cara cek bmi

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Cara Menghitung BMI (Body Mass Index) cara cek bmi dan Cara Menghitung Berat Badan Ideal Berdasarkan BMI Ideal

By UkuranDanSatuan.Com On Juli 14, 2016 In Perhitungan Tidak ada Komentar

Setiap orang pada dasarnya ingin memiliki berat badan ideal. Tidak mengherankan jika banyak orang yang penasaran untuk mengetahui berat badannya sudah ideal atau belum. Body mass index (BMI) atau indeks berat badan adalah besaran yang sering dipakai untuk menentukan apakah seseorang memiliki berat badan ideal atau tidak. cara cek bmi Definisi BMI adalah perbandingan antara berat badan seseorang dalam kilogram dengan kuadrat tinggi badannya dalam meter yang digunakan untuk menentukan status berat badan seseorang apakah kurang, ideal, atau berlebihan.

 

 

 

Kegunaan BMI

BMI  digunakan untuk memprediksi status berat badan seseorang dewasa dalam rangka menilai kondisi kesehatan orang tersebut dikaitkan dengan resiko terhadap gangguan kesehatan tertentu. Dengan mengetahui BMI seseorang maka dapat diperkirakan kadar relatif lemak tubuhnya terhadap berat badan idealnya. Mengetahui BMI seseorang juga membantu ia menentukan target dalam menambah atau mengurangi berat badan dalam usaha mendapatkan berat badan ideal. cara cek bmi Untuk menghitung angka BMI seseorang maka perlu diketahui berat badan orang tersebut dalam satuan kilogram (kg) dan tinggi badannya dalam satuan meter (m). Setelah diketahui dua besaran tersebut maka BMI dapat dihitung dengan menggunakan rumus BMI.  BMI dihitung dengan cara membagi besaran berat badan dengan kuadrat tinggi badan. Rumus menghitung BMI adalah sebagai berikut.

 

Rumus menghitung BMI body mass indeks

 

BMI merupakan angka indeks dan bukan merupakan besaran standar sehingga satuan kg/m2 tidak perlu ditulis.

 

Status Berat Badan Berdasarkan BMI

Interpretasi status berat badan berdasarkan angka BMI adalah sebagai berikut.

– BMI kurang dari 18,5 artinya berat badan kurang

– BMI antara 18,5 sampai 24,9 artinya berat badan normal atau ideal

– BMI antara 25,0 sampai 29,9 artinya kelebihan berat badan

– BMI 30,0 atau lebih artinya kegemukan atau obesitas

Orang yang terlalu kurus atau terlalu gemuk memiliki resiko lebih tinggi mengalami gangguan kesehatan tertentu dibandingkan dengan orang dengan berat badan normal. Orang yang kurang berat badannya atau terlalu kurus disarankan untuk cara cek bmi menaikkan berat badannya sampai kisaran berat badan ideal. Sebaliknya orang dengan berat badan berlebihan atau kegemukan (obesitas) disarankan berupaya untuk menurunkan berat badannya sampai kisaran berat badan ideal.

 

Keterbatasan cara cek bmi Penggunaan BMI

Penggunaan BMI untuk menginterpretasi status berat badan orang dewasa sebenarnya memiliki beberapa kelemahan, antara lain:

 

BMI tidak mempertimbangkan faktor umur sehingga cenderung terlalu kecil untuk orang lanjut usia. BMI tidak mempertimbangkan faktor massa otot sehingga cenderung terlalu besar bagi olahragawan yang berotot misalnya binaragawan. BMI tidak mempertimbangkan faktor jenis kelamin, sehingga mungkin terlalu besar bagi sebagian pria. BMI tidak mempertimbangkan faktor bentuk rangka tubuh, sehingga cenderung berbeda untuk setiap populasi misalnya postur orang Asia berbeda dengan postur orang Eropa dan Afrika. cara cek bmi BMI tidak bisa digunakan untuk orang dengan cacat fisik tertentu, misalnya pada orang yang tidak memiliki kaki.

BMI tidak berlaku untuk wanita hamil.

Cara Menentukan Berat Badan Ideal Berdasarkan BMI Ideal

Berdasarkan rumus untuk menghitung BMI tersebut di atas, maka dapat diturunkan rumus untuk menentukan berat badan ideal berdasarkan BMI ideal sebagai berikut.

 

Rumus menghitung berat badan ideal berdasarkan BMI ideal

 

Contoh Cara Menghitung BMI dan Cara Menentukan Berat Badan Ideal Berdasarkan BMI Ideal

Budi memiliki berat badan 80 kg dan tingginya 170 cm maka BMI Budi = (80)/(1,7 x 1,7) = 80/2,89 = 27,68. Berdasarkan kriteria status berat badan maka BMI Budi berada diantara 25,0 dan 29,9 yang atinya Budi memiliki kelebihan berat badan.

Untuk mendapatkan berat badan ideal maka BMI Budi minimal 18,5 dan maksimal 24,9. Dari rumus berat badan ideal berdasarkan BMI ideal maka dapat dihitung berat ideal Budi adalah sebagai berikut.

Berat ideal minimal = 18,5 x (1,7 x 1,7) = 53,46 kg

Berat ideal maksimal = 24,9 x (1,7 x 1,7) = 71,96 kg

Jadi untuk mendapatkan berat badan Ideal Budi harus menurunkan berat badannya minimal 8,04 kg (80 dikurangi 71,96).

 

Gunakan kalkulator BMI di bawah ini untuk menghitung kategori kesehatan BMI Anda berdasarkan berat dan tinggi badan:

 

 

 

BMI kalkulator menggunakan kategori berat badan dengan skor BMI Anda sebagai berikut:

 

        Under weight = kurang dari 18,5

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


        Normal weight = 18,5-24,9

        Weight = 25,0-29,9

        Obesitas = 30,0 atau lebih besar

       

 

Apa itu cara cek bmi BMI?

 

Body Mass Index (BMI) merupakan indeks berat badan dalam kaitannya dengan tinggi. Sementara BMI bukan merupakan ukuran lemak tubuh, dianjurkan sebagai cara yang lebih akurat untuk menilai kegemukan tubuh dari mengukur berat badan saja.

 

Secara umum, orang dengan BMI di kisaran normal memiliki risiko kesehatan terendah.

 

Namun, lebih tinggi BMI tidak selalu berarti bahwa seseorang memiliki terlalu banyak lemak. Meskipun BMI berkorelasi dengan tingkat lemak tubuh, itu bukan alat yang sempurna untuk mengevaluasi risiko kesehatan yang berhubungan dengan obesitas. Misalnya, atlet mungkin memiliki cara cek bmi BMI yang lebih tinggi dari normal karena mereka memiliki lebih banyak otot dan dengan demikian berat badannya lebih dari rata-rata orang.

 

Pada saat yang sama, BMI yang lebih rendah dari normal biasanya dikaitkan dengan hal kerampingan yang ekstrim atau, dalam kasus yang lebih buruk adalah kekurangan gizi atau bahkan kelaparan.

 

01/01/2016   Gaya Hidup Sihat   0 Komentar

Selamat Tahun Baru 2016

Sekali lagi kita diberi peluang untuk membuat azam tahun baru. Bagaiman dengan pencapaian azam tahun 2015? Sama dengan tahun 2014?

 

Jadikan tahun 2016 tahun anda.

 

Pecahkan kitaran azam tahun baru yang tidak munasabah yang membuat anda gagal berulang kali, seperti hendak ke gim setiap hari sedangkan anda tidak pernah ke gim selepas tamat pengajian di kolej atau universiti. Yang menyebabkan lebih 80% daripada kita berputus asa dan melupakan azam kita dalam masa tiga bulan.

 

Pakar bersetuju bahawa ia adalah penting untuk mengenal pasti apa yang anda benar-benar mahu ubah dalam kehidupan anda sebelum mengambil langkah mudah dan mampu diurus untuk meletakkan sasaran dalam jangkauan.

 

Untuk pelan tindakan kesihatan yang lebih berjaya; Lawati Tabiat Baik Untuk Tahun Baru

 

LAGI>>>

17/11/2015   Berita   0 Komentar

WHO Lancar Kempen Penggunaan Antibiotik Yang Lebih Baik

Kempen peringkat antarabangsa untuk menggalakkan penggunaan antibiotik yang lebih baik dilancarkan oleh WHO pada Minggu Kesedaran Antibiotik Dunia ( 16 hingga 22 November).

 

Acara tersebut adalah untuk mengingatkan kita semua bahawa ketahanan terhadap antibiotik semakin meningkat. Ia juga menekankan kepentingan mengurangkan penggunaan antibiotik.

 

Cek Body Mass Index (BMI)

 

cek body mass index bmiCek Body Mass Index –  Body Mass Index atau BMI adalah salah satu cara yang digunakan untuk mengukur kenormalan berat badan seseorang berdasarkan ketinggian tubuhnya. Dalam Bahasa Indonesia, Body Mass Index disebut dengan Indeks Massa Tubuh atau disingkat cara cek bmi dengan IMT. BMI merupakan cara cek bmi parameter yang biasa digunakan untuk mengetahui lemak tubuh pada pria maupun wanita dewasa. Penghitungan BMI ini sangat simple dan hanya berdasarkan berat badan dan tinggi badan. BMI merupakan parameter yang diterima secara luas baik oleh dokter klinis maupun para peneliti.

 

Kenapa kita harus cek body mass index BMI?  Berat badan yang berlebihan atau obesitas dapat meningkatkan risiko timbulnya berbagai penyakit seperti Diabetes (kencing manis), Serangan Jantung, Hipertensi, Asam urat, kolesterol tinggi dan juga kesulitan tidur nyenyak karena gangguan pernapasan. Oleh karena itu, mengetahui Indeks BMI tubuh kita merupakan hal yang penting agar kita dapat menjaga berat badan kita selalu pada kondisi yang ideal sehingga dapat menurunkan risiko timbulnya penyakit-penyakit yang dikarenakan oleh Obesitas ini. Berikut ini rumus menghitung Body Mass Index atau BMI anda yang bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa melakukan cek ke dokter atau puskesmas, dengan rumus:

 

BMI = Berat Badan anda (Kg) / Tinggi Badan (M) x Tinggi Badan (M)

 

Contoh perhitungan cek Body Mass Index BMI dapat dihitung dengan rumus di atas, misalnya berat badan anda 50 kg, dan tinggi badan anda 150 cm (1,5 m), maka BMI Anda dapat dihitung dengan 50/1,5 x  1,5 sama dengan 22,22.

 

Contoh kasus lain, Berat badan anda adalah 65kg dan Tinggi Badan anda adalah 1,70 (170cm). Berapakah Indeks Massa Tubuh atau BMI anda ? perhitungan BMI = 65kg / (1,70 x 1,70) maka hasilnya adalah BMI = 22,49 → Normal.

 

Untuk mengetahui kesimpulan dari nilai BMI, selanjutnya kita mencocokan dengan tabel Indeks Massa Tubuh berikut ini berdasarkan Departemen Kesehatan RI yang dibagi menjadi Kategori yaitu kategori BMI untuk Laki-laki dan kategori BMI untuk Perempuan. cara cek bmi

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.