alat pengukur

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


 Alat Ukur alat pengukur (Massa, Panjang, Waktu)

Ahmad Fathoni  19.42

 

Alat Ukur – Sejak zaman dahulu orang telah melakukan pengukuran, seperti mengukur luas tanah, mengukur massa badannya, dan mengukur selang waktu antara matahari terbit sampai tenggelam. Sebenarnya alat ukur itu apa saja sih? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pada kesempatan kali ini Zona Siswa akan membahas Macam-macam Alat Ukur (Massa, Panjang, Waktu). Semoga bermanfaat. Check this out!!! alat pengukur Mengukur adalah membandingkan suatu besaran fisis dengan besaran fisis sejenis sebagai standar (satuan) yang telah disepakati lebih dahulu. Tujuan pengukuran adalah untuk mengetahui nilai ukur suatu besaran fisis dengan hasil akurat. Berikut di bawah ini adalah macam-macam alat ukur yang digunakan untuk mengukur massa, panjang dan waktu.

 

  1. Alat Ukur Massa

 

Untuk mengukur massa benda, kita dapat menggunakan timbangan. Timbangan dalam fisika sering disebut neraca. Ada beberapa macam neraca, antara lain neraca pegas, neraca sama lengan, neraca O Hauss atau neraca tiga lengan, neraca lengan gantung, dan neraca duduk.

 

Neraca Pegas

Neraca pegas sering disebut dinamometer berfungsi untuk mengukur massa dan atau berat benda. Neraca ini alat pengukur mempunyai dua skala, yaitu skala N (newton) untuk mengukur berat benda dan skala g (gram) untuk mengukur massa benda. Sebelum menggunakan neraca pegas kalian harus menentukan posisi angka 0 terlebih dahulu dengan memutar sekrup yang ada di atasnya, baru kemudian menggantungkan benda pada pengait. Alat Ukur (Massa, Panjang, Waktu) | www.zonasiswa.com

Neraca Pegas

 

 

Neraca Sama Lengan

Neraca sama lengan biasa digunakan untuk menimbang emas. Neraca ini mempunyai dua piringan. Satu piringan sebagai tempat beban dan satu piringan lagi sebagai tempat anak timbangan. Dalam keadaan seimbang berat beban sama dengan berat anak timbangan.

Alat Ukur (Massa, Panjang, Waktu) | www.zonasiswa.com

Neraca Sama Lengan

 

 

Neraca O Hauss

Neraca O Hauss terdiri dari tiga lengan, sehingga sering disebut juga neraca tiga lengan. Neraca ini mempunyai tiga buah lengan, yaitu lengan pertama yang berskala ratusan gram, lengan kedua yang berskala puluhan gram, dan lengan ketiga yang berskala satuan gram. Neraca ini mempunyai ketelitian sampai dengan 0,1 gram.

Alat Ukur (Massa, Panjang, Waktu) | www.zonasiswa.com

Neraca Tiga Lengan (O Hauss)

 

 

  1. Alat Ukur Panjang

 

Untuk mengukur panjang benda, kalian bisa menggunakan alat ukur seperti tongkat, kaki, mistar atau penggaris, jangka sorong, dan mikrometer sekrup. Pada materi berikut, kalian akan mempelajari cara menggunakan mistar, jangka sorong, dan mikrometer sekrup.

 

Mistar atau Penggaris

Alat ukur panjang yang sering Anda gunakan adalah mistar atau penggaris. Pada umumnya, mistar memiliki alat pengukur skala terkecil 1 mm atau 0,1 cm. Mistar mempunyai ketelitian pengukuran 0,5 mm, yaitu sebesar setengah dari skala terkecil yang dimiliki oleh mistar. Pada saat melakukan pengukuran dengan menggunakan mistar, arah pandangan hendaknya tepat pada tempat yang diukur. Artinya, arah pandangan harus tegak lurus dengan skala pada mistar dan benda yang di ukur. Jika pandangan mata tertuju pada arah yang kurang tepat, maka akan menyebabkan nilai hasil pengukuran menjadi lebih besar atau lebih kecil. Kesalahan pengukuran semacam ini di sebut kesalahan paralaks.

Alat Ukur (Massa, Panjang, Waktu) | www.zonasiswa.com

Mistar / Penggaris

 

 

Jangka Sorong

Jangka sorong terdiri atas dua bagian, yaitu rahang tetap dan rahang geser. Skala panjang yang terdapat pada rahang tetap merupakan skala utama, sedangkan skala pendek yang terdapat pada rahang geser merupakan skala nonius atau vernier. Nama vernier diambil dari nama penemu jangka sorong, yaitu Pierre Vernier, seorang ahli teknik berkebangsaan Prancis.

 

Skala utama pada jangka sorong memiliki skala dalam cm dan mm. Sedangkan skala nonius pada jangka sorong memiliki panjang 9 mm dan di bagi dalam 10 skala, sehingga beda satu skala nonius dengan satu skala pada skala utama adalah 0,1 mm atau 0,01 cm. Jadi, skala terkecil pada jangka sorong adalah 0,1 mm atau 0,01 cm.

 

Jangka sorong tepat digunakan untuk mengukur diameter luar, diameter dalam, kedalaman tabung, dan panjang benda sampai nilai 10 cm. Untuk lebih memahami tentang tentang jangka sorong, perhatikan gambar berikut:

Alat Ukur (Massa, Panjang, Waktu) | www.zonasiswa.com

Jangka Sorong

 

 

Mikrometer alat pengukur Sekrup

Mikrometer sekrup sering digunakan untuk mengukur tebal bendabenda tipis dan mengukur diameter benda-benda bulat yang kecil seperti tebal kertas dan diameter kawat. Mikrometer sekrup terdiri atas dua bagian, yaitu poros tetap dan poros ulir. Skala panjang yang terdapat pada poros tetap merupakan skala utama, sedangkan skala panjang yang terdapat pada poros ulir merupakan skala nonius. alat pengukur Skala utama mikrometer sekrup mempunyai skala dalam mm, sedangkan skala noniusnya terbagi dalam 50 bagian. Satu bagian pada skala nonius mempunyai nilai 1/50 × 0,5 mm atau 0,01 mm. Jadi, mikrometer sekrup mempunyai tingkat ketelitian paling tinggi dari kedua alat yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu 0,01 mm.

Alat Ukur (Massa, Panjang, Waktu) | www.zonasiswa.com

Mikrometer Sekrup

 

 

  1. Alat Ukur Waktu

 

Standar satuan waktu adalah sekon atau detik (dalam buku ini akan digunakan sekon). Alat yang digunakan untuk mengukur waktu biasanya adalah jam atau arloji. Untuk megukur selang waktu yang pendek di gunakan stopwatch. Stopwatch memiliki tingkat ketelitian sampai 0,01 detik. Alat ukur yang paling tepat adalah jam atom. Jam ini hanya digunakan oleh para ilmuwan di laboratorium.

 

Semoga artikel tersebut di atas tentang Alat Ukur (Massa, Panjang, Waktu) bisa bermanfaat bagi sobat sekalian. Apabila ada dari sobat yang menemukan kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Terima kasih ^^ Maju Terus Pendidikan Indonesia ^^

 

1

SHARE

Share

0

Tweet

Share

1

Pin

0

Share

0

Besaran Pokok Perilaku Konsumen

 

Mikroskop (Pengertian & Pembesaran)

Mikroskop, sobat sekalian tahu dong yang namanya …

 

Besaran Pokok

Besaran Pokok – Dalam fisika diperlukan pengukur …

 

Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Gerak Lurus Beraturan – Pernah kah sobat meliat …

 

Besaran Turunan

Besaran Turunan – Pengukuran merupakan bagian ya …

 

Hukum Newton I, II, III

Hukum Newton – Sir Isaac Newton (1643-1727) adal …

 

Gaya : Pengertian & Jenis-jenis

Pengertian Gaya – Setiap hari kita sering melaku …

1 komentar :

 

Nendi Sofiandy14 November 2015 15.28

izin nyimak tulisannya, kebetulan saya sedang mencari informasi macam-macam alat ukur serta kegunaanya.

 

Balas

 

 

 

 

Search..

GO

Join and Follow Us

 

 

Mading Zona Siswa

 

Info Unik Menarik

Hewan Menalistik (Kebalikan dari Hewan Albino) | NEW!

Letusan Krakatau, Letusan Gunung Terdasyat se-Dunia | NEW!

Lukisan Tertua Di Dunia Ada Di Indonesia | NEW!

5 Penemuan Yang Tidak Disengaja

5 Nama Tempat Terpanjang di Dunia

Finalis Foto Lucu Alam Liar 2016

5 Pohon Tertua Di Dunia

More Informasi Unik..

 

Puisi

Istanaku Oleh Wilda Saropah | NEW!

Lelah Aku Oleh Sri Wahyuni | NEW!

Memilikimu Dalam Hati Oleh Andriyanto | NEW!

Terima Kasih Sudah Pernah Ada Oleh Shannon

Doa Untuk Ibu Oleh Ulfara Anugrah

Denting Piano Oleh Aditya Novianto

Ciremai Pagi Ini Oleh Nisa

More Puisi…

 

Cerpen

Cerita Dari Tapal Batas

Labels

 

Akuntansi

Antropologi

Biologi

Ekonomi

Fisika

Geografi

Kimia

Pendidikan Kewarganegaraan

PJOK

Sejarah

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Sosiologi

TIK

logo

Zona Siswa merupakan web pendidikan yang mencoba menghadirkan informasi dan penjelasan mengenai materi-materi pelajaran sekolah seperti: Geografi, Ekonomi, Sosiologi, Sejarah, Akuntansi, Antropologi, IPS, IPA, Fisika, Kimia, Biologi, Pendidikan Kewarganegaraan, PJOK, TIK.

 

Artikel Terbaru

 

Puisi: Istanaku Oleh Wilda Saropah Munawaroh

Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia: Teori Masuk & Peryebaran Islam

Puisi: Lelah Aku Oleh Sri Wahyuni Tarigan

Hewan Menalistik: Kebalikan dari Hewan Albino

Pengertian, Karakteristik, & Pengelompokan Candi di Indonesia

Kata Mutiara

 

Koleksi Kata Mutiara Superrr Pilihan

Kata Mutiara Permintaan Maaf

Kata Mutiara Makna Kehidupan

Kata Mutiara Lucu Bermakna

Kata Mutiara Hakikat Kebahagiaan

Formulir Kontak

 

Nama *

 

Email *

 

Pesan *

 

Kirim

© Copyright 2015 Zona Siswa

Beranda Contact Me Disclaimer Privacy Policy About Sitemap

 

 

 

Cari …

Home

Isi

Ketentuan

Kontak

Perihal

Privasi

Sanggahan

Anashir Education

 

 

Home

IPA

IPS

Bahasa

MTK

PKN

TIK

Anashir Education Fisika Alat Ukur Panjang: Mistar, Jangka Sorong, dan Mikrometer

Alat Ukur Panjang: Mistar, Jangka Sorong, dan Mikrometer

 

anashir   22.48 Fisika

Dalam Fisika tentu tidak terlepas dari kegiatan pengukuran. Kegiatan pengukuran memerlukan alat ukur yang sesuai. Ketepatan hasil ukur salah satunya ditentukan oleh jenis alat yang digunakan. Penggunaan suatu jenis alat ukur tertentu ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu: ketelitian hasil ukur yang diinginkan, ukuran besaran yang diukur, dan bentuk benda yang akan diukur.

 

 

Mikrometer sekrup merupakan alat pengukur salah satu jenis alat ukur panjang

(Sumber: Wikimedia Commons, Lisensi: GFDL)

 

Penggaris/mistar, jangka sorong, dan mikrometer sekrup merupakan contoh alat ukur panjang. Setiap alat ukur memiliki ketelitian yang berbeda, sehingga Anda harus bisa memilih alat ukur yang tepat untuk sebuah pengukuran. Pemilihan alat ukur yang kurang tepat akan menyebabkan kesalahan pada hasil pengukuran.

  1. Mistar (Penggaris)

 

Mistar atau penggaris adalah alat ukur panjang yang sering digunakan. Alat ukur ini memiliki skala terkecil 1 mm atau 0,1 cm. Mistar memiliki ketelitian pengukuran setengah dari skala terkecilnya yaitu 0,5 mm. Pada saat melakukan pengukuran dengan mistar, arah pandangan harus tegak lurus dengan dengan skala pada mistar dan benda yang diukur. Jika tidak tegak lurus maka akan menyebabkan kesalahan dalam pengukurannya, bisa lebih besar atau lebih kecil dari ukuran aslinya.

 

Contoh:

 

 

 

  1. Jangka Sorong

 

Jangka sorong juga merupakan alat pengukur panjang dan biasa digunakan untuk mengukur diameter suatu benda. Penemu jangka sorong adalah seorang ahli teknik berkebangsaan Prancis, Pierre Vernier. Jangka sorong terdiri dari dua bagian, yaitu rahang tetap dan geser (sorong). Skala panjang yang terdapat pada rahang tetap adalah skala utama, sedangkan skala pendek pada rahang geser adalah skala nonius atau vernier, alat pengukur diambil dari nama penemunya. Skala utama memiliki skala dalam cm dan mm. Sedangkan skala nonius memiliki panjang 9 mm dan dibagi 10 skala. Sehingga beda satu skala nonius dengan satu skala pada skala utama adalah 0,1 mm atau 0,01 cm. Jadi, skala terkecil pada jangka sorong adalah 0,1 mm atau 0,01 cm.

 

Contoh:

 

Gambar (a) menunjukkan bagian-bagian dari jangka sorong dan gambar (b) menunjukkan skala jangka sorong.

Panjang benda diukur dengan jangka sorong ditunjukkan oleh gambar (b). Pada gambar di atas skala utama (sku) 62 skala dan skala nonius (skn) 4 skala. Sehingga dapat diketahui panjang benda yang diukur dengan cara berikut:

 

Panjang benda = sku . 1 mm + skn . 0,1 mm

= 62 . 1 mm + 4 . 0,1 mm

= 62 mm + 0,4 mm

= 62,4 mm

 

  1. Mikrometer Sekrup

 

Mikrometer sekrup biasa digunakan untuk mengukur benda-benda yang tipis, seperti tebal kertas dan diameter rambut. Mikrometer sekrup terdiri atas dua bagian, yaitu selubung (poros tetap) dan selubung luar (poros ulir). Skala panjang pada poros tetap merupakan skala utama, sedangkan pada poros ulir merupakan skala nonius. Skala utama mikrometer sekrup mempunyai skala dalam mm, sedangkan skala noniusnya terbagi dalam 50 bagian. Satu bagian pada skala nonius mempunyai nilai 1/50 × 0,5 mm atau 0,01 mm. Jadi, mikrometer sekrup memiliki ketelitian yang lebih tinggi dari dua alat yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu 0,01 mm.

 

Contoh:

 

 

 

Pada mikrometer sekrup di atas, ditunjukkan bahwa sku = 9 skala dan skn = 43 skala, maka panjang benda yang diukur dapat ditentukan dengan cara sebagai berikut:

 

Panjang benda = (sku . 0,5 + skn . 0,01) mm

= (9 . 0,5 + 43 . 0,01) mm

= (4,5 + 0,43) mm

= 4,93 mm

 

Nah, itulah tiga buah alat ukur panjang beserta cara menggunakannya. Jika ada yang ditanyakan silakan ditanyakan alat pengukur melalui alamat email [email protected] Artikel diringkas dari buku-buku BSE yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Kemdikbud dan dapat diunduh secara gratis di BSE Kemdikbud.

 

Daftar Pustaka:

  1. Handayani, Sri., Damari, Ari. 2009. Fisika untuk SMA dan MA kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
  2. Nurachmandani, Setya. 2009. Fisika 1 untuk SMA/MA kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
  3. Widodo, Tri. 2009. FISIKA untuk SMA/MA kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

SHARE THIS

 

Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+

RELATED POSTS

 

 

Penjumlahan Vektor dengan Metode Uraian

 

Penjumlahan Vektor dengan Metode Analitis

 

Perkalian Vektor

 

Sifat-Sifat Penjumlahan Vektor

 

Penguraian Vektor Menjadi Komponen-Komponen Vektor

 

Vektor Satuan

Klasifikasi Makhluk Hidup dan Tata Nama Binomialnya

Hakikat Bangsa serta Unsur-Unsurnya

 

PopularLabelArsip

Alat Ukur Panjang: Mistar, Jangka Sorong, dan Mikrometer

Alat Ukur Panjang: Mistar, Jangka Sorong, dan Mikrometer

Klasifikasi Makhluk Hidup dan Tata Nama Binomialnya

Klasifikasi Makhluk Hidup dan Tata Nama Binomialnya

Hakikat Bangsa serta Unsur-Unsurnya

Hakikat Bangsa serta Unsur-Unsurnya

Penyajian Data Statistik dengan Diagram Garis

Penyajian Data Statistik dengan Diagram Garis

Pengertian, Objek, dan Tujuan Sosiologi

Pengertian, Objek, dan Tujuan Sosiologi

Jarak, Perpindahan, Kecepatan, Kelajuan, dan Percepatan

Jarak, Perpindahan, Kecepatan, Kelajuan, dan Percepatan

Nomor Atom dan Nomor Massa

Nomor Atom dan Nomor Massa

 

 

JUMLAH PENGUNJUNG

Sparkline 1,544,272

LIKE ON FACEBOOK

 

 

FOLLOW BY EMAIL

 

 

Email address…

Submit

UNGGULAN

 

Planet-Planet di Sistem Tata Surya

 

 

Copyright © 2015 Anashir Education

Template by Arlina Design – Sponsored by Caramenghilangkanmembuat

Sepertinya Anda menggunakan pemblokir iklan (ads blocker).

Dukunglah blog ini dengan mematikan ads blocker di browser jika Anda menggunakannya atau mematikan mode penghematan data di browser opera.

Terima kasih atas dukungannya. alat pengukur

 

 

 

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.