berat badan ideal anak

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Mendeteksi Gizi Buruk dengan berat badan ideal anak Berat Badan Ideal Anak Balita

 

DESEMBER 30, 2008 31 KOMENTAR

Polewali Mandar Sulawesi Barat @arali2008–Tulisan ini ditulis ketika seorang teman yang bekerja di Puskesmas menanyakan sulitnya memantau semua berat badan anak balita yang menjadi tanggung jawabnya di wilayah kerja,  Ketika teman tersebut Ke posyandu tidak semua ibu-ibu yang mempunyai balita datang di Posyandu untuk dipantau berat badannya, hanya 35-65 % anak balita yang datang, Selebihnya (35%) tidak datang, tiba-tiba tiga bulan kemudian  salah satu dari balita yang tidak datang berat badan ideal anak menderita gizi buruk.  Kepada penulis  teman dari Puskesmas tersebut  menanyakan lebih lanjut tentang berat badan ideal anak balita. “Yach! Cara praktis mendeteksi Gizi Buruk  bisa dengan menghitung berat badan ideal anak balita, ada rumus praktisnya.” Berikut ini tulisan pedoman praktis untuk menentukan berat badan ideal yang sering penulis pergunakan dalam kegiatan-kegiatan pelayanan gizi dan kesehatan.

Berat Badan Ideal Orang Dewasa

 

Anda mungkin sudah tahu cara menentukan Berat Badan Ideal orang dewasa, yaitu dengan menggunakan rumus  : Berat Badan Ideal = Tinggi Badan – 100. Atau lebih jelasnya dengan rumus sebagai berikut

slide3

 

misalnya Tinggi Badan (TB) 160 cm maka di dapat adalah berat badan normal 60 kg, dimana idealnya berada diantara 54 Kg sampai dengan 66 kg. Di bawah 54 kg  atau dibawah 10% dikatakan kekurangan Berat Badan dan diatas 66 kg  atau diatas 10% dikatakan kelebihan Berat Badan.  Selanjutnya untuk membandingkannya dengan berat badan aktual (real) anda  yang biasa diistilahkan dengan Berat Badan Realatif (BBR) yaitu BB Aktual dibagi dengan BBI dikali 100 %. Hasilnya bisa berat badan ideal anak menunjukkan Anda  kekurangan (nilai BBI < 90 %) atau anda kelebihan BB (nilai BBI >110%).

Rumus ini adalah rumus standar yang kadang hasilnya sebelum dijadikan pedoman kepada induvidu terlebih dahalu disesuaikan dengan jenis kelamin, massa otot, suku bangsa dan penyesuaian lain. Tetapi anda harus tahu rumus ini tidak berlaku untuk anak balita. Rumus diatas hanya berlaku untuk induvidu yang berusia diatas 15 tahun keatas.

Disamping menentukan berat badan ideal untuk orang dewasa seperti diatas, Keadaan berat badan orang dewasa atau status gizi orang dewasa bisa juga menggunakan Indeks Massa Tubuh (IMT) keluaran Depkes RI yaitu dengan menggunakan rumus

slide1

 

Dimana BB= berat badan (kg)

TB = tinggi badan dikuadratkan (TB x TB) dalam meter

Inteprestasi Status gizi berdasarkan IMT adalah

Kurus tingkat Berat jika nilai IMT <17.0

Kurus tingkat Ringan Jika nilai IMT berada diantara 17.0- 18.4

Normal jika nilai IMT berada diantara 18,5 – 25.0

Gemuk tingkat Ringan Jika IMT berada 25,1 -27.0

Gemuk tingkat berat jika nilai IMT berada  >27

Berat Badan Ideal Balita (0-5 tahun)

 

Sementara itu rumus yang dipergunakan untuk berat badan ideal anak anak balita  ( bisa juga digunakan sampai dengan usia 10 tahun) adalah

slide4

 

Cara menggunakannya dicontoh sebagai berikut : Contoh pertama : anak balita usia 14 bulan, sebelum usia balita ini dimasukan rumus terlebih dahulu usia 14 bulan diuraikan menjadi tahun dan bulan yaitu 1 tahun 2 bulan dimana 1 tahun adalah 12 bulan. Karena n adalah usia dalam tahun dan berat badan ideal anak bulan maka 1 tahun 2 bulan ditulis dengan 1,2 ( dibaca 1 tahun 2 bulan). Selanjutnya baru dimasukan kedalam rumus yaitu = (2 x 1,2) + 8 = 2,4 + 8 = 10,4 Jadi hasilnya Berat Badan Ideal untuk anak balita usia 14 bulan adalah 10,4 kg. contoh pertama diatas sangat praktis, tapi hati-hati, agak sedikit rumit seperti contoh kedua dibawah ini

Contoh kedua: Anak balita usia 2 tahun 10 bulan, seperti diatas ini ditulis dengan n=2,10 dan selanjutnya dikali dengan 2 (sebagaimana rumus 2n) jadi hasilnya adalah 4,20. Hasil ini jangan langsung ditambah dengan 8, karena 4,20 diartikan 4 tahun 20 bulan, 20 bulan artinya 1 tahun 8 bulan, jadi 4,20 berubah menjadi 5,8, baru kemudian ditambah dengan 8 maka Berat badan Idealnya adalah 13,8 kg.

Untuk Berat badan ideal bayi usia 1-12 bulan dapat menggunakan rumus sebagai berikut:

  1. Untuk usia 1-6 bulan dapat menggunakan rumus :

BBL(gr) +(usia x 600 gram)

 

  1. Untuk usia 7-12 bulan dapat menggunakan rumus
  2. BBL (gr) + (usia x 500 gram )

 

  1. (usia/2) +3

 

dimana : BBL adalah Berat Badan Lahir Usia dinyatakan dalam bulan

Intepretasi Berat Badan berat badan ideal anak Ideal Anak Balita.

 

Sebagaimana halnya dengan intepretasi Berat Badan Ideal Orang dewasa (usia 15 tahun keatas) adalah +10 % BBI ini juga dapat berlaku untuk BBI anak balita. Dimulai dari kisaran normalnya yaitu rumus diatas = (2n +8 ) + 10% (2n+8).  Orang tua perlu hati-hati bila presentase Berat Badan Real telah berada dibawah atau diatas 20 % dapat dikatakan bahwa anak balita tersebut mempunyai keadaan gizi yang tidak seimbang, Bila berada diatas 20 % anak balita bisa dikatakan kegemukan dan bila berada di bawah 20 % bisa dikatakan kurang gizi dan bisa berlanjut ke Keadaan gizi buruk  untuk balita/anak dan busung lapar untuk orang dewasa.

bb-anakSebenarnya untuk mengukur Berat Badan Normal anak balita sudah ditentukan secara internasional yaitu dengan menggunakan standar WHO-NCHS atau juga bisa dengan melihat Kartu Menuju Sehat  (KMS) tumbuh kembang balita, seperti terlihat pada gambar disamping, setiap anak berat badan ideal anak mempunyai pola pertumbuhan dan perkembangan berat badan ideal (baik), yang penting adalah bertambah umur bertambah berat badan dan pola terlihat jelas, tidak tiba-tiba naik  berat badan bulan ini, bulan berikutnya  turun lagi  kemudian naik lagi. Cara diatas menentukan BBI anak balita hanya cara praktis yang bisa langsung digunakan tampa harus melihat pedoman seperti pada standar WHO-NCHS atau juga kartu menuju sehat yang biasa dilihat di posyandu.

Cara Praktis untuk mendeteksi Gizi Buruk

 

Jadi ketika anak balita diwilayah kerja ada yang tidak datang untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan Berat Badannya. Petugas hanya mempunyai data umur anak dan hasil timbangan Berat Badan bulan-bulan sebelumnya. Masukanlah umur balita tersebut kedalam rumus diatas, hasilnya pada bulan tersebut  anak balita  telah mempunyai data Berat Badan Idealnya. Selanjutnya tanyakan pada ibu-ibu balita yang datang atau bandingkan dengan  ciri-ciri keadaan anak balita  normal seumurnya dengan kisaran berat badan idealnya yang datang di posyandu, jika keadaanya sampai dibawah 30% Berat idealnya. Anda Harus cepat bertindak, Jika tidak Anda akan menemukan balita tersebut gizi kurang dan memungkinkan atau berlanjut kepada gizi buruk.

Demikian, salah satu cara sederhana  upaya untuk menemukan dan menurunkan kasus gizi buruk pada anak dan busung lapar pada orang dewasa, semoga bermanfaat.

………………………………………………………………………………………………………

Artikel Terkait

Masalah Gizi Buruk dan Tanda-Tanda Klinisnya

Investigasi dan Intervensi Gizi Buruk

Nafsu Makan dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya

Pola Pertumbuhan Berat Badan Ideal Anak Balita

Menghitung Berat Badan Ideal Ibu Hamil

Pemberian Kapsul Vitamin A  pada balita di Polewali Mandar

Ada Gizi Buruk Di Tengah-tengah Kelebihan Berat Badan Orang Dewasa

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Perdebatan Angka Kematian Ibu

Hasil Audit Non Klinis Kematian Ibu dan Bayi

Mama Aku Mau Mati

 

Blogger @arali2008

 

Opini dari Fakta Empiris Seputar Masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan

di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia

Tentang iklan-iklan ini

 

Beri peringkat:

      28 orang penilai

Perhatian ! Pertama: Komentar spam akan dihapus, Kedua : ditulis untuk saling berbagi

CetakSurat elektronikRedditTwitterFacebookLinkedInGoogle

 

Terkait

Apakah Berat Badan Balita BGM-KMS adalah Gizi Buruk?

dalam “Status Pelayanan Kesehatan”

Program Perbaikan Gizi Masyarakat di Puskesmas

dalam “Status Pelayanan Kesehatan”

Penanggung Jawab dan Pengorganisasian Posyandu di Tingkat Dusun

dalam “Kegiatan Kesehatan”

FILED UNDER STATUS PELAYANAN KESEHATAN TAGGED WITH KEGIATAN KESEHATAN

Perihal Arsad Rahim Ali

Adalah pemilik dan penulis blog situs @arali2008. Seorang pemerhati —–OPINI DARI FAKTA EMPIRIS—-seputar masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di wilayah kabupaten Polewali Mandar. Dapat memberikan gambaran hasil juga sebagai pedoman pelaksanaan Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Tertulis dalam blog situs @arali2008 sejak 29 Februari 2008.

31 Responses to Mendeteksi Gizi Buruk dengan Berat Badan Ideal Anak Balita

Ping-balik: Pengukuran Tinggi badan dan Berat badan Bayi | anandaayumauliantika’s Bl

 

Anda bingung mengetahui berat badan Ideal pada anak, simak artikel kami, atau konsultasi ke 0812 9852 3435 Shirley.

 

Berat Badan anak :

 

Berat Badan Ideal Anak

Berat Badan Ideal Anak

Berat Badan Ideal

Berat Badan Anak

Saat ini terjadi kekhawatiran bagi kebanyakan orang tua akan kesehatan putra dan putri mereka, tolak ukur paling mudah dan paling gampang adalah dari berat badan anak tersebut. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa berat badan adalah faktor penting dan utama dari pertumbuhan anak, oleh karenanya kami hadir untuk memberikan artikel yang berkaitan dengan berat badan ideal pada anak.

 

Berat Badan Ideal Anak.

 

Secara teori kita mengenal perhitungan konvensional dan BMI atau Body Mass Index, nah kami akan memberikan contoh dari masing-masing perhitungan.

  1. Berat Badan Ideal (BBI) bayi (anak 0-12 bulan)

BBI = (umur (bln) / 2 ) + 4

  1. BBI untuk anak (1-10 tahun)

BBI = (umur (thn) x 2 ) + 8

  1. Remaja dan dewasa

BBI = (TB – 100) – (TB – 100) x 10%

atau

BBI = (TB – 100) x 90%

[Ket:]

TB = Tinggi badan (cm)

Itu adalah cara penghitungan berat badan yang kami dapatkan dari standar dokter gizi Internasional.

 

Mendapatkan Berat Badan Ideal Anak.

 

Oriflame mengeluarkan produk Nutrishake yang sangat baik untuk tubuh, kami pun memberikan garansi atas produk ini. Selain sehat anak anda pun akan mendapatkan beberapa asupan gizi yang baik, karena Nutrishake memiliki kandungan Nutrisi yang komplit dan yang pasti aman untuk anak anda konsumsi.

 

Artikel Berat Badan Ideal Lainnya :

 

Tinggi dan Berat Badan Ideal

Berat Badan Ideal Balita

Berat Badan Ideal Ibu Hamil

 

 

Berat Badan Ideal Balita

by hanny yunitya ·

 

Sebetulnya berapa sih berat badan ideal balita? Adakah hitungan yang pasti sehingga kita menyimpulkan kalau balita kita sudah cukup berat badannya dan cocok dengan usianya ataupun tinggi badannya.

Kita sering beranggapan bahwa balita yang gemuk itu lucu dan menggemaskan. Kita sebagai orangtua bangga jika memiliki balita yang gendut dan montok. Namun, sayangnya persepsi bahwa anak gemuk itu pasti sehat adalah sesuatu yang salah. Anggapan salah kaprah dan menganggap anak gemuk pasti sehat ternyata tidak benar. Padahal tidak selalu anak yang gemuk dan montok itu sehat. Seperti halnya anak yang terlihat kurus belum tentu tidak sehat atau kurang gizi. Ukuran sehat itu bukan dari bentuk tubuh terlihat gemuk ataupun kurus. Tubuh yang sehat dan ideal adalah berat badan yang pas dengan usia sang balita. “Penampakan” tubuh anak tidak bisa semata-mata menjadi parameter ukuran ideal tubuh balita, atau untuk mengukur terpenuhinya kebutuhan nutrisi.

Lantas, bagaimana rumus paling mudah untuk menghitung berat badan ideal/BBI anak usia 1-10 tahun, yaitu (usia anak x 2) + 8. Namun juga, orangtua tidak bisa bergantung pada rumus ini saja. WHO menjelaskan beberapa elemen yang harus diperhatikan untuk mengetahui ukuran tubuh anak. Bukan hanya berat badan saja yang dihitung, namun perbandingan berat badan dengan tinggi badan anak, berat badan dengan usia, serta tinggi badan dengan usia. Terdapat ambang parameter berbeda untuk anak laki-laki dan perempuan.

Berat badan ideal balita. Dengan menggunakan software WHO Anthropometri, Anda bisa menghitung berat badan ideal anak perbandingan-perbandingan di atas dengan mudah. Masukkan data-data yang diperlukan, kemudian software akan menghitungnya secara otomatis. Anda bisa men-download perangkat ini melalui website www.who.int/childgrowth/software/en/. Hemmm, rasanya ini bisa menjadi referensi bagi orangtua yang ingin mengetahui lebih cepat berat badan ideal balita.

Anda juga bisa mem-plot berat badan dan tinggi badan anak pada growth chart (GC) sesuai standar WHO (untuk anak 0-2 tahun) dan standar CDC/Center for Disease Control untuk anak 2 tahun ke atas. Grafik ini dapat menunjukkan berat badan, tinggi badan, serta Body Mass Index (BMI) untuk anak laki-laki dan perempuan. Titik koordinat pada grafik membantu Anda mengetahui ideal atau tidaknya ukuran tubuh anak, underweight, atau overweight. Anda bisa mengakses informasi mengenai GC ini di website www.cdc.gov/growthcharts/who_charts.htm.

Berat badan ideal balita Anda harus terus Anda pantau agar Anda bisa memastikan balita Anda sehat atau over weight. Tampilan balita Anda secara kasat mata tidak bisa menjadi penentunya. Jadi, dapatkan informasi lengkap dan akurat mengenai ukuran tubuh balita melalui cara-cara di atas, sebelum Anda merasa khawatir anak Anda terlalu kurus. Lagipula, gemuk atau tidaknya seorang anak juga dipengaruhi keaktifannya bergerak dan faktor genetik. Jika orangtuanya memiliki tubuh langsing, agak sulit untuk mengharapkan anak tumbuh gemuk montok.

So, mulailah untuk terus melakukan pemantauan berat badan ideal balita Anda. Tidak peduli dengan bentuk badan kurus atau gemuk, Anda harus tetap mengukurnya dengan tepat agar Anda tahu apa yang bisa Anda lakukan, apakah Anda harus kembali mengatur nutrisi yang diberikan pada balita Anda atau menghentikan berbagai camilan yang menjadi kesukaannya. Berat badan ideal sangat didukung oleh sejumlah makanan yang dikonsumsi oleh balita Anda. Maka, berikan nutrisi terbaik untuk menunjangnya. Sela berat badan ideal anak

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.