3:50 pm

coba pagi hari setelah bangun tidur minum air hangat + perasan air lemon / jeruk nipis.

 

Dijamin pasti membantu melancarkan BAB.

 

Alternatif lain, makan pepaya matang pohon, atau pagi hari setelah bangun tidur minumlah sereal.

 

Saya juga pernah seperti yg anda alami. Perbanyak minum air putih.

 

REPLY

Annisa Zahra Adilla Says:

July 31, 2013 at 8:03 am

Assalamualaikum…

Maaf sya nmpng shring ea…

Saat ini sya bnar2 mnglmi ssah bab

Sdh hmpir 4 hri ini sya ƍªќ>:/ bab

Prut trsa bncit.

N orng2 pun blng sya skrng mkin gemuk

Ά̲̣̥pª a͡ itu dsbbkan oLeh ƍªќ>:/ bab ?

N Ά̲̣̥pª a͡ yg hruz sya lkukan…

Sya sngguh2 ƍªќ>:/ nyman dngan prut q

Mhon dbntu Ị̣̣Ɣўɑ̣̣̝̇̇ɑ̤̥̈̊ά̲̣̥α̇̇̇°˚º˚°​‎​​​‎​​ …

 

REPLY

Erin_SdS Says:

July 31, 2013 at 9:24 am

waalaikum salam,

terimakasih sudah berkunjung dan sharing di sini.

 

sudah coba makan pepaya matang? atau di pepaya di jus, bila perlu. Makan makanan berserat seperti buah, sayur, oatmeal/sereal, yoghurt. Dan jangan lupa minum air putih yang memenuhi (kurang lebih 8 gelas per hari). Mungkin selama ini kurang minum air putih, coba minum air lebih dari biasanya dan pepaya matang, biasanya membantu melancarkan BAB.

 

Semoga masukannya membantu.

 

REPLY

Ramlah Says:

November 22, 2013 at 12:49 pm

Sdh 4 hari saya mengalami susah buang air besar sampai perut saya sakit dan keluar lendir dan berdarah, adakah obatnya?

 

REPLY

Dewii Says:

March 18, 2014 at 3:50 pm

coba pagi hari setelah bangun tidur minum air hangat + perasan air lemon / jeruk nipis.

 

Dijamin pasti membantu melancarkan BAB.

 

Alternatif lain, makan pepaya matang pohon, atau pagi hari setelah bangun tidur minumlah sereal.

 

Saya juga pernah seperti yg anda alami. Perbanyak minum air putih.

 

REPLY

Nurul Says:

February 14, 2014 at 9:44 am

sya susah sekali buang air besar biasa seminggu sekali, ktx dokter z hrs baynk mkan sayur tapi sya gk suka mkn sayur ad kh cra lain untuk memuahkan BAB.

 

REPLY

Dewii Says:

March 18, 2014 at 3:51 pm

coba pagi hari setelah bangun tidur minum air hangat + perasan air lemon / jeruk nipis.

 

Dijamin pasti membantu melancarkan BAB.

 

Alternatif lain, makan pepaya matang pohon, atau pagi hari setelah bangun tidur minumlah sereal.

 

Saya juga pernah seperti yg anda alami. Perbanyak minum air putih.

 

REPLY

Finski Says:

April 3, 2014 at 6:26 pm

Saya sudah sepuluh bulan tidak bisa buang air besar

Malah keluar lendir. Perut sakit terus dan mules . Badan lemes. Apa ya obatnya ?

 

REPLY

Komang Says:

April 4, 2014 at 1:04 pm

Wah, kok bisa ya.

 

mengapa harus menunggu selama itu klo ada masalah dengan metabolisme (BAB) anda.

 

Selama itu, apakah tidak pernah sama sekali BAB?

 

Sebaiknya segera periksa ke dokter, spesialis gastroenterologi (usus/pencernaan). Agar secepatnya dpat tertangani dengan baik.

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


 

Semoga lekas sembuh dam lancar BAB

 

REPLY

Komang Says:

April 4, 2014 at 1:02 pm

Wah, kok bisa ya.

 

mengapa harus menunggu selama itu klo ada masalah dengan metabolisme (BAB) anda.

 

Sebaiknya segera periksa ke dokter, spesialis gastroenterologi (usus/pencernaan). Agar secepatnya dpat ditangani dengan baik.

 

REPLY

Andi Maulana Says:

June 29, 2014 at 10:11 am

kalau masalah saya setiap hari saya harus BAB setidaknya dua kali sehari, karena pada waktu pertama kali BAB seperti belum tuntas, kira-kira apa penyebabnya?

 

REPLY

Tan Says:

August 25, 2014 at 11:18 pm

saya bab 1x1hari terkadang 1x2hari. mungkin pengaruh dari serat kali ya? kalau ampe 2x1hari ga pernah.

 

REPLY

Via Naga Says:

September 25, 2014 at 4:07 pm

nama sereal nya apa ya kk,,truss coklat yg gmana tuh???

 

REPLY

Eunike Says:

October 14, 2014 at 11:23 pm

Sya sudah seminggu tdk BAB ,, sya sudah makan pepaya, bnyk minum air putih, malah sya sudah ke dokter diksh obat . Tp gag juga lancar BAB sya. Solusi nya dong. Skit kli prut sya ne. 🙁

 

REPLY

Jose Says:

November 4, 2014 at 8:45 pm

Hallo Sob,

Coba Rajin konsumsi Tomat supaya lancar BAB-nya.

Selain itu Rajin konsumsi oatmeal atau quoaker oat dijamin pasti lancar.

Bisa juga minum minyak zaitun 1 sdm yg hijau tiap pagi. Kalau yang kuning tidak bisa langsung minum hanya untuk digoreng. 🙂

 

REPLY

Dedek Says:

November 23, 2014 at 10:55 pm

kalau masalah saya beda lagi kak.. saya sering bgt BAB.. dalam sehari ada 2 kali lah.. tapi gini lo kak permasalah saya.. terkadang kalo saya ngerasa mules tiba tiba saya harus bisa menemukan toilet terdekat kak.. jika tidak resiko nya ya BAB duluan keluar dan ini sering terjadi klo saya gak bisa menemukan toilet terdekat.. ada solusi gak kak agar saya bisa nahan BAB agar bisa di tahan hingga menemukan toilet..

 

REPLY

Naziezie Says:

January 24, 2015 at 3:42 pm

ooooh, tapi gan kalau saya justru dengan konsumsi buah pisang pagi hari stelah banyak knsumsi air putih sebanyak-banyaknya langsung bereaksi, jadi BAB nya mudah 😀

apalagi sama buah pepaya ya gan

 

REPLY

Suci Hardiyanti Says:

March 4, 2015 at 10:51 am

Saya setiap hari sudah makan makanan berserat seperti

Jus wortel/bayam tiap pagi, dan setiap hari hanya makan sayur bayam

Tapi kenapa bab nya kurang lancar ya??

 

REPLY

Suzana Says:

May 17, 2015 at 11:11 pm

Jangan risau. Saya ada petua. saya amal kan minum satu sudu minyak kelapa dara pagi dam malam… “extra Virgin coconut oil”. kini saya tiada masalah sembelit lagi. Minum air secukupnya. Dah seminggu saya amal kan.

 

REPLY

Makanan Penambah Darah Says:

July 1, 2015 at 1:38 pm

Susah buang air besar makan buah pepaya aja pasti cepat teratasi,,,

 

REPLY

Brofitzjp Says:

October 29, 2015 at 10:43 am

Kalau boleh saya merekomendasikan sebaiknya minum susu kambing agar pencernaan tetap lancar. Manfaatnya banyak, jika mau tau silahkan kunjungi artikel saya > Manfaat Susu Kambing

 

REPLY

Dwiii Says:

December 7, 2015 at 9:25 pm

Kakk.. Saya udh ga bab seminggu lebih gtuu

Habis kecelakaan dan luka di kaki..jadi kurang gerak gtuu

Bab juga ga..sakit perut engga

Padahal makan biasa

Gimana ya solusinya kak?

Udh minum dulcolax makan buah sayur yaa baru2 ni jugaa sih..

Ada solusi lain kak?

Soalnya..tiap ke toilet pengen bab udh diujung gamau keluar,,jadi batal dehh,,terus algasil anus saya sakit bangettt:”

 

REPLY

Davina Says:

May 19, 2016 at 9:49 pm

Saya udah 4 hari tidak lancar bab apa solusinya ya?

 

REPLY

Kindy Says:

August 9, 2016 at 11:39 pm

Sayaa punya masalahh sama perut sudah dari dulu susah buang air besar,sampee sayapun pernah oprasi usus buntu, cara melancarkan bab tiap hari tapi setelah itu malah menjadi jadi,bisa sampe seminggu,kadang saya merasa sakit kepala dan badan sakit smua,jadi lemesss,sesek susah nafas,kaloo tidak tahan skalii,saya terpaksa mengkonsumsi obat biar bisa bab,tapiiii cumaa saat minum obat sajaa saya bisa bab,setelah ituuu kembalii susah bab,nahhh minggu lalu saya kedokter ahli dalam priksa,dan dikasi obat jugaa,tapi tetep jugaa gak lancar,dan sesek rasanya perut terasa penuhhh,saya haruss gimana lagiii???

Tolong saranya,,,,

trimakasi

 

REPLY

Balqis Says:

September 1, 2016 at 9:50 am

Assalamu’alaikum.. saya mau tanya… apa betul mengkonsumsi susu saat sulit buang air besar maka akan lebjh mudah jika minum susu? Daan apa fungsi susu sebenarnya?

 

REPLY

Joe Says:

September 22, 2016 at 6:44 pm

Saya sering pengen bab , bolak balek ke dokter sembuh 2 bulan ke dokter lagi. Setiap hari bisa 4 sampek 8 ke wc kalo pas kumat ,,, udah berak pengen berak lagi kadang2 angin aja mas ,, kadang disertai cairan warna merah gitu ,, saya udah capek mas ,,, ada kah obatnya ya mas , makasih

 

REPLY

Leave a Reply

 

Name (Required)

 

 

E-Mail (Required)

 

 

Website (Optional)

 

 

 

Submit Comment

 

Security Code *

 

×  9  =  81

 

« Ayo, Buat Rumah kita: Home Sweet Home..Home Made Crepes »

 

 

 

 

Cara hidup sehat

Cara hidup sehat

 

 

HOME

PERAWATAN

KEHAMILAN

KESEHATAN

MAKANAN

PENYAKIT

JERAWAT

NUTRISI

 

Search…

Home » tips kesehatan » 10 Cara melancarkan buang air besar tanpa obat

Imam Fahrudin   Wednesday, November 4, 2015  tips kesehatan

10 Cara melancarkan buang air besar tanpa obat

 

Sulit BAB bisa menimbulkan masalah yang sangat banyak bagi kesehatan, terutama bagi pelaku diet. Memperlancar buang air besar memiliki banyak keuntungan diantarnya mencegah perut buncit, mencegah pertumbuhan bakteri di usus, mengurngi risiko kanker usus, dan membantu mengontrol berat badan. Untuk memperlancar BAB anda perlu mengubah gaya hidup dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur serta melakukan olahraga secara teratur.

cara melancarkan BAB

Ilustrasi buang air besar

 

Penyebab sulit buang air besar

 

Akibat kurang mengkonsumsi makanan beserat

Tidak mendapatkan cukup air putih

Managemen stres yang buruk

Kurangnya aktivitas fisik

Terlalu banyak mengkonsumsi protein hewani

Kurang mengkonsumsi buah dan sayur

Terburu-buru menelan makanan

Melampiaskan kesedihan dengan banyak makan

Makan karbohidrat secara berlebihan

Tidur setelah makan

Terlalu banyak duduk

 

Cara melancarkan cara melancarkan bab tiap hari buang air besar

 

  1. Banyak minum air putih. Air putih memiliki banyak kegunaan bagi tubuh terutama untuk melancarkan buang air besar. Air putih bekerja dengan cara membantu proses pencernaan sehingga memudahkan pembuangan limbah. Kita dianjurkan untuk minum setidaknya 8 gelas air putih setiap hari untuk menjaga kesehatan pencernaan dan keseimbangan cairan di dalam tubuh.

 

  1. Banyak bergerak. Aktivitas fisik menawarkan manfaat kesehatan yang luar biasa. Aktivitas fisik seperti olahraga membantu anda mendapatkan pencernaan yang sehat. Dengan kita banyak bergerak, maka proses metabolisme tubuh bisa berjalan dengan baik termasuk proses pembuangan limbah. Lakukan aktivitas fisik setidaknya 2-3 kali dalam seminggu dengan durasi sekitar 20-40 menit. Jika anda tidak mampu melakukan olahraga berat, mulailah dengan olahraga ringan seperti berjalan kaki.

 

  1. Konsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur merupakan makanan paling sehat di planet bumi. Keduanya mengandung tinggi serat dan air yang secara alami dapat melancarkan buang air besar. Serat membantu pergerakan usus sehingga mempermudah proses pembuangan. Pilihlah jenis buah sehat seperti pepaya, anggur, pisang, buah naga, jeruk dan melon. Selain buah, sayur juga merupakan makanan alami yang berguna mempermudah BAB karena mengandung tinggi serat.

 

  1. Beralih ke protein nabati. Terlalu banyak mengkonsumsi daging dapat mengganggu proses pencernaan sehingga akan menyulitkan buang air besar. Hal ini akan semakin parah jika kita tidak suka mengkonsumsi buah dan sayur. Untuk memperlancar buang air besar anda bisa memanfaatkan sumber protein nabati seperti kacang, kedelai, brokoli dan biji-bijian. Protein nabati umumnya menjadi pilihan bagi pelaku diet karena lebih rendah lemak. Meskipun demikian, anda tetap membutuhkan asupan protein hewani sebagai penyeimbang nutrisi.

 

  1. Managemen stres. Selain berdampak buruk bagi kesehatan, stres juga bisa mengganggu proses pencernaan tubuh sehingga menyebabkan sulit BAB. Stres memang bukan penyabab umum sulit BAB, tetapi jika dibiarkan mungkin bisa sangat berpengaruh kepada sistem tubuh anda yang pada gilirannya bisa menghambat proses pencernaan. Stres bisa dicegah dengan cara sederhana seperti bernafas dalam, berfikir positif, dan istirahat yang cukup.

 

  1. Memperlancar BAB dengan makanan fermentasi. Mengkonsumsi makanan fermentasi adalah salah satu rahasia penyembuhan sembelit. Makanan fermentasi seperti yogurt dilengkapi dengan probiotik alami yang mampu menekan pertumbuhan bakteri merugikan di usus. Ingat, anda hanya perlu mengkonsumsi sejumlah kecil makanan yang difermentasi, karena makanan ini juga tidak baik dikonsumsi secara berlebih.

 

  1. Makan perlahan-lahan. Mengunyah makanan dengan perlahan-lahan akan membantu tubuh menyerap nutrisi dengan sempurna. Sebaliknya, Jika terburu-buru saat mengunyah makanan tubuh tidak akan memposes makanan dengan benar sehingga pengurain nutrisi akan lebih sulit, dampaknya kita akan mengalami kesulitan saat BAB. Selain itu, kombinasikan antara makanan tinggi karbohidrat dan serat untuk mengurangi beban pada tubuh dan mempercepat pencernaan.

 

  1. Detoksifikasi tubuh. Melakukan detoksifikasi tubuh merupakan cara yang bagus untuk memperlancar BAB. Ada banyak makanan yang bisa digunakan untuk membersihkan usus besar diantaranya seperti lidah buaya. Jus lidah buaya memiliki sifat detoksifikasi alami yang ketika dikonsumsi akan membantu pengeluaran racun dari tubuh sekaligus menenangkan peradangan internal pada lapisan pencernaan. Selain bergunan untuk memperlancar buang air besar, detoksifikasi juga bermanfaat mencegah penyakit berbahaya termasuk kanker.

 

 

  1. Hindari makan ketika tertekan. Adrenalin, yang diproduksi oleh tubuh ketika dalam keadaan stres, akan memperlambat aliran darah ke perut, sehingga relaksasi otot dan usus akan menyebabkan pencernaan menjadi lamban. Hindari juga mengkonsumsi makanan berat ketika anda berada di bawah tekanan.

 

  1. Hindari tidur setelah makan. Untuk memperlancar BAB usahakan anda tidak langsung tidur setelah makan. Tidur setelah makan dapat menyebabkan proses pencernaan menjadi kacau sehingga makanan tidak bisa diporses dengan semestinya. Untuk menghindari hal ini sebaiknya lakukan aktivitas ringan setelah makan.

 

Makanan untuk melancarkan buang air besar

 

  1. Ubi jalar. Makanan ini sangat baik untuk sistem pencernaan anda karena diperkaya dengan serat makanan yang membantu proses pencernaan. Selain serat, ubi jalar juga mengandung tinggi karbohidrat kompleks, vitamin B6 dan C, yang berguna membantu sistem pencernaan bekerja dengan baik. Menurut penelitian terbaru, cyanidins, peonidins dan fitonutrien yang terdapat dalam ubi jalar bermanfaat membantu menurunkan risiko masalah kesehatan yang ditimbulkan oleh logam berat dan radikal oksigen.

 

  1. Buah pepaya. Buah ini sering disebut sebagai pencahar alami, hal ini disebabkan buah pepaya mengandung tinggi air dan serat yang berguna melancarkan buang air besar. selain buah pepaya, sebenarnya ada banyak jenis buah yang memilki manfaat sama, diantaranya semangka, melon, anggur, jeruk, tomat dan sawo.

 

  1. Brokoli. Sayur ini mengandung tinggi antioksidan penting yang berguna mencegah kanker, termasuk kanker usus besar. Brokoli juga mengandung serat yang jika dikonsumsi secara rutin bisa membantu memperlancar buang air besar. Jika anda menyukai makan brokoli mentah, itu lebih baik karena kandungan nutrisinya masih terjaga dengan baik, tetapi memasaknya sebentar juga cara melancarkan bab tiap hari tidak masalah, karena kandungan serat dalam brokoli tidak akan hilang melalui proses memasak, akan tetapi kandungan vitamin di dalamnya mungkin akan sedikit menurun.

 

  1. Kentang. Makanan ini sangat baik untuk memperlancar BAB karena diperkaya dengan serat makanan. Belum lagi kentang juga tinggi mineral penting termasuk zat besi yang membantu mencegah anemia.

 

  1. Sayuran segar. Hampir semua jenis sayuran baik untuk kesehatan. Sayuran merupakan sumber vitamin, serat, mineral dan antioksidan yang bermanfaat mencegah berbagai macam penyakit. Serat di dalam sayuran juga memberikan efek yang menguntungkan bagi kesehatan pencernaan sehingga membantu melancarkan pencernaan.

 

  1. Buah pisang. Buah pisang sering dikonsumsi untuk melancarkan buang air besar karena memiliki tekstur yang lembut dan mengandung tinggi serat. Selain itu, protein dalam pisang juga membantu memperbaiki dan memelihara jaringan saluran pencernaan sekaligus memperlambat pencernaan karbohidrat. Tidak hanya itu, pisang juga dianjurkan bagi penderita diare, karena membantu mengembalikan elektrolit dan kalium yang hilang ketika mengalami diare.

Facebook  Twitter  Google+  Pinterest  Linkedin

Newer PostOlder PostHome

ARTIKEL POPULER

21 Top makanan yang mengandung serat tinggi

10 Cara melancarkan buang air besar tanpa obat

10 makanan yang mengandung omega-3

20 sumber makanan yang mengandung kalsium tinggi

13 Makanan yang mengandung protein nabati

9 Buah untuk melancarkan buang air besar

6 Akibat kekurangan kalsium

22 Top makanan yang mengandung protein tinggi

12 Makanan yang mengandung zinc (seng)

10 Makanan penambah energi terbaik

ARTIKEL TERBARU

Tips Agar terlihat awet muda yang bisa anda terapkan

Tips mencegah dan menghilangkan jerawat secara alami

Makanan sehat dan nutrisi untuk tumbuh kembang anak

7 Manfaat buah manggis untuk kesehatan tubuh

Manfaat infused water lemon bagi kesehatan tubuh

8 Manfaat buah jambu air bagi kesehatan

Kandungan nutrisi dan manfaat lobster

7 manfaat udang dan kandungan nutrisi di dalamnya

10 manfaat kepiting dan kandungan nutrisi di dalamnya

6 Manfaat memiliki berat badan ideal

 

 

Terkezima

KATEGORI ARTIKEL

 

CARA MENGATASI CARA MENGHILANGKAN IBU DAN ANAK INFO KESEHATAN KECANTIKAN KEHAMILAN MAKANAN SEHAT MANFAAT BUAH MANFAAT TUMBUHAN NUTRISI PENYAKIT PERAWATAN SUPLEMEN DAN OBAT TIPS DIET TIPS KESEHATAN

DISCLAIMER

 

Situs ini tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan, jadi jika memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan yang anda alami, admin menyarankan untuk pergi ke dokter atau tenaga medis yang profesional.

DMCA.com Protection Status

INFORMASI SITUS

 

Home

Tentang Kami

Privacy Policy

Hubungi admin

Peta Situs

Copyright © 2016 Cara hidup sehat Powered by Blogger.com cara melancarkan bab tiap hari

 

 

 

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.