alat pengukur berat

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


 

tugas alat pengukur berat instrumen

 

Glitter Words

[Glitterfy.com – *Glitter Words*]

SELASA, 02 OKTOBER 2012

 

NERACA

 

Adalah suatu alat untuk mengukur massa benda.

Massa adalah banyaknya zat yang terkandung di dalam suatu benda. Satuan SI-nya adalah kilogram (kg).

Sedangkan berat adalah besarnya gaya yang dialmi benda akibat gaya tarik bumi pada benda tersebut. Satuan SI-nya Newton (N).

Untuk mengukur massa benda dapat digunakan neraca atau timbangan.

 

Neraca dibedakan menjadi beberapa jenis, seperti :

neraca Ohauss

neraca digital.

neraca analitis dua lengan

neraca lengan gantung

 

 

Neraca Ohauss

Neraca ini berguna untuk mengukur massa benda atau logam dalam praktek laboratorium. Kapasitas beban yang ditimbang dengan menggunakan neraca ini adalah 311 gram. Batas ketelitian neraca Ohauss yaitu 0,1 gram. Prinsip kerja neraca ini adalah sekedar membanding massa benda yang akan dikur dengan anak timbangan. Anak timbangan neraca Ohaus berada pada neraca itu sendiri. Kemampuan pengukuran neraca ini dapat alat pengukur berat diubah dengan menggeser posisi anak timbangan sepanjang lengan. Anak timbangan dapat digeser menjauh atau mendekati poros neraca . Massa benda dapat diketahui dari penjumlahan masing-masing posisi anak timbangan sepanjang lengan setelah neraca dalam keadaan setimbang. Ada juga yang mengatakan prinsip kerja massa seperti prinsip kerja tuas. Jenis Neraca Ohaus Neraca Ohaus terbagi menjadi dua macam, di antaranya:

  1. Neraca Ohaus dua lengan

 

 

Nilai skala ratusan dan puluhan di geser, tapi skala satuan dan 1/100 nya di putar. Gambar (1.10) merupakan neraca Ohaus dua lengan. Neraca ini memiliki dua lengan. Lengan depan terdapat satu anting logam yang digeser-geser dari 0, 10, 20, …, 100g. Sedangkan lengan belakang lekukan-lekukan mulai dari 0, 100, 200, …, 500 g. Selain dua lengan, neraca ini memiliki skala utama dan skala nonius. Skala utama 0 sampai 9 g sedangkan skala nonius 0 sampai 0,9 g.

Neraca Ohaus dua lengan terdiri dari beberapa komponen, di antaranya:

  1. Lengan depan
  2. Lengan belakang
  3. System magnetic
  4. Penggeser anak timbangan
  5. Venier
  6. Kait
  7. Skala
  8. Lekuk
  9. Wadah
  10. Alas
  11. Neraca Ohaus tiga lengan

 

 

 

 

Adalah nilai skalanya dari yang besar sampai ketelitian 0.01 g yang di geser.

Neraca ini memiliki tiga lengan, yakni sebagai berikut:

Lengan depan memiliki anting logam yang dapat digeser dengan skala 0, 1, 2, 3, 4,….., 10gr. Di mana masing-masing terdiri 10 skala tiap skala 1 gr.jadi skala terkecil 0,1 gram

Lengan tengah, dengan anting lengan dapat digeser, tiap skala 100 gr, dengan skala dari 0,100, 200, ………, 500gr.

Lengan belakang, anting lengan dapat digeser dengan tiap skala 10 gram, dari skala 0, 10, 20, …, 100 gr.

 

 

Bagian-bagian Neraca Ohauss:

 

  • Tempat beban yang digunakan untuk menempatkan benda yang akan diukur.
  • Tombol kalibrasi yang digunakan untuk mengkalibrasi neraca ketika neraca tidak dapat digunakan untuk mengukur.
  • Lengan neraca untuk neraca 3 lengan berarti terdapat tiga lengan dan untuk neraca ohauss 4 lengan terdapat empat lengan.
  • Pemberat (anting) yang diletakkan pada masing-masing lengan yang dapat digeser-geser dan sebagai penunjuk hasil pengukuran.
  • Titik 0 atau garis kesetimbangan, yang digunakan untuk menentukan titik kesetimbangan.

Kalibrasi

Kalibrasi merupakan proses verifikasi bahwa suatu akurasi alat ukur sesuai dengan rancangannya. Kalibrasi biasa dilakukan dengan membandingkan suatu standar yang terhubung dengan standar nasional maupun internasional dan bahan-bahan acuan tersertifikasi.

Sistem manajemen kualitas memerlukan sistem pengukuran yang efektif, termasuk di dalamnya kalibrasi formal, periodik dan terdokumentasi, untuk semua perangkat pengukuran. ISO 9000 dan ISO 17025 memerlukan sistem kalibrasi yang efektif.

 

Kalibrasi diperlukan untuk:

  • Perangkat baru
  • Suatu perangkat setiap waktu tertentu
  • Suatu perangkat setiap waktu penggunaan tertentu (jam operasi)
  • Ketika suatu perangkat mengalami tumbukan atau getaran yang berpotensi mengubah kalibrasi
  • Ketika hasil observasi dipertanyakan

Kalibrasi, pada umumnya, merupakan proses untuk menyesuaikan keluaran atau indikasi dari suatu perangkat pengukuran agar sesuai dengan besaran dari standar yang digunakan dalam akurasi tertentu.

Adapun teknik pengkalibrasian pada neraca ohauss adalah dengan memutar tombol kalibrasi pada ujung neraca ohauss sehingga titik kesetimbangan lengan atau ujung lengan tepat pada garis kesetimbanagn , namun sebelumnya pastikan semua anting pemberatnya terletak tepat pada angka nol di masing-masing lengan.

Cara pengukuran massa benda dengan neraca Ohaus Dalam mengukur massa benda dengan neraca Ohaus dua lengan alat pengukur berat atau tiga lengan sama. Ada beberapa langkah di dalam melakukan pengukuran dengan menggunakan neraca ohaus, antara lain: Melakukan kalibrasi terhadap neraca yang akan digunakan untuk menimbang, dengan cara memutar sekrup yang berada disamping atas piringan neraca ke kiri atau ke kanan posisi dua garis pada neraca sejajar; Meletakkan benda yang akan diukur massanya; Menggeser skalanya dimulai dari yang skala besar baru gunakan skala yang kecil. Jika panahnya sudah berada di titik setimbang 0; dan Jika dua garis sejajar sudah seimbang maka baru memulai membaca hasil pengukurannya.

 

 

 

Neraca digital

 

 

 

 

Neraca digital merupakan alat yang sering ada dalam laboratorium yang digunakan untuk menimbang bahan yang akan digunakan.

 

Neraca digital berfungsi untuk membantu mengukur berat serta cara kalkulasi fecare otomatis harganya dengan harga dasar satuan banyak kurang.

 

Cara kerja neraca digital hanya bisa mengeluarkan label, ada juga yang hanya timbul ditampilkan layar LCDnya (Mansur, 2010).

Kita mengenal neraca digital sebagai alat ukur untuk satuan berat. Dibandingkan dengan neraca jaman dulu yang masih menggunakan neraca analog atau manual, neraca digital memiliki fungsi lebih sebagai alat ukur, diantaranya neraca digital lebih akurat, presisi, akuntable (bisa menyimpan hasil dari setiap penimbangan) (Timbangandigital, 2010).

 

Menimbang benda adalah menimbang sesuatu yang tidak memerlukan tempat dan biasanya tidak dipergunakan pad reaksi kimia, seperti menimbang cawan, gelas kimia dan lain-lain. Menimbang zat adalah menimbang zat kimia yang dipergunakan untuk membuat larutan atau akan direaksikan.

 

Untuk menimbang zat ini diperlukan tempat penimbangan yang dapat digunakan seperti gelas kimia, kaca arloji dan kertas timbang

Menimbang zat dengan penimbangan selisih dilakukan jika zat yang ditimbang dikhawatirkan akan menempel pada tempat menimbang dan sukar untuk dibilas. Pada penimbangan selisih akan diperoleh berat zat yang masuk ke dalam tempat yang diinginkan bukan pada tempat menimbang.

 

Neraca Analitik Digital

Neraca analitik digital merupakan salah satu neraca yang memiliki tingkat ketelitian tinggi, neraca ini mampu menimbang zat atau benda sampai batas 0,0001 g.

 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan bekerja dengan neraca ini adalah:

  • Neraca analitik digital adalah neraca yang sangat peka, karena itu bekerja dengan neraca ini harus secara halus dan hati-hati.
  • Sebelum mulai menimbang persiapkan semua alat bantu yang dibutuhkan dalam penimbangan
  • Langkah kerja penimbangan yang meliputi:
  1. Persiapan pendahuluan alat-alat penimbangan, siapkan alat dan zat yang akan ditimbang, sendok, kaca arloji dan kertas isap.
  2. pemeriksaan pendahuluan terhadap neraca meliputi: periksa kebersihan neraca (terutama piring-piring neraca), kedataran dan kesetimbangan neraca.
  3. penimbangan, dapat dilakukan setelah diperoleh keadaan setimbang pada neraca dan timbangan pada posisi nol, demikian pula setelah penimbangan selesai posisi timbangan dikembalikan seperti semula

 

Kalibrasi

  1. Pengontrolan Neraca Digital

Timbangan/Neraca dikontrol dengan menggunakan anak timbangan yang sudah terpasang atau dengan dua anak timbangan eksternal, misal 10 gr dan 100 gr. Timbangan/Neraca digital, harus menunggu 30 menit untuk mengatur temperatur. Jika menggunakan timbangan yang sangat sensitif, hanya dapat bekerja pada batas temperatur yang ditetapkan. Timbangan harus terhindar dari gerakan (angin) sebelum menimbang angka “nol” harus dicek dan jika perlu lakukan koreksi. Penyimpangan berat dicatat pada lembar/kartu kontrol, dimana pada lembar tersebut tercantum pula berapa kali timbangan harus dicek. Jika timbangan tidak dapat digunakan sama sekali maka timbangan harus diperbaiki oleh suatu agen (supplier).

 

  1. Penanganan Neraca

Kedudukan timbangan harus diatur dengan sekrup dan harus tepat horizontal dengan “Spirit level (waterpass) sewaktu-waktu timbangan bergerak, oleh karena itu, harus dicek lagi. Jika menggunakan timbangan elektronik, harus menunggu 30 menit untuk mengatur temperatur. Jika menggunakan timbangan yang sangat sensitif, anda hanya dapat bekerja pada batas temperatur yang ditetapkan.

Timbangan harus terhindar dari gerakan (angin) sebelum menimbang angka “nol” harus dicek dan jika perlu lakukan koreksi. Setiap orang yang menggunakan timbangan harus merawatnya, sehingga timbangan tetap bersih dan terawat dengan baik. Jika tidak, sipemakai harus melaporkan kepada manajer lab. timbangan harus dikunci jika anda meninggalkan ruang kerja.

c.Kebersihan Neraca

Kebersihan timbangan harus dicek setiap kali selesai digunakan, bagian dan menimbang harus dibersihkan dengan menggunakan sikat, kain halus atau kertas (tissue) dan membersihkan timbangan secara keseluruhan timbangan harus dimatikan, kemudian piringan (pan) timbangan dapat diangkat dan seluruh timbangan dapat dibersihkan dengan menggunakan pembersih seperti deterjen yang lunak, campurkan air dan etanol/alkohol. Sesudah dibersihkan timbangan dihidupkan dan setelah dipanaskan, cek kembali dengan menggunakan anak timbangan.

 

Prosedur pengoperasian neraca analitik digital yang harus diharus diketahui dan harus dilakukan dalam mengoprasikan neraca digital sebelum hingga setelah penimbangan:

  1. Keadaan neraca harus siap pakai
  2. Neraca harus bersih (terutama piring-piring neraca)
  3. Anak timbangan dalam keadaan lengkap
  4. Persiapan pendahuluan terhadap alat bantu penimbangan
  5. Pemeriksaan kedataran neraca dan kesetimbangan neraca
  6. Pekerjaan penimbangan dan perhitungan hasil penimbangan
  7. Melaporkan hasil penimbangan
  8. Mengembalikan neraca pada keadaan semula

 

 

Proses Pengukuran

Secara umum proses menimbangan dengan neraca elektronik/digital adalah:

  1. Pastikan bahwa timbangan sudah menyala.
  2. Pastikan timbangan menunjukkan angka ”nol”( jika tidak perlu di koreksi).
  3. Letakakan benda yang massanya akan diukur pada piringan tempat benda.
  4. Baca skala yang tertera pada display digital sesuai skala satuan timbangan tersebut.
  5. Untuk pengukuran yang sensitivitasnya tinggi perlu menunggu 30 menit, karena hanya dapat bekerja pada batas temperatur yang ditetapkan.

 

Langkah kerja penimbangan dengan neraca analitik meliputi:

 

  1. Persiapan alat bantu penimbangan

Untuk menimbang zat padat diperlukan:

  • Kaca arloji yang kering dan bersih, digunakan untuk menampung kelebihan zat yang ditimbang, karena kelebihan zat tidak boleh dikembalikan ke botol zat.
  • Sendok (biasanya sendok plastik)
  • Kertas isap untuk memegang tempat menimbang pada saat memasukan/mengeluarkan alat timbang (dan zat) ke atau dari dalam neraca
  • Botol timbang sebagai tempat penimbangan
  • Zat yang akan ditimbang dan setelah penimbangan selesai, botol zat harus dikembalikan ke tempatnya

 

  1. Pemeriksaan pendahuluan terhadap neraca adalah:
  • Pemeriksaan kebersihan neraca terutama piring-piring neraca dapat dibersihkan menggunakan sapu-sapu yang tersedia dalam neraca
  • Pemeriksaan kedataran neraca dilakukan dengan cara melihat water pass, dengan mengatur sekrup pada kaki neraca sehingga gelembung air di water pass tepat berada di tengah
  • Pemeriksaan kesetimbangan neraca yang dilakukan dengan membiarkan dahulu pointer bergoyang ke kiri dan ke kanan beberapa kali. Jika goyangan maksimum ke kiri dan ke kanan kira-kira sama jauh maka neraca dalam keadaan setimbang

 

  1. Cara menggunakan neraca analitis
  • Nolkan terlebih dulu neraca tersebut
  • Letakkan zat yang akan ditimbang pada bagian timbangan
  • Baca nilai yang tertera pada layar monitor neraca
  • Setelah digunakan, nolkan kembali neraca tersebut

 

 

 

NERACA ANALITIS DUA LENGAN

 

 

 

Guna   : Jenis neraca ini digunakan untuk mengukur alat pengukur berat massa benda misalnya emas, batu, dan kristal benda.

Batas ketelitian alat ini   : 0,1 gr.

 

 

Bagian-bagian dari alat ini :

Letak anak timbang

Anak timbang

Jarum indikator

Tempat zat yang akan ditimbang.

 

 

Dalam penggunaan neraca ini harus diingat bahwa :

Letak anak timbang disebelah kiri hadapan penimbang.

Letak zat yang akan ditimbang disebelah kanan hadapan penimbang.

Apabila jarum indikator bergerak kekiri itu berarti beban/massa lebih berat disebelah kanan.

Apabila jarum indikator bergerak kekanan itu berarti beban/massa lebih berat disebelah kiri.

Pada saat menimbang harus selalu dalam keadaan tertutup.

Selalu menggunakan kertas timbang.

 

 

 

NERACA LENGAN GANTUNG

 

 

 

Guna   :Neraca ini berguna untuk menentukan massa benda dan biasanya digunakan oleh pedagang.

 

 

 

 

Cara penggunaanya relative mudah:

Tempatkan benda yang akan diukur pada tempat penyimpan beban.

Kemudian geser beban pemberat disepanjang batang bersekala sampai setimbang.

Baca skala pada batang tersebut.

Catat hasil pengukurannya.

 

 

Diposkan oleh Instrumentasi di 06.16

Kirimkan Ini lewat Email

BlogThis!

Berbagi ke Twitter

Berbagi ke Facebook

Bagikan ke Pinterest

 

6 komentar:

 

AsianBrilliant and SmartSukses4 Desember 2014 20.34

Teman – teman kesulitan untuk Belajar Komputer karena kesibukan? kini kami memfasilitasi kursus komputer jarak jauh via online, silahkan kunjungi website kami di asianbrilliant.com, Master Komputer, Kursus Online, Kursus Jarak Jauh, Kursus Programming, Kursus Desain Grafis, Ilmu Komputer

 

Ayah, Bunda..butuh guru untuk mengajar anak-anak dirumah ? kami memfasilitasi 1000 guru untuk anak-anak ayah dan bunda datang kerumah, silahkan kunjungi website kami di smartsukses.com, Bimbingan Belajar, Les Private, Les Privat, Les Private Mata Pelajaran, Guru Datang Ke Rumah, Guru Private

 

Balas

 

Via Nur Lia20 September 2015 21.59

Baca juga artikel tentang timbangan ini

Kegunaan Timbangan Digital

Jembatan Timbang

Thankss…

 

Balas

 

Suci Fitriani7 Oktober 2015 00.30

Baca juga artikel tentang timbangan ini

https://timbanganterbaik.wordpress.com/

http://www.jembatan-timbang.co/

Thankss…

 

Balas

 

Angelina Widjaja24 November 2015 00.35

kelebihan neraca digital ini apa min dibanding dengan neraca dua lengan ini? Cara Membuat Website

 

Balas

 

EFUL21 Januari 2016 19.49

Tolong jelskan Neraca Ohaus pada timbangan yang bebannya berat, seperti contoh padi yang bisa ratusan Kilogram. Teknik perhitungannya yang masih saya bingun.

 

Balas

 

Selens Seren10 April 2016 06.32

www.seasonbet77.com

http://198.50.133.242

Agen Judi | Agen Bola | Agen Sbobet | Cara Daftar Sbobet | Cara Daftar Agen Judi | Agen Casino Online |

 

Agen Sbobet

Agen Judi

Agen Bola

Agen Judi Online

Agen Casino

Prediksi Bola

Agen Tangkas

Agen Poker

Agen IBCBET

Agen 1sCasino

Cara Daftar Sbobet

Cara Daftar Agen Judi

 

 

Balas

 

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Langganan: Poskan Komentar (Atom)

Cute Rocking Baby Monkey

 

 

ARSIP BLOG

►  2013 (3)

▼  2012 (13)

►  Desember (2)

►  November (2)

▼  Oktober (8)

POLARIMETER

refraktometer

<!–[if gte mso 9]> Normal 0 false fa…

alat untuk mengukur pH

VISKOMETER

<!–[if gte mso 9]> Normal 0 false fa…

NERACA Adalahsuatu alat untuk mengukur massa benda…

MIKROSKOP

►  September (1)

 

TENTANG KAMI

Foto saya

Instrumentasi

Lihat profil lengkapku

CLOCK

 

GOOGLE TRANSLATE

 

Powered by Google TranslateTranslate

Template Jendela Gambar. Diberdayakan oleh Blogger.

 

 

 

RumusHitung.Com

FORUM TANYA JAWAB

Forum Tanya Jawab

Bagikan Rumusmu

Fisika

Matematika

Kimia

Biologi

Excel

Soal-Soal

Partner

 

 

 

 

Home » Gudang Tabel » Macam-Macam Alat Ukur dan Kegunaannya

Macam-Macam Alat Ukur Dan Kegunaannya

Sunday, June 23rd 2013. | Gudang Tabel, Lain-lain

Macam-Macam Alat Ukur dan Kegunaannya – Guna menentukan nilai dari suatu besaran, entah itu besaran pokok atau besaran turunan alat pengukur berat sobat tidak boleh langsung main tebak atau kira-kira saja. Pengukuran dengan perasaan atau feeling itu jelas tidak valid. Utuk menentukan nilai dari suatu besaran dengan presisi diperlukan alat ukur yang sesuai dengan jenis besarannya. Misalnya sobat punya penggaris, tentu saja fungsi alat ukur ini untuk mengukur panjang dan bukan untuk mengukur massa ataupun berat. Berikut ini rumushitung.com sajikan berbagi macam alat ukur dan kegunaannya masing-masing, semoga bermanfaat.

 

 

 

ALAT UKUR PANJANG

Penggaris

penggaris            Penggaris adalah macam alat ukur pangjang yang paling populer. Ada banyak jenis penggaris seperti penggaris siku, penggaris biasa, penggaris untuk tukang, dsb. Skala penggaris biasanya dalam cm (ketelitian 1mm) atau inchi tapi tidak menutup kemungkinan dengan satuan yang lain tergantung penggunaanya

jangka sorong

Jangka Sorong   Alat ukur pangjanng ini memiliki ketelitian 0,1 mm. Bentuknya seperti kuci inggris. Buat lebih jelasnya silahkan baca Jangka Sorong

mikrometer sekrup alat ukur panjang

Mikrometer Sekrup

 

Alat ukur panjang ini lebih presisi lagi. Tingkat ketelitian hingga 0,01 mm. Ingin tahu lebih jauh apa itu mikrometer sekrup dan cara menggunakannya silahkan baca di Micrometer Sekrew

meteran

Meteran

 

Pada prinsipnya sama dengan penggaris namun bentuknya berupa pita panjang yang bisa digulung. Biasanya digunakan oleh tukang kayu atau tukang batu dan untuk mengukur tinggi badan.

ALAT UKUR MASSA

timbangan pasarTimbangan Pasar

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


 

Timbangan yang banyak digunakan di pasar. Terdiri dari dua bagian utama, yaitu bagian tempat benda dan bagian anak timbangan. Berkapasitas ukur maksimal 15-20 kg dan bisa dibawa dengan tangan.

neraca ohaus dua lengan

Neraca Dua Lengan dan Tiga Lengan

 

Alat ukur massa ini mempunyai ketelitian yang lebih dibandingkan dengan timbangan pasar. Disebut dua lengan karena terdiri dari dua lengan utama, demikian juga berlaku untuk penyebutan tiga lengan. Neraca tiga lengan lebih presisi dari neraca dua lengan. Untuk lebih jelasnya silahkan baca di Neracat Dua Lengan

timbangan gantung

Timbangan Gantung

 

Banyak di jumpai di pasar-pasar, kapasitas ukur maksimal 100 s.d. 150 kilogram. Cara menimbangnya yaitu dengan membungkus benda dalam wadah karung (bisa yang lain) kemudian di kaitkan dengan pengait yang ada di timbangan gantung.

timbangan kamar mandi

Timbangan Kamar Mandi

 

 

Bagi sebagian orang timbangan ini ditakuti. :D. Timbangan kamar madi adalah sebutan timbangan badan yang sering kita pakai dengan berdiri di atasnya. Biasanya maksimal timbangan ini adalah 150-180 kilogtam.

Berbagai Macam Timbangan Lainnya       Timbangan Bayi, Timbangan Duduk, Timbangan Digital, Timbangan Mejad, dan lain sebagainya.

ALAT UKUR WAKTU

jam alat ukur waktu

Jam

 

Jam atau arloji adalah alat ukur waktu paling  populer, macam dan bentuknya sangat banyak. Ada jam dinding, jam tangan, jam mekanik, jam digital, dan lain sebagainya. Tingkat ketlitian jam mulai dari 0,1 s hingga 1s

stopwatch digital

Stopwatch

 

Alat ini cocok untuk mengurkur waktu dalam range tertentu. Prinsipnya sama seperti jam digital.

jam pasir

Jam Pasir

 

Alat ukur waktu jaman dahulu. Terbuat dari kaca dengan media pasir sebagai pengukur waktunya.

Tanggal Sistem penanggalan adalah alat ukur waktu untuk jangka waktu yang relatif lama, mulai dari hari, bulan, tahun, abad, hingga milenium.

ALAT UKUR GAYA ATAU BERAT

Neraca Pegas atau Dinamo Meter            Merupakan alat ukur gaya yang menggunakan pegas yang natinya akan ditarik oleh gaya atau berat benda sehingga menghasilkan nilai tertentu. Alat ukur gaya  (force gauge) ada banyak jenisnya ada yang mekanik ada juga yang sudah canggih berbasis sistem pengukuran digital.

ALAT UKUR LISTRIK (EKLETRONIK)

voltmeter

Voltmeter

 

Alat untuk mengukur Tegangan (satuan Volt)

ampere meter alat ukur listrik

Amperemeter

 

Untuk mengukur arus listrik (Satuan Ampere)

ohmmeter

Ohmmeter

 

Untuk mengukur besarnya hambatan listrik

Galvanometer   Alat ini digunakan untuk mengurukur arus listrik dalam jumlah yang sangat kecil

multimeter

Multimeter

 

Gabungan, alat ini biasanya digunakan untuk mengukur tegangan, arus, dan hambatan listrik sekaligus

Wattmeter         Untuk mengukurdaya listrik (satuan watt)

Eletrometer       Untuk mengukur muatan listrik (satuan Coloumb)

ALAT-ALAT UKUR LAINNYA

Nama Alat

Ukur      Kegunaan

Altimeter             untuk mengukur ketinggian suatu tempat dari permukaan air laut

Anemometer    Mengukur kecepatan angin

Evaporimeter    tingkat evaporasi

Barometer          Alat ukur tekanan udara

Kalorimeter        Mengukur panas atau jumlah kalori

Radar Doppler   Kecepatan

Densimeter        Mengukur kerapatan

Graphometer    Alat ukur sudut, bisa juga menggunakan busur maupun kompas

Hidrometer        mengukur curah hujan

Higrometer         Kelembapan

Lux Meter           Alat ukur intensitas cahaya (satuan candela)

Manometer       Alat ukur tekanan

Termometer      Alat ukur suhu, skala TERMOMETER terganung jenis termometer.

Tensimeter         Mengukut tekanan suatu cairan (ex. darah)

Dosimeter           alat untuk megukur dosis radiasi

Spektroskopi     Alat ukur Intensitas radiasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Yuk Bagikan

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppSambung

29 Responses to “Macam-Macam Alat Ukur dan Kegunaannya”

« Older Comments

iwan says:

June 24, 2016 at 15:51

alat ukur cahaya lampu = lux meter

alat ukur cahaya matahari = solar meter

alat ukur cahaya infra red = . . . . apa yaa . . . ?

 

Reply

rumus hitung says:

June 25, 2016 at 16:02

hmmm… belum ketemu kak.. 😀

 

Reply

Alat Uji says:

December 2, 2015 at 16:28

saya punya Neraca Tiga Lengan dirumah tapi rusak. kira” kalibrasi supaya normal itu bagai mana ya ?

 

Reply

suci says:

September 9, 2015 at 16:19

banyak tau=hu tentang alat ukur kunjungi juga https://fitrianisuci.wordpress.com/

 

Reply

« Older Comments

Leave a Reply

 

Name (required)

 

 

Mail (will not be published) (required)

 

 

Website

 

 

 

Submit Comment

Artikel Tips Berhitung Terkait Macam-Macam Alat Ukur Dan Kegunaannya

Hukum Gravitasi Newton dan Contoh Soal

Hukum Gravitasi Newton dan Contoh Soal

November 21st 2013 | Lain-lain

Hukum gravitasi yang diajukan oleh newton berisi pernyataan sebagai berikut: Setip benda menarik benda lain dengan gaya yang sebanding

Sifat-Sifat Bangun Ruang Lengkap

Sifat-Sifat Bangun Ruang Lengkap

June 17th 2013 | Lain-lain, rumus matematika

Sifat-Sifat Bangun Ruang – Setiap orang punya sifat masing-masing. Beda orang akan beda pula sifatnya. Ternyata fenomena ini tidak

5 Alat Indera pada Manusia

5 Alat Indera pada Manusia

August 6th 2016 | Lain-lain

Bisakah Kamu Menyebutkan Sistem Indera?Jika Belum, Inilah 5 Sistem Indera Manusia. Pada dasarnya, sistem indera manusia terdiri atas beberapa

 

cari

 

 

Materi Terbaru

Menghitung Massa Jenis Suatu Zat

Mengenal Berbagai Wujud Zat

Sifat Larutan Asam, Basa, dan Garam

Belajar Unsur, Senyawa, dan Campuran

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Forum Tanya Jawab

Gratis

Buat Sobat di Rumah yang mempunyai PR atau Soal tentang Matematika, Fisika, atau Kimia yang susah jangan ragu untuk menanyakannya di forum rumushitung.com.

 

Download Aplikasi Rumus Matematika GRATIS

rumus matematika super

about Bagikan Rumusmu disclaimer kontak kami Partner privacy policy Questions sitemap tanya jawab Thanks for Your Visit

Copyright © 2013 RumusHitung.Com

 

 

Home

Daftar Isi

Pasang Iklan

 

Search…

Search

SPOT LOG

Welcome To Spot Log

Facebook

Twitter

Google+

Home

Daftar Isi

Pasang Iklan

Ilmu Pengetahuan

Game

Software

Musik

Kocax

Video

Tips N Tricks

Info Unik

Posts RSS

Home » Ilmu Pengetahuan » Definisi dan Fungsi Timbangan Elektrik atau Neraca digital

Kartz Wentyven

3:04 AM

7 comments

Ilmu Pengetahuan

Definisi dan Fungsi Timbangan Elektrik atau Neraca digital

 

 

 

 

 

Assalamualaikum sobat Spot Log.. berkaitan dengan materi alat pengukur berat fisika tentang pengukuran, kali ini kami akan membahas topik yakni Timbangan Eektrik.

 

Timbangan Elektrik atau Neraca digital merupakan alat yang sering ada dalam laboratorium yang digunakan untuk menimbang bahan yang akan digunakan. Neraca digital berfungsi untuk membantu mengukur berat serta cara kalkulasi fecare otomatis harganya dengan harga dasar satuan banyak kurang. Cara kerja neraca digital hanya bisa mengeluarkan label, ada juga yang hanya timbul ditampilkan layar LCDnya. Kita mengenal neraca digital sebagai alat pengukur berat alat ukur untuk satuan berat. Dibandingkan dengan neraca jaman dulu yang masih menggunakan neraca analog atau manual, neraca digital memiliki fungsi lebih sebagai alat ukur, diantaranya neraca digital lebih efektif dan akurat, kita tidak usah repot-repot mengatur beban seperti neraca tradisonal yang biasa kita jupai di pasar. Sungguh teknologi kini memang kian maju sehingga dapat memudahkan kita memecahkan berbagai masalah yang ada.

Berikutnya mari kita bahas bagaimana cara penggunaan neraca digital atau timbangan elektrik.

  1. Pengontrolan Neraca Digital

Timbangan/Neraca dikontrol dengan menggunakan anak timbangan yang sudah terpasang atau dengan dua anak timbangan eksternal, misal 10 gr dan 100 gr. Timbangan/Neraca digital, harus menunggu 30 menit untuk mengatur temperatur. Jika menggunakan timbangan yang sangat sensitif, hanya dapat bekerja pada batas temperatur yang ditetapkan. Timbangan harus terhindar dari gerakan alat pengukur berat (angin) sebelum menimbang angka “nol” harus dicek dan jika perlu lakukan koreksi. Penyimpangan berat dicatat pada lembar/kartu kontrol, dimana pada lembar tersebut tercantum pula berapa kali timbangan harus dicek. Jika timbangan tidak dapat digunakan sama sekali maka timbangan harus diperbaiki oleh suatu agen (supplier).

 

  1. Penanganan Neraca

Kedudukan timbangan harus diatur dengan sekrup dan harus tepat horizontal dengan “Spirit level (waterpass) sewaktu-waktu timbangan bergerak, oleh karena itu, harus dicek lagi. Jika menggunakan timbangan elektronik, harus menunggu 30 menit untuk mengatur temperatur. Jika menggunakan timbangan yang sangat sensitif, anda hanya dapat bekerja pada batas temperatur yang ditetapkan.

Timbangan harus terhindar dari gerakan (angin) sebelum menimbang angka “nol” harus dicek dan jika perlu lakukan koreksi. Setiap orang yang menggunakan timbangan harus merawatnya, sehingga timbangan tetap bersih dan terawat dengan baik. Jika tidak, sipemakai harus melaporkan kepada manajer lab. timbangan harus dikunci jika anda meninggalkan ruang kerja.

 

c.Kebersihan Neraca

Kebersihan timbangan harus dicek setiap kali selesai digunakan, bagian dan menimbang harus dibersihkan dengan menggunakan sikat, kain halus atau kertas (tissue) dan membersihkan timbangan secara keseluruhan timbangan harus dimatikan, kemudian piringan (pan) timbangan dapat diangkat dan seluruh timbangan dapat dibersihkan dengan menggunakan pembersih seperti deterjen yang lunak, campurkan air dan etanol/alkohol. Sesudah dibersihkan timbangan dihidupkan dan setelah dipanaskan, cek kembali dengan menggunakan anak timbangan.

Prosedur pengoperasian neraca analitik digital terdiri dari

Berikut adalah prosedur yang harus diharus diketahui dan harus dilakukan dalam mengoprasikan neraca digital sebelum hingga setelah penimbangan:

  1. Keadaan neraca harus siap pakai
  2. Neraca harus bersih (terutama piring-piring neraca)
  3. Anak timbangan dalam keadaan lengkap
  4. Persiapan pendahuluan terhadap alat bantu penimbangan
  5. Pemeriksaan kedataran neraca dan kesetimbangan neraca
  6. Pekerjaan penimbangan dan perhitungan hasil penimbangan
  7. Melaporkan hasil penimbangan
  8. Mengembalikan neraca pada keadaan semula

Proses Pengukuran

Secara umum proses menimbangan dengan neraca elektronik/digital adalah:

  1. Pastikan bahwa timbangan sudah menyala.
  2. Pastikan timbangan menunjukkan angka ”nol”( jika tidak perlu di koreksi).
  3. Letakakan benda yang massanya akan diukur pada piringan tempat benda.
  4. Baca skala yang tertera pada display digital sesuai skala satuan timbangan tersebut.
  5. Untuk pengukuran yang sensitivitasnya tinggi perlu menunggu 30 menit, karena hanya dapat bekerja pada batas temperatur yang ditetapkan.

Langkah kerja penimbangan dengan neraca analitik meliputi:

  1. Persiapan alat bantu penimbangan

Untuk menimbang zat padat diperlukan:

  • Kaca arloji yang kering dan bersih, digunakan untuk menampung kelebihan zat yang ditimbang, karena kelebihan zat tidak boleh dikembalikan ke botol zat.
  • Sendok (biasanya sendok plastik)
  • Kertas isap untuk memegang tempat menimbang pada saat memasukan/mengeluarkan alat timbang (dan zat) ke atau dari dalam neraca
  • Botol timbang sebagai tempat penimbangan
  • Zat yang akan ditimbang dan setelah penimbangan selesai, botol zat harus dikembalikan ke tempatnya
  1. Pemeriksaan pendahuluan terhadap neraca adalah:
  • Pemeriksaan kebersihan neraca terutama piring-piring neraca dapat dibersihkan menggunakan sapu-sapu yang tersedia dalam neraca
  • Pemeriksaan kedataran neraca dilakukan dengan cara melihat water pass, dengan mengatur sekrup pada kaki neraca sehingga alat pengukur berat gelembung air di water pass tepat berada di tengah
  • Pemeriksaan kesetimbangan neraca yang dilakukan dengan membiarkan dahulu pointer bergoyang ke kiri dan ke kanan beberapa kali. Jika goyangan maksimum ke kiri dan ke kanan kira-kira sama jauh maka neraca dalam keadaan setimbang
  1. Cara menggunakan neraca analitis
  • Nolkan terlebih dulu neraca tersebut
  • Letakkan zat yang akan ditimbang pada bagian timbangan
  • Baca nilai yang tertera pada layar monitor neraca
  • Setelah digunakan, nolkan kembali neraca tersebut

 

Sekian dulu topik ini. Marilah kita saling berbagi pengetahuan yang Insyaa Allah dapat berguna bagi orang lain. Akhir Kata Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

POSTED BY KARTZ WENTYVEN AT 3:04 AM

EMAIL THIS

BLOGTHIS!

SHARE TO TWITTER

SHARE TO FACEBOOK

SHARE TO PINTEREST

 

LABELS: ILMU PENGETAHUAN

SHARE:

Next

Pentingnya Sejarah mengapa Sejarah itu penting untuk dipelajari?

Previous

Photograpic Paper dan jenis jenis kertas yang biasa digunakan sebagai media cetak foto.

Related Post

 

Contoh Gambar Batik Beserta Maknanya

Kali ini Spot Log mau membagi-bagikan tugas temen ane yaitu Contoh Gambar Batik Beserta Maknanya. O

 

Contoh Karya Ilmiah tentang Pengoalahan Sampah

Kali ini saya akan memberi kalian karya ilimiah buatan ane yang ane kerjakan untuk ujian praktek. K

 

Apakah Molymod itu? dan Apa Fungsinya?

Assalamualaikum sobat Spot Log..!! kali ini kami akan ngepost tentang MOLYMOD karena banyak t

 

Keraguan Bahwa John Adam Smith sebagai Bapak Ekonomi

Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE

 

Rangkuman Materi Ujian Nasional SMP Mata Pelajaran Matematika Tahun 2014

Berikut ini adalah rangkuman materi UN Matematika SMP yang disusun berdasarkan topik materi per bab

 

Fungsi Pasar

Keberadaan pasar mempunyai fungsi yang sangat penting. Bagi konsumen, adanya pasar akan mempermudah

7 comments:

 

Timbangan IndonesiaSeptember 3, 2015 at 6:45 PM

bagus gan artikel nya… saya jadi tau fungsi dari timbangan elektrik / timbangan digital

 

 

kunjung balik gan http://www.timbanganindonesia.com/news_and_event/detail/269/macam-dan-kegunaan-timbangan-digital

 

Reply

 

Via Nur LiaSeptember 20, 2015 at 9:58 PM

Baca juga artikel tentang timbangan ini

Kegunaan Timbangan Digital

Jembatan Timbang

Thankss…  :>)

 

Reply

 

Suci FitrianiOctober 7, 2015 at 12:27 AM

baca artikel timbangan https://timbanganterbaik.wordpress.com/

http://www.jembatan-timbang.co/  (o)

 

Reply

 

Ulan DariOctober 16, 2015 at 12:07 AM

This comment has been removed by the author.

 

Reply

 

Ulan DariOctober 16, 2015 at 12:10 AM

thanks guys infonyaa..

kunjungi juga yah..

 

https://timbanganterlengkap.wordpress.com/

 

Reply

 

Selens SerenApril 10, 2016 at 6:36 AM

www.seasonbet77.com

http://198.50.133.242

Agen Judi | Agen Bola | Agen Sbobet | Cara Daftar Sbobet | Cara Daftar Agen Judi | Agen Casino Online |

 

Agen Sbobet

Agen Judi

Agen Bola

Agen Judi Online

Agen Casino

Prediksi Bola

Agen Tangkas

Agen Poker

Agen IBCBET

Agen 1sCasino

Cara Daftar Sbobet

Cara Daftar Agen Judi

 

 

Reply

 

Timbangan DigitalNovember 16, 2016 at 9:37 PM

terima kasih atas infonya, sangat informatif sekali

 

Reply

🙂 :)) ;(( 🙂 =)) ;( ;-( :d :-d @-) :p 😮 :>) (o) [-( 😕 (p) :-s (m) 😎 :-t :-b  b-( :-# =p~ $-) (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

Click to see the code!

To insert emoticon you must added at least one space before the code.

 

Reza Abraham. Powered by Blogger.

Total Tayangan

 

513645

Followers

 

 

Temukan Kami di Facebook

 

 

Popular Posts This Week

 

Peranan Ilmu Kimia di berbagai bidang

Definisi dan Fungsi Timbangan Elektrik atau Neraca digital

Contoh Kajian Ilmiah Biologi tentang Pemanfaatan Botol Air Mineral Sebagai Pelindung Padi

Interpretasi Peta Pulau Kalimantan

Sinopsis Novel Beserta Unsur Intrinsik

PopularLabelsArchive

Entri Populer

Peranan Ilmu Kimia di berbagai bidang

Contoh Gambar Batik Beserta Maknanya

Definisi dan Fungsi Timbangan Elektrik atau Neraca digital

Contoh Kajian Ilmiah Biologi tentang Pemanfaatan Botol Air Mineral Sebagai Pelindung Padi

Contoh Halaman Persembahan Karya Ilmiah

close

close

 

 

Copyright © 2012 • Spot Log • All Right Reserved

Blogger Template By : MKR | IVYthemes.com alat pengukur berat

 

 

DISTRIBUTOR HERBALIFE
TERMURAH & ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 2011 2028
BBM : 54F4CE77 | Line : ProgramLangsing


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.