berat ideal

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Berat badan ideal perlu tetap dijaga karena tiga alasan.

 

Pertama, agar tidak menimbulkan berbagai penyakit berat ideal metabolik. Kedua, tidak mencetuskan kejadian penyakit yang sudah ada, dan ketiga, menghindari kematian prematur (premature death).

 

Selain membuat penampilan jadi lebih menarik, menjaga berat badan juga bisa membuat Ibu makin sehat lho. Yang menyehatkan itu tidak gemuk, tapi juga tidak kurus, melainkan ideal. Berat badan ideal bisa dihitung dengan rumus BMI (body mass index), yaitu berat badan (kilogram) dibagi pangkat dua tinggi badan (meter). Jika indeksnya berkisar antara 18,5-23, tergolong ideal.

 

Atas dasar patokan itulah kita dapat menjaga agar berat badan kita tetap di sekitar BMI 18.5-23. Apabila indeks BMI melebihi nilai ideal, berarti yang dimakan melebihi berat ideal kebutuhan tubuh. Karena itu, porsi makan sebaiknya dikurangi.

 

Baca juga: Panduan Porsi Makan Tepat Penunjang Gaya Hidup Sehat

 

Sebaliknya apabila indeks BMI kurang dari ideal, berarti asupan kalori lebih kecil dari yang dibutuhkan tubuh. Dengan cara menambah dan mengurangi porsi makan, kita dapat senantiasa menjaga agar kita memiliki berat badan ideal.

 

Faktor risiko pemicu

 

Berat badan merupakan salah satu faktor risiko untuk sejumlah penyakit metabolik, darah tinggi, kencing manis, kelebihan lemak darah. Namun, menjaga berat badan ideal tidak mudah. Pola makan dan gaya hidup sering memicu orang menjadi gemuk. Itu juga terjadi karena sukar mengerem nafsu makan yang berlebihan serta pilihan menu yang tinggi kalori. Gorengan, menu berlemak, dan daging merah adalah menu harian modern yang cenderung kelebihan kalori. Jadi memang ada benarnya kalau orang berbadan gemuk lebih memikul risiko penyakit yang lebih besar dibanding orang yang tidak gemuk.

 

Dalam bahasa medis, umur manusia ditentukan oleh lingkaran ikat pinggang dan kondisi pembuluh darah tubuhnya. Ukuran lingkar pinggang normal pria kurang dari 90 centimeter dan wanita kurang dari 80 cm. Demikian pula bila kondisi pembuluh darahnya sudah berkarat lemak (plaque). Lingkar ikat pinggang dan pembuluh darah tubuh yang berada dalam keadaan normal akan memperbesar potensi seseorang berumur panjang. Sebagian besar pemicu kematian prematur adalah masalah kelebihan berat badan.

 

Makan tertib berjadwal

 

Solusi terpenting agar mendapatkan berat badan yang ideal adalah menata menu dan menjaga asupan makanan harian. Orang sering kali sangat membatasi porsi makanan utamanya, namun lupa kalau jajanan pun dapat memberikan kalori berlebihan. Banyak orang tidak berat ideal memperhitungkan kalori dari gorengan, minuman ringan, permen, teh bergula, dan segala yang serba manis, dan yang berlemak.

 

Baca juga: Pilihan Snack Lezat Rendah Kalori

 

Selain memilih menu yang tidak tinggi kalori, waktu makan pun perlu terjadwal. Lambung yang hanya bekerja pada jam-jam tertentu sebaiknya diperhatikan. Rasa lapar yang tak terjadwal akibat waktu makan kapan saja dan sembarang waktu, sering mengacaukan selera makan alami. Tuhan sudah memberikan perangkat yang mengatur secara alami kapan saatnya tubuh perlu diisi makanan, dan kapan tidak memerlukannya lagi.

 

Namun kebanyakan orang modern memiliki nafsu makan yang kacau akibat memiliki jam makan yang tidak teratur. Ada segelintir orang yang makan kendati tidak merasa lapar. Akibatnya, pola makan terganggu. Porsi makan yang cenderung melebihi kebutuhan juga tidak baik, meski dengan alasan pilihan menu yang serba nikmat.

 

Semakin lezat suatu menu atau jenis makanan tertentu, semakin tidak menyehatkan lantaran umumnya tergolong jenis makanan yang tinggi kalori. Contohnya yang serba digoreng tentu lebih lezat dibanding yang dikukus. Padahal yang digoreng jauh lebih tinggi kandungan kalorinya dibanding yang dikukus.

 

Perbanyak serat

 

Menjaga berat badan agar tetap ideal juga bisa dilakukan dengan cara memperhitungkan jenis dan jumlah asupan yang kita konsumsi. Kebanyakan orang lebih mengejar nikmatnya kelezatan di lidah. Kalau itu terus dituruti, maka yang memikul akibat buruknya kemudian tentu tubuh kita sendiri. Kelebihan kalori dari pilihan makanan yang tinggi kalori akan meninggikan lemak dalam darah. Lemak tinggi dalam darah sumber penyakit metabolik.

 

Selain tertib jadwal makan dan pilihan menu yang menyehatkan, nafsu makan pun perlu dijaga. Tubuh sendiri akan memberikan sinyal kapan saatnya makan, dan kapan saatnya tidak perlu diisi makanan lagi. Pemandunya adalah rasa lapar dan rasa kenyang. Secara alami kita dapat mengendalikan selera makan ke arah yang menyehatkan bila mau mendengar sinyal tubuh kita sendiri. Hanya makan bila sedang merasa lapar, dan tidak makan apa-apa lagi kalau sudah tidak lapar.

 

Rasa lapar bisa ditolong dengan lebih banyak mengonsumsi menu berserat tinggi dengan kalori rendah. Buah dan sayur di antaranya. Selain kaya akan serat, buah dan berat ideal sayur kaya pula akan vitamin dan mineral. Rasa lapar akan hilang karena mengkonsumsi menu berserat. Ada berbagai tips menurunkan berat badan atau tips cara cepat menurunkan berat badan yang bisa kita temukan di berbagai situs, namun alangkah baiknya cara yang tepat adalah dengan menerapkan langsung ya, Bu.

 

 

 

Mencari sesuatu?

Kirim

Artikel Terkait

©shutterstock

Pertahankan Berat Badan Ideal Dengan Aneka Roti Sehat

Jangan salah, tidak semua roti mengandung karbohidrat tinggi lho.

 

Selengkapnya

0 Likes 0 Shares

 

Olahraga yang Sesuai Untuk Menurunkan Berat Badan

Aktivitas fisik seringan apapun tentu mengeluarkan energi. Namun seberapa besar energi […]

 

Selengkapnya

0 Likes 0 Shares

 

Memahami Porsi Makan Sesuai Usia

Tumbuh-kembang setiap anak tidak bisa dipisahkan berat ideal dengan sikap ibu dalam memberikan […]

 

Selengkapnya

0 Likes 0 Shares

Terbaru

 

Aneka Sambal Khas Nusantara dari Penjuru Indonesia

Jika Ibu penggemar makanan pedas, maka Ibu wajib mengetahui aneka resep sambal lezat […]

 

Selengkapnya

0 Likes 0 Shares

 

Aneka Resep Kue Tradisional Berbahan Dasar Tepung Tapioka

Kue tradisional perlu dilestarikan agar tetap digemari orang dan kembali mengingatkan […]

 

Selengkapnya

0 Likes 0 Shares

 

Tepung Maizena, Rahasia Sukses Membuat Kue Kering yang Renyah

Rahasia sukses membuat kue kering yang lezat adalah dengan menggunakan tepung maizena […]

 

Selengkapnya

1 Likes 0 Shares

 

Pintar dan Cerdas Beda Lho Bu, Ini Perbedaanya

Banyak orang mengaitkan kata pintar dan cerdas. Kata pintar dan cerdas memang merupakan […]

 

Selengkapnya

0 Likes 0 Shares

Dapatkan resep masakan terbaik untuk keluarga tersayang di sini. Dengan berat ideal bergabung dan menjadi Sahabat Nestlé!

Hanya dengan registrasi dan melengkapi data Anda, ada jutaan manfaat yang akan kami berikan untuk Anda!Kunjungi kami di media sosial

Kesehatan

 

Kesehatan Pria & Wanita

Kesehatan Ibu Hamil

Kesehatan Anak

Info Obat-Obatan

Menu Sehat

 

The ChefMenu DietResep Makanan SehatGizi Anak & BalitaRancang Menu

Gaya Hidup Sehat

 

Olah RagaParentingLingkungan Sehat

Bantuan Website

 

FAQ

© 2016 Hak Cipta oleh PT Nestlé Indonesia dilindungi undang-undang. Tidak diperkenankan mengambil materi/isi website dan mempublikasikan dalam bentuk berat ideal apapun tanpa izin tertulis dari PT Nestlé Indonesia. Saran, komentar, dan pertanyaan mengenai website ditujukan ke [email protected] atau kontak kami.

Nestlé Consumer Services

Senin – Minggu

Jam 08:00 – 24:00 WIB

+6280018-21028

Privacy Policy

 

 

 

KUMPULAN ARTIKEL BERBAHASA INDONESIA

Gudangnya Beragam Artikel

 

Bisnis 100% Tanpa Modal

KAMIS, 29 DESEMBER 2011

Berat Badan yang Ideal

Memiliki badan yang ideal merupakan keinginan banyak orang. Dengan memiliki badan yang ideal mereka merasa lebih pede (percaya diri) dalam beraktivitas. Berikut adalah cara mengukur berat badan ideal dalam tubuh seseorang.

Untuk mengukur gemuk atau kurus badan seseorang digunakan dua rumus, yaitu :

  1. Berat badan ideal = tinggi badan – 110
  2. Berat badan ideal = (tinggi badan – 100) – 10%(tinggi badan – 100)

Dari kedua rumus, maka cara dengan rumus nomor dua lebih mendekati ideal.

Berat badan yang ideal adalah jika lemak dalam lemak tubuh seseorang 15 – 30% dari berat badannya. Kalau jumlah lemak kurang dari 15% tergolong kurus, sedangkan kalau lebih dari 30% tergolong gemuk. Ukuran ini dipakai untuk laki-laki, sedang untuk wanita karena mempunyai bagian-bagian lemak seperti buah dada, pinggul dan lain-lain maka ukuran kegemukan pada wanita ditambah menjadi 35%.

Misal:

Tinggi badan : 180 cm

Berat badan : 65 Kg

Berat badan ideal = (TB – 100) – 10% (TB – 100)

= (180 – 100) – 10% (180 – 100)

= 80 – (10% x 80)

= 80 – 8

= 72 Kg

Selisih = 72 – 65 = 7 Kg

Kesimpulan :

Diketahui bahwa berat badan adalah 65 Kg, sedangkan berat berat ideal badan ideal berdasarkan perhitungan adalah 72 Kg. Berdasarkan perbedaan tersebut dapat diketahui bahwa berat badan kurus 7 Kg.

 

 

ID:5133 – KHUSUS 10 PENDAFTAR PERTAMA HARI INI – http://www.semuakaya.com – MUDAH & CEPAT HASILKAN 2/5JT DLM 24 JAM

ID:6000 – BIBIT DAN STEK ANGGUR BERAGAM JENIS – http://www.herdinbisnis.com/2011/02/anggur-di-situbondo-setidaknya-ada.html – Jual Bibit anggur beragam jenis (sampai 12 jenis) beragam warna (item, merah & i

Ads Powered by:KumpulBlogger.com

Anda mungkin juga meminati:

Makanan yang Membantu Menurunkan Berat Badan

Cara Menurunkan Berat Badan di Berbagai Belahan Dunia

9 Faktor yang mempengaruhi Kebugaran Jasmani

Manfaat Tidur tanpa Mengenakan Pakaian

Linkwithin

Diposkan oleh K-A-B-I di 23.54

Kirimkan Ini lewat Email

BlogThis!

Berbagi ke Twitter

Berbagi ke Facebook

Bagikan ke Pinterest

 

Label: berat badan ideal

1 komentar:

 

Ace Maxs10 April 2015 21.29

terimakasih bro buat informasinya.. mantab deh bro..

 

http://herbalkuacemaxs.com/pengobatan-herbal-jantung-lemah-terbaik/

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


 

Balas

 

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Langganan: Poskan Komentar (Atom)

ID:5133 – KHUSUS 10 PENDAFTAR PERTAMA HARI INI – http://www.semuakaya.com – MUDAH & CEPAT HASILKAN 2/5JT DLM 24 JAM

ID:6000 – BIBIT DAN STEK ANGGUR BERAGAM JENIS – http://www.herdinbisnis.com/2011/02/anggur-di-situbondo-setidaknya-ada.html – Jual Bibit anggur beragam jenis (sampai 12 jenis) beragam warna (item, merah & i

Ads Powered by:KumpulBlogger.com

PENGIKUT

 

MENGENAI SAYA

Foto saya

K-A-B-I

Lihat profil lengkapku

366513

LINK EXCHANGE

Copy Link Ini

 

<a href=’http://bedande.blogspot.com/’><blink>Kumpulan Artikel berat ideal Berbahasa Indonesia</blink></a>

 

LINK

Dangdut-Koplo.com

 

ARSIP BLOG

►  2012 (59)

▼  2011 (36)

▼  12/25 – 01/01 (36)

Dangdut Koplo : “download mp3 dan video”

Anggapan Menyesatkan tentang Seputar Keperawanan W…

Variasi dalam Foreplay

Titik Erotis pada Wanita

Payudara Besar, Tegang ke Atas, Bulat Semangka, As…

Apa Saja yang Dapat Merusak Kenikmatan Kehidupan S…

Pengertian Persepsi

Hal Sepele yang Merusak Momen Bercinta

“Makanan dapat Membangkitkan Gairah Seks ?”

Bagaimana Cara Meningkatkan Produksi Sperma ?

Stress dan Penyebabnya

Langkah Praktis Menjaga Kesehatan Rambut

Apa sih Sebenarnya Rasa Nyeri?

Berat Badan yang Ideal

Asal Mula Doping

Ketombe dan Penyebabnya

Manfaat Melakukan Joging yang Benar

Apa Sih “Menguap” Itu ?

Overtraining Syndrome

Bagaimana Menanam Lombok di Polibag ?

Seni Grafis

Ragam Musik di Asia

Seni Patung

Pengertian Seni

Bagaimanakah Cara atau Langkah – Langkah Mengarang…

Apa itu Haid ?

Fungsi Bahasa

Fungsi Penilaian dalam Pendidikan Jasmani

Apakah Permainan Sepaktakraw Itu ?

Pengertian Pijat atau Massage

Nilai – Nilai Filsafat dalam Pencak Silat

Pengertian dari ”Kebugaran Kardiovaskuler”

9 Faktor yang mempengaruhi Kebugaran Jasmani

Penjelasan Mengenai Kebugaran Jasmani

“Model Pembelajaran dengan Pendekatan Taktik”

PENGERTIAN SOSIOLINGUISTIK

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger…

Template Jendela Gambar. Gambar template oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.

 

 

Mendidik dengan Hati

HOME

BIOLOGI

FISIKA

FENOMENA ALAM

KESEHATAN

DAFTAR ISI

Home » Kesehatan » Rumus berat badan ideal

Rumus berat badan ideal

 

 

 

Rumus berat badan ideal– Berta badan merupakan salah berat ideal satu indikasi dalam tolak ukur seseorang sehat atau apakah ideal, walaupun masih memerlukan indikasi lain selain berat badan. Bagaimana cara mengetahui berat badan ideal kita? Inilah uraian penjabarannya!

Rumus berat badan ideal

Sudah bukan rahasi lagi dengan memiliki berat badan ideal serta bentuk tubuh proporsional adalah dambaan untuk setiap orang baik pria maupun wanita. Oleh karena itu tak heran banyak yang rela melakukan diet apapun smapai yang alami sampai operasi atau sedot lemak yang sangat berisiko sekali, pokoknya apapun agar badan mereka ideal. Untjuk menghitung ebra badan ideal biasanya dihitung dengan rumus yang tetap berdasar pada tinggi badan. Pastinya memiliki berat badan yang ideal akan sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan kita selain untuk penampilan.

 

Cara menghitung berat badan ideal menggunakan beberapa rumus yang berdasar rumus standar kesehatan yang dapat digunakan. Ada rumus konvensional biasa, kemudian Rumus Brocha, hingga Rumus BMI. Ini adalah uraian penjelasannya:

  1. Rumus Brocha

Rumus menghitung berat badan ideal pria

Berat badan ideal pada pria = (Tinggi badan(cm) – 100) – (10% x Tinggi badan – 100)

Sebagai contoh, jika seorang pria mempunyai tinggi badan 180 cm, maka berat badan idealnya adalah :

(180 – 100) – (10% x Tinggi badan – 100) = 72 Kg

Dengan demikian kita sudah bisa memperkirakan apakan berat badan kita sudah cukup ideal atau belum. Bagi yang mempunyai berat badan kurang atau berlebih tetap semangat berat ideal untuk mendapatkan berat badan ideal sesuai tinggi badan anda. Yang paling penting sehat dari luar dan dalam. Buah apa toh BB ideal tapi penyakitan.

 

Rumus menghitung berat badan ideal wanita

 

 

style=”background: white; line-height: 150%; margin-bottom: 17.6pt; mso-add-space: auto; text-align: justify;”> Berat badan ideal wanita (kg) = (Tinggi badan(cm) – 100) – (15% x Tinggi badan – 100)

Sebagai contoh, jika seorang wanita mempunyai tinggi badan 170 cm, maka berat badan idealnya adalah:

(170 – 100) – (15% x Tinggi badan – 100) = 59.5 kg

Penggunaan persentasi 15% bisa diganti dengan 10% dengan syarat apabila sudah merasa sehat dan bugar. Sehat disini dalam artian tidak mudah lelah, tidak gampang sakit.

 

  1. Rumus BMI (Body Mass Index)

Body Mass Index (BMI) atau Index Massa Tubuh (IMT) adalah perhitungan berat badan ideal yang dapat digunakan sebagai salah satu rujukan untuk menghitung berat badan.

 

IMT(BMI) = Berat Badan (Kg) / (Tinggi badan (m) x Tinggi badan(m)

Misalnya: BMI = (45) / (1.65) x (1.65) = 16.5

 

Nilai di atas merupakan indeks, maka selanjutnya masukkan kriteria hasil tersebut ke dalam kategori yang mana menutut IMT/BMI versi World Health Organisation (WHO):

BMI < 18.5 = underweight atau berat badan kurang, anda disarankan untuk meningkatkan olahraga dan makan makanan dengan pola foodcombining.

BMI 18.5 – 22.9 = berat badan ideal, sangat bagus tetap dipertahankan.

BMI 23 – 24.9 = masuk kategori ideal, akan tetapi kategori ini masuk ke dalam kategori warning, sehingga anda perlu untuk menjaga pola makan dan perbanyak olahraga.

BMI 25 – 29.9 = kondisi berat badan memasuki batas obesitas, segera bulatkan tekad untuk mulai program diet.

BMI >= 30 = anda sudah termasuk kategori obesitas, berbagai penyakit siap menghampiri anda. Segera terapkan program diet lebih serius untuk mengatasinya.

Itulah uraian sekilas tentang Rumus berat badan ideal. Semoga berguna. Selalu jaga kesehatan ya! Terimaksih atas kunjungan ke blog ini!

 

 

Share ke:FacebookGoogle+Twitter

 

 

Artikel Terkait Rumus berat badan ideal :

Ciri-ciri mata minus dan penyebabnya

Pak Mono aka mengupas ciri-ciri mata minus dan penyebab mata minus. Saya sendiri memiliki mata minus. Mata sebelah kanan minus 1,25 dan mata yang se …

Kelenjar getah bening di leher bengkak

Kelenjar getah bening di leher bengkak– Tahukah kalian di dalam tubuh selain selain ada sistem peredarah, ada juga sistem peredaran yang lain, yak,,, …

16 ciri ciri gejala tipes, pengobatan dan makanan yang dianjurkan

Ciri ciri gejala tipes – Penyebab penyakit tipes ini disebabkan oleh bakteri yang bernama Salmonella thypti. Bakteri ini menyerang usus sehingga usu …

4 buah yang mengandung vitamin e terbanyak

buah yang mengandung vitamin e terbanyak- Siapa yang ingin kulitnya awet muda, kencnag, kenyal dan sehat? Pasti memiliki kulit halus, sehat adalah d …

Salah satu penyakit mahasiswa adalah suka tidur di kost

Tidur merupakan obat dari segala ngantuk. Kalau ngantuk enaknya tidur kan? Tapi kalau tidur berlebihan ya gak sehat. Ehem,,,, judul di atas berdasar …

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

 

Cari disini..

 

TAMBAH PENGETAHUAN

Mengapa suhu di planet Venus paling tinggi?

Mengapa ikan di kutub dapat bertahan hidup?

Mengapa warna langit terlihat biru?

Mengapa orang di Arab jarang berkeringat?

Mengapa bentuk pelangi selalu setengah lingkaran?

 

 

KATEGORI

Agama

Bahasa Indonesia

Bahasa Inggris

Biologi

Biologi Kelas X

Biologi Kelas XI

Biologi Kelas XII

Biologi SMP

Cerita Pak Guru

Ekonomi

Fenomena alam

Fisika

Fisika Kelas X

Fisika Kelas XI

Fisika Kelas XII

Fisika SMP

Geografi

Guru Profesional

IPS

kata bijak

kata cinta

Kesehatan

Kimia

matematika

Mencari Cinta

Model Pembelajaran

Olahraga

Pendidikan

Pertanyaan sehari-hari

Seni

Sumber Vitamin

Teknologi

Tips sehari-hari

Ungkapan Sedih

HALAMAN

About Me

Contact

Disclaimer

Daftar Isi

Privacy Policies

 

Copyright © PakMono.Com

 

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.